Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Fearised
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Tue Jun 13, 2017 7:27
Location: Semarang
Daily Vehicle: Wagonr

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Fearised »

sahabatq8 wrote: Mon Jan 03, 2022 10:10
Fearised wrote: Mon Jan 03, 2022 9:31



, opsinya kuras ya gan ,bukan ganti ya? Ini terkadang saat turunan panjang, rem mulai geter gan.utk gejala kanpas rem tipis apakah ini salah satunya jg ? Terimakasih atas pencerahannya
Sebaiknya kuras sih supaya kinerja oli baru maksimal, beda merek juga.
Biasanya kalo rem mulai geter itu artinya kampas rem dan piringan udah mulai gak rata. Ganti kampas rem bisa membantu tapi belom tentu sembuh, bisa jadi rotornya perlu di bubut biar rata, ato ga ya ganti baru.
Makasih ya om infonya
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by jsatriani »

Suryaputra wrote: Sun Dec 19, 2021 9:52
jsatriani wrote: Sun Dec 19, 2021 8:54
Suryaputra wrote: Sat Dec 18, 2021 21:53

Btw brp lama dah gak ganti mbah?

Mau ganti merk atau tetap genuine mazda?
1th om, tahun kmrn baru 1x drain n fill.
Ganti om, sy mau guyur merek lain soale atf mazda overprice skrg ini.
Oh udh rutin ngetap toh.

Ya klo gak ocd bgt, bs refill 1x dgn spec yg sama, trus pakai sambil jalan, 6 bln Kemudian ganti lg, trus 6 bln lg ganti lg.

Selanjutnya interval normal aja pakai merk baru.
Bbrp hr lalu sudah drain om, nurunin pan nya sm filter matic (cuma gak sekalian ganti) biar bsa bersihin kotoran d pan nya. Syukur nya gak banyak endapan kotoran.
Sy pakai sistem sedot dr atas pake pompa galon, dapat tampungan d jerigen 4,3L. Setelah turun pan dan filter total dapet 5L.
Sy isi 4L aja ngepasin garis paling atas dipstick, di pakai jalan dlu 2-3hr kemudian sy sedot lg dapat 3,5L dan sy isi 3L aja ngepasin garis tengah lebar di dipstick tepat di ujung atas garis lebar nya.
So far enak banget, shifting lembut nyaris gak berasa. Kemarin jadi nya make opal dx VI krn head to head cocokin paper nya spec nya paling mirip sm fz.
Namun d workshop manual transmission nya, matic skyactiv (aisin fw6a-el) ini recommended pakai fz tp alternatif nya bsa pake atf toyota ws (asal aseli). Krn sebetul nya menurut info d web luaran sih transmisi SA ini transmisi matic conventional yg d minta secara khusus ke aisin untuk di rubah bbrp part nya sprti ukuran gear nya.
Jadi lock-up clutch nya yg d kembangkan.
Nanti sy update lg om drain n fill selanjut nya sklian sy ganti filter nya, apakah atf uda bener2 bersih atau blm, krn menurut kalkulator atf partial drain itu ane baru tercapai full 100% new fluid itu di interval penggantian ke 5 keatas
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Suryaputra »

jsatriani wrote: Sat Jan 08, 2022 4:50
Suryaputra wrote: Sun Dec 19, 2021 9:52
jsatriani wrote: Sun Dec 19, 2021 8:54

1th om, tahun kmrn baru 1x drain n fill.
Ganti om, sy mau guyur merek lain soale atf mazda overprice skrg ini.
Oh udh rutin ngetap toh.

Ya klo gak ocd bgt, bs refill 1x dgn spec yg sama, trus pakai sambil jalan, 6 bln Kemudian ganti lg, trus 6 bln lg ganti lg.

Selanjutnya interval normal aja pakai merk baru.
Bbrp hr lalu sudah drain om, nurunin pan nya sm filter matic (cuma gak sekalian ganti) biar bsa bersihin kotoran d pan nya. Syukur nya gak banyak endapan kotoran.
Sy pakai sistem sedot dr atas pake pompa galon, dapat tampungan d jerigen 4,3L. Setelah turun pan dan filter total dapet 5L.
Sy isi 4L aja ngepasin garis paling atas dipstick, di pakai jalan dlu 2-3hr kemudian sy sedot lg dapat 3,5L dan sy isi 3L aja ngepasin garis tengah lebar di dipstick tepat di ujung atas garis lebar nya.
So far enak banget, shifting lembut nyaris gak berasa. Kemarin jadi nya make opal dx VI krn head to head cocokin paper nya spec nya paling mirip sm fz.
Namun d workshop manual transmission nya, matic skyactiv (aisin fw6a-el) ini recommended pakai fz tp alternatif nya bsa pake atf toyota ws (asal aseli). Krn sebetul nya menurut info d web luaran sih transmisi SA ini transmisi matic conventional yg d minta secara khusus ke aisin untuk di rubah bbrp part nya sprti ukuran gear nya.
Jadi lock-up clutch nya yg d kembangkan.
Nanti sy update lg om drain n fill selanjut nya sklian sy ganti filter nya, apakah atf uda bener2 bersih atau blm, krn menurut kalkulator atf partial drain itu ane baru tercapai full 100% new fluid itu di interval penggantian ke 5 keatas
Mantull.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Profith83 »

Turboman wrote: Tue May 09, 2017 13:04 as subject

Teknik kuras matic ala Gerlong / manual flushing utk matic dengan dipstick

Alat & Bahan :
- Selang dgn ID 8 mm sepanjang 30 cm
- Corong

Step2-nya :
1. Lepas 2 selang ATF yg menuju ATF cooler di radiator
2. salah 1 nok yg selangnya terlepas, kasih selang kurleb 30 cm (ID 8 mm) dan arahkan ke bawah
3. Arahkan kedua selang yg ujungnya terlepas ke wadah penampungan oli

Proses pengerjaan :
1. Buang ATF yg ada di oil pan matic
2. Ukur volume ATF yg keluar
3. Tutup baut pan
4. Masukkan ATF sesuai volume ATF yg keluar lewat pipa dipstick
5. tarik rem tangan kuat2
6. Suru anak buah jaga di depan mobil utk melihat cairan ATF yg keluar dr salah 1 selang dan beritahu jika ATF yg keluar udah merah bening dia harus teriak / kasih tangan
7. Injak rem
8. Nyalakan mesin
9. Pindah2 kan tuas matic dari P ke L ke P secara bolak balik dan tahan di tiap posisi selama kurleb 1 detik
10. P - L - P terus secara bolak balik sampai anak buah teriak / kasih tanda
11. begitu anak buah kasih tanda segera matikan mesin
12. Ukur volume ATF yg keluar dr selang
13. Masukkan ATF baru lewat pipa dipstick sesuai volume ATF yg keluar dari selang
14. Pasang kembali selang2 ATF seperti semula
15. Hidupkan mesin dan ukur volume ATF dgn dipstick & tambah jika kurang

SELESAI

Catatan :
1. Utk matic dengan tuas + / - maka saat mainkan tuas bisa dengan P - R - N - D - + dgn cetek2 sampe 6X lalu ke - dgn cetek2 sampe 6X lalu balik ke D - N - R - P

di tiap posisi tahan kurleb 1 detik

2. Utk matic tanpa dipstick, jika ada baut pembuangan oli juga bisa lakukan Gerlong, hanya saja isi oli lewat lubang pengisian dan baut cek level ATF dibuka agar kita tahu jika volume ATF dah penuh
Om Turbo, tanya untuk yang nomer 6 itu selang ada 2, satu masuk dan satinya lagi keluar. Yang mana satu om?
Ataukah bisa ke 2 selang diarahkan ke bak penampungan yah?

kalau 2GD buka baut khusus untuk isi ATF, bisa isi dari situ om pakai selang dengan gaya gravitasi saja?