Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

obelix85
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Jul 19, 2016 1:30

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by obelix85 »

Permisi newbie mau nanya nih om turbo. Kalo misal sy mau remap, itu file asli ecu nya kita yg pegang atau tuner? Krn kalo sewaktu2 mobil mau dijual biar bisa di standarin lagi. Kalo pake unichip gitu kan tinggal dilepas sudah balik standar lagi...

Sent from my SM-G610F

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

obelix85 wrote:Permisi newbie mau nanya nih om turbo. Kalo misal sy mau remap, itu file asli ecu nya kita yg pegang atau tuner? Krn kalo sewaktu2 mobil mau dijual biar bisa di standarin lagi. Kalo pake unichip gitu kan tinggal dilepas sudah balik standar lagi...

Sent from my SM-G610F
Bisa kita simpan

minta aja ke tuner-nya, trus simpan di USB / SDC

benar sekali ini, kita harus simpan file asli program ECU mobil kita utk suatu hari mobil mau dijual dibalikkin std

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

ongisnade wrote:Kalau misalnya jalan ditol kecepatan sama 150 km/jam antara mobil standard dan mobil modif EGT nya tinggi yang mana ya. Berdasarkan pengalaman saya mobil yang dimodif lebih irit artinya jumlah bbm yg dibakar lebih sedikit dibanding yang standard. Gaya mengemudi sama biasa tidak bejek-bejek.

Standard : 1 liter untuk 14 km (MID)
Modif : 1 liter untuk 18 km (MID)

Ini pengamatan di VNT sebelum dan sesudah modif.
EGT korelasi thd jumlah BBM yg dibakar = Benar

Tapi gak berarti kons BBM lebih sedikit utk 1 rute perjalanan lalu pasti gak akan terjadi EGT peak.......EGT lewat 650 deg C bisa aja terjadi jika bejek dalam terus2 an di tol (maksain speed yg tinggi)

kalau utk overall trip krn power lebih gede lalu cuman toel2 gas aja ya mmg EGT bisa lebih rendah drpd nyetir dgn tekan gas dalam2 sepanjang perjalanan

paling benar ya mmg diukur pake alat ukurnya instead of "kira kira" aja




walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by walid_007 »

Pak mo tanya klo 2gd dah remap an oli mesin nya pake nomer brp ya? Saat ini pake 15w40 disel cap toyota

2. Klo oli better pake oli full syn tp 10.000 km se kali ganti apa oli semi syn tp 5000 km ganti?
engine roaring!
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

Sharing dikit dr pengalaman experiment tune Diesel di masa lalu

Dalam meningkatkan jumlah Fuel supply dalam proses pembakaran (injection stroke) pada dasarnya ada 2 metoda

1. Mainkan Fuel Pressure (Common Rail Pressure / FRP)

2. Mainkan Injection pulse (durasi bukaan Nozzle)

Jika kawan2 ingin sekedar light tune saja either dgn Piggy / Re-Map, saya vote metoda nomor 1 sebab :
- Pengabutan akan lebih baik
- EGT naiknya gak extreme
- Tarikan awal lebih baik (umumnya)

Pengabutan lebih baik krn pressure FRP naik, jika nyetir toel2 gas maka kons BBM jadi lebih hemat

Hanya saja jika tune main FRP aja (utk mesin Nozzle std), kenaikan hp gak bisa tinggi2

Kalo metoda nomor 2 biasa digunakan bagi yg ingin naik Power lebih lanjut, jika kenaikan FRP udah mentok

Hanya saja resikonya :
- Cumi2 pekat
- EGT naeknya bisa cepet & bisa extreme

Jaman dahulu ane pernah percobaan di Dastek + iDrive, setting FRP dibuat std semua dan mainkan pulse aja dr iDrive

Guess what ?

pas ane narik selepas lampu merah, itu jarum EGT meter naeknya balapan ama speedometer........Njirrrrrrr.........

trus besok2 nya balik ke bengkel utk ubah setiingan, angka FRP di gain lagi dan Inj pulse dikurangin

wakakakkakaa

User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by b8099ok »

Nah itu krn gak mainkan inj latency dan qty,... Bedanya cukup jauh dalam methode perubahan settingan mesin. More parameter means more control.
Dl dosen ane bilang, computer is your bi*ch, you tell it what to do.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
slowipah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by slowipah »

Turboman wrote: Sat Aug 26, 2017 13:47 Btw adakah rekan2 di SM yg tertarik mengamati berbagai parameter kerja mesin selama berkendara ?

Memang hal2 spt gak semua orang tertarik thd hal2 spt ini, tetapi dengan adanya alat2 ukur maka kita dapat menyimpulkan akan suatu "experiment" dgn data2 yg jelas (angka2)......bukan sekedar rasanya rasanya

Di Ipah lama saya dulu, my monitoring tools

- OBD2 reader - iTrax
- EGT meter - Shadow
- Boost meter - Auto meter
- Oil Temp gauge - Shadow

Banyak hal2 menarik yg saya temukan dari adanya meter2 tsb, hal2 yg tidak saya duga2 sebelum pasang meter2 tsb

meter saya itu belum seberapa, ada kawan yg di 2KD nya pasang :
- Wideband lambda sensor
- EGT meter @manifold Turbo & downpipe (pake 2)
- Boost meter

Dia bisa tahu fluktuasi AFR saat berkendara

Zaman dulu ada kawan pake Panther LS MT - Turbo kit dr TurboOne (Garret) + FMIC

meter di mobilnya :
- EGT
- Boost
- Intake air Temp meter before & after FMIC (pake 2)

Seru jika kita ngobrol2 & bahas ttg percobaan ini itu, karena adanya data angka2 (bukan rasanya rasanya)

Well .....ini hanya utk hobbyist aja yah.......

barangkali kawan2 ada yg sealiran juga, mengamati dgn detail parameter kerja mesin / transmisi ? ......sekiranya boleh sharing2 juga pengamatan anda sejauh ini dan hal2 menarik apa yg anda temukan

Salam sharing
Ad pake monster gauge di 2kd gnki dastekan. Cm g mudeng buat apa & sehrsnya brapa. Taunya cm ECT, IAT. Bacaan yg laen MAF, MAP, CRP, TBP, BARO ga ngerti gmn hrsnya. Kl EGR ud di tutup itu bacaan EGR hrsnya 0 ato ad angkanya ya? Ini kdg2 ada angkanya , tp seringnya 0.
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by ongisnade »

Turboman wrote: Sun Aug 27, 2017 3:49
ongisnade wrote:Kalau misalnya jalan ditol kecepatan sama 150 km/jam antara mobil standard dan mobil modif EGT nya tinggi yang mana ya. Berdasarkan pengalaman saya mobil yang dimodif lebih irit artinya jumlah bbm yg dibakar lebih sedikit dibanding yang standard. Gaya mengemudi sama biasa tidak bejek-bejek.

Standard : 1 liter untuk 14 km (MID)
Modif : 1 liter untuk 18 km (MID)

Ini pengamatan di VNT sebelum dan sesudah modif.
EGT korelasi thd jumlah BBM yg dibakar = Benar

Tapi gak berarti kons BBM lebih sedikit utk 1 rute perjalanan lalu pasti gak akan terjadi EGT peak.......EGT lewat 650 deg C bisa aja terjadi jika bejek dalam terus2 an di tol (maksain speed yg tinggi)

kalau utk overall trip krn power lebih gede lalu cuman toel2 gas aja ya mmg EGT bisa lebih rendah drpd nyetir dgn tekan gas dalam2 sepanjang perjalanan

paling benar ya mmg diukur pake alat ukurnya instead of "kira kira" aja
OK berarti modif justru lebih efisien, EGT lebih rendah dari standard selama digunakan harian gas normal tidak dibejek-bejek.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

ongisnade wrote:
Turboman wrote: Sun Aug 27, 2017 3:49
ongisnade wrote:Kalau misalnya jalan ditol kecepatan sama 150 km/jam antara mobil standard dan mobil modif EGT nya tinggi yang mana ya. Berdasarkan pengalaman saya mobil yang dimodif lebih irit artinya jumlah bbm yg dibakar lebih sedikit dibanding yang standard. Gaya mengemudi sama biasa tidak bejek-bejek.

Standard : 1 liter untuk 14 km (MID)
Modif : 1 liter untuk 18 km (MID)

Ini pengamatan di VNT sebelum dan sesudah modif.
EGT korelasi thd jumlah BBM yg dibakar = Benar

Tapi gak berarti kons BBM lebih sedikit utk 1 rute perjalanan lalu pasti gak akan terjadi EGT peak.......EGT lewat 650 deg C bisa aja terjadi jika bejek dalam terus2 an di tol (maksain speed yg tinggi)

kalau utk overall trip krn power lebih gede lalu cuman toel2 gas aja ya mmg EGT bisa lebih rendah drpd nyetir dgn tekan gas dalam2 sepanjang perjalanan

paling benar ya mmg diukur pake alat ukurnya instead of "kira kira" aja
OK berarti modif justru lebih efisien, EGT lebih rendah dari standard selama digunakan harian gas normal tidak dibejek-bejek.
Pengertian modif itu sgt luas om

bagaimana soal permainan FRP dan Injection pulse

Belom aspek2 lain lagi

Kalo secara umum, "meningkatkan" FRP (sedikit) membuat pembakaran lebih efisien itu ada benarnya

Kalau EGT nanti kembali ke driving style.....

Cheers
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

b8099ok wrote:Nah itu krn gak mainkan inj latency dan qty,... Bedanya cukup jauh dalam methode perubahan settingan mesin. More parameter means more control.
Dl dosen ane bilang, computer is your bi*ch, you tell it what to do.
Nah ini menarik neh

Nanti kalo EGT meter udah terpasang di mobil ane dan kalo jadi beli AFR meter.....mau remap....pengen tahu variasi2 permainan parameter 'beyond piggyback" dan resultnya gimana
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

slowipah wrote:
Turboman wrote: Sat Aug 26, 2017 13:47 Btw adakah rekan2 di SM yg tertarik mengamati berbagai parameter kerja mesin selama berkendara ?

Memang hal2 spt gak semua orang tertarik thd hal2 spt ini, tetapi dengan adanya alat2 ukur maka kita dapat menyimpulkan akan suatu "experiment" dgn data2 yg jelas (angka2)......bukan sekedar rasanya rasanya

Di Ipah lama saya dulu, my monitoring tools

- OBD2 reader - iTrax
- EGT meter - Shadow
- Boost meter - Auto meter
- Oil Temp gauge - Shadow

Banyak hal2 menarik yg saya temukan dari adanya meter2 tsb, hal2 yg tidak saya duga2 sebelum pasang meter2 tsb

meter saya itu belum seberapa, ada kawan yg di 2KD nya pasang :
- Wideband lambda sensor
- EGT meter @manifold Turbo & downpipe (pake 2)
- Boost meter

Dia bisa tahu fluktuasi AFR saat berkendara

Zaman dulu ada kawan pake Panther LS MT - Turbo kit dr TurboOne (Garret) + FMIC

meter di mobilnya :
- EGT
- Boost
- Intake air Temp meter before & after FMIC (pake 2)

Seru jika kita ngobrol2 & bahas ttg percobaan ini itu, karena adanya data angka2 (bukan rasanya rasanya)

Well .....ini hanya utk hobbyist aja yah.......

barangkali kawan2 ada yg sealiran juga, mengamati dgn detail parameter kerja mesin / transmisi ? ......sekiranya boleh sharing2 juga pengamatan anda sejauh ini dan hal2 menarik apa yg anda temukan

Salam sharing
Ad pake monster gauge di 2kd gnki dastekan. Cm g mudeng buat apa & sehrsnya brapa. Taunya cm ECT, IAT. Bacaan yg laen MAF, MAP, CRP, TBP, BARO ga ngerti gmn hrsnya. Kl EGR ud di tutup itu bacaan EGR hrsnya 0 ato ad angkanya ya? Ini kdg2 ada angkanya , tp seringnya 0.
MonGauge mirip spt iTrax = OBD2 reader

Kalo utk experiment pada intake, ane sih liat data IAT......misal bikin belalai dr balik Grill ke saluran intake air filter......IAT scr rata2 bisa lebih rendah utk kondisi2 yg sama

EGR kalo cuman ditutup pake pelat aja sih angka2 tetap maen........cuman ya jadi boongan aja krn gak berfungsi.....wkwkkwkwk

Kalo ditutup dari Re-Map kurang paham apa tetep 0 or gimana
nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by nimoo »

Om mau tanya, kalo diesel standar no remap/piggy tapi naik fmic apa ada kenaikan tenaga ?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by billyd1773dz »

nimoo wrote: Sun Aug 27, 2017 15:29 Om mau tanya, kalo diesel standar no remap/piggy tapi naik fmic apa ada kenaikan tenaga ?
Ipaj sya sempet no.piggy, tp fmic n dp terpasang.... Imho lumayan ada pengaruh lebih baik dr ipah polos, meski tdk signifikan atleast dibanding remap or proper piggy

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by nimoo »

billyd1773dz wrote: Sun Aug 27, 2017 16:36
nimoo wrote: Sun Aug 27, 2017 15:29 Om mau tanya, kalo diesel standar no remap/piggy tapi naik fmic apa ada kenaikan tenaga ?
Ipaj sya sempet no.piggy, tp fmic n dp terpasang.... Imho lumayan ada pengaruh lebih baik dr ipah polos, meski tdk signifikan atleast dibanding remap or proper piggy

:beer:
kira2 down cost buat naik fmic+piping berapa ya om bil ? apakah worth ? :big_blushing:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by ginting »

nimoo wrote: Sun Aug 27, 2017 23:54
billyd1773dz wrote: Sun Aug 27, 2017 16:36
nimoo wrote: Sun Aug 27, 2017 15:29 Om mau tanya, kalo diesel standar no remap/piggy tapi naik fmic apa ada kenaikan tenaga ?
Ipaj sya sempet no.piggy, tp fmic n dp terpasang.... Imho lumayan ada pengaruh lebih baik dr ipah polos, meski tdk signifikan atleast dibanding remap or proper piggy

:beer:
kira2 down cost buat naik fmic+piping berapa ya om bil ? apakah worth ? :big_blushing:
kalo hitungannya satuan rupiah, brp duit yg bisa dihemat, kayaknya gak wirth it, oom..
toh ujung2nya pingin nyalib mobil lain juga...

tapi minimal dgn performa yg naik, tapi FC tetap sama dgn sebelumnya juga sudah syukur..
FC itu kan karena faktor mobil dan kaki kanan :mky_07: :mky_07: :mky_07:
Wongsuroboyo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Tue May 10, 2016 6:45

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Wongsuroboyo »

Om ada recomen remap ecu buat 2kd dono di surabaya? Adakah resiko kerusakan ecu yg di remap? Trims infonya om.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

Wongsuroboyo wrote:Om ada recomen remap ecu buat 2kd dono di surabaya? Adakah resiko kerusakan ecu yg di remap? Trims infonya om.
Utk wilayah Sby coba ke Dewata Motor
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by vipere »

waduh ..mobil standard juga perlu EGT meter ya..soalnya ane suka bejek2 mulu kalo di tol.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

vipere wrote:waduh ..mobil standard juga perlu EGT meter ya..soalnya ane suka bejek2 mulu kalo di tol.
kalo std sih gak perlu om

Asal :
- Air filter selalu bersih
- Purging tiap 20 - 25 rb km sekali

AFR TurboDiesel kondisi std biasa sekitar 1:20 - 22

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by billyd1773dz »

nimoo wrote: Sun Aug 27, 2017 23:54
billyd1773dz wrote: Sun Aug 27, 2017 16:36
nimoo wrote: Sun Aug 27, 2017 15:29 Om mau tanya, kalo diesel standar no remap/piggy tapi naik fmic apa ada kenaikan tenaga ?
Ipaj sya sempet no.piggy, tp fmic n dp terpasang.... Imho lumayan ada pengaruh lebih baik dr ipah polos, meski tdk signifikan atleast dibanding remap or proper piggy

:beer:
kira2 down cost buat naik fmic+piping berapa ya om bil ? apakah worth ? :big_blushing:
langsung remap atau piggy aja om..... gain nya lebih besar.

hitung2an jaman dulu, piggy/remap biasanya di 150-170hp, klw fmic+piggy/remap aman sampai 210hp
ntah skrng bagaimana. piggyny unichip ya, kelas racehip/powerplug dll sie lupain aja.

tp inget boost hrs naik.... klw 2KD non vnt masi wastegate mekanis, remap hrs pke external boostcontrol/ganjel wastegate dan ini fix., klw piggy(unichip) dgn module boost solenoidny bisa control wastegate lebih presisi sambil ngikutin parameter mesin lain

klw yg vnt, piggy n remap uda bisa atur via ecu

fmic di bukalapak banyak 4-6jt an yg direct fit ke ipah

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

Khusus Bagi rekan2 yg udah pengen naek tenaga lebih dan lebih lagi :

Jika dgn piggy / remap dirasa masi kurang (Mobil dah ada Intercooler)

Maka next step adalah = ganti Turbo yg kapasitas flow udara lebih besar

Sesuai prinsip datangnya tenaga pada mesin Diesel = Fuel + Oxygen

Dengan Turbo lebih besar, memompa udara lebih banyak, maka jumlah Oxygen yg masuk ke ruang bakar akan lebih banyak, means more power

More Oxygen also promotes lower EGT

Tinggal nanti setting max boost mengikuti kaidah "Compressor Map" saja

Contoh :
IHI RHF4 std D-Max 3000 cc di 2KD boost max ideal 1,6 bar

Salam Power

User avatar
Nainggolan21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
Location: Bekasi, Jawa Barat
Daily Vehicle: Satria FU

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Nainggolan21 »

Turboman wrote: Tue Aug 29, 2017 2:08 Khusus Bagi rekan2 yg udah pengen naek tenaga lebih dan lebih lagi :

Jika dgn piggy / remap dirasa masi kurang (Mobil dah ada Intercooler)

Maka next step adalah = ganti Turbo yg kapasitas flow udara lebih besar

Sesuai prinsip datangnya tenaga pada mesin Diesel = Fuel + Oxygen

Dengan Turbo lebih besar, memompa udara lebih banyak, maka jumlah Oxygen yg masuk ke ruang bakar akan lebih banyak, means more power

More Oxygen also promotes lower EGT

Tinggal nanti setting max boost mengikuti kaidah "Compressor Map" saja

Contoh :
IHI RHF4 std D-Max 3000 cc di 2KD boost max ideal 1,6 bar

Salam Power
Nice inpo om Turbo, BTW kalo Mesin 2KD ganti Turbo pakai 1KD itu signifikan gak Om efeknya???
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

Nainggolan21 wrote:
Turboman wrote: Tue Aug 29, 2017 2:08 Khusus Bagi rekan2 yg udah pengen naek tenaga lebih dan lebih lagi :

Jika dgn piggy / remap dirasa masi kurang (Mobil dah ada Intercooler)

Maka next step adalah = ganti Turbo yg kapasitas flow udara lebih besar

Sesuai prinsip datangnya tenaga pada mesin Diesel = Fuel + Oxygen

Dengan Turbo lebih besar, memompa udara lebih banyak, maka jumlah Oxygen yg masuk ke ruang bakar akan lebih banyak, means more power

More Oxygen also promotes lower EGT

Tinggal nanti setting max boost mengikuti kaidah "Compressor Map" saja

Contoh :
IHI RHF4 std D-Max 3000 cc di 2KD boost max ideal 1,6 bar

Salam Power
Nice inpo om Turbo, BTW kalo Mesin 2KD ganti Turbo pakai 1KD itu signifikan gak Om efeknya???
Turbo 1KD itu VNT

Kalo 2KD non VNT byk pilihan aftermarket.......dr RHF4 sampe F55V

Kalo 2KD VNT jika mau upgrade Turbo, jika ingin VNT juga bisa pake buatan G-Turbo (Australia)
sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by sapifr22 »

Om Turbo,
Kalau tujuan remap untuk irit bbm, layakkah ?
2GD, jalan minimum 3000 km per bulan, pakai biosolar + racun.
Lalu lintas padat, jadi tidak bisa bejek juga.
Driving style santai, hanya sesekali aja kalau lagi boring injak gas agak dalam.

Terima kasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

sapifr22 wrote:Om Turbo,
Kalau tujuan remap untuk irit bbm, layakkah ?
2GD, jalan minimum 3000 km per bulan, pakai biosolar + racun.
Lalu lintas padat, jadi tidak bisa bejek juga.
Driving style santai, hanya sesekali aja kalau lagi boring injak gas agak dalam.

Terima kasih
Utk kejar irit BBM :

oli mesin udah pake 5W30 HDEO ?

Kalo lagi macet, setiap berhenti pindahkan tuas ke N ?

Ban uk std ?