Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by fabreguz »

http://otomotif.news.viva.co.id/news/re ... isi-euro-4

Indonesia Mulai Terapkan Standar Emisi Euro 4
Pertamina siap menghadirkan bahan bakar dengan standar Euro 4.
VIVA.co.id – Pemerintah lewat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akhirnya menetapkan standar emisi Euro 4 akan segera diterapkan di Indonesia. Namun aturan ini baru berlaku untuk kendaraan roda empat atau lebih.

Kepastian akan diberlakukannya Euro 4 ini dibenarkan Direktur Jenderal Pengendalian Kerusakan dan Pencemaran Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Karliansyah, saat dihubungi VIVA.co.id.

“Kami bersama pelaku industri otomotif dalam hal ini Gaikindo dan penyedia bahan bakar (Pertamina) telah beberapa kali bertemu terkait kesiapan dari penerapan aturan ini. Paling tidak aturan ini benar-benar dapat diterapkan 18 bulan lagi," kata Karliansyah, Jumat 31 Maret 2017.

Saat disinggung apakah Pertamina mampu menyediakan bahan bakar yang sesuai dengan Euro 4, Karliansyah mengaku hal itu telah disanggupi pihak Pertamina. Sedangkan untuk pihak pelaku industri otomotif dalam hal ini Gaikindo justru telah mendesak untuk segera menerapkan aturan ini.

"Pertamina menyampaikan kesanggupannya menyediakan bahan bakar dengan standar euro 4 meski secara bertahap. Kalau Gaikindo justru memang telah meminta. Kami yakin dalam 18 bulan ke depan semua telah siap," ujarnya menambahkan.

Sebagai catatan, penerapan aturan ini ditetapkan lewat Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 20/2017 tentang Penerapan Baku Mutu Emisi Kendaraan dan sudah diteken Siti Nurbaya Bakar pada 10 Maret 2017 lalu.

Dengan standar euro 4 ini, tentunya kendaraan roda empat atau lebih wajib menggunakan bahan bakar dengan RON (research octane number) minimal 92 atau batas maksimum sulfur 50 ppm sesuai standar emisi Euro 4. (mus)
good news mesti nya ya :big_deal: :big_okay:
wacana sdh sjak lama semakin dekat menjadi kenyataan, brarti premium 88 tinggal menghtiung hari utk roda 4 dan diperuntukan utk roda 2 :big_think: :big_think:
brarti konsumen indo ndak perlu lagi bermimpi mendapatkan mesin2 mobil modern terbaru dari produsen mobil, juga bakal nya mesin disel modern kapasitas mini dan besar jg bisa dimasukan oleh atpm mobil ke pasar indo tanpa ragu2 sperti skrg ini :big_smile] :big_smile]
moso dapet mesin mobil teknologi tuwo trus :big_bored: :big_dunno: :big_biglaugh:
sisi positif laen kadar emisi jg pasti membaik sehingga angka pencemaran lingkungan pasti menurun dgn euro 4 :big_exellent: :big_exellent:
tapi ada jg kekhawatiran bahwa harga mobil akan melonjak dratis dan ndak terbeli malahan oleh mayoritas konsumen indo :big_think: :big_think:
lha wong skrg mobil2 baru standar euro 2 saza udah smakin mahal dan ndak terbeli jg :big_chicken: :big_slap:
smentara ekonomi slowdown begini :big_bored: :big_dunno:
mungkin harus reformasi pajak kendaraan bermotor dgn berdasarkan emisi sperti wacana2 slama ini, jgn berdasar kapasitas mesin yg udah out of date sbenarnya [emo-yesno] [emo-yesno]
ini lah yg kayak nya masih sulit jadi kenyataan :big_think: :big_think:
jg saat nya pemerintah ngebut dengan infratrukrur angkutan umum baik barang atopun manusia trutama yg berbasis rel kereta sperti di negara2 lain, jika memang ingin mengendalikan pertumbuhan kendaraan bermotor dan polusi lingkungan :off_good: :off_good_job:
gimana dgn dampak dan implikasi nya kepada konsumen indo menurut master2 sm dan smers ?
:big_okay: :big_deal: :thanks:
Last edited by fabreguz on Mon Apr 03, 2017 10:34, edited 1 time in total.
Don't Imageate
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia

Post by Pboyz97 »

Hmmm. sepertinya bagus juga kalau sudah siap buat Euro 4, soalnya sudah sejak lama negara kita berkutat di Euro2 terus tanpa perkembangan berarti selama bertahun2 lamanya & membuatnya tertinggal dari negara tetangga, tapi agak susah juga kalau mau menerapkan Euro4 di Indonesia, soalnya perlu sosialisasi & infrastruktur yg memadai untuk mendukung program tersebut menurut saya.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by Rakean »

wkwkwkwkwwkwk... dari dulu talk only doang mo standard EURO4, sampe skrg belum terealisasi.

yup benahin dl lah kualitas BBM nya, standarisasi quality tiap SPBU, dll. percuma punya kendaraan EURO4 tapi minumannya g bergizi
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by Kaleng »

ketinggalan sama india yang sudah melarang penjualan kendaraan di bawah euro 4. mari kita lihat 18 bulan ke depan.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by coklatMetalik »

Pernah baca Mesin toyota NR series sebetulnya euro 5, cm khusus utk Indonesia didowngrade jd euro 3 (dgn efek samping turunnya tenaga)
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by newrubble »

ha ha ha ha euro4 baru mau ya....... bikin seminar dulu sj n trus kunjungan kerja dulu keliling negara negara yg pernah euro4

somali n syria yg killzones sj sdh lama skali .....ksono sj dulu liat liat
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by iwing »

coklatMetalik wrote: Mon Apr 03, 2017 11:10 Pernah baca Mesin toyota NR series sebetulnya euro 5, cm khusus utk Indonesia didowngrade jd euro 3 (dgn efek samping turunnya tenaga)
bukan nya tenaga harus nya justru nambah ya om..?? karena setau saya sih kalo spek euro itu semakin tinggi maka tenaga mesin akan semakin 'terkebiri' (di mesin yang sama)..??

misal mesin motor yamaha R6 2014 memiliki tenaga yang lebih besar dibanding yamaha R6 2017 karena efek euro 4. atau memang sengaja di sunat kali ya tenaganya bukan karena euro 4
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 789
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by Duvebriliant0 »

iwing wrote: Mon Apr 03, 2017 11:38
coklatMetalik wrote: Mon Apr 03, 2017 11:10 Pernah baca Mesin toyota NR series sebetulnya euro 5, cm khusus utk Indonesia didowngrade jd euro 3 (dgn efek samping turunnya tenaga)
bukan nya tenaga harus nya justru nambah ya om..?? karena setau saya sih kalo spek euro itu semakin tinggi maka tenaga mesin akan semakin 'terkebiri' (di mesin yang sama)..??

misal mesin motor yamaha R6 2014 memiliki tenaga yang lebih besar dibanding yamaha R6 2017 karena efek euro 4. atau memang sengaja di sunat kali ya tenaganya bukan karena euro 4
mungkin untuk mengejar efisiensi om
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by billyd1773dz »

iwing wrote: Mon Apr 03, 2017 11:38
coklatMetalik wrote: Mon Apr 03, 2017 11:10 Pernah baca Mesin toyota NR series sebetulnya euro 5, cm khusus utk Indonesia didowngrade jd euro 3 (dgn efek samping turunnya tenaga)
bukan nya tenaga harus nya justru nambah ya om..?? karena setau saya sih kalo spek euro itu semakin tinggi maka tenaga mesin akan semakin 'terkebiri' (di mesin yang sama)..??

misal mesin motor yamaha R6 2014 memiliki tenaga yang lebih besar dibanding yamaha R6 2017 karena efek euro 4. atau memang sengaja di sunat kali ya tenaganya bukan karena euro 4
Tergantung...... Klw biar bisa eu3 artinya biar bisa pke oktan rendah ya pasti performa hrs di turunin, ignition timing mundur...

Kasih fuel bgs ya bisa naik performanya.

Tp klw terlalu tinggi ya bener juga seperti diesel yg hrs pke dpf atau adblue... Ujung2nya muncul skandal emisi karna ingin naikin performa tp keganjal standar emisi



Eniwei... Semoga beneran terealisasi...


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by coklatMetalik »

billyd1773dz wrote: Mon Apr 03, 2017 13:00
iwing wrote: Mon Apr 03, 2017 11:38
coklatMetalik wrote: Mon Apr 03, 2017 11:10 Pernah baca Mesin toyota NR series sebetulnya euro 5, cm khusus utk Indonesia didowngrade jd euro 3 (dgn efek samping turunnya tenaga)
bukan nya tenaga harus nya justru nambah ya om..?? karena setau saya sih kalo spek euro itu semakin tinggi maka tenaga mesin akan semakin 'terkebiri' (di mesin yang sama)..??

misal mesin motor yamaha R6 2014 memiliki tenaga yang lebih besar dibanding yamaha R6 2017 karena efek euro 4. atau memang sengaja di sunat kali ya tenaganya bukan karena euro 4
Tergantung...... Klw biar bisa eu3 artinya biar bisa pke oktan rendah ya pasti performa hrs di turunin, ignition timing mundur...

Kasih fuel bgs ya bisa naik performanya.

Tp klw terlalu tinggi ya bener juga seperti diesel yg hrs pke dpf atau adblue... Ujung2nya muncul skandal emisi karna ingin naikin performa tp keganjal standar emisi



Eniwei... Semoga beneran terealisasi...


:beer:
Tenaga turun krn spek Indonesia bisa minum bensin dgn oktan rendah & kompresi sedikit diturunkan. CMIIW
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by billyd1773dz »

ya bgtulah.....

biasanya CR ga turun... tp ignition timing yg dimundurkan.. atw AFR lebih rich.. atw delay closing valve via vvti..... bwat ngurangin knock due to low fuel quality





dan alhamdulilah karn eu 2 diesel indo g perlu pke dpf apalagi sdpf dan adblue...

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
ABEDUL
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by ABEDUL »

wacana hanya tinggal wacana, siap gak siap
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by Koddy »

Siap2 bye2 dengan Premium dan Pertalite
Juga bye2 dengan Biosolar dan Dexlite.
Pertanyaannya, Pertamina siap ga, bikin BBM kualitas bagus harga setara dengan negeri tetangga aja, Malaysia?
Sebab realnya Pertamina bandingan harganya dengan negara tetangga kan, ron kita terendah vs ron setara 92 disana, yang mana masih sering mahalan Pertamina

Sent from my K016 using Tapatalk

User avatar
haho
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Tue Nov 04, 2014 9:40

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by haho »

Bis-bis malam pada udah duluan pasang stiker euro 4 dan pada saingan pasang gede gede.

Bbm ya tetep biosolar :p


Sent from my iPhone using Tapatalk
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by gobale »

tunggu kilang2 butut di modernisasi semua..baru bisa produksi bbm bagus....inilah yg paling ditakutkan sama mafia2 migas itu
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1067
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by Zaxis »

Euro 4 di solar diesel kaya nya masih lama
Mungkin utk bensin bisa duluan dijual
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by vipere »

Sekarang euro2 aja masih banyak diisiin oktan 88 atau bio solar.
Jangan jangan ntar euro4 tetep aja diisi oktan 88.
Belum tentu juga premium dan bio solar hilang. Lah sekarang euro2 aja itu 2 bbm masih dijual.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by iwing »

disisi lain saya agak 'kurang suka' dengan peraturan emisi seperti euro ini. cbr600rr aja sampe stop produksi gara2 euro 4. klo memang soal lingkungan, langsung aja main hybrid atau listrik. potensi mesin kayak gak keluar semua gara2 aturan emisi2 gini. pabrikan bisa2 kalo mau bikin power setara antara mesin euro 2 dan euro 4 (mesin sama), CC mesin bisa2 dinaikin atau apalah, malah naik harga lagi
c4b13
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by c4b13 »

semoga bisa terealisasi deh.. biar produsen nerapin engine yang bagus2, toh lingkungan juga jadi bersih. Pajak kendaraan juga harus direvisi, jangan berdasarkan kubik lagi tapi berdasarkan low emission..
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by kunaskun »

newrubble wrote: Mon Apr 03, 2017 11:33 ha ha ha ha euro4 baru mau ya....... bikin seminar dulu sj n trus kunjungan kerja dulu keliling negara negara yg pernah euro4

somali n syria yg killzones sj sdh lama skali .....ksono sj dulu liat liat
bused, kalah sama negara killzone :big_dunno:

btw sebenernya bagus si E4 ini, biar itu produsen ga semena2 lagi kasih mobil yang fiturnya di downgrade sembarangan, senggaknya ada harapan dapet mesin canggih2 terus :mky_03: sukur2 itu mesin kei car golongan kami suka turbo pada masuk ke indo :mky_04:

soal bbm dll, bodo amat, kalau jebol ya klaim garansi aja, toh mestinya produsen sudah mikir caranya counter bbm spek euro2 ke mesin euro4. kecuali ya user bebal masih maksain premium and or solar... :big_dunno:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by ChZ »

EU4?

Premium sama Biosolar nya hapus dulu...

KIR dibenerin dulu... Angkot dan kopaja cumi-cumi semua tuh.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by tesna »

betoll.. hapusss bbm bosok macam premium ato biosolar...
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by Koddy »

Selama BBM yang dijual masih ada yang ga support Euro 4, jangan harap emisi jadi bagus.
Orang kita mah kebanyakan balik lagi mengacu ke harga termurah.

Sent from my K016 using Tapatalk

lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by lemonadelovers »

Saya rasa awal yang bagus ya dgn terbitnya payung hukum euro4 dr kemen LHK, nantinya kemen ESDM juga pasti mengacu kesitu dgn ubah ketentuan bbm subsidi premium yg skg dipatok d oktan 88 dan solar d cetane 48 yg pastinya spek bbm tsb bakalan dinaikkan. Aturan ini selaras jg dgn rencana pajak kendaraan yg akan mengacu ke tingkat emisi.

Skg pertanyaan lanjutan gmn kabarnya bbm euro4 sedangkan mobil tahun 2000an masih spek euro2, apakah akan ad pembatasan kendaraan dr sisi usia?
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by lemonadelovers »

newrubble wrote: Mon Apr 03, 2017 11:33 ha ha ha ha euro4 baru mau ya....... bikin seminar dulu sj n trus kunjungan kerja dulu keliling negara negara yg pernah euro4

somali n syria yg killzones sj sdh lama skali .....ksono sj dulu liat liat
Somalia dan syria pakai bbm euro4 apa krna impor? Apa dsana masih ada kilang?
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT