Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Posted: Mon Jan 27, 2020 4:54
Ada pengalaman ganti Engine Mounting Mazda 2 Skyactiv? Sharing dong.
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Getar yang sama dengan yang kemaren, ketika low rpm (idle atau macet) di kondisi mesin agak dingin (cold start), ada vibration.
Hoooo gitu...lawyerone wrote: ↑Mon Jan 27, 2020 5:18
Getar yang sama dengan yang kemaren, ketika low rpm (idle atau macet) di kondisi mesin agak dingin (cold start), ada vibration.
Kalo mesin dah panas (habis dijalanin di tol) getarannya berkurang jauh.
Awalnya suspect busi. Makanya sempet nyari2 busi kan kemaren itu. Tapi tadi minta tolong driver bawa ke bengkel deket rumah hasil cek semua bagus. Tapi engine mounting LH RH kempes dan mount belakang retak (katanya driver sih transmission mounting, tapi kalo liat di estimasi biaya ditulis engine mount belakang).
Harganya agak serem yak. Niatnya nyari yg seharga M2 lama wakakakakakka.
Iya harganya agak mepet. Agak tinggi ya. Skrg mungkin mau tanya beres dulu kena berapa. Dan bingung sih ud perlu diganti atau belum itu beres.josomba wrote: ↑Mon Jan 27, 2020 6:35Hoooo gitu...lawyerone wrote: ↑Mon Jan 27, 2020 5:18
Getar yang sama dengan yang kemaren, ketika low rpm (idle atau macet) di kondisi mesin agak dingin (cold start), ada vibration.
Kalo mesin dah panas (habis dijalanin di tol) getarannya berkurang jauh.
Awalnya suspect busi. Makanya sempet nyari2 busi kan kemaren itu. Tapi tadi minta tolong driver bawa ke bengkel deket rumah hasil cek semua bagus. Tapi engine mounting LH RH kempes dan mount belakang retak (katanya driver sih transmission mounting, tapi kalo liat di estimasi biaya ditulis engine mount belakang).
Harganya agak serem yak. Niatnya nyari yg seharga M2 lama wakakakakakka.
Kalau LH dan transmisi sih, di indonesia jaya tokped kena 2.3 jutaan (di luar ongkir) kalau ndak salah.
Kalau pengemudi (tapi CX5 ya) - RH sih pake made in taiwan kena 800 rb kalau aseli kena 2 jutaan. Jadi mepet 5 juta juga sih ya...
haha..
Habis nanya beres, harganya ga beda jauh. Sangat mirip sama Indonesia Jaya, nambah dikit (karena ada PPN). Paling nanti pembeda utama di biaya jasa.josomba wrote: ↑Mon Jan 27, 2020 6:35Hoooo gitu...lawyerone wrote: ↑Mon Jan 27, 2020 5:18
Getar yang sama dengan yang kemaren, ketika low rpm (idle atau macet) di kondisi mesin agak dingin (cold start), ada vibration.
Kalo mesin dah panas (habis dijalanin di tol) getarannya berkurang jauh.
Awalnya suspect busi. Makanya sempet nyari2 busi kan kemaren itu. Tapi tadi minta tolong driver bawa ke bengkel deket rumah hasil cek semua bagus. Tapi engine mounting LH RH kempes dan mount belakang retak (katanya driver sih transmission mounting, tapi kalo liat di estimasi biaya ditulis engine mount belakang).
Harganya agak serem yak. Niatnya nyari yg seharga M2 lama wakakakakakka.
Kalau LH dan transmisi sih, di indonesia jaya tokped kena 2.3 jutaan (di luar ongkir) kalau ndak salah.
Kalau pengemudi (tapi CX5 ya) - RH sih pake made in taiwan kena 800 rb kalau aseli kena 2 jutaan. Jadi mepet 5 juta juga sih ya...
haha..
Mantap....lawyerone wrote: ↑Mon Jan 27, 2020 10:27
Habis nanya beres, harganya ga beda jauh. Sangat mirip sama Indonesia Jaya, nambah dikit (karena ada PPN). Paling nanti pembeda utama di biaya jasa.
Kalo harga beda tipis gitu mungkin prefer ganti di beres sih.
mending eurokars (sunter) atau mazdajakarta (slipi / puri) ya?
Bandinginnya sama apa dulu om? Kalau ama avanza gen awal atau lcgc ya jelas beda. Tapi kalau ama xpander, keknya lebi kedap xpander....
abis berapa duit om?josomba wrote: ↑Tue Feb 04, 2020 6:13 Update lg dah....
belum lama ini abis ganti rack steer utuh (yang mana sudah include rack end). Barangnya sih lelangan ... kata penjualnya. Gambling beli, pas sampe diliat2 sih kondisinya mulus banget belum ada baret di ulir2 rack end maupun yg ke intermediate shaft setir.
Kenapa ganti rack steer toh yg lalu2 dah ganti mostly semua komponen kaki? Entah juga, tapi belakangan (2 bulan terakhir) ada bunyi jedug2 dan setir kek ada berasa sela dikit.
Pas rack steer dah dicopot, agak kaget juga ntuh rack end bisa diputer2 pake ujung jari, padahal umur baru 20 ribuan KM. Tapi memang pake partnya merk CTR sih, entah juga biasa buat mobil2 korea.
Dengan demikian, agak was2 juga buat yg tie rod endnya karena pake CTR. Alhasil coba beli merk 555 (karena memang dah percaya ama ni merk), gambling pake yg buat mazda 2 lama karena menurut partsouq.com kode part (web code) sama. Walau ternyata pas buka tie rod end si merk CTR ini, masih sehat walafiat... yauda lah tetep minta mbah Marmut untuk eksekusi ganti, dah terlanjur beli juga
tierod1.jpg
Dan ternyata beneran plug n play.
Berarti ni mazda 2 skyactiv untuk sektor kaki2 ada yg sharing dengan mazda 2 lama dan juga dengan cx-5 (shock support, bearing yg bawah shock support).
josomba wrote: ↑Sun Jun 21, 2020 11:15 Update lg....
20200617_120849.jpg
Mobil dah 5 tahun n jalan 90+ ribu km, iseng minta mbah marmut buka boot cv joint...buka yg luar, oke bentuk masih "grease", buka yg dalam sisi tranny atau pun sebrangnya yakk.....crootttt....netes perlahan tp pasti seperti pd gambar kiri atas...
Akhirnya setelah berguru ke si mbah satu ini n nyari repiu2 di luar, pilihan grease jatuh ke Timken
20200616_190625.jpg
Yg bisa berbentuk oli, hipotesis cuman 2:
1. Memang sisi dalem pake visco grease yg lebi encer
2. Kualitas grease yg deket2 area panas, cepet lumer n jualan part jd laku
-----
Lanjut lg ganti ATF, tp kali ini request turunin pan karena mau bersihin magnet-nya...sudah turun pan, terlihat magnet dah numpuk lumayan kotoran semacem serbuk besi (?)...copotin strainer, sekilas liat ya sudah mayan kotor tp belum sampe dah hitam ada semacem 'lendir'... Karena belum beli juga strainer, akhirnya pasang lg saja...
Waktunya menghitung jumlah ATF yg keluar...4.3-4.5L yg ngucur n cuman bawa 4L Q8 Auto MV... Akhirnya biarin aja isi 4L dulu, sampe rumah top up lg..
Sesuai primbon bengkel mazda, kudu ngukur saat 50C...ya karena ga ada sensor Transmission Fluid temp yg terbaca, owe asumsi sama dengan Coolant (ECT) saja dah...
Screenshot_20200621-181427_Gallery.jpg
Walhasil yg perlu ditambah sekitaran 450-500ml...
Kalau liat d partsouq.com sih mostly sama plek kecuali shock breaker belakang ya...jakanjc wrote: ↑Thu Jun 25, 2020 14:46 Om saya pengguna mazda skyactiv juga, cuman ane pake kakaknya mazda 2 alias si CX3.. Bulan depan udah waktunya service rutin 30k, berhubung agustus nanti garansinya abis.. ane mau sekalian claim bunyi geludug2 dari kaki2 depan kl lewat jalan bergelombang/lobang tajem2. Sebelum2nya udah sempet ane complain ke beres simprug&bogor, dan kata mereka semuanya normal.. di simprug cuman dikenceng2in aja baut2 arm&bodynya sempet ilang geluduk2nya 3 hari, abis itu gitu bunyi lg.
Ada masukan ga om item apa aja yang musti di cek pas service nanti? Setelah saya baca thread ini, saya nemuin yg musti di cek shock support,ball joint, sama long tie rodnya.. Mungkin ada tambahan/masukkan yang musti di cek apa lagi?
Saya mikirnya Cx3 inikan platformnya dari Mazda 2, jadi harusnya problem2 issuenya seharusnya juga mirip khususnya kaki2.
Ohiya Btw, aki globattnya masih belom bertahan ga om? Ni saya akinya udah hampir koit juga, masih aki bawaan.
Siyaap om, makannya service nanti mo ngosongin waktu biar bisa pantengin mekaniknya.. biasanya service saya tinggal gawejosomba wrote: ↑Thu Jun 25, 2020 15:22Kalau liat d partsouq.com sih mostly sama plek kecuali shock breaker belakang ya...jakanjc wrote: ↑Thu Jun 25, 2020 14:46 Om saya pengguna mazda skyactiv juga, cuman ane pake kakaknya mazda 2 alias si CX3.. Bulan depan udah waktunya service rutin 30k, berhubung agustus nanti garansinya abis.. ane mau sekalian claim bunyi geludug2 dari kaki2 depan kl lewat jalan bergelombang/lobang tajem2. Sebelum2nya udah sempet ane complain ke beres simprug&bogor, dan kata mereka semuanya normal.. di simprug cuman dikenceng2in aja baut2 arm&bodynya sempet ilang geluduk2nya 3 hari, abis itu gitu bunyi lg.
Ada masukan ga om item apa aja yang musti di cek pas service nanti? Setelah saya baca thread ini, saya nemuin yg musti di cek shock support,ball joint, sama long tie rodnya.. Mungkin ada tambahan/masukkan yang musti di cek apa lagi?
Saya mikirnya Cx3 inikan platformnya dari Mazda 2, jadi harusnya problem2 issuenya seharusnya juga mirip khususnya kaki2.
Ohiya Btw, aki globattnya masih belom bertahan ga om? Ni saya akinya udah hampir koit juga, masih aki bawaan.
Tie rod (outer) juga jgn lupa dicek om... Link stabil n bushingnya juga dicek.. cmn yah kalau d BeRes akan blg "aman" aja sih...
Semenjak september 2019 saya pake amaron om, ga globatt lg hehe...
Kl Mazda saya yg 2010 AT
Penasaran om, kalau servis di bengkel resmi mazda apa bisa kita minta cuma kerjain sesuai buku servis aja? Atau paketnya wajib diambil semua? Kalo wajib diambil semua sih malesin bgtjosomba wrote: ↑Wed Jul 01, 2020 3:40
yah setiap service kalau bisa di-monetize, ya di-monetize deh .... Jamu2 ga penting, servis yg belum waktunya kan juga seringkali disodorin .... gituan yg bikin mahal sih ya.. Kalau ngikutin sesuai kata bukman aja sih, harusnya mirip2 aja ama average japanese car...
Kadang tergantung SA om. Mobil saya ini ke BeRes cmn pernah 2x untuk servis berkala sisanya d luar. Selama 2x itu sih bisa aja nolak...Jindanjun wrote: ↑Fri Jul 03, 2020 22:33
Penasaran om, kalau servis di bengkel resmi mazda apa bisa kita minta cuma kerjain sesuai buku servis aja? Atau paketnya wajib diambil semua? Kalo wajib diambil semua sih malesin bgt
Karena emg ciri khas bengkel resmi pasti suka nawarin jamu ga penting....sy kalo servis di bengkel resmi manapun pasti sy coret semua yg ga penting itu
Wah untung lah kita masih bisa tolak om..josomba wrote: ↑Fri Jul 03, 2020 23:30Kadang tergantung SA om. Mobil saya ini ke BeRes cmn pernah 2x untuk servis berkala sisanya d luar. Selama 2x itu sih bisa aja nolak...Jindanjun wrote: ↑Fri Jul 03, 2020 22:33
Penasaran om, kalau servis di bengkel resmi mazda apa bisa kita minta cuma kerjain sesuai buku servis aja? Atau paketnya wajib diambil semua? Kalo wajib diambil semua sih malesin bgt
Karena emg ciri khas bengkel resmi pasti suka nawarin jamu ga penting....sy kalo servis di bengkel resmi manapun pasti sy coret semua yg ga penting itu
Malah mobil sebelum, H tegak, harus agak ngotot2an sama salah satu SA d BeRes di Tangsel