Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

msm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Thu Sep 28, 2006 0:37
Location: on land

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by msm »

Post combustion kayaknya ngga ada itu di Indonesia. Cuman dpf standalone aja. Iya kalo dpf mampet diganti langsung downpipe aja. Karena Indo belum menganut Euro 6.
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by casabalancas »

Anjass wrote: Fri Jun 21, 2019 3:13
SEKUTREM wrote: Thu Jun 20, 2019 14:54 Yang ditakutkan dari solar b20/30 apa ya
Sulfur sudah rendah, foaming ada antifoam, kadar air ada water remover, kerak ada detergent +obat purging, korosi ada corrossion inhibitor, solid material ada solit filter, CN ada CN booster, viscositas ada pengencer,
Kalau tidak salah ini ya, cmiiw..

Ada yg namanya post combustion utk mengakali aturan emisi pada mesin diesel modern (th 2000an - awal 201x). Jadi sisa2 pembakaran pda mesin diesel, itu ‘dibakar’ lagi setelah combustion. Sehingga bahan bakar diesel terbakr habis dan tidak menyisakan zat2 beracun dr hsil pembakaran yg tdk sempurna. (Lupa nama2 zatnya apa).

Teknik post combustion ini hanya bekerja sempurna pada mesin diesel dgn bahan bakar B0 (tanpa biodiesel sama sekali), krn bahan bakar non-biodiesel akan terbakar habis sehingga menghasilkan emisi sesuai regulasi.

Nah masalahnya pada biodiesel, karakter biodiesel ini bermasalah saat post combustion (tidak bisa terbakar sempurna) sehingga menghasilkan leakage2 pda oli mesin..

Sy lupa bgt detail leakage dan istilah2 ilmiahnya.. nanti sy ingat2 detailnya..

Jadi utk mesin2 diesel yg jadul2 (blm ada post combustion) macam panther, L300 sih aman2 aja. Namun mesin diesel yg agak modern (kisaran thn 2000an - 201x awal) akan bermasalah menggunakan biodiesel dgn konsentrasi tinggi.

Dan justru malah mesin diesel yg lebih modern lg lebih aman krn sudah disesuaikan dgn trend penggunaan biodiesel yg semakin luas.

Jdi diatas kan katanya Renault Duster aman pakai biosolar sampai 100rb-an km, krn setau sy Renault Duster pakai mesin K9K yg udh compatible dgn biodiesel

Soalnya sy pernah mau ada project engine swap Evalia pakai mesin K9K ini dgn full biodiesel :D :D... sehubungan usaha sy menghasilkan limbah minyak goreng yg banyak sy pikir mending diubah jd biodiesel kan... hehehe... namun berhubung duit blm ada ya mandeg projectnya... :D
SIapp thank you infonya Om

Kalau udah jalan projectnya kontak2 ya Om, biar bisa sharing sesama pengguna mesin tersebut.

Sukses ya Om, ditunggu updatenya :frm_salut:
pojokban
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Sun Nov 16, 2014 13:03

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by pojokban »

gaspol wrote: Fri Jun 21, 2019 12:14
pojokban wrote: Fri Jun 21, 2019 11:48
jaton wrote: Thu Jun 20, 2019 0:42

Penggemar captiva niy :big_smile]
Berarti tahun mudanya lebih tahan ya Om?
Gak lah Om, banyak masalah cuma karena beres dekat aja, dari receh receh sampai transmisi 1 gelondong diganti pas di km 110rb dan udah lewat 3 tahun. Dan harus acungin jempol pihak GM ganti 1 unit transmissi baru tapi pake acara mencak mencak dulu.
Semua terobati dengan nikmatnya mobil ini, tarikan tenaga dan stabilnya kayak bawa sedan.
Utk yg sekarang VIN 2015 gak pernah ada masalah, cuma perawatan rutin aja.
Vin 2015 masih ditemuin kasus transmisi protolan dan gentong 😶
Om, salah tanggap :big_grin:
Vin 2011 yang banyak masalah, yang vin 2015 sampai sekarang aman aman aja, service rutin aja.
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by gaspol »

pojokban wrote: Sat Jun 22, 2019 8:26
gaspol wrote: Fri Jun 21, 2019 12:14
pojokban wrote: Fri Jun 21, 2019 11:48

Gak lah Om, banyak masalah cuma karena beres dekat aja, dari receh receh sampai transmisi 1 gelondong diganti pas di km 110rb dan udah lewat 3 tahun. Dan harus acungin jempol pihak GM ganti 1 unit transmissi baru tapi pake acara mencak mencak dulu.
Semua terobati dengan nikmatnya mobil ini, tarikan tenaga dan stabilnya kayak bawa sedan.
Utk yg sekarang VIN 2015 gak pernah ada masalah, cuma perawatan rutin aja.
Vin 2015 masih ditemuin kasus transmisi protolan dan gentong 😶
Om, salah tanggap :big_grin:
Vin 2011 yang banyak masalah, yang vin 2015 sampai sekarang aman aman aja, service rutin aja.
Saya tanggepin kalimat paling bawah postingan om “untuk yg sekarang vin 2015 ga pernah ada masalah, cuma perawatan rutin aja”

Memang faktanya beberapa ditemukan vin 2015 trans jebol & gentong kok 😊
pojokban
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Sun Nov 16, 2014 13:03

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by pojokban »

gaspol wrote: Sat Jun 22, 2019 8:30
pojokban wrote: Sat Jun 22, 2019 8:26
gaspol wrote: Fri Jun 21, 2019 12:14

Vin 2015 masih ditemuin kasus transmisi protolan dan gentong 😶
Om, salah tanggap :big_grin:
Vin 2011 yang banyak masalah, yang vin 2015 sampai sekarang aman aman aja, service rutin aja.
Saya tanggepin kalimat paling bawah postingan om “untuk yg sekarang vin 2015 ga pernah ada masalah, cuma perawatan rutin aja”

Memang faktanya beberapa ditemukan vin 2015 trans jebol & gentong kok 😊
Waduh, mudah mudahan jangan lagi Om, Captiva pertama yg Vin 2011 udah kena 2 2 nya. transmisi jebol dan mesin gentong.
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by FU27 »

Mau aman pake solar goceng mah beli panther aja. You can buy and afford it. Klo dah mikir captiva, santa fe, ya siap2 beli dex.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by Pboyz97 »

Kalau diantara 2 itu, sepertinya captiva lebih kuat om
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
cumifumi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Wed Mar 06, 2019 7:46
Location: Medan

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by cumifumi »

Kuroboy wrote: Thu Jun 20, 2019 0:59
sangudara wrote: Wed Jun 19, 2019 8:01
Kuroboy wrote: Wed Jun 19, 2019 1:00

Kepepet doang sih ga masalah omm. Bener deh kalo kata saya mending ambil Trailblazer aja, taun 2016 kebawah harganya bunuh diri alias terjun bebas. Kuat dikasi solbus apalagi kalo cuma kepepet doang
TB yg masi 2.8l ya om?
Yg 2016 ke bawah berarti versi sebelum diganti dgn mux? cmiiw
Itu knp bs terjun banget ya harganya??
Kalo mau yg 2.8 sekalian juga mantap tuhh, yg 2.5 nya jg ada dan pasti harganya udah murah. Bukan diganti MUX om tapi platform nya sama dgn MUX dari exterior sampe interior. Terjun bebas karena peminat dikit tapi yg pgn jual banyak :upss:
Dulu pengguna yg 2.8 skitar thn 2013. Wktu mau dijual, harganya terjun bebas banget. Saya ditawari sales yg mau bantu jualin tb 2.8 ini. Dibuka harganya dibwh 200jt, pdahal dulu harga baru nya aja udh bisa beli VRZ 4x4 skrg (CMIIW). Saya smpt tanya2 ke sales nya knp harganya bisa jatuh gitu, katanya sih karna dulu tb 2.8 hanya bisa indent by order (kalo gasalah gitu ya sebutnya hahaha), tau2 nya ternyata ini mobil gajadi dimasukkan ke pasar indonesia. Jadi yg udah sempat DP tb 2.8, mereka aja yg dpt. Btw ini barang langka sekali. Hanya ada 4 unit di daerah sumatera sendiri (kata salesnya)
2017 ANTB LTZ 2.5 (rebuilt)
2021 ANCX5 GT 2.5
2022 ANF GR SPORT 2.8
Jindanjun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by Jindanjun »

Lebih baik beli panther aja om :(
ap kt nt aj
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by Kuroboy »

cumifumi wrote: Thu Jun 27, 2019 18:57
Kuroboy wrote: Thu Jun 20, 2019 0:59
sangudara wrote: Wed Jun 19, 2019 8:01
TB yg masi 2.8l ya om?
Yg 2016 ke bawah berarti versi sebelum diganti dgn mux? cmiiw
Itu knp bs terjun banget ya harganya??
Kalo mau yg 2.8 sekalian juga mantap tuhh, yg 2.5 nya jg ada dan pasti harganya udah murah. Bukan diganti MUX om tapi platform nya sama dgn MUX dari exterior sampe interior. Terjun bebas karena peminat dikit tapi yg pgn jual banyak :upss:
Dulu pengguna yg 2.8 skitar thn 2013. Wktu mau dijual, harganya terjun bebas banget. Saya ditawari sales yg mau bantu jualin tb 2.8 ini. Dibuka harganya dibwh 200jt, pdahal dulu harga baru nya aja udh bisa beli VRZ 4x4 skrg (CMIIW). Saya smpt tanya2 ke sales nya knp harganya bisa jatuh gitu, katanya sih karna dulu tb 2.8 hanya bisa indent by order (kalo gasalah gitu ya sebutnya hahaha), tau2 nya ternyata ini mobil gajadi dimasukkan ke pasar indonesia. Jadi yg udah sempat DP tb 2.8, mereka aja yg dpt. Btw ini barang langka sekali. Hanya ada 4 unit di daerah sumatera sendiri (kata salesnya)
Jangankan Sumatra omm, di TBZI nya aja terhitung jari yg 2.8
:frm_snipper: :snipersmile:
User avatar
KelinciPutih047
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Mon May 10, 2010 2:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ford Everest

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by KelinciPutih047 »

Kalau mau bt harian mau di isi solbus ..kalau boleh usulin yang lain bisa Fortuner VNT atau kalau mau yg paket Hemat ya Ford Everest TDCI.[emoji16]
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by coklatMetalik »

Post combustion? Maksudnya EGR? :big_think:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
msm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Thu Sep 28, 2006 0:37
Location: on land

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by msm »

coklatMetalik wrote: Fri Jun 28, 2019 12:55 Post combustion? Maksudnya EGR? :big_think:
Di dalam dpf ada sensor untuk mendeteksi tingkat kotor dpf.
Saat sensor membaca dpf sudah mulai kotor, maka akan dilakukan proses pembakaran di dalam dpf untuk membersihkan sulphur yang melekat di dalam dpf. Itu namanya post combustion. Makanya hilux 1gd di aussie ada injector ke 5 untuk proses post combustion.
neptunus
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Sat Dec 25, 2004 22:37

Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?

Post by neptunus »

msm wrote: Tue Jun 18, 2019 14:40 Dipasang dobel filter solar aja om. Vrz ku pake 2 filsol, tambahan sama orinya. Masih aman aman aja sampe skrg udah 3th. Padahal isi solbus terus dari baru. Ini baru ambil Terra, rencana mau aku cekokin solbus juga dengan 2 filsol juga. Kita liat aja.
Kalo menurut ane isi solbus gpp, asal rutin ganti filsol.
Masalah gentong, mungkin karena kandungan sulphur tinggi jadi perlu ganti oli per 5000km aja.
Nanya om. Kalo pasang 2 filsol di bengkel mana utk terra?