Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
hackers11 wrote: ↑Tue Feb 08, 2022 8:23
Nambahin hematnya mazda 2.
Tangsel sby di sekitar 11-12 jam total via tol. Saat start hingga sampai di sby total jarak 785km dan bensin dari full tank sisa jarak di mid bisa extra 10km lagi.
Mid bilang average 21.1 km/l. Tangki menurut internet 44l, asumsi karena isi full tank mungkin 46l. Bersih mungkin 17km/l
Lumayan lah ya karena ga 100% eco driving.20220129_143918.jpg
Sy pake mesin yang sama di CX-3 yg baru, bobot lebih berat dari M2sky 100kg an kalo ga salah.
Tapi irit banget memang kalo cruising santai di tol jarak jauh dan datar.
Sy sendiri pernah 22 km/l sejauh 110-an km di tol Semarang-Solo yang naik turun.
Kalo nyetirnya mid rpm karena nanjak terus di tol, dapet sekitar 17-18 km/l
Rute kombinasi pake Pertamax Turbo cuma 11.8km/l, pake Pertamax 92 kadang malah bisa 13.6 km/l kurang lebih sejauh 450 km (sekali isi full tank).
Angka normalnya 12.5 km/l lah kalo macet2. Asik memang mesin SkyActiv-G soal irit2an nih
hackers11 wrote: ↑Tue Feb 08, 2022 8:23
Nambahin hematnya mazda 2.
Tangsel sby di sekitar 11-12 jam total via tol. Saat start hingga sampai di sby total jarak 785km dan bensin dari full tank sisa jarak di mid bisa extra 10km lagi.
Mid bilang average 21.1 km/l. Tangki menurut internet 44l, asumsi karena isi full tank mungkin 46l. Bersih mungkin 17km/l
Lumayan lah ya karena ga 100% eco driving.20220129_143918.jpg
Ini salah satu faktor ane masih retain masdut 2 ane, konsumsi bensin mendekati agya/ayla kalau cruising santai 90-100 kph di tol.
Tadinya saya kira pengeluaran terbesar bensin om ke sby. Eh malah tol hahaha. 2x full tank dan sekali isi 200rb Pertamax karena muter2 sby. Hanya setengah biaya tol karena kyknya 800rban abis bwt bensin.
Bener ini, mahalan tol daripada bensinnya. Bulan 2 tahun 2021 rute lampung-surabaya. Udah jadi genset jg di kapal selama 1.5 jam.
Dari lampung full tank. Saya hitung habis 1.75 tank sampe di sby.
Itu pun pas di tol madiun sampe sby saya geber mobilnya non stop 150 km/h. Sebelumnya cuma antara 100-120 km/h.
Pas cruising antara 100-120 km/h bisa dapat 1:17-18.
Penumpang 3 dewasa 1 balita plus bagasi udah fully loaded.
Pakai ANR mesin 2NR VE rute kombinasi dapat 1:9
Pakai Avanza 2011 G MT mesin K3 VE rute kombinasi dapat 1:11
Dua2nya lagi pakai oli Motul Htech 100 Plus 5w30
So far pas di 2NR pake shell Ultra 0w20 dan Amsoil ss0w20 lebih irit pernah tembus 10:1 itung fuel to fuel
hackers11 wrote: ↑Tue Feb 08, 2022 8:23
Nambahin hematnya mazda 2.
Tangsel sby di sekitar 11-12 jam total via tol. Saat start hingga sampai di sby total jarak 785km dan bensin dari full tank sisa jarak di mid bisa extra 10km lagi.
Mid bilang average 21.1 km/l. Tangki menurut internet 44l, asumsi karena isi full tank mungkin 46l. Bersih mungkin 17km/l
Lumayan lah ya karena ga 100% eco driving.20220129_143918.jpg
mayan banget ni. avg speed brp om di mid?
Sayangnya lupa reset dr awal. Tp hanya under 60 pas ujan kenceng aih. Transjawabahn serem kalo ujan kenceng. Jarak pandang minimum bgt meski hari masi terang jam 2-4an sore.
marvelio wrote:
hackers11 wrote: ↑Tue Feb 08, 2022 8:23
Nambahin hematnya mazda 2.
Tangsel sby di sekitar 11-12 jam total via tol. Saat start hingga sampai di sby total jarak 785km dan bensin dari full tank sisa jarak di mid bisa extra 10km lagi.
Mid bilang average 21.1 km/l. Tangki menurut internet 44l, asumsi karena isi full tank mungkin 46l. Bersih mungkin 17km/l
Lumayan lah ya karena ga 100% eco driving.20220129_143918.jpg
Sy pake mesin yang sama di CX-3 yg baru, bobot lebih berat dari M2sky 100kg an kalo ga salah.
Tapi irit banget memang kalo cruising santai di tol jarak jauh dan datar.
Sy sendiri pernah 22 km/l sejauh 110-an km di tol Semarang-Solo yang naik turun.
Kalo nyetirnya mid rpm karena nanjak terus di tol, dapet sekitar 17-18 km/l
Rute kombinasi pake Pertamax Turbo cuma 11.8km/l, pake Pertamax 92 kadang malah bisa 13.6 km/l kurang lebih sejauh 450 km (sekali isi full tank).
Angka normalnya 12.5 km/l lah kalo macet2. Asik memang mesin SkyActiv-G soal irit2an nih
Nah, mengagumkan memang. Cuma dalam kota rasanya agak pathetic. Rata2 dibawah 1-13 di mid.
Vs seltos saya dulu yg 7 speed rpm mirip2 di 100km/j. Didesain bwt cruise kyknya gigi 6 si mazda.
marvelio wrote: ↑Wed Feb 09, 2022 8:55
Sy pake mesin yang sama di CX-3 yg baru, bobot lebih berat dari M2sky 100kg an kalo ga salah.
Tapi irit banget memang kalo cruising santai di tol jarak jauh dan datar.
Sy sendiri pernah 22 km/l sejauh 110-an km di tol Semarang-Solo yang naik turun.
Kalo nyetirnya mid rpm karena nanjak terus di tol, dapet sekitar 17-18 km/l
Rute kombinasi pake Pertamax Turbo cuma 11.8km/l, pake Pertamax 92 kadang malah bisa 13.6 km/l kurang lebih sejauh 450 km (sekali isi full tank).
Angka normalnya 12.5 km/l lah kalo macet2. Asik memang mesin SkyActiv-G soal irit2an nih
waktu itu ganti pake permatax tubro kenapa om? menarik juga ya malah jadi jauh lebih boros... efek ke engine power yg naik kah?
susupanda wrote: ↑Thu Feb 10, 2022 10:14
waktu itu ganti pake permatax tubro kenapa om? menarik juga ya malah jadi jauh lebih boros... efek ke engine power yg naik kah?
Dulu awal2 sebelum jalan 2000 km, tenaganya berasa kurang narik. Dikasih Pertamax Turbo performancenya improved lumayan jauh.
Akhirnya selang seling 2x isi Pertamax, 2x isi Pertamax Turbo karena kantong gak kuat kalo full Pertabo.
Sejak odo di 4rb sekian, saya ngerasain paket pertamax turbo polosan full tank kok malah kurang gesit di RPM bawah tapi ngejambak banget di RPM atas. Trus selalu lebih boros daripada Pertamax 92. Saya gak pernah bisa dapet 12.5 km/l pake Pertabo sedangkan pake Pertamax bisa 13 km/l di rute yang sama.
Entah tuningan Mazda yg masuk Indo udah disesuaikan sama kualitas BBM sini (alias diturunin) atau gimana, sy ga tau. Ini kondisi filter udara masih bersih ya, tekanan ban juga standar.
Akhirnya skrg saya stay di Pertamax 92 + Redline CFSC tuang dikit2 tiap tanki sisa dikit om. Tarikannya lebih enak buat saya yang gak terlalu sering nyetir di rpm > 4000, iritnya dapet. Ngisi Pertabo 500rb gak full tank ish bikin nangis dompet ajah wkwkwk apalagi kalo odo muternya cepet
Last edited by DrivingPotato on Thu Feb 10, 2022 10:48, edited 1 time in total.
Innova 2GD matik 2016, remap.
Odo 170k.
Rata2 konsumsi bbm full to full tank dari awal sampai sekarang, dicatat pakai aplikasi, 13,6 kpl.
Rute campuran sekitar 60% tol.
Kaki ngga sekolah, yg bawa driver.
Bbm full pertalite, rute campuran berangkat tol balik jalan biasa.
Rute bojong gede - toll borr - jagorawi - ciawi - rambutan - tol jor - bintaro - jln raya parung bogor - bojong gede kurang lebih 150 km, every weekday.
Kecepatan kalau d tol rata2 di 110 km/hr, kalau jalan biasa kondisional.
Oli 0w30 dapet sekitar 20 km/ liter
Oli 5w20 dapet sekitar 22.2 km/liter
Tekanan ban, tiap 1 bulan sekali isi nitro di 37 psi rata
doko86 wrote: ↑Sun Mar 27, 2022 8:10
1 KR-DE tahun 2014
Km on going 188 rb
Bbm full pertalite, rute campuran berangkat tol balik jalan biasa.
Rute bojong gede - toll borr - jagorawi - ciawi - rambutan - tol jor - bintaro - jln raya parung bogor - bojong gede kurang lebih 150 km, every weekday.
Kecepatan kalau d tol rata2 di 110 km/hr, kalau jalan biasa kondisional.
Oli 0w30 dapet sekitar 20 km/ liter
Oli 5w20 dapet sekitar 22.2 km/liter
Tekanan ban, tiap 1 bulan sekali isi nitro di 37 psi rata
Wah irit bener ini bisa tembus di atas 20. Itu metode full to full? Saya pernah beberapa hari pake 1KR-DE itu sih ngga lebih irit dr 2KD saya dengan rute yg sama. Kayaknya cuma 1:9an. Tp memang jarak rata-rata per hari ngga sampe 150km sih
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
doko86 wrote: ↑Sun Mar 27, 2022 8:10
1 KR-DE tahun 2014
Km on going 188 rb
Bbm full pertalite, rute campuran berangkat tol balik jalan biasa.
Rute bojong gede - toll borr - jagorawi - ciawi - rambutan - tol jor - bintaro - jln raya parung bogor - bojong gede kurang lebih 150 km, every weekday.
Kecepatan kalau d tol rata2 di 110 km/hr, kalau jalan biasa kondisional.
Oli 0w30 dapet sekitar 20 km/ liter
Oli 5w20 dapet sekitar 22.2 km/liter
Tekanan ban, tiap 1 bulan sekali isi nitro di 37 psi rata
Wah irit bener ini bisa tembus di atas 20. Itu metode full to full? Saya pernah beberapa hari pake 1KR-DE itu sih ngga lebih irit dr 2KD saya dengan rute yg sama. Kayaknya cuma 1:9an. Tp memang jarak rata-rata per hari ngga sampe 150km sih
1KRDE matic ya om? kalo yang matic emang ga begitu irit, rute full dalam kota dapet 1:13 aja udah bagus itu..
kalo mau tau konsumsi bbmnya mending langsung hitung full to full om, MIDnya kok saya rasa agak meragukan
Saya pake 1KRDE manual di surabaya-sidoarjo, fuelcons full to full jarang sekali dibawah 16km/l. Sekarang saya di jakarta, terakhir ngitung full to full setelah 2 minggu semenjak terakhir ngisi dapet di 17,73km/l. Rute muter2 sekitar jakarta pusat, banyak lancarnya.
Oh iya bensin standar pake pertalite & oli TMO 10W40. Kalo rute toll malah menurut saya iritnya biasa aja.. terakhir naik toll dari surabaya, turun semarang nyari soto trus naik lagi dan ngisi di kendal, dapetnya cuma 17,9km/l. Nah justru pas kombinasi jalan toll & dalam kota jakarta aga lancar, diitung full to full lagi kok malah dapet 19,4km/l
doko86 wrote: ↑Sun Mar 27, 2022 8:10
1 KR-DE tahun 2014
Km on going 188 rb
Bbm full pertalite, rute campuran berangkat tol balik jalan biasa.
Rute bojong gede - toll borr - jagorawi - ciawi - rambutan - tol jor - bintaro - jln raya parung bogor - bojong gede kurang lebih 150 km, every weekday.
Kecepatan kalau d tol rata2 di 110 km/hr, kalau jalan biasa kondisional.
Oli 0w30 dapet sekitar 20 km/ liter
Oli 5w20 dapet sekitar 22.2 km/liter
Tekanan ban, tiap 1 bulan sekali isi nitro di 37 psi rata
Wah irit bener ini bisa tembus di atas 20. Itu metode full to full? Saya pernah beberapa hari pake 1KR-DE itu sih ngga lebih irit dr 2KD saya dengan rute yg sama. Kayaknya cuma 1:9an. Tp memang jarak rata-rata per hari ngga sampe 150km sih
1KRDE matic ya om? kalo yang matic emang ga begitu irit, rute full dalam kota dapet 1:13 aja udah bagus itu..
kalo mau tau konsumsi bbmnya mending langsung hitung full to full om, MIDnya kok saya rasa agak meragukan
Saya pake 1KRDE manual di surabaya-sidoarjo, fuelcons full to full jarang sekali dibawah 16km/l. Sekarang saya di jakarta, terakhir ngitung full to full setelah 2 minggu semenjak terakhir ngisi dapet di 17,73km/l. Rute muter2 sekitar jakarta pusat, banyak lancarnya.
Oh iya bensin standar pake pertalite & oli TMO 10W40. Kalo rute toll malah menurut saya iritnya biasa aja.. terakhir naik toll dari surabaya, turun semarang nyari soto trus naik lagi dan ngisi di kendal, dapetnya cuma 17,9km/l. Nah justru pas kombinasi jalan toll & dalam kota jakarta aga lancar, diitung full to full lagi kok malah dapet 19,4km/l
1KR DE manual Om, perbandingannya jg kebetulan 2KD manual
Oh iya itu saya full to full dengan kondisi rute kombinasi & macet 50:50. Kecepatan rata2 mungkin 12-15km per jam. Karena biasa saya perjalanan 24km itu 1,5 jam. Dan setiap hari idle sekitar 1 jam, karena masih pandemi jd makan di mobil aja deh
Masih lebih irit 2KD manual walaupun sedikiiit
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor wrote: ↑Mon Mar 28, 2022 9:14
1KR DE manual Om, perbandingannya jg kebetulan 2KD manual
Oh iya itu saya full to full dengan kondisi rute kombinasi & macet 50:50. Kecepatan rata2 mungkin 12-15km per jam. Karena biasa saya perjalanan 24km itu 1,5 jam. Dan setiap hari idle sekitar 1 jam, karena masih pandemi jd makan di mobil aja deh
Masih lebih irit 2KD manual walaupun sedikiiit
kok dapetnya cuma segitu ya om, ada apa itu dengan mobilnya
kalo punya saya rekor paling boros sekitar 13,8km/l, berangkat kuliah 12km ditempuh 50 menit, pulangnya juga segituan. Pas istirahat dipake rame2 isi 5 orang dengan blower ac jalan level 2. Mobil sering idle 20 menitan ac jalan terus, ngegasnya juga suka2 saya karena masih ababil
kalo dapetnya sampe 1:9 mungkin ada yg salah dgn mobilnya om, agya manual sepengalaman saya sih usah dibuat boros..
evanbngdor wrote: ↑Mon Mar 28, 2022 9:14
1KR DE manual Om, perbandingannya jg kebetulan 2KD manual
Oh iya itu saya full to full dengan kondisi rute kombinasi & macet 50:50. Kecepatan rata2 mungkin 12-15km per jam. Karena biasa saya perjalanan 24km itu 1,5 jam. Dan setiap hari idle sekitar 1 jam, karena masih pandemi jd makan di mobil aja deh
Masih lebih irit 2KD manual walaupun sedikiiit
kok dapetnya cuma segitu ya om, ada apa itu dengan mobilnya
kalo punya saya rekor paling boros sekitar 13,8km/l, berangkat kuliah 12km ditempuh 50 menit, pulangnya juga segituan. Pas istirahat dipake rame2 isi 5 orang dengan blower ac jalan level 2. Mobil sering idle 20 menitan ac jalan terus, ngegasnya juga suka2 saya karena masih ababil
kalo dapetnya sampe 1:9 mungkin ada yg salah dgn mobilnya om, agya manual sepengalaman saya sih usah dibuat boros..
Ngga paham jg karena cuma mobil pinjeman beberapa hari, dan gaya nyetir jg sama2 aja ngga sengaja dibikin boros atau gimana.
Itu mobil jg odometer masih ngga tinggi, mobil 2017 odometer 85rb kalo gak salah. AC temperatur mentok kanan blower posisi 2. Bahan bakar pertalite sesuai permintaan ownernya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
1TR-FE, dari pom bensin tebet ke Rest Area 57, konsumsi BBM 15.5 kmpl biasanya full to full beda 0.6 kmpl. Kecepatan rata2 di tol 90 kmph, Avg di MID 71 kmph (berhenti di lampu merah dll). Bahan bakar isi pertamax, oli pakai TMO 10-40W (masih gratisan dari beres)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.