Re: Dilema buang katalis/catalytic converter
Posted: Fri Jan 10, 2020 15:30
Jangan dilepas deh kecuali mblnya khusus dipake d sirkuit, kasian org lain d jalan apalagi klo macet
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
nope. catalytic converter itu bikin pernapasan mesin jadi berat, tenaga turun dan efeknya BBM lebih boros.kemuningauto wrote: ↑Fri Jan 10, 2020 13:18 Katalis / Katalik / Catalytic Converter
- BBM lebih hemat karena filterisasi lebih bagus
bener. yang ane maksud "mengurangi polusi CO2" itu memang agak satire karena nambah emisi CO.XtremeCheater wrote: ↑Fri Jan 10, 2020 11:14 Lagi googling buat cari yang pasang cc ke sepeda motor tua malah muncul postingan ini. Buat poin nomor 3 sama 4, justru yang berbahaya itu gas CO nya gan, kalo gas CO itu nempel di paru paru kita jadi racun. Dulu baca di buku kimia jaman SMA. Justru CO2 masuk ke paru-paru kita sekedar lewat doang ga diikat sama darah, yang nempel O2. Kalo O2 deketan sama CO, O2 nya kalah. Intinya CO itu racun.
Ini resonator custom-nya lebih pendek dari resonator orisinal ?Duvebriliant0 wrote: ↑Sun Oct 17, 2021 15:49 barusan abis pasang knalpot custom cabut 2 CC sama reson custom + muffler buatan b*di knalpot di altis 2.0, emang enak sih tarikannya berasa enteng tp berisik banget kalo rpm tinggi , kalo misal sy pasang muffler standar bakalan nahan gk ya? atao lebih baik make muffler silent aja kyk buatan ir*ncrafts? mungkin ada saran dari suhu suhu sekalian hehe.. makasih
suara brisik waktu idle dipengaruhi resonator ya om? pantes udah ganti muffle standar kok pas nyalain di garasi ttp brisiknya serumahOr4cle wrote: ↑Mon Oct 18, 2021 2:25Ini resonator custom-nya lebih pendek dari resonator orisinal ?Duvebriliant0 wrote: ↑Sun Oct 17, 2021 15:49 barusan abis pasang knalpot custom cabut 2 CC sama reson custom + muffler buatan b*di knalpot di altis 2.0, emang enak sih tarikannya berasa enteng tp berisik banget kalo rpm tinggi , kalo misal sy pasang muffler standar bakalan nahan gk ya? atao lebih baik make muffler silent aja kyk buatan ir*ncrafts? mungkin ada saran dari suhu suhu sekalian hehe.. makasih
Coba pasang kembali resonator orisinal atau custom resonatornya dibikin lebih panjang
Muffler memang ikut meredam suara, tapi resonator lah yang paling dominan dalam meredam suara.
panjangnya sama om kurleb, tapi bentuknya lebih ramping dia, klo yg ori lebih gembungOr4cle wrote: ↑Mon Oct 18, 2021 2:25Ini resonator custom-nya lebih pendek dari resonator orisinal ?Duvebriliant0 wrote: ↑Sun Oct 17, 2021 15:49 barusan abis pasang knalpot custom cabut 2 CC sama reson custom + muffler buatan b*di knalpot di altis 2.0, emang enak sih tarikannya berasa enteng tp berisik banget kalo rpm tinggi , kalo misal sy pasang muffler standar bakalan nahan gk ya? atao lebih baik make muffler silent aja kyk buatan ir*ncrafts? mungkin ada saran dari suhu suhu sekalian hehe.. makasih
Coba pasang kembali resonator orisinal atau custom resonatornya dibikin lebih panjang
Muffler memang ikut meredam suara, tapi resonator lah yang paling dominan dalam meredam suara.
dulu sy sempet pake reson ir*ncraft juga yang L tp muffler standar idlenya biasa aja kok om, cuma beda klo abis lepas gas aja ada bunyi kyk "ngooong" gitu. tapi mungkin beda jenis yawhitehorse4 wrote: ↑Mon Oct 18, 2021 3:42suara brisik waktu idle dipengaruhi resonator ya om? pantes udah ganti muffle standar kok pas nyalain di garasi ttp brisiknya serumahOr4cle wrote: ↑Mon Oct 18, 2021 2:25Ini resonator custom-nya lebih pendek dari resonator orisinal ?Duvebriliant0 wrote: ↑Sun Oct 17, 2021 15:49 barusan abis pasang knalpot custom cabut 2 CC sama reson custom + muffler buatan b*di knalpot di altis 2.0, emang enak sih tarikannya berasa enteng tp berisik banget kalo rpm tinggi , kalo misal sy pasang muffler standar bakalan nahan gk ya? atao lebih baik make muffler silent aja kyk buatan ir*ncrafts? mungkin ada saran dari suhu suhu sekalian hehe.. makasih
Coba pasang kembali resonator orisinal atau custom resonatornya dibikin lebih panjang
Muffler memang ikut meredam suara, tapi resonator lah yang paling dominan dalam meredam suara.
dulu civic gw waktu ganti dp doank belum retuning map kalo berenti berasa banget baunya cukup nyengat di garasi skrg abis retuning map jadi ilang, atau minimal gak sekuat dulu deh. kyknya penting juga retuning abis ganti dp-fp ... di beberapa mobil ada yang di fp masih ada O2 sensor juga soalnya. efek bacaan CO2 nya berubah AFRnya juga berubah.
NAH kalo yang GE8 emang bau tapi gak parah2x banget sih mungkin karena bbmnya pertamax turbo malah yang lucu pertama pasang setelan gas mungkin gara2x gasnya kenceng jd keluar serbuk item2x dari kenalpot sampe sekarang parkiran jazz saya masih ada tuh serbuk itemnya di lantai gak di berishin padahal ud saya gesek2x pake kaki jd keliatan gak ad bekas keluar serbuk baru dari mobilChZ wrote: ↑Mon Oct 18, 2021 4:55
dulu civic gw waktu ganti dp doank belum retuning map kalo berenti berasa banget baunya cukup nyengat di garasi skrg abis retuning map jadi ilang, atau minimal gak sekuat dulu deh. kyknya penting juga retuning abis ganti dp-fp ... di beberapa mobil ada yang di fp masih ada O2 sensor juga soalnya. efek bacaan CO2 nya berubah AFRnya juga berubah.
bbm bagus oli bagus dan retuning rasanya ngaruh jg.
d sini regulasi emisi nya masih caur jadi pilihannya antara catted (stock) vs catless downpipe/header. pdhl kalau di jepang buat kompetisi banyak yang ngembangin catted sport downpipe, gw ada liat di ig orang main civic lagi ngembangin juga catted sport downpipe buat L15B7 dan katanya result gak beda jauh sama full catless.
Sama nih mod. Awal tahun 2021 saya remap ulang mobil. Sekarang bau asapnya dan bikin pedas mata & tenggorokannya agak berkurang dibandingkan waktu pakai mapping sebelumnya.ChZ wrote: ↑Mon Oct 18, 2021 4:55dulu civic gw waktu ganti dp doank belum retuning map kalo berenti berasa banget baunya cukup nyengat di garasi skrg abis retuning map jadi ilang, atau minimal gak sekuat dulu deh. kyknya penting juga retuning abis ganti dp-fp ... di beberapa mobil ada yang di fp masih ada O2 sensor juga soalnya. efek bacaan CO2 nya berubah AFRnya juga berubah.
bbm bagus oli bagus dan retuning rasanya ngaruh jg.
d sini regulasi emisi nya masih caur jadi pilihannya antara catted (stock) vs catless downpipe/header. pdhl kalau di jepang buat kompetisi banyak yang ngembangin catted sport downpipe, gw ada liat di ig orang main civic lagi ngembangin juga catted sport downpipe buat L15B7 dan katanya result gak beda jauh sama full catless.
Dengan ukuran panjang sama tapi lebih ramping efeknya aliran gas buang lebih padat, dan suara lebih keras. Untuk di dalkot relatif bisa ditolerir suaranya, tapi kalau di RPM tinggi / tol pasti annoying.Duvebriliant0 wrote: ↑Mon Oct 18, 2021 4:35panjangnya sama om kurleb, tapi bentuknya lebih ramping dia, klo yg ori lebih gembungOr4cle wrote: ↑Mon Oct 18, 2021 2:25Ini resonator custom-nya lebih pendek dari resonator orisinal ?Duvebriliant0 wrote: ↑Sun Oct 17, 2021 15:49 barusan abis pasang knalpot custom cabut 2 CC sama reson custom + muffler buatan b*di knalpot di altis 2.0, emang enak sih tarikannya berasa enteng tp berisik banget kalo rpm tinggi , kalo misal sy pasang muffler standar bakalan nahan gk ya? atao lebih baik make muffler silent aja kyk buatan ir*ncrafts? mungkin ada saran dari suhu suhu sekalian hehe.. makasih
Coba pasang kembali resonator orisinal atau custom resonatornya dibikin lebih panjang
Muffler memang ikut meredam suara, tapi resonator lah yang paling dominan dalam meredam suara.
Sangat pengaruh. Resonator itu tahap awal menyaring suara, setelah itu disaring lagi oleh muffler.whitehorse4 wrote: ↑Mon Oct 18, 2021 3:42suara brisik waktu idle dipengaruhi resonator ya om? pantes udah ganti muffle standar kok pas nyalain di garasi ttp brisiknya serumahOr4cle wrote: ↑Mon Oct 18, 2021 2:25Ini resonator custom-nya lebih pendek dari resonator orisinal ?Duvebriliant0 wrote: ↑Sun Oct 17, 2021 15:49 barusan abis pasang knalpot custom cabut 2 CC sama reson custom + muffler buatan b*di knalpot di altis 2.0, emang enak sih tarikannya berasa enteng tp berisik banget kalo rpm tinggi , kalo misal sy pasang muffler standar bakalan nahan gk ya? atao lebih baik make muffler silent aja kyk buatan ir*ncrafts? mungkin ada saran dari suhu suhu sekalian hehe.. makasih
Coba pasang kembali resonator orisinal atau custom resonatornya dibikin lebih panjang
Muffler memang ikut meredam suara, tapi resonator lah yang paling dominan dalam meredam suara.
i c om... pantas bengkel knalpotnya nyaranin untuk pasang resonator di tempat bekas cc yang dibuang. katanya sekalian biar ada "tendangan baliknya" itu maksudnya apa ya om
Back pressure itu tekanan balik di flow pembuangan, dibutuhkan agar proses pembilasan (scavenging) seimbang. Proses lebih detailnya silahkan pelajarin siklus 4 tak.whitehorse4 wrote: ↑Mon Oct 18, 2021 15:01i c om... pantas bengkel knalpotnya nyaranin untuk pasang resonator di tempat bekas cc yang dibuang. katanya sekalian biar ada "tendangan baliknya" itu maksudnya apa ya om
wah thx infonya oom, sy kira utamanya dari muffler malah. better cari reson yg lebih silent berarti yaaOr4cle wrote: ↑Mon Oct 18, 2021 14:26Dengan ukuran panjang sama tapi lebih ramping efeknya aliran gas buang lebih padat, dan suara lebih keras. Untuk di dalkot relatif bisa ditolerir suaranya, tapi kalau di RPM tinggi / tol pasti annoying.Duvebriliant0 wrote: ↑Mon Oct 18, 2021 4:35panjangnya sama om kurleb, tapi bentuknya lebih ramping dia, klo yg ori lebih gembung
Panjang & diameter resonator cukup signifikan dlm menggeser kurva peak torsi ke atas / bawah.
Mending headernya aja di ganti Om, reson sama Muffler standar udh lumayan cukup kok, suara juga hampir 100% sama.Duvebriliant0 wrote: ↑Sun Oct 17, 2021 15:49 barusan abis pasang knalpot custom cabut 2 CC sama reson custom + muffler buatan b*di knalpot di altis 2.0, emang enak sih tarikannya berasa enteng tp berisik banget kalo rpm tinggi , kalo misal sy pasang muffler standar bakalan nahan gk ya? atao lebih baik make muffler silent aja kyk buatan ir*ncrafts? mungkin ada saran dari suhu suhu sekalian hehe.. makasih
ferrariman wrote: ↑Tue Oct 19, 2021 3:13 numpang tanya om2, ada rencana untuk ganti exhaust full set dari header ampe belakang, kalo ganti gitu semua suaranya pasti berubah kah? atau masih tetep bisa seperti suara standar? dan juga kalo ganti exhaust ini kalo dipake di tol dengan rpm tinggi sekitar 5000rpm apakah akan jadi overheat?
karena lagi mau nyoba mentokin speedo di tol cipali, tapi belom kesampean, mentoknya di 180 dan rpm udah mau menyentuh 6000 rpm.
mobil keadaan standar, makanya mau iseng nyoba ganti exhaust apakah ada pengaruh atau malah memperpendek umur mesin ya?
saya pengalaman exhaust cuma ganti muffler, belom pernah ganti fullset, itu pun udah merasakan sedikit perbedaan sih. tapi sekarang mau nyoba jadi sleeper aja, tanpa suara tapi bisa ngimbangin dikit di top speednya toh kalo di cipali, masih bisa ngejer lah kalo kecepatan masih di bawah 200
memang tadinya niat sy mau ganti header doang om, tp ada tawaran knalpot setengah set b*di knalpot itu dengan harga miring dan bolt on ya langsung saya sikat dulu aja , rencana tadinya mau saya pasang muffler ir*ncraft yg silent itu biar ada kedengeran suara dikiit wkwk. letup2an klo yg lagi hits sekarang "brataktak" yah oom hahahaFR6 wrote: ↑Tue Oct 19, 2021 9:15Mending headernya aja di ganti Om, reson sama Muffler standar udh lumayan cukup kok, suara juga hampir 100% sama.Duvebriliant0 wrote: ↑Sun Oct 17, 2021 15:49 barusan abis pasang knalpot custom cabut 2 CC sama reson custom + muffler buatan b*di knalpot di altis 2.0, emang enak sih tarikannya berasa enteng tp berisik banget kalo rpm tinggi , kalo misal sy pasang muffler standar bakalan nahan gk ya? atao lebih baik make muffler silent aja kyk buatan ir*ncrafts? mungkin ada saran dari suhu suhu sekalian hehe.. makasih
pengalaman saya di Fiesta 1.4 MT, ganti header paling ngaruh bikin kuat tarikan bawahnya.
Oh iya, enaknya lagi waktu itu ada efek letupan2 macem mini cooper gitu WKWKWKW
WKWKW gak sampe braktaktak sih, cuma brepbrepbrep pas di lepas gas, nih videonya:Duvebriliant0 wrote: ↑Tue Oct 19, 2021 10:05memang tadinya niat sy mau ganti header doang om, tp ada tawaran knalpot setengah set b*di knalpot itu dengan harga miring dan bolt on ya langsung saya sikat dulu aja , rencana tadinya mau saya pasang muffler ir*ncraft yg silent itu biar ada kedengeran suara dikiit wkwk. letup2an klo yg lagi hits sekarang "brataktak" yah oom hahahaFR6 wrote: ↑Tue Oct 19, 2021 9:15
Mending headernya aja di ganti Om, reson sama Muffler standar udh lumayan cukup kok, suara juga hampir 100% sama.
pengalaman saya di Fiesta 1.4 MT, ganti header paling ngaruh bikin kuat tarikan bawahnya.
Oh iya, enaknya lagi waktu itu ada efek letupan2 macem mini cooper gitu WKWKWKW
ohhh lebih ke "crackle" ya, next deh sekalian trial n errorFR6 wrote: ↑Tue Oct 19, 2021 10:12WKWKW gak sampe braktaktak sih, cuma brepbrepbrep pas di lepas gas, nih videonya:Duvebriliant0 wrote: ↑Tue Oct 19, 2021 10:05memang tadinya niat sy mau ganti header doang om, tp ada tawaran knalpot setengah set b*di knalpot itu dengan harga miring dan bolt on ya langsung saya sikat dulu aja , rencana tadinya mau saya pasang muffler ir*ncraft yg silent itu biar ada kedengeran suara dikiit wkwk. letup2an klo yg lagi hits sekarang "brataktak" yah oom hahahaFR6 wrote: ↑Tue Oct 19, 2021 9:15
Mending headernya aja di ganti Om, reson sama Muffler standar udh lumayan cukup kok, suara juga hampir 100% sama.
pengalaman saya di Fiesta 1.4 MT, ganti header paling ngaruh bikin kuat tarikan bawahnya.
Oh iya, enaknya lagi waktu itu ada efek letupan2 macem mini cooper gitu WKWKWKW
https://www.dropbox.com/s/icx25z8qnzqhz ... 4.MOV?dl=0
Ganti exhaust fullset ga ngaruh ke umur mesin apalagi overheat om selama perhitungan dan masangnya bener, itu balik lagi ke kondisi mesinnya gimana. Di mobil saya udah ganti exhaust fullset dari 2011 masih aman sampe sekarang, mobil dulu saya pake daily pas jaman kuliah.ferrariman wrote: ↑Tue Oct 19, 2021 3:13
dan juga kalo ganti exhaust ini kalo dipake di tol dengan rpm tinggi sekitar 5000rpm apakah akan jadi overheat?
makanya mau iseng nyoba ganti exhaust apakah ada pengaruh atau malah memperpendek umur mesin ya?
ferrariman wrote: ↑Tue Oct 19, 2021 3:13 numpang tanya om2, ada rencana untuk ganti exhaust full set dari header ampe belakang, kalo ganti gitu semua suaranya pasti berubah kah? atau masih tetep bisa seperti suara standar? dan juga kalo ganti exhaust ini kalo dipake di tol dengan rpm tinggi sekitar 5000rpm apakah akan jadi overheat?
karena lagi mau nyoba mentokin speedo di tol cipali, tapi belom kesampean, mentoknya di 180 dan rpm udah mau menyentuh 6000 rpm.
mobil keadaan standar, makanya mau iseng nyoba ganti exhaust apakah ada pengaruh atau malah memperpendek umur mesin ya?
saya pengalaman exhaust cuma ganti muffler, belom pernah ganti fullset, itu pun udah merasakan sedikit perbedaan sih. tapi sekarang mau nyoba jadi sleeper aja, tanpa suara tapi bisa ngimbangin dikit di top speednya toh kalo di cipali, masih bisa ngejer lah kalo kecepatan masih di bawah 200