Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

okcakep
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 04 Nov 2018, 10:55

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by okcakep »

Turboman wrote: 26 Jul 2019, 22:25
okcakep wrote:Wah kok ga dilanjut....
Lanjut ah

Om Turbo,
Mau tanya om, kalau untuk replace turbo 2GD, yg paling plek plek selain 1GD apa ya om ?

Suwun om
skg ini yg banyak dipake sih RHF4

kit intake / donpep & adapter exhaust nya lengkap
Terimakasih om Turboman
BoostedDaddy
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 25 Aug 2019, 23:41
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Subaru STI

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by BoostedDaddy »

Turboman wrote: 05 Sep 2017, 23:53 [

Pake teknik yg lebih ekonomis dulu deh

Belalai dari air filter box inlet yg di rongga spakbor menuju ke balik grill depan

pake belalai (selang spiral) uk 1,5 - 1,75 inci cukup, beli 2 meter, snorkel di rongga spakbor copot aja.....belalai masukkin ke lubang inlet air filter

pengerjaan cuman lepas penutup rumah roda bagian atas yg dekat bumper......lgs keliatan tu snorkel, lgs puter dan lepas.....en pasang tu belalai, ikat cable ties......

hasil pengukuran ane cruising di tol malam hari, bacaan IAT (Intake air temp) cuman 33 deg C.......mayan......sebelumnya bisa 36 deg C / lebih......wkwkkwkw (pake iTrax)

lower IAT = promotes lower EGT

Image

abakgaek wrote:
Turboman wrote: kalo pake RCP aja si boleh pake / boleh engga tu EGT meter

dan tergantung gaya nyetir juga, kalo bejek dalem utk jarak pendek2 aja / hanya utk nyusul doang si EGT gak akan naik tinggi banget........kecuali kalo "maksain speed" yg tinggi (bejek dalem lama) nahh.....baru dah

yg penting jaga kebersihan air filter dan purging rutin tiap 25 - 30 rb km
Sip om turboImage
Purging selalu 20k
Cuci filter udara selalu 5k
Driving style rada galak dikit
Jadi gimana menurut hemat om turbo perlu tidak EGT di aplikasikan di ipah kuli ane dengan gaya nyetir yg udah di jelaskan,kl perlu bisa ane kondisikan buat mecahin celenganImage

Tempat rekomen buat pasang EGT bandung atau jakarta dan merek sesuai kantong kuli ada saran om turbo?Image

Sent from my SM-G610F

Sent from my MI NOTE LTE

Om Turboman, mau tanya itu belalai nya.
Di fortuner kan lubangnya ngadep ke samping, ke arah spakbor kanan. Dilepas belalai asli nya, trs ganti belalai yg itu tadi. Masuk nya dari arah spakbor juga tapi diputer ke grill, atau lewat mana? Di foto kurang jelas euy. Ini udh ane lepas, tapi mau muterin ke grill nya yg bingung lewat mana nih.
User avatar
theansoracing
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: 10 Jul 2008, 15:30
Location: Serang
Daily Vehicle: GUN165R
Contact:

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by theansoracing »

*gelartikerikutnyimak
"BURN RUBBER NOT YOUR SOUL"
b00st23
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: 19 Oct 2019, 18:50
Location: Tangerang

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by b00st23 »

paidjho wrote:Mantabss om Turbo....

Mohon bimbingannya yaa...

1 & 2, setuju buat ngimbangi heat & kerja mesin

3. Fuel cooler.
Mendingan check dulu temp fuel in, fuel return, ambient temp engine bay.
Ideal suhu fuel 40-60 deg celcius.
Terlalu rendah jg gak baik, viscosity drop ujung nya injector clogging.

Temp fuel akan kasih info ke ecu, timing akan di retard atau advance.

Contoh: 2gd aja, yg saya tahu nya itu...
Fuel return 80 deg, fuel in 50-60, ambient temp 60-70 deg.
Masih perlu fuel cooler kah?

Pressure pump, safely naikin 30% doang.
Kalo mau di ganjel2 ya terserah, wong bukan mobil saya....

4. Bisa di check sih, manifold kempot gak pas wot.
Stock bagus buat filtrasi
Aftermarket bagus buat flow.

5. Could not agree more

6. Hot topic nih, egt.

Umumnya egt high saat di set dibawah 14.7.
Tapi banyak cara buat nurunin egt.
Kombinasi input dari EGR & O2 bisa jadi masukan ke ecu, inj qty, timing, n75 bakalan di execute.
Last cycle injection fungsinya menurunkan soot & temperatur.
Tuner ada yg mau buka2 an masalah ini gak?

So, menurut piyiks sih masih controlable yaa...
Masih perlu pasang egt kah?

Pun kalo egt flying high, turbin turbo nya dulu yg jebol.

9. Boost meter, saya pasang tp gak kepake jg...
Ngapain di lihatin boost nya, kalo dah di limit ama ecu.
Dan pake gts kedetect.


Turbo timer, saya malah penting.
Sering on off, parkir, set 2-3 menit dan tinggal pergi.

Tp semua balik ke masing2 sih...

Tujuan modif buat apa, saya sih masih piyiks, daily driven aja...
Drivebility, predictable, linear power dah cukup.

Cmiiw.
om mau nanya. ada rekomendasi turbo timer untuk innova 2010 kah?
sya prnh beli dpt yg 170k tapi gabisa pakai, jika berkenan bagi link produk ImageImage
b00st23
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: 19 Oct 2019, 18:50
Location: Tangerang

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by b00st23 »

misi om, mau tanya, kalau pemasangan intercooler om om sekalian pada pake merk ap ya? saya agak bingung antara flex atau yg apexi, secara terpaut harga nya 2jt an setelah daya cross check

tapi ada yang bilang juga kalau pake yang apexi gitu kadang tidak fit dan bisa bikin bunyi bunyi di dalem kabin? apakah benar?

Terima kasih sebelumnya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21647
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

FLEX aja
b00st23 wrote:misi om, mau tanya, kalau pemasangan intercooler om om sekalian pada pake merk ap ya? saya agak bingung antara flex atau yg apexi, secara terpaut harga nya 2jt an setelah daya cross check

tapi ada yang bilang juga kalau pake yang apexi gitu kadang tidak fit dan bisa bikin bunyi bunyi di dalem kabin? apakah benar?

Terima kasih sebelumnya
b00st23
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: 19 Oct 2019, 18:50
Location: Tangerang

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by b00st23 »

Turboman wrote:FLEX aja
b00st23 wrote:misi om, mau tanya, kalau pemasangan intercooler om om sekalian pada pake merk ap ya? saya agak bingung antara flex atau yg apexi, secara terpaut harga nya 2jt an setelah daya cross check

tapi ada yang bilang juga kalau pake yang apexi gitu kadang tidak fit dan bisa bikin bunyi bunyi di dalem kabin? apakah benar?

Terima kasih sebelumnya
oke om turbo mkasih saran nya
bagong2gdftv
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 14 Aug 2019, 15:35
Location: jakarta utara
Daily Vehicle: fortuner vrz

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by bagong2gdftv »

siang om turbo mau tny, kl egt meter gt beli yg merek taiwan spt vaitrix gt suda cukup ato blom ya ?. soal ny kl mau beli yg autometer harga ny lumayan mahal bisa 3jtan
camarokid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 07 Mar 2021, 13:30
Location: Tangsel
Daily Vehicle: 2GD Innova

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by camarokid »

Ngehidupin lagi trit lama ah.


Para suhu2:

Buat 2GD, sensor EGT nya itu ngebolongin downpipe atau exhaust manifold ya? Soalnya kl liat di Youtube ada yang di exhaust manifold... temen rekomendasi di downpipe. Lebih akurat mana kah?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21647
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

bagong2gdftv wrote:siang om turbo mau tny, kl egt meter gt beli yg merek taiwan spt vaitrix gt suda cukup ato blom ya ?. soal ny kl mau beli yg autometer harga ny lumayan mahal bisa 3jtan
kalo saya pakai Shadow so far ga ada masalah
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21647
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

camarokid wrote:Ngehidupin lagi trit lama ah.


Para suhu2:

Buat 2GD, sensor EGT nya itu ngebolongin downpipe atau exhaust manifold ya? Soalnya kl liat di Youtube ada yang di exhaust manifold... temen rekomendasi di downpipe. Lebih akurat mana kah?
di Downpipe boleh, lokasi sedekat mungkin dgn Turbo

vanosz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by vanosz »

suhu suhu


ane ada rencana mau beli KD buat modif

mau bikin 500 HP

tapi liat kbanyakan kok suara mesin yang modifan diatas 300hp itu ky suara pesawat pem bom.di gas ngingggg lepas gas bum bum bum

pusing juga kan ya dlm kabin ganggu kenyamanan


apa memang gitu ya

kira apa yg perlu diperhatikan spy bisa adem
camarokid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 07 Mar 2021, 13:30
Location: Tangsel
Daily Vehicle: 2GD Innova

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by camarokid »

Turboman wrote: 07 Apr 2021, 05:03
camarokid wrote:Ngehidupin lagi trit lama ah.


Para suhu2:

Buat 2GD, sensor EGT nya itu ngebolongin downpipe atau exhaust manifold ya? Soalnya kl liat di Youtube ada yang di exhaust manifold... temen rekomendasi di downpipe. Lebih akurat mana kah?
di Downpipe boleh, lokasi sedekat mungkin dgn Turbo
Noted om.
sashagrey2kd
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 17 Feb 2022, 12:38
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Innova 2kd matic

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by sashagrey2kd »

Tanya om turboman,
2kd sy sdh remap+fmic+turbo RHF4 Hybrid

Setelah di remap, upgrade lagi exhaust full system+nozzle
Harusnya perlu di tuning/remap lagi om?

Tks
ctopher7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by ctopher7 »

sashagrey2kd wrote:Tanya om turboman,
2kd sy sdh remap+fmic+turbo RHF4 Hybrid

Setelah di remap, upgrade lagi exhaust full system+nozzle
Harusnya perlu di tuning/remap lagi om?

Tks
kykny kalo sampe ganti nozzle perlu di tune ulang deh om, secara kan biasnaya naikin nozzle biar bisa di tune lebih gila lagi

kalo exhaust kykny ecu nya bisa learning sndiri
Post Reply