Dilema buang katalis/catalytic converter

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by Or4cle »

FR6 wrote: Tue Oct 19, 2021 9:15
Duvebriliant0 wrote: Sun Oct 17, 2021 15:49 barusan abis pasang knalpot custom cabut 2 CC sama reson custom + muffler buatan b*di knalpot di altis 2.0, emang enak sih tarikannya berasa enteng tp berisik banget kalo rpm tinggi :mky_01:, kalo misal sy pasang muffler standar bakalan nahan gk ya? atao lebih baik make muffler silent aja kyk buatan ir*ncrafts? mungkin ada saran dari suhu suhu sekalian hehe.. makasih
Mending headernya aja di ganti Om, reson sama Muffler standar udh lumayan cukup kok, suara juga hampir 100% sama.
pengalaman saya di Fiesta 1.4 MT, ganti header paling ngaruh bikin kuat tarikan bawahnya.
Oh iya, enaknya lagi waktu itu ada efek letupan2 macem mini cooper gitu WKWKWKW

Ane koreksi dikit ...
Desain header & collector akan menentukan torsi / power keluar di bawah / atas. Jadi bukan hanya paling ngaruh di tarikan bawah.
Mobil yang ada header lebih fleksibel untuk modifikasi knalpot dlm menyalurkan output power dibanding downpipe tanpa header.
ferrariman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Fri Feb 03, 2017 4:28

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by ferrariman »

FR6 wrote: Tue Oct 19, 2021 9:15
Duvebriliant0 wrote: Sun Oct 17, 2021 15:49 barusan abis pasang knalpot custom cabut 2 CC sama reson custom + muffler buatan b*di knalpot di altis 2.0, emang enak sih tarikannya berasa enteng tp berisik banget kalo rpm tinggi :mky_01:, kalo misal sy pasang muffler standar bakalan nahan gk ya? atao lebih baik make muffler silent aja kyk buatan ir*ncrafts? mungkin ada saran dari suhu suhu sekalian hehe.. makasih
Mending headernya aja di ganti Om, reson sama Muffler standar udh lumayan cukup kok, suara juga hampir 100% sama.
pengalaman saya di Fiesta 1.4 MT, ganti header paling ngaruh bikin kuat tarikan bawahnya.
Oh iya, enaknya lagi waktu itu ada efek letupan2 macem mini cooper gitu WKWKWKW
ferrariman wrote: Tue Oct 19, 2021 3:13 numpang tanya om2, ada rencana untuk ganti exhaust full set dari header ampe belakang, kalo ganti gitu semua suaranya pasti berubah kah? atau masih tetep bisa seperti suara standar? dan juga kalo ganti exhaust ini kalo dipake di tol dengan rpm tinggi sekitar 5000rpm apakah akan jadi overheat?
karena lagi mau nyoba mentokin speedo di tol cipali, tapi belom kesampean, mentoknya di 180 dan rpm udah mau menyentuh 6000 rpm.
mobil keadaan standar, makanya mau iseng nyoba ganti exhaust apakah ada pengaruh atau malah memperpendek umur mesin ya?

saya pengalaman exhaust cuma ganti muffler, belom pernah ganti fullset, itu pun udah merasakan sedikit perbedaan sih. tapi sekarang mau nyoba jadi sleeper aja, tanpa suara tapi bisa ngimbangin dikit di top speednya toh kalo di cipali, masih bisa ngejer lah kalo kecepatan masih di bawah 200 :D

Pasti berubah Om, saya pakai Ir*ncraft fullset bahkan dari 15rb ke 30rb KM gak ada bedanya, cuma berisik banget, jadi reson sama muffler saya standarin di 30rb KM. eh pas di 40rb KM itu jebol flexible nya, jadi lebih berisik juga..
abis itu pake header bawaan tapi catless WKWKWKW

untuk yg saya bold, yes agree enakan silent Om, tapi boleh lah kalo ada budget pasang valvetronic exhaust, biar bisa geber2 sikit :big_grin: :big_grin:
apa tuh valvetronic exhaust om?
berarti kalo mau enak ganti header, pipa, terus resonator minta yang bener2 silent, terus muffler pake standar aja ya jadi suara tetep masih silent ya
HaykelAdityawarman wrote: Wed Oct 20, 2021 0:55
ferrariman wrote: Tue Oct 19, 2021 3:13
dan juga kalo ganti exhaust ini kalo dipake di tol dengan rpm tinggi sekitar 5000rpm apakah akan jadi overheat?

makanya mau iseng nyoba ganti exhaust apakah ada pengaruh atau malah memperpendek umur mesin ya?
Ganti exhaust fullset ga ngaruh ke umur mesin apalagi overheat om selama perhitungan dan masangnya bener, itu balik lagi ke kondisi mesinnya gimana. Di mobil saya udah ganti exhaust fullset dari 2011 masih aman sampe sekarang, mobil dulu saya pake daily pas jaman kuliah.
noted om, mobil dalam keadaan standar dari baru dan kasih lendir yang bagus dengan air radiator prestone
nanti akan dicoba untuk penggantian full set di b*di knalpot deh, dia nawarin 3 jt untuk fullset untuk seekor calya.
b0ku wrote: Wed Oct 20, 2021 1:04
ferrariman wrote: Tue Oct 19, 2021 3:13 numpang tanya om2, ada rencana untuk ganti exhaust full set dari header ampe belakang, kalo ganti gitu semua suaranya pasti berubah kah? atau masih tetep bisa seperti suara standar? dan juga kalo ganti exhaust ini kalo dipake di tol dengan rpm tinggi sekitar 5000rpm apakah akan jadi overheat?
karena lagi mau nyoba mentokin speedo di tol cipali, tapi belom kesampean, mentoknya di 180 dan rpm udah mau menyentuh 6000 rpm.
mobil keadaan standar, makanya mau iseng nyoba ganti exhaust apakah ada pengaruh atau malah memperpendek umur mesin ya?

saya pengalaman exhaust cuma ganti muffler, belom pernah ganti fullset, itu pun udah merasakan sedikit perbedaan sih. tapi sekarang mau nyoba jadi sleeper aja, tanpa suara tapi bisa ngimbangin dikit di top speednya toh kalo di cipali, masih bisa ngejer lah kalo kecepatan masih di bawah 200 :D


ini contoh di ge8 saya semua dah di ganti kecuali mufflernya aja masih std :mky_03:

DP : KANSAI
FP : KANSAI
RESON MATIC : ORD
MUFFLER : STOCK GE8



ini pajero ganti downpipe sama front pipe pake kansai sisanya std :mky_01:

harusnya gak masalah malah yang di pajero saya ganti biar turbonya awet karena kalo ada catalic tiap turbonya spolling catalicnya malah ngehalangin kata orang bikin pilek..........

kalo saya malah lebih ngeri setelan gas yang saya pake di ge8 karena lsg buka gede kek di videonya cuma so far cek temp segala sih normal2x aja :mky_01:
noted om, jadi ada sensasi nembaknya ya pas setelah lepas gas ya.
kalo dulu seneng ma suara bass, sampe bini juga maunya kalo ganti ya pake yang bersuara lagi, cuma karena mobil murah ya tau diri aja, jangan kasih yang bersuara gitu tapi tetep bisa ngimbangin gitu.
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by Duvebriliant0 »

ferrariman wrote: Thu Oct 21, 2021 6:17 apa tuh valvetronic exhaust om?
berarti kalo mau enak ganti header, pipa, terus resonator minta yang bener2 silent, terus muffler pake standar aja ya jadi suara tetep masih silent ya
Jd dia ada katup gitu nanti kalau misal mau silent, katup yg kebuka yang ke muffler, kalo mau brisik katup yang kebuka yang straight / tanpa ngelewatin muffler. Bisa diatur lewat remote biasanya untuk buka tutupnya
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by alexand »

yg copot CC pada lolos uji emisi gak sekarang nih ?
ganti bensin pertabo / pertadex aja bisa lolos kah pas ngetes ?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by b0ku »

alexand wrote: Mon Feb 07, 2022 19:18 yg copot CC pada lolos uji emisi gak sekarang nih ?
ganti bensin pertabo / pertadex aja bisa lolos kah pas ngetes ?
pajero dakar lolos kondisi bensin DEX abis turun mesin full, catalic cabut :mky_01:

jazz ge8 gagal maning kondisi ud +-5th gak di tune up busi umur +-5th, intinya mesin 5th dari 40rb ke 90rb cuma ganti oli doank, kenalpot std sisa muffler doank katalik ud gak ada bensin pertamax turbo, pake setelan gas ecushop level 9, gagal karena angka hidrokarbon ketinggian suspek karena mesinnya kotor atau karena pas di uji emisi pake setelan gas level 9 jd pas tukangnya geber2x banyak bensin gak kebakar lari ke belakang :big_biglaugh:

belom test lagi sih soalnya unggu tune up dulu baru test lagi :big_smile]
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by ctopher7 »

alexand wrote:yg copot CC pada lolos uji emisi gak sekarang nih ?
ganti bensin pertabo / pertadex aja bisa lolos kah pas ngetes ?
lolos, biosolar full + ptt dfc di 2gd iart
kondisi uda remap pula, smokeless sih map nya

exhaust full system, egr tutup by komputer, air filter replacement simota

masih jauh dari batas
pecinta bio solar
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by alexand »

b0ku wrote: Tue Feb 08, 2022 2:25
alexand wrote: Mon Feb 07, 2022 19:18 yg copot CC pada lolos uji emisi gak sekarang nih ?
ganti bensin pertabo / pertadex aja bisa lolos kah pas ngetes ?
pajero dakar lolos kondisi bensin DEX abis turun mesin full, catalic cabut :mky_01:

jazz ge8 gagal maning kondisi ud +-5th gak di tune up busi umur +-5th, intinya mesin 5th dari 40rb ke 90rb cuma ganti oli doank, kenalpot std sisa muffler doank katalik ud gak ada bensin pertamax turbo, pake setelan gas ecushop level 9, gagal karena angka hidrokarbon ketinggian suspek karena mesinnya kotor atau karena pas di uji emisi pake setelan gas level 9 jd pas tukangnya geber2x banyak bensin gak kebakar lari ke belakang :big_biglaugh:

belom test lagi sih soalnya unggu tune up dulu baru test lagi :big_smile]
ctopher7 wrote: Tue Feb 08, 2022 2:44
alexand wrote:yg copot CC pada lolos uji emisi gak sekarang nih ?
ganti bensin pertabo / pertadex aja bisa lolos kah pas ngetes ?
lolos, biosolar full + ptt dfc di 2gd iart
kondisi uda remap pula, smokeless sih map nya

exhaust full system, egr tutup by komputer, air filter replacement simota

masih jauh dari batas
berarti kuncinya di tune up + oli bagus (seger) + kalo bisa sekalian pake racun di BBM = lolos uji emisi walaupun udah copot CC dong :mky_02:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by evanbngdor »

alexand wrote: Tue Feb 08, 2022 9:44
berarti kuncinya di tune up + oli bagus (seger) + kalo bisa sekalian pake racun di BBM = lolos uji emisi walaupun udah copot CC dong :mky_02:
Pengalaman temen2 komunitas sih di innova diesel itu pada pakai dex + aditif aja udah jauh bgt dr batas normal, meskipun udah modif extreme cumi2 darat.

Great corolla tua saya jg lolos2 aja jauh dr ambang batas, padahal oli standar, bensin shell super.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by racho »

apalagi tesnya waktu kondisi idle yak?
kalo kondisi full boost with squid smoke yaaa... kalo lolos berarti uji komisi itumah. wkwkwkw
evanbngdor wrote: Thu Feb 10, 2022 6:47
alexand wrote: Tue Feb 08, 2022 9:44
berarti kuncinya di tune up + oli bagus (seger) + kalo bisa sekalian pake racun di BBM = lolos uji emisi walaupun udah copot CC dong :mky_02:
Pengalaman temen2 komunitas sih di innova diesel itu pada pakai dex + aditif aja udah jauh bgt dr batas normal, meskipun udah modif extreme cumi2 darat.

Great corolla tua saya jg lolos2 aja jauh dr ambang batas, padahal oli standar, bensin shell super.
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by evanbngdor »

racho wrote: Mon Feb 14, 2022 4:49 apalagi tesnya waktu kondisi idle yak?
kalo kondisi full boost with squid smoke yaaa... kalo lolos berarti uji komisi itumah. wkwkwkw
evanbngdor wrote: Thu Feb 10, 2022 6:47
alexand wrote: Tue Feb 08, 2022 9:44
berarti kuncinya di tune up + oli bagus (seger) + kalo bisa sekalian pake racun di BBM = lolos uji emisi walaupun udah copot CC dong :mky_02:
Pengalaman temen2 komunitas sih di innova diesel itu pada pakai dex + aditif aja udah jauh bgt dr batas normal, meskipun udah modif extreme cumi2 darat.

Great corolla tua saya jg lolos2 aja jauh dr ambang batas, padahal oli standar, bensin shell super.
Nah kalo uji emisi nya idle itu yg salah, prosedurnya kan harus suhu kerja mesin normal dan ditahan di 4rb RPM, baru dibaca emisinya.

BTW ngga semua yg modif cumi2 darat itu lolos ya, kebanyakan yg remap itu ngga lolos, kalau pakai dastek, monmax itu lolos semua padahal map yg extreme.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T