Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by daimler »

AC ga ikut dalam perawatan berkala karena entah alasan kenapa di kitab primbon boil ga dicantumkan perawatannya tiap brp km or bulan. Ga kaya oli2, filter, dkk yg ada interval dari kitab primbonnya. Katanya juga tambah freon ga disarankan lbih baik kuras trs isi ulang freon baru. Nubie masih bingung jg kebenarannya gimana soal AC boil
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Suryaputra »

daimler wrote: Wed Aug 24, 2022 13:09 AC ga ikut dalam perawatan berkala karena entah alasan kenapa di kitab primbon boil ga dicantumkan perawatannya tiap brp km or bulan. Ga kaya oli2, filter, dkk yg ada interval dari kitab primbonnya. Katanya juga tambah freon ga disarankan lbih baik kuras trs isi ulang freon baru. Nubie masih bingung jg kebenarannya gimana soal AC boil
Karena ac mobil disupply sama pihak ke-3
klo honda pakai Denso, dan biasanya klo servis AC besar, akan dirujuk ke bengkel resmi AC Denso lgs.

Klo masih muda atau gakda kebocoran, gak usah kuras, cukup tambah freon sekalian nambah oli freon nya.

Image

Sama aja spt servis ban, dan ganti ban, tergantung kebutuhan.
Bisa ke bengkel ban terdekat :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by daimler »

Suryaputra wrote: Wed Aug 24, 2022 13:23
Karena ac mobil disupply sama pihak ke-3
klo honda pakai Denso, dan biasanya klo servis AC besar, akan dirujuk ke bengkel resmi AC Denso lgs.

Klo masih muda atau gakda kebocoran, gak usah kuras, cukup tambah freon sekalian nambah oli freon nya.

Image

Sama aja spt servis ban, dan ganti ban, tergantung kebutuhan.
Bisa ke bengkel ban terdekat :big_biglaugh:
kalo alasannya karena disupply pihak ke-3 aki mobil jg, ban mobil jg tapi di kitabnya tetep ada interval buat ngeceknya :big_grin:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Suryaputra »

daimler wrote: Wed Aug 24, 2022 14:21
Suryaputra wrote: Wed Aug 24, 2022 13:23
Karena ac mobil disupply sama pihak ke-3
klo honda pakai Denso, dan biasanya klo servis AC besar, akan dirujuk ke bengkel resmi AC Denso lgs.

Klo masih muda atau gakda kebocoran, gak usah kuras, cukup tambah freon sekalian nambah oli freon nya.

Image

Sama aja spt servis ban, dan ganti ban, tergantung kebutuhan.
Bisa ke bengkel ban terdekat :big_biglaugh:
kalo alasannya karena disupply pihak ke-3 aki mobil jg, ban mobil jg tapi di kitabnya tetep ada interval buat ngeceknya :big_grin:
ntah lah :big_dunno:

tp ngecek ac lbh simple, dingin atau kurang, bau atau nggak, dan suara kompresornya gmn ketika on :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 768
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Kaleng »

Image

kalau ada titik keropos di pipa ac yg menuju ke double blower seperti di foto atas, apakah sebaiknya ganti total pipa atau aman utk dilas saja? Mungkin ada yg pernah mengalami di mobilnya?
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by peterming77 »

Buat para pengguna Suzuki AN Swift, emang ac nya nga bisa dingin nyus ya, terutama kalo siang? Saya punya Swift 2013 beli bekas dari 80rb km, skrg udah tembus 100rb km, ac nya nga dingin, kmrn servis magnetic clutch udah lengket + kompresor udah jebol + oli ac sudah hitam legam mengerikan kayaknya kompresor ac dari baru nga pernah maintenance (bunyi berisik kalo muter + ga pernah dingin menggigil). Akhirnya ganti kompresor non ori, tapi sampe skrg kalo siang putar ac masih keringetan :big_cry: , dinginnya cuma pagi sama malam, itupun dibanding mobil saya yg lain termasuk nga dingin. Padahal kompresor juga sudah nga berisik lagi + evap juga masih bagus (baru ganti gara2 bocor 2 tahun lalu).

Kalo memang ac Swift ga bisa dingin kalo siang ya udah pasrah aja :big_peace: , tapi penasaran aja apa memang begitu dari sananya.
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by ariswp »

peterming77 wrote: Tue Aug 30, 2022 6:19 Buat para pengguna Suzuki AN Swift, emang ac nya nga bisa dingin nyus ya, terutama kalo siang? Saya punya Swift 2013 beli bekas dari 80rb km, skrg udah tembus 100rb km, ac nya nga dingin, kmrn servis magnetic clutch udah lengket + kompresor udah jebol + oli ac sudah hitam legam mengerikan kayaknya kompresor ac dari baru nga pernah maintenance (bunyi berisik kalo muter + ga pernah dingin menggigil). Akhirnya ganti kompresor non ori, tapi sampe skrg kalo siang putar ac masih keringetan :big_cry: , dinginnya cuma pagi sama malam, itupun dibanding mobil saya yg lain termasuk nga dingin. Padahal kompresor juga sudah nga berisik lagi + evap juga masih bagus (baru ganti gara2 bocor 2 tahun lalu).

Kalo memang ac Swift ga bisa dingin kalo siang ya udah pasrah aja :big_peace: , tapi penasaran aja apa memang begitu dari sananya.
Apa pengaruh kompresor non ori ya?
Takaran freon yang diisi sudah sesuai?
Ketika ac dipakai dan dirasa tetap tidak dingin, apa otomatis ac main? (Mati nyala jeda waktu tertentu) atau terus2an kompresor nyala?
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by wicaksono99 »

peterming77 wrote: Tue Aug 30, 2022 6:19 Buat para pengguna Suzuki AN Swift, emang ac nya nga bisa dingin nyus ya, terutama kalo siang? Saya punya Swift 2013 beli bekas dari 80rb km, skrg udah tembus 100rb km, ac nya nga dingin, kmrn servis magnetic clutch udah lengket + kompresor udah jebol + oli ac sudah hitam legam mengerikan kayaknya kompresor ac dari baru nga pernah maintenance (bunyi berisik kalo muter + ga pernah dingin menggigil). Akhirnya ganti kompresor non ori, tapi sampe skrg kalo siang putar ac masih keringetan :big_cry: , dinginnya cuma pagi sama malam, itupun dibanding mobil saya yg lain termasuk nga dingin. Padahal kompresor juga sudah nga berisik lagi + evap juga masih bagus (baru ganti gara2 bocor 2 tahun lalu).

Kalo memang ac Swift ga bisa dingin kalo siang ya udah pasrah aja :big_peace: , tapi penasaran aja apa memang begitu dari sananya.
Pas ganti sparepart dan kuras oli kompresor & freon kan harusnya dicem tuh suhu kabinnya, nah dapet berapa derajat tuh suhunya? Harusnya bisa dapet kisaran 4 s/d 8 derajat kalau dimentokin dinginnya dengan blower menengah-tinggi (8 derajat udh paling jelek suhu kabinnya). Pad habis ganti sparepart ac, sistem acnya divakum dulu ga sama bengkelnya? :big_think:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by peterming77 »

ariswp wrote: Tue Aug 30, 2022 6:35
peterming77 wrote: Tue Aug 30, 2022 6:19 Buat para pengguna Suzuki AN Swift, emang ac nya nga bisa dingin nyus ya, terutama kalo siang? Saya punya Swift 2013 beli bekas dari 80rb km, skrg udah tembus 100rb km, ac nya nga dingin, kmrn servis magnetic clutch udah lengket + kompresor udah jebol + oli ac sudah hitam legam mengerikan kayaknya kompresor ac dari baru nga pernah maintenance (bunyi berisik kalo muter + ga pernah dingin menggigil). Akhirnya ganti kompresor non ori, tapi sampe skrg kalo siang putar ac masih keringetan :big_cry: , dinginnya cuma pagi sama malam, itupun dibanding mobil saya yg lain termasuk nga dingin. Padahal kompresor juga sudah nga berisik lagi + evap juga masih bagus (baru ganti gara2 bocor 2 tahun lalu).

Kalo memang ac Swift ga bisa dingin kalo siang ya udah pasrah aja :big_peace: , tapi penasaran aja apa memang begitu dari sananya.
Apa pengaruh kompresor non ori ya?
Takaran freon yang diisi sudah sesuai?
Ketika ac dipakai dan dirasa tetap tidak dingin, apa otomatis ac main? (Mati nyala jeda waktu tertentu) atau terus2an kompresor nyala?
Harusnya nga terlalu ngaruh ya kompresor ori non ori (harga yg ori bikin mules). Takaran freon semua sudah sesuai bengkel yg servis. Intinya kalo siang itu kabin susah dingin, kalo di rasa di depan kisi2 ac itu ga kerasa nyezzzz. Kalo pagi malam masih lumayan lebih dingin.
wicaksono99 wrote: Tue Aug 30, 2022 7:59
peterming77 wrote: Tue Aug 30, 2022 6:19 Buat para pengguna Suzuki AN Swift, emang ac nya nga bisa dingin nyus ya, terutama kalo siang? Saya punya Swift 2013 beli bekas dari 80rb km, skrg udah tembus 100rb km, ac nya nga dingin, kmrn servis magnetic clutch udah lengket + kompresor udah jebol + oli ac sudah hitam legam mengerikan kayaknya kompresor ac dari baru nga pernah maintenance (bunyi berisik kalo muter + ga pernah dingin menggigil). Akhirnya ganti kompresor non ori, tapi sampe skrg kalo siang putar ac masih keringetan :big_cry: , dinginnya cuma pagi sama malam, itupun dibanding mobil saya yg lain termasuk nga dingin. Padahal kompresor juga sudah nga berisik lagi + evap juga masih bagus (baru ganti gara2 bocor 2 tahun lalu).

Kalo memang ac Swift ga bisa dingin kalo siang ya udah pasrah aja :big_peace: , tapi penasaran aja apa memang begitu dari sananya.
Pas ganti sparepart dan kuras oli kompresor & freon kan harusnya dicem tuh suhu kabinnya, nah dapet berapa derajat tuh suhunya? Harusnya bisa dapet kisaran 4 s/d 8 derajat kalau dimentokin dinginnya dengan blower menengah-tinggi (8 derajat udh paling jelek suhu kabinnya). Pad habis ganti sparepart ac, sistem acnya divakum dulu ga sama bengkelnya? :big_think:
Jadi awalnya ac udah lama ga terlalu dingin tapi krn saya jarang pake (dipake buat antar ponakan sekolah) dan kakak yg pake ga rewel ya dibiarin aja. Akhirnya saya yg penasaran soalnya tiap kali saya pake kok ga dingin, pas ditempelin di depan kisi2 ac juga nga bisa kerasa nyezzz. AKhirnya saya bawa ke bengkel, di flush vakum segala macam dll dkk, habis itu dingin setengah hari trus panas lagi, ternyata magnetic clutch katanya kebakar :big_bored: udah dibenerin dingin lagi cuma setengah hari trus kompresor mati total, ternyata setelah di cek ulang magnetic clutch nya lepas krn kompresor macet :big_cry: . Ya memang udah mempersiapkan diri ganti kompresor sih soalnya mobil udah jalan 100rb km.

Pas penggantian kompresor udah di flush lagi semua, oli kompresor katanya sampe hitam ada gram2nya udah kelamaan nga di maintenance. Habis ganti kompresor memang beda suaranya, kalo dulu pas kompresor nyala ada bunyi2, habis ganti kalau nyala tinggal bunyi 'klik' lembut aja. Cuma masalah dingin nya kabin tetap aja nga bisa nyezzzzz, apalagi kalo siang, jadi kayaknya pengabutan hawa dingin di evaporatornya tidak maksimal (evap masih bagus tidak bocor/buntu).

Sempat baca2 memang Swift ini kompresor bawaan ac nya kurang dingin maksimal, beneran atau nga saya nga tau deh :big_smile]
AKAI88
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Sep 07, 2022 3:18
Location: Tangerang-Jakarta
Daily Vehicle: Avanza Veloz 2016 Manual

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by AKAI88 »

Mau tanya,, kalau misalnya AC ada suara kasar gitu dan tidak dingin,, kira2 penyakitnya dimana ya? :big_cry:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by blloewy »

AKAI88 wrote: Wed Sep 07, 2022 3:37 Mau tanya,, kalau misalnya AC ada suara kasar gitu dan tidak dingin,, kira2 penyakitnya dimana ya? :big_cry:
tebakan saya da sesuatu dengan kompresor nya om.
nubie in all things - still need to learn
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by qushay20019 »

peterming77 wrote: Tue Aug 30, 2022 6:19
Kondensor udah cek bocor gaknya blum om? Klo gak bocor, mungkin perlu upgrade riben yg IRR nya tinggi
MaddMaxx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
Location: In the middle of nowhere
Daily Vehicle: Yamaha 2DP

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by MaddMaxx »

misi om mau tny, sy habis check up ac inova di bengkel spesialis ac. jadi ceritanya 2 tahun lalu freon habis, sudah direfil trus sekarang habis lagi. sama bengkel divonis evap bocor dan harus ganti evap depan belakang (double blower) dgn biaya 4.5jt termasuk jasa. minta infonya om apakah itu harga yg wajar ya?
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

peterming77 wrote:
ariswp wrote: Tue Aug 30, 2022 6:35
peterming77 wrote: Tue Aug 30, 2022 6:19 Buat para pengguna Suzuki AN Swift, emang ac nya nga bisa dingin nyus ya, terutama kalo siang? Saya punya Swift 2013 beli bekas dari 80rb km, skrg udah tembus 100rb km, ac nya nga dingin, kmrn servis magnetic clutch udah lengket + kompresor udah jebol + oli ac sudah hitam legam mengerikan kayaknya kompresor ac dari baru nga pernah maintenance (bunyi berisik kalo muter + ga pernah dingin menggigil). Akhirnya ganti kompresor non ori, tapi sampe skrg kalo siang putar ac masih keringetan :big_cry: , dinginnya cuma pagi sama malam, itupun dibanding mobil saya yg lain termasuk nga dingin. Padahal kompresor juga sudah nga berisik lagi + evap juga masih bagus (baru ganti gara2 bocor 2 tahun lalu).

Kalo memang ac Swift ga bisa dingin kalo siang ya udah pasrah aja :big_peace: , tapi penasaran aja apa memang begitu dari sananya.
Apa pengaruh kompresor non ori ya?
Takaran freon yang diisi sudah sesuai?
Ketika ac dipakai dan dirasa tetap tidak dingin, apa otomatis ac main? (Mati nyala jeda waktu tertentu) atau terus2an kompresor nyala?
Harusnya nga terlalu ngaruh ya kompresor ori non ori (harga yg ori bikin mules). Takaran freon semua sudah sesuai bengkel yg servis. Intinya kalo siang itu kabin susah dingin, kalo di rasa di depan kisi2 ac itu ga kerasa nyezzzz. Kalo pagi malam masih lumayan lebih dingin.
wicaksono99 wrote: Tue Aug 30, 2022 7:59
peterming77 wrote: Tue Aug 30, 2022 6:19 Buat para pengguna Suzuki AN Swift, emang ac nya nga bisa dingin nyus ya, terutama kalo siang? Saya punya Swift 2013 beli bekas dari 80rb km, skrg udah tembus 100rb km, ac nya nga dingin, kmrn servis magnetic clutch udah lengket + kompresor udah jebol + oli ac sudah hitam legam mengerikan kayaknya kompresor ac dari baru nga pernah maintenance (bunyi berisik kalo muter + ga pernah dingin menggigil). Akhirnya ganti kompresor non ori, tapi sampe skrg kalo siang putar ac masih keringetan :big_cry: , dinginnya cuma pagi sama malam, itupun dibanding mobil saya yg lain termasuk nga dingin. Padahal kompresor juga sudah nga berisik lagi + evap juga masih bagus (baru ganti gara2 bocor 2 tahun lalu).

Kalo memang ac Swift ga bisa dingin kalo siang ya udah pasrah aja :big_peace: , tapi penasaran aja apa memang begitu dari sananya.
Pas ganti sparepart dan kuras oli kompresor & freon kan harusnya dicem tuh suhu kabinnya, nah dapet berapa derajat tuh suhunya? Harusnya bisa dapet kisaran 4 s/d 8 derajat kalau dimentokin dinginnya dengan blower menengah-tinggi (8 derajat udh paling jelek suhu kabinnya). Pad habis ganti sparepart ac, sistem acnya divakum dulu ga sama bengkelnya? :big_think:
Jadi awalnya ac udah lama ga terlalu dingin tapi krn saya jarang pake (dipake buat antar ponakan sekolah) dan kakak yg pake ga rewel ya dibiarin aja. Akhirnya saya yg penasaran soalnya tiap kali saya pake kok ga dingin, pas ditempelin di depan kisi2 ac juga nga bisa kerasa nyezzz. AKhirnya saya bawa ke bengkel, di flush vakum segala macam dll dkk, habis itu dingin setengah hari trus panas lagi, ternyata magnetic clutch katanya kebakar :big_bored: udah dibenerin dingin lagi cuma setengah hari trus kompresor mati total, ternyata setelah di cek ulang magnetic clutch nya lepas krn kompresor macet :big_cry: . Ya memang udah mempersiapkan diri ganti kompresor sih soalnya mobil udah jalan 100rb km.

Pas penggantian kompresor udah di flush lagi semua, oli kompresor katanya sampe hitam ada gram2nya udah kelamaan nga di maintenance. Habis ganti kompresor memang beda suaranya, kalo dulu pas kompresor nyala ada bunyi2, habis ganti kalau nyala tinggal bunyi 'klik' lembut aja. Cuma masalah dingin nya kabin tetap aja nga bisa nyezzzzz, apalagi kalo siang, jadi kayaknya pengabutan hawa dingin di evaporatornya tidak maksimal (evap masih bagus tidak bocor/buntu).

Sempat baca2 memang Swift ini kompresor bawaan ac nya kurang dingin maksimal, beneran atau nga saya nga tau deh :big_smile]
Compressornya pake apa? Swift kalo mau hemat biaya pake Ertiga. Kalo udah jebol, Condenser dan Expansion Valve harus ganti.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

MaddMaxx wrote:misi om mau tny, sy habis check up ac inova di bengkel spesialis ac. jadi ceritanya 2 tahun lalu freon habis, sudah direfil trus sekarang habis lagi. sama bengkel divonis evap bocor dan harus ganti evap depan belakang (double blower) dgn biaya 4.5jt termasuk jasa. minta infonya om apakah itu harga yg wajar ya?
Agak sedikit kemahalan, tp tergantung daerah lg sih.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

AKAI88 wrote:Mau tanya,, kalau misalnya AC ada suara kasar gitu dan tidak dingin,, kira2 penyakitnya dimana ya? :big_cry:
Compressor bisa kemungkinan. Tp harus dicek dulu kan, apa bener compnya atau pulley2 yg lain. Karena saat Comp menyala, tekanan belt jg jadi lebih kenceng. Ngga dingin banyak faktor, bisa Compnya, bisa kurang freon, bisa motor fan lemah, dll
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

r1409 wrote:permisi numpang tanya, kalau ertiga diesel ane kalo pas kompresor ac dinyalakan, dari blower belakang ada semacam bunyi air dan desisan. bunyi air ini cuma sekitar 3 detikan saja. kalau bunyi desisan bisa agak lama, sekitar 20 detikan baru hilang. tapi anehnya posisi blower belakang mati pun tetap bunyi gitu saat nyalain ac dari panel depan. di depan ga bunyi, bunyinya dari blower belakang aja. kenapa ya?

hembusan masih dingin, habis servis besar di BeRes 2 minggu lalu laporan AC normal. tapi entah apakah ini test yg belakang juga, biasanya org test AC cuma depan saja. sudah berlangsung sejak saya beli bekas 2 bulan lalu, awalnya saya kira memang gitu tapi kok semakin lama makin ga sreg, takut ada masalah.

histori pemilik pertama ada masalah di AC belakang dan sudah diganti assy di BeRes.
Expansion Valve belakang diganti pake yg ori Denso. Dan dicek keseluruhan ada kebocoran atau tidak di sistem AC nya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

MaddMaxx wrote:misi om mau tny om, sy ada inofa bensin 2013. dr baru blm pernah perawatan ac, cuma rutin ganti oli kompresor sama filter kabin aja. waktu itu pernah awal 2021 mobil ga dipake sebulan tiba2 AC ga dingin, trus ditambah freon, sampe skrg dingin lg sih. cuma sekarang kalo pas idle fan nya di 2 bar, magnet clutch ga main, lock terus. tp kalo stel fan di 1 bar main tuh magnet clutch nya on-off 1-2 menit sekali. trus kalo diliat di sight glass, udah keliatan busa2nya gitu pas AC nyala. itu apa normal apa ga ya?
Temperatur main di berapa? Coba fan 1, temperatur 3/4. Atau kalo yg udah tipe V main di 24.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 626
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by r1409 »

kemuningauto wrote: Tue Sep 13, 2022 2:47
r1409 wrote:permisi numpang tanya, kalau ertiga diesel ane kalo pas kompresor ac dinyalakan, dari blower belakang ada semacam bunyi air dan desisan. bunyi air ini cuma sekitar 3 detikan saja. kalau bunyi desisan bisa agak lama, sekitar 20 detikan baru hilang. tapi anehnya posisi blower belakang mati pun tetap bunyi gitu saat nyalain ac dari panel depan. di depan ga bunyi, bunyinya dari blower belakang aja. kenapa ya?

hembusan masih dingin, habis servis besar di BeRes 2 minggu lalu laporan AC normal. tapi entah apakah ini test yg belakang juga, biasanya org test AC cuma depan saja. sudah berlangsung sejak saya beli bekas 2 bulan lalu, awalnya saya kira memang gitu tapi kok semakin lama makin ga sreg, takut ada masalah.

histori pemilik pertama ada masalah di AC belakang dan sudah diganti assy di BeRes.
Expansion Valve belakang diganti pake yg ori Denso. Dan dicek keseluruhan ada kebocoran atau tidak di sistem AC nya.
ini apakah harus segera ditangani? apakah harus ganti?

karena secara performa sih tidak ada masalah, masih cepat dingin. dan yg sy baca memang sistem ac belakang ertiga gitu, biarpun off tapi freon tetap jalan ke evap belakang, jadi evap dingin walaupun tidak ditiup angin blower. apakah berarti harusnya normal?
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by wicaksono99 »

r1409 wrote: Tue Sep 13, 2022 3:22
kemuningauto wrote: Tue Sep 13, 2022 2:47
r1409 wrote:permisi numpang tanya, kalau ertiga diesel ane kalo pas kompresor ac dinyalakan, dari blower belakang ada semacam bunyi air dan desisan. bunyi air ini cuma sekitar 3 detikan saja. kalau bunyi desisan bisa agak lama, sekitar 20 detikan baru hilang. tapi anehnya posisi blower belakang mati pun tetap bunyi gitu saat nyalain ac dari panel depan. di depan ga bunyi, bunyinya dari blower belakang aja. kenapa ya?

hembusan masih dingin, habis servis besar di BeRes 2 minggu lalu laporan AC normal. tapi entah apakah ini test yg belakang juga, biasanya org test AC cuma depan saja. sudah berlangsung sejak saya beli bekas 2 bulan lalu, awalnya saya kira memang gitu tapi kok semakin lama makin ga sreg, takut ada masalah.

histori pemilik pertama ada masalah di AC belakang dan sudah diganti assy di BeRes.
Expansion Valve belakang diganti pake yg ori Denso. Dan dicek keseluruhan ada kebocoran atau tidak di sistem AC nya.
ini apakah harus segera ditangani? apakah harus ganti?

karena secara performa sih tidak ada masalah, masih cepat dingin. dan yg sy baca memang sistem ac belakang ertiga gitu, biarpun off tapi freon tetap jalan ke evap belakang, jadi evap dingin walaupun tidak ditiup angin blower. apakah berarti harusnya normal?
Saya pake all new ertiga, emang sistem ac belakang begitu.. Tetap ada freon ngalir walau blower gak nyala (kalau sistem ac depan tetap nyala).. Kalau disentuh tangan grill acnya pasti ada dingin2nya. Itu normal kok. Kalau kaca film depan udah berapa lama gak ganti? Itu bisa jadi salah satu ac kurang cepat dingin tapi hanya dalam kondisi cuaca panas, kalau cuaca dingin harusnya gak pengaruh.
arsaerescool
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
Daily Vehicle: Supra Fit

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by arsaerescool »

Sharing Wagon R '14

Pekerjaan : (termasuk jasa)
1. Ganti Kompresor ori
2. Ganti MC ori
3. Ganti dryer
4. Ganti selang hitam besar
5. Cleaning evap
6. Cleaning blower & filter
7. Vakum & flush jalur freon
8. Refill oli AC & freon

Total 5jt an
ninodiablo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 293
Joined: Fri Apr 03, 2009 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Subaru XV

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by ninodiablo »

Mau tanya, mobil Serena C27 2019, AC kadang enggak dingin kalau di kecepatan blower rendah. Kayak kl suhu diluar dingin, dan suhu dalam sudah hampir sesuai dia ngurangin kadar dinginnya (enggak tau bahasanya apa), jd suam2 kuku.
Solusinya dinyalain kenceng fannya (min 3), baru berasa lebih dingin.
Waktu itu pernah enggak dingin sama sekali, indikator sirkulasi luar kedip berkala.

AC rutin servis, ganti oli dll, freon juga rutin di isi. Kata orang bengkel AC kompresornya yang kena. Masa baru 3 thn udh jebol wkwkw.
Ada yang punya bayangan? makasiii
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

r1409 wrote:
kemuningauto wrote: Tue Sep 13, 2022 2:47
r1409 wrote:permisi numpang tanya, kalau ertiga diesel ane kalo pas kompresor ac dinyalakan, dari blower belakang ada semacam bunyi air dan desisan. bunyi air ini cuma sekitar 3 detikan saja. kalau bunyi desisan bisa agak lama, sekitar 20 detikan baru hilang. tapi anehnya posisi blower belakang mati pun tetap bunyi gitu saat nyalain ac dari panel depan. di depan ga bunyi, bunyinya dari blower belakang aja. kenapa ya?

hembusan masih dingin, habis servis besar di BeRes 2 minggu lalu laporan AC normal. tapi entah apakah ini test yg belakang juga, biasanya org test AC cuma depan saja. sudah berlangsung sejak saya beli bekas 2 bulan lalu, awalnya saya kira memang gitu tapi kok semakin lama makin ga sreg, takut ada masalah.

histori pemilik pertama ada masalah di AC belakang dan sudah diganti assy di BeRes.
Expansion Valve belakang diganti pake yg ori Denso. Dan dicek keseluruhan ada kebocoran atau tidak di sistem AC nya.
ini apakah harus segera ditangani? apakah harus ganti?

karena secara performa sih tidak ada masalah, masih cepat dingin. dan yg sy baca memang sistem ac belakang ertiga gitu, biarpun off tapi freon tetap jalan ke evap belakang, jadi evap dingin walaupun tidak ditiup angin blower. apakah berarti harusnya normal?
Gapapa, cuma suaranya aja kurang enak didienger. Tp ga ada masalah performa kok.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

ninodiablo wrote:Mau tanya, mobil Serena C27 2019, AC kadang enggak dingin kalau di kecepatan blower rendah. Kayak kl suhu diluar dingin, dan suhu dalam sudah hampir sesuai dia ngurangin kadar dinginnya (enggak tau bahasanya apa), jd suam2 kuku.
Solusinya dinyalain kenceng fannya (min 3), baru berasa lebih dingin.
Waktu itu pernah enggak dingin sama sekali, indikator sirkulasi luar kedip berkala.

AC rutin servis, ganti oli dll, freon juga rutin di isi. Kata orang bengkel AC kompresornya yang kena. Masa baru 3 thn udh jebol wkwkw.
Ada yang punya bayangan? makasiii
Coba dicek pake scanner di relearning lg. Biasa ambient temperature sensor nya bermasalah.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
ninodiablo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 293
Joined: Fri Apr 03, 2009 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Subaru XV

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by ninodiablo »

kemuningauto wrote: Thu Sep 22, 2022 14:10
ninodiablo wrote:Mau tanya, mobil Serena C27 2019, AC kadang enggak dingin kalau di kecepatan blower rendah. Kayak kl suhu diluar dingin, dan suhu dalam sudah hampir sesuai dia ngurangin kadar dinginnya (enggak tau bahasanya apa), jd suam2 kuku.
Solusinya dinyalain kenceng fannya (min 3), baru berasa lebih dingin.
Waktu itu pernah enggak dingin sama sekali, indikator sirkulasi luar kedip berkala.

AC rutin servis, ganti oli dll, freon juga rutin di isi. Kata orang bengkel AC kompresornya yang kena. Masa baru 3 thn udh jebol wkwkw.
Ada yang punya bayangan? makasiii
Coba dicek pake scanner di relearning lg. Biasa ambient temperature sensor nya bermasalah.
Terima kasih om, biasanya kl ini kena berapa ya om?