Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by billyd1773dz »

fabreguz wrote: Wed Apr 05, 2017 18:14
billyd1773dz wrote: Mon Apr 03, 2017 13:00
iwing wrote: Mon Apr 03, 2017 11:38

bukan nya tenaga harus nya justru nambah ya om..?? karena setau saya sih kalo spek euro itu semakin tinggi maka tenaga mesin akan semakin 'terkebiri' (di mesin yang sama)..??

misal mesin motor yamaha R6 2014 memiliki tenaga yang lebih besar dibanding yamaha R6 2017 karena efek euro 4. atau memang sengaja di sunat kali ya tenaganya bukan karena euro 4
Tergantung...... Klw biar bisa eu3 artinya biar bisa pke oktan rendah ya pasti performa hrs di turunin, ignition timing mundur...

Kasih fuel bgs ya bisa naik performanya.

Tp klw terlalu tinggi ya bener juga seperti diesel yg hrs pke dpf atau adblue... Ujung2nya muncul skandal emisi karna ingin naikin performa tp keganjal standar emisi





Eniwei... Semoga beneran terealisasi...


:beer:
:big_exellent: :big_exellent:
iseng2 coba gugel istilah baru dpf dari master billy. :big_grin: :big_grin:
brarti kalo di mesin bensin nama nya catalytic converter ya ? :big_think: :big_think:
ABEDUL wrote: Mon Apr 03, 2017 13:57 wacana hanya tinggal wacana, siap gak siap
kudu siap kayak nya kali ini :big_smoking: :big_smoking:
Koddy wrote: Tue Apr 04, 2017 0:21 Siap2 bye2 dengan Premium dan Pertalite
Juga bye2 dengan Biosolar dan Dexlite.
Pertanyaannya, Pertamina siap ga, bikin BBM kualitas bagus harga setara dengan negeri tetangga aja, Malaysia?
Sebab realnya Pertamina bandingan harganya dengan negara tetangga kan, ron kita terendah vs ron setara 92 disana, yang mana masih sering mahalan Pertamina

Sent from my K016 using Tapatalk
skrang gantian mereka yg bertanya jg bung koddy

http://otomotif.kompas.com/read/2017/04 ... masyarakat.
padahal bbm nya saza masih 18 bulan lagi :mky_03: :mky_01:
haho wrote: Tue Apr 04, 2017 0:36 Bis-bis malam pada udah duluan pasang stiker euro 4 dan pada saingan pasang gede gede.

Bbm ya tetep biosolar :p


Sent from my iPhone using Tapatalk
sudah pasti sepasti nya tu :big_grin: :big_grin:
gobale wrote: Tue Apr 04, 2017 0:45 tunggu kilang2 butut di modernisasi semua..baru bisa produksi bbm bagus....inilah yg paling ditakutkan sama mafia2 migas itu
bagian yg jg tersulit........karna pasti ndak ada yg mau kehilangan mesin cetak duit :big_smoking: :big_smoking:
Dpf beda dgn catalytic om...

Diesel particulate filter fungsiny bwat nyaring partikel, catalytic sesuai namanya sebagai catalis yg merubah emisi berbahaya jd less dangerous....

As filter dpf bisa penuh dan harus di bersihkan.. bersihinya bisa otomatis tp mengharus aktifitas driver khusus seperti digunakan d rpm tertentu beberapa puluh km.... Jd masalah klw mblny sering d pke jarak dekat dan kecepatan rendah.

Nyabutnya perlu remap karna ada sensor yg memantau kondisi dpf

Yah intinya ribet

Adblue? Lihat everest versi oz, lobang fuel lid nya ada 2, satu utk diesel fuel, satu lg utk adblue.. ad blue itu urea yg diinjekskan ke exhaust bwat neken emisi jg
Image

Future of diesel makin ribet
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by Herman7103 »

Jadi kepikiran apakah mobil diesel yg relatif lbh tinggi harganya dibanding mobil bengsin tetap laris ya di sini serta resale value bekasnya bisa tetap tinggi? beberapa tahun kedepan nanti dgn Trend regulasi EURO IV di sini serta berita sbb :
Otomotif › News
Inggris Terapkan "Pajak Racun" Mobil Diesel
Selasa, 4 April 2017 | 15:43 WIB
London, KompasOtomotif - Bila Indonesia baru menetapkan standar emisi Euro IV pada 1 Maret 2017 lalu, pemerintah Inggris justru sudah lebih serius menggarap pengurangan emisi gas buang. Melalui sebuah proposal baru, rencananya pengguna mobil diesel akan dikenai "pajak racun" (toxin taxes) sebesar 20 poundsterling atau sekitar Rp 331.000 per harinya.
Dilansir dari Autoevolution , meski aturan ini belum resmi berlaku namun cara ini bisa menimbulkan pro dan kontra. Di satu sisi berguna untuk membatasi penggunaan mobil tua dan komersial yang tidak sesuai dengan standar emisi baru, di lain hal kebijakan ini bisa mempengaruhi pasar otomotif di Inggris.
Rencananya aturan baru tersebut akan diberlakukan di 35 kota di Inggris. Sedangkan untuk mobil yang berdomisili di luar dari 35 kota tadi tidak diharuskan membayar, kecuali mereka ingin masuk di saat jam-jam sibuk.
Sistem ini sendiri sebelumnya sudah diterapkan di London, khususnya di jalur perkotaan. Hasilnya diklaim cukup efektif untuk mengurangi kemacetan dan menekan penggunaan angka mobil yang sudah tua.

Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app

:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by coklatMetalik »

Mungkin euro 4 ini akan mengakhiri riwayat Mitsubishi 4D56 & Isuzu 4JA1 ya...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by VanzMatic »

coklatMetalik wrote:Mungkin euro 4 ini akan mengakhiri riwayat Mitsubishi 4D56 & Isuzu 4JA1 ya...
Sepengalaman saya membaca, regulasi ini berlaku untuk unit produksi yang dihasilkan setelah masa berlakunya produk hukum.

Jadi untuk mobil mobil yang 'vintage' saya rasa belum berakhir kecuali ada produk hukum baru dari daerah yang memberlakukan pembatasan usia mobil yang melintas dalam bentuk skema pajak tahunan.

Imho, CMIIW


Sent from my iPhone using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by coklatMetalik »

VanzMatic wrote: Thu Apr 06, 2017 3:47
coklatMetalik wrote:Mungkin euro 4 ini akan mengakhiri riwayat Mitsubishi 4D56 & Isuzu 4JA1 ya...
Sepengalaman saya membaca, regulasi ini berlaku untuk unit produksi yang dihasilkan setelah masa berlakunya produk hukum.

Jadi untuk mobil mobil yang 'vintage' saya rasa belum berakhir kecuali ada produk hukum baru dari daerah yang memberlakukan pembatasan usia mobil yang melintas dalam bentuk skema pajak tahunan.

Imho, CMIIW


Sent from my iPhone using Tapatalk
Bukan begitu maksud saya om
Maksudnya, jika aturan euro 4 diberlakukan, produksi L300 & Panther yang sudah berjalan sekian lama tanpa perubahan, terpaksa dihentikan. Atau setidaknya diberi mesin baru....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by VanzMatic »

Opsi terakhir nampaknya yang lebih masuk akal, mengingat kendaraan jenis pikap untuk niaga yang banyak / populer di kalangan umum adalah Elsa dan kucing ini, dibanding sodaranya elsa yakni triton. Hilux single cab juga belum sebanyak kucing apalagi elsa.

Mungkin nanti setelah ganti mesin, 5 tahun kmdn baru ganti model.. mungkin lhoo..
[emoji1303]


Sent from my iPhone using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by gobale »

mungkin kemen LH terinspirasi dari sticker euro 3/4 ukuran besar yg ditempel di jendela2 bus masa kini.....padahal source bahan bakarnya aja lom siap, atau kenapa sih bahan bakar importnya gak lgsg yg euro 4 saja ??
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by tesna »

piw wrote: Wed Apr 05, 2017 13:50
tesna wrote: Tue Apr 04, 2017 10:12 betoll.. hapusss bbm bosok macam premium ato biosolar...
terus mobil2 tua mau dikemana in yach?
harusnya diikutin dengan aturan umur maksimal kendaraan yang boleh jalan, supaya emisi kendaraan yang beredar sesuai aturan semua.
gpp mobil tua masih ada, tp harusnya sih pajak nya disesuaiin dengan emisi nya... otomatis.. mobil tua pajak nya lebih mahal drpd mobil baru :D

klo skrg kan kebalikannya.. mobil tua pajaknya bisa murmerrr abesssss.. jomplang bgt sm mobil baru.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by racho »

tesna wrote: Thu Apr 06, 2017 7:47 gpp mobil tua masih ada, tp harusnya sih pajak nya disesuaiin dengan emisi nya... otomatis.. mobil tua pajak nya lebih mahal drpd mobil baru :D
nah iya. setuju ini.
mobil tua sekalipun, asal emisinya bisa masuk spek Euro 4 pajaknya ya jangan dimahalin.
yang jadi tolok ukur nanti harus dari hasil Uji Emisi, dan harus diawasi seperti di developed nation; dan tiap perpanjang kudu uji emisi.
jadi, biar kata umur masih baru tapi kalo asapnya ngebul ya pajaknya tetep harus digetok.

gak sedikit mobil tua > 10 tahun yang sebenernya desain awalnya lulus Euro 4.
sialnya mostly sampe sini kena downspec jadi Euro 2: turun kompresi, buang secondary catalytic converter, buang rear o2 sensor, buang DPF, dsb.

yang jelas, kalo Euro4 ini jalan dengan benar,
setelahnya bakal ada barang baru yang dijual disini yang sebelumnya gak dipedulikan: "high-flow catalytic converter"
:mky_03:
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by nugroho bagor »

Mobil tua jangan diotak atik,jadi garage queen,kalau gak bisa merawat akan sirna sendiri
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by Herman7103 »

Pemerintah terapkan standar emisi EURO IV yg moderat dibandingkan kebijakan Uni Eropa yang sangat ketat dari kutipan berita ini. Jadi mikir lagi Apa emisi mobil diesel memang lbh tinggi/bahaya ya? Apa karena kasus Dieselgatenya VW?
Otomotif › News
Mobil Diesel Bakal Punah di Eropa
Kamis, 6 April 2017 | 16:21 WIB
Brussels, KompasOtomotif – Pasca skandal emisi diesel Volkswagen pada 2015, banyak dari negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa mengambil sikap tegas dan ketat, terhadap kendaraan diesel sekarang,
Beberapa negara bahkan sudah mengumumkan aturan baru, yang bisa melarang produsen mobil untuk menjual kendaraan yang menghasilkan emisi lebih besar, ketika dikendarai di jalan dibanding saat dalam tes uji emisi.
Selasa (4/4/2017) lalu, parlemen Eropa melakukan musyawarah, untuk menerbitkan Rancangan Undang Undang (RUU), yang akan mengenakan denda hingga 30.000 euro atau Rp 399 jutaan per kendaraan yang tidak memenuhi kriteria.
Menurut El'bieta Bie'kowska, Komisisaris Bidang Indusri Uni Eropa, langkah-langkah ini pada akhirnya akan menjadi sebuah akhir dari mobil diesel. “Diesel tidak akan hilang dari hari ke hari, tapi saya cukup yakin mereka akan hilang lebih cepat dari yang kita bayangkan,” ujar Bie?kowska, mengutip Carscoops, Kamis (6/4/2017).
Di samping tindakan keras Uni Eropa ini, Walikota London, Sadiq Khan, sebelumnya sudah mengumumkan proposal baru, yang akan menagih biaya polusi, bagi kendaraan yang masuk ke dalam kotam dan dalam beberapa minggu mendatang. Secara nasional, pemerintah Inggris akan mengeluarkan rencana serupa, untuk membatasi atau benar-benar melarang penggunaan diesel di 35 kota seluruh negeri.
Tahun lalu, Walikota Paris, Mexico City, Madrid dan Athena mengumumkan bahwa mobil diesel dan van, akan dilarang untuk masuk di pusat-pusat kota mereka pada 2025, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas udara.
Meskipun mesin diesel cukup ekonomis, mereka memancarkan emisi beracn dan nitrogen oksida dan diyakini menjadi kontributor kunci, dalam kematian prematur lebih dari 3 juta orang per tahun karena kualitas udara yang buruk. Para ahli di lapangan tidak akan terkejut dengan ini, tapi sikap para pemimpin dunia diperlukan untuk menanggapi kondisi ini.
Penulis: Ghulam Muhammad Nayazri


Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app

:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by NYoman »

Sebetulnya beberapa merk juga banyak yang suka bohong disana untuk masalah emisi terutama gas buang dan suara.. Suara juga sempat ketahuan karena lewat tempat test mobil dimasukan dalam posisi "N".. Untuk gas buang beberapa merk menyiasati saat di test menggunalkan unit mesin yang sedikit berbeda atau off spec untuk test emisi ini terjadi di Eropa bukan di Indonesia yang lebih longgar.. Kalau mau benar diterapkan disini, produsen kendaraan pasti siap karena produk asli mereka downspec juga disini demi "pengguna" tinggal penyedia bahan bakarnya mau gak nyediakan, kalau bisa bahkan bbm yang punya konten sulfur dibawah euro4 (50ppm) sekelas dex aja harus hilang dan diganti dengan spek yang sesuai.. Berlaku juga untuk mobil petrol ya.. di Eropa saja kalau tidak salah beberapa truck dan bis mereka sudah capable untuk euro6..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by coklatMetalik »

Mobil tua mungkin disesuaikan saja dgn standar emisi saat mobil itu dibuat

Misalnya GNKI ya wajib lulus euro 2. kalo gk lulus euro 2 ya pajaknya dimahalin.
ANKI 2018 wajib lulus euro 4. Kalo gk lulus pajaknya dimahalin

Tp jangan maksain GNKI lulus euro 4 ya...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by NYoman »

coklatMetalik wrote: Fri Apr 07, 2017 15:52 Mobil tua mungkin disesuaikan saja dgn standar emisi saat mobil itu dibuat

Misalnya GNKI ya wajib lulus euro 2. kalo gk lulus euro 2 ya pajaknya dimahalin.
ANKI 2018 wajib lulus euro 4. Kalo gk lulus pajaknya dimahalin

Tp jangan maksain GNKI lulus euro 4 ya...
Sebetulnya sih kalau 1/2TR engine lewat stage 3 di euro masih mampu kok asal setingan bukan setingan disini.. Untuk 2KD awal2 emg ada euro2 tp sayang nya di komplain karena bikin mampet (orang sini pada pakai solar).. Dan sebetulnya gak cuma produsen Jepang, Amerika dan Eropa juga sangat siap kalau harus memenuhi standar tsb, pertanyaan nya apa si empunya migas di Indonesia mampu menyediakan bbm nya? Itu saja~
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by Turboman »

NYoman wrote:
coklatMetalik wrote: Fri Apr 07, 2017 15:52 Mobil tua mungkin disesuaikan saja dgn standar emisi saat mobil itu dibuat

Misalnya GNKI ya wajib lulus euro 2. kalo gk lulus euro 2 ya pajaknya dimahalin.
ANKI 2018 wajib lulus euro 4. Kalo gk lulus pajaknya dimahalin

Tp jangan maksain GNKI lulus euro 4 ya...
Sebetulnya sih kalau 1/2TR engine lewat stage 3 di euro masih mampu kok asal setingan bukan setingan disini.. Untuk 2KD awal2 emg ada euro2 tp sayang nya di komplain karena bikin mampet (orang sini pada pakai solar).. Dan sebetulnya gak cuma produsen Jepang, Amerika dan Eropa juga sangat siap kalau harus memenuhi standar tsb, pertanyaan nya apa si empunya migas di Indonesia mampu menyediakan bbm nya? Itu saja~
2KD keluaran sebelum 2007 tidak pernah ada masalah sama sekali dgn solar / biosolar

saya dulu pake 2KD - 2006 cukup lama sampe hampir 200 rb km, isi mostly biosolar + racun



pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by pilotgaruda »

https://oto.detik.com/mobil/d-3470363/e ... 1468037572
Jakarta - Pemerintah Indonesia menyiapkan standar emisi Euro4 yang akan diterapkan dalam 18 bulan ke depan. Peralihan dari Euro2 ke Euro4 kemungkinan bisa membuat harga jual mobil disesuaikan.

"Kelihatannya akan ada penyesuaian harga (saat Euro4 diterapkan)," kata Executive General Manager Vehicle Sales Operation Sub Directorate PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto.

Namun, Soejo tak membeberkan lebih detail seberapa besar perkiraan kenaikan harga ketika Euro 4 diterapkan. "Masih dipelajari," katanya.

Menurut Soerjo, ada beberapa perangkat mesin mobil yang perlu disesuaikan untuk memenuhi standar emisi Euro4. Misalnya engine control unit (ECU).

"Komponen-komponen saja dimodifikasi. Salah satunya ECU pasti akan ada adjustment. Tapi semuanya kita sudah siapkan," katanya.

Peraturan emisi Euro4 ini akan berpengaruh untuk semua model Toyota yang dijual. Dan menurut Soerjo, pihaknya sudah siap jika Euro4 diberlakukan.

"Pastinya ke semua produk. Dan enggak hanya Toyota, tapi semua automaker. Dan Toyota sendiri mulai dari sedan, hatchback, MPV hingga SUV," katanya.
waduh..
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by gobale »

alibi produsen mobil saja untuk ngambil kesempatan dapet cuan lebih....padahal versi ekspornya yg sudah mostly euro 4 juga hampir2 sama
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by ZEXELGRIFONE »

coklatMetalik wrote: Thu Apr 06, 2017 4:10
Bukan begitu maksud saya om
Maksudnya, jika aturan euro 4 diberlakukan, produksi L300 & Panther yang sudah berjalan sekian lama tanpa perubahan, terpaksa dihentikan. Atau setidaknya diberi mesin baru....
Bisa jadi benar..
Tapi setahu saya (dari berita jg), EURO-4 untuk mesin diesel masih agak lama.. Mungkin diatas 2020.
http://otomotif.kompas.com/read/2017/04 ... .dibedakan..
Jadi masih bisa jualan mesin diesel lawas.. :D

Yg untuk saat ini dikejar adalah EURO-4 untuk mesin bensin.

BTW, pertamax turbo sudah EURO-4 blum ya?
Sepertinya belum ya? :big_think:

Tambahan berita lagi..
http://otomotif.kompas.com/read/2017/04 ... .pertamina.

Cuplikan:
Jakarta, KompasOtomotif – Pertamina menjadi kambing hitam, terkait dengan keterlambatan Indonesia menetapkan standar Euro IV. Kesiapan kilang untuk memproduksi bahan bakar yang memenuhi spesifikasi, jadi andalan Pertamina untuk berkilah.

Setelah ditandatangani 10 Maret 2017 lalu, aturan Euro IV bakal berlaku efektif September 2018 untuk mesin bensin dan Maret 2021 untuk mesin diesel. Pertamina akhirnya dipaksa untuk impor, demi memenuhi kebutuhan itu, pasalnya upgrade kilang disebut-sebut baru rampung pada 2025..... dst
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Fri Feb 10, 2017 6:26
Daily Vehicle: CRV

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by arief225 »

Ga usah jauh jauh ke uro 4 buat mobil pribadi, apus dulu bajai, remajakan semua kopaja. Beri sanksi bagi pt penyebab pencemaran. Beri sanksi berat bagi perusak hutan..


Itu bakal jauh lebih baik dri euro 4
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by Turboman »

Standard Euro scr global di th 2015

http://ledsgp.org/wp-content/uploads/20 ... ne2015.pdf

Biru muda = Euro V / VI

Biru = Euro 4 - 5

Ijo = Euro III - IV

Masih banyak negara yg Euro 3

Btw sebetulnya di Indonesia sejak 2015 juga diem2 spt-nya udah ada BBM Euro 4 masuk, mungkin karena si persh SPBU beli dari luar dia ambil mana aja yg ready stock, jadi yg spec Euro 4 tsb gak kontinu

Saya pernah dapat Shell Diesel warna kuning pucat bening, kuning-nya lebih pucat daripada DEX, kalo banding2 - in dgn foto2 solar Euro 4 itu warna-nya udah mirip sekali (sama)
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by g4ndalf »

ChZ wrote: Tue Apr 04, 2017 9:33 EU4?

Premium sama Biosolar nya hapus dulu...

KIR dibenerin dulu... Angkot dan kopaja cumi-cumi semua tuh.
Yes... mobil cumi2 berkeliaran, item semua asapnya gak di apa2in. Itu dulu dibenerin pasti ngurangin polusi. Percuma punya standard ini itu tapi di jalan kendaraan2 yg asapnya item pekat dibiarin jalan.

Yg paling efektif, suruh pengemudinya berdiri di belakang kendaraan dia 1 meter 5 menit aja sementara mesin digas, kuat nggak dia napas di situ? Kalo dia sendiri nggak kuat kasian yg lain. Paling kasian ibu2 boncengan sama anaknya di belakang bus/truk, kalo dah nyebar item asapnya kasian bgt.
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by rudyzanetti »

sebenernya standar syarat minimal bbm (gasoline/bensin) bwt euro 4 apa sih om?
apa bbm euro2an (euro 1 sd dst) itu mewajibkan ron mesti nilai nya minimal sekian(bensin/gasoline)?
kl misalkan engga, premium ama pertalite mah masih bisa dijual.
tinggal tambahin aditif2 aja bwt menuhin spek euro. bener ga om?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by Turboman »

rudyzanetti wrote:sebenernya standar syarat minimal bbm (gasoline/bensin) bwt euro 4 apa sih om?
apa bbm euro2an (euro 1 sd dst) itu mewajibkan ron mesti nilai nya minimal sekian(bensin/gasoline)?
kl misalkan engga, premium ama pertalite mah masih bisa dijual.
tinggal tambahin aditif2 aja bwt menuhin spek euro. bener ga om?
Euro gak ada hubungan dgn angka RON

Hub nya adalah kadar :
- Sulphur
- Aromatic
- Benzene
- Olefin
- Angka Destilasi

Efek sulphur u know laa

Benzene juga itu bersifat karsinogenik

CMIIW
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: RE: Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by rudyzanetti »

Turboman wrote: Thu Apr 13, 2017 18:06
rudyzanetti wrote:sebenernya standar syarat minimal bbm (gasoline/bensin) bwt euro 4 apa sih om?
apa bbm euro2an (euro 1 sd dst) itu mewajibkan ron mesti nilai nya minimal sekian(bensin/gasoline)?
kl misalkan engga, premium ama pertalite mah masih bisa dijual.
tinggal tambahin aditif2 aja bwt menuhin spek euro. bener ga om?
Euro gak ada hubungan dgn angka RON

Hub nya adalah kadar :
- Sulphur
- Aromatic
- Benzene
- Olefin
- Angka Destilasi

Efek sulphur u know laa

Benzene juga itu bersifat karsinogenik

CMIIW
berarti nama premium ato pertalite masih bisa dijual.
asalkan kualitasnya emg bisa menuhin standar euro 4.
om turbo aditif deterjen/pembersih di bbm itu sebenernya diatur jg ga sih dlm standar euro?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?

Post by Turboman »

Bikin bensin Oktan tinggi di std Euro 4 ke atas malah akan lebih mahal

krn unsur2 yg mendongkrak Oktan dibatasi

Aromatic = oktan booster

Olefin = oktan booster

Benzene = oktan booster

jadi hrs gunakan zat2 pengganti utk dongkrak oktan spt HOMC dll


Kalo Diesel std Euro 4 / beyond malah CN otomatis naik saat proses pengurangan aromatic, krn aromatic ter-rubah jadi zat lain yg angka CN nya lebih tinggi

CMIIW

P.S. :
makanya kenapa bensin Super 98 zaman dahulu begitu joss nya

aromatik tinggi
olefin tinggi

ditambah lagi unsur Lead

gimana gak joss tuh bensin

cuman pasti cepet bikin kerak krn additip cleaner nya ga sebagus skg

juga sgt toxic asapnya

wkwkwkkqkq