Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by KielConstantine »

Pernah nyetir HR-V bbrapa kali yg CVT punya temen. Rasanya enak enak aja sihh, halusss.

Gw sih nggak anti sama CVT. Cuma di durabilitynya aja yg bikin mikir ulang kalo mau punya mobil trans CVT. Walaupun umur bisa diperpanjang dengan cara ganti oli berkala, sama nyetirnya jangan di bejek-bejek....

Tp buat gaya nyetir gw yg dikit2 bejek gas keknya ga bisa dah.. ntar malah jebol2 jg kek alphard si om kompre. Gile odo 26rb jebol gimana dah.

Paling pas model torque converter kalo buat gaya gw nyetir sih, lebih awet, tahan abuse wkwkwkwkwkwk

ZF-8speed matic torque converter kategori dewa.. Bisa di flash pake software dari xHP atau software dari bootmod3 (bm3), shifting jadi secepat DSG. And yet it is durable. Mechatronic issue bisa dibilang hampir tidak ada, enggak kaya predecessor nya si ZF-6speed yg masih suka ngambek urusan mecha.

Bisa dibilang ZF-8speed salah satu best achievement in automotive history.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11415
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 06 Mar 2020, 12:39 Pernah nyetir HR-V bbrapa kali yg CVT punya temen. Rasanya enak enak aja sihh, halusss.

Gw sih nggak anti sama CVT. Cuma di durabilitynya aja yg bikin mikir ulang kalo mau punya mobil trans CVT. Walaupun umur bisa diperpanjang dengan cara ganti oli berkala, sama nyetirnya jangan di bejek-bejek....

Tp buat gaya nyetir gw yg dikit2 bejek gas keknya ga bisa dah.. ntar malah jebol2 jg kek alphard si om kompre. Gile odo 26rb jebol gimana dah.

Paling pas model torque converter kalo buat gaya gw nyetir sih, lebih awet, tahan abuse wkwkwkwkwkwk

ZF-8speed matic torque converter kategori dewa.. Bisa di flash pake software dari xHP atau software dari bootmod3 (bm3), shifting jadi secepat DSG. And yet it is durable. Mechatronic issue bisa dibilang hampir tidak ada, enggak kaya predecessor nya si ZF-6speed yg masih suka ngambek urusan mecha.

Bisa dibilang ZF-8speed salah satu best achievement in automotive history.
kalo model nyetir gaspol rempol kayaknya AT paling robust... paling tahan disiksa.

MT, AMT, DCT clutch nya jg tetep cepet kalah kalo disentak-sentak mulu.

Emang paling bener innova.

:ngacir:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Mordecai20
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 20 Feb 2020, 09:04
Daily Vehicle: 318i E36

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by Mordecai20 »

KielConstantine wrote: 06 Mar 2020, 12:39 Pernah nyetir HR-V bbrapa kali yg CVT punya temen. Rasanya enak enak aja sihh, halusss.

Gw sih nggak anti sama CVT. Cuma di durabilitynya aja yg bikin mikir ulang kalo mau punya mobil trans CVT. Walaupun umur bisa diperpanjang dengan cara ganti oli berkala, sama nyetirnya jangan di bejek-bejek....

Tp buat gaya nyetir gw yg dikit2 bejek gas keknya ga bisa dah.. ntar malah jebol2 jg kek alphard si om kompre. Gile odo 26rb jebol gimana dah.

Paling pas model torque converter kalo buat gaya gw nyetir sih, lebih awet, tahan abuse wkwkwkwkwkwk

ZF-8speed matic torque converter kategori dewa.. Bisa di flash pake software dari xHP atau software dari bootmod3 (bm3), shifting jadi secepat DSG. And yet it is durable. Mechatronic issue bisa dibilang hampir tidak ada, enggak kaya predecessor nya si ZF-6speed yg masih suka ngambek urusan mecha.

Bisa dibilang ZF-8speed salah satu best achievement in automotive history.
ZF8 memang robust gila sih, pantes F30 jarang ada issue di transmisi beda sama pendahulunya si E90 yang pake zf6 yang yaaa gitu deh :big_slap: mechatronic-nya udah kaya bom waktu gak peduli mau se-telaten gimanapun rawatnya
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8600
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by Omnibus »

mobil yg ga akan sy beli:

- yg ga bisa/susah di DIY sesuai dgn skill saya
- yg keliatan murahan (murah boleh tp jgn murahan, apalagi identik dgn taxol atau mobil buat ke pasar)
- yg terlalu boros
- yg resale nya jeblok dan jualnya pake di low-ball oleh pedagang mobil. let's face it, suatu saat mobil itu hrs diganti dan kl nambahnya banyak ya namanya buang duit buang rejeki.
- yg head turner tp dgn konotasi negatif (org nengok tp dlm hati bilang "kok ada ya yg mau beli mobil itu")
- yg kursinya ga lebar bahunya
- yg di tol melayang
- yg 3 cyl
- yg merknya non-mainstream di category nya
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by FU27 »

Omnibus wrote: 06 Mar 2020, 22:41 mobil yg ga akan sy beli:

- yg ga bisa/susah di DIY sesuai dgn skill saya
- yg keliatan murahan (murah boleh tp jgn murahan, apalagi identik dgn taxol atau mobil buat ke pasar)
- yg terlalu boros
- yg resale nya jeblok dan jualnya pake di low-ball oleh pedagang mobil. let's face it, suatu saat mobil itu hrs diganti dan kl nambahnya banyak ya namanya buang duit buang rejeki.
- yg head turner tp dgn konotasi negatif (org nengok tp dlm hati bilang "kok ada ya yg mau beli mobil itu")
- yg kursinya ga lebar bahunya
- yg di tol melayang
- yg 3 cyl
- yg merknya non-mainstream di category nya
Ahahaha... namanya mobil bener2 selera ya oom.

Yang oom sebutin itu mobil saya banget
- kelihatan murahan
- resale value jeblok
- suka diomongin orang, mobil jelek gini dibeli
- di tol melayang
- 3 cyl

Tapi gimana pun saya suka nyetirnya, makanya tetap saya beli. Karena dibalik penampilannya yang jelek, ini mobil enak banget buat perkotaan, kemampuan manuvernya di jalan sempit cuma kalah sama bajaj
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8600
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by Omnibus »

FU27 wrote: 06 Mar 2020, 22:50
Ahahaha... namanya mobil bener2 selera ya oom.

Yang oom sebutin itu mobil saya banget
- kelihatan murahan
- resale value jeblok
- suka diomongin orang, mobil jelek gini dibeli
- di tol melayang
- 3 cyl

Tapi gimana pun saya suka nyetirnya, makanya tetap saya beli. Karena dibalik penampilannya yang jelek, ini mobil enak banget buat perkotaan, kemampuan manuvernya di jalan sempit cuma kalah sama bajaj
Hihihi justru itu lah beraneka ragam selera ya

dan untungnya tiap org ga bisa baca pikiran org lain, sakit hatiiii

"mobil nyusahin kok dibeli"
"wih udah kebanyakan duit beli mobil kaya gitu"
dll
dll

yg paling parah "ih gw dikasih juga ogah"

padahal yg punya seneng dan bangganya bukan main

:wkkk:
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by FU27 »

Omnibus wrote: 06 Mar 2020, 23:06
Hihihi justru itu lah beraneka ragam selera ya

dan untungnya tiap org ga bisa baca pikiran org lain, sakit hatiiii

"mobil nyusahin kok dibeli"
"wih udah kebanyakan duit beli mobil kaya gitu"
dll
dll

yg paling parah "ih gw dikasih juga ogah"

padahal yg punya seneng dan bangganya bukan main

:wkkk:
Seneng iya sih oom, klo bangga mah kagak... hahaha...

Cuma seneng aja, jarang isi bensin, klo papasan di jalan sempit, mobil saya lewat dengan enaknya, mobil di belakang masih mikir gimana mao lewat.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2239
Joined: 06 Mar 2011, 21:00

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by PRBS »

ikut isi sesuai thread ah

mobil yg tidak akan dibeli :
- supercar or sportcar (2pintu) kayak lamborghini ferrari etc.. bukan karena mahal, even kalau suatu saat nanti rejeki saya sanggup beli mobil jenis ini, entah kenapa ga tertarik beli mobil eksotis seperti ini.. malah prefer beli landcruiser / bundera / new defender buat long haulin.. hehe

kalau memang ingin beli mobil untuk kebut2an, prefer mobil sedan 4 pintu yg oprekable.. sensasinya beda.

- chinese brand : bukan apa2, condong kearah belum percaya akan durabilty dan ass untuk saat ini.
marr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 220
Joined: 27 Jan 2017, 12:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda Brio RS CVT
Contact:

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by marr »

ChZ wrote: 06 Mar 2020, 13:07
KielConstantine wrote: 06 Mar 2020, 12:39 Pernah nyetir HR-V bbrapa kali yg CVT punya temen. Rasanya enak enak aja sihh, halusss.

Gw sih nggak anti sama CVT. Cuma di durabilitynya aja yg bikin mikir ulang kalo mau punya mobil trans CVT. Walaupun umur bisa diperpanjang dengan cara ganti oli berkala, sama nyetirnya jangan di bejek-bejek....

Tp buat gaya nyetir gw yg dikit2 bejek gas keknya ga bisa dah.. ntar malah jebol2 jg kek alphard si om kompre. Gile odo 26rb jebol gimana dah.

Paling pas model torque converter kalo buat gaya gw nyetir sih, lebih awet, tahan abuse wkwkwkwkwkwk

ZF-8speed matic torque converter kategori dewa.. Bisa di flash pake software dari xHP atau software dari bootmod3 (bm3), shifting jadi secepat DSG. And yet it is durable. Mechatronic issue bisa dibilang hampir tidak ada, enggak kaya predecessor nya si ZF-6speed yg masih suka ngambek urusan mecha.

Bisa dibilang ZF-8speed salah satu best achievement in automotive history.
kalo model nyetir gaspol rempol kayaknya AT paling robust... paling tahan disiksa.

MT, AMT, DCT clutch nya jg tetep cepet kalah kalo disentak-sentak mulu.

Emang paling bener innova.

:ngacir:
kok jadi takut ya, gw kadang kalo di tol suka gaspol sampe 6000rpm lagi kalo lagi geregetan ama mobil lain, mobilnya brio cvt. tapi emang enak sih responnya, matic biasa berasa lemot
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11415
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by ChZ »

marr wrote: 07 Mar 2020, 09:57
kok jadi takut ya, gw kadang kalo di tol suka gaspol sampe 6000rpm lagi kalo lagi geregetan ama mobil lain, mobilnya brio cvt. tapi emang enak sih responnya, matic biasa berasa lemot
kalau di tol, biasanya skenarionya kan bukan injek gas penuh dari nol, saya rasa masih gak terlalu menyiksa... saya jg sering kok lari-lari kecil bejek gas di tol :mky_01: Civic saya kan udah tuned juga
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
marr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 220
Joined: 27 Jan 2017, 12:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda Brio RS CVT
Contact:

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by marr »

ChZ wrote: 07 Mar 2020, 10:00
marr wrote: 07 Mar 2020, 09:57
kok jadi takut ya, gw kadang kalo di tol suka gaspol sampe 6000rpm lagi kalo lagi geregetan ama mobil lain, mobilnya brio cvt. tapi emang enak sih responnya, matic biasa berasa lemot
kalau di tol, biasanya skenarionya kan bukan injek gas penuh dari nol, saya rasa masih gak terlalu menyiksa... saya jg sering kok lari-lari kecil bejek gas di tol :mky_01: Civic saya kan udah tuned juga
hmm iya juga sih koh, soalnya enak pas dibejek meskipun "nguuungggg" tapi pick up speednya cepet bgt tau2 udah 140 aja padahal cuma brio, enteng bener larinya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11415
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by ChZ »

marr wrote: 07 Mar 2020, 10:10
hmm iya juga sih koh, soalnya enak pas dibejek meskipun "nguuungggg" tapi pick up speednya cepet bgt tau2 udah 140 aja padahal cuma brio, enteng bener larinya
di toll justru stress di drivetrain itu rendah krn kecepatan konstan, kalopun akselerasi penuh dari kondisi rolling tidak se-stressful kalo start dari 0 :mky_01:

nah itulah Honda mesinnya pake CVT malah enak karena powernya di RPM tinggi :ngacir:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1409
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by lemonadelovers »

CVT klo mau respon lbh cepet gasnya di pancing2 biar si TCM baca driver gaya nyetir reponsif.. nanti berasa deh ke top speed lbh cpt
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11415
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by ChZ »

Omnibus wrote: 06 Mar 2020, 22:41 mobil yg ga akan sy beli:

- yg ga bisa/susah di DIY sesuai dgn skill saya
- yg keliatan murahan (murah boleh tp jgn murahan, apalagi identik dgn taxol atau mobil buat ke pasar)
- yg terlalu boros
- yg resale nya jeblok dan jualnya pake di low-ball oleh pedagang mobil. let's face it, suatu saat mobil itu hrs diganti dan kl nambahnya banyak ya namanya buang duit buang rejeki.
- yg head turner tp dgn konotasi negatif (org nengok tp dlm hati bilang "kok ada ya yg mau beli mobil itu")
- yg kursinya ga lebar bahunya
- yg di tol melayang
- yg 3 cyl
- yg merknya non-mainstream di category nya
yang dibold : agreed. gw suka gedek dengan kaum anti mainstream yang anti resale value. Di luar negri resale value juga jadi perhitungan kok, mobil yang resale nya jelek pasti gak laku. Itu sdh hukum alam orang beli barang. Mau sampe kapan di keep barangnya kecuali itu barang antik ?

Biasanya mobil yang bagus beneran resale value nya ngga akan jeblok, either it's a good car, bulletproof, or unique (2-door sports coupe, fashion icon macem MINI Cooper, all-time classic, dll).

Yang jeblok itu sdh ga laku, ATPMnya kabur-kaburan ga jelas, mobilnya kalo tua tinggal jadi endless money pits saking rewelnya. low to almost zero demand in market...
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: 31 Mar 2018, 21:14

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by Astargea »

ChZ wrote: 07 Mar 2020, 10:46
Omnibus wrote: 06 Mar 2020, 22:41 mobil yg ga akan sy beli:

- yg ga bisa/susah di DIY sesuai dgn skill saya
- yg keliatan murahan (murah boleh tp jgn murahan, apalagi identik dgn taxol atau mobil buat ke pasar)
- yg terlalu boros
- yg resale nya jeblok dan jualnya pake di low-ball oleh pedagang mobil. let's face it, suatu saat mobil itu hrs diganti dan kl nambahnya banyak ya namanya buang duit buang rejeki.
- yg head turner tp dgn konotasi negatif (org nengok tp dlm hati bilang "kok ada ya yg mau beli mobil itu")
- yg kursinya ga lebar bahunya
- yg di tol melayang
- yg 3 cyl
- yg merknya non-mainstream di category nya
yang dibold : agreed. gw suka gedek dengan kaum anti mainstream yang anti resale value. Di luar negri resale value juga jadi perhitungan kok, mobil yang resale nya jelek pasti gak laku. Itu sdh hukum alam orang beli barang. Mau sampe kapan di keep barangnya kecuali itu barang antik ?

Biasanya mobil yang bagus beneran resale value nya ngga akan jeblok, either it's a good car, bulletproof, or unique (2-door sports coupe, fashion icon macem MINI Cooper, all-time classic, dll).

Yang jeblok itu sdh ga laku, ATPMnya kabur-kaburan ga jelas, mobilnya kalo tua tinggal jadi endless money pits saking rewelnya. low to almost zero demand in market...
Sebenarnya alasan utama kenapa 'di negara maju gaada yang peduli resale value' ya karena semua mobil harga jualnya bakal terjun bebas. Orang-orang maunya mobil baru sekalian. Mobil diatas 10-20 taun banyak yang udah dihancurkan, bukan karena regulasi, tapi karena kadang lebih jadi duit direcycle daripada dijual. Makanya di negara maju orang ga pilah pilih merek karena resale value, toh anjlok semua, gak jauh beda. Pilih merek dan model karena emang suka dan sesuai kebutuhan. Cuma di negara berflower yang melarang impor mobkas harga jual kembali mobil bakal kuat.
blacksaphire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: 11 Jan 2013, 10:57

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by blacksaphire »

Masih sama dgn jawaban yg dulu: xenia/avanza, personal preference aja. Toh jg gampang banget klo pengen naik/numpang mobil ini tanpa harus beli
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 675
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by supriyadi »

Mercy, BMW, Ferrari, pokoknya mobil mahal gak bakalan ane beli
.
Alasannya gak punya duit & gak sanggup bayar pajaknya
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1534
Joined: 28 May 2015, 07:12

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by dsign1990 »

Astargea wrote: 07 Mar 2020, 17:26
ChZ wrote: 07 Mar 2020, 10:46
Omnibus wrote: 06 Mar 2020, 22:41 mobil yg ga akan sy beli:

- yg ga bisa/susah di DIY sesuai dgn skill saya
- yg keliatan murahan (murah boleh tp jgn murahan, apalagi identik dgn taxol atau mobil buat ke pasar)
- yg terlalu boros
- yg resale nya jeblok dan jualnya pake di low-ball oleh pedagang mobil. let's face it, suatu saat mobil itu hrs diganti dan kl nambahnya banyak ya namanya buang duit buang rejeki.
- yg head turner tp dgn konotasi negatif (org nengok tp dlm hati bilang "kok ada ya yg mau beli mobil itu")
- yg kursinya ga lebar bahunya
- yg di tol melayang
- yg 3 cyl
- yg merknya non-mainstream di category nya
yang dibold : agreed. gw suka gedek dengan kaum anti mainstream yang anti resale value. Di luar negri resale value juga jadi perhitungan kok, mobil yang resale nya jelek pasti gak laku. Itu sdh hukum alam orang beli barang. Mau sampe kapan di keep barangnya kecuali itu barang antik ?

Biasanya mobil yang bagus beneran resale value nya ngga akan jeblok, either it's a good car, bulletproof, or unique (2-door sports coupe, fashion icon macem MINI Cooper, all-time classic, dll).

Yang jeblok itu sdh ga laku, ATPMnya kabur-kaburan ga jelas, mobilnya kalo tua tinggal jadi endless money pits saking rewelnya. low to almost zero demand in market...
Sebenarnya alasan utama kenapa 'di negara maju gaada yang peduli resale value' ya karena semua mobil harga jualnya bakal terjun bebas. Orang-orang maunya mobil baru sekalian. Mobil diatas 10-20 taun banyak yang udah dihancurkan, bukan karena regulasi, tapi karena kadang lebih jadi duit direcycle daripada dijual. Makanya di negara maju orang ga pilah pilih merek karena resale value, toh anjlok semua, gak jauh beda. Pilih merek dan model karena emang suka dan sesuai kebutuhan. Cuma di negara berflower yang melarang impor mobkas harga jual kembali mobil bakal kuat.
biaya jasa service mahal bgt sesuai standar upah sana bisa2 setelah pemakaian 10th mahalan biaya servis dari harga jual mobil nya sendiri
baptista
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 04 Mar 2020, 12:46
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Ertiga 2016 Mazda2

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by baptista »

Citroen C6. Design exteriornya susah dicerna 😂
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: 27 May 2019, 20:07

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by Taufiq6210 »

Mobil baru / bekas yang masih tahun muda. Serasa buang-buang uang kalau beli baru, keluar uang ratusan juta cuma untuk alat transportasi, dan kalau mau yang nyaman rata-rata ada di rentang harga yang bahkan lebih tinggi lagi. Bandingin sama mobil yang tahunnya udah lebih lama, banyak pilihan yang nyaman dan ga perlu keluar ratusan juta, tinggal kitanya aja pinter milih yang kondisinya bagus.
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1610
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by Venturtle »

1. mobil MT dan AMT, karena ane penggemar transmisi automatic :big_peace:
2. mobil diesel, karena ane lebih suka mobil bensin.. pengecualian pada ANKI, ANF, dan ANPS karena ane suka modelnya :mky_01:
ryannsad
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 21 Dec 2019, 12:36
Location: Dki Jakarta
Daily Vehicle: M2 sky

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by ryannsad »

Ngomongin anti CVT... bukan hanya pendapat pemakai, merek mobil jepang (re: mazda) jg ada yg tdk mau pakai sistem CVT, pasti ada alasannya.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1301
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by pengendiesel »

Dulu ane anti banget sama namanya cvt.
Tapi setelah pake sienta cvt yang ada mode triptoniknya, sekarang jadi netral terhadap cvt....asalkan ada triptoniknya.
Kalo cuma d,s,l atau apapun itu, masih big no.

Mesinnya sienta bisa dibilang nothing special. Kalah jauh sama l15nya honda.
Tapi kalo dibawa keluar kota, buat nyalip2 cantik, ane jauh lebih pd bawa sienta daripada mobilio. Mau nyalip tinggal masukin ke mode manual, maka akan dipilihkan 'gigi' yang saat itu di sekitar 3000rpm. Tinggal tekan gas dikit lagi, udah kelar nyalipnya. Kalo dirasa masih kurang, turunkan 1 'gigi' lagi, beres dah.
Beda dengan cvt non triptonik, mesin meraung2 gak jelas, kadang melar, trs mendadak gigit, abis nyalip ngeloyor lagi. Susah diprediksi dah pokoknya :big_biglaugh:

Dan yang paling penting buat ane kenapa harus ada triptonik adalah saat ketemu turunan panjang. Serem banget kalo cvt non triptonik, meskipun sudah dimasukkan ke mode paling rendah, masih aja ngeloyor.
Nyawa taruhannya.
Paling gampang cek aja motor2 yang paling sering rem blong tipenya apa
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8600
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by Omnibus »

pengendiesel wrote: 25 Sep 2020, 13:44 Dulu ane anti banget sama namanya cvt.
Tapi setelah pake sienta cvt yang ada mode triptoniknya, sekarang jadi netral terhadap cvt....asalkan ada triptoniknya.
Kalo cuma d,s,l atau apapun itu, masih big no.

Mesinnya sienta bisa dibilang nothing special. Kalah jauh sama l15nya honda.
Tapi kalo dibawa keluar kota, buat nyalip2 cantik, ane jauh lebih pd bawa sienta daripada mobilio. Mau nyalip tinggal masukin ke mode manual, maka akan dipilihkan 'gigi' yang saat itu di sekitar 3000rpm. Tinggal tekan gas dikit lagi, udah kelar nyalipnya. Kalo dirasa masih kurang, turunkan 1 'gigi' lagi, beres dah.
Beda dengan cvt non triptonik, mesin meraung2 gak jelas, kadang melar, trs mendadak gigit, abis nyalip ngeloyor lagi. Susah diprediksi dah pokoknya :big_biglaugh:

Dan yang paling penting buat ane kenapa harus ada triptonik adalah saat ketemu turunan panjang. Serem banget kalo cvt non triptonik, meskipun sudah dimasukkan ke mode paling rendah, masih aja ngeloyor.
Nyawa taruhannya.
Paling gampang cek aja motor2 yang paling sering rem blong tipenya apa
ganti mobilio nya ke jazz gk5 RS om ... l15 dgn tiptronic, body kecil n enteng. langsung cintanya ke lain hati. :big_grin:
Poporing
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 519
Joined: 14 Jun 2020, 13:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by Poporing »

pengendiesel wrote: 25 Sep 2020, 13:44 Dulu ane anti banget sama namanya cvt.
Tapi setelah pake sienta cvt yang ada mode triptoniknya, sekarang jadi netral terhadap cvt....asalkan ada triptoniknya.
Kalo cuma d,s,l atau apapun itu, masih big no.

Mesinnya sienta bisa dibilang nothing special. Kalah jauh sama l15nya honda.
Tapi kalo dibawa keluar kota, buat nyalip2 cantik, ane jauh lebih pd bawa sienta daripada mobilio. Mau nyalip tinggal masukin ke mode manual, maka akan dipilihkan 'gigi' yang saat itu di sekitar 3000rpm. Tinggal tekan gas dikit lagi, udah kelar nyalipnya. Kalo dirasa masih kurang, turunkan 1 'gigi' lagi, beres dah.
Beda dengan cvt non triptonik, mesin meraung2 gak jelas, kadang melar, trs mendadak gigit, abis nyalip ngeloyor lagi. Susah diprediksi dah pokoknya :big_biglaugh:

Dan yang paling penting buat ane kenapa harus ada triptonik adalah saat ketemu turunan panjang. Serem banget kalo cvt non triptonik, meskipun sudah dimasukkan ke mode paling rendah, masih aja ngeloyor.
Nyawa taruhannya.
Paling gampang cek aja motor2 yang paling sering rem blong tipenya apa
tiptronic om...

btw, saya pernah bawa sienta g atau v.. lupa..
sekitar 200km di riau, itu bole dbilang sienta enak bawanya (by feeling ya, tidak diukur pake alat2)... tarikan bawah ampe tengah, ok bgt.. nyalip truk pun ga butuh byk persiapan..
dbanding l15z (hrv itu l15z kan ya?), sama2 aja.. walopun memang sienta rpm ganti giginya di atas hrv ane...

trus pernah jalan balik dr jogja ke jkt, itu di tol lg bawa 120-140 disalip ama sienta warna emas (atau brown ya?) dan warna grey... saya sih bisa nyalip lg... cm saya ga betah ama berisiknya... dan itu sienta berarti jalan 140++ utk beberapa lama.. berarti bagus itu mesinnya.. ga bikin driver emosi dgr suaranya... hahahaha

kelemahan sienta cm pas di-set di mode eco... pertama2 bawa sienta Q, sempet emosi... lemot bgt.... kaki jadi harus nginjek lbh dalem..
eh ga taunya pas liat ke tgh, ada ijo2 eco. haha


-----------------------------------
BTT, saya ga akan beli mobil yg warranty dan/atau after sales servicenya ga ada.. :big_peace:
walopun hrv ane transmisinya aneh, setidaknya pas error bisa minta klaim.. dan diganti.. hahaha

beda hal kalo nanti beli mobil buat iseng ya.. itu pertimbangannya beda.
Post Reply