Light Daily Modification Discussion

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
papafara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Sat Sep 17, 2016 11:58

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by papafara »

Numpang nanya ya suhu,

Tempat yg bisa modif triple turn signal di jakarta dimana ya?
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by FRD »

avanza 2014:
- krom2an di handle & outer :big_slap:
- sarung jok & stir
- hu 2din cungkwo (jec)
- lepas emblem vvti di fender
- stoplamp decal by hendarwis
- osram nbr+ 55/60w

mobilio rs 2014:
- 3M crystalline 40% buat kaca depan (windshield)
- karpet karet item bening

brio 2014:
- krom2an di handle & tutup tangki bensin :big_slap:
- sarung jok warna item
- 3M crystalline 40% buat windshield & BB 60% skkb
- karpet karet item bening

dakar 2014:
- velg r20 + toyo open country at (skrg balik std)
- stoplamp smoke
- karpet mie item
:big_smoking:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by PRBS »

opel blazer montera (VIN 1999). early production.

versi stock. kekurangannya :
- interior jelek. kosongan. material plastik ember cuma jangka waktu 3 tahun sudah pecah2 mletat mletot
- cat tipis.. kayaknya ga ada clear coatnya deh bawaan pabriknya. baru 2 tahun sudah luntur hitamnya (bladus lah istilahnya)
- ga ada roofrack. bumper depan belakang ga dicat. (ya wajar, pilihannya emang variant terendah hahaha)
- kaca film tahun ke 3 sudah ungu.. (sudah ga hitam lagi) gatau merknya apa bawaan pabriknya
+ mesin SOHC, which is badak banget. purnabakti mesin 8 tahun tidak ada masalah berarti. sampe tahun ke 9 peremajaan. sampe present

dress upnya :
- suspension lift + body lift. (suspension dari pakai rancho, kayaba, fox trus terakhir pake kayaba lagi). instalation di ARJ4x4
- PnP dan bubut flywheel. (yang lakuin montir sendiri). setelah pnp lumayan jadi irit loh.. toh emang ga pernah bawa ngebut
- exhaust system dari depan (header) sampe belakang di DIMANknalpot. 4-1.. (next pingin pake borla deh.. tapi gatau bisa ga ya?)
- interior semua diganti ke versi blazer USDM.. alias blazer vortec. interior jadi coklat semua plus softpad berlimpah ahhaha
- interior nicely done by 3steps
- all window tint pake 3M blackbeauty 60persen (kayaknya.. lupa juga saya.. sudah lama masangnya)
- bumper belakang ganti ke DOHC
- repaint di tahun 2005. racikannya : superdeepblack spieshacker pernis blinken wetlook. lumayan sampe detik ini masih kinclong
- velg JRD (mboh merk apa.. dapet seadanya)
- ban ganti2.. sempet bfgoodrich (mahal banget! purnabakti cuma 2 tahun), bridgestone, toyo sekarang balik ke bridgestone lagi.

overall jadi enak. enak menurut selera saya loh ya hahaha.

next dress up, ganti BPKB.. (ini modifikasi paling berat menurut saya)

Image
Image
Image
Last edited by PRBS on Fri Oct 28, 2016 3:02, edited 2 times in total.
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by pendoli »

vios 08

lampu HID oem nya udah redup, sekalian ganti projector
HU oem jelek. sekalian ganti HU, speakers, dan rear cam
servis besar pertama sekalian pnp
ban dah tipis, ganti yang bagusan biar road noise berkurang
klakson kemasukan air, ganti hella keong

calya 16
mau ganti pelek dan ban biar lebih tenang
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by sintoni »

Asik ada trit soal modif mobil. Kebetulan punya beberapa pengalaman soal modif mobil bensin, jadi mungkin ane pikir bisa sharing beberapa cara ringan untuk ningkatin performa kendaraan mobil bensin N/A .

Performa:

1. Exhaust: Ini salah satu part yang paling sering diotak atik oleh pemilik mobil untuk ningkatin power. Bisa dimulai dari penggantian manifold, header, front pipe, mid pipe, down pipe hingga muffler tergantung mobil yang dimiliki. Pilihan aftermarket parts sangat banyak dari yang lokal ke import, hingga bahan stainless steel ke titanium.

2. Intake: Perubahan intake bisa dilakukan dengan merubah parts mobil yang berfungsi menghisap udara segar. Cara paling populer untuk memodifikasi bagian intake adalah menggunakan High Flow Air Filter seperti KNN yang mempunyai pori2 lebih besar untuk dapat menghisap udara lebih banyak. Cara berikutnya untuk mendapat pasokan udara segar lainnya adalah menggunakan sistem Cold Air Intake (CAI).

3. ECU: Menurut nubie merupakan last step of engine modifications. Bisa dilakukan oleh 2 cara yaitu remap ECU standard dan Piggyback. Remap ECU standard bisa dilakukan di bengkel resmi atau bengkel umum untuk mendapat hasil terbaik dari ECU standard. Sedangkan piggyback adalah menambah sebuah alat yang dapat memanipulasi berbagai bacaan atau sensor sebelum diteruskan ke ECU standard agar bisa memberikan hasil yang diinginkan pemilik mobil.

4. Suspension: Menurut ane merupakan faktor paling penting dalam memodifikasi kendaraan. Bisa dilakukan dari semisal memasangan damper hingga mencapai penggantian shock absorber + per asli mobil. Salah satu tips nubie adalah hindari perubahan per mobil seperti mengganti per aftermarket tetpi tidak melakukan penggantian shock, karena akan berakibat buruk pada handling mobil. Juga hindari pemotongan per standard mobil, karena akan sangat berbahaya.

5. Velg : Melakukan penggantian velg (biasanya lebih besar) memang dapat menambah nilai estetika dari sebuah mobil. Selain nilai kegantengan mobil yang bertambah, biasanya handling mobil akan meningkat karena faktor lebar velg dan berkuranganya profil ban (sidewall yang pendek = lebih kaku). Sayang penggunaan velg yang lebih besar akan berakibat buruk akan performa mobil karena membutuhkan tenaga lebih besar untuk menggelindinkan ban ( bobot bertambahn dan bidang gesekan ban bertambah). Disini nubie ingin menambahkan pentingnya penggunaan velg aftermarket yang original. Dengan penggunaan velg seperti Volk Rays atau SSR, meski ring velg bertambah dan lebar velg bertambah yang dapat berakibat positif ke handling, bobot velg juga tidak terlalu berat seperti velg2 Taiwan, sehingga performa mobil tidak berkurang. Selain itu, kualitas produk original tentu lebih baik dalam menyerap goncangan atau benturan.

Menurut nubie, ini beberapa dasar modifikasi ringan yang paling sering dilakukan oleh pemilik mobil. Beberapa teknik untuk meningkatkan performa seperti penambahan Forced Induction atau papas head, atau perubahan camber, caster, toe di suspensi atau perubahan sistem rem tidak dijelaskan disini.

Kalau ada yang salah mohon dimaafkan dan jika ada yang ingin menambahkan tolong ditambahkan, karena nubie masih belajar juga.
MarYuko
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Thu Oct 16, 2014 9:54

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by MarYuko »

sintoni wrote:Asik ada trit soal modif mobil. Kebetulan punya beberapa pengalaman soal modif mobil bensin, jadi mungkin ane pikir bisa sharing beberapa cara ringan untuk ningkatin performa kendaraan mobil bensin N/A .

Performa:

1. Exhaust: Ini salah satu part yang paling sering diotak atik oleh pemilik mobil untuk ningkatin power. Bisa dimulai dari penggantian manifold, header, front pipe, mid pipe, down pipe hingga muffler tergantung mobil yang dimiliki. Pilihan aftermarket parts sangat banyak dari yang lokal ke import, hingga bahan stainless steel ke titanium.

2. Intake: Perubahan intake bisa dilakukan dengan merubah parts mobil yang berfungsi menghisap udara segar. Cara paling populer untuk memodifikasi bagian intake adalah menggunakan High Flow Air Filter seperti KNN yang mempunyai pori2 lebih besar untuk dapat menghisap udara lebih banyak. Cara berikutnya untuk mendapat pasokan udara segar lainnya adalah menggunakan sistem Cold Air Intake (CAI).

3. ECU: Menurut nubie merupakan last step of engine modifications. Bisa dilakukan oleh 2 cara yaitu remap ECU standard dan Piggyback. Remap ECU standard bisa dilakukan di bengkel resmi atau bengkel umum untuk mendapat hasil terbaik dari ECU standard. Sedangkan piggyback adalah menambah sebuah alat yang dapat memanipulasi berbagai bacaan atau sensor sebelum diteruskan ke ECU standard agar bisa memberikan hasil yang diinginkan pemilik mobil.

4. Suspension: Menurut ane merupakan faktor paling penting dalam memodifikasi kendaraan. Bisa dilakukan dari semisal memasangan damper hingga mencapai penggantian shock absorber + per asli mobil. Salah satu tips nubie adalah hindari perubahan per mobil seperti mengganti per aftermarket tetpi tidak melakukan penggantian shock, karena akan berakibat buruk pada handling mobil. Juga hindari pemotongan per standard mobil, karena akan sangat berbahaya.

5. Velg : Melakukan penggantian velg (biasanya lebih besar) memang dapat menambah nilai estetika dari sebuah mobil. Selain nilai kegantengan mobil yang bertambah, biasanya handling mobil akan meningkat karena faktor lebar velg dan berkuranganya profil ban (sidewall yang pendek = lebih kaku). Sayang penggunaan velg yang lebih besar akan berakibat buruk akan performa mobil karena membutuhkan tenaga lebih besar untuk menggelindinkan ban ( bobot bertambahn dan bidang gesekan ban bertambah). Disini nubie ingin menambahkan pentingnya penggunaan velg aftermarket yang original. Dengan penggunaan velg seperti Volk Rays atau SSR, meski ring velg bertambah dan lebar velg bertambah yang dapat berakibat positif ke handling, bobot velg juga tidak terlalu berat seperti velg2 Taiwan, sehingga performa mobil tidak berkurang. Selain itu, kualitas produk original tentu lebih baik dalam menyerap goncangan atau benturan.

Kalau ada yang salah, mohon dimaafkan dan ditambahkan, nubie masih belajar juga.
om kalo di kaltim bengkel rekomen buat modif performa mesin kayak gitu dimana ya om??
mobil ane mau peremajaan, skalian upgrade performa sih rencananya hehe


Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by Turboman »

Light tune utk mobil bensin :

- Poles Throttle Body
- TB spacer

Utk busi sih bebas mau pake apa aja, standard juga oke, yg penting setel gap nya dgn feeler gauge busi, sesuai petunjuk di buku manual (ini yg setiap X saya lakukan saat oasang busi baru, always cek gap)

Utk oli gunakan viskositas terencer yg diijinkan di buku manual

Menjaga performa mesin :

40 rb km sekali lakukan Carbon clean & injector cleaning

Peningkatan performa :

Bisa dgn piggyback, bisa dgn ReFlash ECU (lihat trit KESS KTAG)
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by sintoni »

MarYuko wrote:
sintoni wrote:Asik ada trit soal modif mobil. Kebetulan punya beberapa pengalaman soal modif mobil bensin, jadi mungkin ane pikir bisa sharing beberapa cara ringan untuk ningkatin performa kendaraan mobil bensin N/A .

Performa:

1. Exhaust: Ini salah satu part yang paling sering diotak atik oleh pemilik mobil untuk ningkatin power. Bisa dimulai dari penggantian manifold, header, front pipe, mid pipe, down pipe hingga muffler tergantung mobil yang dimiliki. Pilihan aftermarket parts sangat banyak dari yang lokal ke import, hingga bahan stainless steel ke titanium.

2. Intake: Perubahan intake bisa dilakukan dengan merubah parts mobil yang berfungsi menghisap udara segar. Cara paling populer untuk memodifikasi bagian intake adalah menggunakan High Flow Air Filter seperti KNN yang mempunyai pori2 lebih besar untuk dapat menghisap udara lebih banyak. Cara berikutnya untuk mendapat pasokan udara segar lainnya adalah menggunakan sistem Cold Air Intake (CAI).

3. ECU: Menurut nubie merupakan last step of engine modifications. Bisa dilakukan oleh 2 cara yaitu remap ECU standard dan Piggyback. Remap ECU standard bisa dilakukan di bengkel resmi atau bengkel umum untuk mendapat hasil terbaik dari ECU standard. Sedangkan piggyback adalah menambah sebuah alat yang dapat memanipulasi berbagai bacaan atau sensor sebelum diteruskan ke ECU standard agar bisa memberikan hasil yang diinginkan pemilik mobil.

4. Suspension: Menurut ane merupakan faktor paling penting dalam memodifikasi kendaraan. Bisa dilakukan dari semisal memasangan damper hingga mencapai penggantian shock absorber + per asli mobil. Salah satu tips nubie adalah hindari perubahan per mobil seperti mengganti per aftermarket tetpi tidak melakukan penggantian shock, karena akan berakibat buruk pada handling mobil. Juga hindari pemotongan per standard mobil, karena akan sangat berbahaya.

5. Velg : Melakukan penggantian velg (biasanya lebih besar) memang dapat menambah nilai estetika dari sebuah mobil. Selain nilai kegantengan mobil yang bertambah, biasanya handling mobil akan meningkat karena faktor lebar velg dan berkuranganya profil ban (sidewall yang pendek = lebih kaku). Sayang penggunaan velg yang lebih besar akan berakibat buruk akan performa mobil karena membutuhkan tenaga lebih besar untuk menggelindinkan ban ( bobot bertambahn dan bidang gesekan ban bertambah). Disini nubie ingin menambahkan pentingnya penggunaan velg aftermarket yang original. Dengan penggunaan velg seperti Volk Rays atau SSR, meski ring velg bertambah dan lebar velg bertambah yang dapat berakibat positif ke handling, bobot velg juga tidak terlalu berat seperti velg2 Taiwan, sehingga performa mobil tidak berkurang. Selain itu, kualitas produk original tentu lebih baik dalam menyerap goncangan atau benturan.

Kalau ada yang salah, mohon dimaafkan dan ditambahkan, nubie masih belajar juga.
om kalo di kaltim bengkel rekomen buat modif performa mesin kayak gitu dimana ya om??
mobil ane mau peremajaan, skalian upgrade performa sih rencananya hehe


Sent from my iPhone using Tapatalk
Weh, kalo di Kaltim ane kurang tau om. Dulu modif kecil2an pas masi di Surabaya.
nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by nimoo »

PRBS wrote:opel blazer montera (VIN 1999). early production.

versi stock. kekurangannya :
- interior jelek. kosongan. material plastik ember cuma jangka waktu 3 tahun sudah pecah2 mletat mletot
- cat tipis.. kayaknya ga ada clear coatnya deh bawaan pabriknya. baru 2 tahun sudah luntur hitamnya (bladus lah istilahnya)
- ga ada roofrack. bumper depan belakang ga dicat. (ya wajar, pilihannya emang variant terendah hahaha)
- kaca film tahun ke 3 sudah ungu.. (sudah ga hitam lagi) gatau merknya apa bawaan pabriknya
+ mesin SOHC, which is badak banget. purnabakti mesin 8 tahun tidak ada masalah berarti. sampe tahun ke 9 peremajaan. sampe present

dress upnya :
- suspension lift + body lift. (suspension dari pakai rancho, kayaba, fox trus terakhir pake kayaba lagi). instalation di ARJ4x4
- PnP dan bubut flywheel. (yang lakuin montir sendiri). setelah pnp lumayan jadi irit loh.. toh emang ga pernah bawa ngebut
- exhaust system dari depan (header) sampe belakang di DIMANknalpot. 4-1.. (next pingin pake borla deh.. tapi gatau bisa ga ya?)
- interior semua diganti ke versi blazer USDM.. alias blazer vortec. interior jadi coklat semua plus softpad berlimpah ahhaha
- interior nicely done by 3steps
- all window tint pake 3M blackbeauty 60persen (kayaknya.. lupa juga saya.. sudah lama masangnya)
- bumper belakang ganti ke DOHC
- repaint di tahun 2005. racikannya : superdeepblack spieshacker pernis blinken wetlook. lumayan sampe detik ini masih kinclong
- velg JRD (mboh merk apa.. dapet seadanya)
- ban ganti2.. sempet bfgoodrich (mahal banget! purnabakti cuma 2 tahun), bridgestone, toyo sekarang balik ke bridgestone lagi.

overall jadi enak. enak menurut selera saya loh ya hahaha.

next dress up, ganti BPKB.. (ini modifikasi paling berat menurut saya)
keren banget om blazernya :big_love: :big_love:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by PRBS »

nimoo wrote:

keren banget om blazernya :big_love: :big_love:
maturnuwun om nimoo :mky_01:
MarYuko
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Thu Oct 16, 2014 9:54

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by MarYuko »

Turboman wrote:Light tune utk mobil bensin :

- Poles Throttle Body
- TB spacer

Utk busi sih bebas mau pake apa aja, standard juga oke, yg penting setel gap nya dgn feeler gauge busi, sesuai petunjuk di buku manual (ini yg setiap X saya lakukan saat oasang busi baru, always cek gap)

Utk oli gunakan viskositas terencer yg diijinkan di buku manual

Menjaga performa mesin :

40 rb km sekali lakukan Carbon clean & injector cleaning

Peningkatan performa :

Bisa dgn piggyback, bisa dgn ReFlash ECU (lihat trit KESS KTAG)
nah ini sip, makasih om turbo, cuman skrg ini ane blum nemu bengkel bagus buat ngerjain ginian di kaltim....

busi ane pake iridium, sudh 2 kali gnti busi, oli ane pake castrol magnatec 10w-40...

krna dh hampir 10 tahun mau ane remajain internal mesin, skalian PnP biar upgrade performa, kalo ECU trakhiran ntar...


Sent from my iPhone using Tapatalk
MarYuko
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Thu Oct 16, 2014 9:54

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by MarYuko »

sintoni wrote:
Weh, kalo di Kaltim ane kurang tau om. Dulu modif kecil2an pas masi di Surabaya.
hehe, saya kira tau om, maklum daerah gini jarang ada yg bisa om...


Sent from my iPhone using Tapatalk
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by farizfsa »

yg E300 cuma modif
- ganti velg gedean sama ban lebaran biar ga mirip sama silver bird
- kaca film bagusan dan clear all around
- per sportkit

yg clk
- ganti ban std yg lebih enakan empuk dan hening dan grip lebih oke
- coilover biar ga limbung
- hid

yg mercy mini rencananya cuma
- pasang audio enakan
- ganti ban yg empuk hening
- ganti velg kaleng plus dop ori
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4725
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by F272 »

Ikutan ah ...boleh ya Om ChZ....

OS PX 2012
Cuma ganti Per Eibach... aja supaya lebih rebah sedikit tapi stabil dan terasa asik saat manuver dalam kecepatan tinggi

Image

:mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Sama Velg ADV.1 type 07 Super Light & Ban Pireli P Zero Assimetrico ring 20"
Plus Bodykit Original Mitsubishi OS gen1 di indonesia..

Image
Image

Plus ada lagi.. Tabung Knalpot Remus yang pemasangan nya saya modif sendiri di Bengkel Abadi Knalpot - Tajur, Bogor
Pemasangan memang agak berbeda dari biasanya, karena memang membutuhkan sedikti trik, tapi engga rumit2 amat..
(masih saya cari pic skema nya, nanti saya upload)

OS F272 ini sampai saat ini sudah memasuki tahun ke 5 sejak agustus 2012 tiba di garasi,
dan masih memegang posisi satu-satunya OS yang menggunakan sepatu ADV.1 di indonesia, bahkan di dunia :ngacir:

Tapi tetap dapat digunakan maksimal untuk melalui trek2 cukup extreme..

OS ini engga takut jalan2 ke trek non aspal mulus...
yang memang sudah seharusnya disanalah Habitat SUV ini berjalan

Image
Image
Image

Jadi...saya memodifikasi dengan part berkualitas nomor 1 dengan tetap mengedepankan fungsi dari mobil yg berjenis SUV ini
seperti yang di tulis oleh : http://otomotifnet.com/Mobil/Modifikasi ... Fungsional

Sedangkan di sektor lain hampir tidak ada ubahan apapun..
Sekian Om ChZ... Terimakasih

:big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by ChZ »

Satya21 wrote:Kalo aktifitas banyak dijalanan macet pasti modif nya sektor interior atau audio.
Faktor kenyamanan yg dicari.

Om ChZ, itu grill nya di itemin pakai stiker atau di cat semprot?
Sticker oom... hahaha...
ipat wrote:Bro chz tanya donk,kalo di semarang toko velg yg lengkap dmn?tau nya cuma Niki velg..
Btw mobil2 skrg modifikasi wajibnya,stiker happy family,Realman,logo polri/tni wwkwkwk
Saya biasanya di Arvia MT Haryono... atau di Ocean Autowheels di Puri itu modelnya lebih baru-baru.

Kalo Niki lengkap tapi saya kurang cocok sama harganya wkwkwkw
jabbathehut wrote:Om2 semua kalau modif exhaust filter udara dll yg berkaitan dg performance mesin nunggu masa garansi bengkel habis kah?
Sejauh ini saya cuma sentuh exterior aja. Mobilio E CVT 2016 tambah spoiler, pasang mud guard & stickerin item krum2annya.
Rencana kedepan mau nambah peredam full body sekalian upgrade audio ringan aj (2 way tanpa subwoofer)
Mau modif yg berkaitan sm mesin, kaki2 dan elektris takut bikin void garansi bengkelnya.

Sent from my Redmi Note 3 using Tapatalk
Nah ini tergantung preferensi masing-masing ya oom... Kalo saya pribadi... Pengen modif ya modif aja gak usah mikir garansi... karena kalo nunggu garansi habis keburu bosen malah gak kepengen diapa-apain mobilnya :mky_01:

Saya selama ini cuek sama garansi sih... toh juga asal kita bikin / pasangnya bener gak akan kenapa - napa mobilnya. Mobil zaman sekarang kemungkinan error nya sangat rendah... mesin sudah sangat presisi... Gak akan broke down dalam waktu 3 tahun saja. Modif ringan harian juga resikonya sangat-sangat minim karena gak sampe menyentuh internal mesin (belum porting polish, ganti cam, ganti piston, dst...)

Audio pun bisa bikin void warranty... Tapi kalo kepengen ya kenapa harus nunggu sampe warranty habis? Hehehe.
sintoni wrote:Asik ada trit soal modif mobil. Kebetulan punya beberapa pengalaman soal modif mobil bensin, jadi mungkin ane pikir bisa sharing beberapa cara ringan untuk ningkatin performa kendaraan mobil bensin N/A .

Performa:

1. Exhaust: Ini salah satu part yang paling sering diotak atik oleh pemilik mobil untuk ningkatin power. Bisa dimulai dari penggantian manifold, header, front pipe, mid pipe, down pipe hingga muffler tergantung mobil yang dimiliki. Pilihan aftermarket parts sangat banyak dari yang lokal ke import, hingga bahan stainless steel ke titanium.

2. Intake: Perubahan intake bisa dilakukan dengan merubah parts mobil yang berfungsi menghisap udara segar. Cara paling populer untuk memodifikasi bagian intake adalah menggunakan High Flow Air Filter seperti KNN yang mempunyai pori2 lebih besar untuk dapat menghisap udara lebih banyak. Cara berikutnya untuk mendapat pasokan udara segar lainnya adalah menggunakan sistem Cold Air Intake (CAI).

3. ECU: Menurut nubie merupakan last step of engine modifications. Bisa dilakukan oleh 2 cara yaitu remap ECU standard dan Piggyback. Remap ECU standard bisa dilakukan di bengkel resmi atau bengkel umum untuk mendapat hasil terbaik dari ECU standard. Sedangkan piggyback adalah menambah sebuah alat yang dapat memanipulasi berbagai bacaan atau sensor sebelum diteruskan ke ECU standard agar bisa memberikan hasil yang diinginkan pemilik mobil.

4. Suspension: Menurut ane merupakan faktor paling penting dalam memodifikasi kendaraan. Bisa dilakukan dari semisal memasangan damper hingga mencapai penggantian shock absorber + per asli mobil. Salah satu tips nubie adalah hindari perubahan per mobil seperti mengganti per aftermarket tetpi tidak melakukan penggantian shock, karena akan berakibat buruk pada handling mobil. Juga hindari pemotongan per standard mobil, karena akan sangat berbahaya.

5. Velg : Melakukan penggantian velg (biasanya lebih besar) memang dapat menambah nilai estetika dari sebuah mobil. Selain nilai kegantengan mobil yang bertambah, biasanya handling mobil akan meningkat karena faktor lebar velg dan berkuranganya profil ban (sidewall yang pendek = lebih kaku). Sayang penggunaan velg yang lebih besar akan berakibat buruk akan performa mobil karena membutuhkan tenaga lebih besar untuk menggelindinkan ban ( bobot bertambahn dan bidang gesekan ban bertambah). Disini nubie ingin menambahkan pentingnya penggunaan velg aftermarket yang original. Dengan penggunaan velg seperti Volk Rays atau SSR, meski ring velg bertambah dan lebar velg bertambah yang dapat berakibat positif ke handling, bobot velg juga tidak terlalu berat seperti velg2 Taiwan, sehingga performa mobil tidak berkurang. Selain itu, kualitas produk original tentu lebih baik dalam menyerap goncangan atau benturan.

Menurut nubie, ini beberapa dasar modifikasi ringan yang paling sering dilakukan oleh pemilik mobil. Beberapa teknik untuk meningkatkan performa seperti penambahan Forced Induction atau papas head, atau perubahan camber, caster, toe di suspensi atau perubahan sistem rem tidak dijelaskan disini.

Kalau ada yang salah mohon dimaafkan dan jika ada yang ingin menambahkan tolong ditambahkan, karena nubie masih belajar juga.
Yaris Delusionalnya udah berapa HP bro toni? :ngacir: sudah pasang turbo? :ngacir: :ngacir:

Penggantian velg besar yang optimum itu +1 - 2 inch dari standar dengan ukuran ban yang disesuaikan ukuran standar. Bisa diperiksa menggunakan tyre calculator. udah banyak apps nya. Nggak menghambat performa juga nggak mengurangi handling.

Di atas itu malah handling kadang memburuk karena faktor center of gravity yang meningkat...

Soal velg TW skrg bedain TW dan ori susah loh... TW juga sekarang enteng - enteng... Contoh aja ane dulu pasang velg 18inch HRE di CR-V RM angkut-angkut sendiri sama bokap karena itu velg seken... percaya gak percaya velg HRE rep ini lebih enteng dari velg orisinilnya CR-V :big_slap:

Untuk exhaust system... Ada catatan tersendiri... mobil matic dan manual beda design nya... Ukuran pipa di mobil matic harus lebih kecil karena dia ngejar torsi. Lalu untuk muffler ane sarankan cari yang bolt on... Kalo yang universal takutnya gak cocok malah ngempos tenaganya... karena dia memang gak didesain spesifik untuk mobil matic. Pengalaman pribadi pake muffler universal begini di Civic FB malah ngempos dan boros... Belum faktor tukang lasnya yang kalo dilas sembarangan banyak bocornya... ane kemarin waktu ngelepas ngecek ulang sambungan sambungannya... bah, bocor semua. Gak heran ngemposnya parah :big_slap: :mky_05:

Exhaust system lokalan sekarang banyak yang bagus... harganya terjangkau juga 3-5juta udah dapet depan sampe belakang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by nimoo »

lanjut ah

modifikasi ford everest 2004 dari pemilik sebelumnya (beli 2012)

- lampu tembak hella bulet tipe spot 2x100w (removed)
- tanduk utk dudukan lampu tembak (removed)
- foglamp depan
- tambahan lampu hella kotak 2x55 watt utk lampu mundur
- audio 3way, 2 passive, power monoblock + subwoofer kicker
- klakson angin 2x2 terompet, di isi dari kompressor ke tabung angin, dulu blm jaman klakson hella kayaknya :mky_01:
- kaca film vkool 70 depan, skkb engga jelas :big_dunno:

selama hampir 12 tahun pemakaian, audio & kompressor klakson engga ada masalah.
baru kemaren power semaput, kira2 bisa di repair ngga ya ?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by ChZ »

F 272 wrote:Ikutan ah ...boleh ya Om ChZ....

OS PX 2012
Cuma ganti Per Eibach... aja supaya lebih rebah sedikit tapi stabil dan terasa asik saat manuver dalam kecepatan tinggi

:mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Sama Velg ADV.1 type 07 Super Light & Ban Pireli P Zero Assimetrico ring 20"
Plus Bodykit Original Mitsubishi OS gen1 di indonesia..

Plus ada lagi.. Tabung Knalpot Remus yang pemasangan nya saya modif sendiri di Bengkel Abadi Knalpot - Tajur, Bogor
Pemasangan memang agak berbeda dari biasanya, karena memang membutuhkan sedikti trik, tapi engga rumit2 amat..
(masih saya cari pic skema nya, nanti saya upload)

OS F272 ini sampai saat ini sudah memasuki tahun ke 5 sejak agustus 2012 tiba di garasi,
dan masih memegang posisi satu-satunya OS yang menggunakan sepatu ADV.1 di indonesia, bahkan di dunia :ngacir:

Tapi tetap dapat digunakan maksimal untuk melalui trek2 cukup extreme..

OS ini engga takut jalan2 ke trek non aspal mulus...
yang memang sudah seharusnya disanalah Habitat SUV ini berjalan


Jadi...saya memodifikasi dengan part berkualitas nomor 1 dengan tetap mengedepankan fungsi dari mobil yg berjenis SUV ini
seperti yang di tulis oleh : http://otomotifnet.com/Mobil/Modifikasi ... Fungsional

Sedangkan di sektor lain hampir tidak ada ubahan apapun..
Sekian Om ChZ... Terimakasih

:big_peace:
wiiih ini dia OS paling sadis ... wwkwkwk... OS di rumah malah standar banget.

Satu satunya yang pake ADV.1 (Original) ya oom... Kalo pake ADV.1 TW banyak banget sih berkeliaran wkwkwkwkwk. Ane justru serem kalo pake velg mahal begini... takut kegores... jadi beli yang TW TW aja :big_slap: gaya dapet tapi gak mikir kalau sampe in case nyenggol trotoar... maklum mobil sedan.

Diceperin gitu makin ganteng oom... gak pernah gesrot kah?

VRZ Jedugnya gak dimodif? :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by ChZ »

Turboman wrote:Light tune utk mobil bensin :

- Poles Throttle Body
- TB spacer

Utk busi sih bebas mau pake apa aja, standard juga oke, yg penting setel gap nya dgn feeler gauge busi, sesuai petunjuk di buku manual (ini yg setiap X saya lakukan saat oasang busi baru, always cek gap)

Utk oli gunakan viskositas terencer yg diijinkan di buku manual

Menjaga performa mesin :

40 rb km sekali lakukan Carbon clean & injector cleaning

Peningkatan performa :

Bisa dgn piggyback, bisa dgn ReFlash ECU (lihat trit KESS KTAG)
Soal busi dan coil kadang orang kemakan mitos ganti busi racing atau coil racing biar kenceng... padahal mobilnya standar belom diapa-apain wkwkwkwkw...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by nimoo »

ChZ wrote:
Turboman wrote:Light tune utk mobil bensin :

- Poles Throttle Body
- TB spacer

Utk busi sih bebas mau pake apa aja, standard juga oke, yg penting setel gap nya dgn feeler gauge busi, sesuai petunjuk di buku manual (ini yg setiap X saya lakukan saat oasang busi baru, always cek gap)

Utk oli gunakan viskositas terencer yg diijinkan di buku manual

Menjaga performa mesin :

40 rb km sekali lakukan Carbon clean & injector cleaning

Peningkatan performa :

Bisa dgn piggyback, bisa dgn ReFlash ECU (lihat trit KESS KTAG)
Soal busi dan coil kadang orang kemakan mitos ganti busi racing atau coil racing biar kenceng... padahal mobilnya standar belom diapa-apain wkwkwkwkw...
kalo buat lebih irit cuma ganti koil & busi bisa om ?
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4725
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by F272 »

ChZ wrote: -- cut --

wiiih ini dia OS paling sadis ... wwkwkwk... OS di rumah malah standar banget.

Satu satunya yang pake ADV.1 (Original) ya oom... Kalo pake ADV.1 TW banyak banget sih berkeliaran wkwkwkwkwk. Ane justru serem kalo pake velg mahal begini... takut kegores... jadi beli yang TW TW aja :big_slap: gaya dapet tapi gak mikir kalau sampe in case nyenggol trotoar... maklum mobil sedan.

Diceperin gitu makin ganteng oom... gak pernah gesrot kah?

VRZ Jedugnya gak dimodif? :mky_03:
Asli engga pernah gesrot sama sekali walaupun dinaikin full 4 orang....
Jangan kan 4 orang, saya pernah naik 7 orang sama anak2 SMA teman2 si cibul.. malah stabil meliuk2 jalan di kota Bogor..dan engga gesrot..

Velg sih sama aja lah om mau Ori atau TW, cuma beda harga aja hahaha...
Perlakuan jg saya sama ga dibeda2in..
kan walo TW tetap aja hati2 bawa nya.. ya ga.? kan beli nya pake duit bukan daon hehehe...

Ini posisi OS di isi 6 orang (saya 1 kan keluar untuk ambil gambar, stelah setir OS ini keliling Kota Bogor)

Image
Image
Image

dan ini isi kabin OS yg di isi 7 orang.. :mky_02:
Image

VRZ Jedug... ??? yg mana yah... ?? kok kayak pernah denger :big_biglaugh:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by sintoni »

Bener2 Chris. Wkkwkw.

Kalo mobil Metik aku malah ga rekomen penggantian full system exhaust.

Bener kayak kamu ganti midpipe ae atau kalo ga, copot CC.

Jug kalo mobil metik jangan ganti CAI, tambah lemot RPM bawah e, tenaga e ngumpul atas terus, tapi karena mobil metik jadi agak susah main di rev atas.

Kalo mobil metik emag agak susah, paling bagus ya bener pasang Turbo, tapi ya udah bukan light modip maneh. Wkwkkw


Bener kalo ganti velg maks naik 2 inci, kalo wes lebih dari 2 inch ya wes ga terlalu guna untuk performance, lebih ke hellaflush. Hhaha.

Yo sih, sekarang seng bukan Jepang ae lumayan ringan, tapi takut e ga sekokoh Jepang.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by ChZ »

nimoo wrote:
kalo buat lebih irit cuma ganti koil & busi bisa om ?
Biar irit... jaga cara nyetir... busi diganti berkala saja sesuai standar pabrikan. Dan cek gap busi seperti disarankan oom Turbo.

Kalo mobilnya bukan settingan racing mau busi biasa, platinum, iridium hanya masalah umur saja. Performa gak beda signifikan.

Busi biasa 10.000 - 15.000 km, busi platinum 40.000 km, busi iridium 100.000 km. Tergantung jam terbang juga sih.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by sintoni »

F 272 wrote:
ChZ wrote: -- cut --

wiiih ini dia OS paling sadis ... wwkwkwk... OS di rumah malah standar banget.

Satu satunya yang pake ADV.1 (Original) ya oom... Kalo pake ADV.1 TW banyak banget sih berkeliaran wkwkwkwkwk. Ane justru serem kalo pake velg mahal begini... takut kegores... jadi beli yang TW TW aja :big_slap: gaya dapet tapi gak mikir kalau sampe in case nyenggol trotoar... maklum mobil sedan.

Diceperin gitu makin ganteng oom... gak pernah gesrot kah?

VRZ Jedugnya gak dimodif? :mky_03:
Asli engga pernah gesrot sama sekali walaupun dinaikin full 4 orang....
Jangan kan 4 orang, saya pernah naik 7 orang sama anak2 SMA teman2 si cibul.. malah stabil meliuk2 jalan di kota Bogor..dan engga gesrot..

Velg sih sama aja lah om mau Ori atau TW, cuma beda harga aja hahaha...
Perlakuan jg saya sama ga dibeda2in..
kan walo TW tetap aja hati2 bawa nya.. ya ga.? kan beli nya pake duit bukan daon hehehe...

Ini posisi OS di isi 6 orang (saya 1 kan keluar untuk ambil gambar, stelah setir OS ini keliling Kota Bogor)

Image

Weh, padahal ganti per aja ya om?

Pake damper ga di shocknya biar ga ngayun full?

Offset berapa nih om velgnya?

Image
Image

dan ini isi kabin OS yg di isi 7 orang.. :mky_02:
Image

VRZ Jedug... ??? yg mana yah... ?? kok kayak pernah denger :big_biglaugh:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by Pboyz97 »

Wahh enak nih kalo ada trit modif kaya gini , saya mau ikutan sharing modif ringan mobil harian saya nih bro Chz, btw kayanya modifan suhu2 dimari lumayan cakep juga yaa hehehe

Honda Jazz GE8 RS A/T 2009
1. Pasang foglamp (soalnya aslinya ga punya, walaupun harus bolongin front bumper
2. Spoiler mugen (soalnya botak gitu kalo gapake spoiler sama pake modulo juga ,tapi ga lama soalnya ga sreg sama bentuknya)
3. Foglamp sticker kuning, biar keliatan JDM gituu, tapi sekarang sudah saya lepas stickernya.
4. Jok kulit (lupa mereknya) hahaha
5. Ganti HU jadi 2 din touchscreen (Alpine IVE W530 EBT)
6. Pasang tweeter di depan biar lebih kendengeran suara audionya , soalnya kualitas speaker bawaan kurang bagus kalo menurut saya
7. Pernah pilokin velg standar pake plastidip warna item (biar keliatan sangar gitu) , tapi sekarang udah dilepas lagi piloknya
8. Pasang lampu senja (LED) merek Philip (warna putih) , biar lebih terang & enak dilihat, soalnya lampu bawaan yang warnanya putih kekuningan agak kurang terang & kurang enak dilihat , tapi sekarang udah dibalkin ke stdnya lagi karena bosen hehehe.
9. Pasang Subwoofer (gatau merek apa) , biar suara bassnya lebih nendang.
10. Pernah juga pasang F1 stop lamp yg model segitiga & bisa kelap-kelip itu (biar kekinian, soalnya pernah ngetrend & keliatan lumayan bagus menurut saya) , tapi sekarang saya sudah lepas stoplampnya.
11. Kamera parkir, soalnya cukup ngbantu juga kalo di parkiran yang sempit selain sensor parkir bawaannya.
Selain itu semuanya masih STD & tidak ada ubahan apapun.

Btw mohon sarannya suhu2 disini saya jadi agak bingung mau diterusin modifnya / mending diganti BKPB aja ya , ada dua opsi sih
Opsi pertama (nerusin modifnya) dengan wishlist sbb:
1. Fit stop lamp (soalnya stoplamp bawaan kurang enak dilihat)
2. Velg racing R15/16 Merek Enkei / Volkrays
3. Honda red emblem
4. Lampu utama pengen diganti HID Merek philips / osram (soalnya lampu bawaan kurang terang kalo menurut saya)
5. Chrome di hanlde pintu & tangki bensin
6. Knn replacement filter & Simota power Torque (soalnya saya suka ngebut & suka sruntulan di jalan tol apalagi kalo kosong hehehe) , serta saya kuang puas dengan peforma 5AT nya yg cukup boyo kalo menurut saya.
7. Bikin wiper ngengkang kaya model JDM gitu
8. Upgrade HU ke Alpine IVA / Pioneer AVH (Tapi sayangnya harganya mahal banget kalo menurut saya) :big_slap:
& Opsi ke2 yaitu:
Ganti BPKB Alias jokul mobilnya , berhubung mobilnya udah lumayan tua (7 tahun) & bokap agak worry kalo melihara mobil diatas 7 tahun (pilihan yang berat kalo menurut saya), karena menurut saya Jazz GE merupakan mobil yang enak dimodif dari segala sektor hehehe :big_grin: , sayang karena saya belom puas kalo belom puas memodifikasi mobil ini (terutama sektor mesinnya soalnya mesin L15A Bawaannya punya potensi untuk digarap & dibuat lebih kencang lagi) . Sorry kalo kepanjangan & jadi curcol kaya begini .
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Light Daily Modification Discussion

Post by ChZ »

F 272 wrote:
Asli engga pernah gesrot sama sekali walaupun dinaikin full 4 orang....
Jangan kan 4 orang, saya pernah naik 7 orang sama anak2 SMA teman2 si cibul.. malah stabil meliuk2 jalan di kota Bogor..dan engga gesrot..

Velg sih sama aja lah om mau Ori atau TW, cuma beda harga aja hahaha...
Perlakuan jg saya sama ga dibeda2in..
kan walo TW tetap aja hati2 bawa nya.. ya ga.? kan beli nya pake duit bukan daon hehehe...

Ini posisi OS di isi 6 orang (saya 1 kan keluar untuk ambil gambar, stelah setir OS ini keliling Kota Bogor)

Image
Image
Image

dan ini isi kabin OS yg di isi 7 orang.. :mky_02:
Image

VRZ Jedug... ??? yg mana yah... ?? kok kayak pernah denger :big_biglaugh:
Wah.... :big_chicken: kereeeeeennnn

Hahahahaha iya sih oom mau duit 4juta atau 40juta sama-sama bukan duit receh :ngacir:

Kepengen sih sekali kali punya velg ori gtu... Naksir Enkei NT-03 atau RPF-1 17inch... tapi mehong kantong belom sanggup :big_slap:

Oooooo sudah mendarat LC200nya :mky_03:
sintoni wrote:Bener2 Chris. Wkkwkw.

Kalo mobil Metik aku malah ga rekomen penggantian full system exhaust.

Bener kayak kamu ganti midpipe ae atau kalo ga, copot CC.

Jug kalo mobil metik jangan ganti CAI, tambah lemot RPM bawah e, tenaga e ngumpul atas terus, tapi karena mobil metik jadi agak susah main di rev atas.

Kalo mobil metik emag agak susah, paling bagus ya bener pasang Turbo, tapi ya udah bukan light modip maneh. Wkwkkw


Bener kalo ganti velg maks naik 2 inci, kalo wes lebih dari 2 inch ya wes ga terlalu guna untuk performance, lebih ke hellaflush. Hhaha.

Yo sih, sekarang seng bukan Jepang ae lumayan ringan, tapi takut e ga sekokoh Jepang.
Sebetulnya matic agak tricky di design resonator dan exhaust nya... Baca di site nya ORDexhaust.com ... Masalahe kebanyakan orang full system tapi bikine ngasal... asal dibuat gede biar ngeplong tanpa mikir karakteristik dari aliran udara / gas itu kayak gimana.

Universal muffler pun gak mikirin yang pake mobil matic... Asal bunyi. Padahal belum tentu cocok. Dulu di SX4 sih cocok karena muffler asli SX4 memang banyak restriction nya (tabungnya gede broo)... Di FB malah ngempos...

Aku lagi pesen muffler kok ini... muffler ORD hahaha... sementara cuma brani coba ORD soale mereka berani jamin gak ngempos.

CAI gak rekomen buat mobil harian yang belum modif apa - apa... Performance gain nya gak sebanding sama pengorbanannya :mky_01: mending replacement. CAI kalo buat F/I sih baru rekomen karena butuh asupan udara lebih.

Nah kejadian di koncoku... beli mobil (Civic FD1) ga dapet velg std... dapet e velg 19inch modifan... pecah di jalan kena lubang... Makane kalo TW gak brani ring gede gede aku... Takut dinding ban ketipisen terus kena lobang. Kalo sedan ya maks 18inch profile 45... Kalo SUV maks 20inch profile 45...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7