Mitsubishi all-new Triton

Segala mobil tipe pickup (L-300, T-120, Kijang Pickup, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Mitsubishi all-new Triton

Post by DigitALL »

Mitsubishi all-new Triton


(18/08/2005) - Mitsubishi Motor Corp. secara resmi meluncurkan all-new Triton, penerus L200 Strada akhir minggu lalu di Thailand dan akan di ekspor keseluruh dunia. Hadir dengan mesin paling perkasa di kelasnya dengan disain berjiwa muda dan segar, Triton juga menyimpan ancaman buat pemain lain.

Diperkenalkan pertamakali di ajang 2005 Dakar Rally sebagai 'Truck Evolution', disain pickup baru ini terinspirasi dari 2002 Pajero Evo 2+2 concept dan Pajero Evolution Racer, dengan garis-garis tegas hampir identik juga grile ala 'Gunung Fuji' dan sosoknya yang gagah. Dengan menggali lebih dalam tema disain itu, disainer Mitsubishi berhasil menghadirkan pickup baru yang segar dengan interior paling lega di kelasnya.

Sport Utility Truck ini tersedia dalam body Single Cab, Club Cab dan Double Cab empat pintu. Karakter SUV hadir lewat sistem penggerak roda permanen Super Select, active stability dan traction control dengan wheel berdiameter 17 inch dan sudut belok paling kecil dikelasnya.

Disain yang anggun dan mewah Triton tidak lepas dari peran Oliver Boulay, ketika masih in charge di divisi disain Mitsubishi. Ini terlihat dari bentuk moncong yang mempunyai kemiripan dengan front grile Lancer dan SUV Outlander. Lampu utama model teardrop dan fog lamp besar yang tertanam dalam di bumper menjadi ciri khas lain. Tampilan beda lainnya lahir lewat lampu belakang berbentuk segitiga tumpul, overhang depan pendek dan pilar C.

Interior Triton hadir dengan suasana yang segar dan sporty, terutama pada GLS Limited. Lekuk dashboard, panel-panel dengan tampilan mirip logam paduan, roda kemudi dengan tiga palang yang bentuknya luarbiasa, panel dial bergaya balap, kulit hitam dengan aksen biru dan informasi digital dari kompas, trip computer, altimeter, dan informasi on-board lainnya.

Selain tampak modern, kabin Triton juga nyaman dan fungsional. Bukan hanya kursi depan saja tapi juga bangku belakang. Nilai tambah seperti centre armrest dan cup holder juga tersedia dibagian belakang. GLS Limited dilengkapi dengan airbag ganda, kursi pengemudi bisa diatur secara elektrik dan fitur-fitur lain yang tidak ditemui di merek-merek lain.

Mitsubishi bekerja keras mengembangkan sasis Triton termasuk suspensi depan baru berasitektur double wishbone, per daun diposisikan diatas gardan belakang dan rack-and-pinion steering.

Pilihan mesin yang tersedia di Thailand:
1. 2.5-liter Indirect Turbodiesel (4D56), daya maksimal 90 hp @ 4000 rpm dan torsi 196 Nm @ 2000 rpm
2, 2.5-liter DI-D Hyper Common Rail Turbo (4D56), daya maksimal 116 PS @ 4000 rpm dan torsi 247 Nm @ 2000 rpm
3, 2.5-liter DI-D Hyper Common Rail Turbo Intercooler (4D56), daya maksimal140 PS @ 4000 rpm dan torsi 321 Nm @ 2000 rpm
4, 3.2-liter DI-D Hyper Common Rail Turbo Intercooler (4M41), daya maksimal 165 PS @ 4000 rpm dan torsi 351 Nm @ 2000 rpm.

Dengan mesin yang begitu perkasa, tidak ada pemain lain dikelasnya yang bisa berlagak. Tapi raungan mesin ini terdengar kasar.

Sampai saat ini Mitsubishi belum terbuka soal harga. Ekspor dimulai akhir tahun ini.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Mitsubishi Triton tampak samping. Modelnya ngga seperti Double Cabin biasanya yang masih terkesan kaku. :e-clap:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
frontier

Post by frontier »

Mits Triton baru ini cakep juga ya.... lagipula ada versi 2500cc turbo yang tenaganya lumayan : 140 hp.... kira-kira berapa ya harganya, kapan masuk ke Indonesia ? Adakah hasil review/test result nya ? di majalah mana ?
Salam,
Frontier, Banjarmasin
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

Baru lihat ternyata cabinnya mirip hyu ATOZ yah? :robot:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Naruto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat May 07, 2005 18:15
Location: Sby

Post by Naruto »

Dashboardnya kayak grandis nih. hhehe
blue-oval
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Feb 25, 2006 1:22

Post by blue-oval »

kurang suka nih ama modelnya.. kurang "COWOK"
Danny1205
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Dec 13, 2006 3:52
Location: Jakarta

Post by Danny1205 »

Yupe, sayang model-nya kurang macho, even interior-nya en features-nya keren banget.... L200 Strada yg lama tetep legendary model-nya.

Ada desas desus pihak Mitsubishi Motors Indo akan launch Triton bulan April 2007 ini. Di Malay sendiri yg notabene kualitas solar-nya sama jelek-nya dengan Indo Triton sudah mulai dipasarkan sejak bulan lalu dan mesin CRD Triton di-klaim oleh pihak Mitsubishi Malaysia tidak bermasalah dengan kualitas solar lokal. Apa bener yah ?!?
frontier

Post by frontier »

Kalo L-200 Strada memang tahan solar oplosan dibandingkan dengan Nissan Frontier atau Ford Ranger... gak tau kalo Triton ya...
Danny1205
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Dec 13, 2006 3:52
Location: Jakarta

Post by Danny1205 »

Pak Frontier, so far Frontier Bapak service interval-nya setiap berapa km & apa saja yg diganti kalo boleh tau ? Pensaran nih Frontier vs Strada lebih low maintenance + lebih irit mana... 8)

Btw, apa udah ada bocoran kapan Frontier baru seri D40 (di OZ namanya Navara) muncul di Indo ?? Di OZ sendiri Navara sama Hilux Vigo = DC paling HOT saat ini.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Kalau Dobel cab di kabin belakangnya bisa dibuat kotak sub en pasang sub-nya Funktion One yg 21"........drive pake Phoenix Gold RSd 1200.1.............kaca belakang di modif supaya bisa dibuka, sub ngarah ke belakang, geber lagu si Jablay, dijamin band dangdut gerobak keliling tewas semua......... :e-dance:
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Nih Triton jadinya kapan sih dirilis di Indo? apa sudah tentu April 2007?

Kalo dari segi model sih, memang tampangnya lebih modern dan lebih "kota" dibanding L200 lama...

tapi menurut saya, L200 lama (di Indo dinamakan Strada) juga jadi aneh dikasih sitcker dibodynya... paling macho adalah versi di luar yg warna hitam tanpa silver (di Indo oleh atpm hanya ada two tone)...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

2 bulan yang lalu di sby keliatan sih triton merah,cuman kayaknya punya IU.
yup modelnya lebih menarik daripada l200 lama
Danny1205
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Dec 13, 2006 3:52
Location: Jakarta

Post by Danny1205 »

L200 Strada yg tidak two-tone itu kalo gak salah yg seri GL & GLX (mega cab), mesin-nya 4M40 2.8 litre non turbo. Di Inggris, Thailand, Phillipines sendiri yg seri GLS mesin 4D56T 2.5 litre (turbo intercooler) warnanya tetap two-tone.

Interior Triton so far the best dibandingkan DC yg lain termasuk kalo dibandingkan dengan Hilux Vigo. En radius putar-nya juga paling kecil (5.9 m) dibandingkan L200 Strada yg 6.4 m.

Tapi kalo Triton tetep pakai mesin CRD bakal repot juga solar-nya :?
Mendingan L200 Strada yg low maintenance en ngga neko2 8)

Kalo ada user L200 Strada boleh dong sharing tentang plus minus si L200 Strada ini.... :wink:
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Danny1205 wrote:L200 Strada yg tidak two-tone itu kalo gak salah yg seri GL & GLX (mega cab), mesin-nya 4M40 2.8 litre non turbo. Di Inggris, Thailand, Phillipines sendiri yg seri GLS mesin 4D56T 2.5 litre (turbo intercooler) warnanya tetap two-tone.

Interior Triton so far the best dibandingkan DC yg lain termasuk kalo dibandingkan dengan Hilux Vigo. En radius putar-nya juga paling kecil (5.9 m) dibandingkan L200 Strada yg 6.4 m.

Tapi kalo Triton tetep pakai mesin CRD bakal repot juga solar-nya :?
Mendingan L200 Strada yg low maintenance en ngga neko2 8)

Kalo ada user L200 Strada boleh dong sharing tentang plus minus si L200 Strada ini.... :wink:
ada kok double cab yg tdk two tone.... di Inggris, yg namanya Warrior..

Versi sebelum facelift jg ada yg tdk two tone

Image
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Danny1205
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Dec 13, 2006 3:52
Location: Jakarta

Post by Danny1205 »

Pak WP benar, thanks atas info-nya... Di OZ juga keluar tapi mesin-nya bensin 3.0 liter V6, namanya Mitsubishi Storm.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

WP wrote:
Danny1205 wrote:L200 Strada yg tidak two-tone itu kalo gak salah yg seri GL & GLX (mega cab), mesin-nya 4M40 2.8 litre non turbo. Di Inggris, Thailand, Phillipines sendiri yg seri GLS mesin 4D56T 2.5 litre (turbo intercooler) warnanya tetap two-tone.

Interior Triton so far the best dibandingkan DC yg lain termasuk kalo dibandingkan dengan Hilux Vigo. En radius putar-nya juga paling kecil (5.9 m) dibandingkan L200 Strada yg 6.4 m.

Tapi kalo Triton tetep pakai mesin CRD bakal repot juga solar-nya :?
Mendingan L200 Strada yg low maintenance en ngga neko2 8)

Kalo ada user L200 Strada boleh dong sharing tentang plus minus si L200 Strada ini.... :wink:
ada kok double cab yg tdk two tone.... di Inggris, yg namanya Warrior..

Versi sebelum facelift jg ada yg tdk two tone

Image
Duh...cakep2 jadi pengangkut buah.
Dulu pernah jg liat di Pk Baru, Ford double cabin bawa 1 drum bensin dan setumpuk...................... kayu bakar. Kayaknya ulah "oknum" pegawai Caltex tuh.. ha..ha..ha..
frontier

Post by frontier »

Frontier yang gue pake milik kantor, larinya gila (3000cc turbodiesel 150 hp)... ringan banget mencapai 160 kpj.... bayangin monster gede gitu lari 160.....banyak dipake di daerah pertambangan di Kalsel.... servis ganti oli setiap 5000 km, pake oli khusus yang disediakan oleh Nissan.... selama ini sudah 4 X terpaksa kuras seluruh saluran BBM dan ganti filter BBM sebelum waktunya, karena kemasukan solar oplosan minyak tanah, gejalanya mesin mbrebet, gak bisa lari kencang (karena elemen filter BBM yang terbuat dari kertas itu mengembang karena minyak tanah, sampai menutupi sirkulasi BBM)... di bengkel sudah ada 2 atau 3 unit Frontier yang terkapar harus ganti komponen branstop, ndatengin dari Singapura, harganya sekitar 6-7 juta rupiah....
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

sepertinya perang double cabin part2 udah mulai.......gak kayak generasi pertama....generasi kedua bentuknya udah ga terlalu kaku, banyak kurva2 rounded.....
toyota udah lempar hilux vigo
mitsu udah keluarin triton
bagaimana dgn ford, mazda & nissan?
apa udah ada generasi barunya?
Danny1205
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Dec 13, 2006 3:52
Location: Jakarta

Post by Danny1205 »

Hari ini test drive Nissan Frontier (odometer 63.000 km).

En bener kata Pak Frontier, lari-nya gila !! Tinggal bejek gas aja di setiap pergantian gigi en this car will deliver almost everything you want. Malah sempet gigi 3 dibetot sampai redline, en langsung gas dilepas begitu denger kata org Nissan-nya ini mobil ngga ada RPM engine cut off-nya....

Itu Frontier katanya bekas dipake sama wartawan2 ke Aceh, Atambua segala + baru ganti kaki2 en pelat kopling. Jadi kopling-nya agak keras.

Tapi bawa Frontier 3.0 TDi sama sekali ngga berasa bawa mobil diesel, akselerasi en torsi-nya maut :twisted: L200 Strada kalah jauuh kalo soal performance dari mesin-nya.

G bawa ini mobil keliling kelapa gading, masuk2 ke jalan kecil segala, jalan rusak, jalan mulus. En yg bikin surprise lagi radius putar-nya udah kayak nyetir mobil kecil, U-turn sempit sekali lahap doang.... :D L200 Strada ngga bisa segesit ini di tikungan2 sempit atau U-turn.

Body lebar ngga terlalu berasa, driving position agak mirip sama nyetir Terrano, but slightly bigger. Tapi perpindahan tuas perseneling-nya yg agak jauh2 (agak lebih jauh dari kijang) terus terang engga se-asik kalo dibandingin sama L200 Strada yg jarak-nya lebih pendek2 & lebih smooth. En posisi tuas persneling yg menurut sy agak ketinggian dibandingin ergonomi posisi duduk.

Dan entah kenapa meskipun suspensi Frontier nyaman tapi "rebound"-nya terasa lebih banyak dibandingkan L200 Strada (yg berasa lebih stiff), suspensi Frontier agak berasa terlalu lembut jadi-nya.

Buat saya Frontier oke banget performance mesin-nya, tapi jadi susah diajak smooth riding, performance-nya galak, bawaan-nya jadi agresif terus (agresif = boros :D). Kalau L200 Strada menurut sy pribadi lebih smooth pembawaan-nya, lebih santai, pengoperasian gigi + ergonomis-nya lebih enak. Kalau mau ngebut >90 km/jam baru asik & ngga terlalu bolot.

Tinggal D-Max & Hilux Vigo yg belom test drive en kata org Isuzu D-Max ngga ada unit test drive-nya, masa sih ?!?!
Danny1205
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Dec 13, 2006 3:52
Location: Jakarta

Post by Danny1205 »

BTW kalau mau lihat komparasi D-Max vs Triton en Hilux vs D-Max bisa lihat di : http://www.motioncars.com, pilih disebelah kanan mobil2 apa yg mau diliat review-nya.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Danny1205 wrote:Pak WP benar, thanks atas info-nya... Di OZ juga keluar tapi mesin-nya bensin 3.0 liter V6, namanya Mitsubishi Storm.
Mitsubishi L200 Storm juga ada beberapa yg masuk lewat IU lho pak, saya pernah liat beberapa kali di Kemayoran.

Harganya lebih mahal dibanding versi ATPM, tapi memang lebih keren dan lengkap fiturnya.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
Danny1205
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Dec 13, 2006 3:52
Location: Jakarta

Post by Danny1205 »

Kayaknya Triton baru akan semakin jauh dari mata... Di tabloid otomotif hari ini laporan utama-nya tentang regulasi Euro 2, kualitas solar indo & mesin2 CRD. Innova diesel sendiri sudah dibekukan produksi-nya :?
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Danny1205 wrote:Kayaknya Triton baru akan semakin jauh dari mata... Di tabloid otomotif hari ini laporan utama-nya tentang regulasi Euro 2, kualitas solar indo & mesin2 CRD. Innova diesel sendiri sudah dibekukan produksi-nya :?
Pasangin tangki 150 Liter aja bos ( 2 x 75 ltr). Kalo diesel khan bisa sekitar 1:10 atau lebih. Kalo full tangki berarti bisa 1500 km tuh. JKT - SBY pulang pergi masih lebih tuh. Nggak pusing nyari pom bensin di luar JKT.
Danny1205
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Dec 13, 2006 3:52
Location: Jakarta

Post by Danny1205 »

Masalah terbesar = harga PertaDEX-nya yg bikin sekarat Pak :wink:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

IMHO :

Sebetulnya mesin CRD kalau dimasukkin solar biasa nggak langsung KO kayak anak kecil dicekokin Tequila, cuman utk efek jangka panjang saja.

Di Innova D4 D saya waktu purging di Km 10.000 warna cairan purgingnya nggak kecoklatan, hanya agak sedikit keruh aja, padahal dr baru nggak pernah full DEX, Biosolar 80% + DEX 20%. Kalau dipurging di KM 15.000 juga nggak masalah.

Kalau isinya solar biasa terus ya di purging tiap ceban kilo aja, toh biaya purging cuman 60 rebu., udah itu solar campur additive juga.

Sayang sekali memang mesin CRD di Sumatra & Kalimantan banyak yg menderita gara2 solar busuk, hal itu ibarat ayam terkapar di atas lumbung padi.

Why ?

Kalimantan & Sumatra kaya akan batubara & gas alam, yg mana merupakan bahan baku Synthetic Diesel Fuel which the F1 quality Diesel fuel with CN > 70 & almost zero sulphur content.

Lebih jauh tentang FT Syn Diesel Fuel :

http://www.sasolchevron.com/technology.htm

http://www.sasolchevron.com/GTLChallenge/the_fuel.htm

http://www.sasolchevron.com/GTLChallenge/media.asp?ID=2 <--- klik Day 47, GTL Delivers


Mau lihat warna solar sintetis spt apa :

http://www.syntroleum.com
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.