Hah cvt selip cirinya gmn om? Bukannya emg rasanya kyk selip terus ya? Maafin sy ga ngerti banget ini
Penyebab transmisi CVT jebol
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 789
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Thu Nov 09, 2017 11:27
- Location: tangerang
- Daily Vehicle: xtrail
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
odo baru 26ribu , ya selip di peak torque nya rpm 3-4 ribu kayak cepet naik jarumnya nggak kerasa ngegigit belt cvt nya wkwk, mbl udah di remapDuvebriliant0 wrote:Hah cvt selip cirinya gmn om? Bukannya emg rasanya kyk selip terus ya? Maafin sy ga ngerti banget ini
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
tp yang serem itu di thailand pd main drag pake civic cvt sadis sadis euy tuningnya... spek sini khan persis thai. ga tau lg kalo HPM kacrut ampe sini dicopot ntu cvt cooler...osbertc0ol wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 5:08 Civic di luar pake CVT oil cooler loh... Di indo nggak ngerti kenapa di cabut, gimana yang remap2 parah ya bisa cepet abis tuh CVT hahha..
CVT ane di lio sih ganti per 20rb km. sampe skrg odo 60k masi halus.. sering geber2 juga...
di US pantes pada awet awet... pd pecah telor semua kondisi tuned hahahhaha.
ini rasanya smua yang di remap emg gini karakternya bkn om ? Stelah remap ane klo full throttle dr diem emang pasti ad selipnya gini sih...lightarmy10 wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 5:14odo baru 26ribu , ya selip di peak torque nya rpm 3-4 ribu kayak cepet naik jarumnya nggak kerasa ngegigit belt cvt nya wkwk, mbl udah di remapDuvebriliant0 wrote:
Hah cvt selip cirinya gmn om? Bukannya emg rasanya kyk selip terus ya? Maafin sy ga ngerti banget ini
kalo dari rolling atau diurut gas biasanya engga trlalu berasa selipnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9685
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
nahh ini dia omm.benzz89 wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 4:59Itu aja 4 quart itungannya cuman ganti yang di carter (pan) aja yah om, masih nyampur ama oli raktjat jelatanya... kalau mau full 100% oli maticnya jadi murni amsoil yah perlu belasan quart, kaya om omni 13 quart x 1 quart 250 ribu = 3,25 jutiaww (istilah om kompre) khusus oli keraton ATF aja.Suryaputra wrote:harga 1 quart cvtf amsoil = 1 galon cvt hcf2benzz89 wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 3:51 Ini memang makanan daging empuk beres... oli gardan fortuner ane minta ganti di KM 10 ribu di tolak, di km 20 ribu di tolak, 30 ribu di tolak, katanya ganti sesuai buku primbon di 80 ribu.
Di KM 40 ribu kok dibawanya berat amat... di gas berhentinya cepet, memang sehari2nya ane pake driver jadi cuman pegang mobil sabtu-minggu aja. Driver mah gak ngomong apa2, cuman ane pake sabtu baru berasa aneh ini mobil.
Penasaran akhirnya bawa ke GBT, pikir ini rem nya ada yang nyangkut apa gimana. Rem di bersihin & setel, tetap berat. Orang GBT bingung, di tanya pernah ganti oli matic blom? Ane jawab belum karena belum waktunya sesuai buku primbon di 100 ribu.
Di sarankan ganti yah sudah ganti pakai ATF changer waktu itu habis sampai 12 liter, kotor aje itu oli matic sudah gelap. Setelah itu pasang ATF cooler biar makin awet maticnya.
Di tes Lumayanlah akselerasinya meningkat, bawa pulang, rasanya aneh, akselerasi lumayan tapi setelah itu deselerasinya kok kaya ada yang nahan.
Besok bawa lagi ke GBT. Akhirnya ganti oli gardan karena blom pernah ganti juga. Ampun sudah hitam, kental, banyak gram2am di baut magnetnya. Setelah ganti licin banget deselerasinya cuy... rasanya plong itu mobilnya.
Asem... dalam ati ini beres mau suruh gue ganti seglondongan kali matic & gardan kalau ikutin buku primbon laknat itu. Untung ini mobil badak, jeroan2nya juga sudah proven buat mobil perang di timur tengah jadi masih aman [emoji16]
Setelah belajar dunia perlendiran di mari akhirnya pelan2 coba2 lendir2 keraton... ehhh ketagihan, yah sudah keterusan deh. Pengen nyobain oli matic red line or amsoil kaya om omni, moga2 aja blom kejual ini badak
klo ganti pk CVTF amsoil, saya harus beli 4 quart
gak cukup 4 quart, karena msh ada sisa lendir jelata di dalam torque converter + strainer dan filter atf nya
sy aware aja krn pakai HCF2 bawaan bengkel resmi (murah bgt) ngalahin harga mayoritas toko online, jadi ganti max tiap 2 thn aja.
300rb dibawa ke mall 1 hari jg dah habis buat makan sm jajan ganteng
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
lah mobilio pake hcf2 sama kayak civic ya pih? baru tau. waktu itu soalnya ada 2 tipe honda cvtf ama hcf2 SA nya sempet bingung...Suryaputra wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 5:32
sy aware aja krn pakai HCF2 bawaan bengkel resmi (murah bgt) ngalahin harga mayoritas toko online, jadi ganti max tiap 2 thn aja.
300rb dibawa ke mall 1 hari jg dah habis buat makan sm jajan ganteng
300rb buat mbah sat kasih makan FRD sekali aja gak cukup...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Thu Nov 09, 2017 11:27
- Location: tangerang
- Daily Vehicle: xtrail
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
ini rasanya smua yang di remap emg gini karakternya bkn om ? Stelah remap ane klo full throttle dr diem emang pasti ad selipnya gini sih...ChZ wrote:osbertc0ol wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 5:08 Civic di luar pake CVT oil cooler loh... Di indo nggak ngerti kenapa di cabut, gimana yang remap2 parah ya bisa cepet abis tuh CVT hahha..
CVT ane di lio sih ganti per 20rb km. sampe skrg odo 60k masi halus.. sering geber2 juga...odo baru 26ribu , ya selip di peak torque nya rpm 3-4 ribu kayak cepet naik jarumnya nggak kerasa ngegigit belt cvt nya wkwk, mbl udah di remapDuvebriliant0 wrote:
Hah cvt selip cirinya gmn om? Bukannya emg rasanya kyk selip terus ya? Maafin sy ga ngerti banget ini
kalo dari rolling atau diurut gas biasanya engga trlalu berasa selipnya.[/quote]udh beda rasanya spt yg dulu om.. , yg sekarang kayak dia ga ngegigit pas di mid rpm , baru di high rpm dia enak kyk normal gitu om ... kpn hari sempet bawa run emg di bejek pol terus di tol 15 km ada kali , pas mau nyampe turun tol udh selip cvt nya di bejek naik nya pelan... pas turun tol cek enjin nyala mobil berat di bawa nya , parkir bentar tunggu stengah jem baru normal lagi... pdhl ane udh ganti cvtf 2 x yg 1 pake aisin 1 lagi ptt [emoji16]....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9685
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
yoi bro.ChZ wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 5:37lah mobilio pake hcf2 sama kayak civic ya pih? baru tau. waktu itu soalnya ada 2 tipe honda cvtf ama hcf2 SA nya sempet bingung...Suryaputra wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 5:32
sy aware aja krn pakai HCF2 bawaan bengkel resmi (murah bgt) ngalahin harga mayoritas toko online, jadi ganti max tiap 2 thn aja.
300rb dibawa ke mall 1 hari jg dah habis buat makan sm jajan ganteng
300rb buat mbah sat kasih makan FRD sekali aja gak cukup...
honda CVTF buat cvt gen-1: jazz gd3 & city gd8
HCF2 buat cvt honda gen-2: dr akor turbo sampai brio cvt pakai itu semua
gw klo punya akor, ganti pakai HCF2 tiap 1 thn gpp deh.
udh tenaga gede, body berat
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
wah klo ampe cek enjin nyala si ngeri jg... ud saatnya pasang cvt cooler mungkin om...lightarmy10 wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 5:43 udh beda rasanya spt yg dulu om.. , yg sekarang kayak dia ga ngegigit pas di mid rpm , baru di high rpm dia enak kyk normal gitu om ... kpn hari sempet bawa run emg di bejek pol terus di tol 15 km ada kali , pas mau nyampe turun tol udh selip cvt nya di bejek naik nya pelan... pas turun tol cek enjin nyala mobil berat di bawa nya , parkir bentar tunggu stengah jem baru normal lagi... pdhl ane udh ganti cvtf 2 x yg 1 pake aisin 1 lagi ptt [emoji16]....
ane dr 1000 sampe hari ini 19000 msh belom ngerasain penurunan performa cvtnya sih... trakir ganti hcf2 taon lalu pas servis 2 taun. ini tar november ud 3 taon... hehehehe.
lucu ya pdhl remapnya di mbah sat jg khan om...
kbiasaan ahond dr kecil ampe gede dihajar sama smua...Suryaputra wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 5:46
yoi bro.
honda CVTF buat cvt gen-1: jazz gd3 & city gd8
HCF2 buat cvt honda gen-2: dr akor turbo sampai brio cvt pakai itu semua
gw klo punya akor, ganti pakai HCF2 tiap 1 thn gpp deh.
udh tenaga gede, body berat
ampe gw heran oli mesin aja dihajar ikut pake epro gold... skrg si udah dikasih epro turbo gatau apakah cm isi sama beda merek apa jd beda supplier... tp yang gw rasain sama-sama aja ama epro gold... jauh ama Q8 alusnya.
epro gold dipake di HRV aja gaenak...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9685
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
anyway Q8 seri formula itu kelas keraton bro.ChZ wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 5:56wah klo ampe cek enjin nyala si ngeri jg... ud saatnya pasang cvt cooler mungkin om...lightarmy10 wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 5:43 udh beda rasanya spt yg dulu om.. , yg sekarang kayak dia ga ngegigit pas di mid rpm , baru di high rpm dia enak kyk normal gitu om ... kpn hari sempet bawa run emg di bejek pol terus di tol 15 km ada kali , pas mau nyampe turun tol udh selip cvt nya di bejek naik nya pelan... pas turun tol cek enjin nyala mobil berat di bawa nya , parkir bentar tunggu stengah jem baru normal lagi... pdhl ane udh ganti cvtf 2 x yg 1 pake aisin 1 lagi ptt [emoji16]....
ane dr 1000 sampe hari ini 19000 msh belom ngerasain penurunan performa cvtnya sih... trakir ganti hcf2 taon lalu pas servis 2 taun. ini tar november ud 3 taon... hehehehe.
lucu ya pdhl remapnya di mbah sat jg khan om...
kbiasaan ahond dr kecil ampe gede dihajar sama smua...Suryaputra wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 5:46
yoi bro.
honda CVTF buat cvt gen-1: jazz gd3 & city gd8
HCF2 buat cvt honda gen-2: dr akor turbo sampai brio cvt pakai itu semua
gw klo punya akor, ganti pakai HCF2 tiap 1 thn gpp deh.
udh tenaga gede, body berat
ampe gw heran oli mesin aja dihajar ikut pake epro gold... skrg si udah dikasih epro turbo gatau apakah cm isi sama beda merek apa jd beda supplier... tp yang gw rasain sama-sama aja ama epro gold... jauh ama Q8 alusnya.
epro gold dipake di HRV aja gaenak...
jauh kastanya di atas oli bengkel resmi
gw pernah pakai epro 0w20 VS sekarang pakai Q8 formula 0w20,
aduh beda banget rasanya.
padahal Q8 formula API SN stok lama 2017 dapat harga murah
pakai Q8 0w20, geber di tanjakan cipularang sampai rpm 5k ke atas, ttp enak mesin nya
padahal wkt masih pk oli epro, KM masih kinyis2 baru lahir tu mobil
sekarang Q8 0w20 udh ngeluarin yg baru (Q8 formula special D1 FE 0w20) buat mesin turbo kekinian,
180rb seliter
______________________________________________________________________________________
Q8 ada CVTF nya nih.
kelas keraton jg ini, alternatif amsoil CVTF
https://www.tokopedia.com/garageautosho ... -fluid-evo
190rb seliter
PDS : https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... EVO_en.pdf
MSDS : https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... O_en-1.pdf
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Thu Nov 09, 2017 11:27
- Location: tangerang
- Daily Vehicle: xtrail
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
klo di bawa jalan biasa aja sih normal om , cvt nya nge lock up ttp di 2rb , biasa kalo udh selip kan dia nahan rpmnya lbh tinggi... sama ini cvt nya skrg kalo mau launch injek gas sama rem bersamaan gbs lwt dr 2rb rpm , mentoknya ya disitu aja... fuel cons jg msh normal 1:11-12ChZ wrote:wah klo ampe cek enjin nyala si ngeri jg... ud saatnya pasang cvt cooler mungkin om...lightarmy10 wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 5:43 udh beda rasanya spt yg dulu om.. , yg sekarang kayak dia ga ngegigit pas di mid rpm , baru di high rpm dia enak kyk normal gitu om ... kpn hari sempet bawa run emg di bejek pol terus di tol 15 km ada kali , pas mau nyampe turun tol udh selip cvt nya di bejek naik nya pelan... pas turun tol cek enjin nyala mobil berat di bawa nya , parkir bentar tunggu stengah jem baru normal lagi... pdhl ane udh ganti cvtf 2 x yg 1 pake aisin 1 lagi ptt [emoji16]....
ane dr 1000 sampe hari ini 19000 msh belom ngerasain penurunan performa cvtnya sih... trakir ganti hcf2 taon lalu pas servis 2 taun. ini tar november ud 3 taon... hehehehe.
lucu ya pdhl remapnya di mbah sat jg khan om...
kbiasaan ahond dr kecil ampe gede dihajar sama smua...Suryaputra wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 5:46
yoi bro.
honda CVTF buat cvt gen-1: jazz gd3 & city gd8
HCF2 buat cvt honda gen-2: dr akor turbo sampai brio cvt pakai itu semua
gw klo punya akor, ganti pakai HCF2 tiap 1 thn gpp deh.
udh tenaga gede, body berat
ampe gw heran oli mesin aja dihajar ikut pake epro gold... skrg si udah dikasih epro turbo gatau apakah cm isi sama beda merek apa jd beda supplier... tp yang gw rasain sama-sama aja ama epro gold... jauh ama Q8 alusnya.
epro gold dipake di HRV aja gaenak...
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
gw pakenya yang 5w-30, direkomen ama temen yg punya toko oli... harga setara epro turbo... ngisi di CRV alus bener idle bejek ga brasa kasar. pake epro turbo idle aja kasar bgt.Suryaputra wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 6:08
anyway Q8 seri formula itu kelas keraton bro.
jauh kastanya di atas oli bengkel resmi
gw pernah pakai epro 0w20 VS sekarang pakai Q8 formula 0w20,
aduh beda banget rasanya.
padahal Q8 formula API SN stok lama 2017 dapat harga murah
pakai Q8 0w20, geber di tanjakan cipularang sampai rpm 5k ke atas, ttp enak mesin nya
padahal wkt masih pk oli epro, KM masih kinyis2 baru lahir tu mobil
sekarang Q8 0w20 udh ngeluarin yg baru (Q8 formula special D1 FE 0w20) buat mesin turbo kekinian,
180rb seliter
______________________________________________________________________________________
Q8 ada CVTF nya nih.
kelas keraton jg ini, alternatif amsoil CVTF
https://www.tokopedia.com/garageautosho ... -fluid-evo
190rb seliter
PDS : https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... EVO_en.pdf
MSDS : https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... O_en-1.pdf
wah mnarik lah ini abis ini civic lepas garansi waktunya coba coba
noted om... brarti worth noting klo dibejek kelamaan ada resiko overheating yak. emang hrs invest cvt cooler... FRD tune emang asoy...lightarmy10 wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 6:27 klo di bawa jalan biasa aja sih normal om , cvt nya nge lock up ttp di 2rb , biasa kalo udh selip kan dia nahan rpmnya lbh tinggi... sama ini cvt nya skrg kalo mau launch injek gas sama rem bersamaan gbs lwt dr 2rb rpm , mentoknya ya disitu aja... fuel cons jg msh normal 1:11-12
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
ngeri banget om, mending pasang CVT Cooler dehh..lightarmy10 wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 6:27 klo di bawa jalan biasa aja sih normal om , cvt nya nge lock up ttp di 2rb , biasa kalo udh selip kan dia nahan rpmnya lbh tinggi... sama ini cvt nya skrg kalo mau launch injek gas sama rem bersamaan gbs lwt dr 2rb rpm , mentoknya ya disitu aja... fuel cons jg msh normal 1:11-12
Ane pernah salah, mobilio ganti sendiri pake CVTF, pake bentar langsung gaenak... trus baru liat buku manual harus HCF2 hahaha..
langsung ganti 2x selang 5rb.. Skrg super halus..
Di crv bokap oli ahong SN Turbo dah jalan 6rb wkwkwk mo ganti tp belom sempet terus.. dah siapin unil opal.
sempet pake q8 ultra 0w20 enak sih, tp skrg ud susah barangnya ya dan mahal. dulu dapet cm 120k/l
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 734
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
HaykelAdityawarman wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 3:33Selamat, om beruntung. CVT mobil ane klo ga salah identik sama OS, km 50 rb an udah mulai keluar gejala limp mode (belum pernah ganti oli CVT sebelumnya). Kenalan lainnya yang bermobil sama juga rata2 begitu. Better safe than sorry ombensinsolar wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 2:41 OS saya dari baru 2012 sampe skrg ga pernah ganti CVT oil (km <70rb). Sejauh ini, kondisi masih normal. 70% pake ni mobil selalu geber redline & hentak2 kasar. Yg pasti setiap service beres selalu tanya itu CVT kenapa ga ganti & selalu suruh cek (di 2 beres berbeda Ciwangi & Srikandi). Jawabannya selalu sama, masih bagus koq. Ini CVT seperti gaada limp modenya ud geber2 sampe bau gosong juga tetep full power mode. Waktu di Aussie pernah nyetir Outlander 2014, dibawa ke gunung 15 menit mainin CVTnya di manual mode lgsg limp mode [emo-yesno]
Oya temen punya HRV 1.5, CVTnya jebol diminta 70anjt (tahun lebih muda & km mirip2), padahal dia pernah ganti oli CVTnya & yg nyetir bokapnya. Ga mkgn lebih ngebut dari saya bawanya.
Tks Om. Akhirnya ud saya paksa ganti rabu kmrn pas service sekalian ganti oli 5w30 karena ud menjelang 1 tahun. Itu aja oli cvtnya cuma diganti 6ltr (kapasitas 7.1L). Ktnya masih bagus Tp memang lgsg terasa bedanya. Dengungan khas cvt pas downshift hampir tdk terdengar & spt lbh sigap aja.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 734
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Benar sekali Om. Ini bokap tmn ane orgnya terkenal teliti & apik. Msh lmyn muda juga 55an. Tp itu harus ganti trnasmisinya. Mkgn bisa aja dqpet batch product yg kurang bagus.indeskey wrote: ↑Fri Jul 24, 2020 4:52Tetangga punya HRV, yg punya sudah senior. Pernah dibawa istrinya berhenti depan rumah itu mobil blm stop sepenuhnya, tongkat perseneling langsung dipindah ke P, suaranya bletak kenceng banget saya lagi ngerokok hampir ketelen itu rokok hahaha... Pentingnya edukasi buat pemakaian penting juga.bensinsolar wrote:OS saya dari baru 2012 sampe skrg ga pernah ganti CVT oil (km <70rb). Sejauh ini, kondisi masih normal. 70% pake ni mobil selalu geber redline & hentak2 kasar. Yg pasti setiap service beres selalu tanya itu CVT kenapa ga ganti & selalu suruh cek (di 2 beres berbeda Ciwangi & Srikandi). Jawabannya selalu sama, masih bagus koq. Ini CVT seperti gaada limp modenya ud geber2 sampe bau gosong juga tetep full power mode. Waktu di Aussie pernah nyetir Outlander 2014, dibawa ke gunung 15 menit mainin CVTnya di manual mode lgsg limp mode [emo-yesno]
Oya temen punya HRV 1.5, CVTnya jebol diminta 70anjt (tahun lebih muda & km mirip2), padahal dia pernah ganti oli CVTnya & yg nyetir bokapnya. Ga mkgn lebih ngebut dari saya bawanya.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Wed Aug 05, 2020 6:48
- Location: Jakarta
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Mau tanya yang di sini
saya pemakai mobil hrv type e tahun 2015
Saya mau ganti oli matic
di tawarin pakai cvtf idemitsu warna hijo
bisa pakai apa tidak yah ?.
saya pemakai mobil hrv type e tahun 2015
Saya mau ganti oli matic
di tawarin pakai cvtf idemitsu warna hijo
bisa pakai apa tidak yah ?.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
- Location: Depok
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
- Location: South Sumatera
- Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Om klep jadi ganti filter cvt nya ?DOHC wrote: ↑Wed Jun 19, 2019 10:06 di atas ad bahas soal filter oli cvt nya ahond.. sekedar mau ngelurusin, kayanya filter nya either ada 2 (1 ada di dalem atf warmer yg model catridge, 1 lg model di dalem oil pan layaknya filter oli atf umumnya) atau cuman 1 biji doank yg model di dalem oil pan..
utk yg model didalem oil pan, part code nya : 25420-5T0-003
utk yg model catridge, part code nya : 25450-P4V-013
kl di web2 luar negeri sehh harga nya lmayan jg
Ane kebeneran mau ganti gasket cvt (ada rembes)
Tp gk disuruh beres di benerin segera karena masih rembes blm bocor (kyk ada uap oli di pan cvt)
Klo ganti gasket harus turun pan
Nah ane pikir perlu gk ganti filter cvt nya ?
Khususnya yg bawah yg kyk plastik item itu
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26934
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Yg model catridge doank om jadinyaLeonhart wrote: ↑Sat Apr 17, 2021 23:27Om klep jadi ganti filter cvt nya ?DOHC wrote: ↑Wed Jun 19, 2019 10:06 di atas ad bahas soal filter oli cvt nya ahond.. sekedar mau ngelurusin, kayanya filter nya either ada 2 (1 ada di dalem atf warmer yg model catridge, 1 lg model di dalem oil pan layaknya filter oli atf umumnya) atau cuman 1 biji doank yg model di dalem oil pan..
utk yg model didalem oil pan, part code nya : 25420-5T0-003
utk yg model catridge, part code nya : 25450-P4V-013
kl di web2 luar negeri sehh harga nya lmayan jg
Ane kebeneran mau ganti gasket cvt (ada rembes)
Tp gk disuruh beres di benerin segera karena masih rembes blm bocor (kyk ada uap oli di pan cvt)
Klo ganti gasket harus turun pan
Nah ane pikir perlu gk ganti filter cvt nya ?
Khususnya yg bawah yg kyk plastik item itu
Yg dalem pan, beres pd ga ready stock.. kl yg d toko onlen saya takut palsu
Kl odometer belom jauh kayanya ga perlu om..
numpang lewat aja....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Honda BRV
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Sy pengguna mobil BRV tahun 2016 CVT.
Problem pada CVT saya adalah selip/getar saat jalanan menanjak atau gas dikejutkan. Selebihnya CVT normal pada kondisi jalan datar atau rpm rendah. Semenjak kejadian ini saya gak berani high rpm redline karena khawatir jebol di jalan.
Gejala ini muncul sesaat setelah kendaraan stop di tanjakan yg cukup curam dengan muatan full. Namun saya lupa untuk memindahkan posisi transmisi ke L
Odometer mobil tercatat di 90k KM.
Sdh sempat sy bawa ke bengkel spesialis honda (non Bengkel Resmi). Saat transmisi turun, tidak ditemukan gram besi. Oli CVT dalam keadaan baik. Karena interval drain oli CVT saya itu di 20k km (tahun kedua), setelah nya setiap 10k atau setahun sekali.
Check/ganti valve body, namun hasil masih sama.
Bengkel menyarankan ganti transmisi cvt assy dengan harga sekitar 18-20an juta (kondisi bekas).
Namun saya memilih untuk tidak menggantinya.
Transmisi naik kembali dengan asumsi saya akan ganti jika sdh benar2 jebol
Mobil sdh running 1000an KM namun belum ada gejala ke arah lebih berat. Masih sama gejalanya dengan awal.
Namun sy jadi khawatir jika melewati tanjakan ekstrim atau rute luar kota.
Sy lihat ada produk GC MAXPRO untuk problem transmisi. Tetapi review yg sy temukan hanya dari pengguna Livina. Apakah ada om tante disini yg sudah menggunakan produk tersebut?
Apakah aman untuk CVT Honda (HCF2)?
Terima kasih...
Problem pada CVT saya adalah selip/getar saat jalanan menanjak atau gas dikejutkan. Selebihnya CVT normal pada kondisi jalan datar atau rpm rendah. Semenjak kejadian ini saya gak berani high rpm redline karena khawatir jebol di jalan.
Gejala ini muncul sesaat setelah kendaraan stop di tanjakan yg cukup curam dengan muatan full. Namun saya lupa untuk memindahkan posisi transmisi ke L
Odometer mobil tercatat di 90k KM.
Sdh sempat sy bawa ke bengkel spesialis honda (non Bengkel Resmi). Saat transmisi turun, tidak ditemukan gram besi. Oli CVT dalam keadaan baik. Karena interval drain oli CVT saya itu di 20k km (tahun kedua), setelah nya setiap 10k atau setahun sekali.
Check/ganti valve body, namun hasil masih sama.
Bengkel menyarankan ganti transmisi cvt assy dengan harga sekitar 18-20an juta (kondisi bekas).
Namun saya memilih untuk tidak menggantinya.
Transmisi naik kembali dengan asumsi saya akan ganti jika sdh benar2 jebol
Mobil sdh running 1000an KM namun belum ada gejala ke arah lebih berat. Masih sama gejalanya dengan awal.
Namun sy jadi khawatir jika melewati tanjakan ekstrim atau rute luar kota.
Sy lihat ada produk GC MAXPRO untuk problem transmisi. Tetapi review yg sy temukan hanya dari pengguna Livina. Apakah ada om tante disini yg sudah menggunakan produk tersebut?
Apakah aman untuk CVT Honda (HCF2)?
Terima kasih...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Sorry om, ada nyebut selip/getar ketika "gas dikejutkan"....jaton wrote: ↑Sun May 16, 2021 23:39 Sy pengguna mobil BRV tahun 2016 CVT.
Problem pada CVT saya adalah selip/getar saat jalanan menanjak atau gas dikejutkan. Selebihnya CVT normal pada kondisi jalan datar atau rpm rendah. Semenjak kejadian ini saya gak berani high rpm redline karena khawatir jebol di jalan.
Gejala ini muncul sesaat setelah kendaraan stop di tanjakan yg cukup curam dengan muatan full. Namun saya lupa untuk memindahkan posisi transmisi ke L
Odometer mobil tercatat di 90k KM.
Sdh sempat sy bawa ke bengkel spesialis honda (non Bengkel Resmi). Saat transmisi turun, tidak ditemukan gram besi. Oli CVT dalam keadaan baik. Karena interval drain oli CVT saya itu di 20k km (tahun kedua), setelah nya setiap 10k atau setahun sekali.
Check/ganti valve body, namun hasil masih sama.
Bengkel menyarankan ganti transmisi cvt assy dengan harga sekitar 18-20an juta (kondisi bekas).
Namun saya memilih untuk tidak menggantinya.
Transmisi naik kembali dengan asumsi saya akan ganti jika sdh benar2 jebol
Mobil sdh running 1000an KM namun belum ada gejala ke arah lebih berat. Masih sama gejalanya dengan awal.
Namun sy jadi khawatir jika melewati tanjakan ekstrim atau rute luar kota.
Sy lihat ada produk GC MAXPRO untuk problem transmisi. Tetapi review yg sy temukan hanya dari pengguna Livina. Apakah ada om tante disini yg sudah menggunakan produk tersebut?
Apakah aman untuk CVT Honda (HCF2)?
Terima kasih...
Soalnya pas saya masih pelihara lio batch awal, ada penyakit rombongan yg dimiliki lio-brio-brv-hrv yakni cv joint jedug pas nge-gas kalau agak dikagetin atau persis abis lewatin lobang dalem lalu ketika nge-gas lagi. Nah apa jangan2 sbenernya cv joint-nya yg bunyi? hehe
Toh udah dicek ama spesialis cvt sekilas aman2 saja kan ya ... mungkin mau coba merambah ngecek cv joint dulu?
CMIIW dr nubi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
- Location: Depok
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
jaton wrote:Sy pengguna mobil BRV tahun 2016 CVT.
Problem pada CVT saya adalah selip/getar saat jalanan menanjak atau gas dikejutkan. Selebihnya CVT normal pada kondisi jalan datar atau rpm rendah. Semenjak kejadian ini saya gak berani high rpm redline karena khawatir jebol di jalan.
Gejala ini muncul sesaat setelah kendaraan stop di tanjakan yg cukup curam dengan muatan full. Namun saya lupa untuk memindahkan posisi transmisi ke L [emoji849]
Odometer mobil tercatat di 90k KM.
Sdh sempat sy bawa ke bengkel spesialis honda (non Bengkel Resmi). Saat transmisi turun, tidak ditemukan gram besi. Oli CVT dalam keadaan baik. Karena interval drain oli CVT saya itu di 20k km (tahun kedua), setelah nya setiap 10k atau setahun sekali.
Check/ganti valve body, namun hasil masih sama.
Bengkel menyarankan ganti transmisi cvt assy dengan harga sekitar 18-20an juta (kondisi bekas).
Namun saya memilih untuk tidak menggantinya.
Transmisi naik kembali dengan asumsi saya akan ganti jika sdh benar2 jebol [emoji16]
Mobil sdh running 1000an KM namun belum ada gejala ke arah lebih berat. Masih sama gejalanya dengan awal.
Namun sy jadi khawatir jika melewati tanjakan ekstrim atau rute luar kota.
Sy lihat ada produk GC MAXPRO untuk problem transmisi. Tetapi review yg sy temukan hanya dari pengguna Livina. Apakah ada om tante disini yg sudah menggunakan produk tersebut?
Apakah aman untuk CVT Honda (HCF2)?
Terima kasih...
Setuju sama mbah Josomba, mungkin check CV Joint om, penyakitnya brv disitu, sudah pernah ganti boot cv joint nggak om? Takutnya sudah ada yg rontok itu tripot nya cv joint.josomba wrote:Sorry om, ada nyebut selip/getar ketika "gas dikejutkan"....jaton wrote: ↑Sun May 16, 2021 23:39 Sy pengguna mobil BRV tahun 2016 CVT.
Problem pada CVT saya adalah selip/getar saat jalanan menanjak atau gas dikejutkan. Selebihnya CVT normal pada kondisi jalan datar atau rpm rendah. Semenjak kejadian ini saya gak berani high rpm redline karena khawatir jebol di jalan.
Gejala ini muncul sesaat setelah kendaraan stop di tanjakan yg cukup curam dengan muatan full. Namun saya lupa untuk memindahkan posisi transmisi ke L [emoji849]
Odometer mobil tercatat di 90k KM.
Sdh sempat sy bawa ke bengkel spesialis honda (non Bengkel Resmi). Saat transmisi turun, tidak ditemukan gram besi. Oli CVT dalam keadaan baik. Karena interval drain oli CVT saya itu di 20k km (tahun kedua), setelah nya setiap 10k atau setahun sekali.
Check/ganti valve body, namun hasil masih sama.
Bengkel menyarankan ganti transmisi cvt assy dengan harga sekitar 18-20an juta (kondisi bekas).
Namun saya memilih untuk tidak menggantinya.
Transmisi naik kembali dengan asumsi saya akan ganti jika sdh benar2 jebol [emoji16]
Mobil sdh running 1000an KM namun belum ada gejala ke arah lebih berat. Masih sama gejalanya dengan awal.
Namun sy jadi khawatir jika melewati tanjakan ekstrim atau rute luar kota.
Sy lihat ada produk GC MAXPRO untuk problem transmisi. Tetapi review yg sy temukan hanya dari pengguna Livina. Apakah ada om tante disini yg sudah menggunakan produk tersebut?
Apakah aman untuk CVT Honda (HCF2)?
Terima kasih...
Soalnya pas saya masih pelihara lio batch awal, ada penyakit rombongan yg dimiliki lio-brio-brv-hrv yakni cv joint jedug pas nge-gas kalau agak dikagetin atau persis abis lewatin lobang dalem lalu ketika nge-gas lagi. Nah apa jangan2 sbenernya cv joint-nya yg bunyi? hehe
Toh udah dicek ama spesialis cvt sekilas aman2 saja kan ya ... mungkin mau coba merambah ngecek cv joint dulu?
CMIIW dr nubi
Sudah bener sih nggak diganti dulu itu cvt, gantk bekas kan nggak tau juga kondisi sebelumnya gimana itu barang bekas.
Update ya om kalau ketemu masalahnya, saya juga pengguna brv.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Lagi/pernah ngalamin juga mbah? Dulu ane risih bener dengan jedag jedug itu ...indeskey wrote: ↑Mon May 17, 2021 1:25 Setuju sama mbah Josomba, mungkin check CV Joint om, penyakitnya brv disitu, sudah pernah ganti boot cv joint nggak om? Takutnya sudah ada yg rontok itu tripot nya cv joint.
Sudah bener sih nggak diganti dulu itu cvt, gantk bekas kan nggak tau juga kondisi sebelumnya gimana itu barang bekas.
Update ya om kalau ketemu masalahnya, saya juga pengguna brv.
Seandainya waktu ntuh dah kenal mbah marmut, ane dah rutin regrease ulang cv joint tiap 20k KM deh kalau perlu, mengingat ga sedikit juga di grup2 mobilio yg masalah waktu ntuh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
- Location: Depok
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Kalau boot cv joint jebol dah 2x mbah... Untung dalemannya sih katanya aman. Kayaknya lbh banyak penyakit di brv mbah.josomba wrote:Lagi/pernah ngalamin juga mbah? Dulu ane risih bener dengan jedag jedug itu ...indeskey wrote: ↑Mon May 17, 2021 1:25 Setuju sama mbah Josomba, mungkin check CV Joint om, penyakitnya brv disitu, sudah pernah ganti boot cv joint nggak om? Takutnya sudah ada yg rontok itu tripot nya cv joint.
Sudah bener sih nggak diganti dulu itu cvt, gantk bekas kan nggak tau juga kondisi sebelumnya gimana itu barang bekas.
Update ya om kalau ketemu masalahnya, saya juga pengguna brv.
Seandainya waktu ntuh dah kenal mbah marmut, ane dah rutin regrease ulang cv joint tiap 20k KM deh kalau perlu, mengingat ga sedikit juga di grup2 mobilio yg masalah waktu ntuh
Kalau cvt agak jeduk dah lama, skg ganti oli pake aisin sih lebih mendingan daripada generic nya honda.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26934
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Hrv cvt saya odo ud 130an rebu jg kl dbejeg ad geter alus, tp waktu saya coba crv, jazz lio smua jg ad geter alus tsb kl d bejeg
Makanya bawanya musti d urut, nyetirnya musti style aliran siksa diri, nginjek gas musti d urut pelan kaya takut2 nginjek gas.. nah ini djamin mo stop n go d tanjakan parkir mkg 3 jg gapapa
Makanya bawanya musti d urut, nyetirnya musti style aliran siksa diri, nginjek gas musti d urut pelan kaya takut2 nginjek gas.. nah ini djamin mo stop n go d tanjakan parkir mkg 3 jg gapapa
numpang lewat aja....
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
- Location: In the middle of nowhere
- Daily Vehicle: Yamaha 2DP
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Saya pernah minat beli xtrail t31 CVT. mulailah browsing2 soal CVT. akhirnya nemu video teardown cvt nisin di yutub yg sama dengan yg ts ini share.
setelah sy tonton video dgn seksama, root cause penyebab cvt jebol bukan karena kerusakan belt ataupun pulley cvt nya. root cause nya adalah kerusakan sistem grove & ball pada variable pulley. kenapa bisa rusak? dr video itu dijelaskan bahwa shaft dan pulley "hanya" dihubungkan oleh 3 grove sempit yang diisi oleh bola-bola baja.
Karena beban yg berat secara terus menerus dan grove td tidak sepresisi bearing, maka grove di sisi shaft maupun sisi pulley kena gaya impak/hentakan terus menerus ketika mobil akan berjalan dr posisi berhenti.
Dari situ, terlihat bahwa di bagian shaft itu ada deformasi di satu sisi grove, dipastikan itu akibat beban terus menerus ketika mobil melaju. Karena grove makin melebar, bola-bola baja td kaya digiles oleh shaft dan puley, yg membuat bola-bola baja itu pecah dan bikin pulley cvt dan shaft gancet satu sama lain. akhirnya pulley tdk bisa geser maju-mundur dan jadi fix gear. karena kena torsi overload akibat rasio pulleynya fix, putus lah belt nya.
dan setelah liat video itu, sy langsung tidak tertarik dgn cvt
walopun rusak di 185k miles (300k km) itu udah termasuk jalan cukup jauh juga, tapi gimanapun conven at udah lebih banyak yg bisa lewatin lebih dari itu
setelah sy tonton video dgn seksama, root cause penyebab cvt jebol bukan karena kerusakan belt ataupun pulley cvt nya. root cause nya adalah kerusakan sistem grove & ball pada variable pulley. kenapa bisa rusak? dr video itu dijelaskan bahwa shaft dan pulley "hanya" dihubungkan oleh 3 grove sempit yang diisi oleh bola-bola baja.
Karena beban yg berat secara terus menerus dan grove td tidak sepresisi bearing, maka grove di sisi shaft maupun sisi pulley kena gaya impak/hentakan terus menerus ketika mobil akan berjalan dr posisi berhenti.
Dari situ, terlihat bahwa di bagian shaft itu ada deformasi di satu sisi grove, dipastikan itu akibat beban terus menerus ketika mobil melaju. Karena grove makin melebar, bola-bola baja td kaya digiles oleh shaft dan puley, yg membuat bola-bola baja itu pecah dan bikin pulley cvt dan shaft gancet satu sama lain. akhirnya pulley tdk bisa geser maju-mundur dan jadi fix gear. karena kena torsi overload akibat rasio pulleynya fix, putus lah belt nya.
dan setelah liat video itu, sy langsung tidak tertarik dgn cvt
walopun rusak di 185k miles (300k km) itu udah termasuk jalan cukup jauh juga, tapi gimanapun conven at udah lebih banyak yg bisa lewatin lebih dari itu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81