Nanya cara kerja i-force andrion

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
piko25
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: 03 Mar 2014, 15:43
Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk

Re: Nanya cara kerja i-force andrion

Post by piko25 »

Pengen beli 8 biji jadi per koil 2 iforce :big_weee:

Baru baca2 di IG, eh nemu threadnya disini.
Ane kok gk percaya ya ginian dari dulu, masih mending nambah grouding yg bener di mobil gw yg low ini

Low MPV :big_grin:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Nanya cara kerja i-force andrion

Post by Omnibus »

sepertinya ini stabilizer tegangan dgn rangkaian capacitor. kl lihat grafik oscilloscope kan memang pas fire dia grafiknya turun dulu ke bawah, mungkin itu yg mau diminimize.

utk cara kerja coil on plug beda2 tergantung dr brp pin sistemnya; ada 2 pin (gm), 3 pin (honda) dan 4 pin (toyota & gm). Yg 2 pin negative control. Yg 3 dan 4 pin constant positive n negative tp pakai 5V trigger, bedanya pada 4 pin ada IGF signal utk feedback ke ecu kl busi ga firing atau kl kabel dicabut dia generate fault code.

Lengkapnya bisa pelajari disini (in English) :
https://www.google.com/url?sa=t&source= ... 0679583862
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: 14 Oct 2015, 01:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Nanya cara kerja i-force andrion

Post by rudyzanetti »

Omnibus wrote: 28 Oct 2018, 05:40 sepertinya ini stabilizer tegangan dgn rangkaian capacitor. kl lihat grafik oscilloscope kan memang pas fire dia grafiknya turun dulu ke bawah, mungkin itu yg mau diminimize.

utk cara kerja coil on plug beda2 tergantung dr brp pin sistemnya; ada 2 pin (gm), 3 pin (honda) dan 4 pin (toyota & gm). Yg 2 pin negative control. Yg 3 dan 4 pin constant positive n negative tp pakai 5V trigger, bedanya pada 4 pin ada IGF signal utk feedback ke ecu kl busi ga firing atau kl kabel dicabut dia generate fault code.

Lengkapnya bisa pelajari disini (in English) :
https://www.google.com/url?sa=t&source= ... 0679583862
Sori om mau nanya, maaf kl rada oot.
Di avanza/xenia vvti generasi awal, koilnya pake 3 pin.
Kl baca dari tulisan diatas berarti voltase 12v ama ground nya standby terus ya? Yg trigger koil cm pin 5v?
Di mobil saya xenia vvti 1300, voltase 12v yang masuk koil(waktu mobil idup), beda 0,2 volt ama voltase yg terbaca di aki.
Di aki terbaca 14,2- 14,3 v, sedangkan di koil terbaca di 14,03- 14,06 v.
Andaikata saya pasang relay buat ke 4 koil, agar voltase yg masuk ke koil dan yg terukur di aki bisa sama, ga bakal ada masalah ke depannya kan? Dan rencananya pin ground coil bakal saya lsg direct ke negatif aki.
Kenapa saya mau pasang relay di koil? Anggapan saya kalo voltage drop nya bisa diminimalkan, mudah2an api koil nya bisa besar dan stabil.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Nanya cara kerja i-force andrion

Post by Omnibus »

rudyzanetti wrote: 21 Feb 2020, 00:53
Sori om mau nanya, maaf kl rada oot.
Di avanza/xenia vvti generasi awal, koilnya pake 3 pin.
Kl baca dari tulisan diatas berarti voltase 12v ama ground nya standby terus ya? Yg trigger koil cm pin 5v?
Di mobil saya xenia vvti 1300, voltase 12v yang masuk koil(waktu mobil idup), beda 0,2 volt ama voltase yg terbaca di aki.
Di aki terbaca 14,2- 14,3 v, sedangkan di koil terbaca di 14,03- 14,06 v.
Andaikata saya pasang relay buat ke 4 koil, agar voltase yg masuk ke koil dan yg terukur di aki bisa sama, ga bakal ada masalah ke depannya kan? Dan rencananya pin ground coil bakal saya lsg direct ke negatif aki.
Kenapa saya mau pasang relay di koil? Anggapan saya kalo voltage drop nya bisa diminimalkan, mudah2an api koil nya bisa besar dan stabil.
halo om.....

tidak worth it. voltage drop melewati kabel 0.2V (200mV) itu sangat2 normal. dan kl pun jd naik segitu rasanya spark jg ga tambah besar secara signifikan. banyak cara lain yg lbh mudah dan safe utk menyempurnakan pembakaran, contohnya dgn ganti busi.

dgn pasang relay2an begitu berarti ada 1 lagi tambahan komponen yg berpotensi utk break down. dan itu ga menjamin tdk ada voltage drop kan, krn voltage drop via switch/relay sendiri bisa 300mV (0.3V).

dan kalau komponen tambahan itu break down mobilnya bisa mogok. bahkan kl pemasangannya tdk benar bisa jadi fire hazard.

ini list patokan voltage drop diambil dr Fluke.com ketika melewati bbrp media konduktor:

Voltage drops should not exceed the following:
200 mV Wire or cable
300 mV Switch
100 mV Ground
0 mV to <50 mV Sensor Connections
0.0V Connections

diluar angka itu berarti ada masalah dlm rangkaian, e.g. pinched cable, corrosion, excessive resistance, etc.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post