The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by ChZ »

Halooo pembaca SM...

Hari ini saya mau ulas sebuah mobil yang.... cukup legendaris.

Dan sedan ini mungkin salah satu yang kondisinya terbaik dibanding mobil-mobil serupa di jalanan... Layak menyandang gelar "The Ultimate Driving Machine".

BMW 323i E36..... MANUAL. :mky_02: :mky_02: :mky_02:

=========================
Prologue

Gak perlu cerita soal 3-series lah ya.... Jadi ini berawal sekitar 2 minggu lalu ketika seorang kawan silent reader ngepost sebuah gambar di WAKuSeM... sebuah BMW E36.

Awalnya gak terlalu interest karena gak tau kondisinya... setelah kawan ini cerita kondisi mobilnya....

"323i"
"Manual" :big_chicken:
"odometer 12ribu" :big_chicken: :big_chicken:
"bodi masih kinclong namanya gores aja gak pernah" :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
"rawatan banget" :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:

lalu nunjukin foto-foto interiornya.... meh... :big_chicken: ORISINIL BANGET. Tombol-tombol masih pada tempatnya dan gak ada yang ngelupas. Kulit joknya masih ori banget.... :big_love: :big_love: makanya ane bilang mobil ini spesial...

Langsung ane sepik si kawan ini....

"Bro kalo ane nyoba mobilnya boleh? Tombo penasaran aja... Pengen liat euy jarang ada E36 kinclong gini"
"Boleh bro... TD aja bawa puter-puter gak masalah..."

:big_love:

Setelah dapet restu dari si kawan ini... Kita janjian di sebuah tempat di Surabaya Barat... which is ane menempuh perjalanan cukup panjang dan melelahkan... 1.5jam dari Manyar... :mky_05: macet bo'... Tapi demi liat sebuah BMW kinclong...

Muncullah si kawan ini dengan BMW kinclong yang terlihat sangat outstanding di antara mobil - mobil baru... Mobil baru pun kalah kinclong banding nih BMW... :big_love:

"Mau langsung bro? Nih bawa aja" Sambil kawan ane pindah ke belakang dan off we go.... :big_love: :big_love:

===================================
1. Exterior

Selayaknya umur mobil yang sudah menginjak 19 tahun... Mobil ini desain ext nya mulai terlihat tua. Desain mengotak ala sedan tahun 90an. Bukan seri-3 terganteng yang pernah ada, tapi karena sangat dirawat oleh pemiliknya... mobil ini tetep aja ganteng... dan tentu saja obat ganteng kalo jemput meme meme cantik... karena logo baling-baling :big_grin:

Mungkin bisa jadi senjata buat gombali meme-meme.... "mobil 20thn aja aku rawat apalagi kamu" :ngacir:

Image

Image

Image

Dibilang mobil ini gak ada goresan secuil pun... YES... I PROVE IT REAL. Mobil bener bener mulus catnya, gak ada tanda-tanda repaint, goresan secuil bener-bener gak ada. Kondisi paling proper untuk sebuah sedan berusia hampir 20 tahun.

Image

Sticker nya pun masih orisinil semua, termasuk sticker dealer yang sekarang udah raib (Tunas BMW)... hayo kapan terakhir Tunas BMW ada di Surabaya ? Wkwkwkwkw.

Image

I was not a fan of E36... Ane paling suka generasi E46 kalau seri-3... tapi kalau E36 nya sebagus ini sih ya naksir juga. :big_love: Soalnya jangan kan E46, nyari E90 yang kondisi bener-bener bagus pun susah... ini E36 bok.

2. Interior

Masuk ke bagian interior... entah kenapa ane merasakan aroma yang sama ketika berada di dalam cabin Mercedes C230K '98 ane terdahulu... Khas banget aroma kulit mobil Eropa tahun lawasnya. Jujur dari semua aspek, ane paling kagum dengan kondisi interiornya.

Image

Image

Rapi. Sangat rapi. Semua full orisinil dan pada tempatnya. Biasanya ketika pakai sebuah mobil kita paling sulit jaga kondisi interior... Karena interior adalah aspek yang kita selalu jamah ketika mengemudi. Dan yang paling sulit adalah menyembunyikan kondisi interior terutama kerutan kerutan di jok akibat didudukin setiap hari pake celana jins.

Setir, jok, shifter, head unit, dasbor... sangat rawan baret / kotor... bahkan penyakit mobil tahun lawas adalah kadang tombol - tombol mulai mengelupas. Di mobil ini? Gak sama sekali. Kondisinya ya sama seperti mobil baru keluar showroom.

Yang ane suka... Layout dasbor nya sangat simpel, warna amber yang jadi signature sebuah BMW... cluster yang bentuknya masih ada miripnya dengan BMW BMW model baru... :big_biglaugh: suddenly this car doesn't feel too old. Meteran konsumsi bensin yang masih analog... before MID was cool... :big_biglaugh:

Image

17 ribu. Orisinil. Awalnya bilang 12ribu karena saking jarang dipakenya si pemilik lupa odo nya :big_slap:

Image

3. Driving

Ane gak perlu bahas fitur lah ya. Ini BMW jaman susah gak ada fitur menariknya, ya mobil ini sudah ada ABS dan airbag aja.

Jujur ane gak akan tertarik kalau ini sebuah BMW 318i. Yang membuat ane tertarik adalah ini sebuah 323i bermesin inline-six yang merupakan trim tertinggi seri-3 yang dijual ATPM di jaman itu, populasinya jarang, dan bertransmisi manual.

BMW. 6 silinder. Manual. What could possibly go wrong? :big_grin:

Image

Image

Karena penasaran ane memohon ijin ke pemilik untuk buka kap mesin.... Dan oh well... kapan lagi liat mesin se kinclong ini untuk mobil tahun 97... Suara dan getaran mesin masih sangat halus... Memang betul bahwa 6-silinder inline adalah layout mesin yang paling balance dan paling halus...

Sebuah unit M52B25 bertenaga 168HP @5500 RPM dan 245 Nm @3950 RPM dan Naturally Aspirated.

Dan ane sangat yakin sang pemilik tidak mengisikan bahan bakar subsidi ke mobil ini.

Duduk di driver seat... Sangat mudah mendapatkan posisi duduk yang enak di mobil ini. Rendah dan ergonomis, terasa sangat dekat dengan center of gravity. Blindspot pun minim dan mudah memantau keadaan sekitar. Setir pas di genggaman.

Yang menurut saya agak lucu adalah bagian ruang kaki.... khas mobil Eropa bertransmisi manual, ada footrest nya. Jadi footrest-kopling-rem-gas. Jadi posisi kaki harus agak menyamping ke kanan. Mungkin ini karena rata-rata jalan di Eropa panjang - panjang jadi mereka tinggal gas konstan dan biarkan kaki kiri istirahat di footrest. Karena enggak terbiasa, footrest ini agak mengganggu ketika injek kopling.

Kopling sangat enak injekannya, gak terlalu ringan kayak mobil LCGC modern, tapi juga gak terlalu bikin pegel. Beratnya pas, meskipun kopling agak berat tapi gak bikin pegel di perjalanan IMO... lepas kopling pun feel nya sangat mudah dapet, nyetir mobil ini gak ada stall sama sekali karena feel koplingnya mudah dirasakan dan sangat mudah ngepasin dengan input pedal gas.

Saya tau si owner sangat menyayangi mobil ini jadi saya tau diri lah.... Gak main abuse mobil orang sembarangan. But still... for me this is the ultimate driving machine. Here's some proof.

Saya jalankan mobil ini ke arah Citraland - Unesa... Kawan ane ini sudah bilang "hati-hati mobil ini GCnya pendek banget" .... eh beneran lewat poldur terkutuk di Unesa... "Duk" pelan... padahal udah berusaha hati-hati ane... :big_cry: Dan semua penduduk Surabaya tau betapa menyedihkannya lewat poldur Unesa... Saya harus atraksi belak belokin stir buat lewat itu poldur sialan.

Setelah lolos dari poldur yang menyedihkan itu... Saya jalan terus sampe ketemu spot agak kosong dan dengan hasrat menggebu kepengen dengerin raungan 6-silindernya.... masuk gear 1 dan flatout.... :big_chicken: WOW....

"BRUUUUUUMMMMM....."

Ini raungan mesin 6 silinder legendaris yang sangat diagung - agungkan oleh semua petrolheads! Seakan-akan status petrolhead ane sudah official setelah "dibaptis" oleh raungan mesin 6 silinder BMW :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: Suara deruman yang padat dan ngebass disertai luapan tenaga yang terus bertambah setiap saya tambahkan injakan di pedal gas... This is every petrolhead's dream.... :big_love:

Bukan cuma deruman 6-silindernya saja... Setirnya juga sangat kaya akan feedback. Kalo kemarin saya bilang Honda Accord CM5 setirnya sudah rich, mungkin di BMW ini "conglomerate"... :big_biglaugh: i mean, seriously... Like being one with the machine. Setiap kontur jalanan sangat terasa di setirnya, bobotnya pas, terasa mantab dibawa kecepatan tinggi.

Ketika saya sengaja gak injek rem di tikungan dan belokin setir.... Bodyroll mobil ini agak terasa... Tapi justru bodyroll nya ini yang bikin fun. Bukan bodyroll yang seakan-akan mau keguling.... Tapi saking balanced nya mobil ini, seakan mobil ini mau ngajak kita berdansa dengan adanya bodyroll itu... Dan bokong yang punya kecenderungan membuang ketika gas ditahan di rev tinggi... Aaaaah.... :big_love: I'm not inside a dream isn't it? :big_love:

Shifter terasa accurate dan short-shift... Rasanya mobil ini sangat nurut dengan segala input yang diberikan oleh driver... Dari shifting, steering, engine, clutch... Seakan semua gerakan sangat mudah diprediksi. This car won't even go wild. Bahkan seorang driver newbie pun akan sangat mudah menguasai karakter mobil ini. Jika diibaratkan sebuah anjing, E36 323i adalah seekor Golden Retriever. Anjing pintar yang nurut sama pemiliknya dan sesekali ngajak bermain.

Kalo diibaratkan saya seperti sedang first date dengan seorang wanita di sebuah cafe yang dimana rasanya waktu berlalu begitu cepat... Sedang obrolan kita masih belum selesai dan rasanya berharap momen ini akan selamanya... Seorang wanita yang matang, punya pemikiran luas dan dewasa, dan bisa mengikuti flow pembicaraan sehingga kita selalu menemukan topic yang pas... Itu jika saya menggambarkan E36 sebagai seorang wanita. Rasanya saya gak mau kembali ke kenyataan... I want to drive this thing forever.

And suddenly i don't even care about any gimmicks or tech in this car... Because this car is all about driving... This car had something in the past that a new BMW doesn't have.

4. Conclusion

First date yang sangat berkesan.

Sebuah sedan legendaris, 6 silinder khas BMW, manual. No nonsense. Just grab the steering wheel and drive. Suddenly i remembered my W202 C230K which is her on-head competitor. Mobil sezaman yang merupakan rival berat. Punya karakter yang 180 derajat berbeda. Khas Mercedes dan BMW jaman dulu.

Bagi sebagian kalangan mobil ini cuma sebuah BMW tua, gak ada spesialnya. Tapi di mata enthusiast, BMW ini adalah barang yang sangat spesial. Apalagi menilik kondisinya yang juga sangat terawat oleh pemiliknya. Not even a scratch.

I'm out of words to describe this car. Merupakan pleasure tersendiri untuk "berkenalan" dengan "wanita" ini.

Sayangnya "wanita" ini terlalu baik buat saya... She's too perfect.

Harus kembali ke kenyataan dengan "gadis muda yang agak kekanakan"... which is the way i describe my Honda Civic.

And sadly this car is for sale by the owner... Buat yang berminat bisa via PM ke saya nanti saya sampaikan... Barang super spesial... Saya harap pembelinya adalah seorang kolektor/enthusiast yang mengerti nilai sebuah BMW klasik...

Saya gak beli mobil ini bukan karena mahal, bukan. Mobil ini harganya sangat bersahabat untuk sebuah barang koleksi. Tapi karena gak mungkin dapet restu dari bos besar buat miara BMW setua ini.

In the end... a car that represents BMW's slogan :

The (Genuine) Ultimate Driving Machine.

====================================

Sekian review saya... Hope you enjoy...

Maaf review kali ini terkesan baper :ngacir: ane bisa baper karena mobil :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
glendotan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by glendotan »

Sebuah cerita pendek yang sangat menarik dari Chz...
Sebuah pengalaman indah dan tdk terlupakan bs mengendarai mahkluk indah ini.
E36 323 Manual... 3 kata tersebut sdh bisa mnggambarkan kesenangan luar biasa..
Btw ini e36 superb sekali ya kondisinya.. Speechless liatnya.
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by grandis_GT »

Wuuihh , bersih bmw nya , kulitnya juga gak ada retak udah 19 tahun , superlangka inimah , mustahil dapat barang kek gini kalo nyari E36 ke sentra'' mobkas , apa alasan owner ngejual bmwnya om ? koleksi aja :mky_01:

nice review :big_okay:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5686
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by sintoni »

Legendaris ini E36.

Sampe sekarang masih simpen mimpi pelihara E46, tapi yang M3 atau minimal 330ci/i. :mky_03:
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by dsign1990 »

widiih gila 17rb km
e34 aja udah 50rb km odo masih terasa low mileage banget
inline six bmw emang paling merdu lengkinganya
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by gadjahalphien »

My first post in SM.

Salut sama nih mobil. Keren bgt.

Btw, untuk foot rest, rasanya enggak hanya di E36 aja deh.
Ferio MT '98 nyokap, dan Altis MT '03 bokap ada footrestnya semua.
nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by nimoo »

Oh my.. oh my... Oh my... :big_love: :big_love:

Udah kayak new old stock aja e36 nya

Btt, nice review om
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by ChZ »

glendotan wrote:Sebuah cerita pendek yang sangat menarik dari Chz...
Sebuah pengalaman indah dan tdk terlupakan bs mengendarai mahkluk indah ini.
E36 323 Manual... 3 kata tersebut sdh bisa mnggambarkan kesenangan luar biasa..
Btw ini e36 superb sekali ya kondisinya.. Speechless liatnya.
Wkwkwkw yep... kalo ini 318i mungkin ane gak se-excited itu buat tau mobilnya karena 4 silinder. Saking ini versi 6 silinder bertransmisi manual yaaa.... gimana gak kepengen wkwkwkkw. Nyetir BMW transmisi manual aja gak pernah apalagi ini manual + 6 silinder.

Super mint mobilnya oom... persis kayak keluar dari showroom.
grandis_GT wrote:Wuuihh , bersih bmw nya , kulitnya juga gak ada retak udah 19 tahun , superlangka inimah , mustahil dapat barang kek gini kalo nyari E36 ke sentra'' mobkas , apa alasan owner ngejual bmwnya om ? koleksi aja :mky_01:

nice review :big_okay:
Hahaha iya oom... showroom mobkas barangnya rata-rata sulapan. Susah banget cari yang sebagus ini.

Dijual karena gak ada yang pake oom... Sayang dianggurin jadi dijual santai sama pemiliknya. Dan ane berharap yang beli juga bukan orang yang sembarangan. Harus yang ngerti banget sama BMW yang bisa appreciate mobil ini.

Untuk sebuah E36 tahun segini cukup tinggi harganya, tapi sebanding sama kondisinya yang super antik.
sintoni wrote:Legendaris ini E36.

Sampe sekarang masih simpen mimpi pelihara E46, tapi yang M3 atau minimal 330ci/i. :mky_03:
Impian ane juga E46 bro Toni... tapi liat E36 kayak gini siapa gak ngiler :big_love:

Mau E46 cukup 325i aja yang penting kondisinya bagus... :big_love:
dsign1990 wrote:widiih gila 17rb km
e34 aja udah 50rb km odo masih terasa low mileage banget
inline six bmw emang paling merdu lengkinganya
Hahahaha dulu Mercedes C230K saya di tahun 2009 odo nya masih 40ribu juga berasa rendah banget. E ada yang lebih rendah :big_biglaugh:

Iya oom suaranya cakep banget... Nggak melengking sih, ngebass berat gtu enak... Kalo melengking teriak sih VTEC wkwkwkwk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by ChZ »

nimoo wrote:Oh my.. oh my... Oh my... :big_love: :big_love:

Udah kayak new old stock aja e36 nya

Btt, nice review om
Wkwkwkwkwk bisa dibilang begitu lah... semacem E36 NOS...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by Pboyz97 »

Nice review bro

E36 ini merupakan salah satu mobil BMW Favorit saya selain E46, E39, F30 & E60, btw barang langka juga nihh odonya masih 17rb + exteiror & interiornya masih kinyis2 kaya mobil baru keluar showroom :big_love: , Btw kenapa dijual om BMWnya? :mky_03: , apakah yang punyanya udah bosen? hehehe, kalo saya sih cuma bisa berharap mobilnya cepet laku & dibeli oleh orang yang tepat (Maksudnya BMW Hobbyst / enthusiast , kolektor / orang yang mengerti nilai dari sebuah Mobil eropa klasik terutama BMW / minimal orang yang udah berpengalaman merawat mobil eropa klasik lah (terutama BMW)) hehehe.

Terus mobil ini merupakan mobil eropa yang paling fun to drive di jamannya (apalagi transmisinya manual ) belom lagi mesin 6 silindernya BMW yang suaranya paling gahar di jamannya kalo menurut saya :big_exellent:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by anrico17 »

Wih E36 323i di Surabaya, tak kira punya sodara ane. Tp bukan soalnya beda warna...

Pernah numpang, ni mobil emang, For an 'classic' car, ridenya still better IMO drpd ama mobil hatchback jaman sekarang, bahkan lebih enak naik ini drpd let's say, limo (taxi), baru tau juga ternyata ini 6 silinder, tak kira cuma 4.... Pantesan suaranya menurut ane 'aneh'...
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
User avatar
W124benz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Wed Mar 30, 2016 6:25
Location: Everywhere

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by W124benz »

wah mantap om ChZ reviewnya, dulu waktu kuliah di jogja pernah test 323 manual juga rute Magelang-jogja sore sore gerimis gitu, jalannya ga terlalu luas ataupun sempit pas lah hehe...enak buat selap selip si 323 ini torsinya jg galak.

pernah sekali di blkg bus, ngintip ke kanan sedikit buat liat depan, begitu ada kesempatan bejek lsg wuuzzzz enyak enyak enyak :mky_01:
"The important thing in Life is not the Triumph but the Struggle" :thanks:
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by Koddy »

Mantap.... sayangnya manual. Kalau matic, menarik hati udahan

Sent from my K016 using Seraya Motor mobile app
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by ChZ »

Pboyz97 wrote:Nice review bro

E36 ini merupakan salah satu mobil BMW Favorit saya selain E46, E39, F30 & E60, btw barang langka juga nihh odonya masih 17rb + exteiror & interiornya masih kinyis2 kaya mobil baru keluar showroom :big_love: , Btw kenapa dijual om BMWnya? :mky_03: , apakah yang punyanya udah bosen? hehehe, kalo saya sih cuma bisa berharap mobilnya cepet laku & dibeli oleh orang yang tepat (Maksudnya BMW Hobbyst / enthusiast , kolektor / orang yang mengerti nilai dari sebuah Mobil eropa klasik terutama BMW / minimal orang yang udah berpengalaman merawat mobil eropa klasik lah (terutama BMW)) hehehe.

Terus mobil ini merupakan mobil eropa yang paling fun to drive di jamannya (apalagi transmisinya manual ) belom lagi mesin 6 silindernya BMW yang suaranya paling gahar di jamannya kalo menurut saya :big_exellent:
Dijual karena yang gak ada yang pake di rumah oom... Jual santai aja barangkali ada yang berminat hahahaha.

Setuju... Saya sayang banget mobil ini kalo laku ke orang yang gak ngerti mobil. Dari mobil yang top condition jadi hancur... itu sayang banget... Harus penggemar yang beli. Ini bukan mobil sembarangan soalnya.

Kalo saya punya F30 dan E36 ini di rumah mungkin yang saya simpenin E36 nya... E36 nya keluar di akhir minggu aja :mky_01:

Betul oom... definisi fun to drive sangat kentara sekali di mobil ini... Manual, front engine, rear wheel drive, 6 silinder inline which is the best layout for an engine (no need for balancer shaft because naturally balance itself)... Steering full of feedback (mungkin setara MX-5 Miata NC yang pernah ane bawa)... Gear shifter yang sangat presisi... Untuk mesin N/A tahun 97 mobil ini termasuk garang... sebagai perbandingan figur horsepowernya setara dengan Honda CR-V RE 2.4L ... dan figur torsinya setara dengan Mazda CX-5 GT 2.5L... Dengan bodi sedan yang lebih ringan dan lebih aerodynamic... Bayangin tuh mobil-mobil modern aja bisa kekejar sama mobil ini...
anrico17 wrote:Wih E36 323i di Surabaya, tak kira punya sodara ane. Tp bukan soalnya beda warna...

Pernah numpang, ni mobil emang, For an 'classic' car, ridenya still better IMO drpd ama mobil hatchback jaman sekarang, bahkan lebih enak naik ini drpd let's say, limo (taxi), baru tau juga ternyata ini 6 silinder, tak kira cuma 4.... Pantesan suaranya menurut ane 'aneh'...
Yes betul sekali... Naikannya jauh banget sama Jepangan even today's jepangan... New Honda Accord pun kalah enak sama mobil ini menurut saya...

Keras... tapi dampernya Eropa sekali... mantab.

Hehehe yup E36 320i dan 323i ini 6 silinder inline BMW yang sangat legendaris... Makanya kenapa ane ngebet sekali nyoba mobil ini...
W124benz wrote:wah mantap om ChZ reviewnya, dulu waktu kuliah di jogja pernah test 323 manual juga rute Magelang-jogja sore sore gerimis gitu, jalannya ga terlalu luas ataupun sempit pas lah hehe...enak buat selap selip si 323 ini torsinya jg galak.

pernah sekali di blkg bus, ngintip ke kanan sedikit buat liat depan, begitu ada kesempatan bejek lsg wuuzzzz enyak enyak enyak :mky_01:
Mobil ini seriously gak terasa kenceng kalo dari dalem.... :big_biglaugh: tapi speedonya naik terus dan tenaganya selalu ada setiap kita butuh. Karakter mobil sangat mudah dikuasai, easy to drive. Enak banget buat selap selip maupun jalan santai. Pemula pun gak akan kagok bawa mobil ini.

Dibanding Accord CM5 MT, Accord terasa lebih agresif tapi ane yakin 0-100 figure nya masih kenceng BMW by about half a second... Top speed jangan ditanya dah... BMW 318 aja top speed bisa 200+ walaupun lama...
Koddy wrote:Mantap.... sayangnya manual. Kalau matic, menarik hati udahan

Sent from my K016 using Seraya Motor mobile app
Lho justru saya tertarik coba mobil ini karena manual, oom... :mky_01:

Kapan lagi setir BMW manual... varian 6 silinder lagi... :mky_01: kalo jodoh ya pasti ane tebus mobil ini...

Kapan lagi punya barang langka begini :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by FRD »

kenapa harus wanita yg dijadikan gambaran dari sebuah karakter mobil? :ngacir:
:big_smoking:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by Or4cle »

FRD wrote:kenapa harus wanita yg dijadikan gambaran dari sebuah karakter mobil? :ngacir:

Mungkin karena wanita itu kompleks, seperti mobil yang penuh complexity. Women ... can't live without them, can't live with them :big_dunno:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by ChZ »

FRD wrote:kenapa harus wanita yg dijadikan gambaran dari sebuah karakter mobil? :ngacir:
Karena....

What's the best way to describe a car rather than a woman, ndut? :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by fizrmen »

DRIVE IT LIKE YOU STEAL IT BWAAAAAHHHHHH *inline6 roars*
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
awardh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Mon Sep 28, 2009 0:50

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by awardh »

Ommm....., mobilnya mau dijual yaa? Boleh bisikin harga dan contact nya via: 0813 1800 1919.

Kebetulan anak saya maniac Biem.


Thanks Ommm.....
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by dsign1990 »

ChZ wrote:
glendotan wrote:Sebuah cerita pendek yang sangat menarik dari Chz...
Sebuah pengalaman indah dan tdk terlupakan bs mengendarai mahkluk indah ini.
E36 323 Manual... 3 kata tersebut sdh bisa mnggambarkan kesenangan luar biasa..
Btw ini e36 superb sekali ya kondisinya.. Speechless liatnya.
Wkwkwkw yep... kalo ini 318i mungkin ane gak se-excited itu buat tau mobilnya karena 4 silinder. Saking ini versi 6 silinder bertransmisi manual yaaa.... gimana gak kepengen wkwkwkkw. Nyetir BMW transmisi manual aja gak pernah apalagi ini manual + 6 silinder.

Super mint mobilnya oom... persis kayak keluar dari showroom.
grandis_GT wrote:Wuuihh , bersih bmw nya , kulitnya juga gak ada retak udah 19 tahun , superlangka inimah , mustahil dapat barang kek gini kalo nyari E36 ke sentra'' mobkas , apa alasan owner ngejual bmwnya om ? koleksi aja :mky_01:

nice review :big_okay:
Hahaha iya oom... showroom mobkas barangnya rata-rata sulapan. Susah banget cari yang sebagus ini.

Dijual karena gak ada yang pake oom... Sayang dianggurin jadi dijual santai sama pemiliknya. Dan ane berharap yang beli juga bukan orang yang sembarangan. Harus yang ngerti banget sama BMW yang bisa appreciate mobil ini.

Untuk sebuah E36 tahun segini cukup tinggi harganya, tapi sebanding sama kondisinya yang super antik.
sintoni wrote:Legendaris ini E36.

Sampe sekarang masih simpen mimpi pelihara E46, tapi yang M3 atau minimal 330ci/i. :mky_03:
Impian ane juga E46 bro Toni... tapi liat E36 kayak gini siapa gak ngiler :big_love:

Mau E46 cukup 325i aja yang penting kondisinya bagus... :big_love:
dsign1990 wrote:widiih gila 17rb km
e34 aja udah 50rb km odo masih terasa low mileage banget
inline six bmw emang paling merdu lengkinganya
Hahahaha dulu Mercedes C230K saya di tahun 2009 odo nya masih 40ribu juga berasa rendah banget. E ada yang lebih rendah :big_biglaugh:

Iya oom suaranya cakep banget... Nggak melengking sih, ngebass berat gtu enak... Kalo melengking teriak sih VTEC wkwkwkwk.
iya sih om bukan melengking macam honda cuma ke arah menjerit gitu ya kalau mid - high rev mulai 2000 rpm ke atas beda sama inline 6 mercedes yg kedengeran menggeram atau v8 nya bmw yg menggemuruh saat mid high rev
BTW itu superchargernya w202 230 gimana enak om dengernya ? torsi nendang bgt kali ya ? mercy 4 cylinder cuma pernah main e220 aja hehehehe
idlamahilang
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by idlamahilang »

Nice review bro.. ane jg pernah kena "duk.." waktu lewat poldur, di bawah jok penumpang depan kalo gasalah ada cover sasis ato cover warna hitam gitu yang kena. Kaget juga waktu itu karena bawa sedan lain ga kena, ini kok kena :big_dunno:

Btw sekarang udah hampir mustahil cari 323i dgn kondisi spt ini ya :big_cry:
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by jar-jit-no »

nice repiu chris

sukses meningkatkan hasrat ane untuk miara e36 suatu saat :mky_01:

btw, si owner cerita nggak ni mobil pernah trouble apa aja? denger2 kan boil kyk gini makin ga dipake makin penyakitan..ya ibarat orang lama ga olahraga jadi sakit semua badan :mky_03:
e46 lebih cakep sih..tp sayangnya ga ada manual ya
4A91 4at - Slow Driver
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by dream_theater »

Wah...review yg melankolis om.... :frm_tumbright:
Jadi inget saat pegang 320i di tol bandung, perasaan ane udah bejek kenceng di sisi kanan, di belakang ada mobil ngedim berkali-kali minta jalan...begitu ane mlipir ke tengah, sebuah 323i melesat dengan kencang....wusssss.... :e-clap:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by ChZ »

fizrmen wrote:DRIVE IT LIKE YOU STEAL IT BWAAAAAHHHHHH *inline6 roars*
inline six rulez :big_smoking:
dsign1990 wrote:
iya sih om bukan melengking macam honda cuma ke arah menjerit gitu ya kalau mid - high rev mulai 2000 rpm ke atas beda sama inline 6 mercedes yg kedengeran menggeram atau v8 nya bmw yg menggemuruh saat mid high rev
BTW itu superchargernya w202 230 gimana enak om dengernya ? torsi nendang bgt kali ya ? mercy 4 cylinder cuma pernah main e220 aja hehehehe
Haluuus sekali pokoknya ini inline-six. Hahahahaha.

Supercharger nya C230 Kompressor gak terlalu berasa nendang oom... tipikal mobil Eropa... senyap gak berasa nendang tapi jarum speedo naiknya cepet... Punya saya dulu Automatic. Jelas gak on-par sama 323i ini hahaha.
idlamahilang wrote:Nice review bro.. ane jg pernah kena "duk.." waktu lewat poldur, di bawah jok penumpang depan kalo gasalah ada cover sasis ato cover warna hitam gitu yang kena. Kaget juga waktu itu karena bawa sedan lain ga kena, ini kok kena :big_dunno:

Btw sekarang udah hampir mustahil cari 323i dgn kondisi spt ini ya :big_cry:
Iya khas banget mobil Eropa ada underbod protectornya. Buat mengurangi turbulensi di kolong mobil.

Iya susah.... banget. Kebanyakan udah jadi besi tua berjalan... :big_cry:
jar-jit-no wrote:nice repiu chris

sukses meningkatkan hasrat ane untuk miara e36 suatu saat :mky_01:

btw, si owner cerita nggak ni mobil pernah trouble apa aja? denger2 kan boil kyk gini makin ga dipake makin penyakitan..ya ibarat orang lama ga olahraga jadi sakit semua badan :mky_03:
e46 lebih cakep sih..tp sayangnya ga ada manual ya
Si owner gak cerita sih mobil ini ada trouble aneh - aneh... dipake ya normal - normal aja. Setau saya E36 memang BMW yang cukup jarang trobel karena elektroniknya masih dikit. Paling cuma hidrolik kap mesin sebelah kanan aja yang udah somplak. Tinggal diganti.

Sisanya pretty well... kaki kaki pun saya coba masih senyap.
dream_theater wrote:Wah...review yg melankolis om.... :frm_tumbright:
Jadi inget saat pegang 320i di tol bandung, perasaan ane udah bejek kenceng di sisi kanan, di belakang ada mobil ngedim berkali-kali minta jalan...begitu ane mlipir ke tengah, sebuah 323i melesat dengan kencang....wusssss.... :e-clap:
320i E36 juga oom? Wah 6 silinder juga tuh. :mky_02:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
yisnawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sat Aug 06, 2016 5:02

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by yisnawan »

Ane lebih kagum lagi selama 19 tahun km nya 17k..
Gimana ceritanya ya..
Jgn2 selama ini si Owner cuma manasin mesin, keluarin garasi trus masukin lagi ya.. hihihi..
Mantap bro review-nya..

Sent from my MI 5 using Tapatalk