Tentang Trailblazer 2017

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Ajobalonn3
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: 07 Jun 2018, 11:03

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by Ajobalonn3 »

jazzretro7 wrote: 19 Aug 2019, 11:17
mas_amoh wrote: 18 Aug 2019, 22:28
kriwil wrote: 01 Aug 2019, 22:31 diskon 40jt om, VIN 2019 body kit
OTR jadi brapa om... thx
alo om klo berminat bs kontak2 sales sy udah sy pm nanti bs lgsg wa ke ybs...diskone mantaplah pokoke..
Pm.saya jg om
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by jazzretro7 »

Ajobalonn3 wrote: 23 Sep 2019, 23:20
jazzretro7 wrote: 19 Aug 2019, 11:17
mas_amoh wrote: 18 Aug 2019, 22:28

OTR jadi brapa om... thx
alo om klo berminat bs kontak2 sales sy udah sy pm nanti bs lgsg wa ke ybs...diskone mantaplah pokoke..
Pm.saya jg om
Udah sy pm ya om sales sy silahkan kontak ybs hehe...
User avatar
Slowslowglow
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: 13 Aug 2019, 10:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: K15B

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by Slowslowglow »

Boleh di PM juga bos
jazzretro7 wrote:
Ajobalonn3 wrote: 23 Sep 2019, 23:20
jazzretro7 wrote: 19 Aug 2019, 11:17 alo om klo berminat bs kontak2 sales sy udah sy pm nanti bs lgsg wa ke ybs...diskone mantaplah pokoke..
Pm.saya jg om
Udah sy pm ya om sales sy silahkan kontak ybs hehe...
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by jazzretro7 »

Slowslowglow wrote: 25 Oct 2019, 22:11 Boleh di PM juga bos
jazzretro7 wrote:
Ajobalonn3 wrote: 23 Sep 2019, 23:20

Pm.saya jg om
Udah sy pm ya om sales sy silahkan kontak ybs hehe...
cek pm ya om hehe..
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: 03 Sep 2008, 23:59

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by pilotgaruda »

Bole bisikin juga diskonnya udah berapa?
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by jazzretro7 »

pilotgaruda wrote: 26 Oct 2019, 14:01 Bole bisikin juga diskonnya udah berapa?
udah sy bisikin ya om di pm..hehe sy kebetulan dpt sales yg ok jd rekomen deh dgn tawaran dia hehe..
mnarrobi
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 16 Mar 2020, 17:06
Daily Vehicle: 2KD-FTV

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by mnarrobi »

umur aki ANTB sampe berapa lama ya? sejak beli mobil saya pakai dari awal sudah 2 tahun 2 bulan belum pernah ganti
servis terakhir diinfo SA bulan april kemarin kalau umur aki sekitar 3 bulan lagi. ini udah masuk bulan ketiga saya pakai masih fine2 aja.. ga ada gejala eror2 sensor dsb, tegangan saya juga selalu cek kalau pagi sebelum engine nyala masih disekitar 11.8 - 12 volt , apa harus ganti atau tetep pakai aja ya?
pengalaman saya pakai innova diesel, tegangan aki saat stanby dingin diatas 10 V masih bisa dipakai. kalau udah dibawah itu sudah ga bisa pakai.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by benzz89 »

mnarrobi wrote:umur aki ANTB sampe berapa lama ya? sejak beli mobil saya pakai dari awal sudah 2 tahun 2 bulan belum pernah ganti
servis terakhir diinfo SA bulan april kemarin kalau umur aki sekitar 3 bulan lagi. ini udah masuk bulan ketiga saya pakai masih fine2 aja.. ga ada gejala eror2 sensor dsb, tegangan saya juga selalu cek kalau pagi sebelum engine nyala masih disekitar 11.8 - 12 volt , apa harus ganti atau tetep pakai aja ya?
pengalaman saya pakai innova diesel, tegangan aki saat stanby dingin diatas 10 V masih bisa dipakai. kalau udah dibawah itu sudah ga bisa pakai.
Kalau om beli mobilnya dari baru sih harusnya aki bawaan pabrik umurnya lebih panjang dari aki replacement. Di fortuner ane beli dari baru umur aki nya bertahan hampir 4 taon baru ganti.

Kalau sudah pernah ganti paling antara 1,5-2 taon umurnya. Ini untuk kategori aki2 GS Astra yang di jual umum di S&D yah, mungkin kalau aki2 yang lebih mahal harganya, umur pakainya bisa lebih panjang lagi. CMIIW
mnarrobi
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 16 Mar 2020, 17:06
Daily Vehicle: 2KD-FTV

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by mnarrobi »

benzz89 wrote: 02 Jun 2020, 12:55
mnarrobi wrote:umur aki ANTB sampe berapa lama ya? sejak beli mobil saya pakai dari awal sudah 2 tahun 2 bulan belum pernah ganti
servis terakhir diinfo SA bulan april kemarin kalau umur aki sekitar 3 bulan lagi. ini udah masuk bulan ketiga saya pakai masih fine2 aja.. ga ada gejala eror2 sensor dsb, tegangan saya juga selalu cek kalau pagi sebelum engine nyala masih disekitar 11.8 - 12 volt , apa harus ganti atau tetep pakai aja ya?
pengalaman saya pakai innova diesel, tegangan aki saat stanby dingin diatas 10 V masih bisa dipakai. kalau udah dibawah itu sudah ga bisa pakai.
Kalau om beli mobilnya dari baru sih harusnya aki bawaan pabrik umurnya lebih panjang dari aki replacement. Di fortuner ane beli dari baru umur aki nya bertahan hampir 4 taon baru ganti.

Kalau sudah pernah ganti paling antara 1,5-2 taon umurnya. Ini untuk kategori aki2 GS Astra yang di jual umum di S&D yah, mungkin kalau aki2 yang lebih mahal harganya, umur pakainya bisa lebih panjang lagi. CMIIW
WOW :big_exellent: mantab jiwa om sampai 4 tahun
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by Kuroboy »

Halo om2 semua apa kabar... semoga selalu diberi kesehatan dan kelancaran rejeki untuk kita semua di tengah pandemi ini :big_smile] kebetulan saya miara ANTB 2019 NIK 2018, udah 3x diisi Shell Diesel (sebelumnya slalu dex, kalo kepepet abis banget cuma ada dexlite ya diisi itu). Pertanyaan saya, bagus dex apa shell diesel ya? Dulu pernah baca kalo ppm sulfur paling rendah itu dex, shell termasuk moderate (tapi ga setinggi Total), sekarang apakah ada peningkatan kualitas yg signifikan? Jujur kalau secara performa dan efisiensi yang saya rasakan, tenaga jauh lebih enteng pakai shell diesel, efisiensi dalkot-tol kombinasi diangka 10 km/liter (wkt pake dex slalu diangka 9,4an).

Akselerasi? 0-100 bisa diraih lebih cepet ketimbang pake dex dan nyentuh angka 140 bukan hal yg sulit. Apa memang sekarang Shell diesel lebih bagus dibanding dex? Terlebih saya baca kalau shell diesel sekarang sudah bio diesel yang mungkin artinya hampir sama dengan biosolar pertamina. Apa memang ANTB lebih cocok dikasi shell diesel ketimbang dex atau gimana ya? :big_childish:

Last but not least, kemarin nyoba Liquimoly diesel additive, apa itu termasuk racun yg bisa dikasi tiap 3x isi bbm atau cukup bbrp kali sekali?? Soal racun diesel, kira2 apa yg rekomen buat bersih2in fuel system dan ruang bakar?? Tengkyu sebelumnya :big_think:
:frm_snipper: :snipersmile:
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by ongisnade »

Kuroboy wrote: 17 Jul 2020, 23:31 Halo om2 semua apa kabar... semoga selalu diberi kesehatan dan kelancaran rejeki untuk kita semua di tengah pandemi ini :big_smile] kebetulan saya miara ANTB 2019 NIK 2018, udah 3x diisi Shell Diesel (sebelumnya slalu dex, kalo kepepet abis banget cuma ada dexlite ya diisi itu). Pertanyaan saya, bagus dex apa shell diesel ya? Dulu pernah baca kalo ppm sulfur paling rendah itu dex, shell termasuk moderate (tapi ga setinggi Total), sekarang apakah ada peningkatan kualitas yg signifikan? Jujur kalau secara performa dan efisiensi yang saya rasakan, tenaga jauh lebih enteng pakai shell diesel, efisiensi dalkot-tol kombinasi diangka 10 km/liter (wkt pake dex slalu diangka 9,4an).

Akselerasi? 0-100 bisa diraih lebih cepet ketimbang pake dex dan nyentuh angka 140 bukan hal yg sulit. Apa memang sekarang Shell diesel lebih bagus dibanding dex? Terlebih saya baca kalau shell diesel sekarang sudah bio diesel yang mungkin artinya hampir sama dengan biosolar pertamina. Apa memang ANTB lebih cocok dikasi shell diesel ketimbang dex atau gimana ya? :big_childish:

Last but not least, kemarin nyoba Liquimoly diesel additive, apa itu termasuk racun yg bisa dikasi tiap 3x isi bbm atau cukup bbrp kali sekali?? Soal racun diesel, kira2 apa yg rekomen buat bersih2in fuel system dan ruang bakar?? Tengkyu sebelumnya :big_think:
Dulu saya pernah pake Redline, CRC, dan terakhir pake Schaeffer Diesel Treat 2000 di Captiva dan fortuner (biosolar) sudah habis beberapa dus. Sekarang lagi coba di Santafe baru habis 3 botol. Ini paling enak ngisinya 1 botol kecil langsung tuang full tank, gak perlu nakar lagi. Saya campurkan tiap 2-3 kali isi bbm pertadex.
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by Kuroboy »

ongisnade wrote: 18 Jul 2020, 13:36
Dulu saya pernah pake Redline, CRC, dan terakhir pake Schaeffer Diesel Treat 2000 di Captiva dan fortuner (biosolar) sudah habis beberapa dus. Sekarang lagi coba di Santafe baru habis 3 botol. Ini paling enak ngisinya 1 botol kecil langsung tuang full tank, gak perlu nakar lagi. Saya campurkan tiap 2-3 kali isi bbm pertadex.
[/quote]

Idealnya buat pembersihan pake berapa botol om?? Full tank ANTB 76 l :big_think:
:frm_snipper: :snipersmile:
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by ongisnade »

Kuroboy wrote: 18 Jul 2020, 22:43
ongisnade wrote: 18 Jul 2020, 13:36
Dulu saya pernah pake Redline, CRC, dan terakhir pake Schaeffer Diesel Treat 2000 di Captiva dan fortuner (biosolar) sudah habis beberapa dus. Sekarang lagi coba di Santafe baru habis 3 botol. Ini paling enak ngisinya 1 botol kecil langsung tuang full tank, gak perlu nakar lagi. Saya campurkan tiap 2-3 kali isi bbm pertadex.
Idealnya buat pembersihan pake berapa botol om?? Full tank ANTB 76 l :big_think:
[/quote]

Kalau untuk bersih-bersih mending dilakukan purging saja om. Fortuner saya purging sendiri tiap 15-20 rb km. Kalau Captiva purging di beres Chevy dulu, tidak bisa purging sendiri karena karena feed injector pump nya pressurized (ada fuel pump) di tanki. Kalau fortuner atmospheric (tidak ada fuel pump) di tanki, hanya manual priming pump saat awal kosong saja, jadi mudah tinggal cabut suction hose (outlet fuel filter) dan dimasukkan ke botol obat purging. Di Captiva dulu juga selain purging dilakukan pembersihan jalur EGR dan juga intake manifold, di km 30 rb sudah kotor sekali.

Setelah dilakukan diatas performa mesin tetap terjaga seperti baru. Racun diesel tetap diberikan tiap 2-3 kali isi bbm. Dan sebaiknya juga gunakan oli yang bagus. Oli yang bagus tidak mudah terdegradasi. Kalau fuelnya kadar sulfurnya cukup tinggi pada saat piston naik dan oli masuk dibawah piston di combustion chamber potensi ada sisa kandunangan sulfur ketemu oli sehingga terkontaminasi, ini yang berpotensi merusak mesin karena daya lumasnya pasti menurun.
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by Kuroboy »

ongisnade wrote: 19 Jul 2020, 05:25
Kuroboy wrote: 18 Jul 2020, 22:43
ongisnade wrote: 18 Jul 2020, 13:36
Dulu saya pernah pake Redline, CRC, dan terakhir pake Schaeffer Diesel Treat 2000 di Captiva dan fortuner (biosolar) sudah habis beberapa dus. Sekarang lagi coba di Santafe baru habis 3 botol. Ini paling enak ngisinya 1 botol kecil langsung tuang full tank, gak perlu nakar lagi. Saya campurkan tiap 2-3 kali isi bbm pertadex.
Idealnya buat pembersihan pake berapa botol om?? Full tank ANTB 76 l :big_think:
Kalau untuk bersih-bersih mending dilakukan purging saja om. Fortuner saya purging sendiri tiap 15-20 rb km. Kalau Captiva purging di beres Chevy dulu, tidak bisa purging sendiri karena karena feed injector pump nya pressurized (ada fuel pump) di tanki. Kalau fortuner atmospheric (tidak ada fuel pump) di tanki, hanya manual priming pump saat awal kosong saja, jadi mudah tinggal cabut suction hose (outlet fuel filter) dan dimasukkan ke botol obat purging. Di Captiva dulu juga selain purging dilakukan pembersihan jalur EGR dan juga intake manifold, di km 30 rb sudah kotor sekali.

Setelah dilakukan diatas performa mesin tetap terjaga seperti baru. Racun diesel tetap diberikan tiap 2-3 kali isi bbm. Dan sebaiknya juga gunakan oli yang bagus. Oli yang bagus tidak mudah terdegradasi. Kalau fuelnya kadar sulfurnya cukup tinggi pada saat piston naik dan oli masuk dibawah piston di combustion chamber potensi ada sisa kandunangan sulfur ketemu oli sehingga terkontaminasi, ini yang berpotensi merusak mesin karena daya lumasnya pasti menurun.
[/quote]

Makasih hu infonya :big_exellent: tanda2 oli kontaminasi sama sulfur kaya gmana om? Captiva nya masi ada om?? Rewel ga om captiva?? Denger2 injektornya sering kena
:frm_snipper: :snipersmile:
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by ongisnade »

Kuroboy wrote: 19 Jul 2020, 10:54
ongisnade wrote: 19 Jul 2020, 05:25
Kuroboy wrote: 18 Jul 2020, 22:43
Dulu saya pernah pake Redline, CRC, dan terakhir pake Schaeffer Diesel Treat 2000 di Captiva dan fortuner (biosolar) sudah habis beberapa dus. Sekarang lagi coba di Santafe baru habis 3 botol. Ini paling enak ngisinya 1 botol kecil langsung tuang full tank, gak perlu nakar lagi. Saya campurkan tiap 2-3 kali isi bbm pertadex.
Idealnya buat pembersihan pake berapa botol om?? Full tank ANTB 76 l :big_think:
Kalau untuk bersih-bersih mending dilakukan purging saja om. Fortuner saya purging sendiri tiap 15-20 rb km. Kalau Captiva purging di beres Chevy dulu, tidak bisa purging sendiri karena karena feed injector pump nya pressurized (ada fuel pump) di tanki. Kalau fortuner atmospheric (tidak ada fuel pump) di tanki, hanya manual priming pump saat awal kosong saja, jadi mudah tinggal cabut suction hose (outlet fuel filter) dan dimasukkan ke botol obat purging. Di Captiva dulu juga selain purging dilakukan pembersihan jalur EGR dan juga intake manifold, di km 30 rb sudah kotor sekali.

Setelah dilakukan diatas performa mesin tetap terjaga seperti baru. Racun diesel tetap diberikan tiap 2-3 kali isi bbm. Dan sebaiknya juga gunakan oli yang bagus. Oli yang bagus tidak mudah terdegradasi. Kalau fuelnya kadar sulfurnya cukup tinggi pada saat piston naik dan oli masuk dibawah piston di combustion chamber potensi ada sisa kandunangan sulfur ketemu oli sehingga terkontaminasi, ini yang berpotensi merusak mesin karena daya lumasnya pasti menurun.
Makasih hu infonya :big_exellent: tanda2 oli kontaminasi sama sulfur kaya gmana om? Captiva nya masi ada om?? Rewel ga om captiva?? Denger2 injektornya sering kena
[/quote]

Captiva sudah dilego om, gak pernah rewel 4 tahun. Sebetulnya ini mobil enak kalau dirawat dengan bener. Kalau cek kualitas oli harus di lab om. Tapi kalau kita pake oli yg bagus meskipun terpapar sulfur masih aman.
vash27
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 07 Sep 2020, 19:12
Daily Vehicle: ANTB

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by vash27 »

Malam suhu semua, Saya pengguna baru ANTB, semoga bisa jadi tempat belajar Dan bertanya, mohon bantuan nya. Sebelum nya pakai mobil bensin, baru ini pakai diesel.
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by Kuroboy »

vash27 wrote: 07 Sep 2020, 19:16 Malam suhu semua, Saya pengguna baru ANTB, semoga bisa jadi tempat belajar Dan bertanya, mohon bantuan nya. Sebelum nya pakai mobil bensin, baru ini pakai diesel.
Salam kenal omm, disini banyak dapet ilmunya utk semua hal tentang kendaraan :big_deal:
:frm_snipper: :snipersmile:
vash27
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 07 Sep 2020, 19:12
Daily Vehicle: ANTB

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by vash27 »

Om, apakah benar bila di mobil diesel Kita tidak boleh mencampur / ngemix bahan bakar? Bahkan Ada yg menyarankan misal sudah pakai dex pertamina harus seterus nya pakai dex pertamina, jgn di campur dengan diesel merk lain.
kalau di mobil bensin kadang Saya mix, antara pertamax dengan shell super. Di diesel bisa gitu juga gak Om.
Terimakasih jawaban nya
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by Kuroboy »

vash27 wrote: 09 Sep 2020, 05:38 Om, apakah benar bila di mobil diesel Kita tidak boleh mencampur / ngemix bahan bakar? Bahkan Ada yg menyarankan misal sudah pakai dex pertamina harus seterus nya pakai dex pertamina, jgn di campur dengan diesel merk lain.
kalau di mobil bensin kadang Saya mix, antara pertamax dengan shell super. Di diesel bisa gitu juga gak Om.
Terimakasih jawaban nya
Rasanya ga masalah sih om selama yang saya amatin di ANTB saya. Yang penting emang mobilnya harus rajin dipake aja biar muter BBM nya ga ngendap
:frm_snipper: :snipersmile:
Dkurniaw
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Dec 2019, 04:52
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Xpander

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by Dkurniaw »

Salam kenal semua.
Saya pengguna TB 2017, sementara ini pakai dex terus. Mau tanya apakah diperlukan purging? Kalo iya, manakah yg lebih baik pakai prosedur lewat tangki bbm atau yg langsung di mesin (lewat inlet pipe). Kemudian apakah dibutuhkan oil catch can?. Thx
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by ginting »

Dkurniaw wrote: 12 Jan 2021, 14:19 Salam kenal semua.
Saya pengguna TB 2017, sementara ini pakai dex terus. Mau tanya apakah diperlukan purging? Kalo iya, manakah yg lebih baik pakai prosedur lewat tangki bbm atau yg langsung di mesin (lewat inlet pipe). Kemudian apakah dibutuhkan oil catch can?. Thx
kalau saran saya sih mending lewat inlet pipe, oom

alasannya :
- yg dibutuhkan itu adalah membersihkan injector.
- kalau selang fuel dari tanki sih kan gede, gak bakal mampet lah
- kalau dari tanki, sy khawatir nanti sampah sampah di tanki malah ikut terbawa, dan bikin filter solar lebih cepet kotar
- kalau kotoran tanki, endapan, lender dll - mending kuras tanki solusinya

sekian, dan terima gaji
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by ginting »

Kuroboy wrote: 19 Jul 2020, 10:54
ongisnade wrote: 19 Jul 2020, 05:25
Kuroboy wrote: 18 Jul 2020, 22:43
Dulu saya pernah pake Redline, CRC, dan terakhir pake Schaeffer Diesel Treat 2000 di Captiva dan fortuner (biosolar) sudah habis beberapa dus. Sekarang lagi coba di Santafe baru habis 3 botol. Ini paling enak ngisinya 1 botol kecil langsung tuang full tank, gak perlu nakar lagi. Saya campurkan tiap 2-3 kali isi bbm pertadex.
Idealnya buat pembersihan pake berapa botol om?? Full tank ANTB 76 l :big_think:
Kalau untuk bersih-bersih mending dilakukan purging saja om. Fortuner saya purging sendiri tiap 15-20 rb km. Kalau Captiva purging di beres Chevy dulu, tidak bisa purging sendiri karena karena feed injector pump nya pressurized (ada fuel pump) di tanki. Kalau fortuner atmospheric (tidak ada fuel pump) di tanki, hanya manual priming pump saat awal kosong saja, jadi mudah tinggal cabut suction hose (outlet fuel filter) dan dimasukkan ke botol obat purging. Di Captiva dulu juga selain purging dilakukan pembersihan jalur EGR dan juga intake manifold, di km 30 rb sudah kotor sekali.

Setelah dilakukan diatas performa mesin tetap terjaga seperti baru. Racun diesel tetap diberikan tiap 2-3 kali isi bbm. Dan sebaiknya juga gunakan oli yang bagus. Oli yang bagus tidak mudah terdegradasi. Kalau fuelnya kadar sulfurnya cukup tinggi pada saat piston naik dan oli masuk dibawah piston di combustion chamber potensi ada sisa kandunangan sulfur ketemu oli sehingga terkontaminasi, ini yang berpotensi merusak mesin karena daya lumasnya pasti menurun.
Makasih hu infonya :big_exellent: tanda2 oli kontaminasi sama sulfur kaya gmana om? Captiva nya masi ada om?? Rewel ga om captiva?? Denger2 injektornya sering kena
[/quote]

Setahu saya, kalau menurut oom Turboman adalah kalau diperiksa di lab maka TBNnya udah turun drastic..
kagak bisa periksa by visual...
Dkurniaw
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Dec 2019, 04:52
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Xpander

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by Dkurniaw »

ginting wrote: 12 Jan 2021, 14:53
Dkurniaw wrote: 12 Jan 2021, 14:19 Salam kenal semua.
Saya pengguna TB 2017, sementara ini pakai dex terus. Mau tanya apakah diperlukan purging? Kalo iya, manakah yg lebih baik pakai prosedur lewat tangki bbm atau yg langsung di mesin (lewat inlet pipe). Kemudian apakah dibutuhkan oil catch can?. Thx
kalau saran saya sih mending lewat inlet pipe, oom

alasannya :
- yg dibutuhkan itu adalah membersihkan injector.
- kalau selang fuel dari tanki sih kan gede, gak bakal mampet lah
- kalau dari tanki, sy khawatir nanti sampah sampah di tanki malah ikut terbawa, dan bikin filter solar lebih cepet kotar
- kalau kotoran tanki, endapan, lender dll - mending kuras tanki solusinya

sekian, dan terima gaji
Terimakasih om ginting, make sense. Trus pertanyaan kedua, apa perlu oil catch can, yg gunanya utk nge-trap oli dr ruang mesin utk dimasukkan lagi ke intake udara?
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by ginting »

Dkurniaw wrote: 12 Jan 2021, 21:51
ginting wrote: 12 Jan 2021, 14:53
Dkurniaw wrote: 12 Jan 2021, 14:19 Salam kenal semua.
Saya pengguna TB 2017, sementara ini pakai dex terus. Mau tanya apakah diperlukan purging? Kalo iya, manakah yg lebih baik pakai prosedur lewat tangki bbm atau yg langsung di mesin (lewat inlet pipe). Kemudian apakah dibutuhkan oil catch can?. Thx
kalau saran saya sih mending lewat inlet pipe, oom

alasannya :
- yg dibutuhkan itu adalah membersihkan injector.
- kalau selang fuel dari tanki sih kan gede, gak bakal mampet lah
- kalau dari tanki, sy khawatir nanti sampah sampah di tanki malah ikut terbawa, dan bikin filter solar lebih cepet kotar
- kalau kotoran tanki, endapan, lender dll - mending kuras tanki solusinya

sekian, dan terima gaji
Terimakasih om ginting, make sense. Trus pertanyaan kedua, apa perlu oil catch can, yg gunanya utk nge-trap oli dr ruang mesin utk dimasukkan lagi ke intake udara?
menurut saya itu sih sifatnya optional. bukan wajib.
kalau ada duit dan mau kerja nambah, silahkan…

Ada miskonsepsi selama ini...orang nunjukin minyak yg ada di OCT sambal bilang "nih...segini tangkapan dari uap oli..kebayang gak kalau itu masuk intake"..

tapi dia lupa, itu kan hasil kondensasi...sedangkan yg masuk intake itu kan masih berupa uap (favour), yang tentunya kadar kepekatan (density)nya tidak sepekat oli itu..dan itu masih dalam level acceptable oleh mesin...makanya pabrikan sendiri tidak ada pasang itu...tp sebagai bentuk modif/improvement sih baik baik saja..

sekian jawaban abal abal daro gejil, mbah…

(ala ala posting di Motuba)
Dkurniaw
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Dec 2019, 04:52
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Xpander

Re: Tentang Trailblazer 2017

Post by Dkurniaw »

ginting wrote: 13 Jan 2021, 09:42
Dkurniaw wrote: 12 Jan 2021, 21:51
ginting wrote: 12 Jan 2021, 14:53

kalau saran saya sih mending lewat inlet pipe, oom

alasannya :
- yg dibutuhkan itu adalah membersihkan injector.
- kalau selang fuel dari tanki sih kan gede, gak bakal mampet lah
- kalau dari tanki, sy khawatir nanti sampah sampah di tanki malah ikut terbawa, dan bikin filter solar lebih cepet kotar
- kalau kotoran tanki, endapan, lender dll - mending kuras tanki solusinya

sekian, dan terima gaji
Terimakasih om ginting, make sense. Trus pertanyaan kedua, apa perlu oil catch can, yg gunanya utk nge-trap oli dr ruang mesin utk dimasukkan lagi ke intake udara?
menurut saya itu sih sifatnya optional. bukan wajib.
kalau ada duit dan mau kerja nambah, silahkan…

Ada miskonsepsi selama ini...orang nunjukin minyak yg ada di OCT sambal bilang "nih...segini tangkapan dari uap oli..kebayang gak kalau itu masuk intake"..

tapi dia lupa, itu kan hasil kondensasi...sedangkan yg masuk intake itu kan masih berupa uap (favour), yang tentunya kadar kepekatan (density)nya tidak sepekat oli itu..dan itu masih dalam level acceptable oleh mesin...makanya pabrikan sendiri tidak ada pasang itu...tp sebagai bentuk modif/improvement sih baik baik saja..

sekian jawaban abal abal daro gejil, mbah…

(ala ala posting di Motuba)
Terimakasih om ginting.
Mo nanya lagi, posisi evaporator ac tb dimana ya? Apalah mudah diakses? Pingin coba diy bersihin sendiri
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post