Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4234
- Joined: 14 Jul 2008, 09:54
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Kalau saya sama sekali belum dinyalain.
Kalau tap oli lama, kemudian isi oli baru misal tertera di buku manual kapasitas 3.5 liter.
Setelah diisi 3.5 liter. sebelum mesin dihidupkan, memang benar di dipstick pass di F.
Artinya memang test pass kondisi oli dalam keadaan dingin
Kalau tap oli lama, kemudian isi oli baru misal tertera di buku manual kapasitas 3.5 liter.
Setelah diisi 3.5 liter. sebelum mesin dihidupkan, memang benar di dipstick pass di F.
Artinya memang test pass kondisi oli dalam keadaan dingin
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 11846
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
setengah kurang banyak ?? enjin dan oil filter aman masangnya gak ada yang rembes ?kingpower wrote: ↑06 Dec 2021, 16:48 Om chz pas ganti oli cek dipstick dulu ga? Apakah ada penurunan kapasitas oli?
Kemaren minggu baru aja ganti oli di bengkel rekanan brightmart pake valvoline synpower 0w20 beli di jd.id. Pas cek dipstick ternyata udah setengah kurang banyak. Oli sebelumnya pake amsoil OE 5w30. Oli dipakai baru 5300an KM. Tapi lumayan sering nyalain mesin di parkiran sih. Apa ngaruh banyak ya kalo begitu?
saya klo selama ini rutin cek itu hari minggu waktu mobil ngga dipake sih. dicuci sekalian dicek level fluidnya semua sejauh ini aman aman. sempet juga pake amsoil OE 5w30 malah dipake ampe oil life abis setaun masih nggapapa.
klo di L15B7 ini masalahnya kan justru overfill (excessive dilution) ini kok malah kurang banyak

2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W
https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W
https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
- Suryaputra
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4364
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: L15Z1
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Saya pikir, logika manual book knp ngecek dlm kondisi mesin setelah hidup (hangat) dan diamkan 3 menit?
- memastikan gak kekurangan oli ketika mesin bekerja
- memastikan oil pan punya cadangan oli yg cukup ketika oli bersirkulasi, atau terjadi penguapan yg tidak kita ketahui ketika mesin hidup
Intinya.. selama masih dalam batas antara titik Full dan Low, aman koq.
Ini relevan dgn bahasan mbah suhu omni, kenapa perlu ngecek dan ganti atf girboks di suhu tertentu.
- memastikan gak kekurangan oli ketika mesin bekerja
- memastikan oil pan punya cadangan oli yg cukup ketika oli bersirkulasi, atau terjadi penguapan yg tidak kita ketahui ketika mesin hidup
Intinya.. selama masih dalam batas antara titik Full dan Low, aman koq.
Ini relevan dgn bahasan mbah suhu omni, kenapa perlu ngecek dan ganti atf girboks di suhu tertentu.
*Colek me if I'm wrong
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9851
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
nah itu yg di bold ga afdolkingpower wrote: ↑07 Dec 2021, 10:42
Ngeceknya dibengkelnya om. Pas sampai bengkel ga langsung dicek karena antri. Cuma memang ada moment dimana pindahin mobil dari waiting area ke maintenance area sih.
Kalo cek oli di pagi hari itu pas mesin belum dinyalain atau mesin dinyalain terus tunggu 5 menit baru cek dipstick om?

pagi hari (atau siang sore malem) gpp yg penting mobil udah lama ga dinyalain. lantai rata ya.
sy ga pernah pake metode yg nyalain trus tunggu 5 menit baru periksa. sebab ini kl pagi dicek malah bisa jadi lebih tinggi dr batas F n konon utk sebagian mobil menjadi root cause seal rembes.
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9851
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
sepakat mbahProfith83 wrote: ↑07 Dec 2021, 10:55 Kalau saya sama sekali belum dinyalain.
Kalau tap oli lama, kemudian isi oli baru misal tertera di buku manual kapasitas 3.5 liter.
Setelah diisi 3.5 liter. sebelum mesin dihidupkan, memang benar di dipstick pass di F.
Artinya memang test pass kondisi oli dalam keadaan dingin

berarti mbah a true DIYer, praktek n teori sejalan

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: 06 Mar 2016, 15:59
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Nah itu mbah saya kurang perhatiin pas dulu. Karena memang mobil nguli dan dipakein oli yang mungkin bisa dikatakan bagus makanya jadi ga concern hahaha.Suryaputra wrote: ↑06 Dec 2021, 17:01
Ohh,
Wkt masih pakai amsoil ss, kondisinya gmn?
According to manual book..
1. Cek dipstick ketika mesin anget, setelah dinyalain, trus mesin off dan diamkan 3 menit (di jalan datar)
2. Buka dipstick, posisi oli mesin hrs ada di antara titik atas (full) dan titik bawah (low)
Siap noted mbah thank you infonya.
Aman harusnya om ga ada rembes.ChZ wrote: ↑07 Dec 2021, 11:00 setengah kurang banyak ?? enjin dan oil filter aman masangnya gak ada yang rembes ?
saya klo selama ini rutin cek itu hari minggu waktu mobil ngga dipake sih. dicuci sekalian dicek level fluidnya semua sejauh ini aman aman. sempet juga pake amsoil OE 5w30 malah dipake ampe oil life abis setaun masih nggapapa.
klo di L15B7 ini masalahnya kan justru overfill (excessive dilution) ini kok malah kurang banyakapa mgkn kayak mbah omni bilang mesin abis dinyalain olinya blm balik ke oilpan semua.
Nah iya bisa jadi sih om soalnya memang kemaren sempet nyalain mesin untuk pindahin mobil sebelum ganti oli, jadi yang mbah omni bilang memungkinkan. Saya juga lupa euy foto dipstick sebagai kenang2an. Next nya pas ganti oli saya cek lagi deh apakah ada kekurangan volume oli, tentunya dengan SOP yang disarankan mbah2 disini.
Iya mbah mungkin karena sempet nyalain jadi sirkulasi olinya belum sampe ke oil pan lagi. Nanti saya cek lagi deh pas ganti oli berikutnya dengan SOP yang sesuai. Terima kasih mbah sarannyaOmnibus wrote: ↑07 Dec 2021, 16:37nah itu yg di bold ga afdolkingpower wrote: ↑07 Dec 2021, 10:42
Ngeceknya dibengkelnya om. Pas sampai bengkel ga langsung dicek karena antri. Cuma memang ada moment dimana pindahin mobil dari waiting area ke maintenance area sih.
Kalo cek oli di pagi hari itu pas mesin belum dinyalain atau mesin dinyalain terus tunggu 5 menit baru cek dipstick om?![]()
pagi hari (atau siang sore malem) gpp yg penting mobil udah lama ga dinyalain. lantai rata ya.
sy ga pernah pake metode yg nyalain trus tunggu 5 menit baru periksa. sebab ini kl pagi dicek malah bisa jadi lebih tinggi dr batas F n konon utk sebagian mobil menjadi root cause seal rembes.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1005
- Joined: 02 Nov 2016, 08:59
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Wo ai ni mbah panutan ku, memang benar teori & praktek mesti sejalanOmnibus wrote: ↑07 Dec 2021, 16:40sepakat mbahProfith83 wrote: ↑07 Dec 2021, 10:55 Kalau saya sama sekali belum dinyalain.
Kalau tap oli lama, kemudian isi oli baru misal tertera di buku manual kapasitas 3.5 liter.
Setelah diisi 3.5 liter. sebelum mesin dihidupkan, memang benar di dipstick pass di F.
Artinya memang test pass kondisi oli dalam keadaan dingin![]()
berarti mbah a true DIYer, praktek n teori sejalan![]()

Cek oli itu simple, gak perlu teori muter sana-sini cukup ikutin logika kayak om Profith83
- Suryaputra
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4364
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: L15Z1
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Ngecek oli mesin dalam kondisi setelah ditap mah simple,kingpower wrote: ↑07 Dec 2021, 16:50Nah itu mbah saya kurang perhatiin pas dulu. Karena memang mobil nguli dan dipakein oli yang mungkin bisa dikatakan bagus makanya jadi ga concern hahaha.Suryaputra wrote: ↑06 Dec 2021, 17:01
Ohh,
Wkt masih pakai amsoil ss, kondisinya gmn?
According to manual book..
1. Cek dipstick ketika mesin anget, setelah dinyalain, trus mesin off dan diamkan 3 menit (di jalan datar)
2. Buka dipstick, posisi oli mesin hrs ada di antara titik atas (full) dan titik bawah (low)
Siap noted mbah thank you infonya.
Aman harusnya om ga ada rembes.ChZ wrote: ↑07 Dec 2021, 11:00 setengah kurang banyak ?? enjin dan oil filter aman masangnya gak ada yang rembes ?
saya klo selama ini rutin cek itu hari minggu waktu mobil ngga dipake sih. dicuci sekalian dicek level fluidnya semua sejauh ini aman aman. sempet juga pake amsoil OE 5w30 malah dipake ampe oil life abis setaun masih nggapapa.
klo di L15B7 ini masalahnya kan justru overfill (excessive dilution) ini kok malah kurang banyakapa mgkn kayak mbah omni bilang mesin abis dinyalain olinya blm balik ke oilpan semua.
Nah iya bisa jadi sih om soalnya memang kemaren sempet nyalain mesin untuk pindahin mobil sebelum ganti oli, jadi yang mbah omni bilang memungkinkan. Saya juga lupa euy foto dipstick sebagai kenang2an. Next nya pas ganti oli saya cek lagi deh apakah ada kekurangan volume oli, tentunya dengan SOP yang disarankan mbah2 disini.
Iya mbah mungkin karena sempet nyalain jadi sirkulasi olinya belum sampe ke oil pan lagi. Nanti saya cek lagi deh pas ganti oli berikutnya dengan SOP yang sesuai. Terima kasih mbah sarannyaOmnibus wrote: ↑07 Dec 2021, 16:37nah itu yg di bold ga afdolkingpower wrote: ↑07 Dec 2021, 10:42
Ngeceknya dibengkelnya om. Pas sampai bengkel ga langsung dicek karena antri. Cuma memang ada moment dimana pindahin mobil dari waiting area ke maintenance area sih.
Kalo cek oli di pagi hari itu pas mesin belum dinyalain atau mesin dinyalain terus tunggu 5 menit baru cek dipstick om?![]()
pagi hari (atau siang sore malem) gpp yg penting mobil udah lama ga dinyalain. lantai rata ya.
sy ga pernah pake metode yg nyalain trus tunggu 5 menit baru periksa. sebab ini kl pagi dicek malah bisa jadi lebih tinggi dr batas F n konon utk sebagian mobil menjadi root cause seal rembes.
Ikutin aja kapasitas manual book, dan kurangin dikitt.
Cek dipstick, biasanya ada di posisi F.
Tapi setelah dipakai 1 2 3 bulan, ya agak lain crita.
Ada faktor kemungkinan nguap, nyangkut di engine head, daleman camshaft, dsb

Sama kayak check level atf girboks kasus jazz nya mbah omni

Klo saya gak ambil pusing...
Mau dipanasin dulu kek, mau kondisi dingin kek...
Yg ptg:
1. garis olinya between titik atas (max) dan titik bawah (low).
Itu tolerable indicator buat oli mesin
2. Metode cek berkala, konsisten (mau waktu pagi msh dingin blm nyala, atau ikut teori manual book).
Karena klo metodenya sama, jadi tau ada penguapan signifikan apa nggak.
*Colek me if I'm wrong
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: 06 Mar 2016, 15:59
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Noted mbah. Kemaren juga pas cek masih di level antara F dan low sih jadi masih santai saya dan memang pas interval ganti oli di 5000 km. Thank you mbahSuryaputra wrote: ↑07 Dec 2021, 17:14 Ngecek oli mesin dalam kondisi setelah ditap mah simple,
Ikutin aja kapasitas manual book, dan kurangin dikitt.
Cek dipstick, biasanya ada di posisi F.
Tapi setelah dipakai 1 2 3 bulan, ya agak lain crita.
Ada faktor kemungkinan nguap, nyangkut di engine head, daleman camshaft, dsb![]()
Sama kayak check level atf girboks kasus jazz nya mbah omni
Klo saya gak ambil pusing...
Mau dipanasin dulu kek, mau kondisi dingin kek...
Yg ptg:
1. garis olinya between titik atas (max) dan titik bawah (low).
Itu tolerable indicator buat oli mesin
2. Metode cek berkala, konsisten (mau waktu pagi msh dingin blm nyala, atau ikut teori manual book).
Karena klo metodenya sama, jadi tau ada penguapan signifikan apa nggak.
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 11846
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
jadi inget kamar sebelah teori mutar muter mesin dibilas migor segala

2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W
https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W
https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
- Suryaputra
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4364
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: L15Z1
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Bisa naikin HP loh migor

*Colek me if I'm wrong
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1570
- Joined: 03 Jul 2013, 13:23
- Location: Indonesia
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Paling bener pake peresan minyak FRD ..
Semua metal langsung kinclong ; rapet; licinnn ..
Oli merk nganu mah lewat

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1005
- Joined: 02 Nov 2016, 08:59
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Lumayan buat hiburan mbah ... lah wong bumi bulat aja diperdebatkan, walau sdh dikasih bukti kuat.

- Suryaputra
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4364
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: L15Z1
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Komunitas migor dan bumi bulat di LN sono jg ada

Migor buat oli mesin,
Liat komen2nya jg koplak



*Colek me if I'm wrong
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1005
- Joined: 02 Nov 2016, 08:59
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Pantesan harga migor di pasaran melejit tinggi mbah, bikin emak-emak bingung atur uang belanja bulanan.Suryaputra wrote: ↑08 Dec 2021, 11:03Komunitas migor dan bumi bulat di LN sono jg ada![]()
Migor buat oli mesin,
Liat komen2nya jg koplak![]()
![]()
![]()
Ternyata bapak-bapak juga suka berkreasi dgn migor

-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: 21 Mar 2022, 15:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: CRV Trubo 2018
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Pada booster rem electric kadang muncul bunyi cetek.. cetek.. cetek.. tapi kalau pedal rem diinjak bunyinya hilang... tapi semua kondisi rem tangan, hold brake, dan rem kaki dapat berfungsi normal.. apa ya yang menjadi penyebabnya? mungkin ada yang bisa bantu kasih ulasan...