Grand Livina Users..! - PART 06

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

blloewy wrote:
Or4cle wrote: Tue Mar 29, 2022 14:04
sintoni wrote: Tue Mar 29, 2022 13:14 Livina L11 masih worthed ga ya? Iseng2 cek marketplace menggiurkan banget harga pasarannya.

Harga ga sampe 150 dah dapat HWS 2016/2017an.
Sebenarnya mobil apapun worth it / gak sebatas apa ekspektasi personal thd mobil tsb. Livina L11 itu irit, nyaman kelemahannya : ngelitik, suhu engine tinggi, penguapan oli tinggi jg, full loaded butuh effort buat nanjak.
Ralat Om, L11 lbh tahan ngelitik.
Kompresi mesin turun jd dia bisa pakai Ron 90.
Kalau msh ngelitik juga pakai L11 ya artinya ruang bakarnya kotor banget itu :big_grin:
Kl full loaded nanjak pasti bakalan butuh usaha apalagi CVT. Hal yg sama dgn Papanzah dan Xeniah CVT FWD yg baru juga yg sempet divideoin dan direspon ama Atoyot :big_grin:
User all new grand livina (L11) sih ngak perlu khawatir pakai premium ron 88 karena saya pribadi dari beli baru ANGL 18 Mei tahun 2014 sampai akhir oktober 2021 selalu isi premuum ron 88 sampai pemerintah ngak memutuskan untuk menghentikan pasokannya ke SPBU di Sumsel jadi mulai bulan Nov 2021 dan sejak itu saya selalu isi pertalite sampai sekarang dan seterusnya wkwkwk. Kunci nya supaya ngak ngelitik yg saya tahu harus ganti oli mesin nya tiap 6 bulan berikut selalu ganti filter oli mesinnya tiap ganti oli mesin tsb yang saya lakukan hingga sekarang
sungguh memuaskan karena mesin mobil saya belum pernah diturunkan cuma pernah buka Intake Manifold untuk ganti semua businya di akhir tahun 2021. Pelihara mobil yang rada berumur, harus terus dirawat, terus enak di pake itu baru puas rasanya.
:glodak:
HR15DE 2014
crcsystm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Oct 20, 2016 16:45

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by crcsystm »

Ralat Om, L11 lbh tahan ngelitik.
Kompresi mesin turun jd dia bisa pakai Ron 90.
Kalau msh ngelitik juga pakai L11 ya artinya ruang bakarnya kotor banget itu :big_grin:
Kl full loaded nanjak pasti bakalan butuh usaha apalagi CVT. Hal yg sama dgn Papanzah dan Xeniah CVT FWD yg baru juga yg sempet divideoin dan direspon ama Atoyot :big_grin:




Stuju Om, L11 sy ga pernah nglitik, padahal cm pake pertalite, mgkn krn udh pake dual injector..

Th kemarin ambil 2nd Xgear 3row km 95rb dpt di 93jt.

Baru pake 1000km dh berebet, ktika dibongkar trnyata businya palsu. Apes dah..

Lgsg ganti slongsong koil dan businya 4 set yg bagus skalian. Skrg normal lancar jaya..

Cm yg ganggu tuh bunyi "krrrrr" waktu idle, tapi bunyinya ilang kalo kopling diinjek.

Udh bawa ke bengkel spesialis Jasmin Motor di BSD, katanya ada bearing yg kering, tapi ga akan ganggu performa. Malah bengkelnya saranin nanti aja kalo pas waktunya ganti kopling di kisaran 120rb km, diganti sekalian bearing tsb krn biaya bongkarnya lumayan kalo cm buat ganti bearing doang..

Ada yg ngalamin bunyi "krrr" juga disini?
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Or4cle »

blloewy wrote: Tue Mar 29, 2022 22:13
Or4cle wrote: Tue Mar 29, 2022 14:04
sintoni wrote: Tue Mar 29, 2022 13:14 Livina L11 masih worthed ga ya? Iseng2 cek marketplace menggiurkan banget harga pasarannya.

Harga ga sampe 150 dah dapat HWS 2016/2017an.
Sebenarnya mobil apapun worth it / gak sebatas apa ekspektasi personal thd mobil tsb. Livina L11 itu irit, nyaman kelemahannya : ngelitik, suhu engine tinggi, penguapan oli tinggi jg, full loaded butuh effort buat nanjak.
Ralat Om, L11 lbh tahan ngelitik.
Kompresi mesin turun jd dia bisa pakai Ron 90.
Kalau msh ngelitik juga pakai L11 ya artinya ruang bakarnya kotor banget itu :big_grin:
Kl full loaded nanjak pasti bakalan butuh usaha apalagi CVT. Hal yg sama dgn Papanzah dan Xeniah CVT FWD yg baru juga yg sempet divideoin dan direspon ama Atoyot :big_grin:
Teorinya sih gitu ... engine dibersihin carbon cleaner, ngelitik hilang, 3 bulan ngelitik lagi. ANGL 1.5 m/t 2015, padat merayap di tanjakan Endesor Hill cafe (Sentul), full loaded 5 dewasa + 2 ABG = ban spin, susah payah nanjaknya, end story.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

crcsystm wrote: Wed Mar 30, 2022 0:38 ..

Cm yg ganggu tuh bunyi "krrrrr" waktu idle, tapi bunyinya ilang kalo kopling diinjek.



clutch release bearing atau druklager atau dreklaher.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Omnibus »

marmut wrote: Wed Mar 30, 2022 2:52
crcsystm wrote: Wed Mar 30, 2022 0:38 ..

Cm yg ganggu tuh bunyi "krrrrr" waktu idle, tapi bunyinya ilang kalo kopling diinjek.



clutch release bearing atau druklager atau dreklaher.
lumayan nih cuma gara2 drunklaher pas bongkar musti siapin seal input shaft, kopling n dekrup, rear main seal, n kemungkinan flywheel baru kl mau maknyus. dibubut? nehi.

yg sekalian2 gitu ujung2nya mihil.








*ai udah siap2 mbah, bentaran juga ada netijen julid bilang ai lebay. omdo. jelek. item. berbulu. :upss: :big_biglaugh:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Or4cle »

Omnibus wrote: Wed Mar 30, 2022 4:03
marmut wrote: Wed Mar 30, 2022 2:52
crcsystm wrote: Wed Mar 30, 2022 0:38 ..

Cm yg ganggu tuh bunyi "krrrrr" waktu idle, tapi bunyinya ilang kalo kopling diinjek.



clutch release bearing atau druklager atau dreklaher.
lumayan nih cuma gara2 drunklaher pas bongkar musti siapin seal input shaft, kopling n dekrup, rear main seal, n kemungkinan flywheel baru kl mau maknyus. dibubut? nehi.

yg sekalian2 gitu ujung2nya mihil.








*ai udah siap2 mbah, bentaran juga ada netijen julid bilang ai lebay. omdo. jelek. item. berbulu. :upss: :big_biglaugh:
Kalau i dicuekin aja, ntar sekalian tunggu kopling abis, seal crankcase belakang rembes baru sekalian dikerjain.
Lumayan mihul ongkos bongpas nya mbah 😄
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

crcsystm wrote: Wed Mar 30, 2022 0:38
Ralat Om, L11 lbh tahan ngelitik.
Kompresi mesin turun jd dia bisa pakai Ron 90.
Kalau msh ngelitik juga pakai L11 ya artinya ruang bakarnya kotor banget itu :big_grin:
Kl full loaded nanjak pasti bakalan butuh usaha apalagi CVT. Hal yg sama dgn Papanzah dan Xeniah CVT FWD yg baru juga yg sempet divideoin dan direspon ama Atoyot :big_grin:




Stuju Om, L11 sy ga pernah nglitik, padahal cm pake pertalite, mgkn krn udh pake dual injector..

Th kemarin ambil 2nd Xgear 3row km 95rb dpt di 93jt.

Baru pake 1000km dh berebet, ktika dibongkar trnyata businya palsu. Apes dah..

Lgsg ganti slongsong koil dan businya 4 set yg bagus skalian. Skrg normal lancar jaya..

Cm yg ganggu tuh bunyi "krrrrr" waktu idle, tapi bunyinya ilang kalo kopling diinjek.

Udh bawa ke bengkel spesialis Jasmin Motor di BSD, katanya ada bearing yg kering, tapi ga akan ganggu performa. Malah bengkelnya saranin nanti aja kalo pas waktunya ganti kopling di kisaran 120rb km, diganti sekalian bearing tsb krn biaya bongkarnya lumayan kalo cm buat ganti bearing doang..

Ada yg ngalamin bunyi "krrr" juga disini?
Menurut kitab mesin resing lipindut karangan Profesor MahaGuru Mbah Klep dari Institut Von Asem Reges....
Itu normal kl bunyi msh halus.
Kl sdh halus itu masuk ke master kopling bawah.
Dan sesuai Manual nya dari Mbah Klep itu wajin dikasi minyak rem dulu paa dipasang yg baru spy jgn peret kl mau awet. :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Omnibus wrote: Wed Mar 30, 2022 4:03
marmut wrote: Wed Mar 30, 2022 2:52
crcsystm wrote: Wed Mar 30, 2022 0:38 ..

Cm yg ganggu tuh bunyi "krrrrr" waktu idle, tapi bunyinya ilang kalo kopling diinjek.



clutch release bearing atau druklager atau dreklaher.
lumayan nih cuma gara2 drunklaher pas bongkar musti siapin seal input shaft, kopling n dekrup, rear main seal, n kemungkinan flywheel baru kl mau maknyus. dibubut? nehi.

yg sekalian2 gitu ujung2nya mihil.








*ai udah siap2 mbah, bentaran juga ada netijen julid bilang ai lebay. omdo. jelek. item. berbulu. :upss: :big_biglaugh:
Mbah kl di Beres ini bakalam babak belur.
Padahal itu kerja sekalian pas turun transmisi.
Saya pas ganti kopling set minta itu ngga dikasi ganti seal cramkshaft depan ama belakang :big_cry:
Akhirnya cuma ganti seal apa itu yg di roda...cv joint apa ya...
Kl flywheel itu penyakit Lipindut 1.8 yg pasti kena.
Konon menurut kabar angin flywheelnya seharga makan minum ama Lind Wen Wen selama 7 hari 7 purnama :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
crcsystm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Oct 20, 2016 16:45

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by crcsystm »

blloewy wrote:
crcsystm wrote: Wed Mar 30, 2022 0:38
Ralat Om, L11 lbh tahan ngelitik.
Kompresi mesin turun jd dia bisa pakai Ron 90.
Kalau msh ngelitik juga pakai L11 ya artinya ruang bakarnya kotor banget itu :big_grin:
Kl full loaded nanjak pasti bakalan butuh usaha apalagi CVT. Hal yg sama dgn Papanzah dan Xeniah CVT FWD yg baru juga yg sempet divideoin dan direspon ama Atoyot :big_grin:




Stuju Om, L11 sy ga pernah nglitik, padahal cm pake pertalite, mgkn krn udh pake dual injector..

Th kemarin ambil 2nd Xgear 3row km 95rb dpt di 93jt.

Baru pake 1000km dh berebet, ktika dibongkar trnyata businya palsu. Apes dah..

Lgsg ganti slongsong koil dan businya 4 set yg bagus skalian. Skrg normal lancar jaya..

Cm yg ganggu tuh bunyi "krrrrr" waktu idle, tapi bunyinya ilang kalo kopling diinjek.

Udh bawa ke bengkel spesialis Jasmin Motor di BSD, katanya ada bearing yg kering, tapi ga akan ganggu performa. Malah bengkelnya saranin nanti aja kalo pas waktunya ganti kopling di kisaran 120rb km, diganti sekalian bearing tsb krn biaya bongkarnya lumayan kalo cm buat ganti bearing doang..

Ada yg ngalamin bunyi "krrr" juga disini?
Menurut kitab mesin resing lipindut karangan Profesor MahaGuru Mbah Klep dari Institut Von Asem Reges....
Itu normal kl bunyi msh halus.
Kl sdh halus itu masuk ke master kopling bawah.
Dan sesuai Manual nya dari Mbah Klep itu wajin dikasi minyak rem dulu paa dipasang yg baru spy jgn peret kl mau awet. :big_grin:
Noted om, nanti pas pasang baru kasih minyak rem dulu biar ga peret. Wkwk..
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Omnibus »

blloewy wrote: Wed Mar 30, 2022 5:22
Omnibus wrote: Wed Mar 30, 2022 4:03
marmut wrote: Wed Mar 30, 2022 2:52



clutch release bearing atau druklager atau dreklaher.
lumayan nih cuma gara2 drunklaher pas bongkar musti siapin seal input shaft, kopling n dekrup, rear main seal, n kemungkinan flywheel baru kl mau maknyus. dibubut? nehi.

yg sekalian2 gitu ujung2nya mihil.








*ai udah siap2 mbah, bentaran juga ada netijen julid bilang ai lebay. omdo. jelek. item. berbulu. :upss: :big_biglaugh:
Mbah kl di Beres ini bakalam babak belur.
Padahal itu kerja sekalian pas turun transmisi.
Saya pas ganti kopling set minta itu ngga dikasi ganti seal cramkshaft depan ama belakang :big_cry:
Akhirnya cuma ganti seal apa itu yg di roda...cv joint apa ya...
Kl flywheel itu penyakit Lipindut 1.8 yg pasti kena.
Konon menurut kabar angin flywheelnya seharga makan minum ama Lind Wen Wen selama 7 hari 7 purnama :big_peace:
:big_biglaugh:

iya jebakan betmen ya kl minta ini itu.

btw seal crankshaft belakang kl ada repairan flywheel kemungkinan dikasih mbah. kl seal crank depan ga dikasih lah, itu mah beda kerjaan, bagian pulley itu (timing chain).
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Omnibus »

Or4cle wrote: Wed Mar 30, 2022 4:38
Omnibus wrote: Wed Mar 30, 2022 4:03
marmut wrote: Wed Mar 30, 2022 2:52



clutch release bearing atau druklager atau dreklaher.
lumayan nih cuma gara2 drunklaher pas bongkar musti siapin seal input shaft, kopling n dekrup, rear main seal, n kemungkinan flywheel baru kl mau maknyus. dibubut? nehi.

yg sekalian2 gitu ujung2nya mihil.








*ai udah siap2 mbah, bentaran juga ada netijen julid bilang ai lebay. omdo. jelek. item. berbulu. :upss: :big_biglaugh:
Kalau i dicuekin aja, ntar sekalian tunggu kopling abis, seal crankcase belakang rembes baru sekalian dikerjain.
Lumayan mihul ongkos bongpas nya mbah 😄
iya cuekin aja mbah. kl udah ga tahan dengernya mending beli ear plug. lebih murah :big_biglaugh:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

blloewy wrote:
Herman7103 wrote: Tue Mar 29, 2022 14:29 Om Blloewy,
kejadian di ANGL tahun 2014 saya,
saat kejadian di saya pas hari minggu saya jalan di Palembang
mobil brebet tapi ngak mati mesin cuma saat mau take over mobil lain
terasa mesin brebet atau ndut ndutan wkwkwk dan rasanya ngak enak tapi Check Engine Light ngak nyala. Jadi saya langsung ke toko spare part mobil beli selongsong koil yg kata empunya toko buatan Jepang(terlampir foto kotaknya) Rp 350 ribu dan saya juga beli fanbelt merk Bando untuk ANGL (L11) seharga Rp 185 ribu(foto nota terlampir). Karena minggu beres tutup jadi saya menuju bengkel biasa bawa part dan minta ganti coil dan fanbelt nya karena saya bilang mesin brebet jadi minta cabut koil yang kelihatan diluar intake dan ganti fanbelt Nissan yg sudah retak kena biaya Rp 150 ribu. Cuma setelah dipasang dan mesin dihidupkan ternyata mesin masih brebet juga jadi saya balik rumah dulu tunggu besoknya hari senin baru ke beres Nissan Demang Lebar daun dan disana saya ceritain masalah mobil saya dan minta mereka atasi masalah tsb dengan memberi coil bawaan yg hari minggu dicopot montir dari bengkel biasa. Mekanik bengkel Nissan buka intake manifold dan ngecek satu per satu coil nya baru ketahuan 1 coil yg bocor dan memasang kembali koil bawaan yg dicopot montir hari minggu. Setelah dipasang, benar mobil ngak ada brebet lagi sampai sekarang. Biayanya Rp 276,650.

Iya om, itu bukan ganti bushing arm
Assy (1 set karena yg rusak cuma part bos kepak besarnya yg sudah kelihatan datar) cuma ganti bos kepak besar (part beli di garuda motor Ro 350 ribu) tapi yg pasang mekanik Nissan dan iya tadi dipress di Beres juga karena mereka tahu caranya dan ada alatnya.MVIMG_20220329_162640.jpgMVIMG_20220329_162840.jpg
Aneh koil mati lampu CE ngga nyala.
Btw kl sdh 350 rebu merk KW gt mendingan pake koil Nissan March om 500 rebu.
Hooo mereka pny alat pressnya ternyata.
Btw mari kita buktikan kl koil 1 rusak dan cm ganti 1 koil aja apakah usia 3 koil lain jadi ngga awet. Itu mitos di bengkel spesialis sich bahwa ganti Koil harus 4 spy awet atau nanti koil lain yg ga diganti akan modyar juga.
Let see Om.bertahan berapa lama 3 koil yg lain itu :big_grin: :big_peace:
Update kemarin pas isteri antar jemput anak anak pergi ke sekolah,
tiba tiba isteri laporan ke saya yg lagi kerja di kantor bahwa mobil ANGL 1.5 SV CVT yg dia bawa ndut ndutan atau brebet wkwkwk, padahal minggu lalunya baru ganti 1 koil di beres Nissan. Jadi sabtu pagi saya ke bengkel Jauhari Motor di Jln Tj. Api-Api, Kebun Bunga, Kec. Sukarami, Kota Palembang untuk ganti 3 koil lainnya (masa pemakaian 8 tahun) dengan koil yg saya beli online di tokopexxx serta saya minta montir bengkel untuk kuras tangki bensinnya karena.selama 8 tahun pemakaian mobil belum pernah dikuras dan dibersihkan wkwkwk. Masuk bengkel jam 8 pagi dan jam 10.30 WIB bayar tagihan ganti koil serta kuras dan bersihkan tangki bensin mobil All New Grand Livina tahun 2014 sebesar Rp 250 ribu. Setelah semua koil diganti dan tangki bensin dikuras dan dibersihkan lalu saya menuju SPBU untuk isi BBM pertalite sebesar Rp 274 ribu dan kondisi mobil ANGL sudah normal, nyaman dan tidak ada ndut ndutan atau brebet. Jadi untuk User Grand Livina kalau koil bocor atau mesin brebet / Ndut ndutan karenanya gantilah sekaligus keempat koil sekaligus biar tidak perlu 2X ke bengkel untuk ganti koil wkwkwk.
MVIMG_20220409_174316.jpg
MVIMG_20220409_174414.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Herman7103 wrote: Sat Apr 09, 2022 10:46
blloewy wrote:
Herman7103 wrote: Tue Mar 29, 2022 14:29 Om Blloewy,
kejadian di ANGL tahun 2014 saya,
saat kejadian di saya pas hari minggu saya jalan di Palembang
mobil brebet tapi ngak mati mesin cuma saat mau take over mobil lain
terasa mesin brebet atau ndut ndutan wkwkwk dan rasanya ngak enak tapi Check Engine Light ngak nyala. Jadi saya langsung ke toko spare part mobil beli selongsong koil yg kata empunya toko buatan Jepang(terlampir foto kotaknya) Rp 350 ribu dan saya juga beli fanbelt merk Bando untuk ANGL (L11) seharga Rp 185 ribu(foto nota terlampir). Karena minggu beres tutup jadi saya menuju bengkel biasa bawa part dan minta ganti coil dan fanbelt nya karena saya bilang mesin brebet jadi minta cabut koil yang kelihatan diluar intake dan ganti fanbelt Nissan yg sudah retak kena biaya Rp 150 ribu. Cuma setelah dipasang dan mesin dihidupkan ternyata mesin masih brebet juga jadi saya balik rumah dulu tunggu besoknya hari senin baru ke beres Nissan Demang Lebar daun dan disana saya ceritain masalah mobil saya dan minta mereka atasi masalah tsb dengan memberi coil bawaan yg hari minggu dicopot montir dari bengkel biasa. Mekanik bengkel Nissan buka intake manifold dan ngecek satu per satu coil nya baru ketahuan 1 coil yg bocor dan memasang kembali koil bawaan yg dicopot montir hari minggu. Setelah dipasang, benar mobil ngak ada brebet lagi sampai sekarang. Biayanya Rp 276,650.

Iya om, itu bukan ganti bushing arm
Assy (1 set karena yg rusak cuma part bos kepak besarnya yg sudah kelihatan datar) cuma ganti bos kepak besar (part beli di garuda motor Ro 350 ribu) tapi yg pasang mekanik Nissan dan iya tadi dipress di Beres juga karena mereka tahu caranya dan ada alatnya.MVIMG_20220329_162640.jpgMVIMG_20220329_162840.jpg
Aneh koil mati lampu CE ngga nyala.
Btw kl sdh 350 rebu merk KW gt mendingan pake koil Nissan March om 500 rebu.
Hooo mereka pny alat pressnya ternyata.
Btw mari kita buktikan kl koil 1 rusak dan cm ganti 1 koil aja apakah usia 3 koil lain jadi ngga awet. Itu mitos di bengkel spesialis sich bahwa ganti Koil harus 4 spy awet atau nanti koil lain yg ga diganti akan modyar juga.
Let see Om.bertahan berapa lama 3 koil yg lain itu :big_grin: :big_peace:
Update kemarin pas isteri antar jemput anak anak pergi ke sekolah,
tiba tiba isteri laporan ke saya yg lagi kerja di kantor bahwa mobil ANGL 1.5 SV CVT yg dia bawa ndut ndutan atau brebet wkwkwk, padahal minggu lalunya baru ganti 1 koil di beres Nissan. Jadi sabtu pagi saya ke bengkel Jauhari Motor di Jln Tj. Api-Api, Kebun Bunga, Kec. Sukarami, Kota Palembang untuk ganti 3 koil lainnya (masa pemakaian 8 tahun) dengan koil yg saya beli online di tokopexxx serta saya minta montir bengkel untuk kuras tangki bensinnya karena.selama 8 tahun pemakaian mobil belum pernah dikuras dan dibersihkan wkwkwk. Masuk bengkel jam 8 pagi dan jam 10.30 WIB bayar tagihan ganti koil serta kuras dan bersihkan tangki bensin mobil All New Grand Livina tahun 2014 sebesar Rp 250 ribu. Setelah semua koil diganti dan tangki bensin dikuras dan dibersihkan lalu saya menuju SPBU untuk isi BBM pertalite sebesar Rp 274 ribu dan kondisi mobil ANGL sudah normal, nyaman dan tidak ada ndut ndutan atau brebet. Jadi untuk User Grand Livina kalau koil bocor atau mesin brebet / Ndut ndutan karenanya gantilah sekaligus keempat koil sekaligus biar tidak perlu 2X ke bengkel untuk ganti koil wkwkwk.MVIMG_20220409_174316.jpgMVIMG_20220409_174414.jpg
Wkwkwkwk sdh diduga kl kena 1 mitosnya ganti semua.
Tp ajaibnya di Livina ipar saya di Lampung aman sentosa cukup gantj 1 koil aja.
Padahal ganti pake merk aftermarket.
Akhirnya dikuras juga itu tanki setelah 8 tahun :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

blloewy wrote:
Herman7103 wrote: Sat Apr 09, 2022 10:46
blloewy wrote: Aneh koil mati lampu CE ngga nyala.
Btw kl sdh 350 rebu merk KW gt mendingan pake koil Nissan March om 500 rebu.
Hooo mereka pny alat pressnya ternyata.
Btw mari kita buktikan kl koil 1 rusak dan cm ganti 1 koil aja apakah usia 3 koil lain jadi ngga awet. Itu mitos di bengkel spesialis sich bahwa ganti Koil harus 4 spy awet atau nanti koil lain yg ga diganti akan modyar juga.
Let see Om.bertahan berapa lama 3 koil yg lain itu :big_grin: :big_peace:
Update kemarin pas isteri antar jemput anak anak pergi ke sekolah,
tiba tiba isteri laporan ke saya yg lagi kerja di kantor bahwa mobil ANGL 1.5 SV CVT yg dia bawa ndut ndutan atau brebet wkwkwk, padahal minggu lalunya baru ganti 1 koil di beres Nissan. Jadi sabtu pagi saya ke bengkel Jauhari Motor di Jln Tj. Api-Api, Kebun Bunga, Kec. Sukarami, Kota Palembang untuk ganti 3 koil lainnya (masa pemakaian 8 tahun) dengan koil yg saya beli online di tokopexxx serta saya minta montir bengkel untuk kuras tangki bensinnya karena.selama 8 tahun pemakaian mobil belum pernah dikuras dan dibersihkan wkwkwk. Masuk bengkel jam 8 pagi dan jam 10.30 WIB bayar tagihan ganti koil serta kuras dan bersihkan tangki bensin mobil All New Grand Livina tahun 2014 sebesar Rp 250 ribu. Setelah semua koil diganti dan tangki bensin dikuras dan dibersihkan lalu saya menuju SPBU untuk isi BBM pertalite sebesar Rp 274 ribu dan kondisi mobil ANGL sudah normal, nyaman dan tidak ada ndut ndutan atau brebet. Jadi untuk User Grand Livina kalau koil bocor atau mesin brebet / Ndut ndutan karenanya gantilah sekaligus keempat koil sekaligus biar tidak perlu 2X ke bengkel untuk ganti koil wkwkwk.MVIMG_20220409_174316.jpgMVIMG_20220409_174414.jpg
Wkwkwkwk sdh diduga kl kena 1 mitosnya ganti semua.
Tp ajaibnya di Livina ipar saya di Lampung aman sentosa cukup gantj 1 koil aja.
Padahal ganti pake merk aftermarket.
Akhirnya dikuras juga itu tanki setelah 8 tahun :big_peace:
Iya Om, setelah 8 tahun pelihara Grand Livina, ini pengalaman saya pertama kali mengalami koil bocor,
mula mula bocor 1 lalu minggu berikut yang lain nya menyusul wkwkwk jadi sampai 2 X ke bengkel. Kalau saya tahu begitu mending ganti koil sekaligus langsung keempatnya sekaligus kayak ganti busi. Untung jasa ganti koil dan kuras tangki bensin di bengkel mobil non beres murah dan harga koil nya di online shop sekarang murah wkwkwk jadi ngak berasa memberatkan biayanya. Ngak mahal sekarang maintenance Grand Livina. Senang rasanya.
:glodak:
HR15DE 2014
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Herman7103 wrote: Sat Apr 09, 2022 22:55
blloewy wrote:
Herman7103 wrote: Sat Apr 09, 2022 10:46 Update kemarin pas isteri antar jemput anak anak pergi ke sekolah,
tiba tiba isteri laporan ke saya yg lagi kerja di kantor bahwa mobil ANGL 1.5 SV CVT yg dia bawa ndut ndutan atau brebet wkwkwk, padahal minggu lalunya baru ganti 1 koil di beres Nissan. Jadi sabtu pagi saya ke bengkel Jauhari Motor di Jln Tj. Api-Api, Kebun Bunga, Kec. Sukarami, Kota Palembang untuk ganti 3 koil lainnya (masa pemakaian 8 tahun) dengan koil yg saya beli online di tokopexxx serta saya minta montir bengkel untuk kuras tangki bensinnya karena.selama 8 tahun pemakaian mobil belum pernah dikuras dan dibersihkan wkwkwk. Masuk bengkel jam 8 pagi dan jam 10.30 WIB bayar tagihan ganti koil serta kuras dan bersihkan tangki bensin mobil All New Grand Livina tahun 2014 sebesar Rp 250 ribu. Setelah semua koil diganti dan tangki bensin dikuras dan dibersihkan lalu saya menuju SPBU untuk isi BBM pertalite sebesar Rp 274 ribu dan kondisi mobil ANGL sudah normal, nyaman dan tidak ada ndut ndutan atau brebet. Jadi untuk User Grand Livina kalau koil bocor atau mesin brebet / Ndut ndutan karenanya gantilah sekaligus keempat koil sekaligus biar tidak perlu 2X ke bengkel untuk ganti koil wkwkwk.MVIMG_20220409_174316.jpgMVIMG_20220409_174414.jpg
Wkwkwkwk sdh diduga kl kena 1 mitosnya ganti semua.
Tp ajaibnya di Livina ipar saya di Lampung aman sentosa cukup gantj 1 koil aja.
Padahal ganti pake merk aftermarket.
Akhirnya dikuras juga itu tanki setelah 8 tahun :big_peace:
Iya Om, setelah 8 tahun pelihara Grand Livina, ini pengalaman saya pertama kali mengalami koil bocor,
mula mula bocor 1 lalu minggu berikut yang lain nya menyusul wkwkwk jadi sampai 2 X ke bengkel. Kalau saya tahu begitu mending ganti koil sekaligus langsung keempatnya sekaligus kayak ganti busi. Untung jasa ganti koil dan kuras tangki bensin di bengkel mobil non beres murah dan harga koil nya di online shop sekarang murah wkwkwk jadi ngak berasa memberatkan biayanya. Ngak mahal sekarang maintenance Grand Livina. Senang rasanya.
Btw beli koilnya ori bukan itu Om?
Atau beli copotan atau beli Koil Juke?.
Koil ori Livina emang 1 juta di beres sebiji kl pake March lbh murah 550 rebu sebiji.
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

blloewy wrote:
Herman7103 wrote: Sat Apr 09, 2022 22:55
blloewy wrote: Wkwkwkwk sdh diduga kl kena 1 mitosnya ganti semua.
Tp ajaibnya di Livina ipar saya di Lampung aman sentosa cukup gantj 1 koil aja.
Padahal ganti pake merk aftermarket.
Akhirnya dikuras juga itu tanki setelah 8 tahun :big_peace:
Iya Om, setelah 8 tahun pelihara Grand Livina, ini pengalaman saya pertama kali mengalami koil bocor,
mula mula bocor 1 lalu minggu berikut yang lain nya menyusul wkwkwk jadi sampai 2 X ke bengkel. Kalau saya tahu begitu mending ganti koil sekaligus langsung keempatnya sekaligus kayak ganti busi. Untung jasa ganti koil dan kuras tangki bensin di bengkel mobil non beres murah dan harga koil nya di online shop sekarang murah wkwkwk jadi ngak berasa memberatkan biayanya. Ngak mahal sekarang maintenance Grand Livina. Senang rasanya.
Btw beli koilnya ori bukan itu Om?
Atau beli copotan atau beli Koil Juke?.
Koil ori Livina emang 1 juta di beres sebiji kl pake March lbh murah 550 rebu sebiji.
Saya sudah post saat peremajaan kaki kaki minggu lalu , bahwa koil ada 4 saya beli di tokopedia dan koil tsb murah dan bukan orinya wkwkwk.
:glodak:
HR15DE 2014
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by r1409 »

kalau soal koil, mungkin bisa dipasang selongsong pelindungnya, banyak dijual. katanya untuk melindungi koil agar lebih awet dari kebocoran arus, karena memang penyakit HR15 ini di koil yg gampang bocor. dulu udah beli selongsongnya buat evalia (mesin sama HR15DE) tapi belum dipasang, mobilnya udah kejual duluan, jadi ga tau efeknya.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

r1409 wrote:kalau soal koil, mungkin bisa dipasang selongsong pelindungnya, banyak dijual. katanya untuk melindungi koil agar lebih awet dari kebocoran arus, karena memang penyakit HR15 ini di koil yg gampang bocor. dulu udah beli selongsongnya buat evalia (mesin sama HR15DE) tapi belum dipasang, mobilnya udah kejual duluan, jadi ga tau efeknya.
Saya tidak tahu kalau ada selongsong pelindungnya untuk koil karena setelah 8 tahun baru ada koil mobil saya yg bocor wkwkwk. Koil bawaan all new grand livina memang kuat bisa dipakai sampai 8 tahun cuma harganya 1 juta per koil jadi saya cobain dulu beli yg kw di online shop untuk tahu tahan berapa lama masa pakainya. Harganya murah cuma Rp 40 ribu per koil. Wkwkwk.
:glodak:
HR15DE 2014
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by benzz89 »

Harga koil kok bs sgt2 lebar begitu rangenya yah, ane cek di toped start dr 35 ribu sampai 1,3 jutaan per koil... aneh bin ajaib ini koilnya hahahah.

Ya kl 35 ribu x 4 VS 1,3 juta x 4... ganti koil yg 35 ribu tiap 6 bulan atau 1 taon sekali selama 8 taon jg msh "untung".

ASAL itu koil yg 35 ribu tidak bikin kelistrikan & busi jd erorr atau ada efek samping lainnya dalam jangka panjang di kelistrikan mobil.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

benzz89 wrote:Harga koil kok bs sgt2 lebar begitu rangenya yah, ane cek di toped start dr 35 ribu sampai 1,3 jutaan per koil... aneh bin ajaib ini koilnya hahahah.

Ya kl 35 ribu x 4 VS 1,3 juta x 4... ganti koil yg 35 ribu tiap 6 bulan atau 1 taon sekali selama 8 taon jg msh "untung".

ASAL itu koil yg 35 ribu tidak bikin kelistrikan & busi jd erorr atau ada efek samping lainnya dalam jangka panjang di kelistrikan mobil.
Yup, range harga koilnya memang start dari 35 ribu sampai 1.35 juta di toped wkwkwk. Setelah memakai yang bawaannya yang bertahan sampai 8 tahun, sekarang saya mencoba koil yg 40 ribu untuk test berapa lama masa pakainya wkwkwk. Kalau saya pribadi tidak percaya yang namanya katanya-katanya tapi harus buktikan
sendiri baru saya yakin dan percaya.


:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

benzz89 wrote: Sun Apr 10, 2022 7:19 Harga koil kok bs sgt2 lebar begitu rangenya yah, ane cek di toped start dr 35 ribu sampai 1,3 jutaan per koil... aneh bin ajaib ini koilnya hahahah.

Ya kl 35 ribu x 4 VS 1,3 juta x 4... ganti koil yg 35 ribu tiap 6 bulan atau 1 taon sekali selama 8 taon jg msh "untung".

ASAL itu koil yg 35 ribu tidak bikin kelistrikan & busi jd erorr atau ada efek samping lainnya dalam jangka panjang di kelistrikan mobil.


koil apaan 35rb? dalemnya isi gulungan gelasan?
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Herman7103 wrote: Sun Apr 10, 2022 4:17
r1409 wrote:kalau soal koil, mungkin bisa dipasang selongsong pelindungnya, banyak dijual. katanya untuk melindungi koil agar lebih awet dari kebocoran arus, karena memang penyakit HR15 ini di koil yg gampang bocor. dulu udah beli selongsongnya buat evalia (mesin sama HR15DE) tapi belum dipasang, mobilnya udah kejual duluan, jadi ga tau efeknya.
Saya tidak tahu kalau ada selongsong pelindungnya untuk koil karena setelah 8 tahun baru ada koil mobil saya yg bocor wkwkwk. Koil bawaan all new grand livina memang kuat bisa dipakai sampai 8 tahun cuma harganya 1 juta per koil jadi saya cobain dulu beli yg kw di online shop untuk tahu tahan berapa lama masa pakainya. Harganya murah cuma Rp 40 ribu per koil. Wkwkwk.
Eh om seriusan beli koil harga 40 rebu?
Selomgsongnya aja yg bagus harga 50 ribu sebiji lho.
Koil after market aja 250 rebu sebiji lho Om :big_peace:
Itu koil 40 rebu dalemnya beneran isi koil ama resistor plus per atau karet doang Om? :big_think:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sun Apr 10, 2022 8:32
benzz89 wrote: Sun Apr 10, 2022 7:19 Harga koil kok bs sgt2 lebar begitu rangenya yah, ane cek di toped start dr 35 ribu sampai 1,3 jutaan per koil... aneh bin ajaib ini koilnya hahahah.

Ya kl 35 ribu x 4 VS 1,3 juta x 4... ganti koil yg 35 ribu tiap 6 bulan atau 1 taon sekali selama 8 taon jg msh "untung".

ASAL itu koil yg 35 ribu tidak bikin kelistrikan & busi jd erorr atau ada efek samping lainnya dalam jangka panjang di kelistrikan mobil.


koil apaan 35rb? dalemnya isi gulungan gelasan?
kok tiba2 keinget dummy henpon ....

apakah ada dummy coil? :big_think: :big_biglaugh:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

Quote
Eh om seriusan beli koil harga 40 rebu?
unquote
Selomgsongnya koil nya bukan koil assy harganya Rp 40 ribu. Kalau beli
assy 1 set koil di beres hampir 1 juta . Jadi ganti aja selongsong koil nya yang berisi per dan sekring di mobil saya pakai 3 buah selongsong koil X Rp 40 ribu dan JCAP Ignition Coil Rp 350 ribu. Ngak mahal juga wkwkwk.
IMG_20220410_182521.jpg
MVIMG_20220409_174414.jpg
SAVE_20220410_184353.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26919
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

marmut wrote: Wed Mar 30, 2022 2:52
crcsystm wrote: Wed Mar 30, 2022 0:38 ..

Cm yg ganggu tuh bunyi "krrrrr" waktu idle, tapi bunyinya ilang kalo kopling diinjek.



clutch release bearing atau druklager atau dreklaher.
yg krrrr krrr itu idle gear nya plus ditambah bell housing yg 5 speed kegedeean (krn mreka sharing ama yg 6 speed) mbah :big_childish: :big_childish:

disain yg aneh dari renault :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: