Grand Livina Users..! - PART 06

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 627
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by r1409 »

Greenhunter wrote: Sun Dec 19, 2021 4:21 Tinggalnya dikota apa om ? Selama masih di pulau jawa saya rasa tidak ada masalah dengan ground clearance grand livina. Selama saya gak pernah gasruk, beban penuh juga gak masalah. Bahkan kakak saya tinggal di karesidenan madiun punya masda 2 yang ground clearance hanya 152 mm aja gak ada issue gesrot gasruk dll. Livina saya waktu ganti ban ukurannya dinaikkan 195/65/R15, kurang lebih naik sktr 6mm dari standar, sudah cukup
surabaya. sy mau GC tinggi bukan soal gesrot gasruk kondisi jalan, tapi masalah banjir. akses jalan dekat kompleks rumah suka banjir kalo hujan.
blloewy wrote: Sun Dec 19, 2021 9:24 Yg biasa dilakukan sich cuma spy ngga amblas waktu full muatan. Itu per belakang yg ada karet support per nya diganti pakai pny xtrail. Efeknya ngga amblas. Kl mau naikkan GC sich ya bisa ganti profil ban pake yg 195/65 R15 aja. Kl pake damper memang bisa lbh tinggi tp efeknya ya akan lbh keras bantingan dan sedikit limbung kl diajak high speed cornering :big_think:
Btw krn sdh niat ambil L11, harap dicermati banget kl ambil yg CVT type. Krn sdh umum sich CVT Jatco yg dipakai Nissan ngga sekuat CVT buatan Aisin dan ngga hanya di Livina tp.juga di Xtrail dan Serena plus Juke. Jadi mesti cari yg history CVT nya dirawat dgn baik kaya Om Herman tuch yg CVT nya awet sdh 7 tahun odo 100 rb km no issue. Selain krn perawatan jg faktor jalan yg lancar jd buat CVT lbh ringan kerjanya :big_grin:
soal cornering tidak jadi masalah, sy udah berkeluarga dan tidak berniat high speed cornering. kalo nyetir livina cvt lebih prioritas menikmati keunggulan utama mobil ini, yaitu kenyamanan. bukan performa.

soal CVT, udah pengalaman kok dulu pake mirage, cvt nya sama.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

r1409 wrote: Sun Dec 19, 2021 15:04
soal cornering tidak jadi masalah, sy udah berkeluarga dan tidak berniat high speed cornering.





om, itu mbah ehem a.k.a mbah blower a.k.a mbah
blloewy
juga sudah berkeluarga, tapi senang hi speed cornering terbukti dengan lipindutnya pakai rekarjo bucket seat dan sabelt 4 point.

8)
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

r1409 wrote: Sun Dec 19, 2021 15:04
surabaya. sy mau GC tinggi bukan soal gesrot gasruk kondisi jalan, tapi masalah banjir. akses jalan dekat kompleks rumah suka banjir kalo hujan.

soal cornering tidak jadi masalah, sy udah berkeluarga dan tidak berniat high speed cornering. kalo nyetir livina cvt lebih prioritas menikmati keunggulan utama mobil ini, yaitu kenyamanan. bukan performa.

soal CVT, udah pengalaman kok dulu pake mirage, cvt nya sama.
Kl gt vote pake damper sama ban tinggin aja mbah.
Kl keawetan shock ya pake standar aja dan selama beban ngga full banget lumayan awet lah.
Takutnya kl ganti after market berasa makin keras bantingan nya.
Wong kata mbah garasi 58 alias mbah marmut aja shock ori lipindut lumayan keras bantingannya kok :big_grin:

Kl CVT apa pengalamannya Om?
Mungkin bisa dishare pas ngerawat Mirage... :big_exellent:
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

marmut wrote: Sun Dec 19, 2021 15:28
r1409 wrote: Sun Dec 19, 2021 15:04
soal cornering tidak jadi masalah, sy udah berkeluarga dan tidak berniat high speed cornering.





om, itu mbah ehem a.k.a mbah blower a.k.a mbah
blloewy
juga sudah berkeluarga, tapi senang hi speed cornering terbukti dengan lipindutnya pakai rekarjo bucket seat dan sabelt 4 point.

8)
Sampe shock depan mati aja ngga dirasa ya mbah :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

blloewy wrote: Sun Dec 19, 2021 16:12

Sampe shock depan mati aja ngga dirasa ya mbah :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:


itu sobleker merk nismo asli fabriqué au japon. sengaja buat resing.



















:ngacir:
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 627
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by r1409 »

blloewy wrote: Sun Dec 19, 2021 16:12 Kl gt vote pake damper sama ban tinggin aja mbah.
Kl keawetan shock ya pake standar aja dan selama beban ngga full banget lumayan awet lah.
Takutnya kl ganti after market berasa makin keras bantingan nya.
Wong kata mbah garasi 58 alias mbah marmut aja shock ori lipindut lumayan keras bantingannya kok :big_grin:

Kl CVT apa pengalamannya Om?
Mungkin bisa dishare pas ngerawat Mirage... :big_exellent:
kalo damper itu bukannya cuma mengurangi penurunan bodi waktu bawa beban aja ya, tapi tidak bisa meninggikan?
jadi dapet tingginya cuma dari upsize diameter ban?

dulu pake cvt mirage, cukup awet krn driving style sy suka cruising santai, pulse & glide. throttle mengikuti respon cvt, mengusahakan beban akselerasi yg ditanggung cvt jadi seringan mungkin. jarang kickdown di posisi D, karena akan memberatkan kerja pulley. mending dipindah dulu ke B (di mirage L diganti B), baru kickdown.

dulu sih karena masih awam soal perawatan cvt, sy ngikut katanya SA BeRes, oli cvt ga perlu diganti sampe 100rb km krn olinya long life. dan sampe km 90rb mobilnya dijual masih enak tuh cvt nya, tidak ada masalah sama sekali. mungkin selain faktor cara pakai juga faktor berat mobil yg ringan.
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Spies »

r1409 wrote: Sun Dec 19, 2021 3:13 btw sy lagi mempertimbangkan L11, tapi hanya 1 yg jadi ganjalan, yaitu soal GC yg di spek cuma 185mm dan itupun bagian belakang gampang ambles kalau ada penumpang.
berhubung dari dulu ngidam sama L11 CVT tapi rada risih liat jalanan dekat rumah yg sering banjir, jadi tercoret terus.

tapi belakangan sempat browsing ternyata banyak yg meninggikan bodi GL dgn cara ganti velg, ganjal per, atau pasang damper. banyak yg rekomen kalau ganjal per belakang 2-3cm dan pasang damper di per depan, shock standar saja.
apakah aman untuk shock aslinya kalau per belakang diganjal sampe 3cm? karena pasti shock lebih extend dari biasanya.

direkomen begitu supaya keempukan tidak berubah, tapi pasti lebih limbung krn lebih tinggi. jadi terpikir kalau ganjalnya 1-2cm saja tapi per belakang diberi damper, supaya tetap dapet tingginya tapi bodyroll tidak terlalu parah.

apakah ada yg pengalaman meninggikan bodi GL?
Btw om, dari spek yg saya dapet L11 GC-nya malah cuma 175mm lho..
Yg 185mm itu L10
IMG_20211220_194421.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

blloewy wrote: Sun Dec 19, 2021 16:12

Kl gt vote pake damper sama ban tinggin aja mbah.
kl kita orang malah anti pake damper yg model di tempel di ulir per
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 627
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by r1409 »

Spies wrote: Mon Dec 20, 2021 12:46 Btw om, dari spek yg saya dapet L11 GC-nya malah cuma 175mm lho..
Yg 185mm itu L10
IMG_20211220_194421.jpg
iya ya, tadinya sy kira sama.
selain shock, ada ubahan apa antara L10 ke L11 kok turun 1 cm?

btw, kalau begitu kayaknya harus kombinasi upgradenya, antara ganti velg dan ban dgn yg lebih besar, ganjal per, dan pasang damper di per depan. pinginnya sih naiknya setidaknya jadi 200mm, setara avxen lah.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

DOHC wrote: Mon Dec 20, 2021 13:38
blloewy wrote: Sun Dec 19, 2021 16:12

Kl gt vote pake damper sama ban tinggin aja mbah.
kl kita orang malah anti pake damper yg model di tempel di ulir per
Ya emang mbah...
Bakal menyiksa krn bantingan jd lbh keras.
Tp niatnya khan biar per ngga ambles kl lipindutnya diisi semen 20 sak, pasir 1 truk, kerikil, batu split sama bata merah :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

blloewy wrote: Mon Dec 20, 2021 16:07
DOHC wrote: Mon Dec 20, 2021 13:38
blloewy wrote: Sun Dec 19, 2021 16:12

Kl gt vote pake damper sama ban tinggin aja mbah.
kl kita orang malah anti pake damper yg model di tempel di ulir per
Ya emang mbah...
Bakal menyiksa krn bantingan jd lbh keras.
Tp niatnya khan biar per ngga ambles kl lipindutnya diisi semen 20 sak, pasir 1 truk, kerikil, batu split sama bata merah :big_peace:
bantingan keras itu satu hal mbah

tp ada efek negatip laen nya, terutama buat umur si per itu sendiri

makanya kita orang sehhh anti pake damper2 gtuan

kl mo skalian ke coilover aj, even utk coilover cungkwo/taiwan masi lebi mending
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 627
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by r1409 »

DOHC wrote: Tue Dec 21, 2021 1:36 bantingan keras itu satu hal mbah

tp ada efek negatip laen nya, terutama buat umur si per itu sendiri

makanya kita orang sehhh anti pake damper2 gtuan

kl mo skalian ke coilover aj, even utk coilover cungkwo/taiwan masi lebi mending
maunya sih memang kalo bisa ga pake damper biar per tetap empuk, krn jarang banget isi full load, cuma buat keluarga kecil aja.
tapi sepertinya mahal juga nih coilover..

kayaknya bakalan dicoba ganjal per dan ganti ban velg dulu.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

DOHC wrote: Tue Dec 21, 2021 1:36
blloewy wrote: Mon Dec 20, 2021 16:07
DOHC wrote: Mon Dec 20, 2021 13:38

kl kita orang malah anti pake damper yg model di tempel di ulir per
Ya emang mbah...
Bakal menyiksa krn bantingan jd lbh keras.
Tp niatnya khan biar per ngga ambles kl lipindutnya diisi semen 20 sak, pasir 1 truk, kerikil, batu split sama bata merah :big_peace:
bantingan keras itu satu hal mbah

tp ada efek negatip laen nya, terutama buat umur si per itu sendiri

makanya kita orang sehhh anti pake damper2 gtuan

kl mo skalian ke coilover aj, even utk coilover cungkwo/taiwan masi lebi mending
Iya sich mbah...
Si per jd dipaksa ditahan di keregangan tertentu jd ngga fleksibel makanya umur ngga panjang.
Nah opsi bagus nich mbah pake coilover...
nubie in all things - still need to learn
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Spies »

r1409 wrote: Mon Dec 20, 2021 14:32
Spies wrote: Mon Dec 20, 2021 12:46 Btw om, dari spek yg saya dapet L11 GC-nya malah cuma 175mm lho..
Yg 185mm itu L10
IMG_20211220_194421.jpg
iya ya, tadinya sy kira sama.
selain shock, ada ubahan apa antara L10 ke L11 kok turun 1 cm?

btw, kalau begitu kayaknya harus kombinasi upgradenya, antara ganti velg dan ban dgn yg lebih besar, ganjal per, dan pasang damper di per depan. pinginnya sih naiknya setidaknya jadi 200mm, setara avxen lah.
Kalo ngejar GC 200mm lumayan berat sih om :ungg:
Saya juga kurang tahu nih kalo di lipindut ngukur GC itu dimana..
Paling ya upgrade ke velg 16 dengan ban profil tebal lumayan membantu :mky_01:
crcsystm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Thu Oct 20, 2016 16:45

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by crcsystm »

Selamat pagi suhu2..

Mohon saran dan pencerahannya, L11 sy th 2014 KM 98rb ada bunyi gemeretak saat kopling dilepas dan bunyi hilang saat diinjak.

Sejauh ini tidak ada gejala apapun di transmisi (berat pedal normal, akselerasi masih normal).

Masalahnya dimana ya suhu? Part apa saja yg harus diperbaiki?
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

Herman7103 wrote:Mau update, kemarin lampu indicator untuk indicator Matic CVT di mobil CVT saya mati jadi tadi pagi ke Beres Nissan untuk ganti lampu T5 halogen beli di toko variasi 1 lampu T5 Rp 5000 dan minta mekanik bengkel resmi untuk pasang lampu tsb dan sekarang kalau malam lampu indicator untuk PRND nya sudah normal. Cuma bayar biaya pasang lampu T5 terlampir.
MVIMG_20210828_130956.jpg
Mau update, setelah ganti lampu indicator untuk indicator Matic CVT di mobil CVT saya mati dan ke Beres Nissan tgl 27 Agustus 2021 tahun lalu akhirnya hari Minggu tgl 27 Maret 2022 tiba tiba saat lagi jalan sama keluarga di Palembang, akhirnya setelah pemakaian mobil hampir selama 8 tahun tiba tiba timbul gejala brebet wkwkwk saat mobil lagi jalan so mampir ke toko sparepart yg jual spare part Nissan di Garuda Motor untuk beli 1 buah coil dan beli fanbelt merk Bando untuk ganti fanbelt juga seharga total Rp 535 ribu (foto terlampir)
dan setelah itu menuju bengkel mobil untuk pasang fanbelt Bando dan koilnya di bengkel mobil yg buka hari Minggu(Sehubungan Beres juga libur di hari Minggu).
ongkos pasang fanbelt dan koil sebesar Rp 150 ribu saja. Eh pas setelah koil dan fanbelt sudah dipasang dan mobil mau balik ke rumah gejala brebet masih ada wkwkwk yah sudah deh besok senin tgl 28 maret 2022 baru ke Beres.
Jadi hari senin pagi akhirnya mampir ke Beres untuk cek koil yg dipasang bengkel non beres kemarin dan kasih ke beres Ignition coil bawaan yg kemarin di cabut ke Bengkel Resmi untuk dicek apa coil tsb memang bocor (eh rupanya coil. karena gejala mobil masih brebet dan yg kemarin dicabut rupanya masih bagus wkwkwk, Jadi mekanik Beres.Nissan pak Syawal minta pak Joni untuk buka Intake Manifold nya untuk cek ketiga coil belum di cek bengkel non resmi kemarin dan setelah di cek pak Joni rupanya ada 1 coil yg rusak/bocor lalu di ganti dengan coil yg kemarin di cabut oleh montir bengkel non resmi kemarin. Tagihan Invoicenya Rp 276.650. Di bengkel resmi saya diskusi dengan pak Syawal serta Pak Jerry untuk besoknya tgl 29 maret 2022 untuk ganti semua karet karet ( Rubber) di mobil saya untuk diganti semua di Beres Nissan
Demang Lebar Daun. Pulang dari Beres saya mampir ke Garuda Motor untuk beli sepasang Support Shock depan merk RBI (buatan Thailand)untuk dipasang besok.Jadi besoknya tgl 29 maret 2022 saya belanja lagi semua karet karet (Rubber) baru dari toko Garuda Motor senilai Rp 1,700,000 dgn perjanjian bahwa part tsb bisa ditukar bila ada part rubber yg lainnya. Habis itu menuju Beres untuk minta biaya estimasi sementara sebesar Rp 1,3 juta jadi saya bilang Ok. Dan pas di lihat secara detail oleh pak Joni sang mekanik lapor bahwa ada sepasang part yg perlu diretur dan diganti dengan part lainnya yaitu retur boot as roda luar Rp 80 ribu ditukar dengan Bos Kepak Besar Rp 350 ribu dan saya minta istri saya naik gojek untuk tukar barang ke Garuda Motor dengan tambah biaya Rp 270 ribu. Jadi total part dari Garuda Motor senilai Rp 1,97 juta. Perlu waktu kurang lebih 5 jam agar semua part Rubber tsb dipasang dan setelah selesai dipasang saat di test drive oleh pak Syawal masih ada terasa sedikit bunyi yg terdengar saat mobil jalan yaitu Rod Assy Conn Stab lama bawaan yg sudah oblak setelah masa pemakaian 8 tahun dan minta persetujuan saya untuk ambil di bagian. Spare part Nissan seharga 2 X Rp 305 ribu jadi Rp 610 ribu. Dan setelah saya setujui maka diganti part tsb oleh pak Joni dan mobil di test lagi oleh pak Syawal jalan di sekitaran Beres Nissan ditemani saya sebagai passenger kursi depan. Setelah mobil dibawa jalan jalan disekitaran bengkel resmi, saya sebagai passenger tidak mendengar suara lagi suara suara di sektor kaki kakinya dan bilang ke pak Syawal saat tiba di bengkel untuk minta mobil tsb di cuci sebelum saya bayar tagihan nya.
Saat menemui pak Jerry SA, saya minta di tagihannya juga ditambah 3 filter oli mesin juga untuk stock saya nanti ganti oli mesin sebesar Rp 39 ribu X 3 = Rp 107 ribu sehingga Total tagihan nya sekarang menjadi Rp 2,238,380.
Demikian sharing dari saya untuk peremajaan / ganti semua part part karet (Rubber) di mobil All New Grand Livina saya setelah pemakaian selama 8 tahun.Terlampir semua foto Invoice dan part part bawaan yang sudah di lepas dari mobil saya terlampir. Demikian sharing dari saya dan semoga bermanfaat bagi Grand Livina User yang lainnya.
MVIMG_20220329_163348.jpg
MVIMG_20220329_162403.jpg
MVIMG_20220329_162426.jpg
MVIMG_20220329_162449.jpg
MVIMG_20220329_101130.jpg
MVIMG_20220329_162308.jpg
MVIMG_20220329_180703.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by sintoni »

Livina L11 masih worthed ga ya? Iseng2 cek marketplace menggiurkan banget harga pasarannya.

Harga ga sampe 150 dah dapat HWS 2016/2017an.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

sintoni wrote:Livina L11 masih worthed ga ya? Iseng2 cek marketplace menggiurkan banget harga pasarannya.

Harga ga sampe 150 dah dapat HWS 2016/2017an.
Kalau menurut pengalaman saya pribadi ya om, masih worthed setelah saya pakai hampir 8 tahun,
belum pernah turun mesin dan belum pernah ganti Shock Breaker bawaannya sampai usia 8 tahun pemakaian sih ok banget tapi itu bila yang makai ngerti perawatan mesin selalu rutin ganti oli mesin tiap 6 bulan juga ganti filter olinya serta bila mobil nya matic CVT tiap 40 ribu Km selalu kuras oli CVT (8 ltr) dan ganti filter oli CVT nya. Kalau di saya Aman tentram wkwkwk cuma kalau dari cerita sad Story om DOHC sih ngak Worthed karena saat jaman beliau punya tipe
L10 kalau ganti part part kaki kaki bisa seharga sebuah laptop wkwkwk. Masak ganti part selalu harus Assy 1 set mah Amsiong dah wkwkwk.Untung di jaman sekarang saya untuk peremajaan di masa 8 tahun bisa beli part part semua karet karet (rubber) doang di toko spare part mobil dan tidak perlu 1 set Assy di Nissan dan pemasangannya di beres Nissan wkwkwk. Kalau semua harus Assy 1 set mah udah lama gue jual mobilnya wkwkwk.
:glodak:
HR15DE 2014
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Herman7103 wrote: Tue Mar 29, 2022 11:42
Herman7103 wrote:Mau update, kemarin lampu indicator untuk indicator Matic CVT di mobil CVT saya mati jadi tadi pagi ke Beres Nissan untuk ganti lampu T5 halogen beli di toko variasi 1 lampu T5 Rp 5000 dan minta mekanik bengkel resmi untuk pasang lampu tsb dan sekarang kalau malam lampu indicator untuk PRND nya sudah normal. Cuma bayar biaya pasang lampu T5 terlampir. MVIMG_20210828_130956.jpg
Mau update, setelah ganti lampu indicator untuk indicator Matic CVT di mobil CVT saya mati dan ke Beres Nissan tgl 27 Agustus 2021 tahun lalu akhirnya hari Minggu tgl 27 Maret 2022 tiba tiba saat lagi jalan sama keluarga di Palembang, akhirnya setelah pemakaian mobil hampir selama 8 tahun tiba tiba timbul gejala brebet wkwkwk saat mobil lagi jalan so mampir ke toko sparepart yg jual spare part Nissan di Garuda Motor untuk beli 1 buah coil dan beli fanbelt merk Bando untuk ganti fanbelt juga seharga total Rp 535 ribu (foto terlampir)
dan setelah itu menuju bengkel mobil untuk pasang fanbelt Bando dan koilnya di bengkel mobil yg buka hari Minggu(Sehubungan Beres juga libur di hari Minggu).
ongkos pasang fanbelt dan koil sebesar Rp 150 ribu saja. Eh pas setelah koil dan fanbelt sudah dipasang dan mobil mau balik ke rumah gejala brebet masih ada wkwkwk yah sudah deh besok senin tgl 28 maret 2022 baru ke Beres.
Jadi hari senin pagi akhirnya mampir ke Beres untuk cek koil yg dipasang bengkel non beres kemarin dan kasih ke beres Ignition coil bawaan yg kemarin di cabut ke Bengkel Resmi untuk dicek apa coil tsb memang bocor (eh rupanya coil. karena gejala mobil masih brebet dan yg kemarin dicabut rupanya masih bagus wkwkwk, Jadi mekanik Beres.Nissan pak Syawal minta pak Joni untuk buka Intake Manifold nya untuk cek ketiga coil belum di cek bengkel non resmi kemarin dan setelah di cek pak Joni rupanya ada 1 coil yg rusak/bocor lalu di ganti dengan coil yg kemarin di cabut oleh montir bengkel non resmi kemarin. Tagihan Invoicenya Rp 276.650. Di bengkel resmi saya diskusi dengan pak Syawal serta Pak Jerry untuk besoknya tgl 29 maret 2022 untuk ganti semua karet karet ( Rubber) di mobil saya untuk diganti semua di Beres Nissan
Demang Lebar Daun. Pulang dari Beres saya mampir ke Garuda Motor untuk beli sepasang Support Shock depan merk RBI (buatan Thailand)untuk dipasang besok.Jadi besoknya tgl 29 maret 2022 saya belanja lagi semua karet karet (Rubber) baru dari toko Garuda Motor senilai Rp 1,700,000 dgn perjanjian bahwa part tsb bisa ditukar bila ada part rubber yg lainnya. Habis itu menuju Beres untuk minta biaya estimasi sementara sebesar Rp 1,3 juta jadi saya bilang Ok. Dan pas di lihat secara detail oleh pak Joni sang mekanik lapor bahwa ada sepasang part yg perlu diretur dan diganti dengan part lainnya yaitu retur boot as roda luar Rp 80 ribu ditukar dengan Bos Kepak Besar Rp 350 ribu dan saya minta istri saya naik gojek untuk tukar barang ke Garuda Motor dengan tambah biaya Rp 270 ribu. Jadi total part dari Garuda Motor senilai Rp 1,97 juta. Perlu waktu kurang lebih 5 jam agar semua part Rubber tsb dipasang dan setelah selesai dipasang saat di test drive oleh pak Syawal masih ada terasa sedikit bunyi yg terdengar saat mobil jalan yaitu Rod Assy Conn Stab lama bawaan yg sudah oblak setelah masa pemakaian 8 tahun dan minta persetujuan saya untuk ambil di bagian. Spare part Nissan seharga 2 X Rp 305 ribu jadi Rp 610 ribu. Dan setelah saya setujui maka diganti part tsb oleh pak Joni dan mobil di test lagi oleh pak Syawal jalan di sekitaran Beres Nissan ditemani saya sebagai passenger kursi depan. Setelah mobil dibawa jalan jalan disekitaran bengkel resmi, saya sebagai passenger tidak mendengar suara lagi suara suara di sektor kaki kakinya dan bilang ke pak Syawal saat tiba di bengkel untuk minta mobil tsb di cuci sebelum saya bayar tagihan nya.
Saat menemui pak Jerry SA, saya minta di tagihannya juga ditambah 3 filter oli mesin juga untuk stock saya nanti ganti oli mesin sebesar Rp 39 ribu X 3 = Rp 107 ribu sehingga Total tagihan nya sekarang menjadi Rp 2,238,380.
Demikian sharing dari saya untuk peremajaan / ganti semua part part karet (Rubber) di mobil All New Grand Livina saya setelah pemakaian selama 8 tahun.Terlampir semua foto Invoice dan part part bawaan yang sudah di lepas dari mobil saya terlampir. Demikian sharing dari saya dan semoga bermanfaat bagi Grand Livina User yang lainnya.

MVIMG_20220329_163348.jpgMVIMG_20220329_162403.jpgMVIMG_20220329_162426.jpgMVIMG_20220329_162449.jpgMVIMG_20220329_101130.jpgMVIMG_20220329_162308.jpgMVIMG_20220329_180703.jpg
Bentar Om...
Kl coil mati itu lampu CE pasti nyala.
Beda kalau selongsong koil yg bocor.
Waktu brebet itu emang ngga ada lampu CE nyala.
Soalnya di L10 kl koil mati pasti lampu CE nyala dan keluar error code.
Kecuali kl selongsong koil.bocor itu pasti lampu CE ngga nyala.
Dan mestinya ditestnya tinggal cabut koil 1 per satu dan liat di koil mana yg dicabut dan setelah dicabut suara mesin ngga pincang.
Trs itu ganti bushing arm bisa dipress di Beres ya Om?
nubie in all things - still need to learn
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Or4cle »

sintoni wrote: Tue Mar 29, 2022 13:14 Livina L11 masih worthed ga ya? Iseng2 cek marketplace menggiurkan banget harga pasarannya.

Harga ga sampe 150 dah dapat HWS 2016/2017an.
Sebenarnya mobil apapun worth it / gak sebatas apa ekspektasi personal thd mobil tsb. Livina L11 itu irit, nyaman kelemahannya : ngelitik, suhu engine tinggi, penguapan oli tinggi jg, full loaded butuh effort buat nanjak.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

Om Blloewy,
kejadian di ANGL tahun 2014 saya,
saat kejadian di saya pas hari minggu saya jalan di Palembang
mobil brebet tapi ngak mati mesin cuma saat mau take over mobil lain
terasa mesin brebet atau ndut ndutan wkwkwk dan rasanya ngak enak tapi Check Engine Light ngak nyala. Jadi saya langsung ke toko spare part mobil beli selongsong koil yg kata empunya toko buatan Jepang(terlampir foto kotaknya) Rp 350 ribu dan saya juga beli fanbelt merk Bando untuk ANGL (L11) seharga Rp 185 ribu(foto nota terlampir). Karena minggu beres tutup jadi saya menuju bengkel biasa bawa part dan minta ganti coil dan fanbelt nya karena saya bilang mesin brebet jadi minta cabut koil yang kelihatan diluar intake dan ganti fanbelt Nissan yg sudah retak kena biaya Rp 150 ribu. Cuma setelah dipasang dan mesin dihidupkan ternyata mesin masih brebet juga jadi saya balik rumah dulu tunggu besoknya hari senin baru ke beres Nissan Demang Lebar daun dan disana saya ceritain masalah mobil saya dan minta mereka atasi masalah tsb dengan memberi coil bawaan yg hari minggu dicopot montir dari bengkel biasa. Mekanik bengkel Nissan buka intake manifold dan ngecek satu per satu coil nya baru ketahuan 1 coil yg bocor dan memasang kembali koil bawaan yg dicopot montir hari minggu. Setelah dipasang, benar mobil ngak ada brebet lagi sampai sekarang. Biayanya Rp 276,650.

Iya om, itu bukan ganti bushing arm
Assy (1 set karena yg rusak cuma part bos kepak besarnya yg sudah kelihatan datar) cuma ganti bos kepak besar (part beli di garuda motor Ro 350 ribu) tapi yg pasang mekanik Nissan dan iya tadi dipress di Beres juga karena mereka tahu caranya dan ada alatnya.
MVIMG_20220329_162640.jpg
MVIMG_20220329_162840.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Herman7103 wrote: Tue Mar 29, 2022 14:29 Om Blloewy,
kejadian di ANGL tahun 2014 saya,
saat kejadian di saya pas hari minggu saya jalan di Palembang
mobil brebet tapi ngak mati mesin cuma saat mau take over mobil lain
terasa mesin brebet atau ndut ndutan wkwkwk dan rasanya ngak enak tapi Check Engine Light ngak nyala. Jadi saya langsung ke toko spare part mobil beli selongsong koil yg kata empunya toko buatan Jepang(terlampir foto kotaknya) Rp 350 ribu dan saya juga beli fanbelt merk Bando untuk ANGL (L11) seharga Rp 185 ribu(foto nota terlampir). Karena minggu beres tutup jadi saya menuju bengkel biasa bawa part dan minta ganti coil dan fanbelt nya karena saya bilang mesin brebet jadi minta cabut koil yang kelihatan diluar intake dan ganti fanbelt Nissan yg sudah retak kena biaya Rp 150 ribu. Cuma setelah dipasang dan mesin dihidupkan ternyata mesin masih brebet juga jadi saya balik rumah dulu tunggu besoknya hari senin baru ke beres Nissan Demang Lebar daun dan disana saya ceritain masalah mobil saya dan minta mereka atasi masalah tsb dengan memberi coil bawaan yg hari minggu dicopot montir dari bengkel biasa. Mekanik bengkel Nissan buka intake manifold dan ngecek satu per satu coil nya baru ketahuan 1 coil yg bocor dan memasang kembali koil bawaan yg dicopot montir hari minggu. Setelah dipasang, benar mobil ngak ada brebet lagi sampai sekarang. Biayanya Rp 276,650.

Iya om, itu bukan ganti bushing arm
Assy (1 set karena yg rusak cuma part bos kepak besarnya yg sudah kelihatan datar) cuma ganti bos kepak besar (part beli di garuda motor Ro 350 ribu) tapi yg pasang mekanik Nissan dan iya tadi dipress di Beres juga karena mereka tahu caranya dan ada alatnya.MVIMG_20220329_162640.jpgMVIMG_20220329_162840.jpg
Aneh koil mati lampu CE ngga nyala.
Btw kl sdh 350 rebu merk KW gt mendingan pake koil Nissan March om 500 rebu.
Hooo mereka pny alat pressnya ternyata.
Btw mari kita buktikan kl koil 1 rusak dan cm ganti 1 koil aja apakah usia 3 koil lain jadi ngga awet. Itu mitos di bengkel spesialis sich bahwa ganti Koil harus 4 spy awet atau nanti koil lain yg ga diganti akan modyar juga.
Let see Om.bertahan berapa lama 3 koil yg lain itu :big_grin: :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Or4cle wrote: Tue Mar 29, 2022 14:04
sintoni wrote: Tue Mar 29, 2022 13:14 Livina L11 masih worthed ga ya? Iseng2 cek marketplace menggiurkan banget harga pasarannya.

Harga ga sampe 150 dah dapat HWS 2016/2017an.
Sebenarnya mobil apapun worth it / gak sebatas apa ekspektasi personal thd mobil tsb. Livina L11 itu irit, nyaman kelemahannya : ngelitik, suhu engine tinggi, penguapan oli tinggi jg, full loaded butuh effort buat nanjak.
Ralat Om, L11 lbh tahan ngelitik.
Kompresi mesin turun jd dia bisa pakai Ron 90.
Kalau msh ngelitik juga pakai L11 ya artinya ruang bakarnya kotor banget itu :big_grin:
Kl full loaded nanjak pasti bakalan butuh usaha apalagi CVT. Hal yg sama dgn Papanzah dan Xeniah CVT FWD yg baru juga yg sempet divideoin dan direspon ama Atoyot :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

blloewy wrote:
Herman7103 wrote: Tue Mar 29, 2022 14:29 Om Blloewy,
kejadian di ANGL tahun 2014 saya,
saat kejadian di saya pas hari minggu saya jalan di Palembang
mobil brebet tapi ngak mati mesin cuma saat mau take over mobil lain
terasa mesin brebet atau ndut ndutan wkwkwk dan rasanya ngak enak tapi Check Engine Light ngak nyala. Jadi saya langsung ke toko spare part mobil beli selongsong koil yg kata empunya toko buatan Jepang(terlampir foto kotaknya) Rp 350 ribu dan saya juga beli fanbelt merk Bando untuk ANGL (L11) seharga Rp 185 ribu(foto nota terlampir). Karena minggu beres tutup jadi saya menuju bengkel biasa bawa part dan minta ganti coil dan fanbelt nya karena saya bilang mesin brebet jadi minta cabut koil yang kelihatan diluar intake dan ganti fanbelt Nissan yg sudah retak kena biaya Rp 150 ribu. Cuma setelah dipasang dan mesin dihidupkan ternyata mesin masih brebet juga jadi saya balik rumah dulu tunggu besoknya hari senin baru ke beres Nissan Demang Lebar daun dan disana saya ceritain masalah mobil saya dan minta mereka atasi masalah tsb dengan memberi coil bawaan yg hari minggu dicopot montir dari bengkel biasa. Mekanik bengkel Nissan buka intake manifold dan ngecek satu per satu coil nya baru ketahuan 1 coil yg bocor dan memasang kembali koil bawaan yg dicopot montir hari minggu. Setelah dipasang, benar mobil ngak ada brebet lagi sampai sekarang. Biayanya Rp 276,650.

Iya om, itu bukan ganti bushing arm
Assy (1 set karena yg rusak cuma part bos kepak besarnya yg sudah kelihatan datar) cuma ganti bos kepak besar (part beli di garuda motor Ro 350 ribu) tapi yg pasang mekanik Nissan dan iya tadi dipress di Beres juga karena mereka tahu caranya dan ada alatnya.MVIMG_20220329_162640.jpgMVIMG_20220329_162840.jpg
Aneh koil mati lampu CE ngga nyala.
Btw kl sdh 350 rebu merk KW gt mendingan pake koil Nissan March om 500 rebu.
Hooo mereka pny alat pressnya ternyata.
Btw mari kita buktikan kl koil 1 rusak dan cm ganti 1 koil aja apakah usia 3 koil lain jadi ngga awet. Itu mitos di bengkel spesialis sich bahwa ganti Koil harus 4 spy awet atau nanti koil lain yg ga diganti akan modyar juga.
Let see Om.bertahan berapa lama 3 koil yg lain itu :big_grin: :big_peace:
Iya Om, memang aneh dan baru ini selama 8 tahun pakai ANGL 2014 terjadi 1 coil bocor sehingga mobil brebet/ndut ndutan ngak enak bener wkwkwk, tapi jangan khawatir
karena selongsong coil KW nya di Tokopedia cuma 40 ribu wkwkwk dan sudah saya pesan berikut Fuel pump (Rp 461 ribu) juga cuma belum sampai rumah wkwkwk
agar bila terjadi lagi coil bocor tinggal ganti coil dan kalau fuel pump modar tinggal ganti saja karena ada stocknya wkwkwk.
Maklum saya ogah direpotin mobil
selama ada dijual online murah dan
mudah walau kualitas nya belum tau ya tinggal pesan untuk jaga jaga
kalau sampai terjadi maka barangnya sudah ada semua wkwkwk.
Screenshot_2022-03-30-06-19-45-441_com.tokopedia.tkpd.jpg
Screenshot_2022-03-30-06-20-23-292_com.lazada.android.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by benzz89 »


blloewy wrote: Aneh koil mati lampu CE ngga nyala.
Btw kl sdh 350 rebu merk KW gt mendingan pake koil Nissan March om 500 rebu.
Hooo mereka pny alat pressnya ternyata.
Btw mari kita buktikan kl koil 1 rusak dan cm ganti 1 koil aja apakah usia 3 koil lain jadi ngga awet. Itu mitos di bengkel spesialis sich bahwa ganti Koil harus 4 spy awet atau nanti koil lain yg ga diganti akan modyar juga.
Let see Om.bertahan berapa lama 3 koil yg lain itu :big_grin: :big_peace:
Setuju sih ama om blloewy, ganti koil yah sama kaya ganti busi yaitu sekaligus ganti semuanya, kayanya hampir gak ada yg ganti busi 1 biji aja even ya 1 itu aja yg bermasalah misalnya.

Sama kaya kasus adik saya livina L10 taon ke 8 jg sama koil modar 1 biji, gejalanya yah sama persis yaitu mesin berebet, padahal dia sdh mau jual tapi keduluan rusak itu coil, ane sih selamat taon ke 7 jual, padahal belinya barengan unitnya.

Ganti di BeRes 4 sekaligus waktu itu harganya 400 ribu per coil, krn tidak disarankan hanya ganti 1 aja, alasannya krn nanti tegangan listriknya jd beda antara 1 koil baru dgn 3 yg lama. Alasan kedua yah jgn sampe nanti kejadian lg 3 koil yg lama modar jg, krn memang sdh umurnya segitu itu si coil. Amit2 kl lg road trip jarak jauh tiba2 modar itu 1 diantara 3 koil atau malah modar semuanya krn tegangan listrik yg beda, bs nangis bombay di tengah jalan, apalagi pas tengah malem2 kejadiannya... nightmare [emoji38]

Meski mau dijual itu mobil adik ane, tp tetap dia ganti 4 sekaligus di BeRes, ya kasihan katanya nanti yg beli unit dia kl kena bom waktu, lagian kan ganti 4 unit koil di BeRes jg makin membuat calon pembelinya yakin unit dia benar2 full service di BeRes dan memang benar gampang aja dia lepas unitnya krn calon pembelinya lebih secure aja ama unit dia.