Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

jaton
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
Location: Depok
Daily Vehicle: Honda BRV

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by jaton »

Winz wrote: ↑Wed Jun 19, 2019 1:10
nicky wrote: ↑Tue Jun 18, 2019 14:54 Gpp om sekali2 isi biosol, dr pada mikirin dex mulu yg ada ntar gak bisa kemana2 πŸ˜€
Klo sesekali ga masalah, yg rutin yg jadi masalah :big_biglaugh:
Rutin atau ketagihan Om :big_peace:
User avatar
satria120s
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Fri Oct 04, 2013 4:17

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by satria120s »

krniawnhdr wrote: ↑Wed Jun 19, 2019 6:07
satria120s wrote: ↑Wed Jun 19, 2019 4:20
Badongdat wrote: ↑Tue Jun 18, 2019 12:18 Ini jelas sih om. Pilihannya aja Santi sama Ctv, itu kan best value for money kalau mau minang seken. Di taun yang sama merk jepangan yang sekelas bisa 2 kali lipatnya.. makanya bbm pun cari yang value for KM..
Tapi sepertinya motif ekonomi-nya kurang tepat, :big_childish: karena perhitungan ekonomi itu ga cuma jangka pendek tapi jangka panjang kan? :mky_01:

asumsi bbm bisa pake solar subsidi dan injektor masih memberi maaf ke pemiliknya dan belum rusak, tapi misalnya di jalanan kurang beruntung dan ban sobek, maka yang harus diganti itu ukuran ring 19 (CMIIW) yg mana harganya jauh lebih mahal drpd Ring 15 :big_dunno:

Atau

sektor kaki - kaki menyerah dan harus ada perbaikan, santa fee kan full independent, sepertinya biayanya ga murah..

IMHO sih drpd bela2in nyari mobil yg bisa (dipaksa) isi solar subsidi, better nyari yg mmg bener2 bisa minum macem panther..

atau klo mmg bener2 maunya isi bahan bakar yang murah, jgn nyari solar canggih.. ambil LMPV kyknya lebih cocok..

No Offense utk semua ya.. tidak berniat utk menghakimi sama sekalii..
solar LMPV jarang.
minimal ANKI diesel udah oke....
muatan banyak, mesin bandel, suspensi nyaman, tenaga mantap, dan bisa solbus...hehehehe
nah, better ANKI :big_exellent: drpd Santa fee atau captiva sepertinya
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by dizco »

Tadi iseng cek olx dan trailblazer 2017 sudah di 360an juta, ini udah pas sih untuk kebutuhan ts

Kecuali mintanya non ladderframe
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
pojokban
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Sun Nov 16, 2014 13:03

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by pojokban »

ane pemakai badak pertama fl2011 pemakaian 2012, dijual sesudah 4 tahun di km 130rb an, karena gentong dan pas ditest pembeli sialnya kena injector 1 bj. ambil unit baru vin 2015, beli 2016 sampai sekarang sudah hampir 90 rb kmnya. Hajar solbus semua tambah minyak urut mpok nuri. Anehnya pas test pake dex malah berat dan kasar. seminggu 2x isi @150 rb. Kebayang gak selisih 6rb x liter yg kepake(10-12 km/liter)
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by gaspol »

Keduanya ga ada yg didesain untuk peminum biosolar om..walaupun ada yg ngisi biosolar, dibaliknya terdapat extra maintenance yg melelahkan & cost lebih besar 😁 contoh : filter solar harus lebih cepat diganti, kualitas oli bakal lebih cepat terdegradasi harus lebih cepat penggantian nya, purging, aditif, kuras tangki.
Ga jaminan juga dibelakangnya akan sehat sehat aja karena kasus injektor mampet gegara solar busuk dah saya temuin di kedua mobil tsb..bahkan kasus gentong pd captiva pun masih ada 😁 untuk recover problem diatas dah pasti biaya sangat besar..

Bukan nakut nakutin karena saya dah lumayan kenyang piara 2 generasi captiva & 3 generasi santafe 😁😁😁 penghematan buat beli biosolar ga sebanding dgn biaya perbaikan nya dikala apes nanti..

Kalo memang niat pake biosolar..sepakat dgn saran om om diatas, brand jepang lebih tahan banting. Terutama ipah & fortie, pjs or mux
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by krniawnhdr »

gaspol wrote: ↑Wed Jun 19, 2019 12:34 Keduanya ga ada yg didesain untuk peminum biosolar om..walaupun ada yg ngisi biosolar, dibaliknya terdapat extra maintenance yg melelahkan & cost lebih besar 😁 contoh : filter solar harus lebih cepat diganti, kualitas oli bakal lebih cepat terdegradasi harus lebih cepat penggantian nya, purging, aditif, kuras tangki.
Ga jaminan juga dibelakangnya akan sehat sehat aja karena kasus injektor mampet gegara solar busuk dah saya temuin di kedua mobil tsb..bahkan kasus gentong pd captiva pun masih ada 😁 untuk recover problem diatas dah pasti biaya sangat besar..

Bukan nakut nakutin karena saya dah lumayan kenyang piara 2 generasi captiva & 3 generasi santafe 😁😁😁 penghematan buat beli biosolar ga sebanding dgn biaya perbaikan nya dikala apes nanti..

Kalo memang niat pake biosolar..sepakat dgn saran om om diatas, brand jepang lebih tahan banting. Terutama ipah & fortie, pjs or mux
for me, kalo belum bisa kasih minum dex regulary, cuma jadi sekedar "you can buy, but can't afford" :emo-flowerforyou:
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by gaspol »

krniawnhdr wrote: ↑Wed Jun 19, 2019 12:50
gaspol wrote: ↑Wed Jun 19, 2019 12:34 Keduanya ga ada yg didesain untuk peminum biosolar om..walaupun ada yg ngisi biosolar, dibaliknya terdapat extra maintenance yg melelahkan & cost lebih besar 😁 contoh : filter solar harus lebih cepat diganti, kualitas oli bakal lebih cepat terdegradasi harus lebih cepat penggantian nya, purging, aditif, kuras tangki.
Ga jaminan juga dibelakangnya akan sehat sehat aja karena kasus injektor mampet gegara solar busuk dah saya temuin di kedua mobil tsb..bahkan kasus gentong pd captiva pun masih ada 😁 untuk recover problem diatas dah pasti biaya sangat besar..

Bukan nakut nakutin karena saya dah lumayan kenyang piara 2 generasi captiva & 3 generasi santafe 😁😁😁 penghematan buat beli biosolar ga sebanding dgn biaya perbaikan nya dikala apes nanti..

Kalo memang niat pake biosolar..sepakat dgn saran om om diatas, brand jepang lebih tahan banting. Terutama ipah & fortie, pjs or mux
for me, kalo belum bisa kasih minum dex regulary, cuma jadi sekedar "you can buy, but can't afford" :emo-flowerforyou:

Kira kira begitu oom 😁😁
apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by apoge »

Semua common rail gak recomended pakai solar kualitas rendah, kecuali common rail yg masuk indo udah di modif sama pabriknya biar sedikit tahan minum solar kualitas rendah, bisa tekanan railnya yg diturunkan atau injektornya make lubang yg agak besar, efeknya tenaga akan turun tapi lifetime bisa agak lama.
Klo saya nyari mobil wat di siksa saya milih yg ladder frame, rwd, teknologi mesinnya rada jadul,udah terbukti mobil niaga macam truk kuat di siksa.
:mky_03:
Hengz
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Wed Jun 12, 2019 12:58

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by Hengz »

Tidak ada yg lebih baik om klo minumnya solar menurut saya
jaton
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
Location: Depok
Daily Vehicle: Honda BRV

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by jaton »

pojokban wrote: ↑Wed Jun 19, 2019 10:43 ane pemakai badak pertama fl2011 pemakaian 2012, dijual sesudah 4 tahun di km 130rb an, karena gentong dan pas ditest pembeli sialnya kena injector 1 bj. ambil unit baru vin 2015, beli 2016 sampai sekarang sudah hampir 90 rb kmnya. Hajar solbus semua tambah minyak urut mpok nuri. Anehnya pas test pake dex malah berat dan kasar. seminggu 2x isi @150 rb. Kebayang gak selisih 6rb x liter yg kepake(10-12 km/liter)
Penggemar captiva niy :big_smile]
Berarti tahun mudanya lebih tahan ya Om?
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by Kuroboy »

sangudara wrote: ↑Wed Jun 19, 2019 8:01
Kuroboy wrote: ↑Wed Jun 19, 2019 1:00
jaton wrote: ↑Mon Jun 17, 2019 23:53

Siap Om :off_good:

Ini hanya minta pendapat, tipe mana yg lebih tahan. Sy paham Santi dan Captiva adalah mesin diesel modern yg gak cocok untuk solbus.
Hanya ingin mengantisipasi aja Om jika sewaktu waktu kepepet isi solar.

Karena even dex pun kuliatasnya gak terjaga dibeberapa spbu. Basi lah apa lah, kotor lah...
Jadi gak jaminan juga selalu isi dex aman dari gentong atau injector rusak....
Kepepet doang sih ga masalah omm. Bener deh kalo kata saya mending ambil Trailblazer aja, taun 2016 kebawah harganya bunuh diri alias terjun bebas. Kuat dikasi solbus apalagi kalo cuma kepepet doang
TB yg masi 2.8l ya om?
Yg 2016 ke bawah berarti versi sebelum diganti dgn mux? cmiiw
Itu knp bs terjun banget ya harganya??
Kalo mau yg 2.8 sekalian juga mantap tuhh, yg 2.5 nya jg ada dan pasti harganya udah murah. Bukan diganti MUX om tapi platform nya sama dgn MUX dari exterior sampe interior. Terjun bebas karena peminat dikit tapi yg pgn jual banyak :upss:
:frm_snipper: :snipersmile:
syamil2013
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sun Mar 04, 2018 16:28
Location: Bogor
Daily Vehicle: Tern P20 n Gerobak Kroya

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by syamil2013 »

Pengguna kucing garong mpunya babeh, Alhamdulillah punya rezeki beli Santi 2nd AWD isi pertadex gak masalah sih nyamannya beda, tarikannya beda, kekedapannya beda, pake mudik Sumatra hajar aja [emoji3]
jaton
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
Location: Depok
Daily Vehicle: Honda BRV

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by jaton »

Om-om,
Captiva dibuat double filter solar apakah bs memperkecil risiko gentong atau injector rusak?
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by ak4ng »

apoge wrote: ↑Wed Jun 19, 2019 14:19 Semua common rail gak recomended pakai solar kualitas rendah, kecuali common rail yg masuk indo udah di modif sama pabriknya biar sedikit tahan minum solar kualitas rendah, bisa tekanan railnya yg diturunkan atau injektornya make lubang yg agak besar, efeknya tenaga akan turun tapi lifetime bisa agak lama.
Klo saya nyari mobil wat di siksa saya milih yg ladder frame, rwd, teknologi mesinnya rada jadul,udah terbukti mobil niaga macam truk kuat di siksa.
:mky_03:
Di foto2 uji coba B30 kmaren, muncul Terra, anf, anps, ud truck, dfsk, anki, :big_smoking: lah Diesel Crdi smua itu berarti b20 jaman now yg gocengan itu udh comply Crdi dongssss :big_biglaugh:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by Winz »

ak4ng wrote: ↑Thu Jun 20, 2019 10:13
apoge wrote: ↑Wed Jun 19, 2019 14:19 Semua common rail gak recomended pakai solar kualitas rendah, kecuali common rail yg masuk indo udah di modif sama pabriknya biar sedikit tahan minum solar kualitas rendah, bisa tekanan railnya yg diturunkan atau injektornya make lubang yg agak besar, efeknya tenaga akan turun tapi lifetime bisa agak lama.
Klo saya nyari mobil wat di siksa saya milih yg ladder frame, rwd, teknologi mesinnya rada jadul,udah terbukti mobil niaga macam truk kuat di siksa.
:mky_03:
Di foto2 uji coba B30 kmaren, muncul Terra, anf, anps, ud truck, dfsk, anki, :big_smoking: lah Diesel Crdi smua itu berarti b20 jaman now yg gocengan itu udh comply Crdi dongssss :big_biglaugh:
Klo yang diuji pakai Kualitas DexLite bagaimana?

Kan kita gak tahu yg diuji B30 itu solar atau DexLite
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by bensinsolar »

Winz wrote: ↑Thu Jun 20, 2019 10:30
ak4ng wrote: ↑Thu Jun 20, 2019 10:13
apoge wrote: ↑Wed Jun 19, 2019 14:19 Semua common rail gak recomended pakai solar kualitas rendah, kecuali common rail yg masuk indo udah di modif sama pabriknya biar sedikit tahan minum solar kualitas rendah, bisa tekanan railnya yg diturunkan atau injektornya make lubang yg agak besar, efeknya tenaga akan turun tapi lifetime bisa agak lama.
Klo saya nyari mobil wat di siksa saya milih yg ladder frame, rwd, teknologi mesinnya rada jadul,udah terbukti mobil niaga macam truk kuat di siksa.
:mky_03:
Di foto2 uji coba B30 kmaren, muncul Terra, anf, anps, ud truck, dfsk, anki, :big_smoking: lah Diesel Crdi smua itu berarti b20 jaman now yg gocengan itu udh comply Crdi dongssss :big_biglaugh:
Klo yang diuji pakai Kualitas DexLite bagaimana?

Kan kita gak tahu yg diuji B30 itu solar atau DexLite
Kata Om Turboman, kualitas Solar ama Dexlite beti [emo-have-a-nice-day]
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by bensinsolar »

Winz wrote: ↑Thu Jun 20, 2019 10:30
ak4ng wrote: ↑Thu Jun 20, 2019 10:13
apoge wrote: ↑Wed Jun 19, 2019 14:19 Semua common rail gak recomended pakai solar kualitas rendah, kecuali common rail yg masuk indo udah di modif sama pabriknya biar sedikit tahan minum solar kualitas rendah, bisa tekanan railnya yg diturunkan atau injektornya make lubang yg agak besar, efeknya tenaga akan turun tapi lifetime bisa agak lama.
Klo saya nyari mobil wat di siksa saya milih yg ladder frame, rwd, teknologi mesinnya rada jadul,udah terbukti mobil niaga macam truk kuat di siksa.
:mky_03:
Di foto2 uji coba B30 kmaren, muncul Terra, anf, anps, ud truck, dfsk, anki, :big_smoking: lah Diesel Crdi smua itu berarti b20 jaman now yg gocengan itu udh comply Crdi dongssss :big_biglaugh:
Klo yang diuji pakai Kualitas DexLite bagaimana?

Kan kita gak tahu yg diuji B30 itu solar atau DexLite
Kata Om Turboman, kualitas Solar ama Dexlite beti [emo-have-a-nice-day]
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by silentIm2 »

jaton wrote:Om-om,
Captiva dibuat double filter solar apakah bs memperkecil risiko gentong atau injector rusak?
sejak FL1 udah dobel filter dari pabrikan om. FL2-3 filter solarnya lebih tinggi, diameter sama. Lagian ga bisa karena posisi filter di kolong kiri di samping tangki. Selain itu ruang mesin Captiva cukup rapat, ga selega ANPS.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
SEKUTREM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Mon Jun 29, 2015 22:23

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by SEKUTREM »

Yang ditakutkan dari solar b20/30 apa ya
Sulfur sudah rendah, foaming ada antifoam, kadar air ada water remover, kerak ada detergent +obat purging, korosi ada corrossion inhibitor, solid material ada solit filter, CN ada CN booster, viscositas ada pengencer,
SEKUTREM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Mon Jun 29, 2015 22:23

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by SEKUTREM »

Yang ditakutkan dari solar b20/30 apa ya
Sulfur sudah rendah, foaming ada antifoam, kadar air ada water remover, kerak ada detergent +obat purging, korosi ada corrossion inhibitor, solid material ada solit filter, CN ada CN booster, viscositas ada pengencer,
apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by apoge »

ak4ng wrote: ↑Thu Jun 20, 2019 10:13
apoge wrote: ↑Wed Jun 19, 2019 14:19 Semua common rail gak recomended pakai solar kualitas rendah, kecuali common rail yg masuk indo udah di modif sama pabriknya biar sedikit tahan minum solar kualitas rendah, bisa tekanan railnya yg diturunkan atau injektornya make lubang yg agak besar, efeknya tenaga akan turun tapi lifetime bisa agak lama.
Klo saya nyari mobil wat di siksa saya milih yg ladder frame, rwd, teknologi mesinnya rada jadul,udah terbukti mobil niaga macam truk kuat di siksa.
:mky_03:
Di foto2 uji coba B30 kmaren, muncul Terra, anf, anps, ud truck, dfsk, anki, :big_smoking: lah Diesel Crdi smua itu berarti b20 jaman now yg gocengan itu udh comply Crdi dongssss :big_biglaugh:
Crdi nya harus comply klo mo laku, klo sales bilang harus pertadex bisa gak jualan :mky_03:
Anjass
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Sep 11, 2015 1:10

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by Anjass »

SEKUTREM wrote: ↑Thu Jun 20, 2019 14:54 Yang ditakutkan dari solar b20/30 apa ya
Sulfur sudah rendah, foaming ada antifoam, kadar air ada water remover, kerak ada detergent +obat purging, korosi ada corrossion inhibitor, solid material ada solit filter, CN ada CN booster, viscositas ada pengencer,
Kalau tidak salah ini ya, cmiiw..

Ada yg namanya post combustion utk mengakali aturan emisi pada mesin diesel modern (th 2000an - awal 201x). Jadi sisa2 pembakaran pda mesin diesel, itu β€˜dibakar’ lagi setelah combustion. Sehingga bahan bakar diesel terbakr habis dan tidak menyisakan zat2 beracun dr hsil pembakaran yg tdk sempurna. (Lupa nama2 zatnya apa).

Teknik post combustion ini hanya bekerja sempurna pada mesin diesel dgn bahan bakar B0 (tanpa biodiesel sama sekali), krn bahan bakar non-biodiesel akan terbakar habis sehingga menghasilkan emisi sesuai regulasi.

Nah masalahnya pada biodiesel, karakter biodiesel ini bermasalah saat post combustion (tidak bisa terbakar sempurna) sehingga menghasilkan leakage2 pda oli mesin..

Sy lupa bgt detail leakage dan istilah2 ilmiahnya.. nanti sy ingat2 detailnya..

Jadi utk mesin2 diesel yg jadul2 (blm ada post combustion) macam panther, L300 sih aman2 aja. Namun mesin diesel yg agak modern (kisaran thn 2000an - 201x awal) akan bermasalah menggunakan biodiesel dgn konsentrasi tinggi.

Dan justru malah mesin diesel yg lebih modern lg lebih aman krn sudah disesuaikan dgn trend penggunaan biodiesel yg semakin luas.

Jdi diatas kan katanya Renault Duster aman pakai biosolar sampai 100rb-an km, krn setau sy Renault Duster pakai mesin K9K yg udh compatible dgn biodiesel

Soalnya sy pernah mau ada project engine swap Evalia pakai mesin K9K ini dgn full biodiesel :D :D... sehubungan usaha sy menghasilkan limbah minyak goreng yg banyak sy pikir mending diubah jd biodiesel kan... hehehe... namun berhubung duit blm ada ya mandeg projectnya... :D
jagdtiger
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sun Apr 15, 2018 16:14
Location: JKT

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by jagdtiger »

Anjass wrote: ↑Fri Jun 21, 2019 3:13
SEKUTREM wrote: ↑Thu Jun 20, 2019 14:54 Yang ditakutkan dari solar b20/30 apa ya
Sulfur sudah rendah, foaming ada antifoam, kadar air ada water remover, kerak ada detergent +obat purging, korosi ada corrossion inhibitor, solid material ada solit filter, CN ada CN booster, viscositas ada pengencer,
Kalau tidak salah ini ya, cmiiw..

Ada yg namanya post combustion utk mengakali aturan emisi pada mesin diesel modern (th 2000an - awal 201x). Jadi sisa2 pembakaran pda mesin diesel, itu β€˜dibakar’ lagi setelah combustion. Sehingga bahan bakar diesel terbakr habis dan tidak menyisakan zat2 beracun dr hsil pembakaran yg tdk sempurna. (Lupa nama2 zatnya apa).

Teknik post combustion ini hanya bekerja sempurna pada mesin diesel dgn bahan bakar B0 (tanpa biodiesel sama sekali), krn bahan bakar non-biodiesel akan terbakar habis sehingga menghasilkan emisi sesuai regulasi.

Nah masalahnya pada biodiesel, karakter biodiesel ini bermasalah saat post combustion (tidak bisa terbakar sempurna) sehingga menghasilkan leakage2 pda oli mesin..

Sy lupa bgt detail leakage dan istilah2 ilmiahnya.. nanti sy ingat2 detailnya..

Jadi utk mesin2 diesel yg jadul2 (blm ada post combustion) macam panther, L300 sih aman2 aja. Namun mesin diesel yg agak modern (kisaran thn 2000an - 201x awal) akan bermasalah menggunakan biodiesel dgn konsentrasi tinggi.

Dan justru malah mesin diesel yg lebih modern lg lebih aman krn sudah disesuaikan dgn trend penggunaan biodiesel yg semakin luas.


Jdi diatas kan katanya Renault Duster aman pakai biosolar sampai 100rb-an km, krn setau sy Renault Duster pakai mesin K9K yg udh compatible dgn biodiesel

Soalnya sy pernah mau ada project engine swap Evalia pakai mesin K9K ini dgn full biodiesel :D :D... sehubungan usaha sy menghasilkan limbah minyak goreng yg banyak sy pikir mending diubah jd biodiesel kan... hehehe... namun berhubung duit blm ada ya mandeg projectnya... :D
yang di bold, apakah itu benar om? berarti kalau benar toyota sendiri ada yang mengatakan mesin 2KD ada revisi injektor di tahun 2010-an konon lebih tahan penggunaan solar busuk (sepertinya biodiesel juga). sejalan kemudian dengan kebijakan mandatori B5 dan menyusul B10 di 2012-2013
pojokban
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Sun Nov 16, 2014 13:03

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by pojokban »

jaton wrote: ↑Thu Jun 20, 2019 0:42
pojokban wrote: ↑Wed Jun 19, 2019 10:43 ane pemakai badak pertama fl2011 pemakaian 2012, dijual sesudah 4 tahun di km 130rb an, karena gentong dan pas ditest pembeli sialnya kena injector 1 bj. ambil unit baru vin 2015, beli 2016 sampai sekarang sudah hampir 90 rb kmnya. Hajar solbus semua tambah minyak urut mpok nuri. Anehnya pas test pake dex malah berat dan kasar. seminggu 2x isi @150 rb. Kebayang gak selisih 6rb x liter yg kepake(10-12 km/liter)
Penggemar captiva niy :big_smile]
Berarti tahun mudanya lebih tahan ya Om?
Gak lah Om, banyak masalah cuma karena beres dekat aja, dari receh receh sampai transmisi 1 gelondong diganti pas di km 110rb dan udah lewat 3 tahun. Dan harus acungin jempol pihak GM ganti 1 unit transmissi baru tapi pake acara mencak mencak dulu.
Semua terobati dengan nikmatnya mobil ini, tarikan tenaga dan stabilnya kayak bawa sedan.
Utk yg sekarang VIN 2015 gak pernah ada masalah, cuma perawatan rutin aja.
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by gaspol »

pojokban wrote: ↑Fri Jun 21, 2019 11:48
jaton wrote: ↑Thu Jun 20, 2019 0:42
pojokban wrote: ↑Wed Jun 19, 2019 10:43 ane pemakai badak pertama fl2011 pemakaian 2012, dijual sesudah 4 tahun di km 130rb an, karena gentong dan pas ditest pembeli sialnya kena injector 1 bj. ambil unit baru vin 2015, beli 2016 sampai sekarang sudah hampir 90 rb kmnya. Hajar solbus semua tambah minyak urut mpok nuri. Anehnya pas test pake dex malah berat dan kasar. seminggu 2x isi @150 rb. Kebayang gak selisih 6rb x liter yg kepake(10-12 km/liter)
Penggemar captiva niy :big_smile]
Berarti tahun mudanya lebih tahan ya Om?
Gak lah Om, banyak masalah cuma karena beres dekat aja, dari receh receh sampai transmisi 1 gelondong diganti pas di km 110rb dan udah lewat 3 tahun. Dan harus acungin jempol pihak GM ganti 1 unit transmissi baru tapi pake acara mencak mencak dulu.
Semua terobati dengan nikmatnya mobil ini, tarikan tenaga dan stabilnya kayak bawa sedan.
Utk yg sekarang VIN 2015 gak pernah ada masalah, cuma perawatan rutin aja.
Vin 2015 masih ditemuin kasus transmisi protolan dan gentong 😢