Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by nugroho bagor »

Om Kemuning mau nanya, pernah service AC, ganti freon dan oli, kira kira sudah 1.5 tahun, kemarin mobil gak keluar anginnya, cuma dingin saja, saya bawa ke bengkel AC, nunjukkin foto foto sudah hitam dan ada gellnya, Halah amsiong deh, pertannyaanya service AC sebaiknya pe 10 ribu ya ,om atau bagaimana, ini berasa kebobolan atau teledor aja, berasa sudah service ,taunnya ada gel, makasih om
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

nugroho bagor wrote:Om Kemuning mau nanya, pernah service AC, ganti freon dan oli, kira kira sudah 1.5 tahun, kemarin mobil gak keluar anginnya, cuma dingin saja, saya bawa ke bengkel AC, nunjukkin foto foto sudah hitam dan ada gellnya, Halah amsiong deh, pertannyaanya service AC sebaiknya pe 10 ribu ya ,om atau bagaimana, ini berasa kebobolan atau teledor aja, berasa sudah service ,taunnya ada gel, makasih om
Mobilnya apa? Tahun brp? Emang ngga pake Filter Cabin? Kalo pake kan tinggal diganti Filter Cabinnya. Dan kekotoran di Evaporator AC mobil tergantung kabin mobil kotor atau ngga, terutama di bagian depan. Kalo sampe berlendir berarti ada faktor lain, seperti pake parfum mobil yg dipasang di grill AC, suka ngevape di mobil, disemprot2 cairan yg claimnya bisa bersihin Evaporator lewat grill.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by nugroho bagor »

kemuningauto wrote: Mon Feb 01, 2021 3:43
nugroho bagor wrote:Om Kemuning mau nanya, pernah service AC, ganti freon dan oli, kira kira sudah 1.5 tahun, kemarin mobil gak keluar anginnya, cuma dingin saja, saya bawa ke bengkel AC, nunjukkin foto foto sudah hitam dan ada gellnya, Halah amsiong deh, pertannyaanya service AC sebaiknya pe 10 ribu ya ,om atau bagaimana, ini berasa kebobolan atau teledor aja, berasa sudah service ,taunnya ada gel, makasih om
Mobilnya apa? Tahun brp? Emang ngga pake Filter Cabin? Kalo pake kan tinggal diganti Filter Cabinnya. Dan kekotoran di Evaporator AC mobil tergantung kabin mobil kotor atau ngga, terutama di bagian depan. Kalo sampe berlendir berarti ada faktor lain, seperti pake parfum mobil yg dipasang di grill AC, suka ngevape di mobil, disemprot2 cairan yg claimnya bisa bersihin Evaporator lewat grill.
Ah pakai Vape pun, pengaruh ya om, makasih infonnya , appriciated
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

nugroho bagor wrote:
kemuningauto wrote: Mon Feb 01, 2021 3:43
nugroho bagor wrote:Om Kemuning mau nanya, pernah service AC, ganti freon dan oli, kira kira sudah 1.5 tahun, kemarin mobil gak keluar anginnya, cuma dingin saja, saya bawa ke bengkel AC, nunjukkin foto foto sudah hitam dan ada gellnya, Halah amsiong deh, pertannyaanya service AC sebaiknya pe 10 ribu ya ,om atau bagaimana, ini berasa kebobolan atau teledor aja, berasa sudah service ,taunnya ada gel, makasih om
Mobilnya apa? Tahun brp? Emang ngga pake Filter Cabin? Kalo pake kan tinggal diganti Filter Cabinnya. Dan kekotoran di Evaporator AC mobil tergantung kabin mobil kotor atau ngga, terutama di bagian depan. Kalo sampe berlendir berarti ada faktor lain, seperti pake parfum mobil yg dipasang di grill AC, suka ngevape di mobil, disemprot2 cairan yg claimnya bisa bersihin Evaporator lewat grill.
Ah pakai Vape pun, pengaruh ya om, makasih infonnya , appriciated
Pengaruh. Filter Cabin gabisa ngefilter asap Vaping. Terlalu kecil partikelnya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by blloewy »

kemuningauto wrote: Mon Feb 01, 2021 3:43
nugroho bagor wrote:Om Kemuning mau nanya, pernah service AC, ganti freon dan oli, kira kira sudah 1.5 tahun, kemarin mobil gak keluar anginnya, cuma dingin saja, saya bawa ke bengkel AC, nunjukkin foto foto sudah hitam dan ada gellnya, Halah amsiong deh, pertannyaanya service AC sebaiknya pe 10 ribu ya ,om atau bagaimana, ini berasa kebobolan atau teledor aja, berasa sudah service ,taunnya ada gel, makasih om
Mobilnya apa? Tahun brp? Emang ngga pake Filter Cabin? Kalo pake kan tinggal diganti Filter Cabinnya. Dan kekotoran di Evaporator AC mobil tergantung kabin mobil kotor atau ngga, terutama di bagian depan. Kalo sampe berlendir berarti ada faktor lain, seperti pake parfum mobil yg dipasang di grill AC, suka ngevape di mobil, disemprot2 cairan yg claimnya bisa bersihin Evaporator lewat grill.
owh parfum yg dipasang di grill itu malah ngerusak ya om?
krn cairannya ada kemungkinan tumpah dan masuk ke evap ya?
nubie in all things - still need to learn
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by josomba »

blloewy wrote: Mon Feb 01, 2021 5:40
owh parfum yg dipasang di grill itu malah ngerusak ya om?
krn cairannya ada kemungkinan tumpah dan masuk ke evap ya?
Uapnya um setau saya terutama pas kondisi mobil kejemur, bukan karena tumpah. haha :big_childish:
Image
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

josomba wrote:
blloewy wrote: Mon Feb 01, 2021 5:40
owh parfum yg dipasang di grill itu malah ngerusak ya om?
krn cairannya ada kemungkinan tumpah dan masuk ke evap ya?
Uapnya um setau saya terutama pas kondisi mobil kejemur, bukan karena tumpah. haha :big_childish:
Nah ini betul. Uapnya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by midrpm »

Om kemuningauto mau tanya, klo biasanya cuci ac yg bongkar dashboard gitu, setir mobil di lepas ga ya dari dudukannya? kadang ngeliatnya ngeri juga tkt pas di pasang jadi miring gitu om.
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

midrpm wrote:Om kemuningauto mau tanya, klo biasanya cuci ac yg bongkar dashboard gitu, setir mobil di lepas ga ya dari dudukannya? kadang ngeliatnya ngeri juga tkt pas di pasang jadi miring gitu om.
Tergantung mobil apa dulu? Ada yg sampe turun, ada juga yg ngga perlu. Mustinya sih ngga akan miring ya, soalnya udah ada dudukannya kalo setir ke bracketnya dan bautnya pun 4 pcs.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by sintoni »

kemuningauto wrote: Mon Feb 01, 2021 3:43 Mobilnya apa? Tahun brp? Emang ngga pake Filter Cabin? Kalo pake kan tinggal diganti Filter Cabinnya. Dan kekotoran di Evaporator AC mobil tergantung kabin mobil kotor atau ngga, terutama di bagian depan. Kalo sampe berlendir berarti ada faktor lain, seperti pake parfum mobil yg dipasang di grill AC, suka ngevape di mobil, disemprot2 cairan yg claimnya bisa bersihin Evaporator lewat grill.
Lah, cairan AC cleaner yg disemprot2 itu bohongan semua om? Ane liat ada yg disenprot dari grill sama ada yg disemprot ke evap?
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by evanbngdor »

sintoni wrote: Thu Feb 25, 2021 13:51
kemuningauto wrote: Mon Feb 01, 2021 3:43 Mobilnya apa? Tahun brp? Emang ngga pake Filter Cabin? Kalo pake kan tinggal diganti Filter Cabinnya. Dan kekotoran di Evaporator AC mobil tergantung kabin mobil kotor atau ngga, terutama di bagian depan. Kalo sampe berlendir berarti ada faktor lain, seperti pake parfum mobil yg dipasang di grill AC, suka ngevape di mobil, disemprot2 cairan yg claimnya bisa bersihin Evaporator lewat grill.
Lah, cairan AC cleaner yg disemprot2 itu bohongan semua om? Ane liat ada yg disenprot dari grill sama ada yg disemprot ke evap?
Foam yg disemprot ke evap/kisi-kisi AC sih itu gimmick doang. Fungsi dan hasilnya ngga maksimal. Drpd pake itu mending nabung dikit bawa ke bengkel AC buat bersihin semua kisi-kisi AC satu per satu, sekalian evap nya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

sintoni wrote:
kemuningauto wrote: Mon Feb 01, 2021 3:43 Mobilnya apa? Tahun brp? Emang ngga pake Filter Cabin? Kalo pake kan tinggal diganti Filter Cabinnya. Dan kekotoran di Evaporator AC mobil tergantung kabin mobil kotor atau ngga, terutama di bagian depan. Kalo sampe berlendir berarti ada faktor lain, seperti pake parfum mobil yg dipasang di grill AC, suka ngevape di mobil, disemprot2 cairan yg claimnya bisa bersihin Evaporator lewat grill.
Lah, cairan AC cleaner yg disemprot2 itu bohongan semua om? Ane liat ada yg disenprot dari grill sama ada yg disemprot ke evap?
Dibohongin itu sih sebenernya. Logikanya gimana caranya si foam bisa ngebersihin Evaporator yg kotor? Kecuali kalo foamnya keras dan itupun sifatnya makan bahan Aluminium si Evaporator. Sering bgt kita nemuin org yg pake itu, jamuran semua Evaporatornya putih2 dan keropos.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by DOHC »

kemuningauto wrote: Fri Feb 26, 2021 2:58
sintoni wrote:
kemuningauto wrote: Mon Feb 01, 2021 3:43 Mobilnya apa? Tahun brp? Emang ngga pake Filter Cabin? Kalo pake kan tinggal diganti Filter Cabinnya. Dan kekotoran di Evaporator AC mobil tergantung kabin mobil kotor atau ngga, terutama di bagian depan. Kalo sampe berlendir berarti ada faktor lain, seperti pake parfum mobil yg dipasang di grill AC, suka ngevape di mobil, disemprot2 cairan yg claimnya bisa bersihin Evaporator lewat grill.
Lah, cairan AC cleaner yg disemprot2 itu bohongan semua om? Ane liat ada yg disenprot dari grill sama ada yg disemprot ke evap?
Dibohongin itu sih sebenernya. Logikanya gimana caranya si foam bisa ngebersihin Evaporator yg kotor? Kecuali kalo foamnya keras dan itupun sifatnya makan bahan Aluminium si Evaporator. Sering bgt kita nemuin org yg pake itu, jamuran semua Evaporatornya putih2 dan keropos.
Boongan yah om

Sip..bentar brb

Mau ke beres honda gebukin tu SA nya yg nawarin servis ac pake foam gtuan, skali nya resistor korslet abis foam2 an malah ngeyel nyalahin faktor umur

Btw, kl filter ac inofa ribon ama inofa seri2 seblom nya itu sama ga om ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

DOHC wrote:
kemuningauto wrote: Fri Feb 26, 2021 2:58
sintoni wrote: Lah, cairan AC cleaner yg disemprot2 itu bohongan semua om? Ane liat ada yg disenprot dari grill sama ada yg disemprot ke evap?
Dibohongin itu sih sebenernya. Logikanya gimana caranya si foam bisa ngebersihin Evaporator yg kotor? Kecuali kalo foamnya keras dan itupun sifatnya makan bahan Aluminium si Evaporator. Sering bgt kita nemuin org yg pake itu, jamuran semua Evaporatornya putih2 dan keropos.
Boongan yah om

Sip..bentar brb

Mau ke beres honda gebukin tu SA nya yg nawarin servis ac pake foam gtuan, skali nya resistor korslet abis foam2 an malah ngeyel nyalahin faktor umur

Btw, kl filter ac inofa ribon ama inofa seri2 seblom nya itu sama ga om ?
Nah itu bisa karena foam2. Filter Cabin Innova GNKI sama Reborn beda.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 383
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by doko86 »

Om kemuning, mau tanya untuk ganti oli compressor itu tiap berapa km y? Trus yg d ganti apa aja dan kira2 biaya habisnya kisaran berapa y om. 1 KR ane kalau malam sama pagi dingin, tp kalau udah siang panas kalau kondisi diem, tp kalai jalan agak lumayam
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

doko86 wrote:Om kemuning, mau tanya untuk ganti oli compressor itu tiap berapa km y? Trus yg d ganti apa aja dan kira2 biaya habisnya kisaran berapa y om. 1 KR ane kalau malam sama pagi dingin, tp kalau udah siang panas kalau kondisi diem, tp kalai jalan agak lumayam
Setiap 30.000 KM. Oli Compressor, Silica Dryer atau Receiver Dryer. Kisaran 350-500 kurleb buat costnya. Kalo casenya kaya gitu coba dicek dulu kompresi bagus ngga, ada kebocoran atau ngga, motor fan perform dengan baik atau ngga, kondisi radiator dan thermostat radiator juga dicek, coolantnya karatan atau ngga.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 383
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by doko86 »

kemuningauto wrote: Fri Feb 26, 2021 9:50
doko86 wrote:Om kemuning, mau tanya untuk ganti oli compressor itu tiap berapa km y? Trus yg d ganti apa aja dan kira2 biaya habisnya kisaran berapa y om. 1 KR ane kalau malam sama pagi dingin, tp kalau udah siang panas kalau kondisi diem, tp kalai jalan agak lumayam
Setiap 30.000 KM. Oli Compressor, Silica Dryer atau Receiver Dryer. Kisaran 350-500 kurleb buat costnya. Kalo casenya kaya gitu coba dicek dulu kompresi bagus ngga, ada kebocoran atau ngga, motor fan perform dengan baik atau ngga, kondisi radiator dan thermostat radiator juga dicek, coolantnya karatan atau ngga.
om kemuning, kalau ganti oli compressor apakah harus isi ulang freon juga om.
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

doko86 wrote:
kemuningauto wrote: Fri Feb 26, 2021 9:50
doko86 wrote:Om kemuning, mau tanya untuk ganti oli compressor itu tiap berapa km y? Trus yg d ganti apa aja dan kira2 biaya habisnya kisaran berapa y om. 1 KR ane kalau malam sama pagi dingin, tp kalau udah siang panas kalau kondisi diem, tp kalai jalan agak lumayam
Setiap 30.000 KM. Oli Compressor, Silica Dryer atau Receiver Dryer. Kisaran 350-500 kurleb buat costnya. Kalo casenya kaya gitu coba dicek dulu kompresi bagus ngga, ada kebocoran atau ngga, motor fan perform dengan baik atau ngga, kondisi radiator dan thermostat radiator juga dicek, coolantnya karatan atau ngga.
om kemuning, kalau ganti oli compressor apakah harus isi ulang freon juga om.
Udah pasti. Karena dikuras dulu baik freon maupun oli compressor yg lama, baru dimasukin yg baru.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
masaudie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by masaudie »

Halo om-om, bakal banyak nanya nih tentang per AC an. Saya pake ipah V bensin 2014 km 110rb. Ini mobil udah tangan ke 3, dan nggak tau histori maintenance AC nya.

- Apakah perlu cek kondisi sistem AC? Apa ajakah yah perlu dicek? Supaya nanti nggak tiba2 rusak harus ganti ini itu, ditambah minggu depan mau road trip Malang jd kondisinya mesti prima krn bawa anak2 dan mertua.
- Hari ini di Jakarta cukup panas, indikator temperatur di MID 39 derajat C. Dan tadi sempet parkir agak lama sambil makan (berhubung pandemi jadi makan take away di mobil) kurang lebih 1 jam, AC perlahan anginnya panas. Tapi pas mobil dijalanin, dinginnya normal (bahkan tergolong dingin banget untuk ukuran saya hehe). Selama lebih dari 15 taun bawa mobil, tau nya emang kalo mobil stasioner, AC akan berat kerjanya krn panas mesin disitu-situ aja nggak kemana2. Jadi AC nggak optimal dan dinginnya bakal jauh berkurang. Bener kah pengetahuan ini?
- Ada rekomen bengkel AC yang jujur dan bagus? Area tangerang selatan, atau Jakarta juga boleh.

Terima kasih!
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »


masaudie wrote:Halo om-om, bakal banyak nanya nih tentang per AC an. Saya pake ipah V bensin 2014 km 110rb. Ini mobil udah tangan ke 3, dan nggak tau histori maintenance AC nya.

- Apakah perlu cek kondisi sistem AC? Apa ajakah yah perlu dicek? Supaya nanti nggak tiba2 rusak harus ganti ini itu, ditambah minggu depan mau road trip Malang jd kondisinya mesti prima krn bawa anak2 dan mertua.
- Hari ini di Jakarta cukup panas, indikator temperatur di MID 39 derajat C. Dan tadi sempet parkir agak lama sambil makan (berhubung pandemi jadi makan take away di mobil) kurang lebih 1 jam, AC perlahan anginnya panas. Tapi pas mobil dijalanin, dinginnya normal (bahkan tergolong dingin banget untuk ukuran saya hehe). Selama lebih dari 15 taun bawa mobil, tau nya emang kalo mobil stasioner, AC akan berat kerjanya krn panas mesin disitu-situ aja nggak kemana2. Jadi AC nggak optimal dan dinginnya bakal jauh berkurang. Bener kah pengetahuan ini?
- Ada rekomen bengkel AC yang jujur dan bagus? Area tangerang selatan, atau Jakarta juga boleh.

Terima kasih!
Oke siap. Saran saya kalo belum tau history sebelumnya dengan KM 110rb sebaiknya dilakukan service berkala (depan dan belakang) lalu penggantian Silica Dryer. Dan dicek performa dari Visco Fan, masih kencang atau tidak. Tidak ketinggalan dicek juga Radiator, Thermostat Radiator, kondisi Coolant Radiator, dan sirkulasi airnya.

Kalo bicara untuk kedinginan sistem AC mobil saat stasioner dan berjalan, betul pasti lebih dingin saat berjalan. Karena belt yg memutar Compressor semakin kencang putarannya seiring dengan RPM mesin yg semakin naik, tapi ngga jadi berat kok kerjanya selama settingan bener (contoh dengan settingan blower baik depan dan belakang di 1-2 maksimal dan temperatur 3/4 jangan dimentokin bgt)

Tapi, kalo sistem AC mobil normal semua kinerjanya, saat stasioner pun bisa menghembuskan udara dari grill2 AC dengan temperatur di bawah 8° Celcius saat siang hari (perkiraan suhu luar kurleb 34° - 36° Celcius).

Penyebab mobil @masaudie kurang dingin pas stasioner atau bahkan anginnya panas ada beberapa sebab, nanti silahkan dicek di bengkel AC.

- Kebocoran di sistem AC.
- Lemahnya kompresi Compressor.
- Lemahnya Visco Fan.
- Indikasi lemahnya Magnet Clutch.
- Radiator kurang lancar sirkulasinya (timing terbukanya thermostat, kondisi coolant, etc)

Tentunya harus melalui pengecekan dulu buat pastiin problemnya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
masaudie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by masaudie »

kemuningauto wrote: Sun Feb 28, 2021 16:12
masaudie wrote:Halo om-om, bakal banyak nanya nih tentang per AC an. Saya pake ipah V bensin 2014 km 110rb. Ini mobil udah tangan ke 3, dan nggak tau histori maintenance AC nya.

- Apakah perlu cek kondisi sistem AC? Apa ajakah yah perlu dicek? Supaya nanti nggak tiba2 rusak harus ganti ini itu, ditambah minggu depan mau road trip Malang jd kondisinya mesti prima krn bawa anak2 dan mertua.
- Hari ini di Jakarta cukup panas, indikator temperatur di MID 39 derajat C. Dan tadi sempet parkir agak lama sambil makan (berhubung pandemi jadi makan take away di mobil) kurang lebih 1 jam, AC perlahan anginnya panas. Tapi pas mobil dijalanin, dinginnya normal (bahkan tergolong dingin banget untuk ukuran saya hehe). Selama lebih dari 15 taun bawa mobil, tau nya emang kalo mobil stasioner, AC akan berat kerjanya krn panas mesin disitu-situ aja nggak kemana2. Jadi AC nggak optimal dan dinginnya bakal jauh berkurang. Bener kah pengetahuan ini?
- Ada rekomen bengkel AC yang jujur dan bagus? Area tangerang selatan, atau Jakarta juga boleh.

Terima kasih!
Oke siap. Saran saya kalo belum tau history sebelumnya dengan KM 110rb sebaiknya dilakukan service berkala (depan dan belakang) lalu penggantian Silica Dryer. Dan dicek performa dari Visco Fan, masih kencang atau tidak. Tidak ketinggalan dicek juga Radiator, Thermostat Radiator, kondisi Coolant Radiator, dan sirkulasi airnya.

Kalo bicara untuk kedinginan sistem AC mobil saat stasioner dan berjalan, betul pasti lebih dingin saat berjalan. Karena belt yg memutar Compressor semakin kencang putarannya seiring dengan RPM mesin yg semakin naik, tapi ngga jadi berat kok kerjanya selama settingan bener (contoh dengan settingan blower baik depan dan belakang di 1-2 maksimal dan temperatur 3/4 jangan dimentokin bgt)

Tapi, kalo sistem AC mobil normal semua kinerjanya, saat stasioner pun bisa menghembuskan udara dari grill2 AC dengan temperatur di bawah 8° Celcius saat siang hari (perkiraan suhu luar kurleb 34° - 36° Celcius).

Penyebab mobil @masaudie kurang dingin pas stasioner atau bahkan anginnya panas ada beberapa sebab, nanti silahkan dicek di bengkel AC.

- Kebocoran di sistem AC.
- Lemahnya kompresi Compressor.
- Lemahnya Visco Fan.
- Indikasi lemahnya Magnet Clutch.
- Radiator kurang lancar sirkulasinya (timing terbukanya thermostat, kondisi coolant, etc)

Tentunya harus melalui pengecekan dulu buat pastiin problemnya.
Siap thank you om infonya.
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 383
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by doko86 »

kemuningauto wrote: Sun Feb 28, 2021 13:07
doko86 wrote:
kemuningauto wrote: Fri Feb 26, 2021 9:50 Setiap 30.000 KM. Oli Compressor, Silica Dryer atau Receiver Dryer. Kisaran 350-500 kurleb buat costnya. Kalo casenya kaya gitu coba dicek dulu kompresi bagus ngga, ada kebocoran atau ngga, motor fan perform dengan baik atau ngga, kondisi radiator dan thermostat radiator juga dicek, coolantnya karatan atau ngga.
om kemuning, kalau ganti oli compressor apakah harus isi ulang freon juga om.
Udah pasti. Karena dikuras dulu baik freon maupun oli compressor yg lama, baru dimasukin yg baru.
makasih om buat masukannya.
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

doko86 wrote:
kemuningauto wrote: Sun Feb 28, 2021 13:07
doko86 wrote: om kemuning, kalau ganti oli compressor apakah harus isi ulang freon juga om.
Udah pasti. Karena dikuras dulu baik freon maupun oli compressor yg lama, baru dimasukin yg baru.
makasih om buat masukannya.
Siap. Sama2.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by zzzprince »

Selamat sore, mau tanya Unit calya 2017 km sekarang 41rb, history nya sudah pernah maintenance AC di km 19500 pada Oktober 2018.. ganti oli+kuras freon, sampe 2x baru enak...

Kira2 kalau sekarang baiknya ulangi perawatan serupa atau dibiarkan saja? Kondisi AC kadang bisa dingin sekali, kadang dingin biasa(posisi temperatur dan fan selalu 1 step dari off) dan setiap nyala pertama ada desis halus dari area Evaporator

Dan kalo sudah waktunya perawatan baiknya perawatan dilakukan di bengkel mana untuk si Balikpapan, terima kasih
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by sintoni »

zzzprince wrote: Tue Mar 02, 2021 10:45 Selamat sore, mau tanya Unit calya 2017 km sekarang 41rb, history nya sudah pernah maintenance AC di km 19500 pada Oktober 2018.. ganti oli+kuras freon, sampe 2x baru enak...

Kira2 kalau sekarang baiknya ulangi perawatan serupa atau dibiarkan saja? Kondisi AC kadang bisa dingin sekali, kadang dingin biasa(posisi temperatur dan fan selalu 1 step dari off) dan setiap nyala pertama ada desis halus dari area Evaporator

Dan kalo sudah waktunya perawatan baiknya perawatan dilakukan di bengkel mana untuk si Balikpapan, terima kasih
Wah orang Balikpapan jg om?

Ane jg kepikiran mau ngerawat ac mobil ane sih, biar awet aja. Selama ini mau 49rb cuma rutin ganti filter.

Sekarang sih ga ada masalah, kira2 apa aja yg perlu dilakukan ya biar awet?