problem karburator

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Re: problem karburator

Post by indy »

username wrote:tolongin dong..
motor saya suzuki cool, karburator Mikuni VM18SS, spuyer standar pilot-jet 22.5 dan main-jet 97.5. Karbu dan filter udara udah dibersihin.
Setelan angin 1.5 putaran, setiap kali mau jalan, lepas kopling dikit, mesin motor seperti mau mati, apalagi kalo 2 putaran harus jaga di rpm tinggi banget. Kalo setelan angin 1 putaran lumayan terobati tapi jalannya motor jadi tersendat-sendat di rpm bawah.
Udah dibawa ke Suzuki Sunter cuma dibersihin karbu aja trus setelan angin dibalikin ke 1.5 putaran lagi :(
Kira-kira kenapa yah? :?
Hal ini terjadi pada saat mesin panas ato dingin. Kalo pada saat dingin (panasnya lama) mendingan biasakan gunakan [cencored] pada saat pagi. Atau dibesarkan pilot-jetnya sehingga campurannya lebih kaya (kalo dilihat dari setelan anginnya yang maunya kecil). Ini normal terjadi, makanya panasin dulu sblm jalan.

Jika pada saat mesin panas masih terjadi lebih baik dicek intake karbu, bukaan katup buluh, celah stoper katup buluh, dan busi yang mau koit.
username
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sat Feb 22, 2003 8:35

Post by username »

mesin panas/dingin sama aja bung indy, [cencored] juga selalu dipake. tapi lebih terasa parahnya kalo lagi jalan malem en mesin blom terlalu panas langsung "cegg.." mati mesinnya gak pake gejala2-an lagi. mana gak ada stater listrik :( engkol lagi... engkol lagi..
ngomong2 soal [cencored], biasanya kalo mesin mau mati melulu pas dijalanan, saya tarik [cencored] 1/2 beres deh. udah jalan kenceng baru lepasin lagi cuknya :lol:
pilot-jet 22.5 termasuk kekecilan apa nggak sih? oh iya, tarikan bawahnya emang agak berat, masuk putaran tengah ke atas baru enak.
bung mickey dan rekan2, kalo bengkel yang bagus dimana ya? yang mekaniknya ramah en nggak sok pinter
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

bUng username kayaknya nggak ngerti kegunaan chooke yah. Saya coba jelasin dikit (kalo ada yang mo nambah silakan). Fungsi choke itu adalah untuk menambah kadar gas lebih banyak ke mesin, ini biasanya kejadian kalo mesin masih dingin, dimana campuran normal bensin dan udara masih sulit terbakar dibandng pada saat panas mesin sudah optimal (ditandai dengan putaran sudah naik dengan sendirinya), biarpun udara dingin kalo mesin udah panas, mesin kagak bakaln mati lagi kecua;i bensin habis atau karbunya kotor.
Makanya biasain panasin motor sebelum jalan sampe kira-kira rpmnya udah normal, selain menjegah mesin batuk, juga mastiin oli udah tersirkulasi dengan baek,
Gitu aja deh :wink:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Mas Hery, choke itu bukan utk menambah campuran bensin ke mesin??? Daku sekedar nanya aja. Soalnya perasaan dari dulu tauknya begituh... Kalu salah benerin ya?
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

fungsi choke adalah pada saat mesin dingin,maka bila choke ditarik dia akan membuat campuran bahan bakar dan udara menjadi kaya ( banyakan bensin dari udara )karena pada saat dingin campuran belum bisa homogen jadinya miskin pada saat dingin , setelah panas choke sebaiknya dilepas karena perbandingan campuran sudah optimal
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Semuanya bener......ada dua cara kerja:

1. Menghambat udaranya, seperti pada Honda Astrea.
2. Memperkaya bahan bakarnya, seperti pada Shogun F1Z Ninja.


Sebenarnya untuk ukuran 110 cc, VM18SS, pilot jet 22,5, main jet 97,5, dengan mesin & knalpot standar ukuran ini normal. Dan melihat angka main jetnya 97,5 setelan ini memang untuk menengah ke atas. Nariknya/buka gasnya cenderung di "urut".

Coba deh, cek lagi lubang pilot jetnya, bersihin & diatur lagi ketinggian pelampungnya. Kalo ngeliat "...biasanya kalo mesin mau mati melulu pas dijalanan, saya tarik [cencored] 1/2 beres deh. udah jalan kenceng baru lepasin lagi cuknya....... " gedein aja pilotnya beres. Jangan lebih dari 5 angka. Karena jika terlalu banyak bahan bakarnya selain boros juga akan lama untuk meraih tenaga puncak.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Ooo... gitu. Jadi tergantung motornya juga ya? Pantesan, koq mas Hery bilangnya utk nambah udara, tapi setau yg daku tau utk nambah bensin. Jadi gitu too.... Thx berat inponya nigh....
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

heheh tapi kalo keserinagn pake choke bensin jadi lebih boros tuh
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R