Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Segala jenis sports car (Ferari, Acura, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

takhojo62
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Aug 30, 2016 12:42

Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by takhojo62 »

Hello guys! Kan kalian tahu kalau Lancer Evo 8 MR FQ-400 adalah Lancer yang paling jarang di dunia dan dibuat di Inggris dengan tenaga yang lebihh besar 120hp dari yang versi Jepang. Karena regulasi di Jepang gak ada peraturan horsepower limiter. Tapi sebenarnya MitsubishI Jepang ngeluarin versi Lancer Evo yang jauh lebih jarang lagi dari FQ-400. Yaitu Mitsubishi Lancer Evolution VIII MR RS 6-Speed CT9A.

Image
Dari depan tampangnya mirip kayak MR GSR tapi ini 40kg lebih ringan
Image
Model ini menjadi tipe tengah di varian Lancer Evolution VIII MR pada saat masih baru
Image
Dan mobil ini basisnya mobil super taikyu karena yang 5-Speed adalah basis buat yang versi reli. Sedangkan yang 6-speed ini buat super endurance battle untuk mengalahkan Subaru Impreza
Image
Dia mencatat waktu lebih cepat dari Honda NSX-R NA2 di Best Motoring pada Mei 2004 dengan waktu 1 menit 4.50 detik
Image
Dibanding dengan evo 8. Yang ini beratnya dipangkan 10kg berkat aluminium roof yang ringan dan kokoh.
Image
Seperti GSR, ban Enkei menjadi standar di versi MR RS 6-Speed ini. Sementara ban BBS Menjadi opsional. Dan yang 5-speed dapet ban steel wheel.
Image
Bagian belakang sama persis dengan GSR juga
Image
Yang paling membedakan yang ini dengan yang GSR adalah door handle dan mirror cover berwarna hitam.
Image
Karena ini versi stripped down. Interior sama persis seperti yang 5-Speed RS punya.
Image
Image
Belum dapet Recaro bucket seat karena ini versi stripped downnya GSR
Image
Setir sama persis dengan yang Evo 5-6 GSR punya. Belum sport steering wheel yang kayak di GSR. Tetapi dijual opsional untuk RS.
Image
Ini bagian yang paling spesial yang membedakan transmisi RS yang 5-speed dan 6-speed
Image
Mesinnya sama persis dengan yang versi GSR dengan torsi 40.8 kg.m. dibanding dengan yang 5-speed yang pake mesin Evo 8 lama
Image
Tidak ada spare tire supaya lebih ringan 40kg dari versi GSR
Image
Dibandingkan dengan versi 5-Speed RS. Dia remnya udah Brembo disc brake dan sudah menjadi standar
Image
ABS+EBD+BA menjadi perlengkapan standar tetapi Bilstein suspension dan damper adalah opsional. Dan AYC+ACD sudah jadi standar juga seperti di GSR karena yang 5-Speed RS masih pake differential LSD.

Lancer Evolution VII MR RS 6-Speed mungkin bukan yang terkencang dibandingkan dengan Mitsubishi Lancer Evoution versi FQ. Tetapi karena ini adalah unit yang sangat jarang. Mobil ini menjadi collectors item karena kelangkaannya. Dan dia juga lebih kencang dari NSX-R sendiri pada tahun 2004 padahal harganya 4 kali lipat lebih murah dari NSX-R pada saat itu. This is the reason why the legend is never die.

Lancer Evolution Forever!!!
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by michaelgiri93 »

Keren mobilnya om
sayang mobil legend ini disuntik mati
gak kaya impreza yang masih diproduksi sampe sekarang
by the way setau saya evo fq series itu cuma ada di inggris om
cmiiw ya
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
takhojo62
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Aug 30, 2016 12:42

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by takhojo62 »

michaelgiri93 wrote:Keren mobilnya om
sayang mobil legend ini disuntik mati
gak kaya impreza yang masih diproduksi sampe sekarang
by the way setau saya evo fq series itu cuma ada di inggris om
cmiiw ya
tahu kok kalo yang itu cuma di inggris karena gak ada regulasinya, Kalo yang ini paling kenceng untuk pasar JDM karena setau ane mobil ini mempunyai waktu rekor tercepat di tsukuba di sepanjang sejarah.
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by michaelgiri93 »

takhojo62 wrote: tahu kok kalo yang itu cuma di inggris karena gak ada regulasinya, Kalo yang ini paling kenceng untuk pasar JDM karena setau ane mobil ini mempunyai waktu rekor tercepat di tsukuba di sepanjang sejarah.
sesuai yang tadi di bilang ya, an evo beats an nsx r
what a car
sayang kalo buat saya masih mimpi aja pelihara evo, boro2 yg ini, yang base model aja gak kuat belinya :big_childish:
oiya nice thread om :big_exellent:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
takhojo62
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Aug 30, 2016 12:42

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by takhojo62 »

michaelgiri93 wrote:
takhojo62 wrote: tahu kok kalo yang itu cuma di inggris karena gak ada regulasinya, Kalo yang ini paling kenceng untuk pasar JDM karena setau ane mobil ini mempunyai waktu rekor tercepat di tsukuba di sepanjang sejarah.
sesuai yang tadi di bilang ya, an evo beats an nsx r
what a car
sayang kalo buat saya masih mimpi aja pelihara evo, boro2 yg ini, yang base model aja gak kuat belinya :big_childish:
oiya nice thread om :big_exellent:
Thanks! Evo memang legend dan timeless! Evo yang paling murah 600jt dan itu masih mahal. Dan boro boro harganya. Dia juga boros kalo dibanding dengan nsx-r. Karena gak kayak turbo sekarang. Turbo masa lalu bikin lebih boros.
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by michaelgiri93 »

takhojo62 wrote: Thanks! Evo memang legend dan timeless! Evo yang paling murah 600jt dan itu masih mahal. Dan boro boro harganya. Dia juga boros kalo dibanding dengan nsx-r. Karena gak kayak turbo sekarang. Turbo masa lalu bikin lebih boros.
iya om
bener itu
tapi ya wajar sih om
meskipun cuma 2000cc
4g63t nya bisa produksi 276 hp, bulatkan aja 280 (menurut baca2)
hebatnya itu hanya dari mesin 4silinder
dan setau saya single turbo
tapi kalo pelihara evo sudah gak mikirin konsumsi bbm deh kayaknya
:mky_01:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
takhojo62
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Aug 30, 2016 12:42

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by takhojo62 »

michaelgiri93 wrote:
takhojo62 wrote: Thanks! Evo memang legend dan timeless! Evo yang paling murah 600jt dan itu masih mahal. Dan boro boro harganya. Dia juga boros kalo dibanding dengan nsx-r. Karena gak kayak turbo sekarang. Turbo masa lalu bikin lebih boros.
iya om
bener itu
tapi ya wajar sih om
meskipun cuma 2000cc
4g63t nya bisa produksi 276 hp, bulatkan aja 280 (menurut baca2)
hebatnya itu hanya dari mesin 4silinder
dan setau saya single turbo
tapi kalo pelihara evo sudah gak mikirin konsumsi bbm deh kayaknya
:mky_01:
karena yang punya orang kaya atau kolektor mobil yang gak mungkin jadiin mobil ini jadi mobil utama. dan mobil ini sangat terkenal dikalangan anak muda. sama turbonya pasti gede meskipun single dan dia mobil basis wrc karena mau nyaingin impreza meskipun sama sama keluar pas tahun 1992
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by rajapb »

wah setirnya sama kaya evo 4 5 6 ya. Di indonesia mah yang masuk kebanyakan gsr sama mr, yang 8 mr gila harganya gak turun2 malah tambah naik, ada yang jual 700 juta. Malah evo 9 mr lebih gila lagi sampe 1M. Kalo evo rs disini dipake buat rally semua.

Kalo evo x malah gak secepet pendahulu nya ya gara2 kegedean body, walaupun masih termasuk kenceng lah, cuman tampang nya aja lebih sangar. Tapi tetep favorit gue mah evo 6 TME #fanboylancerevotilldie
takhojo62
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Aug 30, 2016 12:42

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by takhojo62 »

rajapb wrote:wah setirnya sama kaya evo 4 5 6 ya. Di indonesia mah yang masuk kebanyakan gsr sama mr, yang 8 mr gila harganya gak turun2 malah tambah naik, ada yang jual 700 juta. Malah evo 9 mr lebih gila lagi sampe 1M. Kalo evo rs disini dipake buat rally semua.

Kalo evo x malah gak secepet pendahulu nya ya gara2 kegedean body, walaupun masih termasuk kenceng lah, cuman tampang nya aja lebih sangar. Tapi tetep favorit gue mah evo 6 TME #fanboylancerevotilldie
evo x emang lemot dan pas di best motoring dia startnya didepan evo 9 which means that lebih lelet gara gara kegemukan sama mesinnya kurang responsif. kalo rs disni kebanyakan 5-speed sementara 6-speed belum ada sama sekalipun padahal sebenarnya ada tapi pada diekspor ke inggris. evo mr gak pernah turun karena dia rare item sedunia jadinya khusus dibuat untuk kolektor sedangkan yang lain turun terutama evo x yang jumlahnya banyak.
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by rajapb »

takhojo62 wrote:
rajapb wrote:wah setirnya sama kaya evo 4 5 6 ya. Di indonesia mah yang masuk kebanyakan gsr sama mr, yang 8 mr gila harganya gak turun2 malah tambah naik, ada yang jual 700 juta. Malah evo 9 mr lebih gila lagi sampe 1M. Kalo evo rs disini dipake buat rally semua.

Kalo evo x malah gak secepet pendahulu nya ya gara2 kegedean body, walaupun masih termasuk kenceng lah, cuman tampang nya aja lebih sangar. Tapi tetep favorit gue mah evo 6 TME #fanboylancerevotilldie
evo x emang lemot dan pas di best motoring dia startnya didepan evo 9 which means that lebih lelet gara gara kegemukan sama mesinnya kurang responsif. kalo rs disni kebanyakan 5-speed sementara 6-speed belum ada sama sekalipun padahal sebenarnya ada tapi pada diekspor ke inggris. evo mr gak pernah turun karena dia rare item sedunia jadinya khusus dibuat untuk kolektor sedangkan yang lain turun terutama evo x yang jumlahnya banyak.
tapi di best motoring sti spec c juga sangar tuh laptime nya mirip2 sama evo rs soalnya sama2 versi trondol nya. Lap time range 4 detik an semua. Dan sti spec c understeer nya gak separah versi biasa nya, walaupin undesteer dikit2 bisa ngimbangin evo lah. Sti spec c yang hatch lawan evo x masih kencengan sti spec c malah :big_sorry:
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by adrevolution »

Evo VIII RS MR peleknya sama kayak MR GSR ya? kalau yang RS biasa kan seinget saya peleknya kaleng dan diameter lebih kecil, kalau gak salah buat save weight juga
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
alicevamps
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Mon May 02, 2016 14:54

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by alicevamps »

Itu misalnya bobot mobilnya dipangkas 40kg trus trus yg nyetir beratnya 120kg diadu balap ama versi gsr yg lebih berat 40kg, tp yg nyetir berat badannya cuman 60kg, mana yg lbh kencang?
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by ricz »

Saya pake ini MR RS. Transmisinya 6 speed ama gaada antena radio, dan velg nya msih pake steel wheels.... Tapi......























....sy pakenya di game :big_weee:


:ngacir:
2021 Fortuner VRZ
takhojo62
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Aug 30, 2016 12:42

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by takhojo62 »

adrevolution wrote:Evo VIII RS MR peleknya sama kayak MR GSR ya? kalau yang RS biasa kan seinget saya peleknya kaleng dan diameter lebih kecil, kalau gak salah buat save weight juga
Itu buat versi yang 5-speednya. Yang 6-speed udah kayak GSR dan dia udah ABS sama udah AYC kayak di GSR.
takhojo62
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Aug 30, 2016 12:42

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by takhojo62 »

rajapb wrote:
takhojo62 wrote:
rajapb wrote:wah setirnya sama kaya evo 4 5 6 ya. Di indonesia mah yang masuk kebanyakan gsr sama mr, yang 8 mr gila harganya gak turun2 malah tambah naik, ada yang jual 700 juta. Malah evo 9 mr lebih gila lagi sampe 1M. Kalo evo rs disini dipake buat rally semua.

Kalo evo x malah gak secepet pendahulu nya ya gara2 kegedean body, walaupun masih termasuk kenceng lah, cuman tampang nya aja lebih sangar. Tapi tetep favorit gue mah evo 6 TME #fanboylancerevotilldie
evo x emang lemot dan pas di best motoring dia startnya didepan evo 9 which means that lebih lelet gara gara kegemukan sama mesinnya kurang responsif. kalo rs disni kebanyakan 5-speed sementara 6-speed belum ada sama sekalipun padahal sebenarnya ada tapi pada diekspor ke inggris. evo mr gak pernah turun karena dia rare item sedunia jadinya khusus dibuat untuk kolektor sedangkan yang lain turun terutama evo x yang jumlahnya banyak.
tapi di best motoring sti spec c juga sangar tuh laptime nya mirip2 sama evo rs soalnya sama2 versi trondol nya. Lap time range 4 detik an semua. Dan sti spec c understeer nya gak separah versi biasa nya, walaupin undesteer dikit2 bisa ngimbangin evo lah. Sti spec c yang hatch lawan evo x masih kencengan sti spec c malah :big_sorry:
Kalo impreza konsepnya gak berubah rubah dari dulu sedangkan kalo evo berubah sejak yang x, Yang x yang mencerminkan wrc car dia lebih kayak sport sedan aja dan lebih elegan. Dan karena itu juga evo x jadi lebih gemuk dari pendahulunya.

kalo impreza spec c yang nyatat 4 detik itu ada 2. yaitu yang blob eye tahun 2003 yang versi gdb-c yang torsinya masih 40.2 kg.m. (sebelum facelift pada juni 2004 yang torsinya lebih besar) dan yang satu lagi yang bug eye spec c pertama dengan waktu 1 menit 4.95 detik pas pertama kali launching.
takhojo62
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Aug 30, 2016 12:42

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by takhojo62 »

alicevamps wrote:Itu misalnya bobot mobilnya dipangkas 40kg trus trus yg nyetir beratnya 120kg diadu balap ama versi gsr yg lebih berat 40kg, tp yg nyetir berat badannya cuman 60kg, mana yg lbh kencang?
kalo yang nyetir lebih berat ngefek juga sih. kecuali beratnya sama.
teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by teppey »

Impreza juga tiap ganti Chassis nambah berat mulu.
QnetiC
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Mon Apr 07, 2008 8:35

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by QnetiC »

nice share om takhojo62, nambah pengetahuan tentang lineup evo. bagi saya, lineup yg paling saya ingat ya seri fq karena dulu ada majalah yg jelasin fq = f*ck'in quick...
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by michaelgiri93 »

alicevamps wrote:Itu misalnya bobot mobilnya dipangkas 40kg trus trus yg nyetir beratnya 120kg diadu balap ama versi gsr yg lebih berat 40kg, tp yg nyetir berat badannya cuman 60kg, mana yg lbh kencang?
kalo lurus entah ya
mungkin masih kencengan yang ini
soalnya selain mesinnya beda (kalo gak salah camshaftnya beda), rasio gearnya beda juga, karena mobil ini kan giginya ada 6, gak kaya evo 8 normal yang cuma 5
kalo tikungan saya tetep pegang yang mr rs 6spd
soalnya bobot yang di pangkas termasuk di atap
sehingga center of gravity nya pun pasti berubah meski sedikit
dan ini berefek pada balancenya mobil yang berubah meski sedikit
dan yang ini kalo gak salah shock arbsorbernya beda

btw ini just my opinion lho
cmiiw ya
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
setopratomo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Tue Dec 20, 2016 4:18

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by setopratomo »

Ijin nyimak om... Nambah2 ilmu buat saya yg masih nyubi di dunia permobilan.,
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by ipat »

Di semarang ada yg punya ginian warna grey,(entah evo8/9), mobilnya bener2 rigid,rem pake brembo yg cakramnya gede menuhin velgnya,dibawah hood penuh dgn intercooler dan pipa2,kalo dinyalain mesinya manteb grokgrokgrokgrok kasar tapi enak
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: RE: Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by Koddy »

ipat wrote:Di semarang ada yg punya ginian warna grey,(entah evo8/9), mobilnya bener2 rigid,rem pake brembo yg cakramnya gede menuhin velgnya,dibawah hood penuh dgn intercooler dan pipa2,kalo dinyalain mesinya manteb grokgrokgrokgrok kasar tapi enak
Hehehehe... mampir aja ke Auto Center kalau nyari JDM di Semarang
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by fizrmen »

uwahhhh akhirnya ada trit bergizi tentang JDM heroes
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by b0ku »

kalo saia mendingan FQ350 lebih bandel sama time result cuma sedikit lebih pelan dr FQ400 :ngacir:
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?

Post by osbertc0ol »

jadi inget pas clarkson review fq400, pas lagi jelasin sisi negatifnya dia drag fq400 sama minivan di gigi 5 di kedua mobil dan minivan yang menang :wkkk: