Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

obelix85
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 19 Jul 2016, 08:30

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by obelix85 »

Turboman wrote:
obelix85 wrote:Kalo remap itu, berpengaruh ke asap jadi hitam gak yah kalo digas? Krn kalo standar kan minim asapnya. Itu yg jadi pertimbangan sy knp masih ragu untuk remap. Mohon penjelasan om turbo...

Sent from my SM-G610F
Tergantung setting AFR sih intinya

Bilang aja ke tuner-nya, gak mau jadi cumi2......power naik sedang2 aja gak pa pa

Kalo Tuner nya insist harus cumi2 ya cari tuner lain aja......wkwkwkkwkw
Justru itu om turbo, sekarang krn banyaknya tuner yg bisa remap jadi bingung sendiri hehehe,,,karena remap ini kan akan dipakai jangka panjang takutnya kalo salah tuner malah jadi zonk Image

Kalo boleh sy di pm om turbo tuner2 rekomendasi nya...

Sent from my SM-G610F

efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by efact »

:wkkk: disel asap ga hitam pekat mah ga kenceng ah..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: 29 Dec 2015, 01:55
Location: JakartaBarat

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by armann »

obelix85 wrote: ↑25 Aug 2017, 10:33
Turboman wrote:
obelix85 wrote:Kalo remap itu, berpengaruh ke asap jadi hitam gak yah kalo digas? Krn kalo standar kan minim asapnya. Itu yg jadi pertimbangan sy knp masih ragu untuk remap. Mohon penjelasan om turbo...

Sent from my SM-G610F
Tergantung setting AFR sih intinya

Bilang aja ke tuner-nya, gak mau jadi cumi2......power naik sedang2 aja gak pa pa

Kalo Tuner nya insist harus cumi2 ya cari tuner lain aja......wkwkwkkwkw
Justru itu om turbo, sekarang krn banyaknya tuner yg bisa remap jadi bingung sendiri hehehe,,,karena remap ini kan akan dipakai jangka panjang takutnya kalo salah tuner malah jadi zonk Image

Kalo boleh sy di pm om turbo tuner2 rekomendasi nya...

Sent from my SM-G610F
kalo di jkt sih rev recommended, ga bermaksud promosi, ngeshare aja
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: 11 Jul 2017, 00:09

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Vicvic »

Om turbo kalo remap ecu kena biayanya berapa ya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21652
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

obelix85 wrote:
Turboman wrote:
obelix85 wrote:Kalo remap itu, berpengaruh ke asap jadi hitam gak yah kalo digas? Krn kalo standar kan minim asapnya. Itu yg jadi pertimbangan sy knp masih ragu untuk remap. Mohon penjelasan om turbo...

Sent from my SM-G610F
Tergantung setting AFR sih intinya

Bilang aja ke tuner-nya, gak mau jadi cumi2......power naik sedang2 aja gak pa pa

Kalo Tuner nya insist harus cumi2 ya cari tuner lain aja......wkwkwkkwkw
Justru itu om turbo, sekarang krn banyaknya tuner yg bisa remap jadi bingung sendiri hehehe,,,karena remap ini kan akan dipakai jangka panjang takutnya kalo salah tuner malah jadi zonk Image

Kalo boleh sy di pm om turbo tuner2 rekomendasi nya...

Sent from my SM-G610F
Nah bagus ini

saya appreciate cust spt anda yg teliti

Okeh kalo begitu
- Cari tuner yg kooperatif yg bisa akomodir kemauan anda

- Kalo gak mau cumi AFR di titik paling rich set jangan di bawah 1:17 .....atau 1:18 lebih baik (perhatikan juga timing injeksi-nya)

- Saat tune / after remap lakukan Dyno run dgn bantuan wide band lambda sensor dan EGT reader.....biasa kalo di Dastek tuner dulu pada pake Zeitronix (colok sensor di ujung knalpot)

Dyno run......liat data AFR nya jadi 1 banding berapa

Lalu utk mengoptimalkan performa, jalur exhaust dan intake di optimalkan

free flow air filter.......jika ujung intake air filter box mengarah ke rongga spakbor, maka bikin belalai dr balik grill ke rongga spakbor.....to provide more air.....means more oxygen

Diesel itu simple aja.....Fuel & oxygen......more oxygen = more power (& promotes lower EGT)

Di 2KD lama saya dulu saya bikin belalai dr balik grill ke saluran intake air filter box......emang ada efeknya thd IAT (Intake Air Temp ) & EGT lebih lambat naiknya.....tarikan lebih responsip




Thonkpey
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 09 Nov 2016, 07:18

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Thonkpey »

Terima kasih infonya gan πŸ–’mau coba di praktekan ah satu2...
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 900
Joined: 31 Oct 2012, 10:49

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Rakean »

ngalih wrote: ↑25 Aug 2017, 08:14 Sharing sedikit pengalaman saya sebagai supir tp ndak paham mesin di ketiga mobil diesel orisinil dan modif:
1. Isuzu trooper 85 orisinil tanpa modif.
Sangat lemot di tanjakan. Sering overheat jd berhenti2. Sering didorong karena starter bermasalah. Mungkin karena saya ndak bisa rawatnya. Mesin standar ya rasanya biasa aja.
2. Toyota Innova 2012 AT modif piggyback.
Super kencang... banget. Pipa2 tambahan pernah lepas karena medan pegunungan sawah jalanannya rusak jadi ngempos. Sekitar 2th jebol mesin retak halus. Mungkin karena keasyikan injek pedal gas. Diperbaiki masih garansi terus dijual.
3. Toyota Fortuner 2008 MT modif remap.
Lumayan kencang. Tanpa modifikasi pipa tambahan seperti piggyback yg ganti intercooler dst. Modifikasi baru beberapa bulan. Ndak ada masalah dan cukup puas.

Untuk saya yang hanya bisanya make mobil tanpa ngerti mesin, remap sudah cukup untuk naikin performa. Saya ikutin om Turboman upgrade oli dan racun solar karena pemakaian biosolar sehari2, weekend baru tambah dex/shell 100-200rb aja. Saat ini belum pasang meter2an. Mungkin nanti. Pemakaian juga kecepatan standar, hanya injek gas dalam kalau pas diperlukan untuk nyalip aja. Ndak berani lg kenceng2an kayak dulu, sekarang lebih menikmati jalan. Tp kadang gatel jg klo ketemu bis malam ugal2an... oops
Lho, konon katanya 2KD itu mesin badak dan kuat? :big_think:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - Present)
ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4192
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by ginting »

Rakean wrote: ↑25 Aug 2017, 11:21
ngalih wrote: ↑25 Aug 2017, 08:14 Sharing sedikit pengalaman saya sebagai supir tp ndak paham mesin di ketiga mobil diesel orisinil dan modif:
1. Isuzu trooper 85 orisinil tanpa modif.
Sangat lemot di tanjakan. Sering overheat jd berhenti2. Sering didorong karena starter bermasalah. Mungkin karena saya ndak bisa rawatnya. Mesin standar ya rasanya biasa aja.
2. Toyota Innova 2012 AT modif piggyback.
Super kencang... banget. Pipa2 tambahan pernah lepas karena medan pegunungan sawah jalanannya rusak jadi ngempos. Sekitar 2th jebol mesin retak halus. Mungkin karena keasyikan injek pedal gas. Diperbaiki masih garansi terus dijual.
3. Toyota Fortuner 2008 MT modif remap.
Lumayan kencang. Tanpa modifikasi pipa tambahan seperti piggyback yg ganti intercooler dst. Modifikasi baru beberapa bulan. Ndak ada masalah dan cukup puas.

Untuk saya yang hanya bisanya make mobil tanpa ngerti mesin, remap sudah cukup untuk naikin performa. Saya ikutin om Turboman upgrade oli dan racun solar karena pemakaian biosolar sehari2, weekend baru tambah dex/shell 100-200rb aja. Saat ini belum pasang meter2an. Mungkin nanti. Pemakaian juga kecepatan standar, hanya injek gas dalam kalau pas diperlukan untuk nyalip aja. Ndak berani lg kenceng2an kayak dulu, sekarang lebih menikmati jalan. Tp kadang gatel jg klo ketemu bis malam ugal2an... oops
Lho, konon katanya 2KD itu mesin badak dan kuat? :big_think:
kalau kencang banget tapi minim maintenance, gak ngecek kleman masih kenceng atau enggak.....ddddhuuuarrrr.....klontang..klontang....
lepas selang turbo yg metalnya...
User avatar
2KD4D56
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 06 Jul 2017, 15:33
Location: semarang
Daily Vehicle: pajero

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by 2KD4D56 »

Rakean wrote: ↑25 Aug 2017, 11:21
ngalih wrote: ↑25 Aug 2017, 08:14 Sharing sedikit pengalaman saya sebagai supir tp ndak paham mesin di ketiga mobil diesel orisinil dan modif:
1. Isuzu trooper 85 orisinil tanpa modif.
Sangat lemot di tanjakan. Sering overheat jd berhenti2. Sering didorong karena starter bermasalah. Mungkin karena saya ndak bisa rawatnya. Mesin standar ya rasanya biasa aja.
2. Toyota Innova 2012 AT modif piggyback.
Super kencang... banget. Pipa2 tambahan pernah lepas karena medan pegunungan sawah jalanannya rusak jadi ngempos. Sekitar 2th jebol mesin retak halus. Mungkin karena keasyikan injek pedal gas. Diperbaiki masih garansi terus dijual.
3. Toyota Fortuner 2008 MT modif remap.
Lumayan kencang. Tanpa modifikasi pipa tambahan seperti piggyback yg ganti intercooler dst. Modifikasi baru beberapa bulan. Ndak ada masalah dan cukup puas.

Untuk saya yang hanya bisanya make mobil tanpa ngerti mesin, remap sudah cukup untuk naikin performa. Saya ikutin om Turboman upgrade oli dan racun solar karena pemakaian biosolar sehari2, weekend baru tambah dex/shell 100-200rb aja. Saat ini belum pasang meter2an. Mungkin nanti. Pemakaian juga kecepatan standar, hanya injek gas dalam kalau pas diperlukan untuk nyalip aja. Ndak berani lg kenceng2an kayak dulu, sekarang lebih menikmati jalan. Tp kadang gatel jg klo ketemu bis malam ugal2an... oops
Lho, konon katanya 2KD itu mesin badak dan kuat? :big_think:
Bukan konon sih, 2KD emg badak, sy beli ex rental KM 300rb jg masih sehat mesinnya.
Mgkn yg bikin retak krn udh di piggyback dan bejeknya keterlaluan tanpa tambahan meter dan cooler. Jd panas mesin berlebihan.
ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4192
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by ginting »

2KD4D56 wrote:
Rakean wrote: ↑25 Aug 2017, 11:21
ngalih wrote: ↑25 Aug 2017, 08:14 Sharing sedikit pengalaman saya sebagai supir tp ndak paham mesin di ketiga mobil diesel orisinil dan modif:
1. Isuzu trooper 85 orisinil tanpa modif.
Sangat lemot di tanjakan. Sering overheat jd berhenti2. Sering didorong karena starter bermasalah. Mungkin karena saya ndak bisa rawatnya. Mesin standar ya rasanya biasa aja.
2. Toyota Innova 2012 AT modif piggyback.
Super kencang... banget. Pipa2 tambahan pernah lepas karena medan pegunungan sawah jalanannya rusak jadi ngempos. Sekitar 2th jebol mesin retak halus. Mungkin karena keasyikan injek pedal gas. Diperbaiki masih garansi terus dijual.
3. Toyota Fortuner 2008 MT modif remap.
Lumayan kencang. Tanpa modifikasi pipa tambahan seperti piggyback yg ganti intercooler dst. Modifikasi baru beberapa bulan. Ndak ada masalah dan cukup puas.

Untuk saya yang hanya bisanya make mobil tanpa ngerti mesin, remap sudah cukup untuk naikin performa. Saya ikutin om Turboman upgrade oli dan racun solar karena pemakaian biosolar sehari2, weekend baru tambah dex/shell 100-200rb aja. Saat ini belum pasang meter2an. Mungkin nanti. Pemakaian juga kecepatan standar, hanya injek gas dalam kalau pas diperlukan untuk nyalip aja. Ndak berani lg kenceng2an kayak dulu, sekarang lebih menikmati jalan. Tp kadang gatel jg klo ketemu bis malam ugal2an... oops
Lho, konon katanya 2KD itu mesin badak dan kuat? :big_think:
Bukan konon sih, 2KD emg badak, sy beli ex rental KM 300rb jg masih sehat mesinnya.
Mgkn yg bikin retak krn udh di piggyback dan bejeknya keterlaluan tanpa tambahan meter dan cooler. Jd panas mesin berlebihan.
betul...

defini kuat itu bukanlah bisa diperlakukan seenaknya..abused..

tapi dgn maintenance std std saja, itu mobil sehat senantiasa buat kerja..



Sent from my Redmi Note 4X

ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: 25 Jan 2017, 07:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by ngalih »

Rakean wrote: ↑25 Aug 2017, 11:21
ngalih wrote: ↑25 Aug 2017, 08:14 Sharing sedikit pengalaman saya sebagai supir tp ndak paham mesin di ketiga mobil diesel orisinil dan modif:
1. Isuzu trooper 85 orisinil tanpa modif.
Sangat lemot di tanjakan. Sering overheat jd berhenti2. Sering didorong karena starter bermasalah. Mungkin karena saya ndak bisa rawatnya. Mesin standar ya rasanya biasa aja.
2. Toyota Innova 2012 AT modif piggyback.
Super kencang... banget. Pipa2 tambahan pernah lepas karena medan pegunungan sawah jalanannya rusak jadi ngempos. Sekitar 2th jebol mesin retak halus. Mungkin karena keasyikan injek pedal gas. Diperbaiki masih garansi terus dijual.
3. Toyota Fortuner 2008 MT modif remap.
Lumayan kencang. Tanpa modifikasi pipa tambahan seperti piggyback yg ganti intercooler dst. Modifikasi baru beberapa bulan. Ndak ada masalah dan cukup puas.

Untuk saya yang hanya bisanya make mobil tanpa ngerti mesin, remap sudah cukup untuk naikin performa. Saya ikutin om Turboman upgrade oli dan racun solar karena pemakaian biosolar sehari2, weekend baru tambah dex/shell 100-200rb aja. Saat ini belum pasang meter2an. Mungkin nanti. Pemakaian juga kecepatan standar, hanya injek gas dalam kalau pas diperlukan untuk nyalip aja. Ndak berani lg kenceng2an kayak dulu, sekarang lebih menikmati jalan. Tp kadang gatel jg klo ketemu bis malam ugal2an... oops
Lho, konon katanya 2KD itu mesin badak dan kuat? :big_think:
Mesin retak halus karena kebiasaan bejek gas dalam itu perkiraan saya aja om... klo kata bengkelnya cacat bawaan. Entahlah...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21652
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

ngalih wrote:
Rakean wrote: ↑25 Aug 2017, 11:21
ngalih wrote: ↑25 Aug 2017, 08:14 Sharing sedikit pengalaman saya sebagai supir tp ndak paham mesin di ketiga mobil diesel orisinil dan modif:
1. Isuzu trooper 85 orisinil tanpa modif.
Sangat lemot di tanjakan. Sering overheat jd berhenti2. Sering didorong karena starter bermasalah. Mungkin karena saya ndak bisa rawatnya. Mesin standar ya rasanya biasa aja.
2. Toyota Innova 2012 AT modif piggyback.
Super kencang... banget. Pipa2 tambahan pernah lepas karena medan pegunungan sawah jalanannya rusak jadi ngempos. Sekitar 2th jebol mesin retak halus. Mungkin karena keasyikan injek pedal gas. Diperbaiki masih garansi terus dijual.
3. Toyota Fortuner 2008 MT modif remap.
Lumayan kencang. Tanpa modifikasi pipa tambahan seperti piggyback yg ganti intercooler dst. Modifikasi baru beberapa bulan. Ndak ada masalah dan cukup puas.

Untuk saya yang hanya bisanya make mobil tanpa ngerti mesin, remap sudah cukup untuk naikin performa. Saya ikutin om Turboman upgrade oli dan racun solar karena pemakaian biosolar sehari2, weekend baru tambah dex/shell 100-200rb aja. Saat ini belum pasang meter2an. Mungkin nanti. Pemakaian juga kecepatan standar, hanya injek gas dalam kalau pas diperlukan untuk nyalip aja. Ndak berani lg kenceng2an kayak dulu, sekarang lebih menikmati jalan. Tp kadang gatel jg klo ketemu bis malam ugal2an... oops
Lho, konon katanya 2KD itu mesin badak dan kuat? :big_think:
Mesin retak halus karena kebiasaan bejek gas dalam itu perkiraan saya aja om... klo kata bengkelnya cacat bawaan. Entahlah...
Kemuningkan besar ya "terpanggang" EGT tinggi dlm jangka panjang......atau mungkin timing injeksi ada dimajukan ?

ada pernah pake NOS gak ?

Btw di 2KD non VNT kalo mau kejar power gede dengan aman si ya ganti Turbo yg flow lebih gede kayak RHF4 + FMIC.......set boost max 1,6 bar (sampe 1,8 lah mentok) ........AFR set 1:19 jika kaki sangat bengis (AFR agak rich 1:16 saat RPM rendah aja utk bantu start gesit).....bantu juga pake EBC

Turbo higher flow......AFR 1:19......aman si.....pedal to metal aman.........mapping dengan Re-Map jadi lebih optinal hasilnya


ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: 25 Jan 2017, 07:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by ngalih »

Turboman wrote: ↑25 Aug 2017, 22:49
ngalih wrote:
Rakean wrote: ↑25 Aug 2017, 11:21

Lho, konon katanya 2KD itu mesin badak dan kuat? :big_think:
Mesin retak halus karena kebiasaan bejek gas dalam itu perkiraan saya aja om... klo kata bengkelnya cacat bawaan. Entahlah...
Kemuningkan besar ya "terpanggang" EGT tinggi dlm jangka panjang......atau mungkin timing injeksi ada dimajukan ?

ada pernah pake NOS gak ?

Btw di 2KD non VNT kalo mau kejar power gede dengan aman si ya ganti Turbo yg flow lebih gede kayak RHF4 + FMIC.......set boost max 1,6 bar (sampe 1,8 lah mentok) ........AFR set 1:19 jika kaki sangat bengis (AFR agak rich 1:16 saat RPM rendah aja utk bantu start gesit).....bantu juga pake EBC

Turbo higher flow......AFR 1:19......aman si.....pedal to metal aman.........mapping dengan Re-Map jadi lebih optinal hasilnya
Kayaknya tanpa NOS.. yg kayak di pilm2 kan. Maklum pengetahuan aksesoris mobil minim.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21652
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

Btw adakah rekan2 di SM yg tertarik mengamati berbagai parameter kerja mesin selama berkendara ?

Memang hal2 spt gak semua orang tertarik thd hal2 spt ini, tetapi dengan adanya alat2 ukur maka kita dapat menyimpulkan akan suatu "experiment" dgn data2 yg jelas (angka2)......bukan sekedar rasanya rasanya

Di Ipah lama saya dulu, my monitoring tools

- OBD2 reader - iTrax
- EGT meter - Shadow
- Boost meter - Auto meter
- Oil Temp gauge - Shadow

Banyak hal2 menarik yg saya temukan dari adanya meter2 tsb, hal2 yg tidak saya duga2 sebelum pasang meter2 tsb

meter saya itu belum seberapa, ada kawan yg di 2KD nya pasang :
- Wideband lambda sensor
- EGT meter @manifold Turbo & downpipe (pake 2)
- Boost meter

Dia bisa tahu fluktuasi AFR saat berkendara

Zaman dulu ada kawan pake Panther LS MT - Turbo kit dr TurboOne (Garret) + FMIC

meter di mobilnya :
- EGT
- Boost
- Intake air Temp meter before & after FMIC (pake 2)

Seru jika kita ngobrol2 & bahas ttg percobaan ini itu, karena adanya data angka2 (bukan rasanya rasanya)

Well .....ini hanya utk hobbyist aja yah.......

barangkali kawan2 ada yg sealiran juga, mengamati dgn detail parameter kerja mesin / transmisi ? ......sekiranya boleh sharing2 juga pengamatan anda sejauh ini dan hal2 menarik apa yg anda temukan

Salam sharing
User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by b8099ok »

Use techstream, almost all parameter can be read. Also can simulate several useful features also for testing.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
ahmad88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: 02 Aug 2009, 02:38

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by ahmad88 »

b8099ok wrote: ↑26 Aug 2017, 21:15 Use techstream, almost all parameter can be read. Also can simulate several useful features also for testing.
klo untuk mistubishi/anps pake tools apa? techstream kan toyota??
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21652
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

ahmad88 wrote:
b8099ok wrote: ↑26 Aug 2017, 21:15 Use techstream, almost all parameter can be read. Also can simulate several useful features also for testing.
klo untuk mistubishi/anps pake tools apa? techstream kan toyota??
kalo CAN BUS si sebetulnya banyak pilihan

ScanGauge dll

CMIIW
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1168
Joined: 05 Jan 2016, 07:58
Location: Jakarta

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by paidjho »

r12qiSonH4ji wrote:
paidjho wrote: ↑25 Aug 2017, 08:41 Mantabss om Turbo....

Mohon bimbingannya yaa...

1 & 2, setuju buat ngimbangi heat & kerja mesin

3. Fuel cooler.
Mendingan check dulu temp fuel in, fuel return, ambient temp engine bay.
Ideal suhu fuel 40-60 deg celcius.
Terlalu rendah jg gak baik, viscosity drop ujung nya injector clogging.

Temp fuel akan kasih info ke ecu, timing akan di retard atau advance.

Contoh: 2gd aja, yg saya tahu nya itu...
Fuel return 80 deg, fuel in 50-60, ambient temp 60-70 deg.
Masih perlu fuel cooler kah?

Pressure pump, safely naikin 30% doang.
Kalo mau di ganjel2 ya terserah, wong bukan mobil saya....

4. Bisa di check sih, manifold kempot gak pas wot.
Stock bagus buat filtrasi
Aftermarket bagus buat flow.

5. Could not agree more

6. Hot topic nih, egt.

Umumnya egt high saat di set dibawah 14.7.
Tapi banyak cara buat nurunin egt.
Kombinasi input dari EGR & O2 bisa jadi masukan ke ecu, inj qty, timing, n75 bakalan di execute.
Last cycle injection fungsinya menurunkan soot & temperatur.
Tuner ada yg mau buka2 an masalah ini gak?

So, menurut piyiks sih masih controlable yaa...
Masih perlu pasang egt kah?

Pun kalo egt flying high, turbin turbo nya dulu yg jebol.

9. Boost meter, saya pasang tp gak kepake jg...
Ngapain di lihatin boost nya, kalo dah di limit ama ecu.
Dan pake gts kedetect.


Turbo timer, saya malah penting.
Sering on off, parkir, set 2-3 menit dan tinggal pergi.

Tp semua balik ke masing2 sih...

Tujuan modif buat apa, saya sih masih piyiks, daily driven aja...
Drivebility, predictable, linear power dah cukup.

Cmiiw.
sangat cerdas sekali apa yg ditulis om Paidjho diatas, ane jd bingung mau ngebahas apa. Ternyata sdh dipaparkan dengan sangat jelas oleh pemilik anki 2gd yg sdh remap ini. :big_exellent:
Cuman nyubie Om, sblm nya ama bengkel kondang:
Afr di set 12, kayak pesawat terbang aja...
pressure pump brapa gak jelas, gak di kasih tahu...

Pengalaman temen, Wastegate ganjel mur tebel asal dpt boost gedhe...

Mobil saya bukan buat balap & dyno bragging, tp ngukur jalan... Jd sayanya aja yg kurang cocok...

Tp yaa resiko modif, mau aman ya standard aja, tp ya gitu deh...
User avatar
r12qiSonH4ji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: 17 Jul 2014, 12:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by r12qiSonH4ji »

Turboman wrote: ↑26 Aug 2017, 20:47 Btw adakah rekan2 di SM yg tertarik mengamati berbagai parameter kerja mesin selama berkendara ?

Memang hal2 spt gak semua orang tertarik thd hal2 spt ini, tetapi dengan adanya alat2 ukur maka kita dapat menyimpulkan akan suatu "experiment" dgn data2 yg jelas (angka2)......bukan sekedar rasanya rasanya

Di Ipah lama saya dulu, my monitoring tools

- OBD2 reader - iTrax
- EGT meter - Shadow
- Boost meter - Auto meter
- Oil Temp gauge - Shadow

Banyak hal2 menarik yg saya temukan dari adanya meter2 tsb, hal2 yg tidak saya duga2 sebelum pasang meter2 tsb

meter saya itu belum seberapa, ada kawan yg di 2KD nya pasang :
- Wideband lambda sensor
- EGT meter @manifold Turbo & downpipe (pake 2)
- Boost meter

Dia bisa tahu fluktuasi AFR saat berkendara

Zaman dulu ada kawan pake Panther LS MT - Turbo kit dr TurboOne (Garret) + FMIC

meter di mobilnya :
- EGT
- Boost
- Intake air Temp meter before & after FMIC (pake 2)

Seru jika kita ngobrol2 & bahas ttg percobaan ini itu, karena adanya data angka2 (bukan rasanya rasanya)

Well .....ini hanya utk hobbyist aja yah.......

barangkali kawan2 ada yg sealiran juga, mengamati dgn detail parameter kerja mesin / transmisi ? ......sekiranya boleh sharing2 juga pengamatan anda sejauh ini dan hal2 menarik apa yg anda temukan

Salam sharing
iya sh, memang klo ane sukanya pake perasaan. Perasaan aja yg enak, gak ada angkanya.

Klo misalkan gtu, kapan2 ikut kopdar SM dong om Turbo, jadi bisa ngobrolin angka2 yg macam newbie kyk ane gak tau. Jadi buat nambah pengetahuan

Apalagi klo om Turbo ikut roadtrip, ane kira banyak yg mendambakan om Turbo ikut roadtrip.

:big_childish:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1255
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by mr_mytplx »

Turboman wrote: ↑25 Aug 2017, 10:58
obelix85 wrote:
Turboman wrote: Tergantung setting AFR sih intinya

Bilang aja ke tuner-nya, gak mau jadi cumi2......power naik sedang2 aja gak pa pa

Kalo Tuner nya insist harus cumi2 ya cari tuner lain aja......wkwkwkkwkw
Justru itu om turbo, sekarang krn banyaknya tuner yg bisa remap jadi bingung sendiri hehehe,,,karena remap ini kan akan dipakai jangka panjang takutnya kalo salah tuner malah jadi zonk Image

Kalo boleh sy di pm om turbo tuner2 rekomendasi nya...

Sent from my SM-G610F
Nah bagus ini

saya appreciate cust spt anda yg teliti

Okeh kalo begitu
- Cari tuner yg kooperatif yg bisa akomodir kemauan anda

- Kalo gak mau cumi AFR di titik paling rich set jangan di bawah 1:17 .....atau 1:18 lebih baik (perhatikan juga timing injeksi-nya)

- Saat tune / after remap lakukan Dyno run dgn bantuan wide band lambda sensor dan EGT reader.....biasa kalo di Dastek tuner dulu pada pake Zeitronix (colok sensor di ujung knalpot)

Dyno run......liat data AFR nya jadi 1 banding berapa

Lalu utk mengoptimalkan performa, jalur exhaust dan intake di optimalkan

free flow air filter.......jika ujung intake air filter box mengarah ke rongga spakbor, maka bikin belalai dr balik grill ke rongga spakbor.....to provide more air.....means more oxygen

Diesel itu simple aja.....Fuel & oxygen......more oxygen = more power (& promotes lower EGT)

Di 2KD lama saya dulu saya bikin belalai dr balik grill ke saluran intake air filter box......emang ada efeknya thd IAT (Intake Air Temp ) & EGT lebih lambat naiknya.....tarikan lebih responsip
Maap agak oot.

Kl AFR mesin bensin kisarannya brp y om Turbo?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21652
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

r12qiSonH4ji wrote:
Turboman wrote: ↑26 Aug 2017, 20:47 Btw adakah rekan2 di SM yg tertarik mengamati berbagai parameter kerja mesin selama berkendara ?

Memang hal2 spt gak semua orang tertarik thd hal2 spt ini, tetapi dengan adanya alat2 ukur maka kita dapat menyimpulkan akan suatu "experiment" dgn data2 yg jelas (angka2)......bukan sekedar rasanya rasanya

Di Ipah lama saya dulu, my monitoring tools

- OBD2 reader - iTrax
- EGT meter - Shadow
- Boost meter - Auto meter
- Oil Temp gauge - Shadow

Banyak hal2 menarik yg saya temukan dari adanya meter2 tsb, hal2 yg tidak saya duga2 sebelum pasang meter2 tsb

meter saya itu belum seberapa, ada kawan yg di 2KD nya pasang :
- Wideband lambda sensor
- EGT meter @manifold Turbo & downpipe (pake 2)
- Boost meter

Dia bisa tahu fluktuasi AFR saat berkendara

Zaman dulu ada kawan pake Panther LS MT - Turbo kit dr TurboOne (Garret) + FMIC

meter di mobilnya :
- EGT
- Boost
- Intake air Temp meter before & after FMIC (pake 2)

Seru jika kita ngobrol2 & bahas ttg percobaan ini itu, karena adanya data angka2 (bukan rasanya rasanya)

Well .....ini hanya utk hobbyist aja yah.......

barangkali kawan2 ada yg sealiran juga, mengamati dgn detail parameter kerja mesin / transmisi ? ......sekiranya boleh sharing2 juga pengamatan anda sejauh ini dan hal2 menarik apa yg anda temukan

Salam sharing
iya sh, memang klo ane sukanya pake perasaan. Perasaan aja yg enak, gak ada angkanya.

Klo misalkan gtu, kapan2 ikut kopdar SM dong om Turbo, jadi bisa ngobrolin angka2 yg macam newbie kyk ane gak tau. Jadi buat nambah pengetahuan

Apalagi klo om Turbo ikut roadtrip, ane kira banyak yg mendambakan om Turbo ikut roadtrip.

:big_childish:
siyappp

Cuman di mobil yg skg meter2 nya belom terpasang sejak dilepas dr mobil yg dulu

Rencana si ane mau beli AFR meter yg buat Diesel........kalo Oil Temp Gauge sih gak pasang lagi......ribet krn hrs pasang sandwich di dudukkan filter oli
Last edited by Turboman on 27 Aug 2017, 08:28, edited 1 time in total.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21652
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by Turboman »

mr_mytplx wrote:
Turboman wrote: ↑25 Aug 2017, 10:58
obelix85 wrote: Justru itu om turbo, sekarang krn banyaknya tuner yg bisa remap jadi bingung sendiri hehehe,,,karena remap ini kan akan dipakai jangka panjang takutnya kalo salah tuner malah jadi zonk Image

Kalo boleh sy di pm om turbo tuner2 rekomendasi nya...

Sent from my SM-G610F
Nah bagus ini

saya appreciate cust spt anda yg teliti

Okeh kalo begitu
- Cari tuner yg kooperatif yg bisa akomodir kemauan anda

- Kalo gak mau cumi AFR di titik paling rich set jangan di bawah 1:17 .....atau 1:18 lebih baik (perhatikan juga timing injeksi-nya)

- Saat tune / after remap lakukan Dyno run dgn bantuan wide band lambda sensor dan EGT reader.....biasa kalo di Dastek tuner dulu pada pake Zeitronix (colok sensor di ujung knalpot)

Dyno run......liat data AFR nya jadi 1 banding berapa

Lalu utk mengoptimalkan performa, jalur exhaust dan intake di optimalkan

free flow air filter.......jika ujung intake air filter box mengarah ke rongga spakbor, maka bikin belalai dr balik grill ke rongga spakbor.....to provide more air.....means more oxygen

Diesel itu simple aja.....Fuel & oxygen......more oxygen = more power (& promotes lower EGT)

Di 2KD lama saya dulu saya bikin belalai dr balik grill ke saluran intake air filter box......emang ada efeknya thd IAT (Intake Air Temp ) & EGT lebih lambat naiknya.....tarikan lebih responsip
Maap agak oot.

Kl AFR mesin bensin kisarannya brp y om Turbo?
Bensin utamanya di kisaran 1:14,7

bergerak dinamis tergantung saat akselerasi atau gliding

saat akselerasi awal / bejek gas AFR turun ke 1:13 an sekian (sesaat).......kalo meluncur lepas gas (fuel cut) ya bisa 1:16 / beyond

Pernah liat di mobil kawan yg pake Innovate AFR meter

Kalo di mesin2 GDI "konon" bisa lebih lean saat part throttle / gliding.......cuman belom pernah liat lgs realnya dgn wide band lambda
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1255
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by mr_mytplx »

Ok. Tks infonya om Turbo. :thanks:
User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by b8099ok »

ahmad88 wrote: ↑26 Aug 2017, 21:54
b8099ok wrote: ↑26 Aug 2017, 21:15 Use techstream, almost all parameter can be read. Also can simulate several useful features also for testing.
klo untuk mistubishi/anps pake tools apa? techstream kan toyota??
ANPS uda canbus gen baru. SH7508 ama SH7509 bisa pake bbrp macem tools yg generic. Spt Launch yg dibanggakan bbrp pemiliknya kyk alat dewa, pdhl kaga bisa write,... :mky_07:

Klo mau detail, pake MUT3. Toolsnya murah klo mitsu, cm 30-60jtan aja. Msh jauh dibawah mersi yg ratusan klo genuine subscription,... :ngacir:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel

Post by ongisnade »

Kalau misalnya jalan ditol kecepatan sama 150 km/jam antara mobil standard dan mobil modif EGT nya tinggi yang mana ya. Berdasarkan pengalaman saya mobil yang dimodif lebih irit artinya jumlah bbm yg dibakar lebih sedikit dibanding yang standard. Gaya mengemudi sama biasa tidak bejek-bejek.

Standard : 1 liter untuk 14 km (MID)
Modif : 1 liter untuk 18 km (MID)

Ini pengamatan di VNT sebelum dan sesudah modif.
Post Reply