Page 3 of 5

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Fri Dec 08, 2017 5:18
by Xtremer
Yup bener agan" dan bro" sekalian. jangan ngikutin manual book nissan ganti oli cvt tiap 100rb KM. yang jelas kan kita bisa ngerasain itu mobil dari awal beli normal sampe ada yg aneh di bagian transmisinya. kalau ada yg aneh masih ga diganti kan gak masuk di akal hahaha. mending bener tiap 20rb ganti. kalau saya rencana ambil tngh aja tiap 30rb langsung kuras sekalian.

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Fri Dec 08, 2017 5:22
by Hanggar
Sharing rekomendasi merek olie CVT utk nissan dong Om ? Pake apa yg lebih bagus dari bawaan Beres ? Thx.

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Fri Dec 08, 2017 6:26
by Xtremer
Hanggar wrote: Fri Dec 08, 2017 5:22 Sharing rekomendasi merek olie CVT utk nissan dong Om ? Pake apa yg lebih bagus dari bawaan Beres ? Thx.
kalau lebih bagus sih rasanya gak ada bro. relatif juga toh oli buat transmisi bukan mesin. malah klo bisa ikutin beres aja kalau kata temen" disini. soalnya tiap beres kan kalau cvt ada spesifikasinya masing". kalau oli luaran kemaren ada yg sebutin itu diatas bisa pakai merk aisin sama apa satunya itu lupa saya.

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Fri Dec 08, 2017 6:28
by Xtremer
oiya bro" dan suhu" SM'ers ini barusan dapet info dari SM juga di thread ane satunya katanya minta ganti filter oli cvtnya. terus saya whatsapp orang beres katanya gak pernah ada yang namanya ganti filter cvt. wah yang bener yang mana ya ini

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Fri Dec 08, 2017 7:07
by josomba
Xtremer wrote: Fri Dec 08, 2017 6:28 oiya bro" dan suhu" SM'ers ini barusan dapet info dari SM juga di thread ane satunya katanya minta ganti filter oli cvtnya. terus saya whatsapp orang beres katanya gak pernah ada yang namanya ganti filter cvt. wah yang bener yang mana ya ini
Hmm, CMIIW dan mohon koreksi dari rekan SM yang lebih paham

tapi sepengetahuan saya yang cukup awam, transmission itu kan closed loop ya. Beda dengan oli mesin yang bisa terpapar debu dll

berikut ngutip dari Amsoil kalo oli mesin deterioration nya gimana
Motor oil deteriorates and becomes unfit for service due to accumulation of contaminants in the oil and chemical changes (additive depletion and oxidation) in the oil itself.

OilChangeManAbrasives

• Dust and Dirt
The design limitations of air cleaners, some oil fill caps and crankcase ventilation systems allow a certain level of dust and dirt into the engine, while leaks in the intake system can permit unfiltered air to enter the engine. Proper maintenance of the engine and its accessories can minimize the amount of contaminants entering the lubrication system and extend engine life.

• Metal Particles
Normal wear of engine parts produces very small metal particles that are picked up and circulated by the oil. Particles of road dust and dirt increase wear rates and generate larger, even more abrasive metal particles that are circulated through the engine by the oil. While oil filters help keep these particles at a minimum, they can’t remove them entirely.

Combustion By-Products

• Water
Combustion produces water vapor, or steam. When engine temperatures are high, most of the water remains in vapor form and exits through the exhaust. However, when engine temperatures are low, such as at start-up, warm-up and during short-trip operation in low ambient temperatures, the water vapor condenses (turns into a liquid) on cylinder walls and enters the crankcase oil, where it leads to sludge and corrosion.

• Acids
The combustion process produces acidic gases which, like water vapor, condense on cylinder walls at cold engine temperatures and find their way into the crankcase oil. The gases combine with water to cause corrosion.

• Soot and Carbon
Incomplete combustion produces soot, carbon and other deposit-forming materials. An engine running too “rich,” or with too much fuel, increases contaminant levels. Light-load, low-speed gasoline engine operation and high-load, low-speed diesel engine operation increase levels of these combustion by-products.

• Dilution
When an engine is started or running abnormally, some unburned fuel is deposited on cylinder walls, leaking past the rings and into the crankcase, where it reduces oil viscosity. Fuel dilution decreases oil film strength and increases oil consumption. Although this is only a minor problem when engine operation is at high-speed or high-temperatures, it can be a significant problem in vehicles consistently used for short-trips.
Nah karena tidak ada combustion process di transmission, maka ga akan sekotor oli mobil yang harus ganti filter juga. Kalau oli transmisi deteriorate nya mengental atau additive-nya udah pada breakdown. Saya biasa kalo ganti oli cvt cuman ganti oli-nya aja, ga beserta filternya sih. di rumah juga ada pacar si T32, mobilio yang udah jalan 90k KM CVT, itu juga cuman pernah ganti oli cvt tok sih (ya entah kalo honda jgn2 ga ada filternya ya). heheh.

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Fri Dec 08, 2017 7:25
by arfs
Cuman bisa ngakak dah kalo dibilang transmisi matic / cvt kgk ada filter nya.. :big_biglaugh:

Wong jelas jelas di Service manual book nya Nissin ditulis ada filter nya.

Image

Image
Liat no 7 nya (strainer) .

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Fri Dec 08, 2017 7:46
by josomba
arfs wrote: Fri Dec 08, 2017 7:25 Cuman bisa ngakak dah kalo dibilang transmisi matic / cvt kgk ada filter nya.. :big_biglaugh:

Wong jelas jelas di Service manual book nya Nissin ditulis ada filter nya.

-CUT-

Liat no 7 nya (strainer) .
Tapi apa perlu diganti om? Dalam kondisi normal pada umumnya saja maksudnya ya. Periodic maintenance soalnya ga ada item filter cvt oil...even merk sebelah. Kayaknya wajar BeRes ga selalu ready stock seperti di kasus om Xtremer.

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Fri Dec 08, 2017 7:56
by arfs
josomba wrote: Tapi apa perlu diganti om? Dalam kondisi normal pada umumnya saja maksudnya ya. Periodic maintenance soalnya ga ada item filter cvt oil...even merk sebelah. Kayaknya wajar BeRes ga selalu ready stock seperti di kasus om Xtremer.
Yah balik lg ke masing-masing user...
Saya sih ud pernah liat sendiri kondisi magnet di oil pan ATF dan filter SX4 saya waktu diganti pas 60rb km kemaren.. Image

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Fri Dec 08, 2017 8:33
by josomba
arfs wrote: Fri Dec 08, 2017 7:56
Yah balik lg ke masing-masing user...
Saya sih ud pernah liat sendiri kondisi magnet di oil pan ATF dan filter SX4 saya waktu diganti pas 60rb km kemaren..
wah serem juga ya sampe segitunya pada nempel di pan, well bener kata om arfs balik ke masing2 user.

Buat om Xtremer, kalau saya pribadi sih tetep prefer asal ganti oli cvt-nya aja rutin. Pernah pelihara juke sampe 140 ribu KM soalnya juga cuman 3x ganti oli cvt, ya aman2 aja sih waktu itu. hehe.

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Fri Dec 08, 2017 8:42
by Xtremer
josomba wrote: Fri Dec 08, 2017 8:33
arfs wrote: Fri Dec 08, 2017 7:56
Yah balik lg ke masing-masing user...
Saya sih ud pernah liat sendiri kondisi magnet di oil pan ATF dan filter SX4 saya waktu diganti pas 60rb km kemaren..
wah serem juga ya sampe segitunya pada nempel di pan, well bener kata om arfs balik ke masing2 user.

Buat om Xtremer, kalau saya pribadi sih tetep prefer asal ganti oli cvt-nya aja rutin. Pernah pelihara juke sampe 140 ribu KM soalnya juga cuman 3x ganti oli cvt, ya aman2 aja sih waktu itu. hehe.
iya semoga ga kenapa" dah hahaha. jadi dapet ilmu baru ada filter cvt segala tambah makin was" wkkwkwkw. btw itu oil pan di foto nya kan bisa dibersihin pake tisu. apa filternya bisa dibersihin juga sekalian sama beres makanya ga perlu ganti ya? hahahah newbie sayaa :mky_01: :mky_01:

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Fri Dec 08, 2017 10:16
by kunaskun
Xtremer wrote: Fri Dec 08, 2017 8:42

iya semoga ga kenapa" dah hahaha. jadi dapet ilmu baru ada filter cvt segala tambah makin was" wkkwkwkw. btw itu oil pan di foto nya kan bisa dibersihin pake tisu. apa filternya bisa dibersihin juga sekalian sama beres makanya ga perlu ganti ya? hahahah newbie sayaa :mky_01: :mky_01:
ga cuma cvt, afaik transmisi geared AT pun ada, bentuknya pun macem2 yang paling sederhana ya macem gardan, pake baut magnet doang, ada yang oil pan ada magnetnya, ada yang cuma screening filter, ada yang bentuknya macem filter oli beneran, dsb.

soal diganti atau ga, namanya beres saya yakin ngga, dibersihin pun ga tentu, karena kan ada mobil yang memang ga perlu buka oi pan untuk ganti ATF/CVTF.

btw, kalau emang mau prima, kalau saya si kerjaan ginian sebisanya ke spesialis matik yang well known, sukur2 ada itu service manual bisa sekalian coba order part tersebut (kalau ada part nmber-nya).

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Sat Dec 09, 2017 2:30
by Xtremer
kunaskun wrote: Fri Dec 08, 2017 10:16
Xtremer wrote: Fri Dec 08, 2017 8:42

iya semoga ga kenapa" dah hahaha. jadi dapet ilmu baru ada filter cvt segala tambah makin was" wkkwkwkw. btw itu oil pan di foto nya kan bisa dibersihin pake tisu. apa filternya bisa dibersihin juga sekalian sama beres makanya ga perlu ganti ya? hahahah newbie sayaa :mky_01: :mky_01:
ga cuma cvt, afaik transmisi geared AT pun ada, bentuknya pun macem2 yang paling sederhana ya macem gardan, pake baut magnet doang, ada yang oil pan ada magnetnya, ada yang cuma screening filter, ada yang bentuknya macem filter oli beneran, dsb.

soal diganti atau ga, namanya beres saya yakin ngga, dibersihin pun ga tentu, karena kan ada mobil yang memang ga perlu buka oi pan untuk ganti ATF/CVTF.

btw, kalau emang mau prima, kalau saya si kerjaan ginian sebisanya ke spesialis matik yang well known, sukur2 ada itu service manual bisa sekalian coba order part tersebut (kalau ada part nmber-nya).
Iya benernya pengen juga ke bengkel spesialis matic. Tapi ane di sby dan ga pernah denger bengkel spesialis matic masih sampai skrng bro

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Sat Dec 09, 2017 2:55
by Herman7103
Xtremer wrote:
kunaskun wrote: Fri Dec 08, 2017 10:16
Xtremer wrote: Fri Dec 08, 2017 8:42

iya semoga ga kenapa" dah hahaha. jadi dapet ilmu baru ada filter cvt segala tambah makin was" wkkwkwkw. btw itu oil pan di foto nya kan bisa dibersihin pake tisu. apa filternya bisa dibersihin juga sekalian sama beres makanya ga perlu ganti ya? hahahah newbie sayaa :mky_01: :mky_01:
ga cuma cvt, afaik transmisi geared AT pun ada, bentuknya pun macem2 yang paling sederhana ya macem gardan, pake baut magnet doang, ada yang oil pan ada magnetnya, ada yang cuma screening filter, ada yang bentuknya macem filter oli beneran, dsb.

soal diganti atau ga, namanya beres saya yakin ngga, dibersihin pun ga tentu, karena kan ada mobil yang memang ga perlu buka oi pan untuk ganti ATF/CVTF.

btw, kalau emang mau prima, kalau saya si kerjaan ginian sebisanya ke spesialis matik yang well known, sukur2 ada itu service manual bisa sekalian coba order part tersebut (kalau ada part nmber-nya).
Iya benernya pengen juga ke bengkel spesialis matic. Tapi ane di sby dan ga pernah denger bengkel spesialis matic masih sampai skrng bro
Kalau saya yg di pulau Sumatera bagian Selatan lebih parah lagi he.. he. ngak ketemu bengkel matic CVT recommended di sekitar sini jadi ngandalkan beres nya. Hopefully mekanik beresnya udh terlatih dgn baik utk masalah ganti oli CVT yg baik dan benar.
kunaskun wrote:
Xtremer wrote: Fri Dec 08, 2017 8:42

iya semoga ga kenapa" dah hahaha. jadi dapet ilmu baru ada filter cvt segala tambah makin was" wkkwkwkw. btw itu oil pan di foto nya kan bisa dibersihin pake tisu. apa filternya bisa dibersihin juga sekalian sama beres makanya ga perlu ganti ya? hahahah newbie sayaa :mky_01: :mky_01:
ga cuma cvt, afaik transmisi geared AT pun ada, bentuknya pun macem2 yang paling sederhana ya macem gardan, pake baut magnet doang, ada yang oil pan ada magnetnya, ada yang cuma screening filter, ada yang bentuknya macem filter oli beneran, dsb.

soal diganti atau ga, namanya beres saya yakin ngga, dibersihin pun ga tentu, karena kan ada mobil yang memang ga perlu buka oi pan untuk ganti ATF/CVTF.

btw, kalau emang mau prima, kalau saya si kerjaan ginian sebisanya ke spesialis matik yang well known, sukur2 ada itu service manual bisa sekalian coba order part tersebut (kalau ada part nmber-nya).

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Sun Dec 17, 2017 0:14
by Greenhunter
Maap ikut join pertanyaan.
saya rencana flushing oli matic old grand livina XV 2008 yang gak tau pernah dikuras atau tidak. Kilometer skrg 120.000.
bingungnya apakah harus flushing di beres ataukah bisa dibengkel biasa yang punya alat ATF changer ?
Sempat tanya dibengkel biasa dia punya alat ATF changer dan punya oli matic merk Mobil 1 type D atau oli shell yang dexron 3.
Minta bimbingannya oli apa yang harus dipakai ?

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Sat Jan 20, 2018 17:02
by arfs
Bersih banget nih CVTF Stainer sama filter nya.... [emoji85]

2013 August ANGL 1.5 CVT - Odo 61.800 km.

Buat yg flush doang tanpa buka CVTF oil pan, siap2 aja 1.8 liter CVTF lama nya kgk bisa kebuang dari drain plug nya... Wkwkwkk

Sehabis flush CVTF dan ganti strainer dan filter nya tarikan berasa enak. Gearbox jg berasa lebih direct, terasa spt selip berkurang.

ImageImageImageImageImageImage
ImageImage

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Sun Jan 21, 2018 0:04
by Herman7103
Mantap Om prbs sharingnya,
utk tambahan knowledge saya saat mobil perang kesayangan keluarga nanti saatnya flush matic CVT kalau sdh saatnya.

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Sun Jan 21, 2018 0:14
by b8099ok
arfs wrote: Sat Jan 20, 2018 17:02 Bersih banget nih CVTF Stainer sama filter nya.... [emoji85]

2013 August ANGL 1.5 CVT - Odo 61.800 km.

Buat yg flush doang tanpa buka CVTF oil pan, siap2 aja 1.8 liter CVTF lama nya kgk bisa kebuang dari drain plug nya... Wkwkwkk

Sehabis flush CVTF dan ganti strainer dan filter nya tarikan berasa enak. Gearbox jg berasa lebih direct, terasa spt selip berkurang.

ImageImageImageImageImageImage
ImageImage
Hrsnya elu ganti cvtf pas 200k. :ngacir:

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Sun Jan 21, 2018 1:30
by alvin23
arfs wrote: Sat Jan 20, 2018 17:02 Bersih banget nih CVTF Stainer sama filter nya.... [emoji85]

2013 August ANGL 1.5 CVT - Odo 61.800 km.

Buat yg flush doang tanpa buka CVTF oil pan, siap2 aja 1.8 liter CVTF lama nya kgk bisa kebuang dari drain plug nya... Wkwkwkk

Sehabis flush CVTF dan ganti strainer dan filter nya tarikan berasa enak. Gearbox jg berasa lebih direct, terasa spt selip berkurang.

ini yang diganti berarti filter sama apa oms? Perlu Gasket juga?

Filter matic/cvt belinya dimana? kyknya jarang yg jual

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Sun Jan 21, 2018 1:36
by arfs
alvin23 wrote: ini yang diganti berarti filter sama apa oms? Perlu Gasket juga?

Filter matic/cvt belinya dimana? kyknya jarang yg jual
Gasket sebaiknya ganti biar kgk was" rembes.
Filter dan cover filter nya di beres nissin.
Gasket dan strainer beli di e mobil part tokopedia melalui WA (special order).

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Sun Jan 21, 2018 1:37
by arfs
b8099ok wrote: Hrsnya elu ganti cvtf pas 200k. :ngacir:
Coba aja di mirage u.. Wkk :ngacir:

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Sun Jan 21, 2018 11:09
by lemonadelovers
arfs wrote: Sat Jan 20, 2018 17:02 Bersih banget nih CVTF Stainer sama filter nya.... [emoji85]

2013 August ANGL 1.5 CVT - Odo 61.800 km.

Buat yg flush doang tanpa buka CVTF oil pan, siap2 aja 1.8 liter CVTF lama nya kgk bisa kebuang dari drain plug nya... Wkwkwkk

Sehabis flush CVTF dan ganti strainer dan filter nya tarikan berasa enak. Gearbox jg berasa lebih direct, terasa spt selip berkurang.

ImageImageImageImageImageImage
ImageImage
Flushing di bengkel mana om?

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Sun Jan 21, 2018 16:09
by arfs
lemonadelovers wrote:
Flushing di bengkel mana om?
Auto Car Trix - Gading Serpong.

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Mon Jan 22, 2018 0:03
by DOHC
@arfs : batu makam cvt nya, utk filter ama strainer jd satu om ?? atau strainer nya terpisah nempel di oil pan bawah ??

btw filter cvt yg kuning itu mirip ama honda cvt punya..

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Mon Jan 22, 2018 1:09
by arfs
@om klep: terpisah om... Strainer di bagian bawah... Tepat dibawah nya body valve...

Filter nya ada di samping lokasi nya... Seperti di gambar no 5.

Re: XTronic CVT Nissan Perlu flushing (kuras) oli matic gak ya?

Posted: Mon Jan 22, 2018 2:19
by iritpoll
Sekedar sharing, pas cek 30KM untuk T32 di beres, tanya ama SA krn baru kali ini pake CVT, mas itu cara ngecek oil CVTnya gimana? kan nggak ada dip sticknya. Trus berapa KM harus diganti? Jawab SA, oil CVT harus dicek pakai alat khusus kemudian oil CVT diganti setelah 100K point bukan 100K KM. Menghitung pointnya ambil data pake komputer ke TCM.
Wah nggak tau nih... info yg disampaikan bener atau nggak....

Dulu pernah ganti oil AT pertama di Freed 5AT sekitar 40KM di non beres, ada mur yang dibuka, dan memang semua kotoran numpuk di mur tersebut. Kotoran seperti bubuk logam (gram), dan ternyata mur tersebut memang didesain ada Magnetnya untuk nangkap gram tersebut...