Page 3 of 50

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Jul 10, 2019 5:25
by erwin95
Om mau tanya. Condensor tipe multiflow vs serpentine tingkat efisiensinya seberapa jauh ya? Untuk ukuran kondensor yang sama

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Jul 10, 2019 5:32
by michaelgiri93
kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 1:36
Mobilnya apa om? Tekanan freonnya brp? Otomatis clutchnya normal? Parts masih original semua? Atau pernah ada penggantian parts sistem AC dan pake merk imitasi yg kualitasnya kurang? Karena ada beberapa merk yang emang ngga recommended buat mobil tertentu (gagal produksi). Merk freon juga pengaruh ke kedinginan sistem AC.
Mobilnya galant hiu om, tahun 1998
Tekanan freon saya gak nge cek kemaren waktu di servis
Nah cara nge cek otomatis clutchnya gmn om?
Semenjak saya beli (bekas, 7 tahun yang lalu) yang pernah diganti cuma dryernya (kalo gak salah, pokoknya yang ada kaca indikatornya).
Kompresor masih ori, tapi evapnya sudah gak ori.
Freonnya saya gak tau kemaren merknya apa om.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Jul 10, 2019 5:40
by kemuningauto
erwin95 wrote:Om mau tanya. Condensor tipe multiflow vs serpentine tingkat efisiensinya seberapa jauh ya? Untuk ukuran kondensor yang sama
Mungkin maksudnya Multiflow dan Corrugated. Kalo untuk kendinginannya jelas lebih bagus Multiflow, karena lebih banyak dsm halus sirip2nya, dan flownya ngga single kaya Corrugated. Kelemahannya kalo kompresor jebol pasti harus ganti kondensornya, tidak seperti Corrugated masih bs diflushing. Kalo saya pribadi lebih memilih Multiflow.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Jul 10, 2019 5:42
by kemuningauto

michaelgiri93 wrote:
kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 1:36
Mobilnya apa om? Tekanan freonnya brp? Otomatis clutchnya normal? Parts masih original semua? Atau pernah ada penggantian parts sistem AC dan pake merk imitasi yg kualitasnya kurang? Karena ada beberapa merk yang emang ngga recommended buat mobil tertentu (gagal produksi). Merk freon juga pengaruh ke kedinginan sistem AC.
Mobilnya galant hiu om, tahun 1998
Tekanan freon saya gak nge cek kemaren waktu di servis
Nah cara nge cek otomatis clutchnya gmn om?
Semenjak saya beli (bekas, 7 tahun yang lalu) yang pernah diganti cuma dryernya (kalo gak salah, pokoknya yang ada kaca indikatornya).
Kompresor masih ori, tapi evapnya sudah gak ori.
Freonnya saya gak tau kemaren merknya apa om.
Oke. Nah yg paling penting tau tekanan freon untuk analisa sistem AC. Karena dari situ 80% keliatan permasalahan AC nya. Kalo cara ngecek otomatis clutchnya, dengan sistem AC ON, mesin ON, keadaan stasioner dia pasti ada berhentinya (proses cut-off compressor) biasa bunyi "cetak cetek" tanda clutch nempel. Dan otomatis AC akan terjadi jika tercapai kedinginan maksimal di Evaporator, kalo ngga ada otomatisnya, ada problem di sistem AC nya dan jadi salah satu penyebab Kompresor jebol karena jalan terus tanpa ada cut-off.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Jul 10, 2019 5:47
by michaelgiri93
kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 5:42
Oke. Nah yg paling penting tau tekanan freon untuk analisa sistem AC. Karena dari situ 80% keliatan permasalahan AC nya. Kalo cara ngecek otomatis clutchnya, dengan sistem AC ON, mesin ON, keadaan stasioner dia pasti ada berhentinya (proses cut-off compressor) biasa bunyi "cetak cetek" tanda clutch nempel.
Oh begitu
Oke oke
Kalau untuk tekanan freonnya galant berapa ada info kah om?
Berarti besok² saya bawa ke bengkel lagi untuk cek tekanan freonnya
Oh coba saya cek lagi clutchnya nanti om
Terima kasih ya.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Jul 10, 2019 5:50
by kemuningauto
michaelgiri93 wrote:
kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 5:42
Oke. Nah yg paling penting tau tekanan freon untuk analisa sistem AC. Karena dari situ 80% keliatan permasalahan AC nya. Kalo cara ngecek otomatis clutchnya, dengan sistem AC ON, mesin ON, keadaan stasioner dia pasti ada berhentinya (proses cut-off compressor) biasa bunyi "cetak cetek" tanda clutch nempel.
Oh begitu
Oke oke
Kalau untuk tekanan freonnya galant berapa ada info kah om?
Berarti besok² saya bawa ke bengkel lagi untuk cek tekanan freonnya
Oh coba saya cek lagi clutchnya nanti om
Terima kasih ya.
Sistem AC Normal, keadaan di siang hari kisaran 30-34° Celcius suhu udara ya, beda sama malem pasti jauh lebih rendah tekanannya karena suhu dingin. Tekanan Low Pressure kisaran 30-35 max. Tekanan High Pressure kisaran 175-210 max.

Kalo lebih atau kurang dari itu, berarti ada problem tergantung LP atau HP nya dan brp tekanannya, baru bisa dianalisa problem di mananya.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Jul 10, 2019 5:57
by michaelgiri93
kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 5:50
Sistem AC Normal, keadaan di siang hari kisaran 30-34° Celcius suhu udara ya, beda sama malem pasti jauh lebih rendah tekanannya karena suhu dingin. Tekanan Low Pressure kisaran 30-35 max. Tekanan High Pressure kisaran 175-210 max.

Kalo lebih atau kurang dari itu, berarti ada problem tergantung LP atau HP nya dan brp tekanannya, baru bisa dianalisa problem di mananya.
Iya om kemarin di thermometor mobil suhu di luar sekitar 35°c
Oke oke om
Siap
Itu artinya tekanan terlalu tinggi ac gak dingin, terlalu rendah juga gak dingin ya?

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Jul 10, 2019 6:02
by kemuningauto
michaelgiri93 wrote:
kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 5:50
Sistem AC Normal, keadaan di siang hari kisaran 30-34° Celcius suhu udara ya, beda sama malem pasti jauh lebih rendah tekanannya karena suhu dingin. Tekanan Low Pressure kisaran 30-35 max. Tekanan High Pressure kisaran 175-210 max.

Kalo lebih atau kurang dari itu, berarti ada problem tergantung LP atau HP nya dan brp tekanannya, baru bisa dianalisa problem di mananya.
Iya om kemarin di thermometor mobil suhu di luar sekitar 35°c
Oke oke om
Siap
Itu artinya tekanan terlalu tinggi ac gak dingin, terlalu rendah juga gak dingin ya?
- Terlalu rendah LP dan HP artinya kapasitas freon kurang.
- Terlalu tinggi LP dan HP artinya kelebihan freon atau oli kompresor terlalu banyak.
- Terlalu rendah LP artinya expansion valve bermasalah.
- Terlalu rendah / tinggi HP artinya dryer /drier bermasalah atau fan mati, kondensor mampet.
- Terlalu tinggi LP artinya kompresi lemah.

Dan masih ada symptomps2 lainnya, serta harus dengan pengecekan temperatur mobil, kelancaran radiator, kinerja motor fan, proses vakum sebelum pengisian freon yg sesuai juga penting.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Jul 10, 2019 8:49
by meteor
om sorry nih kalo rada OOT. kalo kita lg ngebut high rev RPM, apa kompressor AC sebaiknya dimatikan (maksudnya, kipas blower nyala tapi tombol AC off) atau dimatikan dua2nya (blower dan tombol AC off)?
sorry kalo ngebingungin hahaha

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Jul 10, 2019 11:37
by afifyulianto
Kalau pembersihan ac mobil pakai ac cleaner semisal hazecool gitu gimana suhu?

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Jul 10, 2019 13:20
by kemuningauto
meteor wrote:om sorry nih kalo rada OOT. kalo kita lg ngebut high rev RPM, apa kompressor AC sebaiknya dimatikan (maksudnya, kipas blower nyala tapi tombol AC off) atau dimatikan dua2nya (blower dan tombol AC off)?
sorry kalo ngebingungin hahaha
Ngga usah bos. Mungkin tarikan awal akan lebih enteng. Tapi kalo udah speed di atas 130 km/h dan dengan rpm di atas 4.000 otomatis tekanan High Pressure akan tinggi dan otomatis akan mati sendiri Compressor untuk mencegah jebol karena sudah ada parts di sistem AC yang namanya "Pressure Switch".

Kecuali udah ngga ada parts tersebut, baru bisa dimatiin AC nya untuk meringankan beban mesin dan dinyalain blower (1-2-3-4) nya aja gapapa.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Jul 10, 2019 13:23
by kemuningauto
afifyulianto wrote:Kalau pembersihan ac mobil pakai ac cleaner semisal hazecool gitu gimana suhu?
Kurang bagus, lebih ke penyegar ruangan. Apalagi kalo Evaporator mobil yang dipake setiap hari dan udah 3-4 tahunan ngga pernah dibersihin. Sama aja kaya baju kotor disemprot2 pewangi, ngga akan bikin bersih. Harusnya diturunin dan disikat.


Contoh Evaporator Belakang Evalia ini.
IMG_20190628_172415.jpeg

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Jul 10, 2019 14:06
by michaelgiri93
kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 6:02
michaelgiri93 wrote:
kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 5:50
Sistem AC Normal, keadaan di siang hari kisaran 30-34° Celcius suhu udara ya, beda sama malem pasti jauh lebih rendah tekanannya karena suhu dingin. Tekanan Low Pressure kisaran 30-35 max. Tekanan High Pressure kisaran 175-210 max.

Kalo lebih atau kurang dari itu, berarti ada problem tergantung LP atau HP nya dan brp tekanannya, baru bisa dianalisa problem di mananya.
Iya om kemarin di thermometor mobil suhu di luar sekitar 35°c
Oke oke om
Siap
Itu artinya tekanan terlalu tinggi ac gak dingin, terlalu rendah juga gak dingin ya?
- Terlalu rendah LP dan HP artinya kapasitas freon kurang.
- Terlalu tinggi LP dan HP artinya kelebihan freon atau oli kompresor terlalu banyak.
- Terlalu rendah LP artinya expansion valve bermasalah.
- Terlalu rendah / tinggi HP artinya dryer /drier bermasalah atau fan mati, kondensor mampet.
- Terlalu tinggi LP artinya kompresi lemah.

Dan masih ada symptomps2 lainnya, serta harus dengan pengecekan temperatur mobil, kelancaran radiator, kinerja motor fan, proses vakum sebelum pengisian freon yg sesuai juga penting.
Oke om
Nanti saya cek itu semua
Makasih ya om info²nya

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Jul 11, 2019 3:14
by iwing
kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 1:33
iwing wrote:halo mau tanya, biasanya kan pada saat tombol on ac di nyalakan, akan seperti 'deg' gitu sebagai tanda kompresor bekerja. nah jika pada saat tombol on tapi kompresor tidak bekerja dan tercium seperti bau gosong itu kenapa ya..??
Kemungkinan Magnet Clutchnya udah terbakar. Bisa dicek kelistrikannya dulu dari relay, sekring, perkabelan dan yang pasti dicek tekanan freonnya.
thx atas penjelasan nya. barusan habis saya bawa ke sitondi dan menurut mereka freon nya habis (terjadi kebocoran) dan jika diijinkan maka mobil akan menginap sekitar 3-4 hari kerja untuk mencari tau letak kebocoran nya. katanya sampe bongkar2 dashboard, haduhhh. btw apa gak ada cara lain ya om untuk mengetahui kebocoran tanpa bongkar dashboard..?? kompresor blm dicek. nanti jika jadi menginap, maka akan dicek keseluruhan katanya. mobil masih saya bawa pulang lagi karena hari minggu masih ada keperluan

btw oot, disana saya melihat expander pada berjejer karena problem evaporator katanya

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Jul 11, 2019 5:19
by kemuningauto
iwing wrote:
kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 1:33
iwing wrote:halo mau tanya, biasanya kan pada saat tombol on ac di nyalakan, akan seperti 'deg' gitu sebagai tanda kompresor bekerja. nah jika pada saat tombol on tapi kompresor tidak bekerja dan tercium seperti bau gosong itu kenapa ya..??
Kemungkinan Magnet Clutchnya udah terbakar. Bisa dicek kelistrikannya dulu dari relay, sekring, perkabelan dan yang pasti dicek tekanan freonnya.
thx atas penjelasan nya. barusan habis saya bawa ke sitondi dan menurut mereka freon nya habis (terjadi kebocoran) dan jika diijinkan maka mobil akan menginap sekitar 3-4 hari kerja untuk mencari tau letak kebocoran nya. katanya sampe bongkar2 dashboard, haduhhh. btw apa gak ada cara lain ya om untuk mengetahui kebocoran tanpa bongkar dashboard..?? kompresor blm dicek. nanti jika jadi menginap, maka akan dicek keseluruhan katanya. mobil masih saya bawa pulang lagi karena hari minggu masih ada keperluan

btw oot, disana saya melihat expander pada berjejer karena problem evaporator katanya
Tergantung mobilnya. Ada yg ngga usah buka dashboard, ada yg perlu buka dashboard untuk menurunkan Cooling Unitnya. Lama pembongkaran tentunya tergantung lagi jenis mobilnya. BTW. Mobil apa kok sampe 3-4 hari pengerjaan? Mobil yg susah bongkar seperti mobil Eropa 1-2 hari. Mobil Jepang 3-4 jam.

Dan iya, Xpander bermasalah di Evaporatornya. Sering bocor di las2an alumunium Liquid Pipe Evaporatornya.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Jul 11, 2019 7:12
by iwing
kemuningauto wrote: Thu Jul 11, 2019 5:19
iwing wrote:
kemuningauto wrote: Wed Jul 10, 2019 1:33 Kemungkinan Magnet Clutchnya udah terbakar. Bisa dicek kelistrikannya dulu dari relay, sekring, perkabelan dan yang pasti dicek tekanan freonnya.
thx atas penjelasan nya. barusan habis saya bawa ke sitondi dan menurut mereka freon nya habis (terjadi kebocoran) dan jika diijinkan maka mobil akan menginap sekitar 3-4 hari kerja untuk mencari tau letak kebocoran nya. katanya sampe bongkar2 dashboard, haduhhh. btw apa gak ada cara lain ya om untuk mengetahui kebocoran tanpa bongkar dashboard..?? kompresor blm dicek. nanti jika jadi menginap, maka akan dicek keseluruhan katanya. mobil masih saya bawa pulang lagi karena hari minggu masih ada keperluan

btw oot, disana saya melihat expander pada berjejer karena problem evaporator katanya
Tergantung mobilnya. Ada yg ngga usah buka dashboard, ada yg perlu buka dashboard untuk menurunkan Cooling Unitnya. Lama pembongkaran tentunya tergantung lagi jenis mobilnya. BTW. Mobil apa kok sampe 3-4 hari pengerjaan? Mobil yg susah bongkar seperti mobil Eropa 1-2 hari. Mobil Jepang 3-4 jam.

Dan iya, Xpander bermasalah di Evaporatornya. Sering bocor di las2an alumunium Liquid Pipe Evaporatornya.
sx4 x-over om. mungkin nunggu antrian kali ya karena pasien nya terlihat lumayan banyak. rencana kalo jadi service disana, senin kayaknya mau saya serahin kesana

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Jul 11, 2019 8:57
by kemuningauto
iwing wrote:
kemuningauto wrote: Thu Jul 11, 2019 5:19
iwing wrote: thx atas penjelasan nya. barusan habis saya bawa ke sitondi dan menurut mereka freon nya habis (terjadi kebocoran) dan jika diijinkan maka mobil akan menginap sekitar 3-4 hari kerja untuk mencari tau letak kebocoran nya. katanya sampe bongkar2 dashboard, haduhhh. btw apa gak ada cara lain ya om untuk mengetahui kebocoran tanpa bongkar dashboard..?? kompresor blm dicek. nanti jika jadi menginap, maka akan dicek keseluruhan katanya. mobil masih saya bawa pulang lagi karena hari minggu masih ada keperluan

btw oot, disana saya melihat expander pada berjejer karena problem evaporator katanya
Tergantung mobilnya. Ada yg ngga usah buka dashboard, ada yg perlu buka dashboard untuk menurunkan Cooling Unitnya. Lama pembongkaran tentunya tergantung lagi jenis mobilnya. BTW. Mobil apa kok sampe 3-4 hari pengerjaan? Mobil yg susah bongkar seperti mobil Eropa 1-2 hari. Mobil Jepang 3-4 jam.

Dan iya, Xpander bermasalah di Evaporatornya. Sering bocor di las2an alumunium Liquid Pipe Evaporatornya.
sx4 x-over om. mungkin nunggu antrian kali ya karena pasien nya terlihat lumayan banyak. rencana kalo jadi service disana, senin kayaknya mau saya serahin kesana
X-Over ngga perlu buka dashboard, lewat bawah dia.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Jul 11, 2019 9:33
by IGedeAmat
Anjuran untuk matiin AC kalo lagi nerobos genangan air yang agak panjang a.k.a banjir itu mitos apa fakta om ?
katanya mencegah air kesedot kompresor AC ??

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Jul 11, 2019 10:24
by kemuningauto
IGedeAmat wrote:Anjuran untuk matiin AC kalo lagi nerobos genangan air yang agak panjang a.k.a banjir itu mitos apa fakta om ?
katanya mencegah air kesedot kompresor AC ??
Mungkin lebih ke mencegah selip Clutchnya Compressor kalo mobil yang Compressornya di bawah, dan biar lebih enteng tarikan.

Kalo kesedot Compressor ngga bisa, karena Compressor tertutup rapat dengan 2 buah selang (suction dan discharge).

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Jul 11, 2019 10:25
by Herman7103
IGedeAmat wrote:Anjuran untuk matiin AC kalo lagi nerobos genangan air yang agak panjang a.k.a banjir itu mitos apa fakta om ?
katanya mencegah air kesedot kompresor AC ??
Wah saya juga pernah dapat ajuran dari mekanik Nissan kota tempat saya tinggal dulu untuk matiin AC kalo mobil lagi nerobos genangan air yg agak panjang dengan alasan supaya magnetic clucth nya lebih awet saja ngak karatan kena air becek yg kotor. But who knows?

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Jul 11, 2019 10:28
by syamil2013
WTA om,
1. Apakah Eco Mode mempengaruhi dinginnya AC?
2. Jika Posisi posisi idle/macet/jalan pelan pelan AC terasa kurang dingin, sementara jika jalan normal dinginnya normal, penyakit apa ini om biasanya?

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Jul 11, 2019 14:01
by kemuningauto
Herman7103 wrote:
IGedeAmat wrote:Anjuran untuk matiin AC kalo lagi nerobos genangan air yang agak panjang a.k.a banjir itu mitos apa fakta om ?
katanya mencegah air kesedot kompresor AC ??
Wah saya juga pernah dapat ajuran dari mekanik Nissan kota tempat saya tinggal dulu untuk matiin AC kalo mobil lagi nerobos genangan air yg agak panjang dengan alasan supaya magnetic clucth nya lebih awet saja ngak karatan kena air becek yg kotor. But who knows?
Hmm menurut saya ngga terlalu ngefek kalo cuma genangan kecil dan sesekali. Kecuali tiap hari terus2an, apalagi deket air laut baru deh cepet karatan.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Jul 11, 2019 14:10
by kemuningauto
syamil2013 wrote:WTA om,
1. Apakah Eco Mode mempengaruhi dinginnya AC?
2. Jika Posisi posisi idle/macet/jalan pelan pelan AC terasa kurang dingin, sementara jika jalan normal dinginnya normal, penyakit apa ini om biasanya?
1. Tidak pengaruh sama sekali, selama mesin dan sistem AC normal semua, pas lagi idle pun tetep dingin dan AC dikatakan dingin bila mencapai di bawah suhu 10° Celcius.

2. Coba dicek kinerja Motor Fan AC / Radiatornya. Kalo ada waktu, cek ke bengkel AC untuk tekanan freonnya. (Karena freon kurang juga berpengaruh jadi kurang dingin, dan ketika jalan RPM lebih tinggi otomatis kompresi si Compressor bertambah dan AC makin dingin. Dan kalo lemah kipasnya, pas jalan parts Condenser kena hembusan angin, jadi lebih bagus melepas panas dan AC makin dingin.)

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Jul 11, 2019 15:05
by josomba
kemuningauto wrote: Thu Jul 11, 2019 14:10 1. Tidak pengaruh sama sekali, selama mesin dan sistem AC normal semua, pas lagi idle pun tetep dingin dan AC dikatakan dingin bila mencapai di bawah suhu 10° Celcius.

2. Coba dicek kinerja Motor Fan AC / Radiatornya. Kalo ada waktu, cek ke bengkel AC untuk tekanan freonnya. (Karena freon kurang juga berpengaruh jadi kurang dingin, dan ketika jalan RPM lebih tinggi otomatis kompresi si Compressor bertambah dan AC makin dingin. Dan kalo lemah kipasnya, pas jalan parts Condenser kena hembusan angin, jadi lebih bagus melepas panas dan AC makin dingin.)
Om kemuning...

Untuk mazda 2 sekaiaktip gen awal dan cx-3 keluaran agak awal sempet pada recall (ada TSB-nya) khususnya condensor yg bocor dari sisi kanan bawah (kalau kita liat dari posisi nyetir dalem mobil ke depan ya).
Mazda2_CX3 AC.jpg
https://testing-public.carmd.com/Tsb/Do ... 2/SI112752

Itu karena kualitas materialnya yg tipis atau gimana ya? Paling sering masalah buat yg mobilnya dipake tol karena kena kerikil, tapi seumur2 punya mobil baru kali ini bisa ada mobil kondenser-nya lemah pisan. mzd 2 saya juga kena taun lalu awal2, untung masih dicover garansi....

Kalau yg jackpot, juga ada kena evaporator....ini keknya kasusnya mirip sipandir mungkin ya? masalah di area las2annya (disebut brazing soalnya).

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Jul 11, 2019 16:06
by kemuningauto
josomba wrote:
kemuningauto wrote: Thu Jul 11, 2019 14:10 1. Tidak pengaruh sama sekali, selama mesin dan sistem AC normal semua, pas lagi idle pun tetep dingin dan AC dikatakan dingin bila mencapai di bawah suhu 10° Celcius.

2. Coba dicek kinerja Motor Fan AC / Radiatornya. Kalo ada waktu, cek ke bengkel AC untuk tekanan freonnya. (Karena freon kurang juga berpengaruh jadi kurang dingin, dan ketika jalan RPM lebih tinggi otomatis kompresi si Compressor bertambah dan AC makin dingin. Dan kalo lemah kipasnya, pas jalan parts Condenser kena hembusan angin, jadi lebih bagus melepas panas dan AC makin dingin.)
Om kemuning...

Untuk mazda 2 sekaiaktip gen awal dan cx-3 keluaran agak awal sempet pada recall (ada TSB-nya) khususnya condensor yg bocor dari sisi kanan bawah (kalau kita liat dari posisi nyetir dalem mobil ke depan ya).
Mazda2_CX3 AC.jpg
https://testing-public.carmd.com/Tsb/Do ... 2/SI112752

Itu karena kualitas materialnya yg tipis atau gimana ya? Paling sering masalah buat yg mobilnya dipake tol karena kena kerikil, tapi seumur2 punya mobil baru kali ini bisa ada mobil kondenser-nya lemah pisan. mzd 2 saya juga kena taun lalu awal2, untung masih dicover garansi....

Kalau yg jackpot, juga ada kena evaporator....ini keknya kasusnya mirip sipandir mungkin ya? masalah di area las2annya (disebut brazing soalnya).
Oke. Betul banget. Mazda khususnya Mazda 2 bawaan asli parts2 sistem AC nya merk FoMoCo (Ford Motor Company) betul karena sempet ada kerjasama antara mereka berdua.

Berdasarkan pengalaman, parts2 sistem AC FoMoCo, atau GM kaya Chevrolet kurang begitu awet dan harganya mahal entah karena biaya import dll.

Dan kalo masalah brazing, itu bisa aja karena parts2 ini mass production dan selalu ada kemungkinan untuk namanya gagal produksi.

Contoh, Denso mengeluarkan parts yang harganya lebih terjangkau dengan nama Denso Coolgear. Ada beberapa parts yg menurut saya fail. Contoh Evaporator Denso CG buat Innova, selalu bermasalah dan mengalami istilah "frost", Evaporator Denso CG buat Veloz, dudukannya agak berbeda musti dipaksa baru bisa pas.