Kampas rem aftermarket terbaik

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9628
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by Suryaputra »

jsatriani wrote: Mon Feb 14, 2022 13:24
Suryaputra wrote: Mon Feb 14, 2022 10:34
jsatriani wrote: Mon Feb 14, 2022 10:25

Oalah itu nMa nya plat indikator toh mbah surya :big_biglaugh:
Jadi keliatan banget newbie nya aing.
Nah kalau rotor disc yg mbah pake ada kemungkinan bsa d pake d m2 ga? Mengingat lineup untuk m2 hanya ada tipe solid.

Itu mksdnya plat indicator itu mbah posisi beda ngaruh gak?


To om joe :
Siyap makasi om pencerahan nya, klo beneran bsa lumayan om buat alternatif. Bsa pake ori sgp jg sbg alternatif, sama2 akebono tp hemat setengah hrga lbh dikit 😁
klo pendapat sy pribadi, based on baca2 di sini dan forum yg ada.
better kombinasi nya adalah:
- Brakepad Satu merk dengan Disc Brake
- atau paling tidak, gunakan lah Genuine Brakepad atau kelas OEM spt Akebono, Nissin, dkk yang mana didesign untuk mobil tipe tersebut

Sy pakai kombinasi Genuine Brakepad + Brembo Max Discbrake.
Next nya mau coba Brembo Brakepad.

Bukannya apa2, safety is second to none

Ibaratnya (klo sy pribadi loh)
mending sy hemat makan indomie, dan nabung beli brakepad ori pabrik.
untuk keamanan keluarga :upss:
Nah itu om, mksd sy klo ori sijuki ertelu bsa d pake n pas ya enak bsa jadi alternatip. M2 untuk kampas ori nya klo gasalah depan itu 1.2-1.5 deh, yg bikin masi akenobo yepang.
Make sgp ya dapet akenobo lokal, cuma ya tetep standar akenobo, kemudian ada alternatif ny aftermarket nya akebobo cuma 230-250 buat ertelu.
Kalu buat sy pribadi sbnr nya pad ori enak meskipun dusty, kalau merk lain belum pernah coba samasekali.
Coba cek part numbernya

https://www.tokopedia.com/wijayaco/brak ... nal-brembo

Klo part number sama, sikat aja.

Mazda 2 DE (non skyactive) & fiesta konon sama.
Tp beda sm mazda 2 skyactive.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by Omnibus »

jsatriani wrote: Mon Feb 14, 2022 10:25
Itu mksdnya plat indicator itu mbah posisi beda ngaruh gak?

posisi plat wear indicator itu berbeda utk roda kiri dan roda kanan. coba perhatikan gambar ini. jd kl dibilang posisi beda itu mungkin tinggal perkara kanan kiri aja.

yg penting ukuran kupingnya sama jd ga getar atau bunyi "trek trek" pas rem diinjak. dan dimensi friction material nya sama dgn genuine masda.


Image

source: tokopedia
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by jsatriani »

Omnibus wrote: Mon Feb 14, 2022 15:08
jsatriani wrote: Mon Feb 14, 2022 10:25
Itu mksdnya plat indicator itu mbah posisi beda ngaruh gak?

posisi plat wear indicator itu berbeda utk roda kiri dan roda kanan. coba perhatikan gambar ini. jd kl dibilang posisi beda itu mungkin tinggal perkara kanan kiri aja.

yg penting ukuran kupingnya sama jd ga getar atau bunyi "trek trek" pas rem diinjak. dan dimensi friction material nya sama dgn genuine masda.


Image

source: tokopedia
Mbah omni, plat wear indicator itu d lepas ndak masalah kan?
Kalau punya m2 untuk plat wear indiactor ada nya d kuping, bukan di bawah sprti itu.
Tp setelah sy amati sih memang kuping dan bentuk fisik nya sama memang om dengan all new ertelu 2019++.
Berikut size comparison nya ambil dr web sangsin
Kiri m2 sky, kanan new ertelu
E4E0DEBD-788C-48CF-825F-461736C1DD9B.png
To mbah surya:
DE dan fiesta sama ke ertelu memang, tp beda jauh ke DJ.
Kalo DJ menurut kang spare part nya sama ke new ertelu 2019++/xl7.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by Omnibus »

jsatriani wrote: Mon Feb 14, 2022 19:05
Omnibus wrote: Mon Feb 14, 2022 15:08
jsatriani wrote: Mon Feb 14, 2022 10:25
Itu mksdnya plat indicator itu mbah posisi beda ngaruh gak?

posisi plat wear indicator itu berbeda utk roda kiri dan roda kanan. coba perhatikan gambar ini. jd kl dibilang posisi beda itu mungkin tinggal perkara kanan kiri aja.

yg penting ukuran kupingnya sama jd ga getar atau bunyi "trek trek" pas rem diinjak. dan dimensi friction material nya sama dgn genuine masda.


Image

source: tokopedia
Mbah omni, plat wear indicator itu d lepas ndak masalah kan?
Kalau punya m2 untuk plat wear indiactor ada nya d kuping, bukan di bawah sprti itu.
Tp setelah sy amati sih memang kuping dan bentuk fisik nya sama memang om dengan all new ertelu 2019++.
Berikut size comparison nya ambil dr web sangsin
Kiri m2 sky, kanan new ertelu

E4E0DEBD-788C-48CF-825F-461736C1DD9B.png

To mbah surya:
DE dan fiesta sama ke ertelu memang, tp beda jauh ke DJ.
Kalo DJ menurut kang spare part nya sama ke new ertelu 2019++/xl7.
oh begitu beda posisi ya. ga masalah itu dicabut cuma kl habis ya ga ada indikator bunyi jd hrs rajin2 cek sendiri ketebalannya periodically.
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by jsatriani »

Omnibus wrote: Mon Feb 14, 2022 19:09
jsatriani wrote: Mon Feb 14, 2022 19:05
Omnibus wrote: Mon Feb 14, 2022 15:08

posisi plat wear indicator itu berbeda utk roda kiri dan roda kanan. coba perhatikan gambar ini. jd kl dibilang posisi beda itu mungkin tinggal perkara kanan kiri aja.

yg penting ukuran kupingnya sama jd ga getar atau bunyi "trek trek" pas rem diinjak. dan dimensi friction material nya sama dgn genuine masda.


Image

source: tokopedia
Mbah omni, plat wear indicator itu d lepas ndak masalah kan?
Kalau punya m2 untuk plat wear indiactor ada nya d kuping, bukan di bawah sprti itu.
Tp setelah sy amati sih memang kuping dan bentuk fisik nya sama memang om dengan all new ertelu 2019++.
Berikut size comparison nya ambil dr web sangsin
Kiri m2 sky, kanan new ertelu

E4E0DEBD-788C-48CF-825F-461736C1DD9B.png

To mbah surya:
DE dan fiesta sama ke ertelu memang, tp beda jauh ke DJ.
Kalo DJ menurut kang spare part nya sama ke new ertelu 2019++/xl7.
oh begitu beda posisi ya. ga masalah itu dicabut cuma kl habis ya ga ada indikator bunyi jd hrs rajin2 cek sendiri ketebalannya periodically.
woke makasih mbah omni, nanti kalau terpasang dengan baik tak update.
oh ya mbah, kalau merk brix performance itu barang mana ya? tak cari website nya gak ada world wide nya

https://www.tokopedia.com/brix

pedagang nya sih jualan part brembo juga si mbah, tp penjualan yg di utamain nya sprti nya ya produk brix nya ini.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by Omnibus »

jsatriani wrote: Mon Feb 14, 2022 20:35
woke makasih mbah omni, nanti kalau terpasang dengan baik tak update.
oh ya mbah, kalau merk brix performance itu barang mana ya? tak cari website nya gak ada world wide nya

https://www.tokopedia.com/brix

pedagang nya sih jualan part brembo juga si mbah, tp penjualan yg di utamain nya sprti nya ya produk brix nya ini.
siap you're welcome om.

kl brix kurang tau, sy banyak ga tau merk, itu ada dohc genuine brake pads baru launching juga taunya kemaren. :upss: :upss:
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by jsatriani »

Omnibus wrote: Mon Feb 14, 2022 20:52
jsatriani wrote: Mon Feb 14, 2022 20:35
woke makasih mbah omni, nanti kalau terpasang dengan baik tak update.
oh ya mbah, kalau merk brix performance itu barang mana ya? tak cari website nya gak ada world wide nya

https://www.tokopedia.com/brix

pedagang nya sih jualan part brembo juga si mbah, tp penjualan yg di utamain nya sprti nya ya produk brix nya ini.
siap you're welcome om.

kl brix kurang tau, sy banyak ga tau merk, itu ada dohc genuine brake pads baru launching juga taunya kemaren. :upss: :upss:
DOHC Brakes gak sanggup sy om, mahal banget itu brake parts nya. Udah semi resing n kebanyakan sedia untuk mobil yurop.

secara teknis kalau sy pakai rotor disc yg di gunakan mbah surya, kira2 bsa masuk gak ya mbah?
soale brembo yg untuk m2 cuma ngeluarin 1 tipe aja yg tipe solid. harga nyaris sama ama yg mbah surya pakai.
tak liat perbedaan sih di hole untuk as baut roda nya, punya si ahond lebih kecil, dan khusus rotor depan d m2 gak ada baut buat nempel ke hub nya, kecuali belakang.
mohon advice mbah
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9628
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by Suryaputra »

jsatriani wrote: Mon Feb 14, 2022 20:57
Omnibus wrote: Mon Feb 14, 2022 20:52
jsatriani wrote: Mon Feb 14, 2022 20:35
woke makasih mbah omni, nanti kalau terpasang dengan baik tak update.
oh ya mbah, kalau merk brix performance itu barang mana ya? tak cari website nya gak ada world wide nya

https://www.tokopedia.com/brix

pedagang nya sih jualan part brembo juga si mbah, tp penjualan yg di utamain nya sprti nya ya produk brix nya ini.
siap you're welcome om.

kl brix kurang tau, sy banyak ga tau merk, itu ada dohc genuine brake pads baru launching juga taunya kemaren. :upss: :upss:
DOHC Brakes gak sanggup sy om, mahal banget itu brake parts nya. Udah semi resing n kebanyakan sedia untuk mobil yurop.

secara teknis kalau sy pakai rotor disc yg di gunakan mbah surya, kira2 bsa masuk gak ya mbah?
soale brembo yg untuk m2 cuma ngeluarin 1 tipe aja yg tipe solid. harga nyaris sama ama yg mbah surya pakai.
tak liat perbedaan sih di hole untuk as baut roda nya, punya si ahond lebih kecil, dan khusus rotor depan d m2 gak ada baut buat nempel ke hub nya, kecuali belakang.
mohon advice mbah
Brembo solid discbrake, klo dipasangin sm brembo brakepad, emang udh by designed sepasang.
Jadi harusnya gak masalah.

Apalagi harganya sama.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by jsatriani »

Maaf OOt sedikit mau tanya masi area brake tp d lain part.
Seperti nya agak sedikit yg bahas tentang bersih2 brake caliper dan pergantian seal.
Pertanyaan nya:
1. sebaik nya bersih2 caliper dengan cara bongkar itu di usia kendaraan sdh lbh dr brp th?
2. Seal caliper itu ketahanan brp th dan harus nya ada interval penggantian atau nunggu ada rembes dlu?
3. Bagian plug bleeder jg sebaik nya brp lama di ganti? Yg sy lihat sewaktu bersi2 rem, area itu sprti rawan kena rembesan air.

Mohon pencerahan klau ada yg bsa membagi edukasi soal ini.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11010
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by marmut »

jsatriani wrote: Tue Feb 15, 2022 4:30 Maaf OOt sedikit mau tanya masi area brake tp d lain part.
Seperti nya agak sedikit yg bahas tentang bersih2 brake caliper dan pergantian seal.
Pertanyaan nya:
1. sebaik nya bersih2 caliper dengan cara bongkar itu di usia kendaraan sdh lbh dr brp th?
2. Seal caliper itu ketahanan brp th dan harus nya ada interval penggantian atau nunggu ada rembes dlu?
3. Bagian plug bleeder jg sebaik nya brp lama di ganti? Yg sy lihat sewaktu bersi2 rem, area itu sprti rawan kena rembesan air.

Mohon pencerahan klau ada yg bsa membagi edukasi soal ini.


kuras minyak rem 1 tahun 1x dan servis rem (dibersihkan dan regrease) setiap 20rb KM*.

kalau itu rutin dilakukan, nggak pusing dengan nomer 2 dan 3.
btw nipple/plug bleeder musti ada penutupnya berupa karet. diperhatikan jangan sampai hilang. kalau tidak ada cap/penutup, kotoran pasti masuk dan bikin mampet.


* = tergantung gaya mengemudi dan jalur yang dilewati. kalau sering lewat jalan basah/belumpur/kotor, harus dipercepat.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by Omnibus »

marmut wrote: Tue Feb 15, 2022 5:23
kuras minyak rem 1 tahun 1x dan servis rem (dibersihkan dan regrease) setiap 20rb KM*.

kalau itu rutin dilakukan, nggak pusing dengan nomer 2 dan 3.
btw nipple/plug bleeder musti ada penutupnya berupa karet. diperhatikan jangan sampai hilang. kalau tidak ada cap/penutup, kotoran pasti masuk dan bikin mampet.


* = tergantung gaya mengemudi dan jalur yang dilewati. kalau sering lewat jalan basah/belumpur/kotor, harus dipercepat.
ada kisah yg sy mau share ttg ganti minyak rem mbah.

pas ganti minyak rem vrz, menurut sy cara sy sdh proper, tabung disedot, dikasih minyak baru, dan di vacuum bleed dr nepel. begitu selesai dgn yakin sy test pakai tester kan, duar ternyata msh kuning lampu yg nyala (msh ada kandungan air). pala berbie muter kan, yg salah apa. minyak pun dr kaleng baru dibuka sdh ditest oke kok.

krn ga percaya, test lagi, kali ini probe sy masukin lbh dalam sebab tadinya cuma nempel di permukaan minyak aja di reservoirnya. dan hasilnya lampu hijau. artinya si tester ini begitu sensitif baca kandungan air, begitu ada air sedikit aja si air jd konduktor listrik yg mengalirkan listrik diantara kutub +ve dan -ve ujung probe tester itu.
akhirnya sy sedot lagi pakai sedotan aquarium khusus bagian permukaan minyak di reservoir, rupanya mungkin sy kurang sampai bersih banget nyedot sebelumnya. akhirnya test lagi lampu hijau dr permukaan sampai dasarnya.

ada bbrp pelajaran yg bisa sy petik dr pengalaman ini (buset dah baku banget bhs ai :big_slap: )

1. tester begitu sensitif, bagus juga jd nyedot minyak lama harus sampai betul2 habis, kl engga dia naik ke permukaan n bikin false reading.

2. minyak rem higroskopis/menyerap air, artinya air berhomogen dgn minyak rem. mungkin berbeda konsep dgn bensin yg krn beda density terpisah antara molekul air dan minyak (ga tau sy bukan scientist cuma berdasarkan apa yg sy lihat). air kan harusnya di bawah, minyak diatas. ini malah minyak lama yg ngambang di atas permukaan.

3. air dlm minyak rem krn bersifat konduktor maka kl minyak rem kelamaan selain bisa merusak komponen metal krn karat, juga bisa berpotensi merusak komponen elektronik di abs actuator seperti solenoid2nya akibat korslet.

maka itu kl di reservoir bersih dr awal (ga ada faktor false reading), sy skrg ganti minyak rem berdasarkan tester aja. kaleng ate dot 4 bilang change yearly tp skrg di jazz sdh setaun lebih msh lampu hijau. begitu kuning langsung sy ganti tp setuju, max 2 tahun. :big_okay:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1623
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: Mon Feb 14, 2022 10:34
jsatriani wrote: Mon Feb 14, 2022 10:25
Suryaputra wrote: Mon Feb 14, 2022 4:47

Plat kecil yg nempel di belakang brakepad, buat indikator klo kampas dah hrs diganti.

Ini contohny klo dah sama indikator plat dgn kampas, pasti bunyi dan hrs ganti

Image

Beda posisinya spt apa mbah?
Oalah itu nMa nya plat indikator toh mbah surya :big_biglaugh:
Jadi keliatan banget newbie nya aing.
Nah kalau rotor disc yg mbah pake ada kemungkinan bsa d pake d m2 ga? Mengingat lineup untuk m2 hanya ada tipe solid.

Itu mksdnya plat indicator itu mbah posisi beda ngaruh gak?


To om joe :
Siyap makasi om pencerahan nya, klo beneran bsa lumayan om buat alternatif. Bsa pake ori sgp jg sbg alternatif, sama2 akebono tp hemat setengah hrga lbh dikit 😁
klo pendapat sy pribadi, based on baca2 di sini dan forum yg ada.
better kombinasi nya adalah:
- Brakepad Satu merk dengan Disc Brake
- atau paling tidak, gunakan lah Genuine Brakepad atau kelas OEM spt Akebono, Nissin, dkk yang mana didesign untuk mobil tipe tersebut

Sy pakai kombinasi Genuine Brakepad + Brembo Max Discbrake.
Next nya mau coba Brembo Brakepad.

Bukannya apa2, safety is second to none

Ibaratnya (klo sy pribadi loh)
mending sy hemat makan indomie, dan nabung beli brakepad ori pabrik.
untuk keamanan keluarga :upss:
nimbrung ya oom...

btw ada yg tau kah merk brakepad & disc punya si m2 dj?

& adakah rekomendasi utk brake padnya?

udah mikir" mau cari brakepad soalnya kaki kanan berat terus, susah lepas :big_biglaugh:

baru mau 2 tahun tapi feel ngeremnya jadi agak jauh :big_biglaugh:

dan upgrade brake line itu rekomen ga ya? apa bisa bantu pengereman?
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by jsatriani »

Omnibus wrote: Tue Feb 15, 2022 5:54
marmut wrote: Tue Feb 15, 2022 5:23
kuras minyak rem 1 tahun 1x dan servis rem (dibersihkan dan regrease) setiap 20rb KM*.

kalau itu rutin dilakukan, nggak pusing dengan nomer 2 dan 3.
btw nipple/plug bleeder musti ada penutupnya berupa karet. diperhatikan jangan sampai hilang. kalau tidak ada cap/penutup, kotoran pasti masuk dan bikin mampet.


* = tergantung gaya mengemudi dan jalur yang dilewati. kalau sering lewat jalan basah/belumpur/kotor, harus dipercepat.
ada kisah yg sy mau share ttg ganti minyak rem mbah.

pas ganti minyak rem vrz, menurut sy cara sy sdh proper, tabung disedot, dikasih minyak baru, dan di vacuum bleed dr nepel. begitu selesai dgn yakin sy test pakai tester kan, duar ternyata msh kuning lampu yg nyala (msh ada kandungan air). pala berbie muter kan, yg salah apa. minyak pun dr kaleng baru dibuka sdh ditest oke kok.

krn ga percaya, test lagi, kali ini probe sy masukin lbh dalam sebab tadinya cuma nempel di permukaan minyak aja di reservoirnya. dan hasilnya lampu hijau. artinya si tester ini begitu sensitif baca kandungan air, begitu ada air sedikit aja si air jd konduktor listrik yg mengalirkan listrik diantara kutub +ve dan -ve ujung probe tester itu.
akhirnya sy sedot lagi pakai sedotan aquarium khusus bagian permukaan minyak di reservoir, rupanya mungkin sy kurang sampai bersih banget nyedot sebelumnya. akhirnya test lagi lampu hijau dr permukaan sampai dasarnya.

ada bbrp pelajaran yg bisa sy petik dr pengalaman ini (buset dah baku banget bhs ai :big_slap: )

1. tester begitu sensitif, bagus juga jd nyedot minyak lama harus sampai betul2 habis, kl engga dia naik ke permukaan n bikin false reading.

2. minyak rem higroskopis/menyerap air, artinya air berhomogen dgn minyak rem. mungkin berbeda konsep dgn bensin yg krn beda density terpisah antara molekul air dan minyak (ga tau sy bukan scientist cuma berdasarkan apa yg sy lihat). air kan harusnya di bawah, minyak diatas. ini malah minyak lama yg ngambang di atas permukaan.

3. air dlm minyak rem krn bersifat konduktor maka kl minyak rem kelamaan selain bisa merusak komponen metal krn karat, juga bisa berpotensi merusak komponen elektronik di abs actuator seperti solenoid2nya akibat korslet.

maka itu kl di reservoir bersih dr awal (ga ada faktor false reading), sy skrg ganti minyak rem berdasarkan tester aja. kaleng ate dot 4 bilang change yearly tp skrg di jazz sdh setaun lebih msh lampu hijau. begitu kuning langsung sy ganti tp setuju, max 2 tahun. :big_okay:
Berarti sifat nya kurleb sprti oli kompresor ya mbah.
Mungkin hukum no 2 gak berlaku untuk brake fluid mbah, karena sejati nya brake fluid atau atf bkn merupakan golongan minyak/oil dan oleh karena itu d beri nama fluid bukan brake oil atau automatic transmission oil.
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by jsatriani »

marmut wrote: Tue Feb 15, 2022 5:23
jsatriani wrote: Tue Feb 15, 2022 4:30 Maaf OOt sedikit mau tanya masi area brake tp d lain part.
Seperti nya agak sedikit yg bahas tentang bersih2 brake caliper dan pergantian seal.
Pertanyaan nya:
1. sebaik nya bersih2 caliper dengan cara bongkar itu di usia kendaraan sdh lbh dr brp th?
2. Seal caliper itu ketahanan brp th dan harus nya ada interval penggantian atau nunggu ada rembes dlu?
3. Bagian plug bleeder jg sebaik nya brp lama di ganti? Yg sy lihat sewaktu bersi2 rem, area itu sprti rawan kena rembesan air.

Mohon pencerahan klau ada yg bsa membagi edukasi soal ini.


kuras minyak rem 1 tahun 1x dan servis rem (dibersihkan dan regrease) setiap 20rb KM*.

kalau itu rutin dilakukan, nggak pusing dengan nomer 2 dan 3.
btw nipple/plug bleeder musti ada penutupnya berupa karet. diperhatikan jangan sampai hilang. kalau tidak ada cap/penutup, kotoran pasti masuk dan bikin mampet.


* = tergantung gaya mengemudi dan jalur yang dilewati. kalau sering lewat jalan basah/belumpur/kotor, harus dipercepat.
Berarti seal kit di situ bukan termasuk bagian yang perlu perhatian lbh ya mbah, mungkin durability dari seal nya termasuk kuat dan d buat untuk pemakaian jangka panjang
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by Omnibus »

jsatriani wrote: Tue Feb 15, 2022 8:06
Berarti sifat nya kurleb sprti oli kompresor ya mbah.
Mungkin hukum no 2 gak berlaku untuk brake fluid mbah, karena sejati nya brake fluid atau atf bkn merupakan golongan minyak/oil dan oleh karena itu d beri nama fluid bukan brake oil atau automatic transmission oil.
iya. aneh ya.

tp kl kita mikir ttg bisa nyampur dgn air, oli juga bisa tuh. buktinya kl air radiator nyampur sama oli kan olinya jd kopi susu. berarti nyampur kan.

beda sama solar, misah sama airnya, air dibawah solar diatas.

:big_grin:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by Omnibus »

jsatriani wrote: Tue Feb 15, 2022 8:08
Berarti seal kit di situ bukan termasuk bagian yang perlu perhatian lbh ya mbah, mungkin durability dari seal nya termasuk kuat dan d buat untuk pemakaian jangka panjang
kl sy percaya pemahaman umum aja, begitu odometer 60k km atau maksimal 80k semua komponen yg meragukan rusak ga rusak kita ganti. apalagi yg ngerjainnya relatif gampang.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by josomba »

darrelund wrote: Tue Feb 15, 2022 6:01 nimbrung ya oom...

btw ada yg tau kah merk brakepad & disc punya si m2 dj?

& adakah rekomendasi utk brake padnya?

udah mikir" mau cari brakepad soalnya kaki kanan berat terus, susah lepas :big_biglaugh:

baru mau 2 tahun tapi feel ngeremnya jadi agak jauh :big_biglaugh:

dan upgrade brake line itu rekomen ga ya? apa bisa bantu pengereman?
Front brakepad antara ori mazda atau bendix. Birken* jgn deh, baru aja owe review d page sebelum. Merk2 lain cem hi-q, compact lebih gelap lagi. Kalau rear pad, ada tuh brembo-nya cx5 (interchangeable ama cx3 n mazda 2). Owe liat si toko DBM jual.

Brake rotor/disc juga availablenya Ori. Ada sih drill-n-slotted merk brix, cmn dr segi harga kek meragukan. Ditambah kalau drill gitu, ane serem dengan crack pas high speed braking yg berulang2.

=====

Yg saya masih penasaran sih merk Dixcel. Di nengun parts ada pad and disc-nya. Apa ada yg pernah coba dixcel? Liat repiu di luar pada puas.
Image
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by jsatriani »

Omnibus wrote: Tue Feb 15, 2022 8:18
jsatriani wrote: Tue Feb 15, 2022 8:08
Berarti seal kit di situ bukan termasuk bagian yang perlu perhatian lbh ya mbah, mungkin durability dari seal nya termasuk kuat dan d buat untuk pemakaian jangka panjang
kl sy percaya pemahaman umum aja, begitu odometer 60k km atau maksimal 80k semua komponen yg meragukan rusak ga rusak kita ganti. apalagi yg ngerjainnya relatif gampang.
Arti nya ketika d buka dan ane liat uda gada rasa cinta lg ya ganti aja ya mbah mau rusak mau kgak :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by Omnibus »

jsatriani wrote: Tue Feb 15, 2022 8:35
Omnibus wrote: Tue Feb 15, 2022 8:18
jsatriani wrote: Tue Feb 15, 2022 8:08
Berarti seal kit di situ bukan termasuk bagian yang perlu perhatian lbh ya mbah, mungkin durability dari seal nya termasuk kuat dan d buat untuk pemakaian jangka panjang
kl sy percaya pemahaman umum aja, begitu odometer 60k km atau maksimal 80k semua komponen yg meragukan rusak ga rusak kita ganti. apalagi yg ngerjainnya relatif gampang.
Arti nya ketika d buka dan ane liat uda gada rasa cinta lg ya ganti aja ya mbah mau rusak mau kgak :big_biglaugh:
:big_biglaugh:

kl dibuka ga ada rasa cinta lagi silahkan pulangkan ke rumah orang tuanya.

:big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11010
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by marmut »

Omnibus wrote: Tue Feb 15, 2022 5:54

ada kisah yg sy mau share ttg ganti minyak rem mbah.

pas ganti minyak rem vrz, menurut sy cara sy sdh proper, tabung disedot, dikasih minyak baru, dan di vacuum bleed dr nepel. begitu selesai dgn yakin sy test pakai tester kan, duar ternyata msh kuning lampu yg nyala (msh ada kandungan air). pala berbie muter kan, yg salah apa. minyak pun dr kaleng baru dibuka sdh ditest oke kok.

krn ga percaya, test lagi, kali ini probe sy masukin lbh dalam sebab tadinya cuma nempel di permukaan minyak aja di reservoirnya. dan hasilnya lampu hijau. artinya si tester ini begitu sensitif baca kandungan air, begitu ada air sedikit aja si air jd konduktor listrik yg mengalirkan listrik diantara kutub +ve dan -ve ujung probe tester itu.
akhirnya sy sedot lagi pakai sedotan aquarium khusus bagian permukaan minyak di reservoir, rupanya mungkin sy kurang sampai bersih banget nyedot sebelumnya. akhirnya test lagi lampu hijau dr permukaan sampai dasarnya.

ada bbrp pelajaran yg bisa sy petik dr pengalaman ini (buset dah baku banget bhs ai :big_slap: )

1. tester begitu sensitif, bagus juga jd nyedot minyak lama harus sampai betul2 habis, kl engga dia naik ke permukaan n bikin false reading.

2. minyak rem higroskopis/menyerap air, artinya air berhomogen dgn minyak rem. mungkin berbeda konsep dgn bensin yg krn beda density terpisah antara molekul air dan minyak (ga tau sy bukan scientist cuma berdasarkan apa yg sy lihat). air kan harusnya di bawah, minyak diatas. ini malah minyak lama yg ngambang di atas permukaan.

3. air dlm minyak rem krn bersifat konduktor maka kl minyak rem kelamaan selain bisa merusak komponen metal krn karat, juga bisa berpotensi merusak komponen elektronik di abs actuator seperti solenoid2nya akibat korslet.

maka itu kl di reservoir bersih dr awal (ga ada faktor false reading), sy skrg ganti minyak rem berdasarkan tester aja. kaleng ate dot 4 bilang change yearly tp skrg di jazz sdh setaun lebih msh lampu hijau. begitu kuning langsung sy ganti tp setuju, max 2 tahun. :big_okay:


imo, cmiiw,

kuning itu kan tengah-tengah mbah. kecuali ada skala dari 1 (jelek) sampe 10 (bagus), mungkin lebih enak buat panduan.
misal 1-3 = merah
4-6 = kuning
7-10 = hijau

nah, si kuning yang mbah liat itu ada di angka 4, 5, atau 6? kalau di 4 ya mendingan ganti. kalo angka 5 mungkin kita masih ragu. kalau di 6, masih cukup oke lah dipakai.

ada 1 cara (yang terpikir saat ini) supaya brake fluid bisa 100% baru.
buka nipple, kasih tekanan ke reservoir atau kocok pedal rem sampai fluid lama habis semua, isi dengan yang baru, buang lagi untuk bilas fluid lama, isi yang baru, bleeding, selesai.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by Omnibus »

marmut wrote: Tue Feb 15, 2022 9:10
imo, cmiiw,

kuning itu kan tengah-tengah mbah. kecuali ada skala dari 1 (jelek) sampe 10 (bagus), mungkin lebih enak buat panduan.
misal 1-3 = merah
4-6 = kuning
7-10 = hijau

nah, si kuning yang mbah liat itu ada di angka 4, 5, atau 6? kalau di 4 ya mendingan ganti. kalo angka 5 mungkin kita masih ragu. kalau di 6, masih cukup oke lah dipakai.

ada 1 cara (yang terpikir saat ini) supaya brake fluid bisa 100% baru.
buka nipple, kasih tekanan ke reservoir atau kocok pedal rem sampai fluid lama habis semua, isi dengan yang baru, buang lagi untuk bilas fluid lama, isi yang baru, bleeding, selesai.
lbh bagus dr skala itu malah

cuma ada 4 lampu
- lampu ijo ke 1 nyala artinya excellent (h2o 0-0.5%)
- lampu ijo ke 2 ikutan nyala artinya acceptable (h2o >0.5% tp <2.5%)
- lampu kuning ikutan nyala artinya warning (h20 >2.5% tp <5%)
- lampu merah ikutan nyala sambil keluar suara tiit tiit tiit artinya "see u later alligator, hope u go to heaven" (h20 >5%)

disitu jg ada grafik, kl konten h20 di lampu mana boiling point minyak turun jd berapa, tinggal sejajarkan dgn sumbu Y nya. garis grafik dot 3, 4, dan 5 beda.

nah tadi barusan abis sy pake, trus sy lap pakai majun yg sdh disemprot degreaser foam. iseng sy pencet sambil probe nya nempel ke majun basah tsb, langsung nyala semua (merah) n bunyi tiit tiit tiit tiit. :ungg:

IMG_20220215_171432~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11010
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by marmut »

Omnibus wrote: Tue Feb 15, 2022 10:30
lbh bagus dr skala itu malah

cuma ada 4 lampu
- lampu ijo ke 1 nyala artinya excellent (h2o 0-0.5%)
- lampu ijo ke 2 ikutan nyala artinya acceptable (h2o >0.5% tp <2.5%)
- lampu kuning ikutan nyala artinya warning (h20 >2.5% tp <5%)
- lampu merah ikutan nyala sambil keluar suara tiit tiit tiit artinya "see u later alligator, hope u go to heaven" (h20 >5%)

disitu jg ada grafik, kl konten h20 di lampu mana boiling point minyak turun jd berapa, tinggal sejajarkan dgn sumbu Y nya. garis grafik dot 3, 4, dan 5 beda.

nah tadi barusan abis sy pake, trus sy lap pakai majun yg sdh disemprot degreaser foam. iseng sy pencet sambil probe nya nempel ke majun basah tsb, langsung nyala semua (merah) n bunyi tiit tiit tiit tiit. :ungg:


IMG_20220215_171432~2.jpg


:frm_salut:
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by jsatriani »

Omnibus wrote: Tue Feb 15, 2022 10:30
marmut wrote: Tue Feb 15, 2022 9:10
imo, cmiiw,

kuning itu kan tengah-tengah mbah. kecuali ada skala dari 1 (jelek) sampe 10 (bagus), mungkin lebih enak buat panduan.
misal 1-3 = merah
4-6 = kuning
7-10 = hijau

nah, si kuning yang mbah liat itu ada di angka 4, 5, atau 6? kalau di 4 ya mendingan ganti. kalo angka 5 mungkin kita masih ragu. kalau di 6, masih cukup oke lah dipakai.

ada 1 cara (yang terpikir saat ini) supaya brake fluid bisa 100% baru.
buka nipple, kasih tekanan ke reservoir atau kocok pedal rem sampai fluid lama habis semua, isi dengan yang baru, buang lagi untuk bilas fluid lama, isi yang baru, bleeding, selesai.
lbh bagus dr skala itu malah

cuma ada 4 lampu
- lampu ijo ke 1 nyala artinya excellent (h2o 0-0.5%)
- lampu ijo ke 2 ikutan nyala artinya acceptable (h2o >0.5% tp <2.5%)
- lampu kuning ikutan nyala artinya warning (h20 >2.5% tp <5%)
- lampu merah ikutan nyala sambil keluar suara tiit tiit tiit artinya "see u later alligator, hope u go to heaven" (h20 >5%)

disitu jg ada grafik, kl konten h20 di lampu mana boiling point minyak turun jd berapa, tinggal sejajarkan dgn sumbu Y nya. garis grafik dot 3, 4, dan 5 beda.

nah tadi barusan abis sy pake, trus sy lap pakai majun yg sdh disemprot degreaser foam. iseng sy pencet sambil probe nya nempel ke majun basah tsb, langsung nyala semua (merah) n bunyi tiit tiit tiit tiit. :ungg:


IMG_20220215_171432~2.jpg
Mbah d bohongin alat itu, alat nya klo sy liat ga canggih itu karena mbah ga pakai DOHC Genuine Brake Accessories dengan teknologi paling canggih dan mutakhir :big_biglaugh:

Yg mbah marmut maksud itu berarti d kosongin total mbah? Kalau d kosongin total nanti buang angin nya setengah mati gak mbah?

Edit : mbah kalau sy kepikiran make brake fluid biasa yg ada warna nya misal merah, kita fush dlu make itu baru kita masukin brake fluid merek bagus ETA. Kan kalau begitu ketahuan tu mbah.
Soale ganti brake fluid klo gak kondisi hitam banget klo buat org awam kayak sy sih susah bedain fluid lama atau baru dan sudah habis keluar atau belum yg lama nya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by Omnibus »

jsatriani wrote: Tue Feb 15, 2022 11:59
Mbah d bohongin alat itu, alat nya klo sy liat ga canggih itu karena mbah ga pakai DOHC Genuine Brake Accessories dengan teknologi paling canggih dan mutakhir :big_biglaugh:

Yg mbah marmut maksud itu berarti d kosongin total mbah? Kalau d kosongin total nanti buang angin nya setengah mati gak mbah?

Edit : mbah kalau sy kepikiran make brake fluid biasa yg ada warna nya misal merah, kita fush dlu make itu baru kita masukin brake fluid merek bagus ETA. Kan kalau begitu ketahuan tu mbah.
Soale ganti brake fluid klo gak kondisi hitam banget klo buat org awam kayak sy sih susah bedain fluid lama atau baru dan sudah habis keluar atau belum yg lama nya.
kl kosongin? yg setengah mati ngeluarin angin palsu dr abs actuatornya. kl ga punya scanner, wassalam.

kasus sy itu brake fluid msh bening baru setaun lebih udah lampu kuning. ya jadiin patokan aja, apalagi yg item.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11010
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kampas rem aftermarket terbaik

Post by marmut »

jsatriani wrote: Tue Feb 15, 2022 11:59




Yg mbah marmut maksud itu berarti d kosongin total mbah? Kalau d kosongin total nanti buang angin nya setengah mati gak mbah?

Edit : mbah kalau sy kepikiran make brake fluid biasa yg ada warna nya misal merah, kita fush dlu make itu baru kita masukin brake fluid merek bagus ETA. Kan kalau begitu ketahuan tu mbah.
Soale ganti brake fluid klo gak kondisi hitam banget klo buat org awam kayak sy sih susah bedain fluid lama atau baru dan sudah habis keluar atau belum yg lama nya.




rajin kuras/ganti brake fluid saja setiap 365 hari.

nggak usah pusing lainnya. toh saat ganti oli mesin, masih ada sisa oli lama tertinggal dan nggak mungkin 100% keluar semua, tidak jadi masalah kan?

:beer: