Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4258
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by Profith83 »

Kalau saya sama sekali belum dinyalain.

Kalau tap oli lama, kemudian isi oli baru misal tertera di buku manual kapasitas 3.5 liter.
Setelah diisi 3.5 liter. sebelum mesin dihidupkan, memang benar di dipstick pass di F.

Artinya memang test pass kondisi oli dalam keadaan dingin
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11860
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by ChZ »

kingpower wrote: 06 Dec 2021, 16:48 Om chz pas ganti oli cek dipstick dulu ga? Apakah ada penurunan kapasitas oli?

Kemaren minggu baru aja ganti oli di bengkel rekanan brightmart pake valvoline synpower 0w20 beli di jd.id. Pas cek dipstick ternyata udah setengah kurang banyak. Oli sebelumnya pake amsoil OE 5w30. Oli dipakai baru 5300an KM. Tapi lumayan sering nyalain mesin di parkiran sih. Apa ngaruh banyak ya kalo begitu?
setengah kurang banyak ?? enjin dan oil filter aman masangnya gak ada yang rembes ?

saya klo selama ini rutin cek itu hari minggu waktu mobil ngga dipake sih. dicuci sekalian dicek level fluidnya semua sejauh ini aman aman. sempet juga pake amsoil OE 5w30 malah dipake ampe oil life abis setaun masih nggapapa.

klo di L15B7 ini masalahnya kan justru overfill (excessive dilution) ini kok malah kurang banyak :big_think: apa mgkn kayak mbah omni bilang mesin abis dinyalain olinya blm balik ke oilpan semua.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4398
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by Suryaputra »

Saya pikir, logika manual book knp ngecek dlm kondisi mesin setelah hidup (hangat) dan diamkan 3 menit?

- memastikan gak kekurangan oli ketika mesin bekerja
- memastikan oil pan punya cadangan oli yg cukup ketika oli bersirkulasi, atau terjadi penguapan yg tidak kita ketahui ketika mesin hidup

Intinya.. selama masih dalam batas antara titik Full dan Low, aman koq.

Ini relevan dgn bahasan mbah suhu omni, kenapa perlu ngecek dan ganti atf girboks di suhu tertentu.
*Colek me if I'm wrong
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9963
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by Omnibus »

kingpower wrote: 07 Dec 2021, 10:42
Ngeceknya dibengkelnya om. Pas sampai bengkel ga langsung dicek karena antri. Cuma memang ada moment dimana pindahin mobil dari waiting area ke maintenance area sih.

Kalo cek oli di pagi hari itu pas mesin belum dinyalain atau mesin dinyalain terus tunggu 5 menit baru cek dipstick om?
nah itu yg di bold ga afdol :big_biglaugh:

pagi hari (atau siang sore malem) gpp yg penting mobil udah lama ga dinyalain. lantai rata ya.

sy ga pernah pake metode yg nyalain trus tunggu 5 menit baru periksa. sebab ini kl pagi dicek malah bisa jadi lebih tinggi dr batas F n konon utk sebagian mobil menjadi root cause seal rembes.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9963
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: 07 Dec 2021, 10:55 Kalau saya sama sekali belum dinyalain.

Kalau tap oli lama, kemudian isi oli baru misal tertera di buku manual kapasitas 3.5 liter.
Setelah diisi 3.5 liter. sebelum mesin dihidupkan, memang benar di dipstick pass di F.

Artinya memang test pass kondisi oli dalam keadaan dingin
sepakat mbah :big_deal:

berarti mbah a true DIYer, praktek n teori sejalan :emo-flowerforyou:
kingpower
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 06 Mar 2016, 15:59

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by kingpower »

Suryaputra wrote: 06 Dec 2021, 17:01
Ohh,
Wkt masih pakai amsoil ss, kondisinya gmn?

According to manual book..
1. Cek dipstick ketika mesin anget, setelah dinyalain, trus mesin off dan diamkan 3 menit (di jalan datar)

2. Buka dipstick, posisi oli mesin hrs ada di antara titik atas (full) dan titik bawah (low)
Nah itu mbah saya kurang perhatiin pas dulu. Karena memang mobil nguli dan dipakein oli yang mungkin bisa dikatakan bagus makanya jadi ga concern hahaha.

Siap noted mbah thank you infonya.

ChZ wrote: 07 Dec 2021, 11:00 setengah kurang banyak ?? enjin dan oil filter aman masangnya gak ada yang rembes ?

saya klo selama ini rutin cek itu hari minggu waktu mobil ngga dipake sih. dicuci sekalian dicek level fluidnya semua sejauh ini aman aman. sempet juga pake amsoil OE 5w30 malah dipake ampe oil life abis setaun masih nggapapa.

klo di L15B7 ini masalahnya kan justru overfill (excessive dilution) ini kok malah kurang banyak :big_think: apa mgkn kayak mbah omni bilang mesin abis dinyalain olinya blm balik ke oilpan semua.
Aman harusnya om ga ada rembes.

Nah iya bisa jadi sih om soalnya memang kemaren sempet nyalain mesin untuk pindahin mobil sebelum ganti oli, jadi yang mbah omni bilang memungkinkan. Saya juga lupa euy foto dipstick sebagai kenang2an. Next nya pas ganti oli saya cek lagi deh apakah ada kekurangan volume oli, tentunya dengan SOP yang disarankan mbah2 disini.
Omnibus wrote: 07 Dec 2021, 16:37
kingpower wrote: 07 Dec 2021, 10:42
Ngeceknya dibengkelnya om. Pas sampai bengkel ga langsung dicek karena antri. Cuma memang ada moment dimana pindahin mobil dari waiting area ke maintenance area sih.

Kalo cek oli di pagi hari itu pas mesin belum dinyalain atau mesin dinyalain terus tunggu 5 menit baru cek dipstick om?
nah itu yg di bold ga afdol :big_biglaugh:

pagi hari (atau siang sore malem) gpp yg penting mobil udah lama ga dinyalain. lantai rata ya.

sy ga pernah pake metode yg nyalain trus tunggu 5 menit baru periksa. sebab ini kl pagi dicek malah bisa jadi lebih tinggi dr batas F n konon utk sebagian mobil menjadi root cause seal rembes.
Iya mbah mungkin karena sempet nyalain jadi sirkulasi olinya belum sampe ke oil pan lagi. Nanti saya cek lagi deh pas ganti oli berikutnya dengan SOP yang sesuai. Terima kasih mbah sarannya
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1006
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by Or4cle »

Omnibus wrote: 07 Dec 2021, 16:40
Profith83 wrote: 07 Dec 2021, 10:55 Kalau saya sama sekali belum dinyalain.

Kalau tap oli lama, kemudian isi oli baru misal tertera di buku manual kapasitas 3.5 liter.
Setelah diisi 3.5 liter. sebelum mesin dihidupkan, memang benar di dipstick pass di F.

Artinya memang test pass kondisi oli dalam keadaan dingin
sepakat mbah :big_deal:

berarti mbah a true DIYer, praktek n teori sejalan :emo-flowerforyou:
Wo ai ni mbah panutan ku, memang benar teori & praktek mesti sejalan :big_exellent:
Cek oli itu simple, gak perlu teori muter sana-sini cukup ikutin logika kayak om Profith83
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4398
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by Suryaputra »

kingpower wrote: 07 Dec 2021, 16:50
Suryaputra wrote: 06 Dec 2021, 17:01
Ohh,
Wkt masih pakai amsoil ss, kondisinya gmn?

According to manual book..
1. Cek dipstick ketika mesin anget, setelah dinyalain, trus mesin off dan diamkan 3 menit (di jalan datar)

2. Buka dipstick, posisi oli mesin hrs ada di antara titik atas (full) dan titik bawah (low)
Nah itu mbah saya kurang perhatiin pas dulu. Karena memang mobil nguli dan dipakein oli yang mungkin bisa dikatakan bagus makanya jadi ga concern hahaha.

Siap noted mbah thank you infonya.

ChZ wrote: 07 Dec 2021, 11:00 setengah kurang banyak ?? enjin dan oil filter aman masangnya gak ada yang rembes ?

saya klo selama ini rutin cek itu hari minggu waktu mobil ngga dipake sih. dicuci sekalian dicek level fluidnya semua sejauh ini aman aman. sempet juga pake amsoil OE 5w30 malah dipake ampe oil life abis setaun masih nggapapa.

klo di L15B7 ini masalahnya kan justru overfill (excessive dilution) ini kok malah kurang banyak :big_think: apa mgkn kayak mbah omni bilang mesin abis dinyalain olinya blm balik ke oilpan semua.
Aman harusnya om ga ada rembes.

Nah iya bisa jadi sih om soalnya memang kemaren sempet nyalain mesin untuk pindahin mobil sebelum ganti oli, jadi yang mbah omni bilang memungkinkan. Saya juga lupa euy foto dipstick sebagai kenang2an. Next nya pas ganti oli saya cek lagi deh apakah ada kekurangan volume oli, tentunya dengan SOP yang disarankan mbah2 disini.
Omnibus wrote: 07 Dec 2021, 16:37
kingpower wrote: 07 Dec 2021, 10:42
Ngeceknya dibengkelnya om. Pas sampai bengkel ga langsung dicek karena antri. Cuma memang ada moment dimana pindahin mobil dari waiting area ke maintenance area sih.

Kalo cek oli di pagi hari itu pas mesin belum dinyalain atau mesin dinyalain terus tunggu 5 menit baru cek dipstick om?
nah itu yg di bold ga afdol :big_biglaugh:

pagi hari (atau siang sore malem) gpp yg penting mobil udah lama ga dinyalain. lantai rata ya.

sy ga pernah pake metode yg nyalain trus tunggu 5 menit baru periksa. sebab ini kl pagi dicek malah bisa jadi lebih tinggi dr batas F n konon utk sebagian mobil menjadi root cause seal rembes.
Iya mbah mungkin karena sempet nyalain jadi sirkulasi olinya belum sampe ke oil pan lagi. Nanti saya cek lagi deh pas ganti oli berikutnya dengan SOP yang sesuai. Terima kasih mbah sarannya
Ngecek oli mesin dalam kondisi setelah ditap mah simple,
Ikutin aja kapasitas manual book, dan kurangin dikitt.
Cek dipstick, biasanya ada di posisi F.

Tapi setelah dipakai 1 2 3 bulan, ya agak lain crita.
Ada faktor kemungkinan nguap, nyangkut di engine head, daleman camshaft, dsb :mky_04:

Sama kayak check level atf girboks kasus jazz nya mbah omni :big_biglaugh:

Klo saya gak ambil pusing...
Mau dipanasin dulu kek, mau kondisi dingin kek...
Yg ptg:
1. garis olinya between titik atas (max) dan titik bawah (low).
Itu tolerable indicator buat oli mesin

2. Metode cek berkala, konsisten (mau waktu pagi msh dingin blm nyala, atau ikut teori manual book).
Karena klo metodenya sama, jadi tau ada penguapan signifikan apa nggak.
*Colek me if I'm wrong
kingpower
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 06 Mar 2016, 15:59

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by kingpower »

Suryaputra wrote: 07 Dec 2021, 17:14 Ngecek oli mesin dalam kondisi setelah ditap mah simple,
Ikutin aja kapasitas manual book, dan kurangin dikitt.
Cek dipstick, biasanya ada di posisi F.

Tapi setelah dipakai 1 2 3 bulan, ya agak lain crita.
Ada faktor kemungkinan nguap, nyangkut di engine head, daleman camshaft, dsb :mky_04:

Sama kayak check level atf girboks kasus jazz nya mbah omni :big_biglaugh:

Klo saya gak ambil pusing...
Mau dipanasin dulu kek, mau kondisi dingin kek...
Yg ptg:
1. garis olinya between titik atas (max) dan titik bawah (low).
Itu tolerable indicator buat oli mesin

2. Metode cek berkala, konsisten (mau waktu pagi msh dingin blm nyala, atau ikut teori manual book).
Karena klo metodenya sama, jadi tau ada penguapan signifikan apa nggak.
Noted mbah. Kemaren juga pas cek masih di level antara F dan low sih jadi masih santai saya dan memang pas interval ganti oli di 5000 km. Thank you mbah
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11860
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by ChZ »

Or4cle wrote: 07 Dec 2021, 16:59
Wo ai ni mbah panutan ku, memang benar teori & praktek mesti sejalan :big_exellent:
Cek oli itu simple, gak perlu teori muter sana-sini cukup ikutin logika kayak om Profith83
jadi inget kamar sebelah teori mutar muter mesin dibilas migor segala :mky_07:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4398
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 08 Dec 2021, 09:40
Or4cle wrote: 07 Dec 2021, 16:59
Wo ai ni mbah panutan ku, memang benar teori & praktek mesti sejalan :big_exellent:
Cek oli itu simple, gak perlu teori muter sana-sini cukup ikutin logika kayak om Profith83
jadi inget kamar sebelah teori mutar muter mesin dibilas migor segala :mky_07:
Bisa naikin HP loh migor :ngacir:
*Colek me if I'm wrong
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1581
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by KielConstantine »

Suryaputra wrote: 08 Dec 2021, 09:54
ChZ wrote: 08 Dec 2021, 09:40
Or4cle wrote: 07 Dec 2021, 16:59
Wo ai ni mbah panutan ku, memang benar teori & praktek mesti sejalan :big_exellent:
Cek oli itu simple, gak perlu teori muter sana-sini cukup ikutin logika kayak om Profith83
jadi inget kamar sebelah teori mutar muter mesin dibilas migor segala :mky_07:
Bisa naikin HP loh migor :ngacir:
Paling bener pake peresan minyak FRD ..

Semua metal langsung kinclong ; rapet; licinnn ..

Oli merk nganu mah lewat :big_weee:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1006
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by Or4cle »

ChZ wrote: 08 Dec 2021, 09:40
Or4cle wrote: 07 Dec 2021, 16:59
Wo ai ni mbah panutan ku, memang benar teori & praktek mesti sejalan :big_exellent:
Cek oli itu simple, gak perlu teori muter sana-sini cukup ikutin logika kayak om Profith83
jadi inget kamar sebelah teori mutar muter mesin dibilas migor segala :mky_07:
Lumayan buat hiburan mbah ... lah wong bumi bulat aja diperdebatkan, walau sdh dikasih bukti kuat. :glodak:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4398
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by Suryaputra »

Or4cle wrote: 08 Dec 2021, 10:16
ChZ wrote: 08 Dec 2021, 09:40
Or4cle wrote: 07 Dec 2021, 16:59
Wo ai ni mbah panutan ku, memang benar teori & praktek mesti sejalan :big_exellent:
Cek oli itu simple, gak perlu teori muter sana-sini cukup ikutin logika kayak om Profith83
jadi inget kamar sebelah teori mutar muter mesin dibilas migor segala :mky_07:
Lumayan buat hiburan mbah ... lah wong bumi bulat aja diperdebatkan, walau sdh dikasih bukti kuat. :glodak:
Komunitas migor dan bumi bulat di LN sono jg ada :big_biglaugh:

Migor buat oli mesin,
Liat komen2nya jg koplak :big_biglaugh:


:upss: :upss:
*Colek me if I'm wrong
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1006
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by Or4cle »

Suryaputra wrote: 08 Dec 2021, 11:03
Or4cle wrote: 08 Dec 2021, 10:16
ChZ wrote: 08 Dec 2021, 09:40

jadi inget kamar sebelah teori mutar muter mesin dibilas migor segala :mky_07:
Lumayan buat hiburan mbah ... lah wong bumi bulat aja diperdebatkan, walau sdh dikasih bukti kuat. :glodak:
Komunitas migor dan bumi bulat di LN sono jg ada :big_biglaugh:

Migor buat oli mesin,
Liat komen2nya jg koplak :big_biglaugh:


:upss: :upss:
Pantesan harga migor di pasaran melejit tinggi mbah, bikin emak-emak bingung atur uang belanja bulanan.
Ternyata bapak-bapak juga suka berkreasi dgn migor :big_biglaugh:
CrvHonda
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 21 Mar 2022, 15:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: CRV Trubo 2018

Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems

Post by CrvHonda »

Pada booster rem electric kadang muncul bunyi cetek.. cetek.. cetek.. tapi kalau pedal rem diinjak bunyinya hilang... tapi semua kondisi rem tangan, hold brake, dan rem kaki dapat berfungsi normal.. apa ya yang menjadi penyebabnya? mungkin ada yang bisa bantu kasih ulasan...
Post Reply