Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Post Reply
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2473
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by josomba »

marzoochi wrote: 15 May 2022, 14:03 Oom Kemuning, penasaran dengan aditif Freon berikut iji, klaim nya dapat memperpanjang umur freon dan kompressor, membuat suhu udara lebih dingin.

Ditambahkan di low side service port

Mohon info dan arahannya mengenai aditif ini, dan berapa lama bertahan efeknya jika sistem AC dalam keadaan sehat.
6DFBE371-36AE-45BE-BCF6-954167628CE4.jpeg
Wah owe dah pake setahun... Tp sebelum n sesudah pake ga berasa beda ya :ungg: ..
Image
User avatar
marzoochi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 545
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by marzoochi »

josomba wrote: 15 May 2022, 16:09
marzoochi wrote: 15 May 2022, 14:03 Oom Kemuning, penasaran dengan aditif Freon berikut iji, klaim nya dapat memperpanjang umur freon dan kompressor, membuat suhu udara lebih dingin.

Ditambahkan di low side service port

Mohon info dan arahannya mengenai aditif ini, dan berapa lama bertahan efeknya jika sistem AC dalam keadaan sehat.
6DFBE371-36AE-45BE-BCF6-954167628CE4.jpeg
Wah owe dah pake setahun... Tp sebelum n sesudah pake ga berasa beda ya :ungg: ..
Wah terima kasih info nya Oom 🙏🏻
Jordiansyah007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: 29 Jul 2016, 16:01

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Jordiansyah007 »

saya sih skg selama ac mobil gak ada masalah, gak mau perawatan ac,

yg dilakuin cuma rutin ganti filter kabin aja tiap 6 bulan

karena kapok om saya pernah service ac, ac sblmnya dingin normal gak ada masalah lalu ane coba perawatan ky ganti oli komp, freon, dryer, cuci ac, dkk lahh

lah abs dr situ malah timbul aneh2, ada bunyi2 lahh,
kurang dingin, isi freon kelebihan, isi oli komp kelebihan, katup sirkulasi udara pasangnya gak bener

kadang tuh suka gedeg aja gt setelah service kok malah jd ky gitu

baca2 di forum ini banyak jg yg kek ane abis service malah jd aneh2 ac nya yg sblmnya padahal ga knp2

skg saya selama gak rusak gak sy maintenance itu ac,

pernah pelihara VNT 7 tahun ac ga pernah dikotak katik selain ganti filter, masih dingin poll sampe dijual di KM 130rb

kalo mau di maintenance gak ada salahnya juga, asalkan pastikan dpt bengkel yg jaminan mutu
Chr1stm1
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2NRVE

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Chr1stm1 »

Jordiansyah007 wrote: 15 May 2022, 19:54 saya sih skg selama ac mobil gak ada masalah, gak mau perawatan ac,

yg dilakuin cuma rutin ganti filter kabin aja tiap 6 bulan

karena kapok om saya pernah service ac, ac sblmnya dingin normal gak ada masalah lalu ane coba perawatan ky ganti oli komp, freon, dryer, cuci ac, dkk lahh

lah abs dr situ malah timbul aneh2, ada bunyi2 lahh,
kurang dingin, isi freon kelebihan, isi oli komp kelebihan, katup sirkulasi udara pasangnya gak bener

kadang tuh suka gedeg aja gt setelah service kok malah jd ky gitu

baca2 di forum ini banyak jg yg kek ane abis service malah jd aneh2 ac nya yg sblmnya padahal ga knp2

skg saya selama gak rusak gak sy maintenance itu ac,

pernah pelihara VNT 7 tahun ac ga pernah dikotak katik selain ganti filter, masih dingin poll sampe dijual di KM 130rb

kalo mau di maintenance gak ada salahnya juga, asalkan pastikan dpt bengkel yg jaminan mutu
Setuju..saya jg gitu, yg penting jaga kebersihan filter AC dan kabin mobil
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by well »

bgmn dgn oli kompresor? apa tidak perlu di tambah paling tidak?
ariswp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by ariswp »

Halo om kemuning mau tanya,
Barusan pake innova bensin matic 2012 punya sepupu, dipake buat jalan rasa sruntulan (kadang kickdown, lalu rem, lalu kickdown lagi) itu kenapa otomatis ac nya gak jalan ya? Jd sempat lama, hampir 10 menit ac mati hanyak angin doang (kompresor gak engaged) lalu kurangin gas, kalemin lagi, terus nyalain knop ac, baru nyala lagi itu kompresor

Tapi klo dibuat rpm rendah, driving santai, rpm sering di 1000-1800, ini ac masih dingin pake banget
Malah digeber rpm tinggi gak dingin dan tidak ada tanda kompresor engage

Tapi kadang klo digeber di tol rpm konstan di 2500-3000 masih dingin, hanya ketika sering gas agak dalam, rem, lalu gas lagi (rada sruntulan) problemnya muncul

Kira2 ada masalah dimana yah, filter ac rutin ganti, tidak
Oh iya kadang ketika suara mendesis dr kisi muncul, ac kerja tapi gak begitu dingin, kudu matiin ac dulu sedetik, lalu dinyalain lagi langsung dingin lagi, suara mendesis juga hilang
Present
R20A 5AT 08 / Fuchs Titan Syn SN+ 5w30
R18Z CVT 17 / Eneos Asia SN 0w20
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by well »

ariswp wrote: 17 May 2022, 20:01 Halo om kemuning mau tanya,
Barusan pake innova bensin matic 2012 punya sepupu, dipake buat jalan rasa sruntulan (kadang kickdown, lalu rem, lalu kickdown lagi) itu kenapa otomatis ac nya gak jalan ya? Jd sempat lama, hampir 10 menit ac mati hanyak angin doang (kompresor gak engaged) lalu kurangin gas, kalemin lagi, terus nyalain knop ac, baru nyala lagi itu kompresor

Tapi klo dibuat rpm rendah, driving santai, rpm sering di 1000-1800, ini ac masih dingin pake banget
Malah digeber rpm tinggi gak dingin dan tidak ada tanda kompresor engage

Tapi kadang klo digeber di tol rpm konstan di 2500-3000 masih dingin, hanya ketika sering gas agak dalam, rem, lalu gas lagi (rada sruntulan) problemnya muncul

Kira2 ada masalah dimana yah, filter ac rutin ganti, tidak
Oh iya kadang ketika suara mendesis dr kisi muncul, ac kerja tapi gak begitu dingin, kudu matiin ac dulu sedetik, lalu dinyalain lagi langsung dingin lagi, suara mendesis juga hilang
Cb cek magnet clutch kompresor acnya.. kemungkinan setengah rusak..
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1500
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kendibocor »

Jordiansyah007 wrote: 15 May 2022, 19:54 saya sih skg selama ac mobil gak ada masalah, gak mau perawatan ac,

yg dilakuin cuma rutin ganti filter kabin aja tiap 6 bulan

karena kapok om saya pernah service ac, ac sblmnya dingin normal gak ada masalah lalu ane coba perawatan ky ganti oli komp, freon, dryer, cuci ac, dkk lahh

lah abs dr situ malah timbul aneh2, ada bunyi2 lahh,
kurang dingin, isi freon kelebihan, isi oli komp kelebihan, katup sirkulasi udara pasangnya gak bener

kadang tuh suka gedeg aja gt setelah service kok malah jd ky gitu

baca2 di forum ini banyak jg yg kek ane abis service malah jd aneh2 ac nya yg sblmnya padahal ga knp2

skg saya selama gak rusak gak sy maintenance itu ac,

pernah pelihara VNT 7 tahun ac ga pernah dikotak katik selain ganti filter, masih dingin poll sampe dijual di KM 130rb

kalo mau di maintenance gak ada salahnya juga, asalkan pastikan dpt bengkel yg jaminan mutu
Saya juga sama om. Yg penting filter kabin ganti per 10rb km. Mobil vakum rutin dan srkng nambah air purifier di mobil. Pake mbl rata 6 thn ga pernah ada masalah.

Dlu pernah bawa mbl ke tukang ac bilang mau servis ac, malah bengkel acnya bilang kalo ga ada keluhan ngapain.
2019 DJ P5 VPS
2017 AN150 2GD-FTV
2016 F30 B48B20
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2728
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by evanbngdor »

kendibocor wrote: 17 May 2022, 20:35
Jordiansyah007 wrote: 15 May 2022, 19:54 saya sih skg selama ac mobil gak ada masalah, gak mau perawatan ac,

yg dilakuin cuma rutin ganti filter kabin aja tiap 6 bulan

karena kapok om saya pernah service ac, ac sblmnya dingin normal gak ada masalah lalu ane coba perawatan ky ganti oli komp, freon, dryer, cuci ac, dkk lahh

lah abs dr situ malah timbul aneh2, ada bunyi2 lahh,
kurang dingin, isi freon kelebihan, isi oli komp kelebihan, katup sirkulasi udara pasangnya gak bener

kadang tuh suka gedeg aja gt setelah service kok malah jd ky gitu

baca2 di forum ini banyak jg yg kek ane abis service malah jd aneh2 ac nya yg sblmnya padahal ga knp2

skg saya selama gak rusak gak sy maintenance itu ac,

pernah pelihara VNT 7 tahun ac ga pernah dikotak katik selain ganti filter, masih dingin poll sampe dijual di KM 130rb

kalo mau di maintenance gak ada salahnya juga, asalkan pastikan dpt bengkel yg jaminan mutu
Saya juga sama om. Yg penting filter kabin ganti per 10rb km. Mobil vakum rutin dan srkng nambah air purifier di mobil. Pake mbl rata 6 thn ga pernah ada masalah.

Dlu pernah bawa mbl ke tukang ac bilang mau servis ac, malah bengkel acnya bilang kalo ga ada keluhan ngapain.
Mobil saya jg yg pernah bongkar turun evap ya great corolla aja, karena emang ngga ada filter kabin nya, otomatis lebih kotor meskipun udah jaga kebersihan jg sih.

Innova udah 9 tahun lebih, CRV 6 tahun so far cuma ganti filter kabin aja sama cuci blower. Belom pernah yg namanya 'servis' AC, tambah freon, dll.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1743
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by blloewy »

kendibocor wrote: 17 May 2022, 20:35
Jordiansyah007 wrote: 15 May 2022, 19:54 saya sih skg selama ac mobil gak ada masalah, gak mau perawatan ac,

yg dilakuin cuma rutin ganti filter kabin aja tiap 6 bulan

karena kapok om saya pernah service ac, ac sblmnya dingin normal gak ada masalah lalu ane coba perawatan ky ganti oli komp, freon, dryer, cuci ac, dkk lahh

lah abs dr situ malah timbul aneh2, ada bunyi2 lahh,
kurang dingin, isi freon kelebihan, isi oli komp kelebihan, katup sirkulasi udara pasangnya gak bener

kadang tuh suka gedeg aja gt setelah service kok malah jd ky gitu

baca2 di forum ini banyak jg yg kek ane abis service malah jd aneh2 ac nya yg sblmnya padahal ga knp2

skg saya selama gak rusak gak sy maintenance itu ac,

pernah pelihara VNT 7 tahun ac ga pernah dikotak katik selain ganti filter, masih dingin poll sampe dijual di KM 130rb

kalo mau di maintenance gak ada salahnya juga, asalkan pastikan dpt bengkel yg jaminan mutu
Saya juga sama om. Yg penting filter kabin ganti per 10rb km. Mobil vakum rutin dan srkng nambah air purifier di mobil. Pake mbl rata 6 thn ga pernah ada masalah.

Dlu pernah bawa mbl ke tukang ac bilang mau servis ac, malah bengkel acnya bilang kalo ga ada keluhan ngapain.
Bentar Om...kl rutin Vacuum artinya rutin buang dan isi Freon baru ya? :big_think:

Kl di AC Rumah Tangga itu oli kompresor bertahan kurang lebih 3-10 tahun tergantung warranty si pabrikan u kompresor.
Selama tdk ada kebocoran di kompresor mestinya oli aman2 aja..
Tp kayanha ada beda jenis antara kompresor ac rumah tangga dan beberapa ac mobil juga jd ngga tau mana yg lifetime dan mana yg perlu direplace olinya even kl ngga ada bocor :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2473
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by josomba »

blloewy wrote: 18 May 2022, 08:33
kendibocor wrote: 17 May 2022, 20:35
Jordiansyah007 wrote: 15 May 2022, 19:54 saya sih skg selama ac mobil gak ada masalah, gak mau perawatan ac,

yg dilakuin cuma rutin ganti filter kabin aja tiap 6 bulan

karena kapok om saya pernah service ac, ac sblmnya dingin normal gak ada masalah lalu ane coba perawatan ky ganti oli komp, freon, dryer, cuci ac, dkk lahh

lah abs dr situ malah timbul aneh2, ada bunyi2 lahh,
kurang dingin, isi freon kelebihan, isi oli komp kelebihan, katup sirkulasi udara pasangnya gak bener

kadang tuh suka gedeg aja gt setelah service kok malah jd ky gitu

baca2 di forum ini banyak jg yg kek ane abis service malah jd aneh2 ac nya yg sblmnya padahal ga knp2

skg saya selama gak rusak gak sy maintenance itu ac,

pernah pelihara VNT 7 tahun ac ga pernah dikotak katik selain ganti filter, masih dingin poll sampe dijual di KM 130rb

kalo mau di maintenance gak ada salahnya juga, asalkan pastikan dpt bengkel yg jaminan mutu
Saya juga sama om. Yg penting filter kabin ganti per 10rb km. Mobil vakum rutin dan srkng nambah air purifier di mobil. Pake mbl rata 6 thn ga pernah ada masalah.

Dlu pernah bawa mbl ke tukang ac bilang mau servis ac, malah bengkel acnya bilang kalo ga ada keluhan ngapain.
Bentar Om...kl rutin Vacuum artinya rutin buang dan isi Freon baru ya? :big_think:

Kl di AC Rumah Tangga itu oli kompresor bertahan kurang lebih 3-10 tahun tergantung warranty si pabrikan u kompresor.
Selama tdk ada kebocoran di kompresor mestinya oli aman2 aja..
Tp kayanha ada beda jenis antara kompresor ac rumah tangga dan beberapa ac mobil juga jd ngga tau mana yg lifetime dan mana yg perlu direplace olinya even kl ngga ada bocor :big_grin:
Yang dimaksud om kendibocor keknya vacuum lantai dan karpet mobil mbah....

Kalau ga rutin vacuum, debu2 keisep nyangkut di filter AC.

:ungg:
Image
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1500
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kendibocor »

blloewy wrote: 18 May 2022, 08:33
kendibocor wrote: 17 May 2022, 20:35
Jordiansyah007 wrote: 15 May 2022, 19:54 saya sih skg selama ac mobil gak ada masalah, gak mau perawatan ac,

yg dilakuin cuma rutin ganti filter kabin aja tiap 6 bulan

karena kapok om saya pernah service ac, ac sblmnya dingin normal gak ada masalah lalu ane coba perawatan ky ganti oli komp, freon, dryer, cuci ac, dkk lahh

lah abs dr situ malah timbul aneh2, ada bunyi2 lahh,
kurang dingin, isi freon kelebihan, isi oli komp kelebihan, katup sirkulasi udara pasangnya gak bener

kadang tuh suka gedeg aja gt setelah service kok malah jd ky gitu

baca2 di forum ini banyak jg yg kek ane abis service malah jd aneh2 ac nya yg sblmnya padahal ga knp2

skg saya selama gak rusak gak sy maintenance itu ac,

pernah pelihara VNT 7 tahun ac ga pernah dikotak katik selain ganti filter, masih dingin poll sampe dijual di KM 130rb

kalo mau di maintenance gak ada salahnya juga, asalkan pastikan dpt bengkel yg jaminan mutu
Saya juga sama om. Yg penting filter kabin ganti per 10rb km. Mobil vakum rutin dan srkng nambah air purifier di mobil. Pake mbl rata 6 thn ga pernah ada masalah.

Dlu pernah bawa mbl ke tukang ac bilang mau servis ac, malah bengkel acnya bilang kalo ga ada keluhan ngapain.
Bentar Om...kl rutin Vacuum artinya rutin buang dan isi Freon baru ya? :big_think:

Kl di AC Rumah Tangga itu oli kompresor bertahan kurang lebih 3-10 tahun tergantung warranty si pabrikan u kompresor.
Selama tdk ada kebocoran di kompresor mestinya oli aman2 aja..
Tp kayanha ada beda jenis antara kompresor ac rumah tangga dan beberapa ac mobil juga jd ngga tau mana yg lifetime dan mana yg perlu direplace olinya even kl ngga ada bocor :big_grin:
Maksudnya vakum, vakum daleman mobil om kayak karpet etc :big_peace:
2019 DJ P5 VPS
2017 AN150 2GD-FTV
2016 F30 B48B20
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1743
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by blloewy »

Owh kirain kompresornya divacuum mulu...
Btw kl ini mah wajib apalagi.kl hbs jalan jauh atau pny bocil...
Dijamin auto sisa makanan dan bekas tanah di sepatu pada sisa...
Selain rutin ganti filter cabin juga
nubie in all things - still need to learn
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1167
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by benzz89 »

Ane jg mau service maintenance AC mobil jd ngeri2 sedap gitu sih, nightmare banget kl sebelum masuk bengkel AC normal & dingin gak ada masalah, begitu keluar bengkel AC malah muncul banyak masalah.

Kl bengkel AC kan sarannya hrs rutin maintenance per 2 taon lah minimal kaya part2 mobil lainnya tp khusus AC ini ane jg bingung, mau maintenance takut zonk aja hahahah...

Fortuner selama 12 taon baru 2x cuci evap, yg pertama di KM 40 ribu. Memang kotor & berlendir gitu padahal pakai filter & rutin jg ganti, tp memang jarang vacuum kabinnya. Kedua cuci evap lg di KM 110 ribu, tp yg kedua ini tdk sekotor yg pertama. Sisanya gak pernah diapa2in lg itu sistem AC & dingin poll smp skrng.

Yg jd concern ane adalah oli kompresor hrs diganti kapan yah? Sama bearing kompresor itu kan muter terus ikut serpentine belt mesin, nah bearing ini apakah jg bs di maintenance? Emang kuat banget ini AC nya toyota, dingin kaya kulkas & trouble free utk jangka panjang dgn minim maintenance, cukup sering2 ganti filter AC aja sih kuncinya.

Camry waktu umur 8 taon ke bengkel AC maksud hati buat bebersih & maintenance, ditanya odo berapa, ane jawab 26 ribuan, dibilang sudah jangan di apa2in kl tdk ada masalah, cuman di suruh ganti filter aja & semprot kondensor yg di depan mesin. Evap jg tdk dibersihin krn ribet hrs bongkar dashboard katanya. AC camry lebih dahsyat lg dingin kulkasnya, suhu 25 derajat di siang hari aja sdh cukup, mentok2 jg paling 24 aja sdh terlalu dingin.

Kayanya emang kl tdk ada masalah jangan di apa2in yah itu AC mobil, cuman concern ane di oli kompresor & bearingnya aja sih kl tdk di maintain. Evap kl mau bebersih emang repot hrs bongkar dashboard, pakai obat yg di semprot ke blower ntah apakah efektif, pernah coba sih 1x memang kotor liat di buangan air AC nya.
br3wox
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 123
Joined: 07 May 2015, 01:58

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by br3wox »

benzz89 wrote:Ane jg mau service maintenance AC mobil jd ngeri2 sedap gitu sih, nightmare banget kl sebelum masuk bengkel AC normal & dingin gak ada masalah, begitu keluar bengkel AC malah muncul banyak masalah.

Kl bengkel AC kan sarannya hrs rutin maintenance per 2 taon lah minimal kaya part2 mobil lainnya tp khusus AC ini ane jg bingung, mau maintenance takut zonk aja hahahah...

Fortuner selama 12 taon baru 2x cuci evap, yg pertama di KM 40 ribu. Memang kotor & berlendir gitu padahal pakai filter & rutin jg ganti, tp memang jarang vacuum kabinnya. Kedua cuci evap lg di KM 110 ribu, tp yg kedua ini tdk sekotor yg pertama. Sisanya gak pernah diapa2in lg itu sistem AC & dingin poll smp skrng.

Yg jd concern ane adalah oli kompresor hrs diganti kapan yah? Sama bearing kompresor itu kan muter terus ikut serpentine belt mesin, nah bearing ini apakah jg bs di maintenance? Emang kuat banget ini AC nya toyota, dingin kaya kulkas & trouble free utk jangka panjang dgn minim maintenance, cukup sering2 ganti filter AC aja sih kuncinya.

Camry waktu umur 8 taon ke bengkel AC maksud hati buat bebersih & maintenance, ditanya odo berapa, ane jawab 26 ribuan, dibilang sudah jangan di apa2in kl tdk ada masalah, cuman di suruh ganti filter aja & semprot kondensor yg di depan mesin. Evap jg tdk dibersihin krn ribet hrs bongkar dashboard katanya. AC camry lebih dahsyat lg dingin kulkasnya, suhu 25 derajat di siang hari aja sdh cukup, mentok2 jg paling 24 aja sdh terlalu dingin.

Kayanya emang kl tdk ada masalah jangan di apa2in yah itu AC mobil, cuman concern ane di oli kompresor & bearingnya aja sih kl tdk di maintain. Evap kl mau bebersih emang repot hrs bongkar dashboard, pakai obat yg di semprot ke blower ntah apakah efektif, pernah coba sih 1x memang kotor liat di buangan air AC nya.
Saya juga pengalaman gini nih… mau cek ac aja perawatan. Periksa2 kuras freon… bersihin evap (kagak kotor amat). Sebulan kemudian ac ngedrop kalo rpm rendah hahaha…. Dasar gendeng tu AC. Kalo kt pencet tombol A/C trus normal lagi.

Mobil satu lagi mau periksa AC, disuruh pulang aja. Ngapain dibersihin kalo masih dingin..

Baca-baca thread ini sungguh bergizi.

Thanks for sharing
r1409
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 506
Joined: 24 Dec 2013, 10:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by r1409 »

permisi numpang tanya, kalau ertiga diesel ane kalo pas kompresor ac dinyalakan, dari blower belakang ada semacam bunyi air dan desisan. bunyi air ini cuma sekitar 3 detikan saja. kalau bunyi desisan bisa agak lama, sekitar 20 detikan baru hilang. tapi anehnya posisi blower belakang mati pun tetap bunyi gitu saat nyalain ac dari panel depan. di depan ga bunyi, bunyinya dari blower belakang aja. kenapa ya?

hembusan masih dingin, habis servis besar di BeRes 2 minggu lalu laporan AC normal. tapi entah apakah ini test yg belakang juga, biasanya org test AC cuma depan saja. sudah berlangsung sejak saya beli bekas 2 bulan lalu, awalnya saya kira memang gitu tapi kok semakin lama makin ga sreg, takut ada masalah.

histori pemilik pertama ada masalah di AC belakang dan sudah diganti assy di BeRes.
ariswp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by ariswp »

Ijin sharing om

Karena selama punya mobil ini (keluaran 2008 tp ambil seken tahun 2016) belum pernah ganti oli kompresor, perawatan hanya rutin ganti filter ac dan tahun 2020 akhir lalu ganti motor fan + extra fan saja

Akhirnya minggu kemarin memberanikan diri untuk flushing ac, harapannya kalo positif maka brio dan hrv dirumah juga bakal saya kuras

Kurasnya di bengkel ac biasa (non authorized denso), karena sebelumnya ganti motor+extra fan di authorized denso kurang puas sama ownernya, semacam nyari2 excuse buat saya mengiyakan untuk bongkar ac sekalian, bersih2 evap, dll pdhl saya tidak ada keluhan dengan ac, bahkan filter ac masi baru dan bersih disuruh ganti (yg ini yaudahlah buat obat kecut dia)

Lanjut aja, yg mengenai flushing ac ini, pertama tama diukur temperatur di kisi2 sebelum kuras terukur sekitar 7.3 derajat
Lalu proses flushing dimulai, pakai alat LAX dan estimasi satu jam kurang lebih
Oli kompresor yg keluar sudah keruh sih dan ada kekuningan dikit di buihnya
Setelah selesai, ac dinyalakan, diukur temperatur kisi2 turun ke 4.9 derajat artinya masih sangat dingin menurut bengkelnya
Analisis visual oli kompresor juga tidak mencurigakan, keruh coklat tapi disenter masih tembus cahaya, dan gram minimal
Lalu kompresor di tembak thermogun dan temperatur masih kompresor masih normal, bengkel hanya ngasi saran pergantian magnetic clutch 2-3 tahun lagi (preventive), sekalian expan valve dan dryer, overall sistem ac masi bagus katanya

Yg saya rasakan seminggu ini memang ac lebih dingin, sampai2 saya menyetel suhu yg 1-2 klik menjelang heater,
Hanya saja anomali lain yg saya rasakan, untuk mwncapai temperatur dingin sedikit lebih lama dari sebelum flushing, tapi ketika sudah dingin ya dingin banget, set suhu tidak pernah lebih dari 3 klik puteran (tidak sampai 1/2)

Cetekkan/engaging magnet clutch juga lebih halus, dan beban mesin sedikit lebih enteng ketika ac nyala

DC : 550rb
Sekian
Attachments
Temperatur setelah flushing
Temperatur setelah flushing
Temperatur sebelum flushing
Temperatur sebelum flushing
Oli kompresor lama
Oli kompresor lama
flushing
flushing
Present
R20A 5AT 08 / Fuchs Titan Syn SN+ 5w30
R18Z CVT 17 / Eneos Asia SN 0w20
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 488
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

r1409 wrote:permisi numpang tanya, kalau ertiga diesel ane kalo pas kompresor ac dinyalakan, dari blower belakang ada semacam bunyi air dan desisan. bunyi air ini cuma sekitar 3 detikan saja. kalau bunyi desisan bisa agak lama, sekitar 20 detikan baru hilang. tapi anehnya posisi blower belakang mati pun tetap bunyi gitu saat nyalain ac dari panel depan. di depan ga bunyi, bunyinya dari blower belakang aja. kenapa ya?

hembusan masih dingin, habis servis besar di BeRes 2 minggu lalu laporan AC normal. tapi entah apakah ini test yg belakang juga, biasanya org test AC cuma depan saja. sudah berlangsung sejak saya beli bekas 2 bulan lalu, awalnya saya kira memang gitu tapi kok semakin lama makin ga sreg, takut ada masalah.

histori pemilik pertama ada masalah di AC belakang dan sudah diganti assy di BeRes.
Coba dicek Expansion Valve nya, kemungkinan bermasalah di situ.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 488
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

marzoochi wrote:Oom Kemuning, penasaran dengan aditif Freon berikut iji, klaim nya dapat memperpanjang umur freon dan kompressor, membuat suhu udara lebih dingin.

Ditambahkan di low side service port

Mohon info dan arahannya mengenai aditif ini, dan berapa lama bertahan efeknya jika sistem AC dalam keadaan sehat.
6DFBE371-36AE-45BE-BCF6-954167628CE4.jpeg
Ini cuma buat UV Dye, sama ada tambahan oli compressor sedikit, ga guna sih senenernya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 488
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

ariswp wrote:Ijin sharing om

Karena selama punya mobil ini (keluaran 2008 tp ambil seken tahun 2016) belum pernah ganti oli kompresor, perawatan hanya rutin ganti filter ac dan tahun 2020 akhir lalu ganti motor fan + extra fan saja

Akhirnya minggu kemarin memberanikan diri untuk flushing ac, harapannya kalo positif maka brio dan hrv dirumah juga bakal saya kuras

Kurasnya di bengkel ac biasa (non authorized denso), karena sebelumnya ganti motor+extra fan di authorized denso kurang puas sama ownernya, semacam nyari2 excuse buat saya mengiyakan untuk bongkar ac sekalian, bersih2 evap, dll pdhl saya tidak ada keluhan dengan ac, bahkan filter ac masi baru dan bersih disuruh ganti (yg ini yaudahlah buat obat kecut dia)

Lanjut aja, yg mengenai flushing ac ini, pertama tama diukur temperatur di kisi2 sebelum kuras terukur sekitar 7.3 derajat
Lalu proses flushing dimulai, pakai alat LAX dan estimasi satu jam kurang lebih
Oli kompresor yg keluar sudah keruh sih dan ada kekuningan dikit di buihnya
Setelah selesai, ac dinyalakan, diukur temperatur kisi2 turun ke 4.9 derajat artinya masih sangat dingin menurut bengkelnya
Analisis visual oli kompresor juga tidak mencurigakan, keruh coklat tapi disenter masih tembus cahaya, dan gram minimal
Lalu kompresor di tembak thermogun dan temperatur masih kompresor masih normal, bengkel hanya ngasi saran pergantian magnetic clutch 2-3 tahun lagi (preventive), sekalian expan valve dan dryer, overall sistem ac masi bagus katanya

Yg saya rasakan seminggu ini memang ac lebih dingin, sampai2 saya menyetel suhu yg 1-2 klik menjelang heater,
Hanya saja anomali lain yg saya rasakan, untuk mwncapai temperatur dingin sedikit lebih lama dari sebelum flushing, tapi ketika sudah dingin ya dingin banget, set suhu tidak pernah lebih dari 3 klik puteran (tidak sampai 1/2)

Cetekkan/engaging magnet clutch juga lebih halus, dan beban mesin sedikit lebih enteng ketika ac nyala

DC : 550rb
Sekian
Kapasitas Oli nya dikasih brp ml? Pake Oli merk dan tipe apa? Freon merk apa? Uda sesuai kapasitas? Itu doang yg perlu diperhatiin kalo flushing dan yg nentuin performanya. (Dengan catatan semua parts bagus).
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 488
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

benzz89 wrote:Ane jg mau service maintenance AC mobil jd ngeri2 sedap gitu sih, nightmare banget kl sebelum masuk bengkel AC normal & dingin gak ada masalah, begitu keluar bengkel AC malah muncul banyak masalah.

Kl bengkel AC kan sarannya hrs rutin maintenance per 2 taon lah minimal kaya part2 mobil lainnya tp khusus AC ini ane jg bingung, mau maintenance takut zonk aja hahahah...

Fortuner selama 12 taon baru 2x cuci evap, yg pertama di KM 40 ribu. Memang kotor & berlendir gitu padahal pakai filter & rutin jg ganti, tp memang jarang vacuum kabinnya. Kedua cuci evap lg di KM 110 ribu, tp yg kedua ini tdk sekotor yg pertama. Sisanya gak pernah diapa2in lg itu sistem AC & dingin poll smp skrng.

Yg jd concern ane adalah oli kompresor hrs diganti kapan yah? Sama bearing kompresor itu kan muter terus ikut serpentine belt mesin, nah bearing ini apakah jg bs di maintenance? Emang kuat banget ini AC nya toyota, dingin kaya kulkas & trouble free utk jangka panjang dgn minim maintenance, cukup sering2 ganti filter AC aja sih kuncinya.

Camry waktu umur 8 taon ke bengkel AC maksud hati buat bebersih & maintenance, ditanya odo berapa, ane jawab 26 ribuan, dibilang sudah jangan di apa2in kl tdk ada masalah, cuman di suruh ganti filter aja & semprot kondensor yg di depan mesin. Evap jg tdk dibersihin krn ribet hrs bongkar dashboard katanya. AC camry lebih dahsyat lg dingin kulkasnya, suhu 25 derajat di siang hari aja sdh cukup, mentok2 jg paling 24 aja sdh terlalu dingin.

Kayanya emang kl tdk ada masalah jangan di apa2in yah itu AC mobil, cuman concern ane di oli kompresor & bearingnya aja sih kl tdk di maintain. Evap kl mau bebersih emang repot hrs bongkar dashboard, pakai obat yg di semprot ke blower ntah apakah efektif, pernah coba sih 1x memang kotor liat di buangan air AC nya.
Kalo secara teori setiap 40rb KM penggantian Oli Comp. Tapi sebenernya banyak faktornya yg menentukan harus ganti apa ngga, yg jelas sesuai pemakaian selama ini gimana.

Contoh:
Mobil Jazz, tarolah tahun 2012. Mobil dipake tiap hari rutin sekitar 50 KM / hari. Jazz pake 2 motor fan, motor fan AC dan Radiator, pas salah satu motor fan mati, mesin ngga akan overheat karena masih ada 1 yang hidup, cuma kerjanya jadi extra berat, owner pun ngga akan tau mati atau tidak kalo ga pernah ngecek, karena suara motor fan masih ada yg hidup.

Mobil dipake sebulan dengan keadaan 1 motor fan mati, ini otomatis tekanan High Pressure AC jadi tinggi karena ada 1 motor fan yg mati. Apalagi kalo suka pake blower AC di speed tinggi (2-3), makin tinggi High Pressure nya, lama2 Oli compressor berkurang dan jadi problem buat mobil.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25917
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by DOHC »

kemuningauto wrote: 31 Jul 2022, 09:57
Dah lama ga muncul d marih, kmane aj mbah :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 488
Joined: 23 Jun 2019, 14:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Contact:

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

DOHC wrote:
kemuningauto wrote: 31 Jul 2022, 09:57
Dah lama ga muncul d marih, kmane aj mbah :upss:
Iya nih, kemarin2 lg sibuk Image
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
Post Reply