benzz89 wrote:Ane jg mau service maintenance AC mobil jd ngeri2 sedap gitu sih, nightmare banget kl sebelum masuk bengkel AC normal & dingin gak ada masalah, begitu keluar bengkel AC malah muncul banyak masalah.
Kl bengkel AC kan sarannya hrs rutin maintenance per 2 taon lah minimal kaya part2 mobil lainnya tp khusus AC ini ane jg bingung, mau maintenance takut zonk aja hahahah...
Fortuner selama 12 taon baru 2x cuci evap, yg pertama di KM 40 ribu. Memang kotor & berlendir gitu padahal pakai filter & rutin jg ganti, tp memang jarang vacuum kabinnya. Kedua cuci evap lg di KM 110 ribu, tp yg kedua ini tdk sekotor yg pertama. Sisanya gak pernah diapa2in lg itu sistem AC & dingin poll smp skrng.
Yg jd concern ane adalah oli kompresor hrs diganti kapan yah? Sama bearing kompresor itu kan muter terus ikut serpentine belt mesin, nah bearing ini apakah jg bs di maintenance? Emang kuat banget ini AC nya toyota, dingin kaya kulkas & trouble free utk jangka panjang dgn minim maintenance, cukup sering2 ganti filter AC aja sih kuncinya.
Camry waktu umur 8 taon ke bengkel AC maksud hati buat bebersih & maintenance, ditanya odo berapa, ane jawab 26 ribuan, dibilang sudah jangan di apa2in kl tdk ada masalah, cuman di suruh ganti filter aja & semprot kondensor yg di depan mesin. Evap jg tdk dibersihin krn ribet hrs bongkar dashboard katanya. AC camry lebih dahsyat lg dingin kulkasnya, suhu 25 derajat di siang hari aja sdh cukup, mentok2 jg paling 24 aja sdh terlalu dingin.
Kayanya emang kl tdk ada masalah jangan di apa2in yah itu AC mobil, cuman concern ane di oli kompresor & bearingnya aja sih kl tdk di maintain. Evap kl mau bebersih emang repot hrs bongkar dashboard, pakai obat yg di semprot ke blower ntah apakah efektif, pernah coba sih 1x memang kotor liat di buangan air AC nya.
Kalo secara teori setiap 40rb KM penggantian Oli Comp. Tapi sebenernya banyak faktornya yg menentukan harus ganti apa ngga, yg jelas sesuai pemakaian selama ini gimana.
Contoh:
Mobil Jazz, tarolah tahun 2012. Mobil dipake tiap hari rutin sekitar 50 KM / hari. Jazz pake 2 motor fan, motor fan AC dan Radiator, pas salah satu motor fan mati, mesin ngga akan overheat karena masih ada 1 yang hidup, cuma kerjanya jadi extra berat, owner pun ngga akan tau mati atau tidak kalo ga pernah ngecek, karena suara motor fan masih ada yg hidup.
Mobil dipake sebulan dengan keadaan 1 motor fan mati, ini otomatis tekanan High Pressure AC jadi tinggi karena ada 1 motor fan yg mati. Apalagi kalo suka pake blower AC di speed tinggi (2-3), makin tinggi High Pressure nya, lama2 Oli compressor berkurang dan jadi problem buat mobil.