2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11847
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by ChZ »

Oke... Berhubung ane sudah ditodong - todong sama banyak oknum untuk segera nge-review CR-V 2.0 CVT...

Gayung bersambut... akhirnya ada seorang member SM yang menawarkan CR-V nya untuk di review... Kebetulan ybs baru aja SPK CR-V 2.0 CVT buat bininya...

Kenapa nggak ambil CR-V Turbo ?

Simpel aja, ybs sangat mengutamakan yang praktis dan mudah dirawat, karena yang pake bini... (saat ybs beli blom rame kasusnya om 171DJI)...

So... apakah CR-V 2.0 CVT juga cukup baik bagi yang mengutamakan praktikalitas dan kemudahan perawatan ?

Image

Styling

Ane gak akan berlama - lama dengan impresi luar-dalamnya karena nyaris mirip...

Image

Yang jelas CR-V 2.0 CVT ini exteriornya 99% identik dengan CR-V 1.5 Turbo non-Prestige.

Image

Image

Adapun perbedaan di sisi luar yang terlihat adalah muffler yang cuma sebiji...

Image

Interior

Sangat basic, bahkan untuk ukuran mobil 400 juta... Kalau ngerasa liat yang 1.5 Turbo Prestige dah miris hati, yang 2.0 CVT apalagi... Stir lebih polosan, Panel kayu diganti panel silver, head unit standar (seperti di Civic Turbo S saya), tombol AC manual, dan kursi masih fabric.

Image

Image

Image

Oh ya, tipe paling basic ini formatnya tidak lagi 7-seater, tapi 5-seater.

Ya basic sih nggak apa tapi mbok jangan 400 juta juga harganya... :mky_05:

Driving

Baiklah, yang paling bikin penasaran adalah rasa berkendaranya. Mesin yang digunakan adalah 2.0 Liter R20Z1 SOHC i-VTEC bertenaga 155 PS sama seperti CR-V generasi-3 dan generasi-4.

Perbedaan hanya pada sektor transmisi yang sekarang menggunakan CVT, menggantikan good ol' 5-speed.

Karena ane sudah familier dengan CR-V generasi-5, maka gak perlu terlalu banyak penyesuaian. Sekali lagi, ane nggak terlalu banyak expect mobil ini untuk jadi kenceng atau gimana... karena CR-V 2.0 memang dari dulu terkenal lemot... Dengan transmisi CVT ane sangat berharap ya setidaknya a tad better daripada 5-speed nya. Karena kebetulan punya HR-V 1.8 dan Civic 1.8 dengan transmisi CVT dan 5-speed, CVT di HR-V jauh lebih baik dibanding 5-speed di Civic...

Dari karakter injakan gas, mobil ini seakan memang diciptakan untuk urban roads. Untuk kalangan berkaki sopan, nginjek gas gak pernah lebih dari 25%. Sangat mudah mengkail torsi bawah di mesin 2.0 Liter SOHC yang memang fokusnya ke economy ini.

Bagi yang nggak tau, sistem VTEC di R-series (R18 dan R20) ini berkebalikan dibanding VTEC di K maupun B series. VTEC nya berfokus pada economy, sehingga hanya ada eco-cam saja yang bekerja pada putaran rendah, justru VTEC dis-engage waktu putaran tinggi (pernah dibahas oom egibaio di review Civic FD1 nya).

Plus, extra displacement 500cc dari CR-V Turbo justru membuat tarikan bawah CR-V paling basic ini jadi menyenangkan, untuk perkotaan lebih linear tidak ada efek laggy seperti di varian Turbo.

Ya tentunya, figur angka - angka di brosur dan teknologi tetap berbicara.

Karakter asli dari CR-V 2.0 justru makin terekspos ketika mesin ini diperas sampai RPM di atas 2000. Di CR-V Turbo, lewat 2000 RPM ketika turbo spool up mobil sudah langsung melesat kencang, CR-V 2.0 harus berpuas diri dengan tenaganya yang pas-pasan. Sempat saya kickdown, CVT bisa slip-up sampai 5000 RPM dimana itu sudah langsung masuk range powerband, tapi ya tetep, larinya segitu-segitu aja. Beda 35 hp dibanding versi Turbo memang nggak bohong.

Sehingga jadi agak males untuk mbejek...

Baik handling, steering, dan kenyamanan, nyaris tidak ada yang berubah dari CR-V 2.0. Tetep terasa lembut tapi tidak menyebabkan bodyroll berlebih, steering akurat walaupun agak sedikit hambar. Sehingga tidak terlalu banyak yang perlu dikomentari soal ini.

Intinya, ya memang kayak beli CR-V tapi tanpa beli mesin Turbo nya...

Conclusion

Nah jujur, nulis conclusionnya agak repot...

IMHO, beli CR-V generasi 5 tanpa beli mesin Turbo nya sebenernya agak mubazir, karena kayak cuma dapet casing CR-V tanpa dapet segala kelebihan utama dari platform baru Honda... Which is salah satunya adalah mesin Turbo seperti di Civic dan New Accord. Let aside problem di beberapa unit ya... Setidaknya, kalo gak dapet fitur banyak tapi masih dapet mesin baru gitu loh...

Untuk alasan praktikalitas dan kemudahan... Ya reasonable sih, tapi kembali lagi, dengan harga setara CR-V 2.0 Liter itu bisa dapet Nissan X-Trail 2.5 T32 brand new masih kembalian. Secara mesin lebih besar, kelengkapan juga lebih topcer.

So... ane harus berpikir keras apakah CR-V versi paling basic ini layak dibilang worth it...

OK, ya mungkin pembeli CR-V 2.0 adalah orang-orang yang memang pengen dapet CR-V tanpa harus berurusan dengan perawatan mesin Turbo dan merasa modelnya X-Trail udah kurang "fresh", atau yang alergi dengan merek batu makam, atau bos besar perusahaan yang mau ngebeliin manager - manager nya mobil dinas, dan punya relasi baik dengan petinggi dealer H ...

Atau ya sama seperti alasan si member SM ini beli ... karena ngebeliin bini ... bisa ngomel para bini disuruh ngisi pertamax turbo tiap kali pake...

Saya pribadi?

Tetap lebih milih X-Trail 2.5 ... I have personal preference with bigger engines... Klo CR-V antara buy turbo or buy others... Krn IMHO klo orang yang paham mobil untuk pake sendiri (bukan pake bini) akan sayang beli CR-V yang tipe paling basic tanpa mesin turbo nya...

My big thanks to Mr. H for lending us... :mky_01:

2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 26 Aug 2012, 19:36
Location: Riau
Contact:

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by grandis_GT »

Pertamax di amankan , setiap hari merhatiin CRV gen 5 ini di jalanan belum pernah liat sekalipun varian 2.0 , malah yg paling banyak itu tipe prestige turbo πŸ‘πŸ‘
The Art of Luxury
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: 19 Apr 2016, 12:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by pernahmiskin »

Unit yg jarang terlihat d mata saya...

Review yg mantap om chz, setelah kemarim review rush...

Seneng baca2 review om chz, mudah d cerna bahasanya...
bagus bilang bagus, jelek y bilang jelek

Owh iya, yg nyinyir om chz fans boy H tegak kudu telen ludah setelah baca review ini...

:mky_07:
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1346
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by mike22 »

Kira2 setelah jadi format 2 baris apakah kelegaan kabin, legroom baris 2 pengaruh signifikan?

Oh ya om kalo fc nya gimana?
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 695
Joined: 12 Feb 2013, 19:30

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by Chevyman »

Thanks bro Chz... Kmren kepikiran ambil ini jg.. Cm masalah harga n diskon yg minim membuat saya pikir2 lg... Tp stlah baca review ini..... . Jadi batal.. Hehe

Good review bro.. :frm_tumbleft: :frm_tumbright:
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by efact »

:big_chicken: Head unit nya bikin ilfeel..

Tp tampang nya sih keren banget ya generasi 5 ini..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 909
Joined: 08 Mar 2016, 19:16

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by Bulgogi »

Very very nice review as usual..
Bahasanya simple tapi lugas, cocok buat nemenin ngopi di weekend pagi.. hehehe..

Meskipun saya belum sanggup beli mobil 400 jutaan, tapi saya mikirnya sama agak sayang 400jt dibeliin makhluk beginian.. kalo bukan karena turbonya utk apa beli crv?

Btw, FC nya ngga di share ni om?
Penasaran pengaruh CVTnya ke FC dibanding yg old 5at..
User avatar
brintanizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 874
Joined: 09 Jul 2014, 15:21
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Honda CRV

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by brintanizer »

pernahmiskin wrote: ↑24 Feb 2018, 03:51 Unit yg jarang terlihat d mata saya...

Review yg mantap om chz, setelah kemarim review rush...

Seneng baca2 review om chz, mudah d cerna bahasanya...
bagus bilang bagus, jelek y bilang jelek

Owh iya, yg nyinyir om chz fans boy H tegak kudu telen ludah setelah baca review ini...

:mky_07:
R20 udh dipake dari jaman RE masak sih masih mau beli jg di crv RW . Sama2 jadulnya mending versi K24 nya thailand . Imho .
- apple, banana, & grape -
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1351
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by pengendiesel »

Foto anak kuncinya sesuatu bangeeet ya...masih perlu colok dan putar kunci :big_slap: kalah sama mobil 250-300jtan
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by Winz »

Saya sempat lihat di Dealer interiornya memang bikin ilfeel, ga ada kesan mewah sama sekali, head unit maksa modelnya, Pas di dealer malah salesnya ngomong 1.5turbo NP, padahal jelas2 2.0, payah product knowledge sales2 ahond, yang dijual aja ga tau apa barang yang didisplay

Entah kenapa pabrikan sekarang kayanya mematikan lowest Trim macam exceed di ANPS dan G di ANF, padahal dulu lebih laku kaya'nya, malah ga salah ada varian G TRD Sportipu, semoga aja batch 2 lebih masuk akal macam ANPS exceed dapat jok kulit dan ANF dapat Bi-Beam Headlamp with DRL
eka00
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: 03 Oct 2017, 16:15

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by eka00 »

Saya kok melihatnya ini cukup value for money ya, harganya bisa dibawah 400 setelah diskon dan beda 80jtan dgn prestige, jika gak butuh baris ketiga dan dibawa dalam kota mungkin lebih asyik dibanding xtrail yg kelihatan udah jadul, beli baru tapi serasa mobil lama.
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1346
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by mike22 »

eka00 wrote: ↑24 Feb 2018, 08:31 Saya kok melihatnya ini cukup value for money ya, harganya bisa dibawah 400 setelah diskon dan beda 80jtan dgn prestige, jika gak butuh baris ketiga dan dibawa dalam kota mungkin lebih asyik dibanding xtrail yg kelihatan udah jadul, beli baru tapi serasa mobil lama.
Mending hrv 1.8 om kl dibawa dalam kota πŸ˜‚
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10384
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by ak4ng »

Ini mesin jadul bisa minum premium ya kalo gt
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1662
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by Venturtle »

very nice review as usual, om .. :mky_02:
cuma foto interiornya kurang banyak aja.. :ngacir: :ngacir:
btw, kalo yang 1.5 Turbo minimal pake Ron 98 ya om? atau pake Ron 90/92 juga uda bisa? :big_childish:
User avatar
indrasir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: 08 Jun 2012, 11:22
Location: South Jakarta

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by indrasir »

Kalau keterangan di buku manual, minimum RON yg direkomendasikan itu 91 ke atas sih, di bawah itu bisa, tapi untuk keadaan darurat saja sampai ketemu pom bensin yg jual bensin RON nya sesuai. Kalau ane sih sekarang pake pertabo, dulu pas awal pake shell v power sebenarnya udah enak, cuma mesin terasa masih kurang optimal tenaganya (terasa sedikit nahan tenaganya), nah pake pertabo baru deh terasa enteng dan lebih halus mesinnya.

Yg, menarik dari crv 2.0 ini kalo menurut ane malah frame head unitnya, gampang buat ganti head unit standarnya dgn aftermarket. Kalau yg turbo malah susah ganti HUnya dgn aftermarket, karena belum ada (atau belum beredar kali ya) HU aftermarket yg kompatible ukurannya, dan frame adapternya jg belum ada.
eka00
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: 03 Oct 2017, 16:15

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by eka00 »

mike22 wrote:
eka00 wrote: ↑24 Feb 2018, 08:31 Saya kok melihatnya ini cukup value for money ya, harganya bisa dibawah 400 setelah diskon dan beda 80jtan dgn prestige, jika gak butuh baris ketiga dan dibawa dalam kota mungkin lebih asyik dibanding xtrail yg kelihatan udah jadul, beli baru tapi serasa mobil lama.
Mending hrv 1.8 om kl dibawa dalam kota Image
Udah beda kelas sih Om, walau harga mirip bisa dapet crv Image
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by Winz »

indrasir wrote: ↑24 Feb 2018, 09:21 Kalau keterangan di buku manual, minimum RON yg direkomendasikan itu 91 ke atas sih, di bawah itu bisa, tapi untuk keadaan darurat saja sampai ketemu pom bensin yg jual bensin RON nya sesuai. Kalau ane sih sekarang pake pertabo, dulu pas awal pake shell v power sebenarnya udah enak, cuma mesin terasa masih kurang optimal tenaganya (terasa sedikit nahan tenaganya), nah pake pertabo baru deh terasa enteng dan lebih halus mesinnya.

Yg, menarik dari crv 2.0 ini kalo menurut ane malah frame head unitnya, gampang buat ganti head unit standarnya dgn aftermarket. Kalau yg turbo malah susah ganti HUnya dgn aftermarket, karena belum ada (atau belum beredar kali ya) HU aftermarket yg kompatible ukurannya, dan frame adapternya jg belum ada.
Coba cek disini : https://www.instagram.com/megaaudio_jakarta/

Ada CR-V turbo 1.5 yang uda pasang di instagram'nya, pakai adapter
fikrirukmanaa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 292
Joined: 26 Nov 2015, 19:52

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by fikrirukmanaa »

Ugh ane paling suka crv rw warna hitam. Gagah sangar gitu kesannya. Kalo yg putih kesannya malah agak imut.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11847
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by ChZ »

grandis_GT wrote: ↑24 Feb 2018, 02:52 Pertamax di amankan , setiap hari merhatiin CRV gen 5 ini di jalanan belum pernah liat sekalipun varian 2.0 , malah yg paling banyak itu tipe prestige turbo πŸ‘πŸ‘
betul, surprisingly Prestige justru yang paling banyak terlihat :mky_01: pdhl ya paling mahal
pernahmiskin wrote: ↑24 Feb 2018, 03:51 Unit yg jarang terlihat d mata saya...

Review yg mantap om chz, setelah kemarim review rush...

Seneng baca2 review om chz, mudah d cerna bahasanya...
bagus bilang bagus, jelek y bilang jelek

Owh iya, yg nyinyir om chz fans boy H tegak kudu telen ludah setelah baca review ini...

:mky_07:
Saya juga jarang liat dan jarang nemu unitnya kalo gak si oknum ini beli... bisa ditagih mulu ane :ngacir:

Naah karena banyak yang gak bisa bedain personal preference sama nge-fanboy um... ya kalo urusan personal preference saya mah tetep Honda... tapi kalo udah jatah nge review ya harus fair :mky_01: cm karena personal preference saya mesti dituduh antek H...

Biasa yang nuduh tu gak bisa bikin review... atau gak pernah baca review saya... :ngacir:
mike22 wrote: ↑24 Feb 2018, 04:44 Kira2 setelah jadi format 2 baris apakah kelegaan kabin, legroom baris 2 pengaruh signifikan?

Oh ya om kalo fc nya gimana?
Untuk leg room gak terlalu signifikan, tapi iya lebih lega sedikit.

Yang signifikan itu ruang kepalanya... karena gak ada sunroof dan gak ada vent AC yang nongol itu.

FC jujur gak ngetes... MID juga habis di reset jadi gak valid... cm berdasarkan pengalaman user CR-V RE dan RM 2.0, kisaran di 1 : 8-9 km/l... asumsi saya ya gak beda jauh kalau perkotaan mungkin irit ini dikit karena CVT.
Chevyman wrote: ↑24 Feb 2018, 05:23 Thanks bro Chz... Kmren kepikiran ambil ini jg.. Cm masalah harga n diskon yg minim membuat saya pikir2 lg... Tp stlah baca review ini..... . Jadi batal.. Hehe

Good review bro.. :frm_tumbleft: :frm_tumbright:
Untung batal om :mky_01: CR-V baru gak turbo sih sayang menurut saya. Cuma dapet 50% sensasinya.
efact wrote: ↑24 Feb 2018, 06:27 :big_chicken: Head unit nya bikin ilfeel..

Tp tampang nya sih keren banget ya generasi 5 ini..
HU nya sih jelek... heran banget HPM selalu ngasih HU kayak gini... persis di Civic HB S saya, lelet banget juga interface nya.
Bulgogi wrote: ↑24 Feb 2018, 07:20 Very very nice review as usual..
Bahasanya simple tapi lugas, cocok buat nemenin ngopi di weekend pagi.. hehehe..

Meskipun saya belum sanggup beli mobil 400 jutaan, tapi saya mikirnya sama agak sayang 400jt dibeliin makhluk beginian.. kalo bukan karena turbonya utk apa beli crv?

Btw, FC nya ngga di share ni om?
Penasaran pengaruh CVTnya ke FC dibanding yg old 5at..
Naaah itu dia... justru dengan sama-sama mesin yang mirip generasi lama, saya jadi mikir mending saingannya dong (X-Trail) bisa dapet top trim non sunatan massal.

FC gak ngetes om tapi perkiraan ya agak irit sedikit dari CR-V generasi lawas... biasanya sekitar 1 km/l bedanya bisa karena minim gear hunting waktu cruise. FC luar kota mungkin perkiraan saya bisa jauh banget dibanding yang lama.
pengendiesel wrote: ↑24 Feb 2018, 08:22 Foto anak kuncinya sesuatu bangeeet ya...masih perlu colok dan putar kunci :big_slap: kalah sama mobil 250-300jtan
Mana pake case covernya mirip yang keyless, begitu liat ada tombolnya... yeh ini mah jack knife key :big_slap:
Winz wrote: ↑24 Feb 2018, 08:23 Saya sempat lihat di Dealer interiornya memang bikin ilfeel, ga ada kesan mewah sama sekali, head unit maksa modelnya, Pas di dealer malah salesnya ngomong 1.5turbo NP, padahal jelas2 2.0, payah product knowledge sales2 ahond, yang dijual aja ga tau apa barang yang didisplay

Entah kenapa pabrikan sekarang kayanya mematikan lowest Trim macam exceed di ANPS dan G di ANF, padahal dulu lebih laku kaya'nya, malah ga salah ada varian G TRD Sportipu, semoga aja batch 2 lebih masuk akal macam ANPS exceed dapat jok kulit dan ANF dapat Bi-Beam Headlamp with DRL
Secara exterior memang kalo gak liat emblem bokong dan knalpot bisa mistaken ama 1.5 NP om, lg mabok kali salesnya :mky_01: terlalu trondol emang buat CR-V basic trim yang udah 400 juta. Gak beda jauh dari RE dan RM 2.0 ...

Untuk konsumen kelas ini, rasanya selisih duit antara tipe basic dan tipe tertinggi sedikit, dan biasanya karena udah adu gengsi makanya sekalian hajar tipe tertinggi... Atas dasar itu mungkin semua pabrikan apalagi yg besar macem ToyoHonda ngasih opsi trondolan ya buat ngeramein aja, tapi stok dan penjualan tetep dihajar tipe paling mahal.
eka00 wrote: ↑24 Feb 2018, 08:31 Saya kok melihatnya ini cukup value for money ya, harganya bisa dibawah 400 setelah diskon dan beda 80jtan dgn prestige, jika gak butuh baris ketiga dan dibawa dalam kota mungkin lebih asyik dibanding xtrail yg kelihatan udah jadul, beli baru tapi serasa mobil lama.
Naah tinggal personal preference saja yang berbicara um :mky_01: mmg banyak yang prefer ini karena modelnya lebih baru... termasuk si oknum SM yang meminjamkan ini kayaknya jg alasannya gak ngambil X-Trail itu.
ak4ng wrote: ↑24 Feb 2018, 08:46 Ini mesin jadul bisa minum premium ya kalo gt
Bisa k4ng... cm gak rekomen ah, 400juta kok ngisi bensin subsidi...
Venturtle wrote: ↑24 Feb 2018, 08:57 very nice review as usual, om .. :mky_02:
cuma foto interiornya kurang banyak aja.. :ngacir: :ngacir:
btw, kalo yang 1.5 Turbo minimal pake Ron 98 ya om? atau pake Ron 90/92 juga uda bisa? :big_childish:
Nah itu biar nonton videonya aja, klo poto interiornya banyak nanti gak pada nonton :ngacir:

Di fuel tank tulisannya RON91 minimum... tapi saya tetep rekomen orang yang beli buat pake 98 ...

Perbedaan performanya jauh sekali soalnya... di Civic HB saya pake 92 buat perkotaan kayak kurang vitamin...
indrasir wrote: ↑24 Feb 2018, 09:21 Kalau keterangan di buku manual, minimum RON yg direkomendasikan itu 91 ke atas sih, di bawah itu bisa, tapi untuk keadaan darurat saja sampai ketemu pom bensin yg jual bensin RON nya sesuai. Kalau ane sih sekarang pake pertabo, dulu pas awal pake shell v power sebenarnya udah enak, cuma mesin terasa masih kurang optimal tenaganya (terasa sedikit nahan tenaganya), nah pake pertabo baru deh terasa enteng dan lebih halus mesinnya.

Yg, menarik dari crv 2.0 ini kalo menurut ane malah frame head unitnya, gampang buat ganti head unit standarnya dgn aftermarket. Kalau yg turbo malah susah ganti HUnya dgn aftermarket, karena belum ada (atau belum beredar kali ya) HU aftermarket yg kompatible ukurannya, dan frame adapternya jg belum ada.
Nah ini sudah dijelaskan... :mky_01:
fikrirukmanaa wrote: ↑24 Feb 2018, 10:41 Ugh ane paling suka crv rw warna hitam. Gagah sangar gitu kesannya. Kalo yg putih kesannya malah agak imut.
Hehehe iya rasanya mobil SUV memang cocoknya warna hitam... cm ya begitu dekil keliatan dekil banget :big_slap:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4369
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by Suryaputra »

Masa fanboy H pilih X-Trail ?.. :frm_bang_head:

Mau cuman 2.0L enginenya, ttp H the best lah :ngacir:
*Colek me if I'm wrong
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1671
Joined: 14 Feb 2014, 15:01

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by liep »

Thx ripiunya om...ud ane liat di video jg..btw kedapnya dan enaknya bantingan gmana? Sama dg xtrail? Nambah dikit dpt voxy ya hehe...btw baris ke2 bisa direbahkan sampe gmana? Ga bisa maju mundur? Cocok buat suami yg beliin bini buat anjem...emak2 bgitu sampe lgs matiin mesin hehe
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5429
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by nugroho bagor »

Bagaimana kalau beli RE di normalin lagi,gak sampai 400 kali...... :ngacir:
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1046
Joined: 30 Aug 2015, 19:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by fizrmen »

meh dasar antek ahond dan kroni-kroninya :ngacir:
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1346
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by mike22 »

nugroho bagor wrote: ↑24 Feb 2018, 19:34 Bagaimana kalau beli RE di normalin lagi,gak sampai 400 kali...... :ngacir:
Ga fd2 aja πŸ™ƒ
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 698
Joined: 07 Feb 2016, 16:03
Daily Vehicle: 2L 4 Banger

Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review

Post by Duvebriliant0 »

yang crv ini ada tipe manualnya ga ya??
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

ZRE143R
TGN140R
Post Reply