Page 1 of 2

Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Sun Mar 24, 2019 6:10
by dh1904
Hi.....
Saya ingin bertanya.
Mobil saya honda accord 2006.
Pernah ada kejadian selang radiator lepas bagian bawah. Dan itu sudah saya alami 2 kali.
Dan pagi ini saat mesin dingin saya ingin cek air radiator. Saat saya buka tutup radiator, airnya langsung muncrat. Seperti ada tekanan. Padahal mesin mati dan dingin.
Boleh tau kenapa yach....

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Sun Mar 24, 2019 6:46
by Wistuwis
Kalo suhu mesin gmn om? Overheat gak kalau dipakai lama, macet2an di jalan?
Menurut newbie ini kemungkinan saluran radiator dengan reservoir tersumbat om, jadi tekanan di dalam radiator hasil uap panasnya tertahan di dalam, tidak tersalurkan. Itu menjelaskan juga kenapa sampai 2x selang lepas.
Coba cek tutup radiatornya masih berfungsi normal atau tidak. Atau spesifikasi tutup radiatornya sesuai dengan jenis radiatornya gak.

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Sun Mar 24, 2019 7:10
by Ngasepngaspal
Bisa jadi tersumbat om. Mungkin endapan karat, karena pemakaian sebelumnya hanya pakai air kerannsaja.

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Sun Mar 24, 2019 8:08
by dh1904
Suhu mobil normal saat jalan lama di level 1/2 dan tidak overheat.
Dan ac juga dingin banget.
Tadi saya sudah tiup selang je reservoir.
Kalo tutup radiator sih saya kurang tau normal atau tidak.
Besok saya beli baru deh.
Oh iya...kemarin saat selang lepas.....saya isi air radiator tapi turun terus dan gak penuh penuh. Saya check gak ada air radiator yg bocor.
Saya selalu pakai coolent gan.

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Mon Mar 25, 2019 8:10
by nowtaps
Sebelumnya mesin pernah overheat gak waktu selangnya lepas?

Dulu pernah kaya gini juga, ternyata head gasket mesinnya yang kena, kompresinya bocor sampe ke sistem radiatornya, jadi airnya muncrat pas distarter (kalau gak salah ya, udah lama juga)

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Wed Jul 03, 2019 11:48
by ilhami
kalau gasket bocor harusnya airnya keruh, atau berminyak ya, atau malah asap dan olinya putih

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Wed Jul 31, 2019 8:54
by SoGoLs
Punya ane thermostat tak lepas...
Kalo punya ane di gas muncrat....lepas gas tidak....
Tapi habis di gas ada buih....bukan gelembung....
Gak pernah overheat... suhunya gak ngerti berapa...soalnya vios di dashboard temperature cuman nongol ijo kalo dingin dan merah kalo over heat.... dan belum pernah nongol merah...
Kondisi busi normal..gak ada tanda2 bercak putih...oli normal gak ada campuran air, coolant juga normal!
Kira2 itu normal gak ya om?... atau sudah waktunya turun setengah?

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Wed Jul 31, 2019 14:39
by Pugman
dh1904 wrote: Sun Mar 24, 2019 8:08 Suhu mobil normal saat jalan lama di level 1/2 dan tidak overheat.
Dan ac juga dingin banget.
Tadi saya sudah tiup selang je reservoir.
Kalo tutup radiator sih saya kurang tau normal atau tidak.
Besok saya beli baru deh.
Oh iya...kemarin saat selang lepas.....saya isi air radiator tapi turun terus dan gak penuh penuh. Saya check gak ada air radiator yg bocor.
Saya selalu pakai coolent gan.
Gak penuh-penuh itu diisi air coolant berapa liter Om? Dulu saya pakai Peugeot 406, pernah 1x bocor dibagian pembuangan air di blok mesin. Itu mobil saya isi air biasa 1 galon aqua 19 liter aja masih kurang 1/3 galon lagi. Ya kira2 total 25liter.. Mobil 2000cc keatas kan bagian kisi2nya besar, wajar memang kalau diisi kaya ga penuh2..
Oya kalau suhu dingin masih muncrat berarti ada yang mampet. Kalau mobil saya malah pernah itu kisi radiator
Bagian atas dipegang ga terasa panas, bagian bawahnya panas. Dicheck ternyata memang dijalur air kisi yang atas mampet.

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Wed Jul 31, 2019 16:43
by SoGoLs
SoGoLs wrote: Wed Jul 31, 2019 8:54 Punya ane thermostat tak lepas...
Kalo punya ane di gas muncrat....lepas gas tidak....
Tapi habis di gas ada buih....bukan gelembung....
Gak pernah overheat... suhunya gak ngerti berapa...soalnya vios di dashboard temperature cuman nongol ijo kalo dingin dan merah kalo over heat.... dan belum pernah nongol merah...
Kondisi busi normal..gak ada tanda2 bercak putih...oli normal gak ada campuran air, coolant juga normal!
Kira2 itu normal gak ya om?... atau sudah waktunya turun setengah?
Ada yang bisa bantuin masalah ane gak?

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Thu Aug 01, 2019 6:29
by marmut
SoGoLs wrote: Wed Jul 31, 2019 16:43
SoGoLs wrote: Wed Jul 31, 2019 8:54 Punya ane thermostat tak lepas...
Kalo punya ane di gas muncrat....lepas gas tidak....
Tapi habis di gas ada buih....bukan gelembung....
Gak pernah overheat... suhunya gak ngerti berapa...soalnya vios di dashboard temperature cuman nongol ijo kalo dingin dan merah kalo over heat.... dan belum pernah nongol merah...
Kondisi busi normal..gak ada tanda2 bercak putih...oli normal gak ada campuran air, coolant juga normal!
Kira2 itu normal gak ya om?... atau sudah waktunya turun setengah?
Ada yang bisa bantuin masalah ane gak?

tujuan lepas thermostat apa?

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Sat Aug 03, 2019 14:41
by kompresorz
marmut wrote: Thu Aug 01, 2019 6:29
SoGoLs wrote: Wed Jul 31, 2019 16:43
SoGoLs wrote: Wed Jul 31, 2019 8:54 Punya ane thermostat tak lepas...
Kalo punya ane di gas muncrat....lepas gas tidak....
Tapi habis di gas ada buih....bukan gelembung....
Gak pernah overheat... suhunya gak ngerti berapa...soalnya vios di dashboard temperature cuman nongol ijo kalo dingin dan merah kalo over heat.... dan belum pernah nongol merah...
Kondisi busi normal..gak ada tanda2 bercak putih...oli normal gak ada campuran air, coolant juga normal!
Kira2 itu normal gak ya om?... atau sudah waktunya turun setengah?
Ada yang bisa bantuin masalah ane gak?

tujuan lepas thermostat apa?
:big_think: ?

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Tue Aug 06, 2019 12:37
by paidjho
kompresorz wrote:
marmut wrote: Thu Aug 01, 2019 6:29
SoGoLs wrote: Wed Jul 31, 2019 16:43 Ada yang bisa bantuin masalah ane gak?

tujuan lepas thermostat apa?
:big_think: ?
Biar berat berkurang, power to weight ratio berkurang 300gr, sehingga biar resing....

Mengurangi 1 menit dalam quarter miles...


#kaboorr....

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Tue Aug 06, 2019 13:08
by kompresorz
paidjho wrote: Tue Aug 06, 2019 12:37
kompresorz wrote:
marmut wrote: Thu Aug 01, 2019 6:29


tujuan lepas thermostat apa?
:big_think: ?
Biar berat berkurang, power to weight ratio berkurang 300gr, sehingga biar resing....

Mengurangi 1 menit dalam quarter miles...


#kaboorr....
:big_exellent: ...

berarti masalahnya terselesaikan.... :off_good_job:

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Sun Apr 19, 2020 14:24
by QkyAryaone
Hallo...
Saya mau tanya..
Mobil sya Honda City. Air radiator sering berkurang tapi tdk ada kebocoran. setiap habis dipakai jalan...kadang luber keluar ke reservoir tank dan panas mendidih.
Pada kondisi mesin masih dingin sya buka tutup radiator dan sya hidupkan mesin... Air selalu mengalir keluar terus... Saat fan hidup baru ga keluar tapi keluar gelembung2...
Kira2 apanya ya? Apakah dri thermostat yg macet dalam kondisi terbuka...

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Sun Apr 19, 2020 16:40
by DOHC
QkyAryaone wrote: Sun Apr 19, 2020 14:24 Hallo...
Saya mau tanya..
Mobil sya Honda City. Air radiator sering berkurang tapi tdk ada kebocoran. setiap habis dipakai jalan...kadang luber keluar ke reservoir tank dan panas mendidih.
Pada kondisi mesin masih dingin sya buka tutup radiator dan sya hidupkan mesin... Air selalu mengalir keluar terus... Saat fan hidup baru ga keluar tapi keluar gelembung2...
Kira2 apanya ya? Apakah dri thermostat yg macet dalam kondisi terbuka...
ini honda city apa yah ? yg type Z atau yg GD8 yg masi ada heater ?
abis servis radiator ? pake coolant perna di ganti / kuras ? coolant nya isi aer ledeng ?

d daerah sekitar belt2 mesin, ada jejak bekas air coolant yg mengering ?

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Mon Apr 20, 2020 3:59
by QkyAryaone
Honda city GD8... Service radiator belum... Karena belum pasti bermasalah di radiator'a apa dari sisi mesin.
Ga pake coolant.. Tapi aer biasa... Sekitar belt mesin kering ga ada bocoran.

Klo normal radiator di buka tutup'a trus hidupkan mesin air tumpah/luber ga seh ya?

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Mon Apr 20, 2020 5:29
by DOHC
QkyAryaone wrote: Mon Apr 20, 2020 3:59 Honda city GD8... Service radiator belum... Karena belum pasti bermasalah di radiator'a apa dari sisi mesin.
Ga pake coolant.. Tapi aer biasa... Sekitar belt mesin kering ga ada bocoran.

Klo normal radiator di buka tutup'a trus hidupkan mesin air tumpah/luber ga seh ya?
Ohh aer ledeng yah.. kmungkinan itu radiator kisi2nya ad mampet berkerak kl tuh, atau worst case yah termostat ud kena

Normalnya yah kl mesin idup trus tutup dibuka yah aer nya luber.. ntar turun pelan2 pas termostat kebuka

Cara simpel yah coba aj dl kuras radiatornya.. buka selang atas ama bawah, trus semprot dorong pake aer selang.. jgn lupa copotin jg termostat nya buat d cek, kl ud bekarat atau bekerak d ganti... abis itu pakein coolant, yg murmer jg gapapa..

Colek mbah marmut angkat barbel dl ahh, siapa tau ad wejangan laen

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Mon Apr 20, 2020 6:11
by Profith83
coolant menurut saya harus yah.
guna coolant:

1. anti karat semua jalur yang dilalui coolant. Termostat, jalu pendingin turbo, jalur di celah celah mesin dan radiator itu sendiri. Ngeri kalau bayangin sampai ada jalur karatan dan yang pasti betulinnya mahal. Lebih murah pakai coolant 2-3 thn ganti
2. mendinginkan mobil dengan cepat karena coolant ada bahan penyerap dan penyebar panasnya. Mobil terkena macet2x an pakai coolant gak takut overheat.
3. Tidak terbuang waktu kita pas luar kota tiba tiba mobil macet/overheat

Oh iya sharing hal lucu mengenai radiator Innova diesel LGX.
Pernah pas ke Bali tuh kalau mobil jalan dan pasang AC, suhu radiator normal saja tidak overheat. Tapi kalau macet dan pasang AC overheat sampai air coolant meluber dari reservoir. Anak masih umur 2 dan 3 thn. Mau gak mau harus pasang AC.
Jadinya selama perjalanan bawa air ledeng taruh di galon.
Di penyebrangan air coolant kuning keluar deras. pengukur suhu di dalam mobil naik hampir 3/4. matikan tunggu dingin, isi lagi air.

Singkat cerita pulang sampai Surabaya ke bengkel radiator, dichek gratis cuma diambil tas kresek kecil yang lengket antara AC dan radiator.
Setelah itu mobil dipakai sampai 3 thn gapapa, sampai akhirnya dijual.

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Mon Apr 20, 2020 6:19
by ak4ng
Profith83 wrote: Mon Apr 20, 2020 6:11 coolant menurut saya harus yah.
guna coolant:

1. anti karat semua jalur yang dilalui coolant. Termostat, jalu pendingin turbo, jalur di celah celah mesin dan radiator itu sendiri. Ngeri kalau bayangin sampai ada jalur karatan dan yang pasti betulinnya mahal. Lebih murah pakai coolant 2-3 thn ganti
2. mendinginkan mobil dengan cepat karena coolant ada bahan penyerap dan penyebar panasnya. Mobil terkena macet2x an pakai coolant gak takut overheat.
3. Tidak terbuang waktu kita pas luar kota tiba tiba mobil macet/overheat

Oh iya sharing hal lucu mengenai radiator Innova diesel LGX.
Pernah pas ke Bali tuh kalau mobil jalan dan pasang AC, suhu radiator normal saja tidak overheat. Tapi kalau macet dan pasang AC overheat sampai air coolant meluber dari reservoir. Anak masih umur 2 dan 3 thn. Mau gak mau harus pasang AC.
Jadinya selama perjalanan bawa air ledeng taruh di galon.
Di penyebrangan air coolant kuning keluar deras. pengukur suhu di dalam mobil naik hampir 3/4. matikan tunggu dingin, isi lagi air.

Singkat cerita pulang sampai Surabaya ke bengkel radiator, dichek gratis cuma diambil tas kresek kecil yang lengket antara AC dan radiator.
Setelah itu mobil dipakai sampai 3 thn gapapa, sampai akhirnya dijual.
Nganu om, innova lgx tu gmn om, innova diesel kan radiatornya sistem closed, lgx sistem open :big_peace:

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Mon Apr 20, 2020 6:33
by Profith83
ak4ng wrote: Mon Apr 20, 2020 6:19
Profith83 wrote: Mon Apr 20, 2020 6:11 coolant menurut saya harus yah.
guna coolant:

1. anti karat semua jalur yang dilalui coolant. Termostat, jalu pendingin turbo, jalur di celah celah mesin dan radiator itu sendiri. Ngeri kalau bayangin sampai ada jalur karatan dan yang pasti betulinnya mahal. Lebih murah pakai coolant 2-3 thn ganti
2. mendinginkan mobil dengan cepat karena coolant ada bahan penyerap dan penyebar panasnya. Mobil terkena macet2x an pakai coolant gak takut overheat.
3. Tidak terbuang waktu kita pas luar kota tiba tiba mobil macet/overheat

Oh iya sharing hal lucu mengenai radiator Innova diesel LGX.
Pernah pas ke Bali tuh kalau mobil jalan dan pasang AC, suhu radiator normal saja tidak overheat. Tapi kalau macet dan pasang AC overheat sampai air coolant meluber dari reservoir. Anak masih umur 2 dan 3 thn. Mau gak mau harus pasang AC.
Jadinya selama perjalanan bawa air ledeng taruh di galon.
Di penyebrangan air coolant kuning keluar deras. pengukur suhu di dalam mobil naik hampir 3/4. matikan tunggu dingin, isi lagi air.

Singkat cerita pulang sampai Surabaya ke bengkel radiator, dichek gratis cuma diambil tas kresek kecil yang lengket antara AC dan radiator.
Setelah itu mobil dipakai sampai 3 thn gapapa, sampai akhirnya dijual.
Nganu om, innova lgx tu gmn om, innova diesel kan radiatornya sistem closed, lgx sistem open :big_peace:
wakakaka ... nganu om. Salah saya ... maksudnya Kijang LGX :big_grin:

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Mon Apr 20, 2020 7:03
by DOHC
Kl d negeri 4 musim sehh wajib pake coolant, scara mreka perlu bgt anti freeze nya..

Tp kl d iklim tropis kta.. sifat anti rust ama anti boil nya yg justru kita perlu dr coolant..

Dan tuk coolant itu sendiri, sifat anti boil dan anti freeze nya lama utk menurun / jelek, tp yg lebi cepet menurun justru sifat anti rust nya, makanya diperlukan kuras berkala

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Mon Apr 20, 2020 14:31
by indeskey
Kalau mesih ahond hrv nya om DOHC ganti tiap berapa lama om? Kalau bukman kan 100k km atau 5/6 tahun yak. Tp kayaknya kelamaan ya kalau 5 thn. Lumayan mahal lagi itu coolant 100an seliter.

Kalau ganti cukup drain yg diradiator sama reservoir terus diisi lg aja ya om? Masih ada coolant yg kesisa dijalur sama mesin aman kah.
DOHC wrote:Kl d negeri 4 musim sehh wajib pake coolant, scara mreka perlu bgt anti freeze nya..

Tp kl d iklim tropis kta.. sifat anti rust ama anti boil nya yg justru kita perlu dr coolant..

Dan tuk coolant itu sendiri, sifat anti boil dan anti freeze nya lama utk menurun / jelek, tp yg lebi cepet menurun justru sifat anti rust nya, makanya diperlukan kuras berkala

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Mon Apr 20, 2020 15:36
by DOHC
indeskey wrote: Mon Apr 20, 2020 14:31 Kalau mesih ahond hrv nya om DOHC ganti tiap berapa lama om? Kalau bukman kan 100k km atau 5/6 tahun yak. Tp kayaknya kelamaan ya kalau 5 thn. Lumayan mahal lagi itu coolant 100an seliter.

Kalau ganti cukup drain yg diradiator sama reservoir terus diisi lg aja ya om? Masih ada coolant yg kesisa dijalur sama mesin aman kah.
DOHC wrote:Kl d negeri 4 musim sehh wajib pake coolant, scara mreka perlu bgt anti freeze nya..

Tp kl d iklim tropis kta.. sifat anti rust ama anti boil nya yg justru kita perlu dr coolant..

Dan tuk coolant itu sendiri, sifat anti boil dan anti freeze nya lama utk menurun / jelek, tp yg lebi cepet menurun justru sifat anti rust nya, makanya diperlukan kuras berkala
ane sehh ganti tiap perpanjang stnk, ngikutin cara mbah sjamsul

ganti nya jg cuman buka baut drain bawah, ama buang yg di tabung reservoir.. 4 liter cukup.. pake coolant seiken, toh bawaan ahond jg pake nya merek itu.. murah..

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Tue Apr 21, 2020 13:04
by indeskey
DOHC wrote:
indeskey wrote: Mon Apr 20, 2020 14:31 Kalau mesih ahond hrv nya om DOHC ganti tiap berapa lama om? Kalau bukman kan 100k km atau 5/6 tahun yak. Tp kayaknya kelamaan ya kalau 5 thn. Lumayan mahal lagi itu coolant 100an seliter.

Kalau ganti cukup drain yg diradiator sama reservoir terus diisi lg aja ya om? Masih ada coolant yg kesisa dijalur sama mesin aman kah.
DOHC wrote:Kl d negeri 4 musim sehh wajib pake coolant, scara mreka perlu bgt anti freeze nya..

Tp kl d iklim tropis kta.. sifat anti rust ama anti boil nya yg justru kita perlu dr coolant..

Dan tuk coolant itu sendiri, sifat anti boil dan anti freeze nya lama utk menurun / jelek, tp yg lebi cepet menurun justru sifat anti rust nya, makanya diperlukan kuras berkala
ane sehh ganti tiap perpanjang stnk, ngikutin cara mbah sjamsul

ganti nya jg cuman buka baut drain bawah, ama buang yg di tabung reservoir.. 4 liter cukup.. pake coolant seiken, toh bawaan ahond jg pake nya merek itu.. murah..
Siyap noted om, tak ikutin. Nuhun om.

Re: Air radiator muncrat saat mesin masih dingin

Posted: Wed Nov 04, 2020 3:24
by jessboy
Profith83 wrote: Mon Apr 20, 2020 6:11 coolant menurut saya harus yah.
guna coolant:

1. anti karat semua jalur yang dilalui coolant. Termostat, jalu pendingin turbo, jalur di celah celah mesin dan radiator itu sendiri. Ngeri kalau bayangin sampai ada jalur karatan dan yang pasti betulinnya mahal. Lebih murah pakai coolant 2-3 thn ganti
2. mendinginkan mobil dengan cepat karena coolant ada bahan penyerap dan penyebar panasnya. Mobil terkena macet2x an pakai coolant gak takut overheat.
3. Tidak terbuang waktu kita pas luar kota tiba tiba mobil macet/overheat

Oh iya sharing hal lucu mengenai radiator Innova diesel LGX.
Pernah pas ke Bali tuh kalau mobil jalan dan pasang AC, suhu radiator normal saja tidak overheat. Tapi kalau macet dan pasang AC overheat sampai air coolant meluber dari reservoir. Anak masih umur 2 dan 3 thn. Mau gak mau harus pasang AC.
Jadinya selama perjalanan bawa air ledeng taruh di galon.
Di penyebrangan air coolant kuning keluar deras. pengukur suhu di dalam mobil naik hampir 3/4. matikan tunggu dingin, isi lagi air.

Singkat cerita pulang sampai Surabaya ke bengkel radiator, dichek gratis cuma diambil tas kresek kecil yang lengket antara AC dan radiator.
Setelah itu mobil dipakai sampai 3 thn gapapa, sampai akhirnya dijual.
setuju banget kalau harus pake coolant seperti yang om sebutkan.
harga gak seberapa tapi fungsinya penting banget.
soalnya pernah ngalamin mobil overheat dengan mobil kijang kapsul pas naik ke puncak.