Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Posted: Wed Jul 10, 2019 5:25
Om mau tanya. Condensor tipe multiflow vs serpentine tingkat efisiensinya seberapa jauh ya? Untuk ukuran kondensor yang sama
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Mobilnya galant hiu om, tahun 1998kemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 1:36
Mobilnya apa om? Tekanan freonnya brp? Otomatis clutchnya normal? Parts masih original semua? Atau pernah ada penggantian parts sistem AC dan pake merk imitasi yg kualitasnya kurang? Karena ada beberapa merk yang emang ngga recommended buat mobil tertentu (gagal produksi). Merk freon juga pengaruh ke kedinginan sistem AC.
Mungkin maksudnya Multiflow dan Corrugated. Kalo untuk kendinginannya jelas lebih bagus Multiflow, karena lebih banyak dsm halus sirip2nya, dan flownya ngga single kaya Corrugated. Kelemahannya kalo kompresor jebol pasti harus ganti kondensornya, tidak seperti Corrugated masih bs diflushing. Kalo saya pribadi lebih memilih Multiflow.erwin95 wrote:Om mau tanya. Condensor tipe multiflow vs serpentine tingkat efisiensinya seberapa jauh ya? Untuk ukuran kondensor yang sama
Oke. Nah yg paling penting tau tekanan freon untuk analisa sistem AC. Karena dari situ 80% keliatan permasalahan AC nya. Kalo cara ngecek otomatis clutchnya, dengan sistem AC ON, mesin ON, keadaan stasioner dia pasti ada berhentinya (proses cut-off compressor) biasa bunyi "cetak cetek" tanda clutch nempel. Dan otomatis AC akan terjadi jika tercapai kedinginan maksimal di Evaporator, kalo ngga ada otomatisnya, ada problem di sistem AC nya dan jadi salah satu penyebab Kompresor jebol karena jalan terus tanpa ada cut-off.michaelgiri93 wrote:Mobilnya galant hiu om, tahun 1998kemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 1:36
Mobilnya apa om? Tekanan freonnya brp? Otomatis clutchnya normal? Parts masih original semua? Atau pernah ada penggantian parts sistem AC dan pake merk imitasi yg kualitasnya kurang? Karena ada beberapa merk yang emang ngga recommended buat mobil tertentu (gagal produksi). Merk freon juga pengaruh ke kedinginan sistem AC.
Tekanan freon saya gak nge cek kemaren waktu di servis
Nah cara nge cek otomatis clutchnya gmn om?
Semenjak saya beli (bekas, 7 tahun yang lalu) yang pernah diganti cuma dryernya (kalo gak salah, pokoknya yang ada kaca indikatornya).
Kompresor masih ori, tapi evapnya sudah gak ori.
Freonnya saya gak tau kemaren merknya apa om.
Oh begitukemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 5:42
Oke. Nah yg paling penting tau tekanan freon untuk analisa sistem AC. Karena dari situ 80% keliatan permasalahan AC nya. Kalo cara ngecek otomatis clutchnya, dengan sistem AC ON, mesin ON, keadaan stasioner dia pasti ada berhentinya (proses cut-off compressor) biasa bunyi "cetak cetek" tanda clutch nempel.
Sistem AC Normal, keadaan di siang hari kisaran 30-34° Celcius suhu udara ya, beda sama malem pasti jauh lebih rendah tekanannya karena suhu dingin. Tekanan Low Pressure kisaran 30-35 max. Tekanan High Pressure kisaran 175-210 max.michaelgiri93 wrote:Oh begitukemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 5:42
Oke. Nah yg paling penting tau tekanan freon untuk analisa sistem AC. Karena dari situ 80% keliatan permasalahan AC nya. Kalo cara ngecek otomatis clutchnya, dengan sistem AC ON, mesin ON, keadaan stasioner dia pasti ada berhentinya (proses cut-off compressor) biasa bunyi "cetak cetek" tanda clutch nempel.
Oke oke
Kalau untuk tekanan freonnya galant berapa ada info kah om?
Berarti besok² saya bawa ke bengkel lagi untuk cek tekanan freonnya
Oh coba saya cek lagi clutchnya nanti om
Terima kasih ya.
Iya om kemarin di thermometor mobil suhu di luar sekitar 35°ckemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 5:50
Sistem AC Normal, keadaan di siang hari kisaran 30-34° Celcius suhu udara ya, beda sama malem pasti jauh lebih rendah tekanannya karena suhu dingin. Tekanan Low Pressure kisaran 30-35 max. Tekanan High Pressure kisaran 175-210 max.
Kalo lebih atau kurang dari itu, berarti ada problem tergantung LP atau HP nya dan brp tekanannya, baru bisa dianalisa problem di mananya.
- Terlalu rendah LP dan HP artinya kapasitas freon kurang.michaelgiri93 wrote:Iya om kemarin di thermometor mobil suhu di luar sekitar 35°ckemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 5:50
Sistem AC Normal, keadaan di siang hari kisaran 30-34° Celcius suhu udara ya, beda sama malem pasti jauh lebih rendah tekanannya karena suhu dingin. Tekanan Low Pressure kisaran 30-35 max. Tekanan High Pressure kisaran 175-210 max.
Kalo lebih atau kurang dari itu, berarti ada problem tergantung LP atau HP nya dan brp tekanannya, baru bisa dianalisa problem di mananya.
Oke oke om
Siap
Itu artinya tekanan terlalu tinggi ac gak dingin, terlalu rendah juga gak dingin ya?
Ngga usah bos. Mungkin tarikan awal akan lebih enteng. Tapi kalo udah speed di atas 130 km/h dan dengan rpm di atas 4.000 otomatis tekanan High Pressure akan tinggi dan otomatis akan mati sendiri Compressor untuk mencegah jebol karena sudah ada parts di sistem AC yang namanya "Pressure Switch".meteor wrote:om sorry nih kalo rada OOT. kalo kita lg ngebut high rev RPM, apa kompressor AC sebaiknya dimatikan (maksudnya, kipas blower nyala tapi tombol AC off) atau dimatikan dua2nya (blower dan tombol AC off)?
sorry kalo ngebingungin hahaha
Kurang bagus, lebih ke penyegar ruangan. Apalagi kalo Evaporator mobil yang dipake setiap hari dan udah 3-4 tahunan ngga pernah dibersihin. Sama aja kaya baju kotor disemprot2 pewangi, ngga akan bikin bersih. Harusnya diturunin dan disikat.afifyulianto wrote:Kalau pembersihan ac mobil pakai ac cleaner semisal hazecool gitu gimana suhu?
Oke omkemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 6:02- Terlalu rendah LP dan HP artinya kapasitas freon kurang.michaelgiri93 wrote:Iya om kemarin di thermometor mobil suhu di luar sekitar 35°ckemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 5:50
Sistem AC Normal, keadaan di siang hari kisaran 30-34° Celcius suhu udara ya, beda sama malem pasti jauh lebih rendah tekanannya karena suhu dingin. Tekanan Low Pressure kisaran 30-35 max. Tekanan High Pressure kisaran 175-210 max.
Kalo lebih atau kurang dari itu, berarti ada problem tergantung LP atau HP nya dan brp tekanannya, baru bisa dianalisa problem di mananya.
Oke oke om
Siap
Itu artinya tekanan terlalu tinggi ac gak dingin, terlalu rendah juga gak dingin ya?
- Terlalu tinggi LP dan HP artinya kelebihan freon atau oli kompresor terlalu banyak.
- Terlalu rendah LP artinya expansion valve bermasalah.
- Terlalu rendah / tinggi HP artinya dryer /drier bermasalah atau fan mati, kondensor mampet.
- Terlalu tinggi LP artinya kompresi lemah.
Dan masih ada symptomps2 lainnya, serta harus dengan pengecekan temperatur mobil, kelancaran radiator, kinerja motor fan, proses vakum sebelum pengisian freon yg sesuai juga penting.
thx atas penjelasan nya. barusan habis saya bawa ke sitondi dan menurut mereka freon nya habis (terjadi kebocoran) dan jika diijinkan maka mobil akan menginap sekitar 3-4 hari kerja untuk mencari tau letak kebocoran nya. katanya sampe bongkar2 dashboard, haduhhh. btw apa gak ada cara lain ya om untuk mengetahui kebocoran tanpa bongkar dashboard..?? kompresor blm dicek. nanti jika jadi menginap, maka akan dicek keseluruhan katanya. mobil masih saya bawa pulang lagi karena hari minggu masih ada keperluankemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 1:33Kemungkinan Magnet Clutchnya udah terbakar. Bisa dicek kelistrikannya dulu dari relay, sekring, perkabelan dan yang pasti dicek tekanan freonnya.iwing wrote:halo mau tanya, biasanya kan pada saat tombol on ac di nyalakan, akan seperti 'deg' gitu sebagai tanda kompresor bekerja. nah jika pada saat tombol on tapi kompresor tidak bekerja dan tercium seperti bau gosong itu kenapa ya..??
Tergantung mobilnya. Ada yg ngga usah buka dashboard, ada yg perlu buka dashboard untuk menurunkan Cooling Unitnya. Lama pembongkaran tentunya tergantung lagi jenis mobilnya. BTW. Mobil apa kok sampe 3-4 hari pengerjaan? Mobil yg susah bongkar seperti mobil Eropa 1-2 hari. Mobil Jepang 3-4 jam.iwing wrote:thx atas penjelasan nya. barusan habis saya bawa ke sitondi dan menurut mereka freon nya habis (terjadi kebocoran) dan jika diijinkan maka mobil akan menginap sekitar 3-4 hari kerja untuk mencari tau letak kebocoran nya. katanya sampe bongkar2 dashboard, haduhhh. btw apa gak ada cara lain ya om untuk mengetahui kebocoran tanpa bongkar dashboard..?? kompresor blm dicek. nanti jika jadi menginap, maka akan dicek keseluruhan katanya. mobil masih saya bawa pulang lagi karena hari minggu masih ada keperluankemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 1:33Kemungkinan Magnet Clutchnya udah terbakar. Bisa dicek kelistrikannya dulu dari relay, sekring, perkabelan dan yang pasti dicek tekanan freonnya.iwing wrote:halo mau tanya, biasanya kan pada saat tombol on ac di nyalakan, akan seperti 'deg' gitu sebagai tanda kompresor bekerja. nah jika pada saat tombol on tapi kompresor tidak bekerja dan tercium seperti bau gosong itu kenapa ya..??
btw oot, disana saya melihat expander pada berjejer karena problem evaporator katanya
sx4 x-over om. mungkin nunggu antrian kali ya karena pasien nya terlihat lumayan banyak. rencana kalo jadi service disana, senin kayaknya mau saya serahin kesanakemuningauto wrote: ↑Thu Jul 11, 2019 5:19Tergantung mobilnya. Ada yg ngga usah buka dashboard, ada yg perlu buka dashboard untuk menurunkan Cooling Unitnya. Lama pembongkaran tentunya tergantung lagi jenis mobilnya. BTW. Mobil apa kok sampe 3-4 hari pengerjaan? Mobil yg susah bongkar seperti mobil Eropa 1-2 hari. Mobil Jepang 3-4 jam.iwing wrote:thx atas penjelasan nya. barusan habis saya bawa ke sitondi dan menurut mereka freon nya habis (terjadi kebocoran) dan jika diijinkan maka mobil akan menginap sekitar 3-4 hari kerja untuk mencari tau letak kebocoran nya. katanya sampe bongkar2 dashboard, haduhhh. btw apa gak ada cara lain ya om untuk mengetahui kebocoran tanpa bongkar dashboard..?? kompresor blm dicek. nanti jika jadi menginap, maka akan dicek keseluruhan katanya. mobil masih saya bawa pulang lagi karena hari minggu masih ada keperluankemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 1:33 Kemungkinan Magnet Clutchnya udah terbakar. Bisa dicek kelistrikannya dulu dari relay, sekring, perkabelan dan yang pasti dicek tekanan freonnya.
btw oot, disana saya melihat expander pada berjejer karena problem evaporator katanya
Dan iya, Xpander bermasalah di Evaporatornya. Sering bocor di las2an alumunium Liquid Pipe Evaporatornya.
X-Over ngga perlu buka dashboard, lewat bawah dia.iwing wrote:sx4 x-over om. mungkin nunggu antrian kali ya karena pasien nya terlihat lumayan banyak. rencana kalo jadi service disana, senin kayaknya mau saya serahin kesanakemuningauto wrote: ↑Thu Jul 11, 2019 5:19Tergantung mobilnya. Ada yg ngga usah buka dashboard, ada yg perlu buka dashboard untuk menurunkan Cooling Unitnya. Lama pembongkaran tentunya tergantung lagi jenis mobilnya. BTW. Mobil apa kok sampe 3-4 hari pengerjaan? Mobil yg susah bongkar seperti mobil Eropa 1-2 hari. Mobil Jepang 3-4 jam.iwing wrote: thx atas penjelasan nya. barusan habis saya bawa ke sitondi dan menurut mereka freon nya habis (terjadi kebocoran) dan jika diijinkan maka mobil akan menginap sekitar 3-4 hari kerja untuk mencari tau letak kebocoran nya. katanya sampe bongkar2 dashboard, haduhhh. btw apa gak ada cara lain ya om untuk mengetahui kebocoran tanpa bongkar dashboard..?? kompresor blm dicek. nanti jika jadi menginap, maka akan dicek keseluruhan katanya. mobil masih saya bawa pulang lagi karena hari minggu masih ada keperluan
btw oot, disana saya melihat expander pada berjejer karena problem evaporator katanya
Dan iya, Xpander bermasalah di Evaporatornya. Sering bocor di las2an alumunium Liquid Pipe Evaporatornya.
Mungkin lebih ke mencegah selip Clutchnya Compressor kalo mobil yang Compressornya di bawah, dan biar lebih enteng tarikan.IGedeAmat wrote:Anjuran untuk matiin AC kalo lagi nerobos genangan air yang agak panjang a.k.a banjir itu mitos apa fakta om ?
katanya mencegah air kesedot kompresor AC ??
Wah saya juga pernah dapat ajuran dari mekanik Nissan kota tempat saya tinggal dulu untuk matiin AC kalo mobil lagi nerobos genangan air yg agak panjang dengan alasan supaya magnetic clucth nya lebih awet saja ngak karatan kena air becek yg kotor. But who knows?IGedeAmat wrote:Anjuran untuk matiin AC kalo lagi nerobos genangan air yang agak panjang a.k.a banjir itu mitos apa fakta om ?
katanya mencegah air kesedot kompresor AC ??
Hmm menurut saya ngga terlalu ngefek kalo cuma genangan kecil dan sesekali. Kecuali tiap hari terus2an, apalagi deket air laut baru deh cepet karatan.Herman7103 wrote:Wah saya juga pernah dapat ajuran dari mekanik Nissan kota tempat saya tinggal dulu untuk matiin AC kalo mobil lagi nerobos genangan air yg agak panjang dengan alasan supaya magnetic clucth nya lebih awet saja ngak karatan kena air becek yg kotor. But who knows?IGedeAmat wrote:Anjuran untuk matiin AC kalo lagi nerobos genangan air yang agak panjang a.k.a banjir itu mitos apa fakta om ?
katanya mencegah air kesedot kompresor AC ??
1. Tidak pengaruh sama sekali, selama mesin dan sistem AC normal semua, pas lagi idle pun tetep dingin dan AC dikatakan dingin bila mencapai di bawah suhu 10° Celcius.syamil2013 wrote:WTA om,
1. Apakah Eco Mode mempengaruhi dinginnya AC?
2. Jika Posisi posisi idle/macet/jalan pelan pelan AC terasa kurang dingin, sementara jika jalan normal dinginnya normal, penyakit apa ini om biasanya?
Om kemuning...kemuningauto wrote: ↑Thu Jul 11, 2019 14:10 1. Tidak pengaruh sama sekali, selama mesin dan sistem AC normal semua, pas lagi idle pun tetep dingin dan AC dikatakan dingin bila mencapai di bawah suhu 10° Celcius.
2. Coba dicek kinerja Motor Fan AC / Radiatornya. Kalo ada waktu, cek ke bengkel AC untuk tekanan freonnya. (Karena freon kurang juga berpengaruh jadi kurang dingin, dan ketika jalan RPM lebih tinggi otomatis kompresi si Compressor bertambah dan AC makin dingin. Dan kalo lemah kipasnya, pas jalan parts Condenser kena hembusan angin, jadi lebih bagus melepas panas dan AC makin dingin.)
Oke. Betul banget. Mazda khususnya Mazda 2 bawaan asli parts2 sistem AC nya merk FoMoCo (Ford Motor Company) betul karena sempet ada kerjasama antara mereka berdua.josomba wrote:Om kemuning...kemuningauto wrote: ↑Thu Jul 11, 2019 14:10 1. Tidak pengaruh sama sekali, selama mesin dan sistem AC normal semua, pas lagi idle pun tetep dingin dan AC dikatakan dingin bila mencapai di bawah suhu 10° Celcius.
2. Coba dicek kinerja Motor Fan AC / Radiatornya. Kalo ada waktu, cek ke bengkel AC untuk tekanan freonnya. (Karena freon kurang juga berpengaruh jadi kurang dingin, dan ketika jalan RPM lebih tinggi otomatis kompresi si Compressor bertambah dan AC makin dingin. Dan kalo lemah kipasnya, pas jalan parts Condenser kena hembusan angin, jadi lebih bagus melepas panas dan AC makin dingin.)
Untuk mazda 2 sekaiaktip gen awal dan cx-3 keluaran agak awal sempet pada recall (ada TSB-nya) khususnya condensor yg bocor dari sisi kanan bawah (kalau kita liat dari posisi nyetir dalem mobil ke depan ya).
https://testing-public.carmd.com/Tsb/Do ... 2/SI112752
Itu karena kualitas materialnya yg tipis atau gimana ya? Paling sering masalah buat yg mobilnya dipake tol karena kena kerikil, tapi seumur2 punya mobil baru kali ini bisa ada mobil kondenser-nya lemah pisan. mzd 2 saya juga kena taun lalu awal2, untung masih dicover garansi....
Kalau yg jackpot, juga ada kena evaporator....ini keknya kasusnya mirip sipandir mungkin ya? masalah di area las2annya (disebut brazing soalnya).