Produk asesoris otomotip yg "Gak jelas punya"

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by rudyzanetti »

zzzprince wrote: Thu Nov 21, 2019 15:19 Izin tanya nih.. kalau dari kemarin saya baca isinya pada mbahas barang klenik.. ini saya nemu ada produk exhaust yg sering ikut kejuaraan, claimnya seperti lampiran berikut.. kira2 apa masuk akal ya kalo dari sudut pandang suhu2 disini, thanksScreenshot_20191121-221803_Instagram.jpeg
Tergantung om. Contoh header/downpipe.
Di mobil jaman skrg yg uda pake katalik konverter, ganti header/downpipe yg "polosan" pasti naek torsi/hp nya. Asal tekukan nya ga bentuk sudut 90° aja. Mau header nya tekukan nya kempot asal ga parah pasti naek tenaga.
Sepengetahuan saya di sistem exhaust mobil katalik konverter itu yg paling bikin nahan.
Header/downpipe standar yg ada kataliknya, asal ga eman2 mbobok katalik pasti naek jg tenaganya.
Nah sy penasaran, di mobil2 jadul yg dari sono nya emang ga ada katalik. Sebanyak apa peningkatannya.
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by zzzprince »

rudyzanetti wrote:
zzzprince wrote: Thu Nov 21, 2019 15:19 Izin tanya nih.. kalau dari kemarin saya baca isinya pada mbahas barang klenik.. ini saya nemu ada produk exhaust yg sering ikut kejuaraan, claimnya seperti lampiran berikut.. kira2 apa masuk akal ya kalo dari sudut pandang suhu2 disini, thanksScreenshot_20191121-221803_Instagram.jpeg
Tergantung om. Contoh header/downpipe.
Di mobil jaman skrg yg uda pake katalik konverter, ganti header/downpipe yg "polosan" pasti naek torsi/hp nya. Asal tekukan nya ga bentuk sudut 90° aja. Mau header nya tekukan nya kempot asal ga parah pasti naek tenaga.
Sepengetahuan saya di sistem exhaust mobil katalik konverter itu yg paling bikin nahan.
Header/downpipe standar yg ada kataliknya, asal ga eman2 mbobok katalik pasti naek jg tenaganya.
Nah sy penasaran, di mobil2 jadul yg dari sono nya emang ga ada katalik. Sebanyak apa peningkatannya.
Yang jadi concern saya di masalah fuel efficientnya om, kalo tenaga pasti meningkat karna mmg katalisnya jadi gak ada. Nah untuk fuel efficient apa memang bisa mencapai klaimnya? Kebetulan saya pernah pasang header tsb, dan dari pemakaian saya, hitung pakai metode full-to-full dan kaki kanan cukup sekolah, ga pernah sampe diangka segitu.. saya mikir apa gaya nyetir saya yg masih salah ato klaim itu khusus untuk tipe mesin tertentu? Malah yg saya perhatiin pas idling, mid avg fuel consumption cepet turunnya dibanding pakai header std.. Kalo masalah tenaga jg blm pernah dyno sampai akhirnya balik header std, jadi hasil akhirnya blm tau jg..

Kalo mmg desain header freeflow bisa menghemat bbm, berarti seharusnya mesin di pasaran bisa lebih efisien tanpa pakai katalis dong? Dengan mengesampingkan efek suara dan emisi tentunya..

rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by rudyzanetti »

zzzprince wrote: Thu Nov 21, 2019 17:49
rudyzanetti wrote:
zzzprince wrote: Thu Nov 21, 2019 15:19 Izin tanya nih.. kalau dari kemarin saya baca isinya pada mbahas barang klenik.. ini saya nemu ada produk exhaust yg sering ikut kejuaraan, claimnya seperti lampiran berikut.. kira2 apa masuk akal ya kalo dari sudut pandang suhu2 disini, thanksScreenshot_20191121-221803_Instagram.jpeg
Tergantung om. Contoh header/downpipe.
Di mobil jaman skrg yg uda pake katalik konverter, ganti header/downpipe yg "polosan" pasti naek torsi/hp nya. Asal tekukan nya ga bentuk sudut 90° aja. Mau header nya tekukan nya kempot asal ga parah pasti naek tenaga.
Sepengetahuan saya di sistem exhaust mobil katalik konverter itu yg paling bikin nahan.
Header/downpipe standar yg ada kataliknya, asal ga eman2 mbobok katalik pasti naek jg tenaganya.
Nah sy penasaran, di mobil2 jadul yg dari sono nya emang ga ada katalik. Sebanyak apa peningkatannya.
Yang jadi concern saya di masalah fuel efficientnya om, kalo tenaga pasti meningkat karna mmg katalisnya jadi gak ada. Nah untuk fuel efficient apa memang bisa mencapai klaimnya? Kebetulan saya pernah pasang header tsb, dan dari pemakaian saya, hitung pakai metode full-to-full dan kaki kanan cukup sekolah, ga pernah sampe diangka segitu.. saya mikir apa gaya nyetir saya yg masih salah ato klaim itu khusus untuk tipe mesin tertentu? Malah yg saya perhatiin pas idling, mid avg fuel consumption cepet turunnya dibanding pakai header std.. Kalo masalah tenaga jg blm pernah dyno sampai akhirnya balik header std, jadi hasil akhirnya blm tau jg..

Kalo mmg desain header freeflow bisa menghemat bbm, berarti seharusnya mesin di pasaran bisa lebih efisien tanpa pakai katalis dong? Dengan mengesampingkan efek suara dan emisi tentunya..
Xenia tuwir sy juga uda ganti header(bukan merk diatas). Kalo soal tenaga emang lebih enak. Soal irit mah kyknya sebelas dua belas ama dl waktu standar. Dl sih emg ganti header bukan buat nyari irit. Hehe..
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by PRBS »

zzzprince wrote: Thu Nov 21, 2019 15:19 Izin tanya nih.. kalau dari kemarin saya baca isinya pada mbahas barang klenik.. ini saya nemu ada produk exhaust yg sering ikut kejuaraan, claimnya seperti lampiran berikut.. kira2 apa masuk akal ya kalo dari sudut pandang suhu2 disini, thanksScreenshot_20191121-221803_Instagram.jpeg
ORD bukan si? Kalau ORD emang narik sih hasilnya.. ono rego ono rupo yoo tapi (agak mahal).. pernah ganti full exhaust di blazer, napasnya panjang.. kalo jadi irit? Nggak juga, soalnya jadi hobi ngegas..

Sayangnya bahasa marketingnya malah bikin calon buyer curiga (ngibul).. padahal cukup tampilin foto2 mobil yg dipake buat ISSOM dkk, udah cukup meyakinkan kok..
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3690
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by sandal »

IGedeAmat wrote: Wed Nov 20, 2019 7:50 Nitip pertanyaan buat si owner Om,
"dari sekian banyak nama keren bombastis fantastis yang bisa dia pilih,
kenapa Curut.. ??"
:big_think:
Kalo nanya gitu nanti diblok saya om :ngacir:
andyez86 wrote: Thu Nov 21, 2019 2:45 itu yg bkin alat sensian.....org2 yg ngga sependapat atau sejalan sm dia dan komen di IG ato postingan dia lgs di blok....aneh mmg
Mungkin om salah satunya yg di blok sama owner curut? :ngacir:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by andyez86 »

sandal wrote: Fri Nov 22, 2019 0:40
andyez86 wrote: Thu Nov 21, 2019 2:45 itu yg bkin alat sensian.....org2 yg ngga sependapat atau sejalan sm dia dan komen di IG ato postingan dia lgs di blok....aneh mmg
Mungkin om salah satunya yg di blok sama owner curut? :ngacir:
iya kena blok...krn saya nanya logika nya gmna kapasitor bs se sakti itu.... :big_childish: :big_childish: :big_childish: :big_childish:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by ChZ »

PRBS wrote: Fri Nov 22, 2019 0:38
zzzprince wrote: Thu Nov 21, 2019 15:19 Izin tanya nih.. kalau dari kemarin saya baca isinya pada mbahas barang klenik.. ini saya nemu ada produk exhaust yg sering ikut kejuaraan, claimnya seperti lampiran berikut.. kira2 apa masuk akal ya kalo dari sudut pandang suhu2 disini, thanksScreenshot_20191121-221803_Instagram.jpeg
ORD bukan si? Kalau ORD emang narik sih hasilnya.. ono rego ono rupo yoo tapi (agak mahal).. pernah ganti full exhaust di blazer, napasnya panjang.. kalo jadi irit? Nggak juga, soalnya jadi hobi ngegas..

Sayangnya bahasa marketingnya malah bikin calon buyer curiga (ngibul).. padahal cukup tampilin foto2 mobil yg dipake buat ISSOM dkk, udah cukup meyakinkan kok..
ane dulu juga pakai di civic FB downpipe reson sampai ke muffler. total iya abis 4 jutaan dan itu masih pake las mengelas potang potong knalpot artinya tidak bolt-on / tinggal bongkar pasang baut.

iritnya lumayan lah dalem kota bisa 1:9-10 pake civic FB. tenaga juga asik, kalo pasang full gini top end nya dapet banget. sayangnya agak gak sreg dengan claim "bisa customized sesuai kebutuhan" lah ane kaga ditanya kebutuhan apa cm ditanya mobilnya apa...

dan dugaan ane mufflernya Civic FB 1.8 dan 2.0 disamain, makanya dipake di 1.8 top end powernya dapet, tp bawahnya agak ngempos. ya di toll enak sih nariknya kenceng, cuma di dalem kota jd agak males wkwkwkwk.

begitu dijual balik std sisain reson ama downpipe jadi jauh membaik dan lebih irit.

cm ane jujur agak kurang sreg dengan etika marketing dan cs nya sih... ya jualan barang bagus tapi etika jualannya agak kurang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by rudyzanetti »

Exhaust or* masih sama ga sih ama yg di modcom dl? Apa cm beli "nama" aja? "Otak"nya uda beda?
Perasaan dl di modcom, jualannya ga begini2 banget
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by zzzprince »

PRBS wrote:
zzzprince wrote: Thu Nov 21, 2019 15:19 Izin tanya nih.. kalau dari kemarin saya baca isinya pada mbahas barang klenik.. ini saya nemu ada produk exhaust yg sering ikut kejuaraan, claimnya seperti lampiran berikut.. kira2 apa masuk akal ya kalo dari sudut pandang suhu2 disini, thanksScreenshot_20191121-221803_Instagram.jpeg
ORD bukan si? Kalau ORD emang narik sih hasilnya.. ono rego ono rupo yoo tapi (agak mahal).. pernah ganti full exhaust di blazer, napasnya panjang.. kalo jadi irit? Nggak juga, soalnya jadi hobi ngegas..

Sayangnya bahasa marketingnya malah bikin calon buyer curiga (ngibul).. padahal cukup tampilin foto2 mobil yg dipake buat ISSOM dkk, udah cukup meyakinkan kok..
Ahahaha jadi kesebut deh..
Betul om jadi hobi ngegas supaya suaranya keluar.. tapi pernah satu momen saya pake mobil sampe 1 tanki abis, gaa diurut dan ketemu fc nya kurang lebih sama kya std.. jadi bingung darimana ngukur bisa irit sampe sekian persennya...
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by zzzprince »

ChZ wrote:
PRBS wrote: Fri Nov 22, 2019 0:38
zzzprince wrote: Thu Nov 21, 2019 15:19 Izin tanya nih.. kalau dari kemarin saya baca isinya pada mbahas barang klenik.. ini saya nemu ada produk exhaust yg sering ikut kejuaraan, claimnya seperti lampiran berikut.. kira2 apa masuk akal ya kalo dari sudut pandang suhu2 disini, thanksScreenshot_20191121-221803_Instagram.jpeg
ORD bukan si? Kalau ORD emang narik sih hasilnya.. ono rego ono rupo yoo tapi (agak mahal).. pernah ganti full exhaust di blazer, napasnya panjang.. kalo jadi irit? Nggak juga, soalnya jadi hobi ngegas..

Sayangnya bahasa marketingnya malah bikin calon buyer curiga (ngibul).. padahal cukup tampilin foto2 mobil yg dipake buat ISSOM dkk, udah cukup meyakinkan kok..
ane dulu juga pakai di civic FB downpipe reson sampai ke muffler. total iya abis 4 jutaan dan itu masih pake las mengelas potang potong knalpot artinya tidak bolt-on / tinggal bongkar pasang baut.

iritnya lumayan lah dalem kota bisa 1:9-10 pake civic FB. tenaga juga asik, kalo pasang full gini top end nya dapet banget. sayangnya agak gak sreg dengan claim "bisa customized sesuai kebutuhan" lah ane kaga ditanya kebutuhan apa cm ditanya mobilnya apa...

dan dugaan ane mufflernya Civic FB 1.8 dan 2.0 disamain, makanya dipake di 1.8 top end powernya dapet, tp bawahnya agak ngempos. ya di toll enak sih nariknya kenceng, cuma di dalem kota jd agak males wkwkwkwk.

begitu dijual balik std sisain reson ama downpipe jadi jauh membaik dan lebih irit.

cm ane jujur agak kurang sreg dengan etika marketing dan cs nya sih... ya jualan barang bagus tapi etika jualannya agak kurang.
Pake merk yg o juga om? Ukuran pipa2 ikut std apa dinaikin? Di mobil sy pake header merk O, desain headernya dia sama std mobil beda, panjangan O, otomatis harus motong2 pipa bawaan kalo mau pakai headernya aja, akhirnya saya ngalah beli reson sama muffler merk i, bikin pipa baru biar yg aslinya ga diapa2in ukuran piping std 1.5 upgrade ke 1.75.. saya pake 4 bulan aja abis itu balik std,


Bensin jg ga ngaruh jadi lebih irit.. pas idle malah avg di mid lebih cepet turun daripada std.. saya pernah diskusi sama sellernya suruh ngubah ukuran piping cuma nambah 0.5 km/l .. tapi tarikan jadi ketahan.. akhirnya balik std ahahaha
Last edited by zzzprince on Fri Nov 22, 2019 4:30, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by ChZ »

rudyzanetti wrote: Fri Nov 22, 2019 4:24 Exhaust or* masih sama ga sih ama yg di modcom dl? Apa cm beli "nama" aja? "Otak"nya uda beda?
Perasaan dl di modcom, jualannya ga begini2 banget
skrg kayaknya udah banyak distributor perorangannya um... dan jujur si saya dulu beli langsung ke kontak di website nya juga kesannya agak kurang welcome ya.

terus ada banyak hal-hal kecil yang bikin saya agak males buat repeat order... tapi ya udahlah, bukan hal besar, cuma ketidaknyamanan pribadi aja. tetep sy akui barangnya bagus kok
zzzprince wrote: Fri Nov 22, 2019 4:30 Pake merk yg o juga om? Ukuran pipa2 ikut std apa dinaikin? Di mobil sy pake header merk O, desain headernya dia sama std mobil beda, panjangan O, otomatis harus motong2 pipa bawaan kalo mau pakai headernya aja, akhirnya saya ngalah beli reson sama muffler merk i, bikin pipa baru biar yg aslinya ga diapa2in ukuran piping std 1.5 upgrade ke 1.75.. saya pake 4 bulan aja abis itu balik std,
gak ubah ukuran pipa om lagian ini cuma downpipe, klo downpipe nya tinggal pasang sih kelar.

pasang reson dan mufflernya yang pake potong sambung las. pikir saya ya udahlah mobil beli bekas dulu sama pemilik lamanya bekas potong juga :mky_07:
Last edited by ChZ on Fri Nov 22, 2019 4:36, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by zzzprince »

rudyzanetti wrote:Exhaust or* masih sama ga sih ama yg di modcom dl? Apa cm beli "nama" aja? "Otak"nya uda beda?
Perasaan dl di modcom, jualannya ga begini2 banget
Nah ini om, saya jg kurang tau.. masih bener racikannya founder atau sudah ada campur tangan staff
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by ChZ »

zzzprince wrote: Fri Nov 22, 2019 4:30 Bensin jg ga ngaruh jadi lebih irit.. pas idle malah avg di mid lebih cepet turun daripada std.. saya pernah diskusi sama sellernya suruh ngubah ukuran piping cuma nambah 0.5 km/l .. tapi tarikan jadi ketahan.. akhirnya balik std ahahaha
ane berasa signifikan iritnya waktu udah ditune sama mbah bebonk. waktu belum tune ya dapetnya gak jauh-jauh dari std.

cuma performa membaik yaudahlah konsumsi sama tenaga naik masih cuan :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by zzzprince »

ChZ wrote:
rudyzanetti wrote: Fri Nov 22, 2019 4:24 Exhaust or* masih sama ga sih ama yg di modcom dl? Apa cm beli "nama" aja? "Otak"nya uda beda?
Perasaan dl di modcom, jualannya ga begini2 banget
skrg kayaknya udah banyak distributor perorangannya um... dan jujur si saya dulu beli langsung ke kontak di website nya juga kesannya agak kurang welcome ya.

terus ada banyak hal-hal kecil yang bikin saya agak males buat repeat order... tapi ya udahlah, bukan hal besar, cuma ketidaknyamanan pribadi aja. tetep sy akui barangnya bagus kok
zzzprince wrote: Fri Nov 22, 2019 4:30 Pake merk yg o juga om? Ukuran pipa2 ikut std apa dinaikin? Di mobil sy pake header merk O, desain headernya dia sama std mobil beda, panjangan O, otomatis harus motong2 pipa bawaan kalo mau pakai headernya aja, akhirnya saya ngalah beli reson sama muffler merk i, bikin pipa baru biar yg aslinya ga diapa2in ukuran piping std 1.5 upgrade ke 1.75.. saya pake 4 bulan aja abis itu balik std,
gak ubah ukuran pipa om lagian ini cuma downpipe, klo downpipe nya tinggal pasang sih kelar.

pasang reson dan mufflernya yang pake potong sambung las. pikir saya ya udahlah mobil beli bekas dulu sama pemilik lamanya bekas potong juga :mky_07:
Pas pake downpipe sama reson, fc nya mobil om apa lebih baik dibanding std nya? Kalau mmg membaik berarti selama ini performa dan fc mesin yg dikasih katalis lebih buruk dibanding yg ga pake?

Kalo mmg demikian, saya cari header buat mobil saya yg catless tapi pnp, ga perlu ubah piping reson ke belakang, performa ga harus sebaik yg harus potong2 kaya merk o
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by zzzprince »

Nah ini salah satu aspek lain.. tuning map.. kadang banyak pengguna main pasang part gak diimbangi sama tuning.. kebetulan buat mobil saya blm bisa mapping euy, paling bisa unichip doang

Berarti kesimpulannya, mesin yg ada di pasaran punya potensi fc dan performa yg lebih baik apabila downpipe dibuat catless? Jadi boros dan performa kurang baik demi emisi.. wadaw
ChZ wrote:
zzzprince wrote: Fri Nov 22, 2019 4:30 Bensin jg ga ngaruh jadi lebih irit.. pas idle malah avg di mid lebih cepet turun daripada std.. saya pernah diskusi sama sellernya suruh ngubah ukuran piping cuma nambah 0.5 km/l .. tapi tarikan jadi ketahan.. akhirnya balik std ahahaha
ane berasa signifikan iritnya waktu udah ditune sama mbah bebonk. waktu belum tune ya dapetnya gak jauh-jauh dari std.

cuma performa membaik yaudahlah konsumsi sama tenaga naik masih cuan :mky_07:
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by rudyzanetti »

zzzprince wrote: Fri Nov 22, 2019 4:35
rudyzanetti wrote:Exhaust or* masih sama ga sih ama yg di modcom dl? Apa cm beli "nama" aja? "Otak"nya uda beda?
Perasaan dl di modcom, jualannya ga begini2 banget
Nah ini om, saya jg kurang tau.. masih bener racikannya founder atau sudah ada campur tangan staff
Dulu kalo liat2 di modcom. Pesen header ke dy aja uda rumit.
Ditanya spek mesin nya apa. Uda pnp ato blm
kalo uda papas, papas brp mili.
Ukuran klep intake, exhaust brp..
Apa yg skrg ini masih sama? Ato cuma di tanya mobilnya apa dan taun brp?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by ChZ »

zzzprince wrote: Fri Nov 22, 2019 4:43 Pas pake downpipe sama reson, fc nya mobil om apa lebih baik dibanding std nya? Kalau mmg membaik berarti selama ini performa dan fc mesin yg dikasih katalis lebih buruk dibanding yg ga pake?

Kalo mmg demikian, saya cari header buat mobil saya yg catless tapi pnp, ga perlu ubah piping reson ke belakang, performa ga harus sebaik yg harus potong2 kaya merk o
CC emang pasti menghambat performa um, kalo di negara kita masih bebas lepas CC gak ada aturan hukumnya. kalau di negara-negara luar yang mewajibkan CC, ada CC khusus untuk performance / performance catalytic converter.

header asal ikut desain asal ilangin CC nya aja pasti membaik, beda merek kadang hanya beda karakter saja itupun gak bakal signifikan kalau gak diimbangi dengan tuning.
zzzprince wrote: Fri Nov 22, 2019 4:45 Nah ini salah satu aspek lain.. tuning map.. kadang banyak pengguna main pasang part gak diimbangi sama tuning.. kebetulan buat mobil saya blm bisa mapping euy, paling bisa unichip doang

Berarti kesimpulannya, mesin yg ada di pasaran punya potensi fc dan performa yg lebih baik apabila downpipe dibuat catless? Jadi boros dan performa kurang baik demi emisi.. wadaw
buat mobil jaman skrg ubahan komponen apapun gak bakal memberi pengaruh besar kalau tidak dituning ECU nya :mky_01:

kalo jaman dulu setel-setelnya manual, sekarang ya pake remap / piggy. makanya alat alat klenik yang ngaku bombastis itu ya ane ketawa aja... kaga ngubah apa-apa di engine map ngaku-ngaku bisa naik segitu banyak :mky_07:

yup emang CC kan sebenernya menghambat performa dan efisiensi cm buat menyaring gas beracun.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by zzzprince »

ChZ wrote:
zzzprince wrote: Fri Nov 22, 2019 4:43 Pas pake downpipe sama reson, fc nya mobil om apa lebih baik dibanding std nya? Kalau mmg membaik berarti selama ini performa dan fc mesin yg dikasih katalis lebih buruk dibanding yg ga pake?

Kalo mmg demikian, saya cari header buat mobil saya yg catless tapi pnp, ga perlu ubah piping reson ke belakang, performa ga harus sebaik yg harus potong2 kaya merk o
CC emang pasti menghambat performa um, kalo di negara kita masih bebas lepas CC gak ada aturan hukumnya. kalau di negara-negara luar yang mewajibkan CC, ada CC khusus untuk performance / performance catalytic converter.

header asal ikut desain asal ilangin CC nya aja pasti membaik, beda merek kadang hanya beda karakter saja itupun gak bakal signifikan kalau gak diimbangi dengan tuning.
zzzprince wrote: Fri Nov 22, 2019 4:45 Nah ini salah satu aspek lain.. tuning map.. kadang banyak pengguna main pasang part gak diimbangi sama tuning.. kebetulan buat mobil saya blm bisa mapping euy, paling bisa unichip doang

Berarti kesimpulannya, mesin yg ada di pasaran punya potensi fc dan performa yg lebih baik apabila downpipe dibuat catless? Jadi boros dan performa kurang baik demi emisi.. wadaw
buat mobil jaman skrg ubahan komponen apapun gak bakal memberi pengaruh besar kalau tidak dituning ECU nya :mky_01:

kalo jaman dulu setel-setelnya manual, sekarang ya pake remap / piggy. makanya alat alat klenik yang ngaku bombastis itu ya ane ketawa aja... kaga ngubah apa-apa di engine map ngaku-ngaku bisa naik segitu banyak :mky_07:

yup emang CC kan sebenernya menghambat performa dan efisiensi cm buat menyaring gas beracun.
Kebetulan udah kontak sama knalpot i, mereka bisa sediakan header calya pnp gak perlu ubah piping kebawah, suara paling jadi serak2 kering katanya, tapi catless dan pnp.. sayang aja ini mobil blm bisa mapping, kalo piggy abis berapa ya, ngerjain di malang-sby
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by mike22 »

Oalah... Ini toh curud yg suka masuk insta bengkel DIY yg di jatim itu??
Hmm... Sy yg heran kenapa yg menjual produk ginian (termasuk prodak mlm yg ngendorse yutuber) kaum "anu" ya?
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by Pugman »

ChZ wrote: Fri Nov 22, 2019 3:45
PRBS wrote: Fri Nov 22, 2019 0:38
zzzprince wrote: Thu Nov 21, 2019 15:19 Izin tanya nih.. kalau dari kemarin saya baca isinya pada mbahas barang klenik.. ini saya nemu ada produk exhaust yg sering ikut kejuaraan, claimnya seperti lampiran berikut.. kira2 apa masuk akal ya kalo dari sudut pandang suhu2 disini, thanksScreenshot_20191121-221803_Instagram.jpeg
ORD bukan si? Kalau ORD emang narik sih hasilnya.. ono rego ono rupo yoo tapi (agak mahal).. pernah ganti full exhaust di blazer, napasnya panjang.. kalo jadi irit? Nggak juga, soalnya jadi hobi ngegas..

Sayangnya bahasa marketingnya malah bikin calon buyer curiga (ngibul).. padahal cukup tampilin foto2 mobil yg dipake buat ISSOM dkk, udah cukup meyakinkan kok..
ane dulu juga pakai di civic FB downpipe reson sampai ke muffler. total iya abis 4 jutaan dan itu masih pake las mengelas potang potong knalpot artinya tidak bolt-on / tinggal bongkar pasang baut.

iritnya lumayan lah dalem kota bisa 1:9-10 pake civic FB. tenaga juga asik, kalo pasang full gini top end nya dapet banget. sayangnya agak gak sreg dengan claim "bisa customized sesuai kebutuhan" lah ane kaga ditanya kebutuhan apa cm ditanya mobilnya apa...

dan dugaan ane mufflernya Civic FB 1.8 dan 2.0 disamain, makanya dipake di 1.8 top end powernya dapet, tp bawahnya agak ngempos. ya di toll enak sih nariknya kenceng, cuma di dalem kota jd agak males wkwkwkwk.

begitu dijual balik std sisain reson ama downpipe jadi jauh membaik dan lebih irit.

cm ane jujur agak kurang sreg dengan etika marketing dan cs nya sih... ya jualan barang bagus tapi etika jualannya agak kurang.
Kalau saya pakai motor 250cc 2cyl pengen ganti knalpot tujuannya bukan supaya naikkan tenaga atau tambah irit, tapi cuma biar motor lain dengar aja, karena saya tetap suka knalpot standar, kadang ngeri juga, pernah saya jalan agak kencang dikit pas lengang, tiba-tiba ada motor di depan pindah jalur karena mungkin ga tahu kalau saya sedikit agak kencang. Karena kalau jalan lebar, angin kencang, suara motor 250cc pun kalau pakai knalpot standar memang nyaris ga kedengaran motor lain.

Bicara modif, Kalau dulu waktu kuliah saya pernah pakai barang aneh2 juga, tapi dimotor bebek dan harganya murah dan ternyata ga ngasih efek apapun. Sampai akhirnya saya akrab sama temen sekelas saya yang bisa tune up beneran.
Hal pertama yang dirubah itu noken As dan rasio kompresi, part yang lain bahkan knalpot masih standard.
Dari ubahan noken dan kompresi ini tenaga beneran naik dari topspeed buat motor bebek yang susah dapat 110 kpj bisa ke 120 dengan mudahnya bahkan ketika dipakai boncengan. Tapi konsumsi bbm tambah boros dari 1:55 jadi 1:45,
Lalu naik step yang agak serius naikin bore, ganti CDI racing baru terakhir ganti knalpot yang sedikit lebih besar pipanya tapi suara masih seperti motor standar. Dengan penggantian itu, topspeed naik jadi 130 dengan konsumsi BBM yang masih mirip sekitar 1:43-45.
Dari situ saya belajar bahwa namanya naikin power ya umumnya naikin FC apalagi kalau digeber sampai top end. Lalu pakai motor 150cc standar, kalau bawanya kalem bisa dapat 1:47 paling irit, kalau digeber 1:38.
Artinya cara paling ampuh supaya irit bbm ya mengubah gaya berkendara. Bos saya saksinya, pakai Avanza isi 200rb kalau saya yang bawa bisa 5 hari kerja, kalau dibawa sama drivernya hanya 4 hari, 1 hari PP sekitar 80km.
adrianomyman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Mon Mar 26, 2018 13:04
Location: Indnesia
Daily Vehicle: Car

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by adrianomyman »

Satu hal mengenai ganti header dan reson yg saya alami di mbl bensin nonturbo saya, FC BBM dgn metode full to full beda sedikit saja ,bisa lebih irit, bisa jg lebih boros. Semuanya tergantung kaki. Tapi, ke pede an kita dlm mengemudi agresip lebih tinggi, kita yakin mesin mengkail torsi dan power ketika kita butuh. Kalo utk mbl mainstream 1200-1500cc ini perlu banget soalnya.
Jadi saya anggap termasuk modip untuk safety imho
AgaAzaQ
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Sat Nov 23, 2019 16:15
Daily Vehicle: Innova Bensin 2011

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by AgaAzaQ »

Kalo seperti TB spacer aakah ada efeknya?
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by Pugman »

AgaAzaQ wrote: Mon Nov 25, 2019 8:04 Kalo seperti TB spacer aakah ada efeknya?
Tergantung desain awal mesin, kalau yang sophisticated engine ya ga ada gunanya. Kalau di motor buat balap Malah ada yang ganti jadi lebih pendek.

TB Spacer akan memperpanjang jalur intake keruang bakar, intake panjang akan menggeser peak torque dan power ke RPM lebih rendah, makanya beberapa orang merasa tarikan lebih baik. sedangkan intake pendek akan geser peak torque ke rpm lebih tinggi. Pemakaian ini tergantung jenis sirkuit. Sirkuit besar maka intake dipendekin, sirkuit kecil intake dipanjangin.

Masalahnya mobil 1500cc 4 silinder keatas cuma dikasih spacer yang panjangnya hanya kisara 1-1,5cm tapi claimnya super ajaib, sementara motor balap 150cc 1 silinder aja kalau ubah intake itu beda panjangnya nya bisa lebih dari 2cm.
AgaAzaQ
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Sat Nov 23, 2019 16:15
Daily Vehicle: Innova Bensin 2011

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by AgaAzaQ »

Pugman wrote: Mon Nov 25, 2019 14:14
AgaAzaQ wrote: Mon Nov 25, 2019 8:04 Kalo seperti TB spacer aakah ada efeknya?
Tergantung desain awal mesin, kalau yang sophisticated engine ya ga ada gunanya. Kalau di motor buat balap Malah ada yang ganti jadi lebih pendek.
Ok om pugman.emang kataknya standar aja dulu :big_exellent:
Rasuano
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
Location: Jkt

Re: Produk asesoris otomotip yg

Post by Rasuano »

Semenjak tikus mesin bnyk dibahas disini skrg komen di ig nya sepi.. biasanya komen org dibalesin satu2, skrg gaada yg dibales.. malah muncul komen ofensif dr user2 tikus yg intinya "gausah nyinyir kalo blm beli"
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI