Basah Atau Kering, Tentukan Sendiri

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Riders002
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed Jul 27, 2016 2:56

Basah Atau Kering, Tentukan Sendiri

Post by Riders002 »

lo udah tau belum fungsi dari setelan karburator? Istilah "Setingan Basah/Kering" sering kita dengar dikalangan komunitas club motor baik 2 tak atau 4 tak. Dan umumnya teman-teman komunitas motor udah gak asing lagi dengan hal tsb. Istilah yang lain dikenal juga dengan "Campuran kaya dan Miskin". Istilah-istilah tsb adalah perbandingan komposisi campuran udara +bensin yang diatur pada Karburator. Istilah Setingan Basah atau kaya berarti perbandingan komposisi bensin lebih banyak dari udara dari komposisi normal pada karburator.

Dan setingan Kering atau miskin berarti kebalikannya. Untuk mengetahui setingan karbu kita basah atau kering dapat kita baca dari teriakan mesin, ato bisa jg dengan melihat warna kepala busi kita. Kalo warna kepala busi kita merah bata itu berarti setingan kita normal ato seimbang antara bensin & udara dst.

Untuk mendapatkan posisi setingan basah/Kering, pada karburator piranti2nya adalah spuyer,pilot,jarum skep,baut setingan angin dll. Prinsip kerja karburator adalah memberi pasokan bahan bakar+udara yg telah dikabutkan atau mirip dengan kalau kita liat semprotan anti nyamuk yg manual pake pompa tangan.

Bensin yg ditampung pada mangkok karburator akan dikabutkan akibat daya tarik/(sedotan udara) piston waktu piston tsb bergerak ke bawah. Dan piranti-piranti dikarburator yg disebutkan di ataslah yg akan mengatur berapa komposisi bensin yg akan dikabutkan bersama udara. Penyetelan setingan kering ato basah sebenarnya lebih ditujukan atau lebih mengacu pada kebutuhan permintaan kebutuhan mesin anda masing2. Apalagi mesin2 yg sudah dikorek. Sebaiknya kita membaca teriakan mesin agar dapat menetukan setingan yg pas buat mesin.

Pada mesin korekan yg agak keras ada beberapa mekanik yg cenderung memberi setingan basah pada motornya, Karena Karakter korekan yg dibikinnya menuntut pasokan bahan bakar lebih banyak guna mengimbangi kompresi yg tinggi serta gerakan naik turun piston dipaksa untuk lebih cepat dari mesin standar, sehingga pembakaran tetap terjaga konstan dan padat pada putaran yg sangat tinggi ato untuk putaran atas.

Tapi ada juga mekanik yg memiliki type korekan ato gaya modifikasi mesin yg berbeda prinsipnya sehingga kalo pada putaran tinggi diberi setingan basah malah motor pembakarannya kurang bersih atau istilahnya blebek atau ngorok. Istilahnya Jadi kebutuhan setingan basah atau kering lebih cocok diterapkan pd motor kita disesuaikan dengan kebutuhan mesin kita sendiri sesuai
dengan type korekan atau modifikasi yang telah diterapakan pada mesin tsb.


Coba kenali dan raba naiknya teriakan mesin kita pada setiap tingkat percepatan, lakukan seting angin yg tepat juga cari kombinasi spuyer ato pilot yg benar-benar pas. Disarankan bagi yang belum paham benar dengan seting karbu agar meminta guide atau petunjuk pada mekanik atau teman-teman yang sudah paham untuk menghidari hal-hal yg tidak diinginkan.

Nah kalo setingan karbu brosist sudah pas.. pasti tenaga kuda besi anda akan lebih responsif.


Salam saudara satu aspal, Unity Team!