All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ctopher7 »

Indratom wrote:Misi mbah, minta sarannya nih, opsi apa aja yaa yg bisa buat ipah makin irit yg recommended tp aman buat mesin..
Sekaligus perkiraan biayanya... :big_love:
Siasat kencangin tali pinggang ditengah harga dex yg makin naik :big_weee:
1. pake oli lebih encer yang low hths

kalo biasa gantol di beres, pake tmo 15w40, mending ganti sndiri aja diluar. tmo beres juga ga murah pasti

yang saya tau yang paling murah ya di marketplace:
- https://tokopedia.link/9dObUcbLyrb unil opal pallas 2000 5w30 api ck-4 acea e7/e9, perliter kena 95

- https://tokopedia.link/UPCHugkLyrb q8 ft7000 10w30 api ck-4 acea e7/e9, perliter kena 103 (ini saya uda coba sndiri olinya, dan baru beli di sini buat restock, trusted)

kalo punya budget 1.5 sampe 2 jt buat ganti oli, silahkan up ke q8 ft8800 atau amsoil signature series 5w30. ini uda top of the line sih harusnya buat oli daily use mesin standar

2. pake bio solar ajah om wkwk slama masih boleh nih
pecinta bio solar
Indratom
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Nov 16, 2019 22:51
Location: Jakarta
Daily Vehicle: ANR 2019

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Indratom »

ctopher7 wrote: Sun Jul 10, 2022 22:09
Indratom wrote:Misi mbah, minta sarannya nih, opsi apa aja yaa yg bisa buat ipah makin irit yg recommended tp aman buat mesin..
Sekaligus perkiraan biayanya... :big_love:
Siasat kencangin tali pinggang ditengah harga dex yg makin naik :big_weee:
1. pake oli lebih encer yang low hths

kalo biasa gantol di beres, pake tmo 15w40, mending ganti sndiri aja diluar. tmo beres juga ga murah pasti

yang saya tau yang paling murah ya di marketplace:
- https://tokopedia.link/9dObUcbLyrb unil opal pallas 2000 5w30 api ck-4 acea e7/e9, perliter kena 95

- https://tokopedia.link/UPCHugkLyrb q8 ft7000 10w30 api ck-4 acea e7/e9, perliter kena 103 (ini saya uda coba sndiri olinya, dan baru beli di sini buat restock, trusted)

kalo punya budget 1.5 sampe 2 jt buat ganti oli, silahkan up ke q8 ft8800 atau amsoil signature series 5w30. ini uda top of the line sih harusnya buat oli daily use mesin standar

2. pake bio solar ajah om wkwk slama masih boleh nih
Siapp mbah, ane lagi puas2 pake solar nih, lagi liburan bareng keluarga jg keliling transjawbahn.
Jd kagak usah pake remap-remapan/piggyback segala yo mbah
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ctopher7 »

Indratom wrote:
ctopher7 wrote: Sun Jul 10, 2022 22:09
Indratom wrote:Misi mbah, minta sarannya nih, opsi apa aja yaa yg bisa buat ipah makin irit yg recommended tp aman buat mesin..
Sekaligus perkiraan biayanya... :big_love:
Siasat kencangin tali pinggang ditengah harga dex yg makin naik :big_weee:
1. pake oli lebih encer yang low hths

kalo biasa gantol di beres, pake tmo 15w40, mending ganti sndiri aja diluar. tmo beres juga ga murah pasti

yang saya tau yang paling murah ya di marketplace:
- https://tokopedia.link/9dObUcbLyrb unil opal pallas 2000 5w30 api ck-4 acea e7/e9, perliter kena 95

- https://tokopedia.link/UPCHugkLyrb q8 ft7000 10w30 api ck-4 acea e7/e9, perliter kena 103 (ini saya uda coba sndiri olinya, dan baru beli di sini buat restock, trusted)

kalo punya budget 1.5 sampe 2 jt buat ganti oli, silahkan up ke q8 ft8800 atau amsoil signature series 5w30. ini uda top of the line sih harusnya buat oli daily use mesin standar

2. pake bio solar ajah om wkwk slama masih boleh nih
Siapp mbah, ane lagi puas2 pake solar nih, lagi liburan bareng keluarga jg keliling transjawbahn.
Jd kagak usah pake remap-remapan/piggyback segala yo mbah
piggyback gausa om, buat balap itu mah wkwk

remap boleh, asal kang remapnya pinter ya. minta aja map yang bikin efisien tapi power ga turun, kalo power nambah ya plus aja.
pecinta bio solar
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

DOHC wrote:
dori2802 wrote: Sun Jun 05, 2022 12:55
Arssaputra99 wrote: Sat Jun 04, 2022 8:37 Mau tanya
Skr pake 225 45 r18 kondisi mobil standart ga rubah per dll, rasanya keras ga nyaman
Nah disini ada ga yg pakai ban 225 60 r18
Kira” natap g?
saya pake 235/50/18 ban depan Turanza, ban belakang ventus
per Jamex depan belakang. SA tokico Belakang (baru ganti 2mingguan). depan masih bawaan
Per Jamex lebih empuk dari bawaan. sering ambles kalau ketemu poldur dan ada muatan walaupun ga berat
akhirnya ganti SA dg Tokico. lebih nahan ga ambles. lebih stabil
dan feel pantat kapalan saya lebih nyaman. di konfirmasi jg sama bini. tinggal ganti SA depan. rencana pk tokico lg atau monroe oes yg masuk di kantong.. di saranin ganti bilstien silver/profender, tapi lihat harganya... mundur teratur.

WhatsApp Image 2022-06-05 at 19.57.46.jpeg
Saya skrg kombinasi blakang SA tokico depan monroe OES, enak seh, ga ngayun tp masi ckup empuk, cuman ribon saya bensin

Kl disel, mungkin jgn monroe depan nya soalnya bantingan nya takut jd kelewat empuk / ambles
Saya depan pake monroe, kok mirip ori ya, lebih firm dikit malah. Ngurangin body roll dikit2 drpd ori
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

Arssaputra99 wrote: Sat Jun 04, 2022 8:37 Mau tanya
Skr pake 225 45 r18 kondisi mobil standart ga rubah per dll, rasanya keras ga nyaman
Nah disini ada ga yg pakai ban 225 60 r18
Kira” natap g?
saya pakai 235/50/18 aman2 saja, 60 kayaknya ketebelan deh. kinerja rem jd lebih berat kalau OD nya terlalu beda jauh. buat saya sih pakai velg ini (dengan per eibach + shock tokico) nyaman oke, stabil juga oke. pas deh di tengah2. kalau 225/45/18 itu terlalu kecil OD nya.

kondisi shock udah bbrapa lama? masih oke apa ngga? kadang klo udah lama jadi keras bgt itu shock nya, atau terlalu lembut jadi goyang2 bikin mabok/ga nyaman. saya sih udah cobain bbrp merk, tokico yg paling masuk selera saya.

Dulu pernah coba gini:
per std + shock ori + velg ori = kayak kapal laut
per std + shock kayaba + velg ori = ok limbung jauh berkurang, rada keras tp masih tolerable
per eibach + shock kayaba + velg/ban 235/50/18 = KERAS BUANGETTTT, ga kuatttttt
per eibach + shock ori + velg/ban 235/50/18 = terlalu mentul2, mentok stopper terus.. terallu empuk jadi kena stopper terus jadi nggak enak
per eibach + shock tokico + 235/50/18 = buat saya ini enak.. ga terlalu keras, ga terlalu empuk.. passss rasanya. di dompet juga murah lg harga shock nya hahahah
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

Clonz wrote: Tue Jul 12, 2022 15:33
DOHC wrote:
dori2802 wrote: Sun Jun 05, 2022 12:55

saya pake 235/50/18 ban depan Turanza, ban belakang ventus
per Jamex depan belakang. SA tokico Belakang (baru ganti 2mingguan). depan masih bawaan
Per Jamex lebih empuk dari bawaan. sering ambles kalau ketemu poldur dan ada muatan walaupun ga berat
akhirnya ganti SA dg Tokico. lebih nahan ga ambles. lebih stabil
dan feel pantat kapalan saya lebih nyaman. di konfirmasi jg sama bini. tinggal ganti SA depan. rencana pk tokico lg atau monroe oes yg masuk di kantong.. di saranin ganti bilstien silver/profender, tapi lihat harganya... mundur teratur.

WhatsApp Image 2022-06-05 at 19.57.46.jpeg
Saya skrg kombinasi blakang SA tokico depan monroe OES, enak seh, ga ngayun tp masi ckup empuk, cuman ribon saya bensin

Kl disel, mungkin jgn monroe depan nya soalnya bantingan nya takut jd kelewat empuk / ambles
Saya depan pake monroe, kok mirip ori ya, lebih firm dikit malah. Ngurangin body roll dikit2 drpd ori
berarti karakter si monroe emg bsa akomodir moncong inofa yg ngayun kl

ini ud 3 bulanan sejak trakir ganti, makin berasa seh bantingan nya, settingan depan monroe blakang tokico malah pas buat inofa saya, lewat jalan poldur dan hantem sambungan2 jembatan pas transjawabahn kmaren2 jg lebi enak, liwatin japek jg skrg lebi less mentul2 dbanding waktu pake shock bawaan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

DOHC wrote:
Clonz wrote: Tue Jul 12, 2022 15:33
DOHC wrote: Saya skrg kombinasi blakang SA tokico depan monroe OES, enak seh, ga ngayun tp masi ckup empuk, cuman ribon saya bensin

Kl disel, mungkin jgn monroe depan nya soalnya bantingan nya takut jd kelewat empuk / ambles
Saya depan pake monroe, kok mirip ori ya, lebih firm dikit malah. Ngurangin body roll dikit2 drpd ori
berarti karakter si monroe emg bsa akomodir moncong inofa yg ngayun kl

ini ud 3 bulanan sejak trakir ganti, makin berasa seh bantingan nya, settingan depan monroe blakang tokico malah pas buat inofa saya, lewat jalan poldur dan hantem sambungan2 jembatan pas transjawabahn kmaren2 jg lebi enak, liwatin japek jg skrg lebi less mentul2 dbanding waktu pake shock bawaan
Lumayan sih om. Ngurangin nose dive jg.
Om nya sudah pake 3 bulan, karakter monroe nya berubah ga?

Setup lengkapnya om nya gimana?

Setup saya skrg:
Per eibach
Shock monroe eospectrum depan belakang
Ban 225 60 r17 accelera iota st68 (ban murah, ala2 asimetris)
Velg r17 cina kw
Innova reborn diesel tipe G AT.

Cukup pas buat saya. Nose dive minim, bantingan cukup smooth, kadang aja mantul2 belakangnya karena karakter per eibach yg lebih keras. Manuver kanan kiri cukup pede. Masih ada body roll, tp minim.


Kmrn sempet coba mobil temen, innova reborn type V 2021.
Pake ban 225 55 r18 iota st68 jg.
Velg hsr r18
Per standart
Shock profender. Depan belakang. Ternyata ga keras2 amat bantingannya (padahal di reborn G saya, ini shock kerasnya minta ampon). Tapi nose dive dan body roll lebih kerasa drpd d mobil saya yg udah pake eibach.
Oya, mobil temen jg udah dikasih peredam (pemberat) audio abis sekitaran 10-12jt++.

Kayaknya memang tipe G dan V ga bisa sama resep kaki2nya om...
Saya udah giveup pake ring 18 di tipe G. Kalau mau ngejar kenyamanan tipe V pake ring 18, kudu rogoh kocek lebih dalam lagi hihi.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

Clonz wrote: Thu Jul 14, 2022 15:14
DOHC wrote:
Clonz wrote: Tue Jul 12, 2022 15:33 Saya depan pake monroe, kok mirip ori ya, lebih firm dikit malah. Ngurangin body roll dikit2 drpd ori
berarti karakter si monroe emg bsa akomodir moncong inofa yg ngayun kl

ini ud 3 bulanan sejak trakir ganti, makin berasa seh bantingan nya, settingan depan monroe blakang tokico malah pas buat inofa saya, lewat jalan poldur dan hantem sambungan2 jembatan pas transjawabahn kmaren2 jg lebi enak, liwatin japek jg skrg lebi less mentul2 dbanding waktu pake shock bawaan
Lumayan sih om. Ngurangin nose dive jg.
Om nya sudah pake 3 bulan, karakter monroe nya berubah ga?

Setup lengkapnya om nya gimana?

Setup saya skrg:
Per eibach
Shock monroe eospectrum depan belakang
Ban 225 60 r17 accelera iota st68 (ban murah, ala2 asimetris)
Velg r17 cina kw
Innova reborn diesel tipe G AT.

Cukup pas buat saya. Nose dive minim, bantingan cukup smooth, kadang aja mantul2 belakangnya karena karakter per eibach yg lebih keras. Manuver kanan kiri cukup pede. Masih ada body roll, tp minim.


Kmrn sempet coba mobil temen, innova reborn type V 2021.
Pake ban 225 55 r18 iota st68 jg.
Velg hsr r18
Per standart
Shock profender. Depan belakang. Ternyata ga keras2 amat bantingannya (padahal di reborn G saya, ini shock kerasnya minta ampon). Tapi nose dive dan body roll lebih kerasa drpd d mobil saya yg udah pake eibach.
Oya, mobil temen jg udah dikasih peredam (pemberat) audio abis sekitaran 10-12jt++.

Kayaknya memang tipe G dan V ga bisa sama resep kaki2nya om...
Saya udah giveup pake ring 18 di tipe G. Kalau mau ngejar kenyamanan tipe V pake ring 18, kudu rogoh kocek lebih dalam lagi hihi.
kl d saya setup nya

- depan monroe oes, blakang tokico hitachi
- ban cari yg 2 ply, murmer aj, gt champiro touring a/s
- per smua standard
- pelek standard reborn type G
mobilnya reborn bensin metik

si monroe ama tokico sehh stelah 3 bulan berasa bantingan lebi keras tp bukannya mentul2 gebrak2 seh om, lebi enak deh ktimbang baru ganti, apalagi kl dbandingin ama shock bawaan.. setup yg skrg ud minim nose dive banget , bantingan jg ud enak banget (ini stelah bushing2 arem depan di preload ulang, waktu kuar bengkel soalnya malah brisik jadi nya pas abis ganti shock) kaya mobil baru

cuman kl body roll jgn di tanya, tetep ada tp ud jauh berkurang, kombinasi shock keras (tokico) ama ban 2 ply keras ckup ampuh kurangin limbung reborn

btw

dengan setup yg sama di mobil sodara saya yg reborn diesel type G jg, hasil nya nose dive tetep ada , mungkin faktor bobot kl yah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

DOHC wrote:
Clonz wrote: Thu Jul 14, 2022 15:14
DOHC wrote: berarti karakter si monroe emg bsa akomodir moncong inofa yg ngayun kl

ini ud 3 bulanan sejak trakir ganti, makin berasa seh bantingan nya, settingan depan monroe blakang tokico malah pas buat inofa saya, lewat jalan poldur dan hantem sambungan2 jembatan pas transjawabahn kmaren2 jg lebi enak, liwatin japek jg skrg lebi less mentul2 dbanding waktu pake shock bawaan
Lumayan sih om. Ngurangin nose dive jg.
Om nya sudah pake 3 bulan, karakter monroe nya berubah ga?

Setup lengkapnya om nya gimana?

Setup saya skrg:
Per eibach
Shock monroe eospectrum depan belakang
Ban 225 60 r17 accelera iota st68 (ban murah, ala2 asimetris)
Velg r17 cina kw
Innova reborn diesel tipe G AT.

Cukup pas buat saya. Nose dive minim, bantingan cukup smooth, kadang aja mantul2 belakangnya karena karakter per eibach yg lebih keras. Manuver kanan kiri cukup pede. Masih ada body roll, tp minim.


Kmrn sempet coba mobil temen, innova reborn type V 2021.
Pake ban 225 55 r18 iota st68 jg.
Velg hsr r18
Per standart
Shock profender. Depan belakang. Ternyata ga keras2 amat bantingannya (padahal di reborn G saya, ini shock kerasnya minta ampon). Tapi nose dive dan body roll lebih kerasa drpd d mobil saya yg udah pake eibach.
Oya, mobil temen jg udah dikasih peredam (pemberat) audio abis sekitaran 10-12jt++.

Kayaknya memang tipe G dan V ga bisa sama resep kaki2nya om...
Saya udah giveup pake ring 18 di tipe G. Kalau mau ngejar kenyamanan tipe V pake ring 18, kudu rogoh kocek lebih dalam lagi hihi.
kl d saya setup nya

- depan monroe oes, blakang tokico hitachi
- ban cari yg 2 ply, murmer aj, gt champiro touring a/s
- per smua standard
- pelek standard reborn type G
mobilnya reborn bensin metik

si monroe ama tokico sehh stelah 3 bulan berasa bantingan lebi keras tp bukannya mentul2 gebrak2 seh om, lebi enak deh ktimbang baru ganti, apalagi kl dbandingin ama shock bawaan.. setup yg skrg ud minim nose dive banget , bantingan jg ud enak banget (ini stelah bushing2 arem depan di preload ulang, waktu kuar bengkel soalnya malah brisik jadi nya pas abis ganti shock) kaya mobil baru

cuman kl body roll jgn di tanya, tetep ada tp ud jauh berkurang, kombinasi shock keras (tokico) ama ban 2 ply keras ckup ampuh kurangin limbung reborn

btw

dengan setup yg sama di mobil sodara saya yg reborn diesel type G jg, hasil nya nose dive tetep ada , mungkin faktor bobot kl yah
Nah bener om.
Beda tipe mobil bisa beda resep kakinya memang ya.
Apalagi kalau udah beda mesin.
Mesin diesel lebih berat drpd bensin bener2 ngefek banget ya ke nose dive dll. Makasih sharingnya.

Coba itu innova dieselnya dikasih balance arm buat atau ganti per eibach om, bisa ngurangin nose dive banyak.

Btw

Pengalaman saya, ganti shock, kok ga terlalu ngefek banyak ya buat ngurangin limbung.
Kecuali shock nya bener2 firm banget, yg mana bantingannya jg otomatis keras [emoji28]

Kalau dr pengalaman saya, yg banyak banget efek ke merubah karakter kaki2 reborn itu si per eibach venturer. Lgsg nose dive turun jauh, body roll kurang jauh dan ga mantul2 amat. Cuman ya gitu, jadi keras jg bantingannya haha (mengingat mobil saya tipe G, per nya untuk venturer)

Oya, shock tokico hitachi itu beli di mana om? Dan kena berapa?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

Clonz wrote: Fri Jul 15, 2022 1:03
DOHC wrote:
Clonz wrote: Thu Jul 14, 2022 15:14 Lumayan sih om. Ngurangin nose dive jg.
Om nya sudah pake 3 bulan, karakter monroe nya berubah ga?

Setup lengkapnya om nya gimana?

Setup saya skrg:
Per eibach
Shock monroe eospectrum depan belakang
Ban 225 60 r17 accelera iota st68 (ban murah, ala2 asimetris)
Velg r17 cina kw
Innova reborn diesel tipe G AT.

Cukup pas buat saya. Nose dive minim, bantingan cukup smooth, kadang aja mantul2 belakangnya karena karakter per eibach yg lebih keras. Manuver kanan kiri cukup pede. Masih ada body roll, tp minim.


Kmrn sempet coba mobil temen, innova reborn type V 2021.
Pake ban 225 55 r18 iota st68 jg.
Velg hsr r18
Per standart
Shock profender. Depan belakang. Ternyata ga keras2 amat bantingannya (padahal di reborn G saya, ini shock kerasnya minta ampon). Tapi nose dive dan body roll lebih kerasa drpd d mobil saya yg udah pake eibach.
Oya, mobil temen jg udah dikasih peredam (pemberat) audio abis sekitaran 10-12jt++.

Kayaknya memang tipe G dan V ga bisa sama resep kaki2nya om...
Saya udah giveup pake ring 18 di tipe G. Kalau mau ngejar kenyamanan tipe V pake ring 18, kudu rogoh kocek lebih dalam lagi hihi.
kl d saya setup nya

- depan monroe oes, blakang tokico hitachi
- ban cari yg 2 ply, murmer aj, gt champiro touring a/s
- per smua standard
- pelek standard reborn type G
mobilnya reborn bensin metik

si monroe ama tokico sehh stelah 3 bulan berasa bantingan lebi keras tp bukannya mentul2 gebrak2 seh om, lebi enak deh ktimbang baru ganti, apalagi kl dbandingin ama shock bawaan.. setup yg skrg ud minim nose dive banget , bantingan jg ud enak banget (ini stelah bushing2 arem depan di preload ulang, waktu kuar bengkel soalnya malah brisik jadi nya pas abis ganti shock) kaya mobil baru

cuman kl body roll jgn di tanya, tetep ada tp ud jauh berkurang, kombinasi shock keras (tokico) ama ban 2 ply keras ckup ampuh kurangin limbung reborn

btw

dengan setup yg sama di mobil sodara saya yg reborn diesel type G jg, hasil nya nose dive tetep ada , mungkin faktor bobot kl yah
Nah bener om.
Beda tipe mobil bisa beda resep kakinya memang ya.
Apalagi kalau udah beda mesin.
Mesin diesel lebih berat drpd bensin bener2 ngefek banget ya ke nose dive dll. Makasih sharingnya.

Coba itu innova dieselnya dikasih balance arm buat atau ganti per eibach om, bisa ngurangin nose dive banyak.

Btw

Pengalaman saya, ganti shock, kok ga terlalu ngefek banyak ya buat ngurangin limbung.
Kecuali shock nya bener2 firm banget, yg mana bantingannya jg otomatis keras [emoji28]

Kalau dr pengalaman saya, yg banyak banget efek ke merubah karakter kaki2 reborn itu si per eibach venturer. Lgsg nose dive turun jauh, body roll kurang jauh dan ga mantul2 amat. Cuman ya gitu, jadi keras jg bantingannya haha (mengingat mobil saya tipe G, per nya untuk venturer)

Oya, shock tokico hitachi itu beli di mana om? Dan kena berapa?
Nah mungkin saya curiga seh setup per reborn itu sebenernya cocok utk inofa bensin, toh inofa bensin itu sebenernya ud berat banget, 1.7an ton, nyaris sama kaya fortuner vnt jadul, bayangin di reborn diesel lebi berat lg, kayanya per bawaan reborn ud ga megang utk yg disel, makanya nosedive parah

Shock beli ama si darwin, garuda shock di atrium sana om, dapet lebi murah drpd si istana
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

DOHC wrote:
Clonz wrote: Fri Jul 15, 2022 1:03
DOHC wrote: kl d saya setup nya

- depan monroe oes, blakang tokico hitachi
- ban cari yg 2 ply, murmer aj, gt champiro touring a/s
- per smua standard
- pelek standard reborn type G
mobilnya reborn bensin metik

si monroe ama tokico sehh stelah 3 bulan berasa bantingan lebi keras tp bukannya mentul2 gebrak2 seh om, lebi enak deh ktimbang baru ganti, apalagi kl dbandingin ama shock bawaan.. setup yg skrg ud minim nose dive banget , bantingan jg ud enak banget (ini stelah bushing2 arem depan di preload ulang, waktu kuar bengkel soalnya malah brisik jadi nya pas abis ganti shock) kaya mobil baru

cuman kl body roll jgn di tanya, tetep ada tp ud jauh berkurang, kombinasi shock keras (tokico) ama ban 2 ply keras ckup ampuh kurangin limbung reborn

btw

dengan setup yg sama di mobil sodara saya yg reborn diesel type G jg, hasil nya nose dive tetep ada , mungkin faktor bobot kl yah
Nah bener om.
Beda tipe mobil bisa beda resep kakinya memang ya.
Apalagi kalau udah beda mesin.
Mesin diesel lebih berat drpd bensin bener2 ngefek banget ya ke nose dive dll. Makasih sharingnya.

Coba itu innova dieselnya dikasih balance arm buat atau ganti per eibach om, bisa ngurangin nose dive banyak.

Btw

Pengalaman saya, ganti shock, kok ga terlalu ngefek banyak ya buat ngurangin limbung.
Kecuali shock nya bener2 firm banget, yg mana bantingannya jg otomatis keras [emoji28]

Kalau dr pengalaman saya, yg banyak banget efek ke merubah karakter kaki2 reborn itu si per eibach venturer. Lgsg nose dive turun jauh, body roll kurang jauh dan ga mantul2 amat. Cuman ya gitu, jadi keras jg bantingannya haha (mengingat mobil saya tipe G, per nya untuk venturer)

Oya, shock tokico hitachi itu beli di mana om? Dan kena berapa?
Nah mungkin saya curiga seh setup per reborn itu sebenernya cocok utk inofa bensin, toh inofa bensin itu sebenernya ud berat banget, 1.7an ton, nyaris sama kaya fortuner vnt jadul, bayangin di reborn diesel lebi berat lg, kayanya per bawaan reborn ud ga megang utk yg disel, makanya nosedive parah

Shock beli ama si darwin, garuda shock di atrium sana om, dapet lebi murah drpd si istana
Iya kayaknya om. Per nya innova reborn ini bener2 sumber bencana haha. Apalagi dikasih ban kelewat tebel dan kurang lebar. Ga gripping, ambles dr ban, dan mantul2 dari per.

Cocok sukses jadi odong2 ini mah innova reborn [emoji1787]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

Clonz wrote: Fri Jul 15, 2022 12:10 Iya kayaknya om. Per nya innova reborn ini bener2 sumber bencana haha. Apalagi dikasih ban kelewat tebel dan kurang lebar. Ga gripping, ambles dr ban, dan mantul2 dari per.

Cocok sukses jadi odong2 ini mah innova reborn [emoji1787]
padahal kl dari body, inofa rebon itu ud jauh lebi stiff dbanding inofa lama, sayang setup kaki2 bawaan nya ad yg salah

mnurut saya sehh mreka harus bedain antara setup per dan shock utk diesel dan bensin.. ama ban digedein sikit lg pake ring 17, atau ring 16 tapi lebar 215.. mantep deh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

DOHC wrote: Fri Jul 15, 2022 12:16
Clonz wrote: Fri Jul 15, 2022 12:10 Iya kayaknya om. Per nya innova reborn ini bener2 sumber bencana haha. Apalagi dikasih ban kelewat tebel dan kurang lebar. Ga gripping, ambles dr ban, dan mantul2 dari per.

Cocok sukses jadi odong2 ini mah innova reborn [emoji1787]
padahal kl dari body, inofa rebon itu ud jauh lebi stiff dbanding inofa lama, sayang setup kaki2 bawaan nya ad yg salah

mnurut saya sehh mreka harus bedain antara setup per dan shock utk diesel dan bensin.. ama ban digedein sikit lg pake ring 17, atau ring 16 tapi lebar 215.. mantep deh
nah iya setuju om. biar yang diesel ga anjrut2an haha.
iya ban digedein dikit. ring 17 pas lah. tapi ukuran 215 55 r17 kok kayaknya kelewat tipis ya ?

ring 16 kalau dikasih ban 215, jadi ngedonat om, punya temen ada yang pake ukuran gitu, jadi makan luar dan botak alus luarnya. soalnya velg bawaan kan cuman 6 inchi.

dan menurut pengalaman, ban innova lebarnya mending ga lebih dari 225 deh. 215 paling pas untuk handling.
kalau untuk kecantikan emang 225 atau 235 minim baru keliatan keren. tapi nyetirnya capek, keseret kanan kiri melulu kalau di jalan.
fenrir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by fenrir »

Clonz wrote: Fri Jul 15, 2022 14:45
nah iya setuju om. biar yang diesel ga anjrut2an haha.
iya ban digedein dikit. ring 17 pas lah. tapi ukuran 215 55 r17 kok kayaknya kelewat tipis ya ?

ring 16 kalau dikasih ban 215, jadi ngedonat om, punya temen ada yang pake ukuran gitu, jadi makan luar dan botak alus luarnya. soalnya velg bawaan kan cuman 6 inchi.

dan menurut pengalaman, ban innova lebarnya mending ga lebih dari 225 deh. 215 paling pas untuk handling.
kalau untuk kecantikan emang 225 atau 235 minim baru keliatan keren. tapi nyetirnya capek, keseret kanan kiri melulu kalau di jalan.
bole liat fitment pake 225/60 R17nya om? sama velgnya ET berapa?
Harrishk
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Fri Jul 15, 2022 19:56
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova Reborn Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Harrishk »

Permisi , Numpang tanya.

Innova reborn Diesel Matic saya Tahun 2017 Awal,

Setelah pemakaian di atas 50rb km , skrg sering muncul getaran pada mobil saat Perpindahan gigi, kira2 di kecepatan 40-80km, Getarannya bisa sampe kerasa 1 mbl. Tetapi hanya 1-2 detik hilang. Jadi ketika mbl di bawa santai malah jadi tidak nyaman karena berasa getar .

Saya sudah konsultasi dgn bbrp bengkel, tindakan yang di ambil sudah kuras oli matic, tetapi getaran itu masih muncul.

Apakah ada yg punya pengalaman sama seperti saya? Mohon pencerahannya suhu2 disini.🙏
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

fenrir wrote:
Clonz wrote: Fri Jul 15, 2022 14:45
nah iya setuju om. biar yang diesel ga anjrut2an haha.
iya ban digedein dikit. ring 17 pas lah. tapi ukuran 215 55 r17 kok kayaknya kelewat tipis ya ?

ring 16 kalau dikasih ban 215, jadi ngedonat om, punya temen ada yang pake ukuran gitu, jadi makan luar dan botak alus luarnya. soalnya velg bawaan kan cuman 6 inchi.

dan menurut pengalaman, ban innova lebarnya mending ga lebih dari 225 deh. 215 paling pas untuk handling.
kalau untuk kecantikan emang 225 atau 235 minim baru keliatan keren. tapi nyetirnya capek, keseret kanan kiri melulu kalau di jalan.
bole liat fitment pake 225/60 R17nya om? sama velgnya ET berapa?
Sori om. Baru sadar saya salah ketik. Ban yg saya pake itu 215 60 r17.
Bukan 225 60 r17.
[emoji120][emoji120][emoji120]

Ini om.
Kurang rata bodi.
Velg pake lebar 7.5inch. Ring 17. Et 38.
Di gambar ini udah saya kasih spacer depan 4mm, belakang 6mm.
Kayaknya masih kurang. Direkomenkan toko yg jual spacer pake spacer yg minim 1cm depan belakang. Cuman harus ganti baut.
Lagi males ganti2 baut jadi saya pake spacer 4 n 6mm aja.
20220707_154934.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

Harrishk wrote: Fri Jul 15, 2022 20:31 Permisi , Numpang tanya.

Innova reborn Diesel Matic saya Tahun 2017 Awal,

Setelah pemakaian di atas 50rb km , skrg sering muncul getaran pada mobil saat Perpindahan gigi, kira2 di kecepatan 40-80km, Getarannya bisa sampe kerasa 1 mbl. Tetapi hanya 1-2 detik hilang. Jadi ketika mbl di bawa santai malah jadi tidak nyaman karena berasa getar .

Saya sudah konsultasi dgn bbrp bengkel, tindakan yang di ambil sudah kuras oli matic, tetapi getaran itu masih muncul.

Apakah ada yg punya pengalaman sama seperti saya? Mohon pencerahannya suhu2 disini.🙏
Sudah coba cek level atf ?

Metik inofa rebon itu super sensitif, kelebihan kekurangan bsa ngaruh ke shifting dan geter2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ctopher7 »

Clonz wrote:
fenrir wrote:
Clonz wrote: Fri Jul 15, 2022 14:45
nah iya setuju om. biar yang diesel ga anjrut2an haha.
iya ban digedein dikit. ring 17 pas lah. tapi ukuran 215 55 r17 kok kayaknya kelewat tipis ya ?

ring 16 kalau dikasih ban 215, jadi ngedonat om, punya temen ada yang pake ukuran gitu, jadi makan luar dan botak alus luarnya. soalnya velg bawaan kan cuman 6 inchi.

dan menurut pengalaman, ban innova lebarnya mending ga lebih dari 225 deh. 215 paling pas untuk handling.
kalau untuk kecantikan emang 225 atau 235 minim baru keliatan keren. tapi nyetirnya capek, keseret kanan kiri melulu kalau di jalan.
bole liat fitment pake 225/60 R17nya om? sama velgnya ET berapa?
Sori om. Baru sadar saya salah ketik. Ban yg saya pake itu 215 60 r17.
Bukan 225 60 r17.
[emoji120][emoji120][emoji120]

Ini om.
Kurang rata bodi.
Velg pake lebar 7.5inch. Ring 17. Et 38.
Di gambar ini udah saya kasih spacer depan 4mm, belakang 6mm.
Kayaknya masih kurang. Direkomenkan toko yg jual spacer pake spacer yg minim 1cm depan belakang. Cuman harus ganti baut.
Lagi males ganti2 baut jadi saya pake spacer 4 n 6mm aja.
20220707_154934.jpg
wah kyk innova koko surabaya nih stylenya, mantep om

kykny emng innova buat bikin rata body rada susah deh. harus cari yang lebar 8.5 et rada kecil, itu pun biasa tetep pake spacer

biasanya akirnya kalo pake r18 lebar 8.5 profil ban kan ditipisin, udah keras jadinya buat bawa dalkot yang jalanannya ga rata wkwk
pecinta bio solar
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

Clonz wrote: Sat Jul 16, 2022 1:15
fenrir wrote:
Clonz wrote: Fri Jul 15, 2022 14:45
nah iya setuju om. biar yang diesel ga anjrut2an haha.
iya ban digedein dikit. ring 17 pas lah. tapi ukuran 215 55 r17 kok kayaknya kelewat tipis ya ?

ring 16 kalau dikasih ban 215, jadi ngedonat om, punya temen ada yang pake ukuran gitu, jadi makan luar dan botak alus luarnya. soalnya velg bawaan kan cuman 6 inchi.

dan menurut pengalaman, ban innova lebarnya mending ga lebih dari 225 deh. 215 paling pas untuk handling.
kalau untuk kecantikan emang 225 atau 235 minim baru keliatan keren. tapi nyetirnya capek, keseret kanan kiri melulu kalau di jalan.
bole liat fitment pake 225/60 R17nya om? sama velgnya ET berapa?
Sori om. Baru sadar saya salah ketik. Ban yg saya pake itu 215 60 r17.
Bukan 225 60 r17.
[emoji120][emoji120][emoji120]

Ini om.
Kurang rata bodi.
Velg pake lebar 7.5inch. Ring 17. Et 38.
Di gambar ini udah saya kasih spacer depan 4mm, belakang 6mm.
Kayaknya masih kurang. Direkomenkan toko yg jual spacer pake spacer yg minim 1cm depan belakang. Cuman harus ganti baut.
Lagi males ganti2 baut jadi saya pake spacer 4 n 6mm aja.
20220707_154934.jpg
Wahh inofa nya TRD version om ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Harrishk
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Fri Jul 15, 2022 19:56
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova Reborn Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Harrishk »

Unread post Today, 08:19

Harrishk wrote: ↑
Permisi , Numpang tanya.

Innova reborn Diesel Matic saya Tahun 2017 Awal,

Setelah pemakaian di atas 50rb km , skrg sering muncul getaran pada mobil saat Perpindahan gigi, kira2 di kecepatan 40-80km, Getarannya bisa sampe kerasa 1 mbl. Tetapi hanya 1-2 detik hilang. Jadi ketika mbl di bawa santai malah jadi tidak nyaman karena berasa getar .

Saya sudah konsultasi dgn bbrp bengkel, tindakan yang di ambil sudah kuras oli matic, tetapi getaran itu masih muncul.

Apakah ada yg punya pengalaman sama seperti saya? Mohon pencerahannya suhu2 disini.🙏
Sudah coba cek level atf ?

Metik inofa rebon itu super sensitif, kelebihan kekurangan bsa ngaruh ke shifting dan geter2

Cek oli matic innova reborn kan tidak ada deep stick , jadi saya sudah cek ke bengkel terdekat, mereka cek dari kolong mobil. Katanya sih sudah cukup. Dan bbrp hari lalu saya baru kuras oli matic 8 L , Tetapi getaran itu masih keluar.. Semoga ada pencerahan dari suhu2 lain. 🙏
Harrishk
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Fri Jul 15, 2022 19:56
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova Reborn Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Harrishk »

DOHC wrote: Sat Jul 16, 2022 1:19
Harrishk wrote: Fri Jul 15, 2022 20:31 Permisi , Numpang tanya.

Innova reborn Diesel Matic saya Tahun 2017 Awal,

Setelah pemakaian di atas 50rb km , skrg sering muncul getaran pada mobil saat Perpindahan gigi, kira2 di kecepatan 40-80km, Getarannya bisa sampe kerasa 1 mbl. Tetapi hanya 1-2 detik hilang. Jadi ketika mbl di bawa santai malah jadi tidak nyaman karena berasa getar .

Saya sudah konsultasi dgn bbrp bengkel, tindakan yang di ambil sudah kuras oli matic, tetapi getaran itu masih muncul.

Apakah ada yg punya pengalaman sama seperti saya? Mohon pencerahannya suhu2 disini.🙏
Sudah coba cek level atf ?

Metik inofa rebon itu super sensitif, kelebihan kekurangan bsa ngaruh ke shifting dan geter2

Cek oli matic innova reborn kan tidak ada deep stick , jadi saya sudah cek ke bengkel terdekat, mereka cek dari kolong mobil. Katanya sih sudah cukup. Dan bbrp hari lalu saya baru kuras oli matic 8 L , Tetapi getaran itu masih keluar.. Semoga ada pencerahan dari suhu2 lain. 🙏
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

ctopher7 wrote:
Clonz wrote:
fenrir wrote: bole liat fitment pake 225/60 R17nya om? sama velgnya ET berapa?
Sori om. Baru sadar saya salah ketik. Ban yg saya pake itu 215 60 r17.
Bukan 225 60 r17.
[emoji120][emoji120][emoji120]

Ini om.
Kurang rata bodi.
Velg pake lebar 7.5inch. Ring 17. Et 38.
Di gambar ini udah saya kasih spacer depan 4mm, belakang 6mm.
Kayaknya masih kurang. Direkomenkan toko yg jual spacer pake spacer yg minim 1cm depan belakang. Cuman harus ganti baut.
Lagi males ganti2 baut jadi saya pake spacer 4 n 6mm aja.
20220707_154934.jpg
wah kyk innova koko surabaya nih stylenya, mantep om

kykny emng innova buat bikin rata body rada susah deh. harus cari yang lebar 8.5 et rada kecil, itu pun biasa tetep pake spacer

biasanya akirnya kalo pake r18 lebar 8.5 profil ban kan ditipisin, udah keras jadinya buat bawa dalkot yang jalanannya ga rata wkwk
Bwakakaka. Biar tetep berjiwa muda om [emoji1787]

Iya kalau pake ring 18, et 38, tanpa spacer pun udah keliatan hampir rata bodi.
Dan memang bener.bantingan jadi keras.
Paling mentok mendingan sih pake ban 225 55 r18. Ga terlalu keras (walaupunmasih keras, apalagi kalau naik yg tipe G diesel) ga terlalu keseret2.

Tp alhasil, tinggi ban naik 2cm, bodi naik 2cm, nose dive tambah parah, hahahaha.

Saya sebelumnya pake ring 18, akhirnya jual semua ban n velg ganti ke ring 17 ini.
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

DOHC wrote:
Clonz wrote: Sat Jul 16, 2022 1:15
fenrir wrote: bole liat fitment pake 225/60 R17nya om? sama velgnya ET berapa?
Sori om. Baru sadar saya salah ketik. Ban yg saya pake itu 215 60 r17.
Bukan 225 60 r17.
[emoji120][emoji120][emoji120]

Ini om.
Kurang rata bodi.
Velg pake lebar 7.5inch. Ring 17. Et 38.
Di gambar ini udah saya kasih spacer depan 4mm, belakang 6mm.
Kayaknya masih kurang. Direkomenkan toko yg jual spacer pake spacer yg minim 1cm depan belakang. Cuman harus ganti baut.
Lagi males ganti2 baut jadi saya pake spacer 4 n 6mm aja.
20220707_154934.jpg
Wahh inofa nya TRD version om ?
Innova G aja kok om. Cuman nambahin body kit sendiri hahaha. Biar side skirt dan bempernya ga keliatan gopong. Saya pribadi subjektif kerasa terlalu simple bempernya.
Dan tempo hari waktu naik ke ring 18, jadi tambah aneh keangkat bodi nya hahaha
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ctopher7 »

Clonz wrote:
ctopher7 wrote:
Clonz wrote:Sori om. Baru sadar saya salah ketik. Ban yg saya pake itu 215 60 r17.
Bukan 225 60 r17.
[emoji120][emoji120][emoji120]

Ini om.
Kurang rata bodi.
Velg pake lebar 7.5inch. Ring 17. Et 38.
Di gambar ini udah saya kasih spacer depan 4mm, belakang 6mm.
Kayaknya masih kurang. Direkomenkan toko yg jual spacer pake spacer yg minim 1cm depan belakang. Cuman harus ganti baut.
Lagi males ganti2 baut jadi saya pake spacer 4 n 6mm aja.
20220707_154934.jpg
wah kyk innova koko surabaya nih stylenya, mantep om

kykny emng innova buat bikin rata body rada susah deh. harus cari yang lebar 8.5 et rada kecil, itu pun biasa tetep pake spacer

biasanya akirnya kalo pake r18 lebar 8.5 profil ban kan ditipisin, udah keras jadinya buat bawa dalkot yang jalanannya ga rata wkwk
Bwakakaka. Biar tetep berjiwa muda om [emoji1787]

Iya kalau pake ring 18, et 38, tanpa spacer pun udah keliatan hampir rata bodi.
Dan memang bener.bantingan jadi keras.
Paling mentok mendingan sih pake ban 225 55 r18. Ga terlalu keras (walaupunmasih keras, apalagi kalau naik yg tipe G diesel) ga terlalu keseret2.

Tp alhasil, tinggi ban naik 2cm, bodi naik 2cm, nose dive tambah parah, hahahaha.

Saya sebelumnya pake ring 18, akhirnya jual semua ban n velg ganti ke ring 17 ini.
itu advan rg ya om? kalo ori jepang tetep mantep lahh

saya mah yang dibawah 10 jt aja pakenya dari thailand, ngmngnya "supercopy" wkwkwkwk
pecinta bio solar
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

ctopher7 wrote:
Clonz wrote:
ctopher7 wrote: wah kyk innova koko surabaya nih stylenya, mantep om

kykny emng innova buat bikin rata body rada susah deh. harus cari yang lebar 8.5 et rada kecil, itu pun biasa tetep pake spacer

biasanya akirnya kalo pake r18 lebar 8.5 profil ban kan ditipisin, udah keras jadinya buat bawa dalkot yang jalanannya ga rata wkwk
Bwakakaka. Biar tetep berjiwa muda om [emoji1787]

Iya kalau pake ring 18, et 38, tanpa spacer pun udah keliatan hampir rata bodi.
Dan memang bener.bantingan jadi keras.
Paling mentok mendingan sih pake ban 225 55 r18. Ga terlalu keras (walaupunmasih keras, apalagi kalau naik yg tipe G diesel) ga terlalu keseret2.

Tp alhasil, tinggi ban naik 2cm, bodi naik 2cm, nose dive tambah parah, hahahaha.

Saya sebelumnya pake ring 18, akhirnya jual semua ban n velg ganti ke ring 17 ini.
itu advan rg ya om? kalo ori jepang tetep mantep lahh

saya mah yang dibawah 10 jt aja pakenya dari thailand, ngmngnya "supercopy" wkwkwkwk
Wakakak. Kagak. Itu kw chinaan. 5jt doang.
Kagak mampu beli yg ori jepun.
Lagian yg ori jepun kayaknya velgnya lebar2 sampe 8.5. Cari bannya susah yg cocok.