Page 1 of 7

SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Tue Sep 26, 2017 2:56
by u53r
Dear All, perkenalkan nama saya John. Izinkan saya untuk buat thread diskusi Suzuki ertiga diesel.

selama ini hanya SR, tapi berhubung saya beli mobil ini dan saya cari2 tidak ada thread khususnya maka saya buat untuk kita saling berbagi dan diskusi supaya memudahkan masing2 kedepannya. Terimakasih.

Kebetulan saya beli mobil ini pertengahan thn 2017. Dan sdh jalan beberapa bulan dan ada berapa hal kelebihan dan kekurangannya..

Masalah yang saya alami adalah pada Ertiga diesel ini adalah:

1. tidak ada thermostat ac. Hanya selector panas dan dingin. Jadi ac dingin terus dan kompressor bekerja terus menerus.
Saya sudah komplain ke suzuki dan jawabannya adalah semua unit diesel sama2 tidak mempunyai thermostat sehingga ac akan terus dingin dan kaca berembun. Karena dari indianya sudah begitu dan tidak ada pilihan apapun.

2. tidak ada valve cut off untuk freon unit ac double blower. Jadi jika fan double blower tidak dihidupkan, otomatis evap double blower akan beku. Dan jika beku nantinya ac akan bau karena berjamur.

3. Tarikan rpm 10000 ke 25000 agak berat naiknya. Kalo bisa mohon masukannya rekan2 SM apakah ada solusi untuk membuat nafas bawahnya lebih plong.

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Tue Sep 26, 2017 3:24
by adityabp
Utk ACnya, kalo dah dingin banget, mungkin bisa ganti sirkulasi ke udara luar.
Btw, aneh juga ya AC gak pake cut-off kalo dah beku. AC rumah aja ada kok. :mky_03:

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Tue Sep 26, 2017 3:45
by slapnuts
Untuk sistem AC yang menggunakan heater bukannya memang seperti itu cara kerjanya? Mencampur udara dingin dengan udara panas dari aliran radiator sesuai besaran suhu yang diinginkan. Hal yang sama terjadi pada Mazda2 old saya dulu ketika suhu mentok dingin atau suhu di tengah maka durasi nyala kompresor sama saja. Berbeda dengan GNKI yang hanya ada pilihan dingin-tidak dingin maka durasi on kompresor sesuai putaran pengatur AC.

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Tue Sep 26, 2017 4:52
by adityabp
slapnuts wrote: Tue Sep 26, 2017 3:45 Untuk sistem AC yang menggunakan heater bukannya memang seperti itu cara kerjanya? Mencampur udara dingin dengan udara panas dari aliran radiator sesuai besaran suhu yang diinginkan. Hal yang sama terjadi pada Mazda2 old saya dulu ketika suhu mentok dingin atau suhu di tengah maka durasi nyala kompresor sama saja. Berbeda dengan GNKI yang hanya ada pilihan dingin-tidak dingin maka durasi on kompresor sesuai putaran pengatur AC.
Maksudnya di Mazda2 ada waktunya kompresor AC mati kan? Jadi gak engage terus menerus.
Nah, yg dimaksud TS, kompresor ACnya nyala terus gak mati2x. Ini yg bikin evap jadi beku.

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Tue Sep 26, 2017 5:45
by Kaleng
Apa alasannya ya AC khusus buat ertiga diesel dibuat demikian?

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Tue Sep 26, 2017 6:15
by KlinciImut
adityabp wrote: Tue Sep 26, 2017 4:52
slapnuts wrote: Tue Sep 26, 2017 3:45 Untuk sistem AC yang menggunakan heater bukannya memang seperti itu cara kerjanya? Mencampur udara dingin dengan udara panas dari aliran radiator sesuai besaran suhu yang diinginkan. Hal yang sama terjadi pada Mazda2 old saya dulu ketika suhu mentok dingin atau suhu di tengah maka durasi nyala kompresor sama saja. Berbeda dengan GNKI yang hanya ada pilihan dingin-tidak dingin maka durasi on kompresor sesuai putaran pengatur AC.
Maksudnya di Mazda2 ada waktunya kompresor AC mati kan? Jadi gak engage terus menerus.
Nah, yg dimaksud TS, kompresor ACnya nyala terus gak mati2x. Ini yg bikin evap jadi beku.
Wah aneh sekali ya.. Padahal karimun estilo yang CBU India juga sudah ada thermostat sekedar untuk matikan kompresor saat suhu sudah cukup rendah. Meskipun thermostat nya statis, tidak variable seperti mobil2 rakitan Indonesia

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Tue Sep 26, 2017 8:12
by geofreyap
Masa sih ga ada thermostat ?
Problem di nomor 1 & 2 agak janggal sih kalau memang seperti itu.
Untuk nomor 3, since ini mobil commonrail diesel, seharusnya gampang di oprek.
Mungkin langkah paling mudah, benahi sektor exhaust & pasang ecu=shop.

Btw, oe ada rencana ambil mobil ini juga, buat kaki sehari² & buat narik grab.

Om TS bisa share bagaimana konsumsinya ?
Pakai solar apa?

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Tue Sep 26, 2017 12:15
by slapnuts
adityabp wrote: Tue Sep 26, 2017 4:52
slapnuts wrote: Tue Sep 26, 2017 3:45 Untuk sistem AC yang menggunakan heater bukannya memang seperti itu cara kerjanya? Mencampur udara dingin dengan udara panas dari aliran radiator sesuai besaran suhu yang diinginkan. Hal yang sama terjadi pada Mazda2 old saya dulu ketika suhu mentok dingin atau suhu di tengah maka durasi nyala kompresor sama saja. Berbeda dengan GNKI yang hanya ada pilihan dingin-tidak dingin maka durasi on kompresor sesuai putaran pengatur AC.
Maksudnya di Mazda2 ada waktunya kompresor AC mati kan? Jadi gak engage terus menerus.
Nah, yg dimaksud TS, kompresor ACnya nyala terus gak mati2x. Ini yg bikin evap jadi beku.
Iya ada ketika suhu yg dimaksudkan sudah tercapai, kalau tidak ada bukannya kasihan kompresor karena terus bekerja

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Tue Sep 26, 2017 23:07
by Mozawa
Pasang aja termostat sendiri, gampang kok. Intinya hanya nge cut arus istrik ke kopresors saat udah dingin.

Mungkin cara kerja kompresor ertiga diesel sama dengan kompresor kompresor eropa misal merk. Delphi.

Kompresor selalu engaged dan berputar ( pulley magnet selalu menempel atau lengket) tapi saat putaran tinggi misal akselerasi, maka di dalam kompresor ada katup blow off atau bypass yang bekerja sehinga freon tidak mengalir even pulley magnet tetap bekerja.

Secara kasat mata tidak kelihatan katup bypass bekerja, tapi kerja kompEsor jd ringan

Solusinya, modif dg termostat tambahan sehingga pulley magnet gak selalu lengket

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Wed Sep 27, 2017 6:54
by adityabp
Mozawa wrote: Tue Sep 26, 2017 23:07 Pasang aja termostat sendiri, gampang kok. Intinya hanya nge cut arus istrik ke kopresors saat udah dingin.

Mungkin cara kerja kompresor ertiga diesel sama dengan kompresor kompresor eropa misal merk. Delphi.

Kompresor selalu engaged dan berputar ( pulley magnet selalu menempel atau lengket) tapi saat putaran tinggi misal akselerasi, maka di dalam kompresor ada katup blow off atau bypass yang bekerja sehinga freon tidak mengalir even pulley magnet tetap bekerja.

Secara kasat mata tidak kelihatan katup bypass bekerja, tapi kerja kompEsor jd ringan

Solusinya, modif dg termostat tambahan sehingga pulley magnet gak selalu lengket
Nah, kalo memang kompresor ACnya jenis yg pake katup blow-off, tinggal dites aja. Digeber sampe > 4k rpm, ACnya masih dingin gak? Atau malah makin dingin? :mky_01:

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Wed Sep 27, 2017 7:47
by Chevyman
Spin diesel apa jg ga ada termostat kah?

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Wed Sep 27, 2017 8:28
by nimoo
Mozawa wrote: Tue Sep 26, 2017 23:07 Pasang aja termostat sendiri, gampang kok. Intinya hanya nge cut arus istrik ke kopresors saat udah dingin.

Mungkin cara kerja kompresor ertiga diesel sama dengan kompresor kompresor eropa misal merk. Delphi.

Kompresor selalu engaged dan berputar ( pulley magnet selalu menempel atau lengket) tapi saat putaran tinggi misal akselerasi, maka di dalam kompresor ada katup blow off atau bypass yang bekerja sehinga freon tidak mengalir even pulley magnet tetap bekerja.

Secara kasat mata tidak kelihatan katup bypass bekerja, tapi kerja kompEsor jd ringan

Solusinya, modif dg termostat tambahan sehingga pulley magnet gak selalu lengket
Wah baru tau cara kerja kompressor ada yg beda
Pantesan everest dirumah ga kerasa turun arus kayak mobil2 biasa, cuma bunyi ncus doang



Apa kompressor ertiga bensin sama diesel beda ?

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Thu Sep 28, 2017 0:47
by semesta
Minat dengan mobil ini tapi masih liat-liat review-nya

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Thu Sep 28, 2017 7:11
by marmut
honda city juga sama, cuma ada puteran ke kiri warna biru, ke kanan warna merah. ya sama saja toh fungsinya dengan thermostat?
misal pengen super dingin ya puter sampe mentok ke arah warna biru, kalo terlalu dingin tinggal diputer sedikit ke arah warna merah.....

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Thu Sep 28, 2017 8:17
by matra
biar tarikan enak ganti donwnpipe,remap ecu,sama pakai dex

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Thu Sep 28, 2017 8:23
by adityabp
marmut wrote: Thu Sep 28, 2017 7:11 honda city juga sama, cuma ada puteran ke kiri warna biru, ke kanan warna merah. ya sama saja toh fungsinya dengan thermostat?
misal pengen super dingin ya puter sampe mentok ke arah warna biru, kalo terlalu dingin tinggal diputer sedikit ke arah warna merah.....
Sedingin-dinginnya AC, gak boleh sampai bikin evap beku. Kalo evap beku, AC malah gak dingin krn angin dari blower gak bisa masuk ke kabin krn terhalang es. Itulah gunanya cut-off di kompresor AC.

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Sat Sep 30, 2017 7:50
by u53r
adityabp wrote: Tue Sep 26, 2017 3:24 Utk ACnya, kalo dah dingin banget, mungkin bisa ganti sirkulasi ke udara luar.
Btw, aneh juga ya AC gak pake cut-off kalo dah beku. AC rumah aja ada kok. :mky_03:
Jadi lucu selama ini, tiap udah dingin tekan tombol ac posisi off baru itu compressor berhenti engaged...

adityabp wrote: Tue Sep 26, 2017 4:52
slapnuts wrote: Tue Sep 26, 2017 3:45 Untuk sistem AC yang menggunakan heater bukannya memang seperti itu cara kerjanya? Mencampur udara dingin dengan udara panas dari aliran radiator sesuai besaran suhu yang diinginkan. Hal yang sama terjadi pada Mazda2 old saya dulu ketika suhu mentok dingin atau suhu di tengah maka durasi nyala kompresor sama saja. Berbeda dengan GNKI yang hanya ada pilihan dingin-tidak dingin maka durasi on kompresor sesuai putaran pengatur AC.
Maksudnya di Mazda2 ada waktunya kompresor AC mati kan? Jadi gak engage terus menerus.
Nah, yg dimaksud TS, kompresor ACnya nyala terus gak mati2x. Ini yg bikin evap jadi beku.
Saya pernah coba corona cbu, dia ada selector hot coldnya, tetapi dia tetap ada thermostat, jadi posisi area cold tetap compressor akan dicut saat temperatur dingin sudah tercapai, saat temperatur panas compressor ga enggaged..

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Sat Sep 30, 2017 8:05
by u53r
geofreyap wrote: Tue Sep 26, 2017 8:12 Masa sih ga ada thermostat ?
Problem di nomor 1 & 2 agak janggal sih kalau memang seperti itu.
Untuk nomor 3, since ini mobil commonrail diesel, seharusnya gampang di oprek.
Mungkin langkah paling mudah, benahi sektor exhaust & pasang ecu=shop.

Btw, oe ada rencana ambil mobil ini juga, buat kaki sehari² & buat narik grab.

Om TS bisa share bagaimana konsumsinya ?
Pakai solar apa?
Iya Nomor 1 dan 2 agak janggal, tapi saya sudah coba beli dua unit dan casenya sama soal ac ya. no thermostat dan no cut off klep untuk double blower bagian belakang.

Mobil sih overall pakainya lebih nyaman dari keluarga avxen, karena selama ini selain piara innova V juga piara avanza dari jaman edisi 2010, 2013, terakhir veloz 2015.

konsumsi BBM dalkot pakai dexlite dapat 11,3km per liter, kemaren abis service pertama iseng isi dex dari nol malah turun ke 10.9 kmpl.

kalo tarikan seperti biasa ya khas suzuki, ngejambak di di rpm mulai 2600 keatas, mulai 2600 berasa banget torsinya mantap. kabin cukup silent, cat yang india agak tipis, lebih tebal cat GX lokalan.

tarikan selama di test pake Dexlite di tol bisa mentok 165km/h on speedo. performa pakai dexlite dan dex ga banyak berubah sih. Asap knalpot udah ga bau kayak kebanyakan mobil diesel, ini baunya kek asap bensin campur tai kucing ( ada bau amoniaknya ) sorry jadi agak oot... hahaha.

kalo piggyback blm sempat nyari2 buat ini mobil. soalnya mikir buat sehari2 aja ga terlalu butuh performa, buat antar jemput anak2 saja dan muter jalan2 kecil jakarta. tapi liat konsumsinya kok belum sesuai harapan ya.. satu juga yang ngeselin dari suzuki adalah servicenya per 5000Km ga kayak Merk D yang sudah servicenya per 10000Km, jadi gak nyari duit2 kecil banget dr customernya...

kalo mesin sih mestinya badak om, karena orang service suzuki juga bilang rata2 mestinya klo dari india mobilnya tahan banting, karena orang sana lebih kasar pakainya dari orang kita, dan sejauh ini ga ada komplain sih.. asal dapat selanya..

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Sat Sep 30, 2017 8:07
by u53r
Mozawa wrote: Tue Sep 26, 2017 23:07 Pasang aja termostat sendiri, gampang kok. Intinya hanya nge cut arus istrik ke kopresors saat udah dingin.

Mungkin cara kerja kompresor ertiga diesel sama dengan kompresor kompresor eropa misal merk. Delphi.

Kompresor selalu engaged dan berputar ( pulley magnet selalu menempel atau lengket) tapi saat putaran tinggi misal akselerasi, maka di dalam kompresor ada katup blow off atau bypass yang bekerja sehinga freon tidak mengalir even pulley magnet tetap bekerja.

Secara kasat mata tidak kelihatan katup bypass bekerja, tapi kerja kompEsor jd ringan

Solusinya, modif dg termostat tambahan sehingga pulley magnet gak selalu lengket
Kelihatannya ga ada katup blow offnya om, karena contohnya ac belakang saja dingin terus walau rpm tinggi dan kaca belakang semua akan berembun...

nimoo wrote: Wed Sep 27, 2017 8:28
Mozawa wrote: Tue Sep 26, 2017 23:07 Pasang aja termostat sendiri, gampang kok. Intinya hanya nge cut arus istrik ke kopresors saat udah dingin.

Mungkin cara kerja kompresor ertiga diesel sama dengan kompresor kompresor eropa misal merk. Delphi.

Kompresor selalu engaged dan berputar ( pulley magnet selalu menempel atau lengket) tapi saat putaran tinggi misal akselerasi, maka di dalam kompresor ada katup blow off atau bypass yang bekerja sehinga freon tidak mengalir even pulley magnet tetap bekerja.

Secara kasat mata tidak kelihatan katup bypass bekerja, tapi kerja kompEsor jd ringan

Solusinya, modif dg termostat tambahan sehingga pulley magnet gak selalu lengket
Wah baru tau cara kerja kompressor ada yg beda
Pantesan everest dirumah ga kerasa turun arus kayak mobil2 biasa, cuma bunyi ncus doang



Apa kompressor ertiga bensin sama diesel beda ?
Keliatannya compressornya teknologinya masih sama, karena setiap tombol a/c di posisi off maka magnet gak narik. pada dasarnya bisa diberesin masalahnya, bukan sistem yang muter terus.

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Sat Sep 30, 2017 9:53
by akbarfit
Kompresor always engage itu umum sebetulnya. X-Trail taun 2004 sudah pake model seperti itu merk Zexel. Berbeda dengan X-Trail saya yang tahun 2007 padahal body masih sama yang engage off engage off merk Calsonic.

saya gak paham yang dimaksud hanya selector dingin panas. maksudnya apa? kemudian yang beku apa?

Sistemnya memang seperti itu. Kasusnya di x-trail, justru mereka yang modif/pantek kompresor menjadi on off di model yang engage terus malah jebol dan rusak sak....

Kalo saya bilang sih, itu semua yang dipermasalahkan masalah AC adalah wajar dan tidak tahu darimana ada istilah beku itu yang sperti apa. Harusnya, begitu freon beku justru mobil jadi gak dingin.

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Sat Sep 30, 2017 10:12
by kunaskun
u53r wrote: Tue Sep 26, 2017 2:56 Dear All, perkenalkan nama saya John. Izinkan saya untuk buat thread diskusi Suzuki ertiga diesel.

selama ini hanya SR, tapi berhubung saya beli mobil ini dan saya cari2 tidak ada thread khususnya maka saya buat untuk kita saling berbagi dan diskusi supaya memudahkan masing2 kedepannya. Terimakasih.

Kebetulan saya beli mobil ini pertengahan thn 2017. Dan sdh jalan beberapa bulan dan ada berapa hal kelebihan dan kekurangannya..

Masalah yang saya alami adalah pada Ertiga diesel ini adalah:

1. tidak ada thermostat ac. Hanya selector panas dan dingin. Jadi ac dingin terus dan kompressor bekerja terus menerus.
Saya sudah komplain ke suzuki dan jawabannya adalah semua unit diesel sama2 tidak mempunyai thermostat sehingga ac akan terus dingin dan kaca berembun. Karena dari indianya sudah begitu dan tidak ada pilihan apapun.
mungkin bukan thermostat maksudnya om? kalau ga ada thermostat berarti AC ga bisa disetel mau seberapa dingin dan panas dong. mungkin maksdunya switch kompressor OFF? yang biasanya tombol dengan tulisan AC OFF?

kalau kaca berembun, bukannya ada fungsi front defogger juga bisa setel temperature AC?
2. tidak ada valve cut off untuk freon unit ac double blower. Jadi jika fan double blower tidak dihidupkan, otomatis evap double blower akan beku. Dan jika beku nantinya ac akan bau karena berjamur.
seingat saya kayanya semua AC double blower seperti ini? CMIIW. kecuali yang ada setelannya? karena ada thermostat di evap belakang jadi bisa cut off. kalau ga ada setelan jadi ikut AC depan.
3. Tarikan rpm 10000 ke 25000 agak berat naiknya. Kalo bisa mohon masukannya rekan2 SM apakah ada solusi untuk membuat nafas bawahnya lebih plong.
remapping, atau cari cara setel itu wastegate gimana, kalau ga salah ertiga ini belum VGT kan ya?

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Sat Sep 30, 2017 10:28
by arissety
u53r wrote: Sat Sep 30, 2017 8:05
konsumsi BBM dalkot pakai dexlite dapat 11,3km per liter, kemaren abis service pertama iseng isi dex dari nol malah turun ke 10.9 kmpl.

kalo tarikan seperti biasa ya khas suzuki, ngejambak di di rpm mulai 2600 keatas, mulai 2600 berasa banget torsinya mantap. kabin cukup silent, cat yang india agak tipis, lebih tebal cat GX lokalan.

tarikan selama di test pake Dexlite di tol bisa mentok 165km/h on speedo. performa pakai dexlite dan dex ga banyak berubah sih. Asap knalpot udah ga bau kayak kebanyakan mobil diesel, ini baunya kek asap bensin campur tai kucing ( ada bau amoniaknya ) sorry jadi agak oot... hahaha.
Saya pikir konsumsi bbm bisa diatas 20kmpl dalkot, seperti yg dipromosikan.
Klo macet berhenti, mesin sudah off sendiri dan otomatis jalan klo pas lepas kopling kan om?

Btw g coba paket tambahan komponen spy bisa pakai biosolar om? itu resmi paket dr suzuki.

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Sat Sep 30, 2017 10:34
by daftar
kalau kompresor tidak ada cut off di RPM tinggi justru kalo dipasang thermostat malah bisa bikin cepat rusak kompresor karena akan nyala mati ketika di RPM tinggi, mungkin kasusnya xtrail di atas seperti itu.

@kunaskun untuk menyetel panas dingin kayaknya bukan dengan thermostat tapi ampli AC, sedikit lebih canggih dari thermostat

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Sat Sep 30, 2017 12:05
by Mozawa
Termostat bekerja paralel / simultan dg cut off blow off valve. Jadi tetap bekerja.

jadi ada 2 input , 1 tekanan (berbanding lurus rpm) 1 suhu .

ampli ac itu termostat yg bekerja dg cara elektronik . cara kerjanya Sama.
kalo takut kompresor jebol , Pasang aja kabelnya termostat di kabel katup blow off, jadi kalau dingin ,blow off aktif. pakai relay . tukang ac yg mumpuni is a must

Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi

Posted: Sat Sep 30, 2017 15:08
by Change
http://www.theautomotiveindia.com/forum ... rs-10.html

Forum diskusi mengenai konsumsi bbm ertiga diesel di india..mgkn bisa buat nambah informasi.