Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Honda BRV
Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Hai juragan...
Mohon sarannya. Sy berencana ambil janda mobil diesel commonrail. Pilihan yang masuk list adalah Hyundai SantaFe 2.2 dan Chevrolet Captiva 2.0.
Mobil akan dijadikan gerobak harian, tidak dimanja dan bahkan akan lebih sering diajak minum solar
Nah dari kedua mobil tersebut, kira2 mana yg lebih aman jika diberi asupan solar busuk?
Terima kasih
Mohon sarannya. Sy berencana ambil janda mobil diesel commonrail. Pilihan yang masuk list adalah Hyundai SantaFe 2.2 dan Chevrolet Captiva 2.0.
Mobil akan dijadikan gerobak harian, tidak dimanja dan bahkan akan lebih sering diajak minum solar
Nah dari kedua mobil tersebut, kira2 mana yg lebih aman jika diberi asupan solar busuk?
Terima kasih
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2572
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
kalo isi solar busuk, tanpa racun, oli jelek, filter solar ganti nya lama2, dua dua nya sih tewas menurut ane
hilux 2kd aja jarang pake, isi biosolar tanpa racun dll, jrg pake nyala tuh skrg lampu check engine, km baru 60rban
hilux 2kd aja jarang pake, isi biosolar tanpa racun dll, jrg pake nyala tuh skrg lampu check engine, km baru 60rban
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 408
- Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
22 nya dipastikan tewas om, hanya saja Captiva teruji kena solbus karena udah banyak penggunanya dan umurnya bisa ketebak juga. Coba tanya mekanik BeRes aja omm iseng kalo Captiva ato SantaFe bisa kena solbus sampe kapan. Kalo tanya sales jawabannya subyektif
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1283
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
ini mah mau hemat berapa duit, bisa tekornya berapa duit omjaton wrote: ↑Mon Jun 17, 2019 2:51 Hai juragan...
Mohon sarannya. Sy berencana ambil janda mobil diesel commonrail. Pilihan yang masuk list adalah Hyundai SantaFe 2.2 dan Chevrolet Captiva 2.0.
Mobil akan dijadikan gerobak harian, tidak dimanja dan bahkan akan lebih sering diajak minum solar
Nah dari kedua mobil tersebut, kira2 mana yg lebih aman jika diberi asupan solar busuk?
Terima kasih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
- Location: Sleman
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
2kd-ftv vntjaton wrote: ↑Mon Jun 17, 2019 2:51 Hai juragan...
Mohon sarannya. Sy berencana ambil janda mobil diesel commonrail. Pilihan yang masuk list adalah Hyundai SantaFe 2.2 dan Chevrolet Captiva 2.0.
Mobil akan dijadikan gerobak harian, tidak dimanja dan bahkan akan lebih sering diajak minum solar
Nah dari kedua mobil tersebut, kira2 mana yg lebih aman jika diberi asupan solar busuk?
Terima kasih
Santafe & captiva sepertinya kurang cocok kalau mau disiksa
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Honda BRV
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
What?? Padahal toyota terkenal kuat nenggakk solbus ya Om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
apa mungkin karena jarang dipake, kotorannya jadi ngendap ???
(analisa sotoy nubie yang bahkan belum pernah miara diesel )
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Biar ga pusing mending GNF atau OPS dahjaton wrote: ↑Mon Jun 17, 2019 2:51 Hai juragan...
Mohon sarannya. Sy berencana ambil janda mobil diesel commonrail. Pilihan yang masuk list adalah Hyundai SantaFe 2.2 dan Chevrolet Captiva 2.0.
Mobil akan dijadikan gerobak harian, tidak dimanja dan bahkan akan lebih sering diajak minum solar
Nah dari kedua mobil tersebut, kira2 mana yg lebih aman jika diberi asupan solar busuk?
Terima kasih
sudah terbukti biasa dikasih minum gak bergizi
Tapi Solbus akhir tahun ini B30 dan bisa meningkat
Ini juga jadi permasalahan'nya, kandungan bio naik trs
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Honda BRV
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Captiva lebih teruji ya Om....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 759
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Tergantung amal ibadah om.. hehehe.
Saya captiva sudah 80 ribu km pake solbus trus.. so far injektor kena 2. Tapi itu bisa juga karena injektor kena kontaminasi waktu klaim garansi gentong. Soalnya abis klaim garansi jadi terdengar agak pincang bunyinya.
Habis itu sekarang pake solbus trus 30 ribu km so far gpp. Benerinnya juga ga terlalu mahal, cuma 3 juta doang ganti control valve seperti tutorial om yudi di SM.
Yang penting filter solar rajin ganti om. Saya ganti per 10 ribu km, dari bukunya 30 ribu km.
Saya captiva sudah 80 ribu km pake solbus trus.. so far injektor kena 2. Tapi itu bisa juga karena injektor kena kontaminasi waktu klaim garansi gentong. Soalnya abis klaim garansi jadi terdengar agak pincang bunyinya.
Habis itu sekarang pake solbus trus 30 ribu km so far gpp. Benerinnya juga ga terlalu mahal, cuma 3 juta doang ganti control valve seperti tutorial om yudi di SM.
Yang penting filter solar rajin ganti om. Saya ganti per 10 ribu km, dari bukunya 30 ribu km.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 113
- Joined: Fri Dec 14, 2018 2:52
- Location: Jakarta
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
lebih kuat captiva sih om apalagi yang NFL 2008-2011 awal
tapi mending cari jepang aja om kalau mau isi solbus
tapi mending cari jepang aja om kalau mau isi solbus
cobalah melihat dari sudut pandang yang lain
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Honda BRV
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Hehehe...krniawnhdr wrote: ↑Mon Jun 17, 2019 3:27ini mah mau hemat berapa duit, bisa tekornya berapa duit omjaton wrote: ↑Mon Jun 17, 2019 2:51 Hai juragan...
Mohon sarannya. Sy berencana ambil janda mobil diesel commonrail. Pilihan yang masuk list adalah Hyundai SantaFe 2.2 dan Chevrolet Captiva 2.0.
Mobil akan dijadikan gerobak harian, tidak dimanja dan bahkan akan lebih sering diajak minum solar
Nah dari kedua mobil tersebut, kira2 mana yg lebih aman jika diberi asupan solar busuk?
Terima kasih
Mau ngirit malah ngorot ya Om
Rencana mau pasang BRQ siy Om. Jd gak cm dibiarin minum biosolar aja. Plus filter solar yg lebih sering ganti.
Ada Om-Om dimari yg pk BRQ?
Bener bs memperbaiki kualitas bbm gak siy
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Honda BRV
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
dizco wrote: ↑Mon Jun 17, 2019 3:532kd-ftv vntjaton wrote: ↑Mon Jun 17, 2019 2:51 Hai juragan...
Mohon sarannya. Sy berencana ambil janda mobil diesel commonrail. Pilihan yang masuk list adalah Hyundai SantaFe 2.2 dan Chevrolet Captiva 2.0.
Mobil akan dijadikan gerobak harian, tidak dimanja dan bahkan akan lebih sering diajak minum solar
Nah dari kedua mobil tersebut, kira2 mana yg lebih aman jika diberi asupan solar busuk?
Terima kasih
Santafe & captiva sepertinya kurang cocok kalau mau disiksa
Fortie udah teruji ya Om
Cm lg gak mau ambil jepangan niy Om
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Honda BRV
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Nah mantep niy ada user captiva langsung.silentIm2 wrote: ↑Mon Jun 17, 2019 5:19 Tergantung amal ibadah om.. hehehe.
Saya captiva sudah 80 ribu km pake solbus trus.. so far injektor kena 2. Tapi itu bisa juga karena injektor kena kontaminasi waktu klaim garansi gentong. Soalnya abis klaim garansi jadi terdengar agak pincang bunyinya.
Habis itu sekarang pake solbus trus 30 ribu km so far gpp. Benerinnya juga ga terlalu mahal, cuma 3 juta doang ganti control valve seperti tutorial om yudi di SM.
Yang penting filter solar rajin ganti om. Saya ganti per 10 ribu km, dari bukunya 30 ribu km.
Boleh tahu Om captivanya tahun berapa?
Apa captiva tahun 2017 lebih tahan? Atau malah lebih badak versi tahun tertentu?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Honda BRV
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Bener siy Om jepangan udah relatif peace of mind.
Cm tergiur harga jandanya itu lhoo yg kpeleset disamping tampang yg menurut ane lebih rupawan drpd jepangan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Honda BRV
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Lama2 mirip minyak goreng ya OmWinz wrote: ↑Mon Jun 17, 2019 4:26Biar ga pusing mending GNF atau OPS dahjaton wrote: ↑Mon Jun 17, 2019 2:51 Hai juragan...
Mohon sarannya. Sy berencana ambil janda mobil diesel commonrail. Pilihan yang masuk list adalah Hyundai SantaFe 2.2 dan Chevrolet Captiva 2.0.
Mobil akan dijadikan gerobak harian, tidak dimanja dan bahkan akan lebih sering diajak minum solar
Nah dari kedua mobil tersebut, kira2 mana yg lebih aman jika diberi asupan solar busuk?
Terima kasih
sudah terbukti biasa dikasih minum gak bergizi
Tapi Solbus akhir tahun ini B30 dan bisa meningkat
Ini juga jadi permasalahan'nya, kandungan bio naik trs
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Captiva... Tapi mending ambil bensin Aja daripada ngarep solbus
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Honda BRV
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1047
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Kalo menurut nubi alat gituan kok rada meragukan ya.
Dakar punya mertua ane tadinya minum biosol mulu, sama jarang ganti filsol. Eh pas mo dipake keluar kota malah cek engine light nyala, untungnya cuma mau ganti filsol. Sejak itu selalu dikasih dexlite/ pertadex. Kalopun biosol, pasti pake aditif macam Power Service diesel kleen ato CRC 1 Tank.
Ini Dakar loh ya, yg katanya kuat pake biosol. Kalo Captiva/ Santi yg emang dilarang pake biosol tetep mo dicecokin biosol, minimal pake aditif lah, sama rutin ganti filter
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Klo Dakar memang kurang cocok minum begituanqushay20019 wrote: ↑Mon Jun 17, 2019 6:52Kalo menurut nubi alat gituan kok rada meragukan ya.
Dakar punya mertua ane tadinya minum biosol mulu, sama jarang ganti filsol. Eh pas mo dipake keluar kota malah cek engine light nyala, untungnya cuma mau ganti filsol. Sejak itu selalu dikasih dexlite/ pertadex. Kalopun biosol, pasti pake aditif macam Power Service diesel kleen ato CRC 1 Tank.
Ini Dakar loh ya, yg katanya kuat pake biosol. Kalo Captiva/ Santi yg emang dilarang pake biosol tetep mo dicecokin biosol, minimal pake aditif lah, sama rutin ganti filter
Baik ANPS atau pun OPS, Exceed ke bawah baru badak
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
ya begitulah, demi membantu taipan sawitjaton wrote: ↑Mon Jun 17, 2019 6:17Lama2 mirip minyak goreng ya OmWinz wrote: ↑Mon Jun 17, 2019 4:26Biar ga pusing mending GNF atau OPS dahjaton wrote: ↑Mon Jun 17, 2019 2:51 Hai juragan...
Mohon sarannya. Sy berencana ambil janda mobil diesel commonrail. Pilihan yang masuk list adalah Hyundai SantaFe 2.2 dan Chevrolet Captiva 2.0.
Mobil akan dijadikan gerobak harian, tidak dimanja dan bahkan akan lebih sering diajak minum solar
Nah dari kedua mobil tersebut, kira2 mana yg lebih aman jika diberi asupan solar busuk?
Terima kasih
sudah terbukti biasa dikasih minum gak bergizi
Tapi Solbus akhir tahun ini B30 dan bisa meningkat
Ini juga jadi permasalahan'nya, kandungan bio naik trs
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 759
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Punya saya captiva 2014. saya kira yang NFL 2010 ke bawah lebih tahan, coz tekanan common railnya lebih rendah kalo ga salah. Tapi ya HP/torsi lebih rendah. NFL bukan berarti no problem juga. Ada yang awet ambil AWD 2010 NFL, 9 tahun ga aneh2. Ada 2011 FL1 transmisi kena. Sejak FL2 2014 upgrade transmisi karena torsi naik dari 360 nm ke 400 nm, tapi kaca pintu bagasi ga bisa dibuka.jaton wrote:Nah mantep niy ada user captiva langsung.silentIm2 wrote: ↑Mon Jun 17, 2019 5:19 Tergantung amal ibadah om.. hehehe.
Saya captiva sudah 80 ribu km pake solbus trus.. so far injektor kena 2. Tapi itu bisa juga karena injektor kena kontaminasi waktu klaim garansi gentong. Soalnya abis klaim garansi jadi terdengar agak pincang bunyinya.
Habis itu sekarang pake solbus trus 30 ribu km so far gpp. Benerinnya juga ga terlalu mahal, cuma 3 juta doang ganti control valve seperti tutorial om yudi di SM.
Yang penting filter solar rajin ganti om. Saya ganti per 10 ribu km, dari bukunya 30 ribu km.
Boleh tahu Om captivanya tahun berapa?
Apa captiva tahun 2017 lebih tahan? Atau malah lebih badak versi tahun tertentu?
Saran saya kalo jadi ambil janda Captiva diesel: hindari oli Dexos2, pake oli standar ACEA A/B seperti Shell HX8/ultra 5w30, Q8 Excel diesel 5w40, ato total quartz 9000 5w40. Rajin ganti filter solar, ga usah ori gpp (sakura, ACDelco).
Btw BRQ itu ga ngaruh, placebo saja itu. Kalo mau ngaruh: kurangi beban. Ban serep ditinggal di rumah. Kunci2/ dongkrak ditinggal di rumah. Captiva peredam standarnya bagus, makanya mobilnya jadi berat. Itu peredamnya dilepasin semua. Jok belakang yang ga kepake dilepas wkwkw.
Btw saya pengalaman saya isi solar 300 ribu/ 58,2 liter bisa dapet sekitar 550 km rute dalkot, & sekitar 680 km lukot, dari full tank sampe lampu nyala.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 82
- Joined: Tue Apr 17, 2018 1:25
- Daily Vehicle: D2D - XLD25
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Kali aja tertarik opsi Trailblazer om?, masih sodara Captiva, mesin lebih bandel dan dari pabrik sudah diklaim bisa pake biosol.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Honda BRV
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Case di Captiva random berarti ya gan. Ane lg incer yg tahun 2017 siy Om...silentIm2 wrote: ↑Mon Jun 17, 2019 7:14Punya saya captiva 2014. saya kira yang NFL 2010 ke bawah lebih tahan, coz tekanan common railnya lebih rendah kalo ga salah. Tapi ya HP/torsi lebih rendah. NFL bukan berarti no problem juga. Ada yang awet ambil AWD 2010 NFL, 9 tahun ga aneh2. Ada 2011 FL1 transmisi kena. Sejak FL2 2014 upgrade transmisi karena torsi naik dari 360 nm ke 400 nm, tapi kaca pintu bagasi ga bisa dibuka.jaton wrote:Nah mantep niy ada user captiva langsung.silentIm2 wrote: ↑Mon Jun 17, 2019 5:19 Tergantung amal ibadah om.. hehehe.
Saya captiva sudah 80 ribu km pake solbus trus.. so far injektor kena 2. Tapi itu bisa juga karena injektor kena kontaminasi waktu klaim garansi gentong. Soalnya abis klaim garansi jadi terdengar agak pincang bunyinya.
Habis itu sekarang pake solbus trus 30 ribu km so far gpp. Benerinnya juga ga terlalu mahal, cuma 3 juta doang ganti control valve seperti tutorial om yudi di SM.
Yang penting filter solar rajin ganti om. Saya ganti per 10 ribu km, dari bukunya 30 ribu km.
Boleh tahu Om captivanya tahun berapa?
Apa captiva tahun 2017 lebih tahan? Atau malah lebih badak versi tahun tertentu?
Saran saya kalo jadi ambil janda Captiva diesel: hindari oli Dexos2, pake oli standar ACEA A/B seperti Shell HX8/ultra 5w30, Q8 Excel diesel 5w40, ato total quartz 9000 5w40. Rajin ganti filter solar, ga usah ori gpp (sakura, ACDelco).
Btw BRQ itu ga ngaruh, placebo saja itu. Kalo mau ngaruh: kurangi beban. Ban serep ditinggal di rumah. Kunci2/ dongkrak ditinggal di rumah. Captiva peredam standarnya bagus, makanya mobilnya jadi berat. Itu peredamnya dilepasin semua. Jok belakang yang ga kepake dilepas wkwkw.
Btw saya pengalaman saya isi solar 300 ribu/ 58,2 liter bisa dapet sekitar 550 km rute dalkot, & sekitar 680 km lukot, dari full tank sampe lampu nyala.
Biar tambah irit musti tambah diet Om
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Honda BRV