Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ChZ wrote: ↑Thu Apr 02, 2020 4:23
macem restoran atau kafe aja yak, performa aslinya baru keliatan 3 bulan setelah soft opening...
makanya dulu waktu expander bikin klaim uda ngalahin penjualan avanza gw cuma nyengir kuda... alah itu mah segitu jg kapasitas produksinya pabrik elu, kalo wholesale segitu kok masih pada indent-indent blm pada keliatan di jalan...
dan objectively speaking, ride quality tidak menjustifikasi selisih 40 juta nya, secara teknikal nih mobil sebenernya tidak lebih unggul dari Ertiga baru.
makin kesini value nya justru bagus Ertiga yang di awal dihujat karena sunat sana-sini
Udah keluar model baru sama keluarin facelift tapi wholesales malah makin menurun aja udh menunjukkan anomali karena biasanya saat facelift dikeluarkan diikuti kenaikan penjualan.
Beda 40 juta mah mendingan sisanya bwt beli bbm buat jalan
evanbngdor wrote: ↑Thu Apr 02, 2020 5:11
Satu-satu nya keunggulan Xpander yg belom bs tertandingi ya dimensi nya itu aja. Kalo ride quality ya itu masing-masing LMPV punya keunggulan sih.
Ertiga sebenernya OK, cuma karena brand nya itu sendiri yang terkesan ogah-ogahan jualan mobil jd ya gitu deh. Mobilio baru skg malah kayak hilang gitu aja, jarang banget ngeliat mobilio facelift terakhir di jalanan.
yup dimensinya paling gendut dan panjang dibanding lainnya... espender hrs diakui suspensi belakangnya emg enak sih, tp waktu ngerasain suspensi depannya hrs inget ini mobil di bawah kelas innova... tetep gradakgradak khas mobil FWD 200juta-an.
cm sebenernya prestasi penjualan ertiga gak buruk-buruk amat, selama ini stagnan aja segitu. Ini efek ada XL7 kali yah ga masuk 10 besar.
Honda lebih laku jualan 5 seater daripada 7 seater, dari dulu jarang banget liat Mobilio lampu projector, yang sering liat 1 di hotel deket rumah jadi mobil operasional.
sealplayerz wrote: ↑Thu Apr 02, 2020 5:36
Udah keluar model baru sama keluarin facelift tapi wholesales malah makin menurun aja udh menunjukkan anomali karena biasanya saat facelift dikeluarkan diikuti kenaikan penjualan.
Beda 40 juta mah mendingan sisanya bwt beli bbm buat jalan
blom ngomongin diskon rival-rivalnya yang lebih royal. 40 juta ++ lumayan tombok bensin dan servis mobil buat jadi teksi onlen.
evanbngdor wrote: ↑Thu Apr 02, 2020 5:11
Satu-satu nya keunggulan Xpander yg belom bs tertandingi ya dimensi nya itu aja. Kalo ride quality ya itu masing-masing LMPV punya keunggulan sih.
Ertiga sebenernya OK, cuma karena brand nya itu sendiri yang terkesan ogah-ogahan jualan mobil jd ya gitu deh. Mobilio baru skg malah kayak hilang gitu aja, jarang banget ngeliat mobilio facelift terakhir di jalanan.
yup dimensinya paling gendut dan panjang dibanding lainnya... espender hrs diakui suspensi belakangnya emg enak sih, tp waktu ngerasain suspensi depannya hrs inget ini mobil di bawah kelas innova... tetep gradakgradak khas mobil FWD 200juta-an.
cm sebenernya prestasi penjualan ertiga gak buruk-buruk amat, selama ini stagnan aja segitu. Ini efek ada XL7 kali yah ga masuk 10 besar.
Honda lebih laku jualan 5 seater daripada 7 seater, dari dulu jarang banget liat Mobilio lampu projector, yang sering liat 1 di hotel deket rumah jadi mobil operasional.
sealplayerz wrote: ↑Thu Apr 02, 2020 5:36
Udah keluar model baru sama keluarin facelift tapi wholesales malah makin menurun aja udh menunjukkan anomali karena biasanya saat facelift dikeluarkan diikuti kenaikan penjualan.
Beda 40 juta mah mendingan sisanya bwt beli bbm buat jalan
blom ngomongin diskon rival-rivalnya yang lebih royal. 40 juta ++ lumayan tombok bensin dan servis mobil buat jadi teksi onlen.
Justru yg jadi target para atpm itu yg salesnya stabil kyk suzuki atau kalopun salesnya naek turun gak akan anjlok agar kapasitas produksinya bisa direncanakan dgn baek dan gak sampai banyak idle pabriknya kecuali force majeure.
Untuk diskon mah mitsubishi udah terkenal dari dulu pelit diskonnya, penyakit jumawanya ktb gegara jualan komersialnya laris masih kuat di mmksi
ChZ wrote: ↑Thu Apr 02, 2020 4:23
dan objectively speaking, ride quality tidak menjustifikasi selisih 40 juta nya, secara teknikal nih mobil sebenernya tidak lebih unggul dari Ertiga baru.
makin kesini value nya justru bagus Ertiga yang di awal dihujat karena sunat sana-sini
ya iyalah beda 40 juta kesannya dikit kalau di kelas 400-500 jutaan, karena "Cuma" 10%. tapi di kelas super gemuk dan padat gitu harga segitu sama dengan selisih 20%. dengan duit segitu jangankan ongkos service, untuk operasional sekian tahun saja masih cukup banget. apalagi untuk taxol.
tapi soal technical wise menurut saya gimana juga xpander sebetulnya ya memang superior dibandingkan rival2nya. ertiga impresif, tapi xpander lebih impresif, tidak banyak tapi lebih unggul. hanya masalahnya ya di kelas segitu siapa yg peduli soal teknikal yg beli kan memang buat dipake dan kalau bisa ngirit ya hajar.
yg saya jarang banget lihat sekarang itu justru Veloz. benar2 lenyap kelibas Rush TRD. padahal beda harga kelihatan banget. yg lucunya saya baru sadar banyak yg beli Rush karena berasa Fortuner mini, katanya... well dari segi tampilan si not bad memang, hanya karena nasib saya adalah driver jadi ketawa aja d dan uniknya lagi seperti biasa dengan value mirip Terios ternyata under par banget ya penjualannya.
evanbngdor wrote: ↑Thu Apr 02, 2020 5:11
Satu-satu nya keunggulan Xpander yg belom bs tertandingi ya dimensi nya itu aja. Kalo ride quality ya itu masing-masing LMPV punya keunggulan sih.
Ertiga sebenernya OK, cuma karena brand nya itu sendiri yang terkesan ogah-ogahan jualan mobil jd ya gitu deh. Mobilio baru skg malah kayak hilang gitu aja, jarang banget ngeliat mobilio facelift terakhir di jalanan.
yup dimensinya paling gendut dan panjang dibanding lainnya... espender hrs diakui suspensi belakangnya emg enak sih, tp waktu ngerasain suspensi depannya hrs inget ini mobil di bawah kelas innova... tetep gradakgradak khas mobil FWD 200juta-an.
cm sebenernya prestasi penjualan ertiga gak buruk-buruk amat, selama ini stagnan aja segitu. Ini efek ada XL7 kali yah ga masuk 10 besar.
Honda lebih laku jualan 5 seater daripada 7 seater, dari dulu jarang banget liat Mobilio lampu projector, yang sering liat 1 di hotel deket rumah jadi mobil operasional.
Iya sih sebenernya Ertiga sama Avanza jualannya stabil2 aja sih kalo pun ada kenaikan/penurunan ya tetep stabil, beda kuantitasnya aja. Beda dibanding xpander yang naik turun grafik nya lumayan ekstrim sih
Yeeep bener 5 seater honda mulai dr brio, jazz, HRV semua msh tertinggi penjualannya di kelasnya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kunaskun wrote: ↑Thu Apr 02, 2020 6:36
ya iyalah beda 40 juta kesannya dikit kalau di kelas 400-500 jutaan, karena "Cuma" 10%. tapi di kelas super gemuk dan padat gitu harga segitu sama dengan selisih 20%. dengan duit segitu jangankan ongkos service, untuk operasional sekian tahun saja masih cukup banget. apalagi untuk taxol.
tapi soal technical wise menurut saya gimana juga xpander sebetulnya ya memang superior dibandingkan rival2nya. ertiga impresif, tapi xpander lebih impresif, tidak banyak tapi lebih unggul. hanya masalahnya ya di kelas segitu siapa yg peduli soal teknikal yg beli kan memang buat dipake dan kalau bisa ngirit ya hajar.
yg saya jarang banget lihat sekarang itu justru Veloz. benar2 lenyap kelibas Rush TRD. padahal beda harga kelihatan banget. yg lucunya saya baru sadar banyak yg beli Rush karena berasa Fortuner mini, katanya... well dari segi tampilan si not bad memang, hanya karena nasib saya adalah driver jadi ketawa aja d dan uniknya lagi seperti biasa dengan value mirip Terios ternyata under par banget ya penjualannya.
Buat yang beli nya dengan perjuangan mengumpulkan pundi-pundi pasti ya berasa banget 40 juta sih. Mau kredit selama 3 tahun sekalipun cicilan per bulannya bisa beda 1 juta lebih pasti, asumsi DP nya sama.
Avanza veloz transformer ini saya cukup banyak ngeliat, meskipun ngga sebanyak veloz projector sebelum facelift sih. Kalo avanza nya sih iya memang mulai banyak terlihat, di kantor saya jg kebetulan operasional nya avanza facelift terbaru itu.
Ngga bisa dipungkiri rush TRD memang terlihat gagah depan&samping nya sih karena jangkung dan banyak molding2 plastik hitam itu.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
sealplayerz wrote: ↑Thu Apr 02, 2020 5:54
Justru yg jadi target para atpm itu yg salesnya stabil kyk suzuki atau kalopun salesnya naek turun gak akan anjlok agar kapasitas produksinya bisa direncanakan dgn baek dan gak sampai banyak idle pabriknya kecuali force majeure.
Untuk diskon mah mitsubishi udah terkenal dari dulu pelit diskonnya, penyakit jumawanya ktb gegara jualan komersialnya laris masih kuat di mmksi
yup avanza juga termasuk stabil (agak turun karena segmentnya udah terbagi-bagi ke LCGC, tapi termasuk stabil 6000-7000an unit perbulan.
itu elsapek juga gw bilang mahal amat uda ampe 200juta di daerah ane. ampe bingung buset pikup gini mahal amat yak... gw pake 2 unit semua ambil seken taun muda.
kunaskun wrote: ↑Thu Apr 02, 2020 6:36
ya iyalah beda 40 juta kesannya dikit kalau di kelas 400-500 jutaan, karena "Cuma" 10%. tapi di kelas super gemuk dan padat gitu harga segitu sama dengan selisih 20%. dengan duit segitu jangankan ongkos service, untuk operasional sekian tahun saja masih cukup banget. apalagi untuk taxol.
tapi soal technical wise menurut saya gimana juga xpander sebetulnya ya memang superior dibandingkan rival2nya. ertiga impresif, tapi xpander lebih impresif, tidak banyak tapi lebih unggul. hanya masalahnya ya di kelas segitu siapa yg peduli soal teknikal yg beli kan memang buat dipake dan kalau bisa ngirit ya hajar.
yg saya jarang banget lihat sekarang itu justru Veloz. benar2 lenyap kelibas Rush TRD. padahal beda harga kelihatan banget. yg lucunya saya baru sadar banyak yg beli Rush karena berasa Fortuner mini, katanya... well dari segi tampilan si not bad memang, hanya karena nasib saya adalah driver jadi ketawa aja d dan uniknya lagi seperti biasa dengan value mirip Terios ternyata under par banget ya penjualannya.
tech wise yang baru dan menang dari xpander cuma teknologi suspensi belakang dan (mungkin) sasisnya yg bagus sampe jadi basis mobil AP4... klo suspensi depan mah tetep gradakgruduk ala mobil FWD 200jt.
gak tau ya gw pake seekor espender di rumah tetep susah percaya ini mobil layak dihargai lebih dari 250 juta... kalo irit gw jamin irit ertiga de kemana-mana. Espender iritnya karena gearing 4AT yang rasionya alus, buat nanjak ampun ampun enak avanza 1.3 kemana-mana... Ertiga low end torque lebih punchy dan bobot ringan (sasis barunya lebih ringan jg). Buat perkotaan Ertiga jg lebih agile dan lincah. Espender gw bawanya agak kagok, lebar.
Tp yah gw rasa justifikasi untuk beli espender adalah tampangnya... jejer ama LSUV macem HRV tetep berasa mewah.
ya gimana gimana seekor veloz tetaplah avanza... mbl sejuta umat, Rush digimanain tetep secara kasta lebih tinggi.
evanbngdor wrote: ↑Thu Apr 02, 2020 6:44
Iya sih sebenernya Ertiga sama Avanza jualannya stabil2 aja sih kalo pun ada kenaikan/penurunan ya tetep stabil, beda kuantitasnya aja. Beda dibanding xpander yang naik turun grafik nya lumayan ekstrim sih
Yeeep bener 5 seater honda mulai dr brio, jazz, HRV semua msh tertinggi penjualannya di kelasnya
Mungkin abis ini Mobilio BRV bisa discontinued, atau kalopun dilanjut yah feslip feslip gak jelas ini Mobilio sudah 6 taon belom ada kabar mau refresh new model.
sealplayerz wrote: ↑Thu Apr 02, 2020 5:54
Justru yg jadi target para atpm itu yg salesnya stabil kyk suzuki atau kalopun salesnya naek turun gak akan anjlok agar kapasitas produksinya bisa direncanakan dgn baek dan gak sampai banyak idle pabriknya kecuali force majeure.
Untuk diskon mah mitsubishi udah terkenal dari dulu pelit diskonnya, penyakit jumawanya ktb gegara jualan komersialnya laris masih kuat di mmksi
yup avanza juga termasuk stabil (agak turun karena segmentnya udah terbagi-bagi ke LCGC, tapi termasuk stabil 6000-7000an unit perbulan.
itu elsapek juga gw bilang mahal amat uda ampe 200juta di daerah ane. ampe bingung buset pikup gini mahal amat yak... gw pake 2 unit semua ambil seken taun muda.
kunaskun wrote: ↑Thu Apr 02, 2020 6:36
ya iyalah beda 40 juta kesannya dikit kalau di kelas 400-500 jutaan, karena "Cuma" 10%. tapi di kelas super gemuk dan padat gitu harga segitu sama dengan selisih 20%. dengan duit segitu jangankan ongkos service, untuk operasional sekian tahun saja masih cukup banget. apalagi untuk taxol.
tapi soal technical wise menurut saya gimana juga xpander sebetulnya ya memang superior dibandingkan rival2nya. ertiga impresif, tapi xpander lebih impresif, tidak banyak tapi lebih unggul. hanya masalahnya ya di kelas segitu siapa yg peduli soal teknikal yg beli kan memang buat dipake dan kalau bisa ngirit ya hajar.
yg saya jarang banget lihat sekarang itu justru Veloz. benar2 lenyap kelibas Rush TRD. padahal beda harga kelihatan banget. yg lucunya saya baru sadar banyak yg beli Rush karena berasa Fortuner mini, katanya... well dari segi tampilan si not bad memang, hanya karena nasib saya adalah driver jadi ketawa aja d dan uniknya lagi seperti biasa dengan value mirip Terios ternyata under par banget ya penjualannya.
tech wise yang baru dan menang dari xpander cuma teknologi suspensi belakang dan (mungkin) sasisnya yg bagus sampe jadi basis mobil AP4... klo suspensi depan mah tetep gradakgruduk ala mobil FWD 200jt.
gak tau ya gw pake seekor espender di rumah tetep susah percaya ini mobil layak dihargai lebih dari 250 juta... kalo irit gw jamin irit ertiga de kemana-mana. Espender iritnya karena gearing 4AT yang rasionya alus, buat nanjak ampun ampun enak avanza 1.3 kemana-mana... Ertiga low end torque lebih punchy dan bobot ringan (sasis barunya lebih ringan jg). Buat perkotaan Ertiga jg lebih agile dan lincah. Espender gw bawanya agak kagok, lebar.
Tp yah gw rasa justifikasi untuk beli espender adalah tampangnya... jejer ama LSUV macem HRV tetep berasa mewah.
ya gimana gimana seekor veloz tetaplah avanza... mbl sejuta umat, Rush digimanain tetep secara kasta lebih tinggi.
evanbngdor wrote: ↑Thu Apr 02, 2020 6:44
Iya sih sebenernya Ertiga sama Avanza jualannya stabil2 aja sih kalo pun ada kenaikan/penurunan ya tetep stabil, beda kuantitasnya aja. Beda dibanding xpander yang naik turun grafik nya lumayan ekstrim sih
Yeeep bener 5 seater honda mulai dr brio, jazz, HRV semua msh tertinggi penjualannya di kelasnya
Mungkin abis ini Mobilio BRV bisa discontinued, atau kalopun dilanjut yah feslip feslip gak jelas ini Mobilio sudah 6 taon belom ada kabar mau refresh new model.
Kalau menurut saya udah honda fokus jualan di 5 seater aja, honda itu kan image nya mobil anak muda, anak muda mana ada yang mau pake mobil 7 seater. Nah kalau udah bapak2 belinya innova aja...
evanbngdor wrote: ↑Thu Apr 02, 2020 6:44
Iya sih sebenernya Ertiga sama Avanza jualannya stabil2 aja sih kalo pun ada kenaikan/penurunan ya tetep stabil, beda kuantitasnya aja. Beda dibanding xpander yang naik turun grafik nya lumayan ekstrim sih
Yeeep bener 5 seater honda mulai dr brio, jazz, HRV semua msh tertinggi penjualannya di kelasnya
Mungkin abis ini Mobilio BRV bisa discontinued, atau kalopun dilanjut yah feslip feslip gak jelas ini Mobilio sudah 6 taon belom ada kabar mau refresh new model.
Mikir positif aja, mungkin Honda lg berpikir keras muter otak mikirin gimana konsep next gen mobilio
Tp mau gimanapun juga sih kayaknya secara build quality bakal mirip2 aja. Honda will be Honda
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ChZ wrote: ↑Thu Apr 02, 2020 7:39
tech wise yang baru dan menang dari xpander cuma teknologi suspensi belakang dan (mungkin) sasisnya yg bagus sampe jadi basis mobil AP4... klo suspensi depan mah tetep gradakgruduk ala mobil FWD 200jt.
gak tau ya gw pake seekor espender di rumah tetep susah percaya ini mobil layak dihargai lebih dari 250 juta... kalo irit gw jamin irit ertiga de kemana-mana. Espender iritnya karena gearing 4AT yang rasionya alus, buat nanjak ampun ampun enak avanza 1.3 kemana-mana... Ertiga low end torque lebih punchy dan bobot ringan (sasis barunya lebih ringan jg). Buat perkotaan Ertiga jg lebih agile dan lincah. Espender gw bawanya agak kagok, lebar.
Tp yah gw rasa justifikasi untuk beli espender adalah tampangnya... jejer ama LSUV macem HRV tetep berasa mewah.
saya si berapa kali naik ojol ertiga bahkan yang FL2019 pun ga merasa lebih nyaman dari xpander. nyonya pun blg sama. bahkan nyonya blg perasaan xpander lebih enak bantingannya. kekedapan kabin jelas unggul xpander, terutama road noise. bikin mobil senyap itu sulit, apalagi bawaan pabrik, sedangkan xpander bisa kasi ginian dengan harga segitu buat saya worth banget.
nah soal dipake ga bisa komen banyak. karena dulu banget TD ertiga biasa saja, xpander pun biasa saja. hanya memang xpander itu gede banget. rada nyusahin pas manuver. dan engine response emang kelewat halus banget delivery-nya karena underpowered akibat bobot extra itu. setelah cobain yg remap baru d berasa larinya rada pas dengan bobotnya.
tapi ya gitu, kelas segitu balik lagi berapa banyak konsumen yg mau bayar?
Mungkin abis ini Mobilio BRV bisa discontinued, atau kalopun dilanjut yah feslip feslip gak jelas ini Mobilio sudah 6 taon belom ada kabar mau refresh new model.
thirdstar7 wrote: ↑Thu Apr 02, 2020 4:25
itu xpander kayanya mau naik kelas om, dia sngaja gak narget pasar lmpv lg kayak avzen, ertiga or mobilio.
xpander ini targetnya udah ke kelas mpv kayaknya, harganya mirip ama anki bensin soalnya hahaha
sealplayerz wrote: ↑Fri Apr 17, 2020 12:12
Wholesales 20 besar bulan maret 2020
all DaiToyo.
Nissan Livina 1000 biji aja ngga, bukannya bantuin kembaran tuanya malah ga masuk sama sekali.
Ertiga malah diganti XL7? tambah unik lagi market cap-nya
mohon bantuan dan informasinya, saya ada tugas yang mengharuskan ambil data dari gaikindo, ternyata tahun 2006 data/file sedan-and-4x2 yang didalamnya ada data penjualan avanza&xenia selama tahun 2006.
mungkin om-om ada yg punya info atau datanya? mohon dibantu.
ya teknik marketing saja. atau ya kali beneran, siapa tahu kecuri beneran itu market HRV dengan modal 7 seater. padahal mah biasanya kelas 300 juta keatas mana ada yang nyari 7 seater nanggung, mendingan sekalian boxy mpv atau innova.
sealplayerz wrote: ↑Fri Apr 17, 2020 12:12
Wholesales 20 besar bulan maret 2020
Kadang heran sama ber.kendara, mengapa data yg dikeluarkan cuma whole sales?
Padahal itu hasilnya pabrik ke dealer aja, bukan penjualan aktual (retail sales)
Minggu lalu dapet kabar
WS Jan - Mar : 330rb an
RS Jan - Mar : 220rb an
Ada selisih 100rb untuk penjualan aktual di market. Ini mah artinya Pabrik pun praktis berhenti produksi, lah sekitar 100.000 unit belum ada yg beli.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
sealplayerz wrote: ↑Fri Apr 17, 2020 12:12
Wholesales 20 besar bulan maret 2020
Kadang heran sama ber.kendara, mengapa data yg dikeluarkan cuma whole sales?
Padahal itu hasilnya pabrik ke dealer aja, bukan penjualan aktual (retail sales)
Minggu lalu dapet kabar
WS Jan - Mar : 330rb an
RS Jan - Mar : 220rb an
Ada selisih 100rb untuk penjualan aktual di market. Ini mah artinya Pabrik pun praktis berhenti produksi, lah sekitar 100.000 unit belum ada yg beli.
media-media cenderungnya pake data wholesales (pabrik-dealer)... ini yang bikin mispersepsi di kalangan masyarakat. wholesales tdk sama dengan retail sales. Judul artikelnya jg kadang dibilangnya hanya "penjualan mobil".
wholesales bisa bikin mobil yang kesannya gak laku keliatan laku dan sebaliknya yang laku keliatan kurang laku, belum beberapa ATPM punya policy dealer ada sistem "kuota" jatah per unit. makanya di beberapa dealer banyak yang stok numpuk dan harga obral.
inget kan xpander di awal-awal 7500 unit perbulan terus yang bikin banyak orang beranggapan dominasi Avanza sudah ditaklukkan pdhl nyatanya di jalanan populasi new Avanza lebih banyak?
atau Datsun Cross di awal peluncuran 2000-an unit? sekarang mereknya uda pamit...
atau Wuling Almaz yang sempet lebih tinggi dari CR-V bikin para fanboy wuling bersorak mengalahkan dominasi jepun... akhirnya yang menang jg CR-V dan Fortuner lagi with a "very" huge gap...
makanya kalo sebuah mobil baru launching dan wholesale nya meledak ya itu karena baru delivery awal aja apalagi klo indenan menumpuk macem xpander awal-awal...
sealplayerz wrote: ↑Fri Apr 17, 2020 12:12
Wholesales 20 besar bulan maret 2020
Kadang heran sama ber.kendara, mengapa data yg dikeluarkan cuma whole sales?
Padahal itu hasilnya pabrik ke dealer aja, bukan penjualan aktual (retail sales)
Minggu lalu dapet kabar
WS Jan - Mar : 330rb an
RS Jan - Mar : 220rb an
Ada selisih 100rb untuk penjualan aktual di market. Ini mah artinya Pabrik pun praktis berhenti produksi, lah sekitar 100.000 unit belum ada yg beli.
data retail gak dibuka untuk umum... urusan dapur masing2 dealer
sealplayerz wrote: ↑Fri Apr 17, 2020 12:12
Wholesales 20 besar bulan maret 2020
Kadang heran sama ber.kendara, mengapa data yg dikeluarkan cuma whole sales?
Padahal itu hasilnya pabrik ke dealer aja, bukan penjualan aktual (retail sales)
Minggu lalu dapet kabar
WS Jan - Mar : 330rb an
RS Jan - Mar : 220rb an
Ada selisih 100rb untuk penjualan aktual di market. Ini mah artinya Pabrik pun praktis berhenti produksi, lah sekitar 100.000 unit belum ada yg beli.
media-media cenderungnya pake data wholesales (pabrik-dealer)... ini yang bikin mispersepsi di kalangan masyarakat. wholesales tdk sama dengan retail sales. Judul artikelnya jg kadang dibilangnya hanya "penjualan mobil".
wholesales bisa bikin mobil yang kesannya gak laku keliatan laku dan sebaliknya yang laku keliatan kurang laku, belum beberapa ATPM punya policy dealer ada sistem "kuota" jatah per unit. makanya di beberapa dealer banyak yang stok numpuk dan harga obral.
inget kan xpander di awal-awal 7500 unit perbulan terus yang bikin banyak orang beranggapan dominasi Avanza sudah ditaklukkan pdhl nyatanya di jalanan populasi new Avanza lebih banyak?
atau Datsun Cross di awal peluncuran 2000-an unit? sekarang mereknya uda pamit...
atau Wuling Almaz yang sempet lebih tinggi dari CR-V bikin para fanboy wuling bersorak mengalahkan dominasi jepun... akhirnya yang menang jg CR-V dan Fortuner lagi with a "very" huge gap...
makanya kalo sebuah mobil baru launching dan wholesale nya meledak ya itu karena baru delivery awal aja apalagi klo indenan menumpuk macem xpander awal-awal...
Ya mau bagaimana kalo kita liat di files.gaikindo.or.id disana untuk data per model cuma ada wholesales, retailnya rahasia. Padahal data produksi impor ekspor lengkap semua sampe tipe-tipenya. Di luar negeri juga sebenernya data penjualan kebanyakan wholesales, cuma gak ditulis aja. Cuma ditulis 'best selling' atau apalah, padahal itu semua wholesales.