Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by josomba »

kemuningauto wrote: Thu Jul 11, 2019 16:06 Oke. Betul banget. Mazda khususnya Mazda 2 bawaan asli parts2 sistem AC nya merk FoMoCo (Ford Motor Company) betul karena sempet ada kerjasama antara mereka berdua.

Berdasarkan pengalaman, parts2 sistem AC FoMoCo, atau GM kaya Chevrolet kurang begitu awet dan harganya mahal entah karena biaya import dll.

Dan kalo masalah brazing, itu bisa aja karena parts2 ini mass production dan selalu ada kemungkinan untuk namanya gagal produksi.

Contoh, Denso mengeluarkan parts yang harganya lebih terjangkau dengan nama Denso Coolgear. Ada beberapa parts yg menurut saya fail. Contoh Evaporator Denso CG buat Innova, selalu bermasalah dan mengalami istilah "frost", Evaporator Denso CG buat Veloz, dudukannya agak berbeda musti dipaksa baru bisa pas.
Oh bahkan untuk yg seri skyactiv pun masih fomoco? Sekarang seh ane lg pasang jaring2 kawat nyamuk dulu di depan kondenser, lumayan nih kondenser bersih dari kerikil n serangga.... nah amit2 ke depan bocor lg, kalau merk lokal macem ACM gitu apakah lumayan om kemuning?
Image
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

josomba wrote:
kemuningauto wrote: Thu Jul 11, 2019 16:06 Oke. Betul banget. Mazda khususnya Mazda 2 bawaan asli parts2 sistem AC nya merk FoMoCo (Ford Motor Company) betul karena sempet ada kerjasama antara mereka berdua.

Berdasarkan pengalaman, parts2 sistem AC FoMoCo, atau GM kaya Chevrolet kurang begitu awet dan harganya mahal entah karena biaya import dll.

Dan kalo masalah brazing, itu bisa aja karena parts2 ini mass production dan selalu ada kemungkinan untuk namanya gagal produksi.

Contoh, Denso mengeluarkan parts yang harganya lebih terjangkau dengan nama Denso Coolgear. Ada beberapa parts yg menurut saya fail. Contoh Evaporator Denso CG buat Innova, selalu bermasalah dan mengalami istilah "frost", Evaporator Denso CG buat Veloz, dudukannya agak berbeda musti dipaksa baru bisa pas.
Oh bahkan untuk yg seri skyactiv pun masih fomoco? Sekarang seh ane lg pasang jaring2 kawat nyamuk dulu di depan kondenser, lumayan nih kondenser bersih dari kerikil n serangga.... nah amit2 ke depan bocor lg, kalau merk lokal macem ACM gitu apakah lumayan om kemuning?
Iya betul masih. Nah bagus bgt, dikasih jaring2 supaya mencegah kerikil kena Condenser. Karena emang biasanya Condenser bocor karena kerikil doang. Kalo merk aftermarket ada yg bagus, ada yang kurang. Menurut saya pake merk Sigma, Protech, Yaruki, ACM boleh kok, kalo yg lainnya kurang begitu bagus (tingkat panasnya Condenser terlalu berlebih, bahan kurang bagus)
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by josomba »

kemuningauto wrote: Fri Jul 12, 2019 1:18 Iya betul masih. Nah bagus bgt, dikasih jaring2 supaya mencegah kerikil kena Condenser. Karena emang biasanya Condenser bocor karena kerikil doang. Kalo merk aftermarket ada yg bagus, ada yang kurang. Menurut saya pake merk Sigma, Protech, Yaruki, ACM boleh kok, kalo yg lainnya kurang begitu bagus (tingkat panasnya Condenser terlalu berlebih, bahan kurang bagus)
Siap om kemuning, informatif sekali. Terima kasih ya :big_deal: :frm_salut:
Image
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

josomba wrote:
kemuningauto wrote: Fri Jul 12, 2019 1:18 Iya betul masih. Nah bagus bgt, dikasih jaring2 supaya mencegah kerikil kena Condenser. Karena emang biasanya Condenser bocor karena kerikil doang. Kalo merk aftermarket ada yg bagus, ada yang kurang. Menurut saya pake merk Sigma, Protech, Yaruki, ACM boleh kok, kalo yg lainnya kurang begitu bagus (tingkat panasnya Condenser terlalu berlebih, bahan kurang bagus)
Siap om kemuning, informatif sekali. Terima kasih ya :big_deal: :frm_salut:
Siaaap om. Sama2. :D
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 305
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by adri31 »

Sharing ttg ac nya di sini jelas sekali. Rela balas pertanyaan satu per satu, tanpa ada embel2 jualan.
Kalau di forum kaskus, layak jadi hot thread nih!
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

adri31 wrote:Sharing ttg ac nya di sini jelas sekali. Rela balas pertanyaan satu per satu, tanpa ada embel2 jualan.
Kalau di forum kaskus, layak jadi hot thread nih!
Siap om. Saya akan coba bantu temen2 yg berproblem sama AC mobilnya dengan edukasi, hints & tips. Tanpa embel2 promosi :D
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by iwing »

om kemuning, produk yang seperti ac stop leak/sealer (yang kabarnya bisa menutup bocor di saluran selain logam) tersebut apakah efektif..?? agak tertarik dengan a/c pro
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

iwing wrote:om kemuning, produk yang seperti ac stop leak/sealer (yang kabarnya bisa menutup bocor di saluran selain logam) tersebut apakah efektif..?? agak tertarik dengan a/c pro
Kurang bagus. Buat sementara bisa, tapi ngga bisa selamanya menyumbat yg bocor. Dilihat dari segi harga, misalnya kebocoran di selang mending ganti selang, fitting selang baru, dipress ulang. Kalo di selang yg high pressure dilas fittingnya sebelum dipress biar kuat. Ganti selang kisaran 250 menyelesaikan masalah selamanya, daripada stop leak di atas itu setau saya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by iwing »

kemuningauto wrote: Fri Jul 12, 2019 10:39
iwing wrote:om kemuning, produk yang seperti ac stop leak/sealer (yang kabarnya bisa menutup bocor di saluran selain logam) tersebut apakah efektif..?? agak tertarik dengan a/c pro
Kurang bagus. Buat sementara bisa, tapi ngga bisa selamanya menyumbat yg bocor. Dilihat dari segi harga, misalnya kebocoran di selang mending ganti selang, fitting selang baru, dipress ulang. Kalo di selang yg high pressure dilas fittingnya sebelum dipress biar kuat. Ganti selang kisaran 250 menyelesaikan masalah selamanya, daripada stop leak di atas itu setau saya.
ok sippppp thx om
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

iwing wrote:
kemuningauto wrote: Fri Jul 12, 2019 10:39
iwing wrote:om kemuning, produk yang seperti ac stop leak/sealer (yang kabarnya bisa menutup bocor di saluran selain logam) tersebut apakah efektif..?? agak tertarik dengan a/c pro
Kurang bagus. Buat sementara bisa, tapi ngga bisa selamanya menyumbat yg bocor. Dilihat dari segi harga, misalnya kebocoran di selang mending ganti selang, fitting selang baru, dipress ulang. Kalo di selang yg high pressure dilas fittingnya sebelum dipress biar kuat. Ganti selang kisaran 250 menyelesaikan masalah selamanya, daripada stop leak di atas itu setau saya.
ok sippppp thx om
Satu lagi, berpotensi menyumbat Receiver Dryer dan Expansion Valve.
Apalagi kalo udah ada kebocoran artinya udara udah masuk, yang nantinya ikut aliran freon dan masuk ke Condenser. Melalui proses kondensasi di Condender, udara tadi akan jadi uap air. Sedangkan kalo ada uap air malah jadi masalah di sistem AC, makanya perlu ada proses Vacuum sebelum pengisian freon. Kalo pake Leak Sealer, berarti uap air masih menetap di sistem AC dan malah jadi problem di kemudian hari.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by pengendiesel »

kemuningauto wrote: Thu Jul 11, 2019 5:19 Tergantung mobilnya. Ada yg ngga usah buka dashboard, ada yg perlu buka dashboard untuk menurunkan Cooling Unitnya. Lama pembongkaran tentunya tergantung lagi jenis mobilnya. BTW. Mobil apa kok sampe 3-4 hari pengerjaan? Mobil yg susah bongkar seperti mobil Eropa 1-2 hari. Mobil Jepang 3-4 jam.

Dan iya, Xpander bermasalah di Evaporatornya. Sering bocor di las2an alumunium Liquid Pipe Evaporatornya.
Om kemuning, nanya dong...kalo sienta sama forti vnt ada common problem di sistem per-ac-annya?
Di sienta ane, ac on bikin tenaga drop lumayan banyak. Hal ini terjadi dari sejak pertama mobil diterima dalam kondisi baru. Udah komplain ke a2k, diganti ecu, jadi mendingan dikit. Kemudian coba komplain lagi ke SA yang lain, dibilang kalo acnya sienta termasuk yang butuh daya gede, jadi bikin tenaga mesin drop.

Filter kabin diganti brp km sekali? Ada merk yang recommended di luar punya beres?
User avatar
tee-toe
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Sep 03, 2010 4:54

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by tee-toe »

Om Kemuning saya ikut nanya yah, ac yaris '11 saya pas dinyalain terasa dingin tapi setelah jalan lama kok dinginnya berkurang ya? Service ac dengan bongkar dashboard plus bersih-bersih, ganti oli kompresor, ganti filter ac dan tambah freon (tidak di-flush) sudah dikerjain tapi masih belum sembuh penyakitnya. Kira-kira kenapa ya om?
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

pengendiesel wrote:
kemuningauto wrote: Thu Jul 11, 2019 5:19 Tergantung mobilnya. Ada yg ngga usah buka dashboard, ada yg perlu buka dashboard untuk menurunkan Cooling Unitnya. Lama pembongkaran tentunya tergantung lagi jenis mobilnya. BTW. Mobil apa kok sampe 3-4 hari pengerjaan? Mobil yg susah bongkar seperti mobil Eropa 1-2 hari. Mobil Jepang 3-4 jam.

Dan iya, Xpander bermasalah di Evaporatornya. Sering bocor di las2an alumunium Liquid Pipe Evaporatornya.
Om kemuning, nanya dong...kalo sienta sama forti vnt ada common problem di sistem per-ac-annya?
Di sienta ane, ac on bikin tenaga drop lumayan banyak. Hal ini terjadi dari sejak pertama mobil diterima dalam kondisi baru. Udah komplain ke a2k, diganti ecu, jadi mendingan dikit. Kemudian coba komplain lagi ke SA yang lain, dibilang kalo acnya sienta termasuk yang butuh daya gede, jadi bikin tenaga mesin drop.

Filter kabin diganti brp km sekali? Ada merk yang recommended di luar punya beres?
- Sienta biasa penyakitnya di Magnet Clutch. Kalo berasa drop pas nyalain AC berarti ada problem di mesinnya. Coba ditune up, atau dicek ke bengkel lain dan yg udah biasa nanganin Nissan. (tools lengkap, mekanik pro).

- Fortuner VNT ngga ada masalah di sistem AC nya. Masih sama parts2nya kaya Innova, beda di Kondensor aja. Performa sistem AC bagus. Untuk Fortuner 2016 ke atas justru ada masalah di Ventilator Motornya (pemisah antara ruang Heater dan AC), udah beberapa kali nemuin kasus gini, dan bs diclaim ke beres.

- Filter Cabin kalo saya cuma percaya merk Denso dan Sakura. Selain itu mau yg carbon, asli, eco guard atau apapun kurang bagus dari segi performa maupun harga.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

tee-toe wrote:Om Kemuning saya ikut nanya yah, ac yaris '11 saya pas dinyalain terasa dingin tapi setelah jalan lama kok dinginnya berkurang ya? Service ac dengan bongkar dashboard plus bersih-bersih, ganti oli kompresor, ganti filter ac dan tambah freon (tidak di-flush) sudah dikerjain tapi masih belum sembuh penyakitnya. Kira-kira kenapa ya om?
Yaris termasuk awet buat parts AC nya. Coba dicek dari yg paling keliatan dan bisa dianalisa tanpa tools.

1. Pastikan settingan AC udah bener dari kedinginan temperatur, mode airflow circulation.
2. Kinerja Motor Fan lemah atau bagus (Yaris ada 2 speed fan nya Low dan High)
3. Air Radiator ada kurang atau tidak, karatan atau tidak (di Tabung Cadangan dan di Radiator)
4. Temperatur Mesin normal atau tidak.


Minta Analisa Bengkel
1. Tekanan freon normal atau ngga (Ukuran siang hari: Low 30-40, High 175-215)
2. Oli Compressor dikasih berapa ml? Pake merk apa? Kebanyakan atau ngga?
3. Kalo ganti Oli Compressor, di parts selang2, Condenser, Evaporator harus diflushing biar oli2 lama ilang dan tidak mengganggu viscocity si oli baru. Lebih bagus lagi pake mesin seperti LAX.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by walid_007 »

kemuningauto wrote: Thu Jul 18, 2019 11:07
pengendiesel wrote:
kemuningauto wrote: Thu Jul 11, 2019 5:19 Tergantung mobilnya. Ada yg ngga usah buka dashboard, ada yg perlu buka dashboard untuk menurunkan Cooling Unitnya. Lama pembongkaran tentunya tergantung lagi jenis mobilnya. BTW. Mobil apa kok sampe 3-4 hari pengerjaan? Mobil yg susah bongkar seperti mobil Eropa 1-2 hari. Mobil Jepang 3-4 jam.

Dan iya, Xpander bermasalah di Evaporatornya. Sering bocor di las2an alumunium Liquid Pipe Evaporatornya.
Om kemuning, nanya dong...kalo sienta sama forti vnt ada common problem di sistem per-ac-annya?
Di sienta ane, ac on bikin tenaga drop lumayan banyak. Hal ini terjadi dari sejak pertama mobil diterima dalam kondisi baru. Udah komplain ke a2k, diganti ecu, jadi mendingan dikit. Kemudian coba komplain lagi ke SA yang lain, dibilang kalo acnya sienta termasuk yang butuh daya gede, jadi bikin tenaga mesin drop.

Filter kabin diganti brp km sekali? Ada merk yang recommended di luar punya beres?
- Sienta biasa penyakitnya di Magnet Clutch. Kalo berasa drop pas nyalain AC berarti ada problem di mesinnya. Coba ditune up, atau dicek ke bengkel lain dan yg udah biasa nanganin Nissan. (tools lengkap, mekanik pro).

- Fortuner VNT ngga ada masalah di sistem AC nya. Masih sama parts2nya kaya Innova, beda di Kondensor aja. Performa sistem AC bagus. Untuk Fortuner 2016 ke atas justru ada masalah di Ventilator Motornya (pemisah antara ruang Heater dan AC), udah beberapa kali nemuin kasus gini, dan bs diclaim ke beres.

- Filter Cabin kalo saya cuma percaya merk Denso dan Sakura. Selain itu mau yg carbon, asli, eco guard atau apapun kurang bagus dari segi performa maupun harga.
Halo om kemuning salam kenal
Di Mobil saya pernah kejadian setelah cuci Mobil ac tiba2 mati fan nya walopun indicator semua tampak normal. Kemudian ane bawa ke bengkel Toyota ..o iya Mobil ny vrz kerluaran 17
Ternyata dikarenakan Ada air yang terjebak di area depan spakbor? cmiiw(tempat teapat dibawah wiper) mmg selama berbulan Bulan jika berbelok seperti ada bunyi kemricik air di area depan terdengar "kopyak kopyak" seperti Ada aquarium kecil d kap ..
Singkat cerita Harus menggati sebuah alat yg krn basah menjadi rusak. Tentunya tercover garansi dan setelah penggantian alat tersebut sistem ac menjadi baik
Namun agaknya sekitar beberpa minggu setelahnya terdangar dari area dasbor bunyi siulan "ngiinggg".. awalnya cukup senyap namun ahir2 ini bunyi semakin keras Dan cukup mengganggu
Kira2 utk mengatasi problem tersebut apakah bisa DIY barangkali disini om om Ada yg pernah menjumpai case serupa.. hehe
engine roaring!
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

walid_007 wrote:
kemuningauto wrote: Thu Jul 18, 2019 11:07
pengendiesel wrote:
Om kemuning, nanya dong...kalo sienta sama forti vnt ada common problem di sistem per-ac-annya?
Di sienta ane, ac on bikin tenaga drop lumayan banyak. Hal ini terjadi dari sejak pertama mobil diterima dalam kondisi baru. Udah komplain ke a2k, diganti ecu, jadi mendingan dikit. Kemudian coba komplain lagi ke SA yang lain, dibilang kalo acnya sienta termasuk yang butuh daya gede, jadi bikin tenaga mesin drop.

Filter kabin diganti brp km sekali? Ada merk yang recommended di luar punya beres?
- Sienta biasa penyakitnya di Magnet Clutch. Kalo berasa drop pas nyalain AC berarti ada problem di mesinnya. Coba ditune up, atau dicek ke bengkel lain dan yg udah biasa nanganin Nissan. (tools lengkap, mekanik pro).

- Fortuner VNT ngga ada masalah di sistem AC nya. Masih sama parts2nya kaya Innova, beda di Kondensor aja. Performa sistem AC bagus. Untuk Fortuner 2016 ke atas justru ada masalah di Ventilator Motornya (pemisah antara ruang Heater dan AC), udah beberapa kali nemuin kasus gini, dan bs diclaim ke beres.

- Filter Cabin kalo saya cuma percaya merk Denso dan Sakura. Selain itu mau yg carbon, asli, eco guard atau apapun kurang bagus dari segi performa maupun harga.
Halo om kemuning salam kenal
Di Mobil saya pernah kejadian setelah cuci Mobil ac tiba2 mati fan nya walopun indicator semua tampak normal. Kemudian ane bawa ke bengkel Toyota ..o iya Mobil ny vrz kerluaran 17
Ternyata dikarenakan Ada air yang terjebak di area depan spakbor? cmiiw(tempat teapat dibawah wiper) mmg selama berbulan Bulan jika berbelok seperti ada bunyi kemricik air di area depan terdengar "kopyak kopyak" seperti Ada aquarium kecil d kap ..
Singkat cerita Harus menggati sebuah alat yg krn basah menjadi rusak. Tentunya tercover garansi dan setelah penggantian alat tersebut sistem ac menjadi baik
Namun agaknya sekitar beberpa minggu setelahnya terdangar dari area dasbor bunyi siulan "ngiinggg".. awalnya cukup senyap namun ahir2 ini bunyi semakin keras Dan cukup mengganggu
Kira2 utk mengatasi problem tersebut apakah bisa DIY barangkali disini om om Ada yg pernah menjumpai case serupa.. hehe
Siap, Om Walid.
Kilometer udah brp ya kalo boleh tau?

- Bunyi seperti siulan di dalam dashboard ketika menyalakan AC saja, kemungkinan besar problem di Expansion Valvenya ada sedikit penyumbatan di Valve. Harus dicek juga ada kebocoran dan menyebabkan kekurangan freon atau tidak, soalnya ada beberapa kasus bunyi menyerupai siulan karena kurang kapasitas freon (ada bocor), jadi ada ruang kosong berlebih di sistem AC. Ketika AC nyala (Compressor ON dan memompa freon ke Evaporator di dalam dashboard) maka suaranya terbentuk dari freon yg mengalir di pipa2 alumuniumnya.

- Untuk DIY, lumayan besar costnya harus ada Manifold Gauge (untuk pengecekan tekanan freon), Kunci 10,12, T10, T12, Freon, Alat Vacuum sistem AC, dan satu lagi Expansion Valvenya. Expansion Valve keliatan dari buka kap mobil kok. Bentuknya kotak mengarah ke dalem mobil dan ada 2 selang di situ.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by walid_007 »

Untuk kilometer saat ini disekitar 45rb an

Baik coba nanti sy komunikasi kan dgn org bengkel Saran dari om
Thanks om kemuning
engine roaring!
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

walid_007 wrote:Untuk kilometer saat ini disekitar 45rb an

Baik coba nanti sy komunikasi kan dgn org bengkel Saran dari om
Thanks om kemuning
Siap, Om Walid. Dicek tekanan freonnya, kalo normal bisa langsung dieksekusi ganti Expansion Valve nya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
tee-toe
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Sep 03, 2010 4:54

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by tee-toe »

kemuningauto wrote: Thu Jul 18, 2019 11:17
tee-toe wrote:Om Kemuning saya ikut nanya yah, ac yaris '11 saya pas dinyalain terasa dingin tapi setelah jalan lama kok dinginnya berkurang ya? Service ac dengan bongkar dashboard plus bersih-bersih, ganti oli kompresor, ganti filter ac dan tambah freon (tidak di-flush) sudah dikerjain tapi masih belum sembuh penyakitnya. Kira-kira kenapa ya om?
Yaris termasuk awet buat parts AC nya. Coba dicek dari yg paling keliatan dan bisa dianalisa tanpa tools.

1. Pastikan settingan AC udah bener dari kedinginan temperatur, mode airflow circulation.
2. Kinerja Motor Fan lemah atau bagus (Yaris ada 2 speed fan nya Low dan High)
3. Air Radiator ada kurang atau tidak, karatan atau tidak (di Tabung Cadangan dan di Radiator)
4. Temperatur Mesin normal atau tidak.


Minta Analisa Bengkel
1. Tekanan freon normal atau ngga (Ukuran siang hari: Low 30-40, High 175-215)
2. Oli Compressor dikasih berapa ml? Pake merk apa? Kebanyakan atau ngga?
3. Kalo ganti Oli Compressor, di parts selang2, Condenser, Evaporator harus diflushing biar oli2 lama ilang dan tidak mengganggu viscocity si oli baru. Lebih bagus lagi pake mesin seperti LAX.
Terima kasih om Kemuning, coba saya cek ke bengkel ac lagi
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

tee-toe wrote:
kemuningauto wrote: Thu Jul 18, 2019 11:17
tee-toe wrote:Om Kemuning saya ikut nanya yah, ac yaris '11 saya pas dinyalain terasa dingin tapi setelah jalan lama kok dinginnya berkurang ya? Service ac dengan bongkar dashboard plus bersih-bersih, ganti oli kompresor, ganti filter ac dan tambah freon (tidak di-flush) sudah dikerjain tapi masih belum sembuh penyakitnya. Kira-kira kenapa ya om?
Yaris termasuk awet buat parts AC nya. Coba dicek dari yg paling keliatan dan bisa dianalisa tanpa tools.

1. Pastikan settingan AC udah bener dari kedinginan temperatur, mode airflow circulation.
2. Kinerja Motor Fan lemah atau bagus (Yaris ada 2 speed fan nya Low dan High)
3. Air Radiator ada kurang atau tidak, karatan atau tidak (di Tabung Cadangan dan di Radiator)
4. Temperatur Mesin normal atau tidak.


Minta Analisa Bengkel
1. Tekanan freon normal atau ngga (Ukuran siang hari: Low 30-40, High 175-215)
2. Oli Compressor dikasih berapa ml? Pake merk apa? Kebanyakan atau ngga?
3. Kalo ganti Oli Compressor, di parts selang2, Condenser, Evaporator harus diflushing biar oli2 lama ilang dan tidak mengganggu viscocity si oli baru. Lebih bagus lagi pake mesin seperti LAX.
Terima kasih om Kemuning, coba saya cek ke bengkel ac lagi
Siap bos
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by pengendiesel »

kemuningauto wrote: Thu Jul 18, 2019 11:07 - Sienta biasa penyakitnya di Magnet Clutch. Kalo berasa drop pas nyalain AC berarti ada problem di mesinnya. Coba ditune up, atau dicek ke bengkel lain dan yg udah biasa nanganin Nissan. (tools lengkap, mekanik pro).

- Fortuner VNT ngga ada masalah di sistem AC nya. Masih sama parts2nya kaya Innova, beda di Kondensor aja. Performa sistem AC bagus. Untuk Fortuner 2016 ke atas justru ada masalah di Ventilator Motornya (pemisah antara ruang Heater dan AC), udah beberapa kali nemuin kasus gini, dan bs diclaim ke beres.

- Filter Cabin kalo saya cuma percaya merk Denso dan Sakura. Selain itu mau yg carbon, asli, eco guard atau apapun kurang bagus dari segi performa maupun harga.
Thanks infonya om.

Magnet clutchnya Sienta yang ori/kw berapaan?
Apakah ada hal2 khusus yang bisa dilakukan untuk memperpanjang umur magnet clutch?
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

pengendiesel wrote:
kemuningauto wrote: Thu Jul 18, 2019 11:07 - Sienta biasa penyakitnya di Magnet Clutch. Kalo berasa drop pas nyalain AC berarti ada problem di mesinnya. Coba ditune up, atau dicek ke bengkel lain dan yg udah biasa nanganin Nissan. (tools lengkap, mekanik pro).

- Fortuner VNT ngga ada masalah di sistem AC nya. Masih sama parts2nya kaya Innova, beda di Kondensor aja. Performa sistem AC bagus. Untuk Fortuner 2016 ke atas justru ada masalah di Ventilator Motornya (pemisah antara ruang Heater dan AC), udah beberapa kali nemuin kasus gini, dan bs diclaim ke beres.

- Filter Cabin kalo saya cuma percaya merk Denso dan Sakura. Selain itu mau yg carbon, asli, eco guard atau apapun kurang bagus dari segi performa maupun harga.
Thanks infonya om.

Magnet clutchnya Sienta yang ori/kw berapaan?
Apakah ada hal2 khusus yang bisa dilakukan untuk memperpanjang umur magnet clutch?
Sienta yang single blower dan double blower beda magnet clutchnya.

- Yang imitasi single blower kisaran 700an, kira2 sama pasang dan pengisian freon total2 850-900.
- Yang asli single blower kisaran 950an, kira2 sama pasang dan pengisian freon total 1.100-1.200
- Yang imitasi double blower kisaran 700an, kira2 sama pasang dan pengisian freon total2 950-1.000
- Yang asli double blower ngga ada di Densonya sampe bulan lalu.


* Magnet Clutch biasanya kena karena umur kalo normal kisaran 5-8 tahun. Kalo karena malfungsi, penyebabnya Compressor ngga mau main otomatis ON dan OFF nya, dia ON terus, lama2 kebakar magnetnya dan rusak. Kenapa bisa ga main otomatisnya, karena ada problem di sistem AC yang buaanyak faktornya, dari kebocoran freon, kurang oli Compressornya, dll.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by pengendiesel »

kemuningauto wrote: Mon Jul 22, 2019 4:52 Sienta yang single blower dan double blower beda magnet clutchnya.

- Yang imitasi single blower kisaran 700an, kira2 sama pasang dan pengisian freon total2 850-900.
- Yang asli single blower kisaran 950an, kira2 sama pasang dan pengisian freon total 1.100-1.200
- Yang imitasi double blower kisaran 700an, kira2 sama pasang dan pengisian freon total2 950-1.000
- Yang asli double blower ngga ada di Densonya sampe bulan lalu.


* Magnet Clutch biasanya kena karena umur kalo normal kisaran 5-8 tahun. Kalo karena malfungsi, penyebabnya Compressor ngga mau main otomatis ON dan OFF nya, dia ON terus, lama2 kebakar magnetnya dan rusak. Kenapa bisa ga main otomatisnya, karena ada problem di sistem AC yang buaanyak faktornya, dari kebocoran freon, kurang oli Compressornya, dll.
Well noted om, thanks :big_deal:
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by bivanos88 »

untuk jazz 2005, ketika siang"ac harus di set ke blower speed 3 terus karena terasa kurang dingin.. padahal ac termasuk terawat setiap tahun servis dibersihkan, ganti oli kompresor serta filter dryer + expansion, dan tidak ada yang bocor..

kira"masalahnya ada dimana ya kl seperti ini?

dan jazz ini punya penyakit AC bawaan seperti apa ya?
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by iwing »

om kemuning utk captiva, kalo kompresor kurang kompresi, apakah bisa di service dan kira2 penyebabnya apa ya om..?? baru nya yang ori lumayan, sekitar 18 juta katanya. klo yang imitasi sekitar 5 juta