Re: Bikin list yuk, 100kpj berapa RPM??
Posted: Thu May 14, 2020 17:50
Mobilio '16 100kpj rpm 3100 (manual)
kenapa bisa tinggi banget ya om?
kenapa bisa tinggi banget ya om?
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
itu jg belum tentu pas speed 100kpj , kalau dihitung pakai kalkulator rasio gear um, speedo biasa ada penyimpangan
setau saya angka di speedo biasa lebih tinggi dari gps.outlaw wrote: ↑Thu May 14, 2020 21:11itu jg belum tentu pas speed 100kpj , kalau dihitung pakai kalkulator rasio gear um, speedo biasa ada penyimpangan
https://www.engineersedge.com/mechanics ... ulator.htm
oalahh, pantes aja, tapi tenaga si enak bener ni mobil, apalagi manualoutlaw wrote: ↑Thu May 14, 2020 21:11itu jg belum tentu pas speed 100kpj , kalau dihitung pakai kalkulator rasio gear um, speedo biasa ada penyimpangan
https://www.engineersedge.com/mechanics ... ulator.htm
Biasanya dibikin rasio final gear nya agak kasar biar tarikannya lebih enak sih Om. Dan tren nya mobil2 baru skg itu rata-rata yg transmisi manual nya bukan fokus ke top speed.MSU wrote: ↑Fri May 15, 2020 0:13setau saya angka di speedo biasa lebih tinggi dari gps.outlaw wrote: ↑Thu May 14, 2020 21:11itu jg belum tentu pas speed 100kpj , kalau dihitung pakai kalkulator rasio gear um, speedo biasa ada penyimpangan
https://www.engineersedge.com/mechanics ... ulator.htm
tp kl perhatiin mobil2 terbaru manual..misal vios, avxen...seingat saya memang 100kpj udh >3000rpm
mungkin mesin2 torsi di rpm atas kali ya
itu CRV set gear ratio tinggi jg yahevanbngdor wrote: ↑Fri May 15, 2020 12:02
Biasanya dibikin rasio final gear nya agak kasar biar tarikannya lebih enak sih Om. Dan tren nya mobil2 baru skg itu rata-rata yg transmisi manual nya bukan fokus ke top speed.
CRV RM saya 6 speed pun tetep aja di 100kpj itu nyaris 3000 RPM, rasio nya rapet2 emang, dan keuntungannya rasio rapet2 itu ya tarikannya lebih ngisi terus
CRV RM 2.0 6MT jalan 100 km/h 2000 rpm om pake gigi 6evanbngdor wrote: ↑Fri May 15, 2020 12:02Biasanya dibikin rasio final gear nya agak kasar biar tarikannya lebih enak sih Om. Dan tren nya mobil2 baru skg itu rata-rata yg transmisi manual nya bukan fokus ke top speed.MSU wrote: ↑Fri May 15, 2020 0:13setau saya angka di speedo biasa lebih tinggi dari gps.outlaw wrote: ↑Thu May 14, 2020 21:11
itu jg belum tentu pas speed 100kpj , kalau dihitung pakai kalkulator rasio gear um, speedo biasa ada penyimpangan
https://www.engineersedge.com/mechanics ... ulator.htm
tp kl perhatiin mobil2 terbaru manual..misal vios, avxen...seingat saya memang 100kpj udh >3000rpm
mungkin mesin2 torsi di rpm atas kali ya
CRV RM saya 6 speed pun tetep aja di 100kpj itu nyaris 3000 RPM, rasio nya rapet2 emang, dan keuntungannya rasio rapet2 itu ya tarikannya lebih ngisi terus
nah iya itu manual lbh rapat dan rasio lbh besar dr matic, entah mungkin spy mesin ga sampai lugging,krn ga ada slip TC spt di matic yg ga sampai ada lugging engine.slapnuts wrote: ↑Fri May 15, 2020 15:13 Manual entah kenapa rasionya lebih rapat dibanding matik, ditujukan untuk aksel dan nanjak mungkin (karena ga ada bantuan slip TC)?
Contoh mobilio manual butuh 3100-3200 rpm sedangkan matiknya cuma butuh 2000rpm. Berlaku juga untuk Rush konde lari 100 sampai harus 3700rpm (apa ga budeg itu dengerin mesin meraung-raung kyk JAV misal dari Jakarta-Surabaya), while matiknya cuma 3000an.
Makanya bagi beberapa mobil matik jadul (khususnya 4at) terasa lebih lemot dibanding manual. Kalau matik 6speed up atau cvt yg pintar sih lebih enak dibanding manualnya.
Kalo 2000 kayaknya lebih deh Om, dari 5 ke 6 juga RPM nya ngga turun banyak. Ngga sampe 3000 tp kalo 2000 sih lebih pasti.piggypig77 wrote: ↑Fri May 15, 2020 17:37CRV RM 2.0 6MT jalan 100 km/h 2000 rpm om pake gigi 6evanbngdor wrote: ↑Fri May 15, 2020 12:02Biasanya dibikin rasio final gear nya agak kasar biar tarikannya lebih enak sih Om. Dan tren nya mobil2 baru skg itu rata-rata yg transmisi manual nya bukan fokus ke top speed.
CRV RM saya 6 speed pun tetep aja di 100kpj itu nyaris 3000 RPM, rasio nya rapet2 emang, dan keuntungannya rasio rapet2 itu ya tarikannya lebih ngisi terus
ahond mt rasionya rapet-rapet biasanya, makanya akselerasinya pd sadis... ntu accord CM5 manual 0-100 nya 8 detikan aja, pdhl metiknya 10 detikan.DOHC wrote: ↑Fri May 15, 2020 14:00itu CRV set gear ratio tinggi jg yahevanbngdor wrote: ↑Fri May 15, 2020 12:02
Biasanya dibikin rasio final gear nya agak kasar biar tarikannya lebih enak sih Om. Dan tren nya mobil2 baru skg itu rata-rata yg transmisi manual nya bukan fokus ke top speed.
CRV RM saya 6 speed pun tetep aja di 100kpj itu nyaris 3000 RPM, rasio nya rapet2 emang, dan keuntungannya rasio rapet2 itu ya tarikannya lebih ngisi terus
anki 1TR matic ane, lari 100kpj aj cuman 2000 rpm, malah yg 1TR jadul manual lari 100 ud 3000 rpm...
yg matic entah ratio nya rapet2 atau settingan TCU nya, cepet bener ganti gigi, ada enaknya di FC sehh, kl cruising santai tol mulu, gampang dapet 1:10an lebih.. kakak nya si 1TR manual jadul, cruising di tol tetep aj boros, mesin ngeraung2 mulu
Eh typo, maksudnya 2500 om hahaha saya patokan di speedo om karena gak pernah cek GPSevanbngdor wrote: ↑Sat May 16, 2020 1:12Kalo 2000 kayaknya lebih deh Om, dari 5 ke 6 juga RPM nya ngga turun banyak. Ngga sampe 3000 tp kalo 2000 sih lebih pasti.piggypig77 wrote: ↑Fri May 15, 2020 17:37CRV RM 2.0 6MT jalan 100 km/h 2000 rpm om pake gigi 6evanbngdor wrote: ↑Fri May 15, 2020 12:02
Biasanya dibikin rasio final gear nya agak kasar biar tarikannya lebih enak sih Om. Dan tren nya mobil2 baru skg itu rata-rata yg transmisi manual nya bukan fokus ke top speed.
CRV RM saya 6 speed pun tetep aja di 100kpj itu nyaris 3000 RPM, rasio nya rapet2 emang, dan keuntungannya rasio rapet2 itu ya tarikannya lebih ngisi terus
Bentar, Om ini patokannya GPS atau Speedo? Kalo saya GPS karena speedo nya CRV lumayan gede deviasi nya
Iya akselerasinya lumayan sih CRV R20 manual, kalo yg matic sih wah jangan berharap terlalu banyakChZ wrote: ↑Sat May 16, 2020 3:00ahond mt rasionya rapet-rapet biasanya, makanya akselerasinya pd sadis... ntu accord CM5 manual 0-100 nya 8 detikan aja, pdhl metiknya 10 detikan.DOHC wrote: ↑Fri May 15, 2020 14:00itu CRV set gear ratio tinggi jg yahevanbngdor wrote: ↑Fri May 15, 2020 12:02
Biasanya dibikin rasio final gear nya agak kasar biar tarikannya lebih enak sih Om. Dan tren nya mobil2 baru skg itu rata-rata yg transmisi manual nya bukan fokus ke top speed.
CRV RM saya 6 speed pun tetep aja di 100kpj itu nyaris 3000 RPM, rasio nya rapet2 emang, dan keuntungannya rasio rapet2 itu ya tarikannya lebih ngisi terus
anki 1TR matic ane, lari 100kpj aj cuman 2000 rpm, malah yg 1TR jadul manual lari 100 ud 3000 rpm...
yg matic entah ratio nya rapet2 atau settingan TCU nya, cepet bener ganti gigi, ada enaknya di FC sehh, kl cruising santai tol mulu, gampang dapet 1:10an lebih.. kakak nya si 1TR manual jadul, cruising di tol tetep aj boros, mesin ngeraung2 mulu
metik 5 speed lama ahond malah lemot abis... rasionya kepanjangan. tapi enak buat luar kotaan jatohnya alusss ditambah mesin ahond nafasnya panjang-panjang.
dulu pernah dites tabloid o*omotif jaman generasi RE ane inget... 0-201 meter R20 MT imbang-imbang ama 2.4 AT malah seingat ane lebih kencang dikit yang 2.0 MT.evanbngdor wrote: ↑Sat May 16, 2020 5:05
Iya akselerasinya lumayan sih CRV R20 manual, kalo yg matic sih wah jangan berharap terlalu banyak
yup patokannya mobil yang byk beredar di jalan macem lcgc lmpv rata-rata 0-100 di 12-13 detikan buat yang MT dan 13-14 detikan buat yang AT...DOHC wrote: ↑Sat May 16, 2020 7:05 Kl mobil2 passenger / city car umum, dapet braket d bawah 10 detik atau at least masi dbawah 12 detik utk 0-100 kph sehh mnurut ane ud termasuk cepet
Ipah aj mau bensin atau diesel rata2 masi d atas 12 detik smua, matic manual sami mawon (laen crita kl ud full modif)
Cuman utk city car yg stock, ane perna coba brio first gen yg masi 1300 cc CBU thai yg manual, nahh ini baru tarikan setann, itu kl tega bejeg gas nya maen rpm tinggi br shifting, ane yakin bgt 10 detik masuk tuh, lg cruising mendadak bejeg WOT jg mantep.. hot hatchback.. sayang bentuk nya bkin mata katarak
Ex-user 1TR tipe G MT tahun 2005. Kalau jalan jauh di toll, cruising dari 100 km/h lama-lama turun ke 80 km/h soalnya berisikDOHC wrote: ↑Fri May 15, 2020 14:00itu CRV set gear ratio tinggi jg yahevanbngdor wrote: ↑Fri May 15, 2020 12:02
Biasanya dibikin rasio final gear nya agak kasar biar tarikannya lebih enak sih Om. Dan tren nya mobil2 baru skg itu rata-rata yg transmisi manual nya bukan fokus ke top speed.
CRV RM saya 6 speed pun tetep aja di 100kpj itu nyaris 3000 RPM, rasio nya rapet2 emang, dan keuntungannya rasio rapet2 itu ya tarikannya lebih ngisi terus
anki 1TR matic ane, lari 100kpj aj cuman 2000 rpm, malah yg 1TR jadul manual lari 100 ud 3000 rpm...
yg matic entah ratio nya rapet2 atau settingan TCU nya, cepet bener ganti gigi, ada enaknya di FC sehh, kl cruising santai tol mulu, gampang dapet 1:10an lebih.. kakak nya si 1TR manual jadul, cruising di tol tetep aj boros, mesin ngeraung2 mulu