Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

Kwaci wrote:Kalo toyota sienta bisa pake aisin cfex kah om?
Adakah bengkel yg bisa flush sekitar jaksel, dah 40km dibawa ke SnD ps minggu malah disuruh ke beres...
ke AutoCartrixx aja

dia setok CFEx & PTT CVT oil

Bisa kuras juga
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by lawyerone »

erwinign wrote: Fri Jul 17, 2020 14:18
lawyerone wrote: Fri Jul 17, 2020 13:46
DOHC wrote: Fri Jul 17, 2020 4:45

90 rebu mah saya rasa masi gapapa lah, d luar negeri sana malah orang2 d genjot lebi sinting lg, mreka dbilang 60 rebu miles ganti yah beneran 60 rb baru dganti (tau sendiri miles itu jauhh lebi tinggi dr km)

Justru matic itu yg plg bahaya kl sala isi atf, atau worst case kecampur aer , nah ini baru rontok beneran kampasnya
Tapi di Indo (Jakarta) kan macet om, hahahahaha. Jadi aman ya flush pake mesin?
Aman2 aja om, sejauh yg saya amatin dr mobil saya yg udah flush ATF justru worry free ya. Krn mekanik2 udh sering nanganin flush atf pake mesin. Kl std saya sih maks 60rb harus flush, lbh cepet lebih baik misal tiap 40rb km. Justru mekanik zaman now itu pd ga tau kl ada flush manual, pdhl flushing manual lbh hemat oli ATF jg walaupun ga menjamin ATF di jeroan gearbox 100 persen baru ya, spt itung2an om omnibus.

Sharing aja om, saya wkt itu di ertiga 2014, dg kondisi oli atf di karter salah spek (tarikan berat, transmisi dengung, timbul suara transmisi kasar) dan agak ngga disiplin jg karena dr 2014 sampe 58rb km cuma pernah ganti atf di karter sekali itu udah ngga enak banget om. Ditambah warna ATFnya sendiri udah kearah ungu pucet (masih dibilang BAIK sama mekanik beres dr warnanya), akhirnya flush ATF pake Q8 JK langsung plong dan mobil bs lari ngacir.

Juga pernah di yaris bakpao AT, sama bengkel langganan ternama di jateng krn cm tau serahin mobil diberi ATF shell spirax S3. Ini slh satu ATF terbusuk yg pernah saya pake. Dr flush sampe jalan 40rb ga pernah ganti yg di karter, krn pikir sy wkt itu warnanya masih merah. Yg saya amatin stl pakai 20rb km tarikan mulai ngga enak, shifting gigi sering bingung dan cenderung nahan kl di turunan. Stl saya analisa dan liat di botolnya, ternyata juga salah spek. Yaris bakpao mintanya ATF WS, lah spirax S3 complynya ke ATF T-4 tok walaupun udah dexron III.

Dr case yaris ini saya juga matahin pemahaman mekanik kl sejauh ATF udah dexron III bisa dipake, padahal yg bener harus comply sama tipe spesifik yg ada di buku panduan (walaupun ngga menutup kemungkinan di mobil tertentu buku panduan suggest ke dexron III udah cukup, kl ga salah avanza lama begitu).

Buat om, biar gearbox awet sebaiknya sih flush aja om di innova. Walaupun innova itu scr mekanikal dg kondisi begitu istilahnya cuma geli2 doang saking reliablenya wkwkwkw. At least mestinya kl udah flush tarikan jauh lebih enak, dibanding kl cuma ganti di karter yg dampaknya ga seberapa. Selain itu kl memungkinkan karternya dibuka, terus dibersihin sekalian bak karter sama filter (strainer) ATFnya, cuma hrs dipelajarin dl kl innova yg hrs dipersiapin apa buat buka karternya (pesen paking, model bukaan bautnya dkk).

Penasaran om, itu yg jalan 40rb atf udah item di mobil apa ya?
Siap om, duly noted. Terima kasih.

Untuk Innova mending pake PTT/Q8 (sesuai rekomendasi ATF yang rame di forum) atau pake TMO/Aisin aja ya yang emang standarannya?

40rb km udah item di Mazda2 om. DJ MY2015 (Skyactiv). Tapi memang itu mobil tiap hari kena macet sih, karena dipake untuk kantor kuningan sehari2.
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by lawyerone »

DOHC wrote: Fri Jul 17, 2020 16:47
lawyerone wrote: Fri Jul 17, 2020 13:46
DOHC wrote: Fri Jul 17, 2020 4:45

90 rebu mah saya rasa masi gapapa lah, d luar negeri sana malah orang2 d genjot lebi sinting lg, mreka dbilang 60 rebu miles ganti yah beneran 60 rb baru dganti (tau sendiri miles itu jauhh lebi tinggi dr km)

Justru matic itu yg plg bahaya kl sala isi atf, atau worst case kecampur aer , nah ini baru rontok beneran kampasnya
Tapi di Indo (Jakarta) kan macet om, hahahahaha. Jadi aman ya flush pake mesin?
selama yg dimasukin nya ATF T4, atau yg comply ke T4 sehh aman

paling dompet yg ga aman
Siap noted thanks banget om.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by maastricht889 »

lawyerone wrote: Mon Jul 20, 2020 3:39
erwinign wrote: Fri Jul 17, 2020 14:18
lawyerone wrote: Fri Jul 17, 2020 13:46

Tapi di Indo (Jakarta) kan macet om, hahahahaha. Jadi aman ya flush pake mesin?
Aman2 aja om, sejauh yg saya amatin dr mobil saya yg udah flush ATF justru worry free ya. Krn mekanik2 udh sering nanganin flush atf pake mesin. Kl std saya sih maks 60rb harus flush, lbh cepet lebih baik misal tiap 40rb km. Justru mekanik zaman now itu pd ga tau kl ada flush manual, pdhl flushing manual lbh hemat oli ATF jg walaupun ga menjamin ATF di jeroan gearbox 100 persen baru ya, spt itung2an om omnibus.

Sharing aja om, saya wkt itu di ertiga 2014, dg kondisi oli atf di karter salah spek (tarikan berat, transmisi dengung, timbul suara transmisi kasar) dan agak ngga disiplin jg karena dr 2014 sampe 58rb km cuma pernah ganti atf di karter sekali itu udah ngga enak banget om. Ditambah warna ATFnya sendiri udah kearah ungu pucet (masih dibilang BAIK sama mekanik beres dr warnanya), akhirnya flush ATF pake Q8 JK langsung plong dan mobil bs lari ngacir.

Juga pernah di yaris bakpao AT, sama bengkel langganan ternama di jateng krn cm tau serahin mobil diberi ATF shell spirax S3. Ini slh satu ATF terbusuk yg pernah saya pake. Dr flush sampe jalan 40rb ga pernah ganti yg di karter, krn pikir sy wkt itu warnanya masih merah. Yg saya amatin stl pakai 20rb km tarikan mulai ngga enak, shifting gigi sering bingung dan cenderung nahan kl di turunan. Stl saya analisa dan liat di botolnya, ternyata juga salah spek. Yaris bakpao mintanya ATF WS, lah spirax S3 complynya ke ATF T-4 tok walaupun udah dexron III.

Dr case yaris ini saya juga matahin pemahaman mekanik kl sejauh ATF udah dexron III bisa dipake, padahal yg bener harus comply sama tipe spesifik yg ada di buku panduan (walaupun ngga menutup kemungkinan di mobil tertentu buku panduan suggest ke dexron III udah cukup, kl ga salah avanza lama begitu).

Buat om, biar gearbox awet sebaiknya sih flush aja om di innova. Walaupun innova itu scr mekanikal dg kondisi begitu istilahnya cuma geli2 doang saking reliablenya wkwkwkw. At least mestinya kl udah flush tarikan jauh lebih enak, dibanding kl cuma ganti di karter yg dampaknya ga seberapa. Selain itu kl memungkinkan karternya dibuka, terus dibersihin sekalian bak karter sama filter (strainer) ATFnya, cuma hrs dipelajarin dl kl innova yg hrs dipersiapin apa buat buka karternya (pesen paking, model bukaan bautnya dkk).

Penasaran om, itu yg jalan 40rb atf udah item di mobil apa ya?
Siap om, duly noted. Terima kasih.

Untuk Innova mending pake PTT/Q8 (sesuai rekomendasi ATF yang rame di forum) atau pake TMO/Aisin aja ya yang emang standarannya?

40rb km udah item di Mazda2 om. DJ MY2015 (Skyactiv). Tapi memang itu mobil tiap hari kena macet sih, karena dipake untuk kantor kuningan sehari2.
Kl soal ATF pake TMO/aisin sy belum pengalaman om, aisin value for money tp TMO sih mahal banget jatuhnya. Kalo saya di PTT sama Q8 pengalaman pake PTT A1 di mazda 2 nonsky, Q8 pake auto JK di ertiga sama yaris bakpao. PTT A1 karakternya lebih sporty driving tp oper2annya msh alus om, Q8 auto JK lebih smooth lagi tp jg oke buat saya. Harga kayanya beti antara ptt sama Q8, tgl cari lbh murah yang mana
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by lawyerone »

erwinign wrote: Mon Jul 20, 2020 4:02
lawyerone wrote: Mon Jul 20, 2020 3:39
erwinign wrote: Fri Jul 17, 2020 14:18

Aman2 aja om, sejauh yg saya amatin dr mobil saya yg udah flush ATF justru worry free ya. Krn mekanik2 udh sering nanganin flush atf pake mesin. Kl std saya sih maks 60rb harus flush, lbh cepet lebih baik misal tiap 40rb km. Justru mekanik zaman now itu pd ga tau kl ada flush manual, pdhl flushing manual lbh hemat oli ATF jg walaupun ga menjamin ATF di jeroan gearbox 100 persen baru ya, spt itung2an om omnibus.

Sharing aja om, saya wkt itu di ertiga 2014, dg kondisi oli atf di karter salah spek (tarikan berat, transmisi dengung, timbul suara transmisi kasar) dan agak ngga disiplin jg karena dr 2014 sampe 58rb km cuma pernah ganti atf di karter sekali itu udah ngga enak banget om. Ditambah warna ATFnya sendiri udah kearah ungu pucet (masih dibilang BAIK sama mekanik beres dr warnanya), akhirnya flush ATF pake Q8 JK langsung plong dan mobil bs lari ngacir.

Juga pernah di yaris bakpao AT, sama bengkel langganan ternama di jateng krn cm tau serahin mobil diberi ATF shell spirax S3. Ini slh satu ATF terbusuk yg pernah saya pake. Dr flush sampe jalan 40rb ga pernah ganti yg di karter, krn pikir sy wkt itu warnanya masih merah. Yg saya amatin stl pakai 20rb km tarikan mulai ngga enak, shifting gigi sering bingung dan cenderung nahan kl di turunan. Stl saya analisa dan liat di botolnya, ternyata juga salah spek. Yaris bakpao mintanya ATF WS, lah spirax S3 complynya ke ATF T-4 tok walaupun udah dexron III.

Dr case yaris ini saya juga matahin pemahaman mekanik kl sejauh ATF udah dexron III bisa dipake, padahal yg bener harus comply sama tipe spesifik yg ada di buku panduan (walaupun ngga menutup kemungkinan di mobil tertentu buku panduan suggest ke dexron III udah cukup, kl ga salah avanza lama begitu).

Buat om, biar gearbox awet sebaiknya sih flush aja om di innova. Walaupun innova itu scr mekanikal dg kondisi begitu istilahnya cuma geli2 doang saking reliablenya wkwkwkw. At least mestinya kl udah flush tarikan jauh lebih enak, dibanding kl cuma ganti di karter yg dampaknya ga seberapa. Selain itu kl memungkinkan karternya dibuka, terus dibersihin sekalian bak karter sama filter (strainer) ATFnya, cuma hrs dipelajarin dl kl innova yg hrs dipersiapin apa buat buka karternya (pesen paking, model bukaan bautnya dkk).

Penasaran om, itu yg jalan 40rb atf udah item di mobil apa ya?
Siap om, duly noted. Terima kasih.

Untuk Innova mending pake PTT/Q8 (sesuai rekomendasi ATF yang rame di forum) atau pake TMO/Aisin aja ya yang emang standarannya?

40rb km udah item di Mazda2 om. DJ MY2015 (Skyactiv). Tapi memang itu mobil tiap hari kena macet sih, karena dipake untuk kantor kuningan sehari2.
Kl soal ATF pake TMO/aisin sy belum pengalaman om, aisin value for money tp TMO sih mahal banget jatuhnya. Kalo saya di PTT sama Q8 pengalaman pake PTT A1 di mazda 2 nonsky, Q8 pake auto JK di ertiga sama yaris bakpao. PTT A1 karakternya lebih sporty driving tp oper2annya msh alus om, Q8 auto JK lebih smooth lagi tp jg oke buat saya. Harga kayanya beti antara ptt sama Q8, tgl cari lbh murah yang mana
Yang comply T-IV sih PTT ATF-1A (110rb) dan Q8 Auto JK (130rb di Dunia Oli) ya.

Maaf agak OOT jadi ngomongin ATF.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by maastricht889 »

lawyerone wrote: Mon Jul 20, 2020 4:14
erwinign wrote: Mon Jul 20, 2020 4:02
lawyerone wrote: Mon Jul 20, 2020 3:39

Siap om, duly noted. Terima kasih.

Untuk Innova mending pake PTT/Q8 (sesuai rekomendasi ATF yang rame di forum) atau pake TMO/Aisin aja ya yang emang standarannya?

40rb km udah item di Mazda2 om. DJ MY2015 (Skyactiv). Tapi memang itu mobil tiap hari kena macet sih, karena dipake untuk kantor kuningan sehari2.
Kl soal ATF pake TMO/aisin sy belum pengalaman om, aisin value for money tp TMO sih mahal banget jatuhnya. Kalo saya di PTT sama Q8 pengalaman pake PTT A1 di mazda 2 nonsky, Q8 pake auto JK di ertiga sama yaris bakpao. PTT A1 karakternya lebih sporty driving tp oper2annya msh alus om, Q8 auto JK lebih smooth lagi tp jg oke buat saya. Harga kayanya beti antara ptt sama Q8, tgl cari lbh murah yang mana
Yang comply T-IV sih PTT ATF-1A (110rb) dan Q8 Auto JK (130rb di Dunia Oli) ya.

Maaf agak OOT jadi ngomongin ATF.
Ini innovanya om bensin/diesel ya? Kl bensin sih mending PTT 1A aja om, krn minimal ngobatin tarikannya bs jadi responsif dikit dan oper2annya ttp alus
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by DOHC »

Anu, numpang nimbrung

TMO atf itu isinya bkan aisin, tp either eneos atau idemitsu

Oli aisin atf itu buatan kixx korea
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: Mon Jul 20, 2020 4:28 Anu, numpang nimbrung

TMO atf itu isinya bkan aisin, tp either eneos atau idemitsu

Oli aisin atf itu buatan kixx korea
Lho TMO T-4 sy liat terakhir kok made in japan ya om?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by DOHC »

erwinign wrote: Mon Jul 20, 2020 4:58
DOHC wrote: Mon Jul 20, 2020 4:28 Anu, numpang nimbrung

TMO atf itu isinya bkan aisin, tp either eneos atau idemitsu

Oli aisin atf itu buatan kixx korea
Lho TMO T-4 sy liat terakhir kok made in japan ya om?
TMO t4 yg kemasang kaleng mmg made in japan om

Yg toyota ws baru lokal
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

ATF Toyota makloon ke NIPPON OIL

Kalo TMO USA makloon ke EXXON MOBIL
albertusaryo
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Aug 19, 2020 4:16
Location: Pky
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by albertusaryo »

Turboman wrote: Tue May 09, 2017 13:04 as subject

Teknik kuras matic ala Gerlong / manual flushing utk matic dengan dipstick

Alat & Bahan :
- Selang dgn ID 8 mm sepanjang 30 cm
- Corong

Step2-nya :
1. Lepas 2 selang ATF yg menuju ATF cooler di radiator
2. salah 1 nok yg selangnya terlepas, kasih selang kurleb 30 cm (ID 8 mm) dan arahkan ke bawah
3. Arahkan kedua selang yg ujungnya terlepas ke wadah penampungan oli

Proses pengerjaan :
1. Buang ATF yg ada di oil pan matic
2. Ukur volume ATF yg keluar
3. Tutup baut pan
4. Masukkan ATF sesuai volume ATF yg keluar lewat pipa dipstick
5. tarik rem tangan kuat2
6. Suru anak buah jaga di depan mobil utk melihat cairan ATF yg keluar dr salah 1 selang dan beritahu jika ATF yg keluar udah merah bening dia harus teriak / kasih tangan
7. Injak rem
8. Nyalakan mesin
9. Pindah2 kan tuas matic dari P ke L ke P secara bolak balik dan tahan di tiap posisi selama kurleb 1 detik
10. P - L - P terus secara bolak balik sampai anak buah teriak / kasih tanda
11. begitu anak buah kasih tanda segera matikan mesin
12. Ukur volume ATF yg keluar dr selang
13. Masukkan ATF baru lewat pipa dipstick sesuai volume ATF yg keluar dari selang
14. Pasang kembali selang2 ATF seperti semula
15. Hidupkan mesin dan ukur volume ATF dgn dipstick & tambah jika kurang

SELESAI

Catatan :
1. Utk matic dengan tuas + / - maka saat mainkan tuas bisa dengan P - R - N - D - + dgn cetek2 sampe 6X lalu ke - dgn cetek2 sampe 6X lalu balik ke D - N - R - P

di tiap posisi tahan kurleb 1 detik

2. Utk matic tanpa dipstick, jika ada baut pembuangan oli juga bisa lakukan Gerlong, hanya saja isi oli lewat lubang pengisian dan baut cek level ATF dibuka agar kita tahu jika volume ATF dah penuh
Main2 ke forum ini trnyata nemu teknik kuras manual ini, saya lg galau mau kuras dimana , secara di kota kecil (Pky-Kalteng) ini ga nemu bengkel yg punya mesin kuras. om Turboman, saya mau tanya, untuk poin 10, ini tanda harus stop pindahkan tuas saat apa ya?dan kapan (di poin mana) kita harus top up atf dari dipstik agar warna atf yg keluar dr selang sudah merah bening? makasih sebelumnya.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by MSU »

albertusaryo wrote: Wed Aug 19, 2020 4:21
Turboman wrote: Tue May 09, 2017 13:04 as subject

Teknik kuras matic ala Gerlong / manual flushing utk matic dengan dipstick

Alat & Bahan :
- Selang dgn ID 8 mm sepanjang 30 cm
- Corong

Step2-nya :
1. Lepas 2 selang ATF yg menuju ATF cooler di radiator
2. salah 1 nok yg selangnya terlepas, kasih selang kurleb 30 cm (ID 8 mm) dan arahkan ke bawah
3. Arahkan kedua selang yg ujungnya terlepas ke wadah penampungan oli

Proses pengerjaan :
1. Buang ATF yg ada di oil pan matic
2. Ukur volume ATF yg keluar
3. Tutup baut pan
4. Masukkan ATF sesuai volume ATF yg keluar lewat pipa dipstick
5. tarik rem tangan kuat2
6. Suru anak buah jaga di depan mobil utk melihat cairan ATF yg keluar dr salah 1 selang dan beritahu jika ATF yg keluar udah merah bening dia harus teriak / kasih tangan
7. Injak rem
8. Nyalakan mesin
9. Pindah2 kan tuas matic dari P ke L ke P secara bolak balik dan tahan di tiap posisi selama kurleb 1 detik
10. P - L - P terus secara bolak balik sampai anak buah teriak / kasih tanda
11. begitu anak buah kasih tanda segera matikan mesin
12. Ukur volume ATF yg keluar dr selang
13. Masukkan ATF baru lewat pipa dipstick sesuai volume ATF yg keluar dari selang
14. Pasang kembali selang2 ATF seperti semula
15. Hidupkan mesin dan ukur volume ATF dgn dipstick & tambah jika kurang

SELESAI

Catatan :
1. Utk matic dengan tuas + / - maka saat mainkan tuas bisa dengan P - R - N - D - + dgn cetek2 sampe 6X lalu ke - dgn cetek2 sampe 6X lalu balik ke D - N - R - P

di tiap posisi tahan kurleb 1 detik

2. Utk matic tanpa dipstick, jika ada baut pembuangan oli juga bisa lakukan Gerlong, hanya saja isi oli lewat lubang pengisian dan baut cek level ATF dibuka agar kita tahu jika volume ATF dah penuh
Main2 ke forum ini trnyata nemu teknik kuras manual ini, saya lg galau mau kuras dimana , secara di kota kecil (Pky-Kalteng) ini ga nemu bengkel yg punya mesin kuras. om Turboman, saya mau tanya, untuk poin 10, ini tanda harus stop pindahkan tuas saat apa ya?dan kapan (di poin mana) kita harus top up atf dari dipstik agar warna atf yg keluar dr selang sudah merah bening? makasih sebelumnya.
saya pernah pake cara ini dulu pas flush kisul A/T...
yang point no 10...om mesti tau dulu warna atf baru-nya seperti apa..
nah pas lakukan point no 10...itu kan ada atf yang ngalir dari selang (ATF kotor)...pas ATF yang ngalir berubah warna jadi seperti baru...lsg balik ke P & matiin mesin...
eckops
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Aug 21, 2020 9:10
Daily Vehicle: Ertiga GL 2016

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by eckops »

Permisi.
Saya awam banget nih. ga ngerti banyak tentang mobil.
Saya baru angkat ertiga 2016. rencana mau kuras ATF secara gerlong ini. ada kenalan yang bisa.
Cuma saya kesulitan cari oli nya. kalau SGO ATF AW-1 di toko toko oli susah banget, rata rata adanya 3317.
Kalau di BeRes seliter 120ribu kya nya ngga worth it duit segitu utk SGO.
ada saran kah merk oli yg meet req dengan ATF AW-1 nya suzuki? Aisin AFW+ cuma compli dengan 3317.
Mrvin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Mrvin »

eckops wrote: Fri Aug 21, 2020 14:43 Permisi.
Saya awam banget nih. ga ngerti banyak tentang mobil.
Saya baru angkat ertiga 2016. rencana mau kuras ATF secara gerlong ini. ada kenalan yang bisa.
Cuma saya kesulitan cari oli nya. kalau SGO ATF AW-1 di toko toko oli susah banget, rata rata adanya 3317.
Kalau di BeRes seliter 120ribu kya nya ngga worth it duit segitu utk SGO.
ada saran kah merk oli yg meet req dengan ATF AW-1 nya suzuki? Aisin AFW+ cuma compli dengan 3317.
Bantu jawab, ptt automat LV1 meet AW-1, cek aja pds nya
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by maastricht889 »

eckops wrote: Fri Aug 21, 2020 14:43 Permisi.
Saya awam banget nih. ga ngerti banyak tentang mobil.
Saya baru angkat ertiga 2016. rencana mau kuras ATF secara gerlong ini. ada kenalan yang bisa.
Cuma saya kesulitan cari oli nya. kalau SGO ATF AW-1 di toko toko oli susah banget, rata rata adanya 3317.
Kalau di BeRes seliter 120ribu kya nya ngga worth it duit segitu utk SGO.
ada saran kah merk oli yg meet req dengan ATF AW-1 nya suzuki? Aisin AFW+ cuma compli dengan 3317.
Ptt automat LV1 sama Q8 Auto JK bisa om. Sy udah pake Q8 Auto JK di ertiga 2014, reportnya sdh ada di thread ini kayanya. Gerlong pake 5lt aja cukup, sesuai di buku panduan. 2 oli yg saya rekomen kurleb harganya unda undi sama SGO punya. Q8 bs ke pak halim td motor 0817199919/PTT ke bli2 aja ke distro resmi
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by marmut »

eckops wrote: Fri Aug 21, 2020 14:43 Permisi.
Saya awam banget nih. ga ngerti banyak tentang mobil.
Saya baru angkat ertiga 2016. rencana mau kuras ATF secara gerlong ini. ada kenalan yang bisa.
Cuma saya kesulitan cari oli nya. kalau SGO ATF AW-1 di toko toko oli susah banget, rata rata adanya 3317.
Kalau di BeRes seliter 120ribu kya nya ngga worth it duit segitu utk SGO.
ada saran kah merk oli yg meet req dengan ATF AW-1 nya suzuki? Aisin AFW+ cuma compli dengan 3317.

kalo mau pake aisin bisa ambil yang AFW-VI.
albertusaryo
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Aug 19, 2020 4:16
Location: Pky
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by albertusaryo »

MSU wrote: Wed Aug 19, 2020 6:55
albertusaryo wrote: Wed Aug 19, 2020 4:21
Turboman wrote: Tue May 09, 2017 13:04 as subject

Teknik kuras matic ala Gerlong / manual flushing utk matic dengan dipstick

Alat & Bahan :
- Selang dgn ID 8 mm sepanjang 30 cm
- Corong

Step2-nya :
1. Lepas 2 selang ATF yg menuju ATF cooler di radiator
2. salah 1 nok yg selangnya terlepas, kasih selang kurleb 30 cm (ID 8 mm) dan arahkan ke bawah
3. Arahkan kedua selang yg ujungnya terlepas ke wadah penampungan oli

Proses pengerjaan :
1. Buang ATF yg ada di oil pan matic
2. Ukur volume ATF yg keluar
3. Tutup baut pan
4. Masukkan ATF sesuai volume ATF yg keluar lewat pipa dipstick
5. tarik rem tangan kuat2
6. Suru anak buah jaga di depan mobil utk melihat cairan ATF yg keluar dr salah 1 selang dan beritahu jika ATF yg keluar udah merah bening dia harus teriak / kasih tangan
7. Injak rem
8. Nyalakan mesin
9. Pindah2 kan tuas matic dari P ke L ke P secara bolak balik dan tahan di tiap posisi selama kurleb 1 detik
10. P - L - P terus secara bolak balik sampai anak buah teriak / kasih tanda
11. begitu anak buah kasih tanda segera matikan mesin
12. Ukur volume ATF yg keluar dr selang
13. Masukkan ATF baru lewat pipa dipstick sesuai volume ATF yg keluar dari selang
14. Pasang kembali selang2 ATF seperti semula
15. Hidupkan mesin dan ukur volume ATF dgn dipstick & tambah jika kurang

SELESAI

Catatan :
1. Utk matic dengan tuas + / - maka saat mainkan tuas bisa dengan P - R - N - D - + dgn cetek2 sampe 6X lalu ke - dgn cetek2 sampe 6X lalu balik ke D - N - R - P

di tiap posisi tahan kurleb 1 detik

2. Utk matic tanpa dipstick, jika ada baut pembuangan oli juga bisa lakukan Gerlong, hanya saja isi oli lewat lubang pengisian dan baut cek level ATF dibuka agar kita tahu jika volume ATF dah penuh
Main2 ke forum ini trnyata nemu teknik kuras manual ini, saya lg galau mau kuras dimana , secara di kota kecil (Pky-Kalteng) ini ga nemu bengkel yg punya mesin kuras. om Turboman, saya mau tanya, untuk poin 10, ini tanda harus stop pindahkan tuas saat apa ya?dan kapan (di poin mana) kita harus top up atf dari dipstik agar warna atf yg keluar dr selang sudah merah bening? makasih sebelumnya.
saya pernah pake cara ini dulu pas flush kisul A/T...
yang point no 10...om mesti tau dulu warna atf baru-nya seperti apa..
nah pas lakukan point no 10...itu kan ada atf yang ngalir dari selang (ATF kotor)...pas ATF yang ngalir berubah warna jadi seperti baru...lsg balik ke P & matiin mesin...
siap sudah dipraktekan kemarin om, makasih infonya ya :big_okay:
Herrianto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sun Aug 23, 2020 2:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Herrianto »

hnr92 wrote: Sat Jul 18, 2020 17:00 halo om, salam kenal semua. kebetulan saya pakai xpander matic 2020 yg transmisinya uda ATF-MA1. saya merasa transmisinya stdnya agak kurang bgs atau agak loss tidak seperti honda 5at Jazz/Freed saya sblmnya.

saya mau tanya spesifikasi oli transmisi apa yg bisa sebagai subtitusinya biar lebih baik respon ganti giginya?

thank :big_smile]
Xpander matic masih pakai AT geared 4 speed Oom Hnr92. Karakter 4AT ya begitu deh, rada telmi & rada nanggung buat shifting nya, ngga bisa seresponsif seperti 5AT apalagi 6AT keatas. Gear makin banyak khan makin rapat rasionya, jadinya makin responsif buat shifting nya.

Saya coba pasang external oil cooler buat matic di Xpander saya, lumayan membantu juga buat respon gearbox nya.

Setahu saya sejauh ini ATF yang beredar disini yang compatible dengan Mitsubishi ATF MA1 baru Amsoil Signature Series ATF Fuel Efficient dan Motul ATF VI (dilihat di web nya masing2).
Saya sudah kuras ATF saya dengan Amsoil di 40ribu km, feel nya sih sama2 aja dengan ATF OEM (mungkin saya juga kurang sensitif). Ekspektasinya ATF Amsoil lebih tahan lama daripada ATF Mitsubishi yang sudah mulai terasa kurang enak setelah 30ribuan km. Disamping selisih harganya juga sudah ngga jauh antara ATF MA1 (200ribu / liter) dengan Amsoil SS ATF FE (220ribu / quart).

Regards,
Herrianto.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by sintoni »

Akhirnya tadi pagi kesampaian buat flushing manual ATF Yaris 1NZ ane.

Ini mobil ane beli dari baru awal 2015 sampe sekarang sudah jalan 65rb km belum pernah sama sekali otak atik ATF karena menurut buku manual mobil ini ATF WS bisa tahan sampe 120rb km sebelum flushing.

Menurut ane yang lumayan susah dalam proses flushing manual ini waktu nyabut selang ATF yang tersambung ke oil cooler,

1. Ruang manuver di enjin gay lumayan sempit apalg harus nyopot pake tang.
2. Ada 2 selang yg 1 in yang 1 out tadi sempat salah copot jadi waktu mesin dinyalain lumayan banyak tumpah.

ATF lama yang keluar waktu buka drain plug di pan (pake kunci L) sekitar 3 liter, terus yang keluar dari oil cooler sekitar 3.3 liter.

Ane pake Aisin AFW+ sebagai pengganti ATF ane.

Image

Image

Ini kondisi ATF ane setelah 5,5 tahun 65rb km ga pernah tap / flush, sudah butek banget warnanya.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by adityabp »

sintoni wrote: Wed Sep 16, 2020 3:16 Akhirnya tadi pagi kesampaian buat flushing manual ATF Yaris 1NZ ane.

Ini mobil ane beli dari baru awal 2015 sampe sekarang sudah jalan 65rb km belum pernah sama sekali otak atik ATF karena menurut buku manual mobil ini ATF WS bisa tahan sampe 120rb km sebelum flushing.

Menurut ane yang lumayan susah dalam proses flushing manual ini waktu nyabut selang ATF yang tersambung ke oil cooler,

1. Ruang manuver di enjin gay lumayan sempit apalg harus nyopot pake tang.
2. Ada 2 selang yg 1 in yang 1 out tadi sempat salah copot jadi waktu mesin dinyalain lumayan banyak tumpah.

ATF lama yang keluar waktu buka drain plug di pan (pake kunci L) sekitar 3 liter, terus yang keluar dari oil cooler sekitar 3.3 liter.

Ane pake Aisin AFW+ sebagai pengganti ATF ane.

Image

Image

Ini kondisi ATF ane setelah 5,5 tahun 65rb km ga pernah tap / flush, sudah butek banget warnanya.
Sendirian atau pake asisten Om?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by DOHC »

sintoni wrote: Wed Sep 16, 2020 3:16 Akhirnya tadi pagi kesampaian buat flushing manual ATF Yaris 1NZ ane.

Ini mobil ane beli dari baru awal 2015 sampe sekarang sudah jalan 65rb km belum pernah sama sekali otak atik ATF karena menurut buku manual mobil ini ATF WS bisa tahan sampe 120rb km sebelum flushing.

Menurut ane yang lumayan susah dalam proses flushing manual ini waktu nyabut selang ATF yang tersambung ke oil cooler,

1. Ruang manuver di enjin gay lumayan sempit apalg harus nyopot pake tang.
2. Ada 2 selang yg 1 in yang 1 out tadi sempat salah copot jadi waktu mesin dinyalain lumayan banyak tumpah.

ATF lama yang keluar waktu buka drain plug di pan (pake kunci L) sekitar 3 liter, terus yang keluar dari oil cooler sekitar 3.3 liter.

Ane pake Aisin AFW+ sebagai pengganti ATF ane.

Image

Image

Ini kondisi ATF ane setelah 5,5 tahun 65rb km ga pernah tap / flush, sudah butek banget warnanya.
Buka selang cooler lgs kluar sisa 3.3 liter om , jd total 3 + 3.3 liter = 6.3 liter ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by sintoni »

adityabp wrote: Thu Sep 17, 2020 1:49
Sendirian atau pake asisten Om?
Pake asisten om, aslinya sih bisa aja kalau mau pake selang yang agak panjang jadi tarik selang dari nok deket radiator sampe ke samping pintu driver, jadi bisa liat sendiri pas oli sudah merah jernih.
DOHC wrote: Thu Sep 17, 2020 3:09
Buka selang cooler lgs kluar sisa 3.3 liter om , jd total 3 + 3.3 liter = 6.3 liter ?
Pas buka drain plug keluar 3 liter om, terus yg keluar dari oil cooler sekitar 3,3 liter om jadi bener total 6.3 literan.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by DOHC »

sintoni wrote: Thu Sep 17, 2020 3:23
adityabp wrote: Thu Sep 17, 2020 1:49
Sendirian atau pake asisten Om?
Pake asisten om, aslinya sih bisa aja kalau mau pake selang yang agak panjang jadi tarik selang dari nok deket radiator sampe ke samping pintu driver, jadi bisa liat sendiri pas oli sudah merah jernih.
DOHC wrote: Thu Sep 17, 2020 3:09
Buka selang cooler lgs kluar sisa 3.3 liter om , jd total 3 + 3.3 liter = 6.3 liter ?
Pas buka drain plug keluar 3 liter om, terus yg keluar dari oil cooler sekitar 3,3 liter om jadi bener total 6.3 literan.
Enak ya disain metik 1NZ

Ga perlu gerlong2an.. tinggal buka selang beres
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
fajarap
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue Jul 21, 2020 8:18
Location: Bekasi
Daily Vehicle: YARIS S TRD

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by fajarap »

Halo rekan2 sm,
Saya mau share pengalaman kuras atf di yaris cvt 2017 punya saya pemakaian 3thnan lbh, odo jalan 37k.
Awalnya bingung nyari dimana dan udh ubek2 forum sm cari di wilayah jabodetabek direkomen toda atau cakra, tp berhubung jauh bgt dan harga oliny lmyn mahal, jd ane olinya beli sndiri di tokped dan saya cari bengkel modal google dan cek reviewnya. oiya, Saya pk aisin cvt cfex yg meet sm spek yaris pk toyota fe ssuai buku manual.
Total kurleb 10L pk metode flushing manual. Overall enak bgt perpindahan transmisinya.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by indeskey »

fajarap wrote:Halo rekan2 sm,
Saya mau share pengalaman kuras atf di yaris cvt 2017 punya saya pemakaian 3thnan lbh, odo jalan 37k.
Awalnya bingung nyari dimana dan udh ubek2 forum sm cari di wilayah jabodetabek direkomen toda atau cakra, tp berhubung jauh bgt dan harga oliny lmyn mahal, jd ane olinya beli sndiri di tokped dan saya cari bengkel modal google dan cek reviewnya. oiya, Saya pk aisin cvt cfex yg meet sm spek yaris pk toyota fe ssuai buku manual.
Total kurleb 10L pk metode flushing manual. Overall enak bgt perpindahan transmisinya.
Mantabs om, saya pake juga cfex dan lbh enak dari bawaan.

Yarris bisa ya kuras cvt nya pake metode gerlong? Atau pake mesin.