Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by liemivan86 »

liep wrote:
liemivan86 wrote: Fri Aug 10, 2018 6:59
josomba wrote:
Melihat kondisi seperti ini (maaf) saran saya jangan deh om ambil cx-5. Apalagi om bilang "restorasi hanya bisa menyusul". Lalu melihat tagihan servis yang om anggap mahal, better turunin kelasnya dulu om. Saya paham sih ergonomis mobilio-brio itu memang pada sebagian orang sangat tidak enak (tergantung postur tubuh) termasuk saya, juga menjadi alasan saya jual dulu.
Berarti memang ergonomic mobilio ini memang kurang pas untuk beberapa orang ya? Saya kalo posisi normal saya nyetir, setel spion mobilio, tidak pernah bisa pas. Selalu kurang keluar. Setengah dari spion cuma keliatan Body mobil aja.

Padahal setir Ayla pun tidak pernah masalah dengan spion.
lio2017 saya, posisi setir dr veloz emang btuh penyesuaian agak lama, tp skrg sdh biasa, biasa kepalapun nyender klo lg di jln, cuma emang pas mundurin mobil emang agak sulit klo ud biasa mbl lain, sering kurang mepet kanan malah hehe, sering ga kliatan motor belakang di kiri ato kanan mobil
ayla pendek hrsnya emang lbih mudah
Bukan masalah itu nya sih Om. Saya biasa bawa mobil besar. Mobilio termasuk ukuran "normal" buat saya. Biasa pakai pajero sport, Innova, dll, yang lebih panjang.

Yang masalah buat saya itu ergonomic nya. Desain spion nya kurang pas buat saya. Entah kenapa, dengan posisi setir saya, spion nya kurang keluar. Jadi walaupun sudah di setel di posisi terluar, masih kurang keluar lagi. Dan ini saya coba di 3 mobilio, sama semua seperti itu
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by josomba »

liemivan86 wrote: Fri Aug 10, 2018 6:59 Berarti memang ergonomic mobilio ini memang kurang pas untuk beberapa orang ya? Saya kalo posisi normal saya nyetir, setel spion mobilio, tidak pernah bisa pas. Selalu kurang keluar. Setengah dari spion cuma keliatan Body mobil aja.

Padahal setir Ayla pun tidak pernah masalah dengan spion.
*Sorry OOT buat TS

Nampaknya iya om, kalau emak saya yang nyetir dia bilang pas2 saja (beliau posisi duduknya mentok ke depan). Spion menurut beliau ga ada masalah. Kalau saya model setir agak selonjor (jadi mundur ke belakang) jadi spion memang terasa kurang ke kanan untuk sisi driver.
Image
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by Profith83 »

Dengan kondisi seperti itu.

Dan ini mobil akan jadi satu2x nya mobil akan dijadikan harian untuk kerja cari uang lebih baik yang tidak ada perawatan, dan tidak ada ketakutan.
Beli Mobil bekas itu tergantung loh om, pas kena problem parah ... bisa stress.
Misal mobil tiba tiba mogok terus ternyata electrical ada yang rusak dan harus keluar biaya 10 jt bagaimana?
Gak dibenerin gak bisa kerja... dibenerin apa yakin akan 100% bener? Bengkel Resmi itu bikin betul mobil baru yang garansi saja belum tentu 100% langsung bisa sembuh, apalagi mobil yang sudah lewat masa garansi.

Mobil baru saja kadang rewel biarpun ada garansi, tetapi setidaknya kita gak keluar biaya tidak terduga.

Kalau saya sih misal beli Mobil CX5, maka restorasi saya anggarkan 10-20 jt tergantung kerusakan. Kemudian biaya tak terduga 20jt.
Jadi Total yang dipersiapkan harus minim 30 jt - 40 jt.

Lebih baik peremajaan lagi ke Brio atau Agya, sambil uangnya diinvestasikan atau di depositokan.


Sekedar pendapat saja om. Jangan sampai kita direpotkan oleh mobil
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by pilotgaruda »

sekedar saran. kl liat kondisi ekonomi sih better jangan jauh2 dari lmpv. itu cx5 yg old facelift terakhir kl ga salah lampu depannya aja sekitar 20jtan. menang di fun to drive N lebih berkelas, tapi bisa bikin ga tenang miaranya. Sekedar saran aja...
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by lemonadelovers »

Duit 220jt ambil aja deh GNKI diesel bbm murah ga ada perawatan besar2an dan kabin lega

(Balik lg ke mobil legenda di SM)
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by marama »

Saran saya kalau dari penjelasan om jgn ambil CX5 om apalagi buat mbl satu2nya. Mgkn kalau mau mobil yang kelasnya bukan LMPV tp mau perawatan yang mirip2 LMPV bisa lirik2 2nd nya sienta Q 2016, Jazz RS 2017 , freed E 2015 akhir, yaris lele 2017. Mobil mobil yang saya sebut itu mempunyai biaya perawatan yg mirip2 LMPV krn basic CC nya 1500cc share dgn mobilio dan konsumsi BBM irit, gengsi tentu diatas LMPV. Tidak berat di operasional

Saya kurang tau HRV S 2015 dpt g ya 220jt, mgkn rekan2 lbh tau
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by dizco »

masdi wrote: Fri Aug 10, 2018 5:40
Winz wrote: Fri Aug 10, 2018 1:15 Klo mau agak fun to drive ambil hatchback aja, ambil new biar ga pusing

Coba Baleno Hatchback atau All New Sirion, ga pusing ini itu, tinggal gas
baleno harga sesuai fitur sebenernya, tapi kurang sreg sama modelnya,
sirion belum terlalu sreg tapi fiturnya & kelengkapannya bagus katanya

sintoni wrote: Fri Aug 10, 2018 1:32 Sekarang kondisi ekonomi bagaimana atau sudah punya pengalaman mobil bekas sebelumnya atau bagaimana.

Sekarang dipake buat touring 2 mingguan sekali, tapi untuk harian sudah ada mobil atau ga?

Kalo ban sih ga masalah ya, tinggal ganti merk lain seperti Accelera kalo bingung bayar ban.
ekonomi pas-pasan om, hehehe
rumah masih kontrak, jadi pegawai thp 5jt,
usaha sampingan sementara masih merintis dari 0
ada dana cash 200-220 juta pas nggak lebih
sebelumnya pakai brio, sekarang sudah dijual.
jadi beli ini untuk kendaraan utama

dizco wrote: Fri Aug 10, 2018 2:05 Lmpv lokal baru vs suv cbu seken sih udah jelas ambil yang suv

Asalkan harus siapin dana cukup untuk beres beres (jika perlu):
- full general service
- ganti semua cairan
- ganti semua filter
- cek dan servis kaki-kaki
- cek dan servis AC
- ganti ban, spooring, balancing, finish balance
- detailing luar dalam & coating
- dll

Dijamin seger lagi hehehe
sayangnya dananya mepet, max 220 saja
untuk restorasi mungkin nyusul pelan-pelan
Kalau begitu ambil opsi murah saja, lcgc atau lmpv. Saya juga usaha sendiri dan dulu juga mulai dari nol, jadi kebayang lah kondisi cash flow anda. Lebih baik ambil mobil baru tapi terjangkau, sisa dana sekian puluh juta jauh lebih baik digunakan untuk bisnis

Sabar saja sedikit, semoga usaha yang dirintis bisa segera maju dan nantinya bisa punya dana extra untuk beli mobil yang benar benar diinginkan

Salam sesama pejuang dan perintis usaha
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by pernahmiskin »

Harian pakai satya, avxen 3 jam baru berasa capai..

Sebenernya om ts ga terlalu rewel masalah pilihan mobil..

Coba rembugan dl dgn istri...

Ga usah mikirin gengsi, lcgc jg bagus koq...

Calya/sigra bisa jd pertimbangan, dana sisa bisa buat tambahan modal jg...

Memang ga senyaman mobil yg mahalan, tp bisa jd pelecut semangat om ts dlm berusaha mencari duit lebih banyak lagi...

Kalau duit sdh banyak, baru dah beli sesuai keinginan..
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
masdi
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Aug 08, 2018 11:25
Location: Jawa Timur
Daily Vehicle: Scoopy 2018

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by masdi »

liemivan86 wrote: Fri Aug 10, 2018 6:05
masdi wrote: ekonomi pas-pasan om, hehehe
rumah masih kontrak, jadi pegawai thp 5jt,
usaha sampingan sementara masih merintis dari 0
ada dana cash 200-220 juta pas nggak lebih
sebelumnya pakai brio, sekarang sudah dijual.
jadi beli ini untuk kendaraan utama
Terus terang kalo lihat keterangan seperti ini, saya lebih condong ke Ertiga atau Xpander baru, atau malah Ertiga bekas saja. Lebih tidak menyusahkan, dan sudah cukup untuk dipakai sehari-hari.

Gimana2, medium SUV, walaupun bekas nya murah, perawatan juga masuk kelas medium SUV. Biaya operasional juga lebih tinggi dibanding LMPV. Sebagai gambaran, saya pakai X-trail T32, bensin per bulan habis 2 jt lebih dengan pemakaian sekitar 1800-2000 km per bulan, sekitar 400-500 km per minggu.

Soal ertiga, menurut saya sih ertiga lama jok nya enak banget. Saya pernah setir Surabaya Malang 7 jam, kena macet parah, dan badan tidak terlalu capek. Seharusnya yang baru lebih enak sih. Dan karena biasa pakai brio, ertiga yang lebih keras harusnya lebih cocok dibanding Xpander yang lebih empuk.
iya juga sih, saya nogal berpikir jauh mesana, kebutuhan pasti meningkat,
ok deh CX-5 dicoret sana, soalnya kerjaan samping belum jalan,
kecuali sudan ada pemasukan lain yaa,

tinggal testdrive ertiga lama & baru aja nih
xpander juga masih termal mahal (velum ada diskon)
beda dengan ertiga yg sudah ada diskon 20-25jt

atau mungkin ertiga diesel bekas kali aja yak..?

racho wrote: Fri Aug 10, 2018 6:17 kalo menurut ane ya...

kalo masalah ban aja masih mikir dan income blom lowong banyak, APALAGI RUMAH MASI NGONTRAK, mending ambil mobil baru aja. gpp dah LCGC yg penting duit aman. ato cari seken LMPV. ga bakal merongrong dibanding Mid-SUV. duit lebihnya puter lagi...

ngambil mobil seken itu kudu siap sama risiko ganti ini-itu, dan harus tau celahnya supaya gak keluar duit banyak.
contoh, ban pake aja hankook/yg murah/nyari diskonan. busi kalo minta ganti ya bisa dikasih busi biasa yg speknya sama.
kaki2 bisa rekondisi kalo duit lagi cekak; ato pake merk 555. kalo KW yg merk ga jelas, mending jangan.

tapi ya memang... CX-5 ga bisa dibandingin sama Ertiga. jauh enakan CX-5
ane pake Ertiga 4 jam punggung udah pegel, ganti mobil seken (Grandis) 6 jam nggak pegel.
kalo CX-5 kayanya bisa lebih... enak itu kursinya.
oya sih, saya disini belum terbuka pikiran saya, belim mikirin kebutuhan lainnya, pikiran saya bah itu CX-5 bakalan esak banget, keren, ganzen dan juga mendukung buat diajak jalan2 seminggu duaminggu sekali. tapi setelah ada saran dari om-om disini jadi terbuka deh pikiran saya, kebutuhan lainnya pasti banyak, nggak cuma mobil aja, apa lagi penghasilan saya Masih tergolong pas-pasan, dan kerja sampingan belim juga jalan.

ertiga gx bekas 2017-2018 atau allnew ertiga dengan diskon menawan mungkin masuk yak.. tau yg diesel juga boleh, iria banget katanya Konsums bbmnya.

liep wrote: Fri Aug 10, 2018 6:37 ud bener pake brio sbetulnya klo liat kondisi ekonomi spt itu, hrsnya ga usa djual brio krn irit dan ga perlu kluar duit lagi beli mobil, banyakin olah raga aj biar punggungnya kuat
brio dijual Karena mau pindah om, sekarang posisi diluar jawa, brio dipakai diluar jawa, nha karena mau pindah ke jawa, daripada brio dibawa kesana kemari dan karena sudah banyak baret, dan berpikir mungkin nanti brio juga nggak cocok buat keluarga dijawa akhirnya saya jual disini.

josomba wrote: Fri Aug 10, 2018 6:47
masdi wrote: Fri Aug 10, 2018 5:40
-CUT-

ekonomi pas-pasan om, hehehe
rumah masih kontrak, jadi pegawai thp 5jt,
usaha sampingan sementara masih merintis dari 0
ada dana cash 200-220 juta pas nggak lebih
sebelumnya pakai brio, sekarang sudah dijual.
jadi beli ini untuk kendaraan utama

-CUT-
Melihat kondisi seperti ini (maaf) saran saya jangan deh om ambil cx-5. Apalagi om bilang "restorasi hanya bisa menyusul". Lalu melihat tagihan servis yang om anggap mahal, better turunin kelasnya dulu om. Saya paham sih ergonomis mobilio-brio itu memang pada sebagian orang sangat tidak enak (tergantung postur tubuh) termasuk saya, juga menjadi alasan saya jual dulu.

Entah kenapa kok saya lebih menyarankan cari mobil yang pengaturan jok serta setirnya bisa lengkap jadi menunjang sehari2 kenyamanan berkendara. Dan cari ulang kendaraan di bawah 200 juta buat sisa dana beres2. Saya juga bulan maret lalu beres2 (karena ambil mobkas) abis 10-15 juta rasanya deh. Bagi saya, setelah beres2 lengkap itu baru deh jd nyaman berkendaranya.
iya, gpp om, bener saran om-om disini.
saya jadi sadar, kalau nanti biaya perawatan, pajak dkk akan memberatkan karena ya itu tadi, penghasilan saya aja yang belum diatas cukup, dan usaha sampingan juga belum jalan, ditambah kebutuhan keluarga baru kan pasti adaaa aja..

sementara ini ertiga allnew atau sebelumnya yg bekas mungkin masuk pilihan saya, yg bekas mungkin yg low km tahun 2017-2018

alvin23 wrote: Fri Aug 10, 2018 6:50 Kalo kondisinya gitu, sekalian aja beli mobil bekas level 100 jutaan, 50 jutanya spare buat restorasi, sisanya deposito.

Kalo. Budget dimepetin buat mobil semua ya takut ga jalan ntar mobilnya, apalagi bekas
Innova bensin taun tua udh upgrade jauh tuh dibanding brio, ga rewelan jg mobilnya, uang bensin ambil dr lebihan budget mobil
akhirnya jadi ambil yg max 200jt aja
ertiga gx mt after diskon bisa 200jt deh
atau old model bekas yg low km bisa juga yg diesel
ada spare 20jt sudah lumayan buat pajak, bensin & perawatan yakk..?
masdi
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Aug 08, 2018 11:25
Location: Jawa Timur
Daily Vehicle: Scoopy 2018

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by masdi »

sintoni wrote: Fri Aug 10, 2018 8:21 Hmm.

Ane jg saranin LCGC aja kayak Calya gitu, itu udah lumayan enak kok.

Menurut ane malah hampir setara sama Xenia gituan untuk comfort sama NVH. Hehe.

Kalo ga ya coba Ertiga bekas aja, tahun 2014-2015 aja.

Kalo CX5 sih ngeri di pajak sama maintenansnya om.

Pajak sudah 5 jutaan, per bulan 400rb ++, belum kayak sparepart termasuk aki itu sudah berapa secara ada i-stop.
calya nggak om, nggak enak banget saya naikinya, lebih enak brio menurut saya,
ertiga bekas mungkin masuk om, yg gx bensin atau yg diesel
atau yg all new setelah diskon kataya bisa 200jt
fix coret CX-5 dkk yang biaya perawatannya pasti tinggi

Winz wrote: Fri Aug 10, 2018 8:32
Mending ambil Brand New aja klo kondisi kaya gitu, nanti kasian anak istri

habis buat jajanin mobil aja yang sudah berumur, belum lagi pajaknya loh
iya, rencana allnew ertiga gx setelah diskon bisa 200
atau ertiga lawas yang low km semoga dapet
pajaknya jg 5jtaan mungkin kalau CX-5 yaa..

mike22 wrote: Fri Aug 10, 2018 8:42 Ato om beli sportage 2014/15 platinum saja, mininal beli akinya engga semahal cx 5 😬
nggak minat & takun ambil yang brand korea om, hehehe

andyez86 wrote: Fri Aug 10, 2018 8:43 kompresi tinggi bgtu sihh klo sales2 ngmng dlu sama saya bs pke ron 92..tp baiknya sih ttp pake yg 98 ya...
saya baca2 pada pakai pertamax sih om ini cx5

qushay20019 wrote: Fri Aug 10, 2018 8:52 Sepertinya dgn kondisi mobil pertama pasca Brio, mending ambil r3 baru deh om, biar gak ada biaya perbaikan lagi. Soalnya biar gimanapun, ada biaya servis rutin + servis besar yg secara umum mahalan Mazda daripada Suzuki untuk pekerjaan/ barang yg sama (pengalaman rawat SX4 lama + Mazda2 lama di beres masing2)
iya, diputuskan saya coret aja CX-5
selain itu kebutuhan lain masih ada juga, nggak mobil aja yang diurus..
ertiga allnew atau bekas yg low km yg old model mungkin jadinya sy ambil
semoga ada facelift ac di varian diesel kalau masuk akhir-awal tahun, hehehe (ngimpi)
Bean06
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 280
Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Thunder

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by Bean06 »

Mending cari Wuling second dapat di 110 an & cek garansi berlaku,lumayan sisanya buat yg lain
User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by Moonshade »

Bantu saran om TS, kalau dana mepet mendingan jangan beli mobil 2nd kalau ga terpaksa. Dana restorasi dan dana tak terduga itu harus disiapkan min 10% dari harga mobil. Mending saya saran kalo budget 20p ambil mobil baru aja max 200 kalo emang pengen banget, ambil kredit mumpung BCA lagi ada promo kkb. Dana lebih bisa untuk tabungan dan dana tak terduga rumah tangga
User avatar
brintanizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 874
Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Honda CRV

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by brintanizer »

Dari embrio naik ke cx5 kayaknya akselerasi terlalu cepat om . Bakalan banyak selisih daily running cost nya . Palagi ni suv tangki nya besar ... minum nya bbm 9500 an . Dgn kondisi keuangan yg (maaf) pas pasan . Kalo boleh saya beri masukan sih cari mobil common aja .
- apple, banana, & grape -
becoolsp
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Tue Jan 14, 2014 0:26

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by becoolsp »

om, saran ane mending ambil mobil yg bisa buat perang, seperti av-xen. kenapa? karena itu mobil sudah pasti robust dan separah2nya dandan juga masih masuk akal, part KW juga banyak. dannnn apabila om ts lg ngerintis usaha, mobil perang seperti ini bakal dipakai daripada beli cx5, minum bensin premium juga jalan ni mobil...
dari usaha om ts ini pelan2 nanti bisa beli mobil yg diatas, tp av-xen pasti tetap dikeep sebagai mobil perang,
pengalaman ane pake ipah :v
mau jual sayang bukan karena apa, tp karena bingung mobil yg masih oke dinaikin tp bisa rangkap mobil perang
sprint07
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Sat May 10, 2014 13:56
Location: Surabaya

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by sprint07 »

Ambil seken yg taun muda aja. Budget di bawah 200jt banyak bgt...klo dpt rejeki banyak jangan upgrade kendaraannya tp nambah lagi aja, yg anti mainstream ga apa2 klo gini
masdi
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Aug 08, 2018 11:25
Location: Jawa Timur
Daily Vehicle: Scoopy 2018

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by masdi »

Profith83 wrote: Fri Aug 10, 2018 9:31 Dengan kondisi seperti itu.

Dan ini mobil akan jadi satu2x nya mobil akan dijadikan harian untuk kerja cari uang lebih baik yang tidak ada perawatan, dan tidak ada ketakutan.
Beli Mobil bekas itu tergantung loh om, pas kena problem parah ... bisa stress.
Misal mobil tiba tiba mogok terus ternyata electrical ada yang rusak dan harus keluar biaya 10 jt bagaimana?
Gak dibenerin gak bisa kerja... dibenerin apa yakin akan 100% bener? Bengkel Resmi itu bikin betul mobil baru yang garansi saja belum tentu 100% langsung bisa sembuh, apalagi mobil yang sudah lewat masa garansi.

Mobil baru saja kadang rewel biarpun ada garansi, tetapi setidaknya kita gak keluar biaya tidak terduga.

Kalau saya sih misal beli Mobil CX5, maka restorasi saya anggarkan 10-20 jt tergantung kerusakan. Kemudian biaya tak terduga 20jt.
Jadi Total yang dipersiapkan harus minim 30 jt - 40 jt.

Lebih baik peremajaan lagi ke Brio atau Agya, sambil uangnya diinvestasikan atau di depositokan.


Sekedar pendapat saja om. Jangan sampai kita direpotkan oleh mobil
pilotgaruda wrote: Fri Aug 10, 2018 9:33 sekedar saran. kl liat kondisi ekonomi sih better jangan jauh2 dari lmpv. itu cx5 yg old facelift terakhir kl ga salah lampu depannya aja sekitar 20jtan. menang di fun to drive N lebih berkelas, tapi bisa bikin ga tenang miaranya. Sekedar saran aja...
lemonadelovers wrote: Fri Aug 10, 2018 9:51 Duit 220jt ambil aja deh GNKI diesel bbm murah ga ada perawatan besar2an dan kabin lega

(Balik lg ke mobil legenda di SM)
marama wrote: Fri Aug 10, 2018 9:55 Saran saya kalau dari penjelasan om jgn ambil CX5 om apalagi buat mbl satu2nya. Mgkn kalau mau mobil yang kelasnya bukan LMPV tp mau perawatan yang mirip2 LMPV bisa lirik2 2nd nya sienta Q 2016, Jazz RS 2017 , freed E 2015 akhir, yaris lele 2017. Mobil mobil yang saya sebut itu mempunyai biaya perawatan yg mirip2 LMPV krn basic CC nya 1500cc share dgn mobilio dan konsumsi BBM irit, gengsi tentu diatas LMPV. Tidak berat di operasional

Saya kurang tau HRV S 2015 dpt g ya 220jt, mgkn rekan2 lbh tau
dizco wrote: Fri Aug 10, 2018 10:02
Kalau begitu ambil opsi murah saja, lcgc atau lmpv. Saya juga usaha sendiri dan dulu juga mulai dari nol, jadi kebayang lah kondisi cash flow anda. Lebih baik ambil mobil baru tapi terjangkau, sisa dana sekian puluh juta jauh lebih baik digunakan untuk bisnis

Sabar saja sedikit, semoga usaha yang dirintis bisa segera maju dan nantinya bisa punya dana extra untuk beli mobil yang benar benar diinginkan

Salam sesama pejuang dan perintis usaha
pernahmiskin wrote: Fri Aug 10, 2018 11:06 Harian pakai satya, avxen 3 jam baru berasa capai..

Sebenernya om ts ga terlalu rewel masalah pilihan mobil..

Coba rembugan dl dgn istri...

Ga usah mikirin gengsi, lcgc jg bagus koq...

Calya/sigra bisa jd pertimbangan, dana sisa bisa buat tambahan modal jg...

Memang ga senyaman mobil yg mahalan, tp bisa jd pelecut semangat om ts dlm berusaha mencari duit lebih banyak lagi...

Kalau duit sdh banyak, baru dah beli sesuai keinginan..


iya om-om semua,
setelah bikin trid dan dapat masukan dari om-om yang baik ini saya jadi sadar,
saya kan juga masih ngontrak, kenapa yang setengah nggak dipakai buat DP rumah aja :big_cry:
terimakasih banyak ya om, pak, gan, bro, bos semuanya terimakasih sangat buat masukannya
saya jadi terpikir buat ambil mobil yg 100an aja, yang sisanya buat DP rumah aja,
daripada ngontrak, hehe, lebih enak rumah sendiri pastinya

entah nanti dapet apa yang penting bisa dapet dua-duanya, mobil 100jtan sama dp rumah 100jtan
terimakasih, terimakasih, terimakasih banyak banget sudah berikan masukan yg bikin terbuka pemikiran saya
masdi
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Aug 08, 2018 11:25
Location: Jawa Timur
Daily Vehicle: Scoopy 2018

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by masdi »

Bean06 wrote: Fri Aug 10, 2018 11:49 Mending cari Wuling second dapat di 110 an & cek garansi berlaku,lumayan sisanya buat yg lain
Moonshade wrote: Fri Aug 10, 2018 12:12 Bantu saran om TS, kalau dana mepet mendingan jangan beli mobil 2nd kalau ga terpaksa. Dana restorasi dan dana tak terduga itu harus disiapkan min 10% dari harga mobil. Mending saya saran kalo budget 20p ambil mobil baru aja max 200 kalo emang pengen banget, ambil kredit mumpung BCA lagi ada promo kkb. Dana lebih bisa untuk tabungan dan dana tak terduga rumah tangga
brintanizer wrote: Fri Aug 10, 2018 15:15 Dari embrio naik ke cx5 kayaknya akselerasi terlalu cepat om . Bakalan banyak selisih daily running cost nya . Palagi ni suv tangki nya besar ... minum nya bbm 9500 an . Dgn kondisi keuangan yg (maaf) pas pasan . Kalo boleh saya beri masukan sih cari mobil common aja .
becoolsp wrote: Fri Aug 10, 2018 16:01 om, saran ane mending ambil mobil yg bisa buat perang, seperti av-xen. kenapa? karena itu mobil sudah pasti robust dan separah2nya dandan juga masih masuk akal, part KW juga banyak. dannnn apabila om ts lg ngerintis usaha, mobil perang seperti ini bakal dipakai daripada beli cx5, minum bensin premium juga jalan ni mobil...
dari usaha om ts ini pelan2 nanti bisa beli mobil yg diatas, tp av-xen pasti tetap dikeep sebagai mobil perang,
pengalaman ane pake ipah :v
mau jual sayang bukan karena apa, tp karena bingung mobil yg masih oke dinaikin tp bisa rangkap mobil perang
sprint07 wrote: Fri Aug 10, 2018 16:46 Ambil seken yg taun muda aja. Budget di bawah 200jt banyak bgt...klo dpt rejeki banyak jangan upgrade kendaraannya tp nambah lagi aja, yg anti mainstream ga apa2 klo gini

iya om-om semua,
setelah bikin trid dan dapat masukan dari om-om yang baik ini saya jadi sadar,
saya kan juga masih ngontrak, kenapa yang setengah nggak dipakai buat DP rumah aja :big_cry:
terimakasih banyak ya om, pak, gan, bro, bos semuanya terimakasih sangat buat masukannya
saya jadi terpikir buat ambil mobil yg 100an aja, yang sisanya buat DP rumah aja,
daripada ngontrak, hehe, lebih enak rumah sendiri pastinya

entah nanti dapet apa yang penting bisa dapet dua-duanya, mobil 100jtan sama dp rumah 100jtan
terimakasih, terimakasih, terimakasih banyak banget sudah berikan masukan yg bikin terbuka pemikiran saya
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by Winz »

becoolsp wrote: Fri Aug 10, 2018 16:01 om, saran ane mending ambil mobil yg bisa buat perang, seperti av-xen. kenapa? karena itu mobil sudah pasti robust dan separah2nya dandan juga masih masuk akal, part KW juga banyak. dannnn apabila om ts lg ngerintis usaha, mobil perang seperti ini bakal dipakai daripada beli cx5, minum bensin premium juga jalan ni mobil...
dari usaha om ts ini pelan2 nanti bisa beli mobil yg diatas, tp av-xen pasti tetap dikeep sebagai mobil perang,
pengalaman ane pake ipah :v
mau jual sayang bukan karena apa, tp karena bingung mobil yg masih oke dinaikin tp bisa rangkap mobil perang
Nah, ini saya setuju bgt, saya pun rusuh ud 10 tahun lebih rencana dijual enggak jadi juga, akhirnya buat urakan sama sruntulan dan juga kasih supir bawa2 anter2 nyonya, mobil masih sehat ga pernah ngerepotin, padahal yg bisa bawa mobil cuma saya, istri ga bisa, jadinya melihara 2 mobil padahal yg pakai cuma 1 org, wkwkwk, klo istri uda bisa nyetir baru dremajakan :big_slap:
User avatar
demonicorchestra
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Wed May 03, 2017 6:33
Location: Bandung
Daily Vehicle: Jazz

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by demonicorchestra »

rush G aja klo nggak allnew ertiga gx esp
Chester Bennington 1976-2017, gone but not forgotten
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by ransyah1234 »

hyundai avega bekas... paling seperempat budget...independent suspension...harusnya nyaman
beberes 20 juta udah semacam baru lagi mungkin...

sisanya masih banyak monggo kerso dipakai yang lain

*maaf usulan saya ngawur
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by vulvy8858 »

masdi wrote: Thu Aug 09, 2018 13:09 Mohon info gan emoticon-Big Grin

Rencana akhir tahun ini mau minang CX5 nih, semoga nggak salah, sebenernya ada dua pilihan, ambil LMPV macem er3 atau terios atau ambil bekasnya cx5 ini.

Katakanlah jadi ambil cx5, dengan dana saya yang sekitar 200jt mendingan gmn ya? Ada Masukan? Kritik & Sarannya?

1. Ambil yg 2.0 atau yg 2.5 ya? (di channel youtube mas wahid, beliau baru aja dapet cx5 2.5 sekitar 220an) kalau yg 2.0 mungkin bisa dapet dibawah 200an yaaa..?

2. Mengenai beda fitur 2.0 dengan 2.5 selain istop dan warna jok apa lagi ya?

3. Pajaknya gmn beda antara 2.0 dengan 2.5?

4. Konsumsi bbm real agan-agan disini mungkin bisa dishare.

5. Ini kan mobil mahal, selain ban toyo yang perbijinya 2,5jt (10jt) sekali ganti 4bannya emoticon-Hammer adakah lagi yang perlu dipersiapkan jika jafi minang cx5 biar nggak kaget nantinya.

6. Saya pantau ini cx5 bukan mobil rewel kan yaaa? Yang penting bbm diatas 92 mestinya kan aman-aman aja?

Diharapkan nantinya mobilnya fun to drive & nggak
bikin capek badan, karena punya planning setiap seminggu/duaminggu sekali mau touring ke kota2 di jawa & tempat wisatanya tentunya.

Selain itu ada opsi buat ambil LMPV macem ertiga gx mt, atau xpander sport mt, terios r mt & ertigadiesel kalau ada.

Sementara ini dulu gan, trims yaaa
Masukan dari agan2 sangat saya harapkan
1. bigger is better. ambil 2nd mah depresiasinya mirip mirip. fitur dan tenaga di 2.5 jauh diatas 2.0
2. sunroof, bose HU dll dst dsb dan mesin yang beda 35 HP
3. kalo ngeliat searpi sama ekstril si antara mesin kecil sama mesin gede beda 500rb-800rb
4. perna pinjem Grand Touring 2.5 angkatan 2015-2016, dalkot 1:7-8 dan lurkot 1:12an. Pertamax Turbo on tank.
5. selama GT Radial masi jualan ban, harga beli ban bisa ditekan.
6. not that easy karena usianya uda 5 tahunan, dan mobil di usia 5 tahunan hampir pasti kalo ga boleh saya bilang pasti ada yang ga beres, at least di bagian kaki kaki.

kalo yang ga bikin capek badan, saya cuma bisa bilang CX-5 bantingannya agak keras, dan sempit kalo buat saya yang 180/84.
fun to drive si ga bohong lah Mazda, tapi saya kurang suka aja mobil2 keras dan kaku kayak CX-5.

take note: CX-5 yang masuk ke Indonesia, ga ada manual

kalo emang pilihannya antara Ertiga sama Xpander, saya meningan Ertiga.
alesannya? gak overrated dan gak overpriced.

alternatif di angka 200 juta:
- Innova Diesel Matic 2012-2013 yang uda model GNKI, semoga dapet yang bagus dan selamat mencari
- Innova Bensin Matic 2014-2015 yang model Dono Gitong, biasanya masi pada segar dan kondisinya masi pada bagus khusus buat binsin matic, selama kantong ente kuat biayain bensinnya aja. kalo yang manual rata rata bekas travel / operasional sih ye.
- X-Trail T31 2012-2013. kalo bisa yang 2500cc. kalo ente nyari yang nyaman, empuk, dan ga cepet capek dikendari maupun ditumpangi, bagasi gede dan luas, harga bekasnya jatoh, T31 sangat menjanjikan, dan spare dananya masi banyak. asal kuat sama biaya perawatan, biaya bensin, pajak, dan keNissanan yang hqq nya wkwkwkwk.
- CR-V RE 2400 2011-2012. lawan main CX-5 gen awal masalah fun to drive IMHO cuma CR-V RE yang seimbang. dengan maintenance cost, acquisition cost, sama risiko masa depan yang lebi rendah karena parts nya banyak. asal kuat sama harga sparepart, bensin yang lebi boros dari X-Trail dan kaki kaki khas Honda nya aja wakakakakakakak.
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
fr3sh
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Jun 16, 2018 12:20

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by fr3sh »

Jika pertama kali mau ambil mobil 2nd mending ga jauh2 dari hon2/toyo apalagi kalau cari yg umur 5 tahun an. Kalau saya dari dulu anti banget beli mobil baru karena habis keluar dealer itu uang agan lgsg ilang 5-15 persen. Kalau ada waktu mending berburu mobil 2nd cari yang bagus, pasti dapet kok ga sampe seminggu.

kalau bole saran dprd lmvp baru mending sienta 2nd yang tipe v harusnya sekitar 200jt atau ambi aja er3 2nd dan uangnya bisa diputer usaha
masdi
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Aug 08, 2018 11:25
Location: Jawa Timur
Daily Vehicle: Scoopy 2018

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by masdi »

vulvy8858 wrote: Mon Aug 13, 2018 2:50
masdi wrote: Thu Aug 09, 2018 13:09 Mohon info gan emoticon-Big Grin

Rencana akhir tahun ini mau minang CX5 nih, semoga nggak salah, sebenernya ada dua pilihan, ambil LMPV macem er3 atau terios atau ambil bekasnya cx5 ini.

Katakanlah jadi ambil cx5, dengan dana saya yang sekitar 200jt mendingan gmn ya? Ada Masukan? Kritik & Sarannya?

1. Ambil yg 2.0 atau yg 2.5 ya? (di channel youtube mas wahid, beliau baru aja dapet cx5 2.5 sekitar 220an) kalau yg 2.0 mungkin bisa dapet dibawah 200an yaaa..?

2. Mengenai beda fitur 2.0 dengan 2.5 selain istop dan warna jok apa lagi ya?

3. Pajaknya gmn beda antara 2.0 dengan 2.5?

4. Konsumsi bbm real agan-agan disini mungkin bisa dishare.

5. Ini kan mobil mahal, selain ban toyo yang perbijinya 2,5jt (10jt) sekali ganti 4bannya emoticon-Hammer adakah lagi yang perlu dipersiapkan jika jafi minang cx5 biar nggak kaget nantinya.

6. Saya pantau ini cx5 bukan mobil rewel kan yaaa? Yang penting bbm diatas 92 mestinya kan aman-aman aja?

Diharapkan nantinya mobilnya fun to drive & nggak
bikin capek badan, karena punya planning setiap seminggu/duaminggu sekali mau touring ke kota2 di jawa & tempat wisatanya tentunya.

Selain itu ada opsi buat ambil LMPV macem ertiga gx mt, atau xpander sport mt, terios r mt & ertigadiesel kalau ada.

Sementara ini dulu gan, trims yaaa
Masukan dari agan2 sangat saya harapkan
1. bigger is better. ambil 2nd mah depresiasinya mirip mirip. fitur dan tenaga di 2.5 jauh diatas 2.0
2. sunroof, bose HU dll dst dsb dan mesin yang beda 35 HP
3. kalo ngeliat searpi sama ekstril si antara mesin kecil sama mesin gede beda 500rb-800rb
4. perna pinjem Grand Touring 2.5 angkatan 2015-2016, dalkot 1:7-8 dan lurkot 1:12an. Pertamax Turbo on tank.
5. selama GT Radial masi jualan ban, harga beli ban bisa ditekan.
6. not that easy karena usianya uda 5 tahunan, dan mobil di usia 5 tahunan hampir pasti kalo ga boleh saya bilang pasti ada yang ga beres, at least di bagian kaki kaki.

kalo yang ga bikin capek badan, saya cuma bisa bilang CX-5 bantingannya agak keras, dan sempit kalo buat saya yang 180/84.
fun to drive si ga bohong lah Mazda, tapi saya kurang suka aja mobil2 keras dan kaku kayak CX-5.

take note: CX-5 yang masuk ke Indonesia, ga ada manual

kalo emang pilihannya antara Ertiga sama Xpander, saya meningan Ertiga.
alesannya? gak overrated dan gak overpriced.

alternatif di angka 200 juta:
- Innova Diesel Matic 2012-2013 yang uda model GNKI, semoga dapet yang bagus dan selamat mencari
- Innova Bensin Matic 2014-2015 yang model Dono Gitong, biasanya masi pada segar dan kondisinya masi pada bagus khusus buat binsin matic, selama kantong ente kuat biayain bensinnya aja. kalo yang manual rata rata bekas travel / operasional sih ye.
- X-Trail T31 2012-2013. kalo bisa yang 2500cc. kalo ente nyari yang nyaman, empuk, dan ga cepet capek dikendari maupun ditumpangi, bagasi gede dan luas, harga bekasnya jatoh, T31 sangat menjanjikan, dan spare dananya masi banyak. asal kuat sama biaya perawatan, biaya bensin, pajak, dan keNissanan yang hqq nya wkwkwkwk.
- CR-V RE 2400 2011-2012. lawan main CX-5 gen awal masalah fun to drive IMHO cuma CR-V RE yang seimbang. dengan maintenance cost, acquisition cost, sama risiko masa depan yang lebi rendah karena parts nya banyak. asal kuat sama harga sparepart, bensin yang lebi boros dari X-Trail dan kaki kaki khas Honda nya aja wakakakakakakak.
terimakasih banyaakkkkk banget om buat penjelasannya
memang kelasnya 2 tingkat diatas LCGC saya sebelumnya
takutnya nanti kaget dengan biaya perawatan, pajak & running cost
selain dana minim saya juga belum ada rumah :mky_01:
dikelas yg om sebutin mahal-mahal semuanya deh, bensin, pajak & perawatan hehe
akhirnya saya putuskan nggak ambil CX-5 dan sekelasnya deh om
fr3sh wrote: Mon Aug 13, 2018 5:43 Jika pertama kali mau ambil mobil 2nd mending ga jauh2 dari hon2/toyo apalagi kalau cari yg umur 5 tahun an. Kalau saya dari dulu anti banget beli mobil baru karena habis keluar dealer itu uang agan lgsg ilang 5-15 persen. Kalau ada waktu mending berburu mobil 2nd cari yang bagus, pasti dapet kok ga sampe seminggu.

kalau bole saran dprd lmvp baru mending sienta 2nd yang tipe v harusnya sekitar 200jt atau ambi aja er3 2nd dan uangnya bisa diputer usaha
sip, ambil seken saja keliatannya gan,
dan rencana berubah, ternyata rumah lebih penting hahaha
masa rumah ngontrak tapi mobilnya 200jtan


-------------------


setelah baca saran & masukan om-om semua disini saya jadi sadar
kebutuhan kedepan tambah banyak, & pemasukan saya belum banyak
akhrirnya dengan sadar saya putuskan nggak ambil CX-5 dan sejenisnya

pilihannya ada 2 nih nantinya, haha
1. 100 DP rumah 100 beli mobil
2. 200 DP rumah kendaraan cukup motor saja
hahaha, plinplan jadinya saya
terimakasih banyak pokoknya yaaaaa sharing, masukan & saran dari semua penghuni seraya motor :cupss:
User avatar
eridek
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Mon Jun 18, 2012 5:19

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by eridek »

Keputusan yang bijak..... Berfikir panjang bukan plin plan..
Opsi kedua juga bagus, sewa mobil saat perlu.... Sesekali sewa cx 5,supaya tidak penasaran... Kalau ada rental yang menyewakan..
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Mazda CX-5 bekas masihkan layak dibeli? vs ambil LMPV diskonan akhir tahun

Post by marama »

Opsi yg bagus om buat DP rumah, mumpung ada uang buat DP, ambill rumah 600jt an di KPR 20th kl usia masih muda , mbl bekas byk yg layak pakai kok asal nyarinya sabar