Page 39 of 50

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Jun 16, 2021 7:24
by r0JAK
tanya dong...

mau servis ac..innova reborn diesel....apa perlu bongkar dashboard segala yah....sekarang ini kendalanya aca nyapas nyalain bau asem. Ada yang nawarin pake endoskop..tau bersih kahgak...? seandainya harus bongkar bengkel yang rekomen daerah serpong dimana yah ?

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Jun 16, 2021 8:43
by jsatriani
kemuningauto wrote: ↑Wed Jun 16, 2021 5:31
jsatriani wrote:
kemuningauto wrote: ↑Tue Jun 15, 2021 23:43

Semua oli Compressor emg tipenya PAG, tinggal PAG nya yang 46, 100, atau 150.

Mazda 2 bukan tipe Rotary tapi tipe Vane (pisau). Makanya kalo bunyi dia ngelitik bukan ngorok, soalnya bilah2 pisaunya yg gesek ke rumah Comp. Untuk olinya equivalent sama Denso ND-9, tp blm pernah liat ada yg jual asli di Indo. Bisa pake Oli LAX09 tapi ngga diperjual belikan bebas, khusus bengkel2 AC yg pake mesin LAX. Atau cari yang PAG 100 kaya merk Doowon.

Dryer sama aja semua buatan China. Mau merk Kasuya, Protech, Stal. Kalo sebelumnya oli compressor hitam, ganti Condenser. Kalo ngga hitam, ganti Dryer merk 3 itu aman.

Freon jelas bagusan Dupont kalo yg asli buatan USA. Tapi di Indo 90% Dupont Shanghai, jadi sami mawon. Klea kalo asli bagus, yg asli maksudnya Klea tipe Mexichem. Kalo Klea yg ada tulisan mandarin atas2nya udah buatan Shanghai jg, dan buanyak pemalsunya. Mending pake merk Bailian ngga ada yg palsu, dan murni R134.
Siap om suhu.
Om td uda cek merk bailian sama aja ama chemours om dy shangai jg, per kaleng 35.
Ada dupont yg kaleng nya uda label c-mart, kata semu yg jual si ori isi nya dupont usa cm berubah label kaleng aja dan lisensi dari tanaka, per kaleng 49-55rb, good kah om?
Maap om suhu lupa, denso nd9 itu equal sm sanden sp20 ga? Sanden rada gampanf cari cuma memang mahal sekaleng 150, 3x harga denso
Betul tapi murni R134 (tested pake mesin pengecek kadar freon) kalo si Bailian. Kalo Dupont yg Tanaka belum tau saya, soalnya kalo Dupont USA jualnya per 33kg sih biasanya kalo saya ambil. Sanden SP-20 pakenya kalo mau nyari PAG100.
Oke om.
Kalu filter drier om tau ga make yg mana yg betul, klo cek part catalog harus nya baut 2. Cuma real nya yg nempel d mobil sy baut 1. Yang betul yg mana om atau bsa pakai kedua nya?
Soale sy nanya ama toko yg jual d kasi baut 2, tp pas sy kasi liat foto yg terpasanf baut 1 dy blg gbsa pakai hrus baut 1.
Fungsi baut di drier itu sendiri buat apa si gan?
Mhn penjelasan nya πŸ™
E21F638B-0A19-4FEE-87FD-1ADECFFE2BF4.jpeg
EDFC1749-9CC5-44C4-92D0-F23A736F0D1D.jpeg

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Jun 16, 2021 9:24
by blloewy
Om kemuning nanya dung...
Baiknya Oli Kompresor AC itu ditambah per brp lama waktunya? Atau diganti per berapa lama waktunya?
Dan apa iya kata bengkel AC deket rumah saya per 20 rb km atau 1 tahun sekali wajib ganti oli kompresor dan ganti Freon 2x dalam setahun?

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Fri Jun 18, 2021 1:09
by kemuningauto
r0JAK wrote:tanya dong...

mau servis ac..innova reborn diesel....apa perlu bongkar dashboard segala yah....sekarang ini kendalanya aca nyapas nyalain bau asem. Ada yang nawarin pake endoskop..tau bersih kahgak...? seandainya harus bongkar bengkel yang rekomen daerah serpong dimana yah ?
Reborn harus bongkar dashboard total. Endoscope kurang maksimal, kalo bau musti disabunin berkali2, disikat2.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Fri Jun 18, 2021 1:14
by kemuningauto
jsatriani wrote:
kemuningauto wrote: ↑Wed Jun 16, 2021 5:31
jsatriani wrote:
Siap om suhu.
Om td uda cek merk bailian sama aja ama chemours om dy shangai jg, per kaleng 35.
Ada dupont yg kaleng nya uda label c-mart, kata semu yg jual si ori isi nya dupont usa cm berubah label kaleng aja dan lisensi dari tanaka, per kaleng 49-55rb, good kah om?
Maap om suhu lupa, denso nd9 itu equal sm sanden sp20 ga? Sanden rada gampanf cari cuma memang mahal sekaleng 150, 3x harga denso
Betul tapi murni R134 (tested pake mesin pengecek kadar freon) kalo si Bailian. Kalo Dupont yg Tanaka belum tau saya, soalnya kalo Dupont USA jualnya per 33kg sih biasanya kalo saya ambil. Sanden SP-20 pakenya kalo mau nyari PAG100.
Oke om.
Kalu filter drier om tau ga make yg mana yg betul, klo cek part catalog harus nya baut 2. Cuma real nya yg nempel d mobil sy baut 1. Yang betul yg mana om atau bsa pakai kedua nya?
Soale sy nanya ama toko yg jual d kasi baut 2, tp pas sy kasi liat foto yg terpasanf baut 1 dy blg gbsa pakai hrus baut 1.
Fungsi baut di drier itu sendiri buat apa si gan?
Mhn penjelasan nya [emoji120]
E21F638B-0A19-4FEE-87FD-1ADECFFE2BF4.jpeg
EDFC1749-9CC5-44C4-92D0-F23A736F0D1D.jpeg
Harus baut 1. Fungsinya jelas untuk megang ke Condenser, biar ngga copot2. Soalnya kan tekanan tinggi itu dari Compressor ke Condenser terus ke Dryer buat proses penyaringan sebelum ke Expansion Valve dan Evap. Penyaringan freon dan oli compressor, jadi kalo ada uap air, gram2 disaring di Dryer. Mazda 2 Skyactiv pake 2 baut, kalo Mazda 2 biasa pake 1 baut. Pake merk Kasuya coba.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Fri Jun 18, 2021 1:19
by kemuningauto
blloewy wrote:Om kemuning nanya dung...
Baiknya Oli Kompresor AC itu ditambah per brp lama waktunya? Atau diganti per berapa lama waktunya?
Dan apa iya kata bengkel AC deket rumah saya per 20 rb km atau 1 tahun sekali wajib ganti oli kompresor dan ganti Freon 2x dalam setahun?
Kalo freon ngga usah ganti2 sih. Kalo Oli Compressor setiap 30.000-40.000 KM boleh lah. Kalo pas service AC bisa sekalian ditambahin Oli Compressornya juga, selama ngga ada kebocoran2 aman mustinya.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Fri Jun 18, 2021 4:51
by reise16
Om kemuning, numpang tanya nih. 2kd saya taun 2013 odo 135rb km belum pernah servis ac cuma DIY bersihin blower depan sama pernah sekali bersih2 pake cairan foam yg disemprot lewat blower. Selama ini rutin ganti filter kabin tiap 15rb km dan kabin hampir selalu bersih. Tidak pernah pake pewangi apapun, saya dan keluarga ga ada yg suka parfum mobil. Ac masih dingin dan ga ada bau2 asem ato yg lainnya. Apa perlu servis rutin seperti ganti oli compressor? Dan efeknya gmn kalo oli kompresor ga pernah diganti? Kalo untuk bersih2 evaporator kayanya sayang ya kalo dashboard dibuka total, soalnya saya di daerah belum nemu bengkel ac yg rapi kerjaannya.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sun Jun 20, 2021 8:00
by jsatriani
kemuningauto wrote: ↑Fri Jun 18, 2021 1:14
jsatriani wrote:
kemuningauto wrote: ↑Wed Jun 16, 2021 5:31 Betul tapi murni R134 (tested pake mesin pengecek kadar freon) kalo si Bailian. Kalo Dupont yg Tanaka belum tau saya, soalnya kalo Dupont USA jualnya per 33kg sih biasanya kalo saya ambil. Sanden SP-20 pakenya kalo mau nyari PAG100.
Oke om.
Kalu filter drier om tau ga make yg mana yg betul, klo cek part catalog harus nya baut 2. Cuma real nya yg nempel d mobil sy baut 1. Yang betul yg mana om atau bsa pakai kedua nya?
Soale sy nanya ama toko yg jual d kasi baut 2, tp pas sy kasi liat foto yg terpasanf baut 1 dy blg gbsa pakai hrus baut 1.
Fungsi baut di drier itu sendiri buat apa si gan?
Mhn penjelasan nya [emoji120]

E21F638B-0A19-4FEE-87FD-1ADECFFE2BF4.jpeg

EDFC1749-9CC5-44C4-92D0-F23A736F0D1D.jpeg
Harus baut 1. Fungsinya jelas untuk megang ke Condenser, biar ngga copot2. Soalnya kan tekanan tinggi itu dari Compressor ke Condenser terus ke Dryer buat proses penyaringan sebelum ke Expansion Valve dan Evap. Penyaringan freon dan oli compressor, jadi kalo ada uap air, gram2 disaring di Dryer. Mazda 2 Skyactiv pake 2 baut, kalo Mazda 2 biasa pake 1 baut. Pake merk Kasuya coba.
Siap om.
Kalau kondensor antara acm, yaruki, sigma good mana om?
Kemudian klo oring seal m2 sky pakai ukuran brp 2 selang ke kompresor dan 2 selang ke drier serta merk seal yang kualitas baik, trims om πŸ™

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sun Jul 18, 2021 8:23
by midrpm
Om mau tanya, klo bedanya flushing dan vacum dimana ya? sering denger istilah ini tapi ga tau detailnya kaya gmn.
Oh iya klo cuci ac bongkar dashboard gitu, risiko pemasangan dashboard yg salah/ga kenceng/bunyi2 kira2 besar ga ya om? pengen cuci ac cuma momok menakutkan cuma masalah bongkar dashboardnya aja hehe. Thx om

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Sun Jul 18, 2021 8:44
by blloewy
Om mau nanya...benarkah ganti oli kompresor dgn pake mesin itu ngga bagus? Justru membuat oli lama nyumbat di kondensor? Model.bagaimana yg aman dan baik u penggantian oli kompresor dan per brp rb km mesti ganti oli kompresor?

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Mon Jul 19, 2021 1:54
by Spike71
Izin bertanya om, 3 bulan yang lalu saya melakukan servis ac termasuk penggantian Evaporator untuk mobil SX4 dengan merek Protech serta flushing Freon dan Oli Kompresor.

Awal pemakaian Ac tersebut dingin sekali walaupun panas terik namun belakangan ini tidak sedingin biasanya.

Sudah saya cek di bengkel Ac tekanan freon Normal dan tidak ditemukan adanya kebocoran. Pihak bengkel mengatakan karena menggunakan Evaporator KW. Apakah hal tersebut benar ? Kalau tidak adakah yang harus saya cek kembali ?

Untuk filter Ac kondisinya masih layak pakai
Terima kasih

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Tue Jul 20, 2021 16:22
by akbrn
Spike71 wrote:Izin bertanya om, 3 bulan yang lalu saya melakukan servis ac termasuk penggantian Evaporator untuk mobil SX4 dengan merek Protech serta flushing Freon dan Oli Kompresor.

Awal pemakaian Ac tersebut dingin sekali walaupun panas terik namun belakangan ini tidak sedingin biasanya.

Sudah saya cek di bengkel Ac tekanan freon Normal dan tidak ditemukan adanya kebocoran. Pihak bengkel mengatakan karena menggunakan Evaporator KW. Apakah hal tersebut benar ? Kalau tidak adakah yang harus saya cek kembali ?

Untuk filter Ac kondisinya masih layak pakai
Terima kasih
bantu jawab

SX4 RC1 gw dulu pernah lepas heater core (gara2 keropos & dari kisi2 ac keluar asap) sama sekalian ganti evap pake merek pokka (ikut keropos juga & waktu itu coolgear & denso genuine kosong barang). Oli kompresor pake refoil SP & freon pake bailian.

Awal2 beres servis, suhu bisa nyampe 2.5Β° - 3Β° & hawa bener2 dingin ky AC panther.

Selang seminggu sampe skrg, suhu paling dingin 5Β° - 6Β° & hawa ngga sedingin waktu pertama kali beres servis.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Tue Jul 27, 2021 6:21
by boschdot
halo SMers... mohon ijin ane mau nanya, forty VNT ane kan udh jalan 103rb KM, dari sejak pake nih mobil di KM 67rb belum pernah yg nama nya perawatan sektor AC, apa yg seharus nya dilakukan ya untuk perawatan AC ini?? sebagai tambahan aja AC mobil ane ini berjalan normal masih dingin jg dan selama ini mgkn hanya sekali ganti filter kabin dan sekali jg filter tsb dibersihkan... mohon saran dari suhu2 disini yaa...

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Mon Aug 23, 2021 8:47
by Chris001
Halo semua, ada yang pernah ganti kompresor AC c200 w204 fl ya? Ini AC saya kadang dingin kadanh panas, bengkel ngomong kompresor lemah perlu ganti.. kira2 estimasi kena brapa ya?

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Sep 16, 2021 2:12
by whitehorse4
Halo om, pemula mau tanya

Kalau ac mendengkur/ngorok itu apa benar compressornya perlu ganti? Selama 3 tahun pakai memang ac belum pernah ganti apa2 (hanya sekedar isi freon)

Kalau dibiarkan mendengkur, kiraΒ² efeknya apa om?

Mobilnya usia 20 tahun
Thanks

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Sep 16, 2021 4:13
by blloewy
whitehorse4 wrote: ↑Thu Sep 16, 2021 2:12 Halo om, pemula mau tanya

Kalau ac mendengkur/ngorok itu apa benar compressornya perlu ganti? Selama 3 tahun pakai memang ac belum pernah ganti apa2 (hanya sekedar isi freon)

Kalau dibiarkan mendengkur, kiraΒ² efeknya apa om?

Mobilnya usia 20 tahun
Thanks
Coba diflash dulu olinya Om...biasanya krn oli di dlm kompresor sdh sedikit banget jd kompresor tdk terlumasi.
Ganti oli dan cek kondisi kompresor lagi apakah msh ngorok atau ngga.
Itu 3 tahun berapa kali isi Freon?
Kl sering artinya ada kebocoran dan boxor Freon kadang olinya kompresor juga ikut bocor.
Biasanya sich begitu Om sebelum.divonis ganti kompresor.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Fri Sep 17, 2021 5:16
by doko86
Siang om, mau tanya.... Td pagi waktu jalan di tol jorr tiba ac mati, jd cm keluar anginnya saja.....

Biasanya kn ada bunyi ctek, kipas jalan..... Nah gara2 ac mati, kipas juga mati

Kira2 apa y om. Suwun.

Ayla 1KR-DE

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Fri Sep 17, 2021 11:03
by bungle
doko86 wrote: ↑Fri Sep 17, 2021 5:16 Siang om, mau tanya.... Td pagi waktu jalan di tol jorr tiba ac mati, jd cm keluar anginnya saja.....

Biasanya kn ada bunyi ctek, kipas jalan..... Nah gara2 ac mati, kipas juga mati

Kira2 apa y om. Suwun.

Ayla 1KR-DE
Pas bawa ke bengkel minta cek dinamo motor fan. Mungkin itu biang keroknya,

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Wed Oct 20, 2021 3:10
by kemuningauto
doko86 wrote:Siang om, mau tanya.... Td pagi waktu jalan di tol jorr tiba ac mati, jd cm keluar anginnya saja.....

Biasanya kn ada bunyi ctek, kipas jalan..... Nah gara2 ac mati, kipas juga mati

Kira2 apa y om. Suwun.

Ayla 1KR-DE
coba dicek dulu kelistrikannya. kalo AC doang yg mati mustinya fan tetap nyala soalnya. ini berarti arus ngga dateng ke fan juga problemnya.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Oct 28, 2021 22:49
by doko86
bungle wrote: ↑Fri Sep 17, 2021 11:03
doko86 wrote: ↑Fri Sep 17, 2021 5:16 Siang om, mau tanya.... Td pagi waktu jalan di tol jorr tiba ac mati, jd cm keluar anginnya saja.....

Biasanya kn ada bunyi ctek, kipas jalan..... Nah gara2 ac mati, kipas juga mati

Kira2 apa y om. Suwun.

Ayla 1KR-DE
Pas bawa ke bengkel minta cek dinamo motor fan. Mungkin itu biang keroknya,
terimakasi om, pas d check ternyata magnetnya jebol. Untung aja gak sampai makan ke as condenor.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Thu Oct 28, 2021 22:51
by doko86
kemuningauto wrote: ↑Wed Oct 20, 2021 3:10
doko86 wrote:Siang om, mau tanya.... Td pagi waktu jalan di tol jorr tiba ac mati, jd cm keluar anginnya saja.....

Biasanya kn ada bunyi ctek, kipas jalan..... Nah gara2 ac mati, kipas juga mati

Kira2 apa y om. Suwun.

Ayla 1KR-DE
coba dicek dulu kelistrikannya. kalo AC doang yg mati mustinya fan tetap nyala soalnya. ini berarti arus ngga dateng ke fan juga problemnya.
terimakasih om kemuning, tp pas d check magnetnya yg jebol ternyata..... Untuk gak sampai makan as condensornya.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Fri Oct 29, 2021 4:38
by Peter10
selamat siang om, mo tanya?
klo umur dryer ac brapa lama ya?
terakhir service ac sebulan yang lalu, bersihin evap ma flasing oli tp dryer g di ganti.
di L15Z 2014
makasih

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Fri Oct 29, 2021 4:46
by well
doko86 wrote: ↑Thu Oct 28, 2021 22:51
kemuningauto wrote: ↑Wed Oct 20, 2021 3:10
doko86 wrote:Siang om, mau tanya.... Td pagi waktu jalan di tol jorr tiba ac mati, jd cm keluar anginnya saja.....

Biasanya kn ada bunyi ctek, kipas jalan..... Nah gara2 ac mati, kipas juga mati

Kira2 apa y om. Suwun.

Ayla 1KR-DE
coba dicek dulu kelistrikannya. kalo AC doang yg mati mustinya fan tetap nyala soalnya. ini berarti arus ngga dateng ke fan juga problemnya.
terimakasih om kemuning, tp pas d check magnetnya yg jebol ternyata..... Untuk gak sampai makan as condensornya.
bener kemungkinan magnetclutch yg jebol atau bs juga relaynya.
kmrn sy magnetnya yg rusak, gejalanya kadang mau konek kadang tidak mau. klo pas tidak mau connect, ac dimatikan ditunggu sbntr terus dihidupkan, kadang mau connect kadang tdk

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Fri Oct 29, 2021 4:47
by kemuningauto
Peter10 wrote:selamat siang om, mo tanya?
klo umur dryer ac brapa lama ya?
terakhir service ac sebulan yang lalu, bersihin evap ma flasing oli tp dryer g di ganti.
di L15Z 2014
makasih
30.000 KM boleh buat penggantian dryer.

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Posted: Fri Oct 29, 2021 11:10
by fajarrian
kemuningauto wrote: ↑Fri Oct 29, 2021 4:47
Peter10 wrote:selamat siang om, mo tanya?
klo umur dryer ac brapa lama ya?
terakhir service ac sebulan yang lalu, bersihin evap ma flasing oli tp dryer g di ganti.
di L15Z 2014
makasih
30.000 KM boleh buat penggantian dryer.

om mau nanya dong, kalo mobil lagi diem di lampu merah ato lagi parkir ac ga dingin, tapi kalo mobil jalan ac dingin

itu tanda2 kompresor udah lemah kah?