Long Term Review - Honda CRV 3rd Gen (RE3) 2.4 AT FL 2010
Posted: Sun Oct 22, 2017 6:00
Halo smers sekalian, kali ini saya akan kembali mereview sebuah mobil , sebuah mobil medium SUV yang digunakan oleh orangtua saya untuk beraktivitas sehari - hari, yaitu honda CRV 2.4 2010 (pemakaian 2011) hehehe, sebenarnya mobil ini sudah ingin dilego sejak tahun 2013 lalu, namun karena satu & lain hal, keluarga saya masih tetap mempertahankan mobil ini sampai sekarang. Let's go to the review.
1. Background
Mobil ini dibeli 7 tahun yang lalu (akhir 2010) untuk menggantikan CRV RD 2.0 AT 2005 untuk peremajaan, tipe yang saya punya merupakan tipe tertinggi (2.4 AT) berwarna Alabaster Silver Metalic & saat ini sudah berjalan sejauh 115.000 kilometer & dibeli seharga 386 jt (kalo gasalah) saat itu.
2. History
Semua udah pada paham lah ya tentang sejarah mobil ini, jadi saya hanya menjelaskan secara singkat saja
- 1997 - 2002 : Honda CRV generasi pertama diluncurkan di Indonesia, saat itu hanya tersedia 1 varian mesin saja yang berkapasitas 2.000 CC.
- 2002 - 2005 : HPM meluncurkan CRV generasi ke2 (RD) , dengan bentuk yang lebih modern dibanding generasi pertama, tetapi masih menggunakan ban serep konde & tranmisi model batang seperti generasi pertama (CMIW) . Saat itu hanya tersedia 2 varian saja (2.0 MT & AT)
- 2005-2007 : HPM melakukan Facelift pada CRV generasi ke 2 (RD) , sekaligus merupakan momen munculnya CRV 2.4 di Indonesia. Perubahan yang paling kentara ada di exteriornya (Grill, foglamp, lampu depan - belakang & velg), serta variannya bertambah menjadi 3 varian (2.0 MT , 2.0 AT & 2.4 AT)
- 2007-2010 : HPM meluncurkan CRV generasi ke 3 (RE), untuk menggantikan CRV generasi 2 yang dinilai sudah mulai usang. CRV generasi ini sering disebut "CRV kura - kura" karena bagian sampingnya yang terlihat oval seperti cangkang kura- kura. CRV generasi ini merupakan CRV yang tersukses di Indonesia karena banyaknya populasi CRV jenis ini dijalanan. Varian yang ditawarkan masih sama dengan generasi sebelumnya (2.0 MT & AT , serta 2.4 AT). CRV gen 3 ini mengalami lonjakan yang signifikan dari segala sisi daripada pendahulunya, terutama sisi exterior & interiornya
- 2010 - 2012 : HPM melakukan Facelift pertama pada CRV gen 3 ini, perubahannya hanya bersifat kosmetik saja (velg, grill, headlamp & sedikit perubahan pada interior , serta penambahan vitur VSA pada varian 2.4nya)
- 2012 pertengahan - 2012 akhir : Merupakan FL terakhir pada Gen 3, ditandai dengan perubahan grill menjadi warna hitam, penambahan fitur HU touchscreen pada varian 2.0 & wood panel pada varian 2.4
- 2012 akhir - 2015: HPM meluncurkan CRV gen 4 (RM) / "CRV bisul" untuk melanjutkan kesuksesan gen 3, sayang penjualannya tidak secemerlang gen 3, karena perubahannya hanya sebatas exterior & interior saja, serta penambahan tenaga mesin dari "170 hp ke 190 hp" pada varian 2.4 nya + fitur cruise control & paddle shift untuk 2.4 (CMIW) . CRV RM ditawarkan dalam 4 varian ( 2.0 MT , 2.0 AT , 2.4 AT & 2.4 AT Prestige)
- 2015 - 2017 : HPM melakukan FL pada CRV RM ,dengan perubahan pada exterior , penambahan fitur nano - e , serta sunroof untuk varian prestigenya.
- 2017- sekarang: HPM meluncurkan CRV gen 5 (RW) / dikenal sebagai CRV Turbo, karena sudah menggunakan mesin turbo yg setara dengan milik civic turbo ( FC1) . Perubahannya cukup signifikan dari segala sisi dari pendahulunya, terutama mesinnya yang sudah menggunakan mesin 1.500 CC turbo , transmisi CVT 7 speed earthdreams, serta interior yang jauh lebih mewah & berkelas daripada sebelumnya. CRV gen 5 ini ditawarkan dalam 3 varian (2.0 CVT , 1.5 Turbo CVT & 1.5 Turbo CVT Prestige)
3. Exterior
Tapak depan
Merupakan CRV dengan desain timeless menurut saya, ga lekang dimakan jaman, even dibandingkan dengan RW sekalipun.
Tapak samping
Terlihat cantik & elegan, apalagi kalau ditambah rear spoiler, pasti makin ciamik deh hehehe, sorry kalo ga tepat dari samping fotonya
Tapak belakang
Terlihat agak gemuk dibanding pendahulunya, namun masih enak untuk dilihat
4. Interior
Terlihat simpel & sederhana, namun desainnya cukup baik, sayangnya tidak diimbangi dengan BQ yang baik pula. Material interiornya didominasi oleh full hard plastic yg kualitasnya kurang baik untuk mobil seharga 386 jt, serta ada panel gap yg ga konsisten pada beberapa bagian. Oh iya, kualitas kulit bawaan juga jelek menurut saya, karena sudah terlihat "reot" dibeberapa bagian, terutama doortrimnya , namun saya hanya kasih salah 1 bagiannya saja. Sudah itu saja mengenai interiornya, biar foto yang berbicara
(Foto lama, pas odonya masih 105k)
Row 2
Terlega dikelasnya, kemudian, mobil ini juga merupakan yang terpraktis & punya bagasi yang terluas dikelasnya
5. Fitur
Gausah ditanya lagi, fitur di mobil ini amat minim untuk mobil seharga 380 jtan, kalah lengkap dibanding rival sekelasnya seperti Xtrail T31, Grand Vitara , Sportage & Tucson. Mobil ini dilengkapi dengan 2 airbag , ABS, EBD & BA + VSA untuk tipe 2.4 nya. Jangan berharap adanya fitur2 seperti tombol audio disetir, keyless entry , sunroof dll, orang sensor parkir belakang aja ga ada, cuma ngandelin kamera parkir aja
6. Mesin
Mobil ini dibekali dengan mesin 2.400 CC , transmisi otomatis 5 percepatan yang mengasilkan tenaga 170 HP. Selain itu, tersedia juga mesin 2.000 CC dengan transmisi manual 6 percepatan & otomatis 5 percepatan yang menghasilkan tenaga 153 HP CMIW .
7. Driving impression
Kunci kontak
Kelebihan :
- Feedback setir terasa natural khas honda jadul, ga kaya honda sekarang yang minim feedback
- Handling terbaik dikelasnya
- Fun to drive
- Torsi putaran tengah - atas cukup kuat
- Cukup nyaman untuk perjalanan jauh
Kekurangan:
- Pedal rem terlalu sensitif (pendapat pribadi saya)
- BOROSSS BBM
- Tenaga putaran bawah agak loyo
8. Kesimpulan
Dengan harga pasarannya yang saat ini mendekati LMPV baru, mobil ini cocok dipinang oleh anda yang:
- Pengen Medium SUV yang bentuknya ga malu2 in buat diajak nongkrong & ngemall
- Pengen medium SUV yang sparepartnya melimpah & ASS bagus because it's a Honda
- Pengen medium SUV yang punya bagasi luas, praktikal & nyaman buat perjalanan jauh
- Konsumsi BBM ga jadi prioritas utama
- Mau Medium SUV yang fun to drive
Overall
Plus:
- Desain exterior
- Terlega dikelasnya
- Fun to drive
- Bagasi terluas dikelasnya
- Practical
- Cukup nyaman buat perjalanan jauh
- Torsi putaran tengah - atas
- Brand & ASS
- Populasi melimpah
Minus:
- Desain interior sudah terlihat usang
- Minim fitur
- Bad interior quality
- Creepy Head unit
- Peredaman suara luar biasa2 saja
- Overprice saat barunya
- RV jeblok untuk sebuah honda
- Kaki2 termasuk ringkih (punya saya udah ganti semua kaki2nya, padahal baru 5 tahun, CRV RD saya aja sebelumnya 5 tahun awet2 aja ga ada masalah serius sampe dijual)
- Garbage leather quality
Sekian review saya kali ini, mohon maaf kalau ada kesalahan, i hope you'll enjoy my review, thanks.
1. Background
Mobil ini dibeli 7 tahun yang lalu (akhir 2010) untuk menggantikan CRV RD 2.0 AT 2005 untuk peremajaan, tipe yang saya punya merupakan tipe tertinggi (2.4 AT) berwarna Alabaster Silver Metalic & saat ini sudah berjalan sejauh 115.000 kilometer & dibeli seharga 386 jt (kalo gasalah) saat itu.
2. History
Semua udah pada paham lah ya tentang sejarah mobil ini, jadi saya hanya menjelaskan secara singkat saja
- 1997 - 2002 : Honda CRV generasi pertama diluncurkan di Indonesia, saat itu hanya tersedia 1 varian mesin saja yang berkapasitas 2.000 CC.
- 2002 - 2005 : HPM meluncurkan CRV generasi ke2 (RD) , dengan bentuk yang lebih modern dibanding generasi pertama, tetapi masih menggunakan ban serep konde & tranmisi model batang seperti generasi pertama (CMIW) . Saat itu hanya tersedia 2 varian saja (2.0 MT & AT)
- 2005-2007 : HPM melakukan Facelift pada CRV generasi ke 2 (RD) , sekaligus merupakan momen munculnya CRV 2.4 di Indonesia. Perubahan yang paling kentara ada di exteriornya (Grill, foglamp, lampu depan - belakang & velg), serta variannya bertambah menjadi 3 varian (2.0 MT , 2.0 AT & 2.4 AT)
- 2007-2010 : HPM meluncurkan CRV generasi ke 3 (RE), untuk menggantikan CRV generasi 2 yang dinilai sudah mulai usang. CRV generasi ini sering disebut "CRV kura - kura" karena bagian sampingnya yang terlihat oval seperti cangkang kura- kura. CRV generasi ini merupakan CRV yang tersukses di Indonesia karena banyaknya populasi CRV jenis ini dijalanan. Varian yang ditawarkan masih sama dengan generasi sebelumnya (2.0 MT & AT , serta 2.4 AT). CRV gen 3 ini mengalami lonjakan yang signifikan dari segala sisi daripada pendahulunya, terutama sisi exterior & interiornya
- 2010 - 2012 : HPM melakukan Facelift pertama pada CRV gen 3 ini, perubahannya hanya bersifat kosmetik saja (velg, grill, headlamp & sedikit perubahan pada interior , serta penambahan vitur VSA pada varian 2.4nya)
- 2012 pertengahan - 2012 akhir : Merupakan FL terakhir pada Gen 3, ditandai dengan perubahan grill menjadi warna hitam, penambahan fitur HU touchscreen pada varian 2.0 & wood panel pada varian 2.4
- 2012 akhir - 2015: HPM meluncurkan CRV gen 4 (RM) / "CRV bisul" untuk melanjutkan kesuksesan gen 3, sayang penjualannya tidak secemerlang gen 3, karena perubahannya hanya sebatas exterior & interior saja, serta penambahan tenaga mesin dari "170 hp ke 190 hp" pada varian 2.4 nya + fitur cruise control & paddle shift untuk 2.4 (CMIW) . CRV RM ditawarkan dalam 4 varian ( 2.0 MT , 2.0 AT , 2.4 AT & 2.4 AT Prestige)
- 2015 - 2017 : HPM melakukan FL pada CRV RM ,dengan perubahan pada exterior , penambahan fitur nano - e , serta sunroof untuk varian prestigenya.
- 2017- sekarang: HPM meluncurkan CRV gen 5 (RW) / dikenal sebagai CRV Turbo, karena sudah menggunakan mesin turbo yg setara dengan milik civic turbo ( FC1) . Perubahannya cukup signifikan dari segala sisi dari pendahulunya, terutama mesinnya yang sudah menggunakan mesin 1.500 CC turbo , transmisi CVT 7 speed earthdreams, serta interior yang jauh lebih mewah & berkelas daripada sebelumnya. CRV gen 5 ini ditawarkan dalam 3 varian (2.0 CVT , 1.5 Turbo CVT & 1.5 Turbo CVT Prestige)
3. Exterior
Tapak depan
Merupakan CRV dengan desain timeless menurut saya, ga lekang dimakan jaman, even dibandingkan dengan RW sekalipun.
Tapak samping
Terlihat cantik & elegan, apalagi kalau ditambah rear spoiler, pasti makin ciamik deh hehehe, sorry kalo ga tepat dari samping fotonya
Tapak belakang
Terlihat agak gemuk dibanding pendahulunya, namun masih enak untuk dilihat
4. Interior
Terlihat simpel & sederhana, namun desainnya cukup baik, sayangnya tidak diimbangi dengan BQ yang baik pula. Material interiornya didominasi oleh full hard plastic yg kualitasnya kurang baik untuk mobil seharga 386 jt, serta ada panel gap yg ga konsisten pada beberapa bagian. Oh iya, kualitas kulit bawaan juga jelek menurut saya, karena sudah terlihat "reot" dibeberapa bagian, terutama doortrimnya , namun saya hanya kasih salah 1 bagiannya saja. Sudah itu saja mengenai interiornya, biar foto yang berbicara
(Foto lama, pas odonya masih 105k)
Row 2
Terlega dikelasnya, kemudian, mobil ini juga merupakan yang terpraktis & punya bagasi yang terluas dikelasnya
5. Fitur
Gausah ditanya lagi, fitur di mobil ini amat minim untuk mobil seharga 380 jtan, kalah lengkap dibanding rival sekelasnya seperti Xtrail T31, Grand Vitara , Sportage & Tucson. Mobil ini dilengkapi dengan 2 airbag , ABS, EBD & BA + VSA untuk tipe 2.4 nya. Jangan berharap adanya fitur2 seperti tombol audio disetir, keyless entry , sunroof dll, orang sensor parkir belakang aja ga ada, cuma ngandelin kamera parkir aja
6. Mesin
Mobil ini dibekali dengan mesin 2.400 CC , transmisi otomatis 5 percepatan yang mengasilkan tenaga 170 HP. Selain itu, tersedia juga mesin 2.000 CC dengan transmisi manual 6 percepatan & otomatis 5 percepatan yang menghasilkan tenaga 153 HP CMIW .
7. Driving impression
Kunci kontak
Kelebihan :
- Feedback setir terasa natural khas honda jadul, ga kaya honda sekarang yang minim feedback
- Handling terbaik dikelasnya
- Fun to drive
- Torsi putaran tengah - atas cukup kuat
- Cukup nyaman untuk perjalanan jauh
Kekurangan:
- Pedal rem terlalu sensitif (pendapat pribadi saya)
- BOROSSS BBM
- Tenaga putaran bawah agak loyo
8. Kesimpulan
Dengan harga pasarannya yang saat ini mendekati LMPV baru, mobil ini cocok dipinang oleh anda yang:
- Pengen Medium SUV yang bentuknya ga malu2 in buat diajak nongkrong & ngemall
- Pengen medium SUV yang sparepartnya melimpah & ASS bagus because it's a Honda
- Pengen medium SUV yang punya bagasi luas, praktikal & nyaman buat perjalanan jauh
- Konsumsi BBM ga jadi prioritas utama
- Mau Medium SUV yang fun to drive
Overall
Plus:
- Desain exterior
- Terlega dikelasnya
- Fun to drive
- Bagasi terluas dikelasnya
- Practical
- Cukup nyaman buat perjalanan jauh
- Torsi putaran tengah - atas
- Brand & ASS
- Populasi melimpah
Minus:
- Desain interior sudah terlihat usang
- Minim fitur
- Bad interior quality
- Creepy Head unit
- Peredaman suara luar biasa2 saja
- Overprice saat barunya
- RV jeblok untuk sebuah honda
- Kaki2 termasuk ringkih (punya saya udah ganti semua kaki2nya, padahal baru 5 tahun, CRV RD saya aja sebelumnya 5 tahun awet2 aja ga ada masalah serius sampe dijual)
- Garbage leather quality
Sekian review saya kali ini, mohon maaf kalau ada kesalahan, i hope you'll enjoy my review, thanks.