Terimakasih om Turboman
Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: 04 Nov 2018, 10:55
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: 25 Aug 2019, 23:41
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Subaru STI
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Turboman wrote: ↑05 Sep 2017, 23:53 [
Pake teknik yg lebih ekonomis dulu deh
Belalai dari air filter box inlet yg di rongga spakbor menuju ke balik grill depan
pake belalai (selang spiral) uk 1,5 - 1,75 inci cukup, beli 2 meter, snorkel di rongga spakbor copot aja.....belalai masukkin ke lubang inlet air filter
pengerjaan cuman lepas penutup rumah roda bagian atas yg dekat bumper......lgs keliatan tu snorkel, lgs puter dan lepas.....en pasang tu belalai, ikat cable ties......
hasil pengukuran ane cruising di tol malam hari, bacaan IAT (Intake air temp) cuman 33 deg C.......mayan......sebelumnya bisa 36 deg C / lebih......wkwkkwkw (pake iTrax)
lower IAT = promotes lower EGT
abakgaek wrote:Sip om turboTurboman wrote: kalo pake RCP aja si boleh pake / boleh engga tu EGT meter
dan tergantung gaya nyetir juga, kalo bejek dalem utk jarak pendek2 aja / hanya utk nyusul doang si EGT gak akan naik tinggi banget........kecuali kalo "maksain speed" yg tinggi (bejek dalem lama) nahh.....baru dah
yg penting jaga kebersihan air filter dan purging rutin tiap 25 - 30 rb km
Purging selalu 20k
Cuci filter udara selalu 5k
Driving style rada galak dikit
Jadi gimana menurut hemat om turbo perlu tidak EGT di aplikasikan di ipah kuli ane dengan gaya nyetir yg udah di jelaskan,kl perlu bisa ane kondisikan buat mecahin celengan
Tempat rekomen buat pasang EGT bandung atau jakarta dan merek sesuai kantong kuli ada saran om turbo?
Sent from my SM-G610F
Sent from my MI NOTE LTE
Om Turboman, mau tanya itu belalai nya.
Di fortuner kan lubangnya ngadep ke samping, ke arah spakbor kanan. Dilepas belalai asli nya, trs ganti belalai yg itu tadi. Masuk nya dari arah spakbor juga tapi diputer ke grill, atau lewat mana? Di foto kurang jelas euy. Ini udh ane lepas, tapi mau muterin ke grill nya yg bingung lewat mana nih.
- theansoracing
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: 10 Jul 2008, 15:30
- Location: Serang
- Daily Vehicle: GUN165R
- Contact:
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
*gelartikerikutnyimak
"BURN RUBBER NOT YOUR SOUL"
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: 19 Oct 2019, 18:50
- Location: Tangerang
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
om mau nanya. ada rekomendasi turbo timer untuk innova 2010 kah?paidjho wrote:Mantabss om Turbo....
Mohon bimbingannya yaa...
1 & 2, setuju buat ngimbangi heat & kerja mesin
3. Fuel cooler.
Mendingan check dulu temp fuel in, fuel return, ambient temp engine bay.
Ideal suhu fuel 40-60 deg celcius.
Terlalu rendah jg gak baik, viscosity drop ujung nya injector clogging.
Temp fuel akan kasih info ke ecu, timing akan di retard atau advance.
Contoh: 2gd aja, yg saya tahu nya itu...
Fuel return 80 deg, fuel in 50-60, ambient temp 60-70 deg.
Masih perlu fuel cooler kah?
Pressure pump, safely naikin 30% doang.
Kalo mau di ganjel2 ya terserah, wong bukan mobil saya....
4. Bisa di check sih, manifold kempot gak pas wot.
Stock bagus buat filtrasi
Aftermarket bagus buat flow.
5. Could not agree more
6. Hot topic nih, egt.
Umumnya egt high saat di set dibawah 14.7.
Tapi banyak cara buat nurunin egt.
Kombinasi input dari EGR & O2 bisa jadi masukan ke ecu, inj qty, timing, n75 bakalan di execute.
Last cycle injection fungsinya menurunkan soot & temperatur.
Tuner ada yg mau buka2 an masalah ini gak?
So, menurut piyiks sih masih controlable yaa...
Masih perlu pasang egt kah?
Pun kalo egt flying high, turbin turbo nya dulu yg jebol.
9. Boost meter, saya pasang tp gak kepake jg...
Ngapain di lihatin boost nya, kalo dah di limit ama ecu.
Dan pake gts kedetect.
Turbo timer, saya malah penting.
Sering on off, parkir, set 2-3 menit dan tinggal pergi.
Tp semua balik ke masing2 sih...
Tujuan modif buat apa, saya sih masih piyiks, daily driven aja...
Drivebility, predictable, linear power dah cukup.
Cmiiw.
sya prnh beli dpt yg 170k tapi gabisa pakai, jika berkenan bagi link produk


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: 19 Oct 2019, 18:50
- Location: Tangerang
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
misi om, mau tanya, kalau pemasangan intercooler om om sekalian pada pake merk ap ya? saya agak bingung antara flex atau yg apexi, secara terpaut harga nya 2jt an setelah daya cross check
tapi ada yang bilang juga kalau pake yang apexi gitu kadang tidak fit dan bisa bikin bunyi bunyi di dalem kabin? apakah benar?
Terima kasih sebelumnya
tapi ada yang bilang juga kalau pake yang apexi gitu kadang tidak fit dan bisa bikin bunyi bunyi di dalem kabin? apakah benar?
Terima kasih sebelumnya
- Turboman
- SM Specialist
- Posts: 21653
- Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
FLEX aja
b00st23 wrote:misi om, mau tanya, kalau pemasangan intercooler om om sekalian pada pake merk ap ya? saya agak bingung antara flex atau yg apexi, secara terpaut harga nya 2jt an setelah daya cross check
tapi ada yang bilang juga kalau pake yang apexi gitu kadang tidak fit dan bisa bikin bunyi bunyi di dalem kabin? apakah benar?
Terima kasih sebelumnya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: 19 Oct 2019, 18:50
- Location: Tangerang
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
oke om turbo mkasih saran nyaTurboman wrote:FLEX ajab00st23 wrote:misi om, mau tanya, kalau pemasangan intercooler om om sekalian pada pake merk ap ya? saya agak bingung antara flex atau yg apexi, secara terpaut harga nya 2jt an setelah daya cross check
tapi ada yang bilang juga kalau pake yang apexi gitu kadang tidak fit dan bisa bikin bunyi bunyi di dalem kabin? apakah benar?
Terima kasih sebelumnya
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: 14 Aug 2019, 15:35
- Location: jakarta utara
- Daily Vehicle: fortuner vrz
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
siang om turbo mau tny, kl egt meter gt beli yg merek taiwan spt vaitrix gt suda cukup ato blom ya ?. soal ny kl mau beli yg autometer harga ny lumayan mahal bisa 3jtan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: 07 Mar 2021, 13:30
- Location: Tangsel
- Daily Vehicle: 2GD Innova
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Ngehidupin lagi trit lama ah.
Para suhu2:
Buat 2GD, sensor EGT nya itu ngebolongin downpipe atau exhaust manifold ya? Soalnya kl liat di Youtube ada yang di exhaust manifold... temen rekomendasi di downpipe. Lebih akurat mana kah?
Para suhu2:
Buat 2GD, sensor EGT nya itu ngebolongin downpipe atau exhaust manifold ya? Soalnya kl liat di Youtube ada yang di exhaust manifold... temen rekomendasi di downpipe. Lebih akurat mana kah?
- Turboman
- SM Specialist
- Posts: 21653
- Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
kalo saya pakai Shadow so far ga ada masalahbagong2gdftv wrote:siang om turbo mau tny, kl egt meter gt beli yg merek taiwan spt vaitrix gt suda cukup ato blom ya ?. soal ny kl mau beli yg autometer harga ny lumayan mahal bisa 3jtan
- Turboman
- SM Specialist
- Posts: 21653
- Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
di Downpipe boleh, lokasi sedekat mungkin dgn Turbocamarokid wrote:Ngehidupin lagi trit lama ah.
Para suhu2:
Buat 2GD, sensor EGT nya itu ngebolongin downpipe atau exhaust manifold ya? Soalnya kl liat di Youtube ada yang di exhaust manifold... temen rekomendasi di downpipe. Lebih akurat mana kah?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: 31 Aug 2013, 11:20
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
suhu suhu
ane ada rencana mau beli KD buat modif
mau bikin 500 HP
tapi liat kbanyakan kok suara mesin yang modifan diatas 300hp itu ky suara pesawat pem bom.di gas ngingggg lepas gas bum bum bum
pusing juga kan ya dlm kabin ganggu kenyamanan
apa memang gitu ya
kira apa yg perlu diperhatikan spy bisa adem
ane ada rencana mau beli KD buat modif
mau bikin 500 HP
tapi liat kbanyakan kok suara mesin yang modifan diatas 300hp itu ky suara pesawat pem bom.di gas ngingggg lepas gas bum bum bum
pusing juga kan ya dlm kabin ganggu kenyamanan
apa memang gitu ya
kira apa yg perlu diperhatikan spy bisa adem
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: 07 Mar 2021, 13:30
- Location: Tangsel
- Daily Vehicle: 2GD Innova
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Noted om.Turboman wrote: ↑07 Apr 2021, 05:03di Downpipe boleh, lokasi sedekat mungkin dgn Turbocamarokid wrote:Ngehidupin lagi trit lama ah.
Para suhu2:
Buat 2GD, sensor EGT nya itu ngebolongin downpipe atau exhaust manifold ya? Soalnya kl liat di Youtube ada yang di exhaust manifold... temen rekomendasi di downpipe. Lebih akurat mana kah?
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: 17 Feb 2022, 12:38
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Innova 2kd matic
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Tanya om turboman,
2kd sy sdh remap+fmic+turbo RHF4 Hybrid
Setelah di remap, upgrade lagi exhaust full system+nozzle
Harusnya perlu di tuning/remap lagi om?
Tks
2kd sy sdh remap+fmic+turbo RHF4 Hybrid
Setelah di remap, upgrade lagi exhaust full system+nozzle
Harusnya perlu di tuning/remap lagi om?
Tks
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 515
- Joined: 11 Jun 2021, 19:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fortuner
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
kykny kalo sampe ganti nozzle perlu di tune ulang deh om, secara kan biasnaya naikin nozzle biar bisa di tune lebih gila lagisashagrey2kd wrote:Tanya om turboman,
2kd sy sdh remap+fmic+turbo RHF4 Hybrid
Setelah di remap, upgrade lagi exhaust full system+nozzle
Harusnya perlu di tuning/remap lagi om?
Tks
kalo exhaust kykny ecu nya bisa learning sndiri