First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by Pugman »

Nice review Om, ya saya setuju meskipun LMPV tetapi pemilihan dan pembuatan platform yang lebih serius bisa mendatangkan rasa berkendara yang lebih menyenangkan. Dimana untuk hal yang 1 ini tidak ada obat aftermarketnya..
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by PRBS »

erwinign wrote: Tue May 29, 2018 9:35
sintoni wrote: Tue May 29, 2018 9:33 Belom lg frame HU nya itu.

Zzzzzzzzz.
Semoga ada vendor aftermarket yg launch head unit android segede frame head unit yg tebel itu/head unit floating yg segede frame itu om wkwkw
Headunitnya merk MTECH kalo ga salah.. untuk ignis ada yg ukuran 10”, layarnya betul2 besar sampai kesannya frameless.. kalo ga salah buat xpander juga ada.

Kalo yg buat all new xtrail malah layarnya sampai gantiin tombol acnya.. (ala2 tesla) :mky_07:

#bukansalesheadunit #bukantukangaudio
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by Bulgogi »

Nah gini reviewer yg bagus..

Highlight itu aspek teknikal, jangan fitur mulu, wkwkwk..

Btw saya udah nyoba all new ertiga, powernya uweenaakk tenan.. di toll masih enak buat selap selip.. powernya lebih mirip bawa veloz 1.5 .. tapi masih dibawah mobilio.. & jauh diatas xpander..

Suspensinya lebih refine dr yg lama, hajar tambelan aspal lebih kalem ngga terlalu bunyi "gubrak" kaya versi old.. handling juga lebih mantep..

Kalo cuma diliat & diraba ANertiga banyak kurangnya, kalo udah test drive baru terasa valuenya.. apalagi kalo pernah punya old ertiga..

Sayang sih, aspek teknis udah bagus "bungkus"nya jelek amat pake masukin selera orang india segala.. plus fitur printilan di hilangkan..

*Saya pengguna old ertiga matic..
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by liemivan86 »

Barusan liat lagi di supermal Surabaya, iseng masuk tes baris ke 3 nya. Surprisingly, ini mobil memang well designed. Waktu mau ubah kemiringan sandaran baris ketiga, biasanya yang berubah hanya sandaran nya saja, tapi di ertiga baru ini alas dudukan juga berubah posisi. Saya tidak terlalu perhatikan berubah nya gimana, tapi yang pasti enak sih duduk di baris 3 untuk saya yang 178 cm.

Baris kedua memang harus maju sedikit, tapi masih cukup lega dibanding ertiga lama, dan bagian bawah baris 2 kosong, jadi kaki penumpang baris 3 bisa masuk di bawah baris 2.

Dan yang paling enak, sekarang bisa langsung lipat rata baris 3 walaupun baris 2 mentok ke belakang, tidak perlu maju kan dulu baris kedua nya..

Overall, memang ertiga baru ini lebih refined dibanding ertiga lama. Dan memang pasar yang dituju beda dibanding Xpander.
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by rajapb »

Koreksi mod chz, veloz 1.5 udah pake projector
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by ChZ »

gadjahalphien wrote:Review nya bagus om Chz..
Ada ada ulasan ttg fasilitas dan teknoginya.

Btw untuk ertiga ini, jika melihat segmentnya cenderung marketnya Xenia dan mobilio yg di tuju.
Kelihatan dari trend bulan ke bulan, trio ini cenderung konstan 2000-3000

Beda ma expander dan avanza,, dua ini sepertinya bunuh-bunuhan.

Back to topic :
Gmana kenyamanannya dibandingkan ertiga lawas? Terutama saat jadi penumpang.
Mengingat sebelum expander muncul, ertiga merupakan LMPV yg paling nyaman dibanding kompetitornya.
Betul oom, kalo saya suka pake istilah second-tier LMPV yang isinya Xenia, Mobilio.

Sedangkan kayak Xpander dan Avanza itu first tier.

Wuling Confero masih third tier yang mau ngejar first tier... Dari konteks kelengkapannya dan layout RWD keliatan mau saingan sama first tier.
batumakam wrote:Itu kenapa knop rinnai masih ada? Damn...
Apa susahnya bikin ac digital wahai suzuki wkwkkw..
Kayaknya bakal dipasang di ertiga berpopok..
Anyway kemarin iseng nanya ke sales langganan, yg pake esp belom ada Unit nya kemungkinan iims baru ada...? Btw esp suzuki include hsa ga si?
Ane setuju sama target pasar suzuki, ditempat saya rata rata juragan pickup pake futura, mobil harian mereka ya suzuki juga (sx-4,ertiga, swift) beberapa ada yg pake grand vitara...
Yang ESP (tipe GS) ready Agustus, dan harga beda 5juta sama yang GX.

Layak ditungguin sih. Yang ini mungkin manfaatin moment lebaran jd ga mau ketinggalan, bahkan dah siap unitnya di gudang.

Pembeli Suzuki profilnya rata-rata beda sama pembeli Toyota yang abis pake avanza innova mungkin bisa beli mobil mewah lain... Loyalistnya diem diem banyak ini Suzuki.
merkapa wrote:Kok sayang itu harganya hihihi. Sebagai pemilik grand livina salut ama New ertiga karena baris ke tiga ya sangat manusiawi
Harganya nurut saya bagus sih oom, masih reasonable dibanding Mobilio ya.
Pugman wrote:Nice review Om, ya saya setuju meskipun LMPV tetapi pemilihan dan pembuatan platform yang lebih serius bisa mendatangkan rasa berkendara yang lebih menyenangkan. Dimana untuk hal yang 1 ini tidak ada obat aftermarketnya..
Bulgogi wrote:Nah gini reviewer yg bagus..

Highlight itu aspek teknikal, jangan fitur mulu, wkwkwk..

Btw saya udah nyoba all new ertiga, powernya uweenaakk tenan.. di toll masih enak buat selap selip.. powernya lebih mirip bawa veloz 1.5 .. tapi masih dibawah mobilio.. & jauh diatas xpander..

Suspensinya lebih refine dr yg lama, hajar tambelan aspal lebih kalem ngga terlalu bunyi "gubrak" kaya versi old.. handling juga lebih mantep..

Kalo cuma diliat & diraba ANertiga banyak kurangnya, kalo udah test drive baru terasa valuenya.. apalagi kalo pernah punya old ertiga..

Sayang sih, aspek teknis udah bagus "bungkus"nya jelek amat pake masukin selera orang india segala.. plus fitur printilan di hilangkan..

*Saya pengguna old ertiga matic..
Betul, tech aspect itu sering diabaikan di pasar MPV. Akhirnya MPV jadi gendut, tenaga pas-pasan cenderung lemot, dan boros.

Masalahnya konsumen ya gitu. Kebanyakan cuma liat covernya... Oh modelnya keren... Oh fiturnya banyak... Disetir kok "njeketek"... Gak bisa lari, boros...

Cuma berat di fitur dan mikir gimana bikin mobilnya muat 10 orang tanpa mikirin apakah bobot 1.5 ton sanggup dibawa full load dengan tenaga 90 hp... Flexing chassis besar, mobilnya gak lincah, ngerem kedodoran. Kacau.

Makanya surprise sekali kalo Suzuki ngenalin platform baru yang lebih ringan dengan dimensi ertiga yang tambah gendut. Plus bonus mesin naik 100cc.

Tinggal kelengkapannya aja. Kalo nggak sunat sana sini fix deh paling worth the money, secara Xpander udah naik harga berkali kali...
liemivan86 wrote:Barusan liat lagi di supermal Surabaya, iseng masuk tes baris ke 3 nya. Surprisingly, ini mobil memang well designed. Waktu mau ubah kemiringan sandaran baris ketiga, biasanya yang berubah hanya sandaran nya saja, tapi di ertiga baru ini alas dudukan juga berubah posisi. Saya tidak terlalu perhatikan berubah nya gimana, tapi yang pasti enak sih duduk di baris 3 untuk saya yang 178 cm.

Baris kedua memang harus maju sedikit, tapi masih cukup lega dibanding ertiga lama, dan bagian bawah baris 2 kosong, jadi kaki penumpang baris 3 bisa masuk di bawah baris 2.

Dan yang paling enak, sekarang bisa langsung lipat rata baris 3 walaupun baris 2 mentok ke belakang, tidak perlu maju kan dulu baris kedua nya..

Overall, memang ertiga baru ini lebih refined dibanding ertiga lama. Dan memang pasar yang dituju beda dibanding Xpander.
Yups itu yang ane demen dari baris ketiganya, recline nya semua ngikut gak cuma sandaran jadi selalu dapet legroom yang enak.
rajapb wrote:Koreksi mod chz, veloz 1.5 udah pake projector
Sudah dikoreksi, oom.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
S13rra
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Thu Feb 02, 2017 8:26

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by S13rra »

Nambah satu lagi fitur yang disunat di All New R3 :
- Fitur semburan AC, yang baru jadi cuma 2 pilihan, berasa old Avanza
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by Dat510 »

Nice review Mod ChZ.. Dari segi akomodasi masing-masing 1st row, 2nd row, 3rd row, dan bagasi lebih oke mana sama expander?
densept
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Wed May 30, 2018 4:49
Location: Tangerang
Daily Vehicle: B100RS

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by densept »

Sangat disayangkan udah kabin semewah itu yang bikin ilfeel sih handgrip nya, mana nonton reviewnya di youtube bautnya masih keliatan pula kalah sama LCGC astra yang udah ditutup lobang bautnya. BTW kalo handgrip itu common ama ertiga lawas gak ya yg udah retract, kalo common sih enak tinggal ganti aja.
soerya0711
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Tue Mar 29, 2016 10:02
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Ertiga

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by soerya0711 »

Indra97 wrote: Tue May 29, 2018 11:38 Bukannya yang beda ESP doang itu GX ESP ya? Mungkin apakah di atasnya (i mean tipe GS) bakal beda selain ESP? Btw ini dejavu sama facelift 2015 dulu, ABSnya disunat beberapa bulan kemudian Drezza keluar dgn ABS dan standar akhirnya dipasang lagi ABS, akankah akan terulang lagi?

Spyshot Ertiga India, denger2 manualnya 6 speed
Image

Image

Image

Image

https://motoroctane.com/news/47487-maru ... ndia-price
Om, klo diliat dr spec India, ini AC uda digital ya, lalu arm rest baris ke 2 masih ada
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by dream_theater »

S13rra wrote: Wed May 30, 2018 2:39 Nambah satu lagi fitur yang disunat di All New R3 :
- Fitur semburan AC, yang baru jadi cuma 2 pilihan, berasa old Avanza
Setuju...dulu keunggulan ertiga adalah mode semburan ACnya yg lengkap, jadi pembeda dgn mobilio, grand livina & avanza-xenia (baik old maupun new). :frm_tumbright:
Mobilio, sampai trim RS sekalipun, walau penampilan tombol ACnya digital, tapi tetap saja modenya hanya 2... cuma pencitraan... :big_weee:
Sekarang new ertiga dikebiri gak bisa ke kaca depan. Bagi saya ini fitur yg penting & berguna saat cuaca diluar dingin (hujan lebat/kabut tebal)
Sudah gitu desain tombolnya yg menyedihkan.... :off_no: Kesan mewah dari panel kayu jadi kebanting.... :big_dunno:
Bagi saya, tombol puteran ala rinnai gak masalah, selama desainnya bagus seperti di mirage/xpander. Desain tombol AC new ertiga hanya pantas untuk trim terendah saja.
motormatic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: Fri Feb 28, 2014 6:39

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by motormatic »

Di india bakal dapat 6 speed, disini koq engga?
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by IGedeAmat »

motormatic wrote: Thu May 31, 2018 3:04 Di india bakal dapat 6 speed, disini koq engga?
Wani piro... ? mungkin itu problemnya..
eh.. btw.. komparasi harganya sama yg diindia gimana ?
lkybstrd
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri May 05, 2017 16:37

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by lkybstrd »

Saya pengguna ertiga gx.

Kok saya tidak menemukan kegunaan semprotan AC yang ke kaca depan ya?...

Beberapa kali coba malah bikin kaca depan semakin berembun. Tetep aja harus pake flow AC yang biasa untuk bisa bikin kaca bening lagi.

CMIIW
soerya0711
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Tue Mar 29, 2016 10:02
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Ertiga

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by soerya0711 »

lkybstrd wrote: Thu May 31, 2018 6:11 Saya pengguna ertiga gx.

Kok saya tidak menemukan kegunaan semprotan AC yang ke kaca depan ya?...

Beberapa kali coba malah bikin kaca depan semakin berembun. Tetep aja harus pake flow AC yang biasa untuk bisa bikin kaca bening lagi.

CMIIW
Saya juga pengguna Ertiga Gan, setau saya sih, semburan kaca depan, itu harus dibarengin sama penggunaan sirkulasi udara dr luar juga.
Tp emang sih, fitur ini jarang banget kepake.
Image
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by josomba »

lkybstrd wrote: Thu May 31, 2018 6:11 Saya pengguna ertiga gx.

Kok saya tidak menemukan kegunaan semprotan AC yang ke kaca depan ya?...

Beberapa kali coba malah bikin kaca depan semakin berembun. Tetep aja harus pake flow AC yang biasa untuk bisa bikin kaca bening lagi.

CMIIW
Tergantung tinggalnya dimana dulu om. Kalau di Bandung malam hari dan saat musim penghujan sih berguna. Biasanya saat hujan2 deras atau malam yg dingin banget, masuk mobil baru duduk 1-2 menit udah lgsg berembun kaca depan bagian dalamnya (karena di luar lebih dingin daripada di dalam). Otomatis harus semprot AC ke kaca depan biar embun dalem mobil cepet hilang. Kalau di jakarta atau kota2 lainnya yang di ketinggian beberapa meter above sea level sih ga kepake.
Image
lkybstrd
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri May 05, 2017 16:37

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by lkybstrd »

menariknya itu yg saya lakukan.

kan ada petunjuk dengan gambar di kenop AC nya bahwa untuk flow ke kaca, sirkulasi harus dibuka (lampu sirkulasi mati), tapi hasilnya ya begitu, malah semakin berembun [emoji28]

entahlah, kemungkinan saya yang salah sih.

kebetulan saya di Bandung
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by Bulgogi »

lkybstrd wrote:menariknya itu yg saya lakukan.

kan ada petunjuk dengan gambar di kenop AC nya bahwa untuk flow ke kaca, sirkulasi harus dibuka (lampu sirkulasi mati), tapi hasilnya ya begitu, malah semakin berembun [emoji28]

entahlah, kemungkinan saya yang salah sih.

kebetulan saya di Bandung
Sirkulasi terbuka ditandai lampunya hidup om.. kalo lampu mati tandanya ngga ada sirkulasi udara. Ya pantes aja makin ngembun, hahaha..

Coba aja di belakang truk, trus lampu sirkulasi mati. Dijamin sesak napas sama asep truk..
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by vp920b »

Jadi verdictnya gimana om CHZ?

Kalau dibanding sama ertiga lama banyak perbedaan ga dari sisi kenyamanan? Apakah sudah coba yang manual juga?

Masih galau ama mobil mertua, ertiganya awet bener ga rusak rusak.. hehehe
lkybstrd
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri May 05, 2017 16:37

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by lkybstrd »

hmm sepertinya di ertiga saya (ada gambarnya juga di beberapa post sebelum ini) sirkulasi luar itu kalau lampunya mati.

di kenop sirkulasi AC (pilihan 4 dan 5) ada petunjuk gambar ‘use with outside sirculation’.

CMIIW

BTT IMHO kenapa sirkulasi di AN Ertiga cuma ada 2 mungkin mempertimbangkan karena jarang dipakai juga. Tapi ya better tetap seperti yang sekarang sih.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by kunaskun »

first impression ini mobil dimari: exteriornya ganteng, saya vote ini kedua paling serius setelah xpander, asal jangan lihat velg ya, karena itu dari depan ke belakang bener2 niat banget, ga ada aneh2 pula dengan rasa indihe padahal ini mobil akan dijual juga di sana, untuk front end bener2 kasih identitas bagus, dan kesannya besar mengesankan ini MPV besar (emang besar tapi dibandingkan yang dulu), untuk buntut memang love and hate, saya termasuk yang ga terlalu suka, tapi ya soal design toh itu selalu subyektif.

interior top, seandainya itu ac digital dan model frame HU ga bau2 aftermarket akan mengesankan nuansa mewah yang terbaik, yang mungkin terbaik di kelasnya. saya termasuk yang tidak suka dengan panjang yang melar tapi ternyata dimaksimalkan dengan baik oleh suzuki untuk bagasi yang jauh lebih lega dan jok belakang tetap rata lantai, akses masuk ke baris ketiga pun jadi lebih masuk akal.

overall, dari segi pricing pun memang suzuki menghindar (dan ini cerdas) dari xpander, coba2 saja colong konsumen yang inden xpander kelamaan, males hunting batalan spk xpander, ngantri terios kelamaan, ga doyan mobilio seperti saya, eneg sama duo kaleng, dan tentu ex ertiga user. oh ya entah perasaan saya saja atau gimana, ini ertiga baru diatas kertas lebih rendah sedikit tapi kalau dilihat dari luar kok rasanya jauh lebih tinggi.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by josomba »

lkybstrd wrote: Thu May 31, 2018 6:54 menariknya itu yg saya lakukan.

kan ada petunjuk dengan gambar di kenop AC nya bahwa untuk flow ke kaca, sirkulasi harus dibuka (lampu sirkulasi mati), tapi hasilnya ya begitu, malah semakin berembun [emoji28]

entahlah, kemungkinan saya yang salah sih.

kebetulan saya di Bandung
hmmm strange juga ya hahahaha. Soalnya saya dulu di dago pakar ampir pasti kepake tuh kalau malam2 hujan mau keluar model2 AC nyembur ke kaca depan.

anyway, tetep saja memang sih ya ada penyunatan fitur sistem AC. Ini juga lg nunggu temen di kantor ada yg beli, masih nunggu dikirim, ga sabar pengen icip TD juga jadinya.
Image
User avatar
rakjatdoni
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Thu Oct 02, 2014 3:42

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by rakjatdoni »

:big_grin: sekilas, kalo nengok di spion belakang ada ertiga, ada miripnya sama GNKI.
di all new ertiga ini, juga ada mirip sama ANKI.
apalagi kalo malem, hehe.

jadi pengen TD abis baca review om Chz. :big_grin:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by maastricht889 »

josomba wrote: Thu May 31, 2018 10:06
lkybstrd wrote: Thu May 31, 2018 6:54 menariknya itu yg saya lakukan.

kan ada petunjuk dengan gambar di kenop AC nya bahwa untuk flow ke kaca, sirkulasi harus dibuka (lampu sirkulasi mati), tapi hasilnya ya begitu, malah semakin berembun [emoji28]

entahlah, kemungkinan saya yang salah sih.

kebetulan saya di Bandung
hmmm strange juga ya hahahaha. Soalnya saya dulu di dago pakar ampir pasti kepake tuh kalau malam2 hujan mau keluar model2 AC nyembur ke kaca depan.

anyway, tetep saja memang sih ya ada penyunatan fitur sistem AC. Ini juga lg nunggu temen di kantor ada yg beli, masih nunggu dikirim, ga sabar pengen icip TD juga jadinya.
Kl dah pernah nyetir old ertiga, om pasti bakal ngerasa ride qualitynya bener2 improve. Mentul2 ilang, steering response lbh enak, gludak gluduk lbh berkurang
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by Boeds »

Siplah kalo begitu..
Berarti tinggal nunggu improvement facelift.
Mesin dan handling sudah improved.
Saya sudah sempat pesan 1 yg lama stok akhir.
Nanti kalo facelift sudah keluar, semoga sesuai ekspetasi dr penyempurnaan yg banyak dikeluhkan