Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 26 Jul 2019, 14:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by babehgue708 »

Halo suhu2, numpang nanya dan minta pendapat yaaa :big_peace: . Sy rencana akan ganti CR-V RE 2012 sy dalam 2-3 tahun ini (kemungkinan 2021-2022). Lagi bingung utk penggantinya (mau nabung dulu), kriteria yang saya cari:
- SUV Monocoque, kondisi BARU
- NO Ladder Frame secara dirumah sudah ada ANKI.
- Harga service tidak menjadi masalah.
- Mau NA atau Turbo, CVT atau bukan, tidak jadi masalah.
- Lebih sering nyetir sendiri, ada 1-2 kali duduk di belakang kiri (kalau CX-5, jk kursi penumpang dpn dimajukan puolll, apakah bisa luas legroomnya?)
- Mobil utk kerja (kantor di Bogor, rumah di Jakarta), kondisi tol jarang macet, dan utk pergi2 weekend, krn kalau pergi jauh selalu pake ANKI.
- Bisa diajak capek, setahun bisa jalan 20.000an KM
- Komponen2 secara umum reliable untuk pemakaian 6-7 tahun kedepan.
- Konsumsi BBM?

Sy lebih consider merk Honda dan Mazda, ada 2 mobil yang ada di radar saya.
1. CR-V Turbo Facelift
Kemungkinan di tahun itu sudah facelift dan memasuki produksi akhir untuk gen 5. Biasa sih yang last batch minim trouble, krn CRV RE sy jg yang produksi akhir dan minim sekali masalah (hanya recall airbag), utk EPS, tie rod, kampas rem baru diganti di KM 115.000an di tahun 2018 (ini seriusan sy kaget bisa selama itu), sisanya tidak ada masalah. Tp katakanlah kalau BQ dan masalah masih sama dengan pre-facelift, yang buat sy bertanya2
- Apakah NIK 2019 lebih baik drpd batch awal (2017-2018) ?
- Worth it tidak utk dibeli ? Lebih worth it yang Prestige atau yang Non Prestige?

Alasan mempertimbangkan CRV:
- Sudah awam sama layout dashboardnya (gen 3 & 5 mirip)
- Bantingan gen 3 nyaman tp handling masih dapet, sy yakin di gen 5 juga demikian (mungkin lebih baik)
- Interior terasa lebih mewah dan BQ meningkat dibanding gen 3
- Bengkel gampang di jakarta barat
- Row ke 2 yang luas dan setir enteng (sdh pernah test drive walau hanya di dalam bengkel).

2. All New CX-5 (mungkin jg sudah facelift)
Belum pernah pake brand Mazda yang katanya sparepartnya mahal dan indent lama, biaya service sptnya 11-12 sama Honda. Tp kalau utk value for money ya paling oke menurut sy dari fitur dan BQ (pernah masuk pas di GIIAS dan IIMS), yg jadi concern saya:
- Seberapa mahal dan lama indent sparepartnya ?
- Bagaimana reliability komponen2nya? Sy biasa pake mobil tidak seabrakan sih.
- Kalau seamit2nya nabrak/ditabrak, apakah bengkel2 reparasi bisa memperbaiki dan mengecat ulang sehingga warna tidak belang (atau nyaris tidak belang) ? Krn setau sy catnya mazda ada proses khusus (CMIIW).
- Jika kursi penumpang depan dimajukan puolll, apakah bisa luas legroom row ke-2? Dan bagaimana posisi duduk row ke-2 mazda?

Alasan mempertimbangkan CX-5:
- Ingin mencoba merk baru, apalagi mazda skrg sudah lumayan byk populasinya dibanding dulu
- Eksterior yang outstanding menurut sy, tampang depannya sangar
- Interior simple tp berasa mewah, BQ bagus, dan fitur yang lebih banyak dr CRV
- Perawatan mesin tanpa Turbo dan CVT (kayaknya lebih mudah dan murah iya ga sih?)
- Bengkel ada di Jakarta Barat juga (Puri Indah)

Sempat mempertimbangkan Civic Turbo dan Mazda 3, tapi karena menurut data GC rendah jd takut ngegrosok. Mungkin yang punya Civic atau Mazda 3 apakah pernah ada masalah sama GCnya ? Kalau tidak, mungkin akan menjadi pertimbangan sy juga. :mky_02:

Sy masih rada galau antara 2 itu, krn menurut sy keduanya punya kelebihan dan kekurangan. Mungkin stlh sy dengar pendapat oom2 disini bisa membuat sy condong ke salah satu mobil di atas tersebut. :mky_01: Mohon pendapatnya ya oom2 sekaliannn :mky_08:
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by mike22 »

Kbetulan ada member sm juga yg ganti crv re ke cx5 om, ini reviewnya:
viewtopic.php?t=28015
Kl sy sih vote cx5 aja
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: 15 Jul 2013, 09:40

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by mobilover »

CX-5 om. Fun to drive, cocok utk pola drivingnya om yg sering sendiri di mobil, irit juga dan mewah.

Kl utk ongkos servis sih mirip2 lah crv sm cx5. Paling ngaruh plg besar di bensin. Kl cx5 pakai pertamax ud cukup utk keluarin tenaganya. Kl crv pertamax juga bisa, tp kl mau dapat tenaga optimal baiknya pakai pertamax turbo.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by ChZ »

babehgue708 wrote: 04 Nov 2019, 11:13 Halo suhu2, numpang nanya dan minta pendapat yaaa :big_peace: . Sy rencana akan ganti CR-V RE 2012 sy dalam 2-3 tahun ini (kemungkinan 2021-2022). Lagi bingung utk penggantinya (mau nabung dulu), kriteria yang saya cari:
- SUV Monocoque, kondisi BARU
- NO Ladder Frame secara dirumah sudah ada ANKI.
- Harga service tidak menjadi masalah.
- Mau NA atau Turbo, CVT atau bukan, tidak jadi masalah.
- Lebih sering nyetir sendiri, ada 1-2 kali duduk di belakang kiri (kalau CX-5, jk kursi penumpang dpn dimajukan puolll, apakah bisa luas legroomnya?)
- Mobil utk kerja (kantor di Bogor, rumah di Jakarta), kondisi tol jarang macet, dan utk pergi2 weekend, krn kalau pergi jauh selalu pake ANKI.
- Bisa diajak capek, setahun bisa jalan 20.000an KM
- Komponen2 secara umum reliable untuk pemakaian 6-7 tahun kedepan.
- Konsumsi BBM?
kalau di taun taun awal, CRV menang. saya gak tau Mazda punya free jasa serpis apa tidak, tapi kalau Honda sampai 40k km gratis jasa. blom lagi kalau ambil paket servis.

kalau masih mikir duduk belakang, kayaknya IMHO coret pilihan CX-5, saya gak pewe duduk di belakang CX-5.
Sy lebih consider merk Honda dan Mazda, ada 2 mobil yang ada di radar saya.
1. CR-V Turbo Facelift
Kemungkinan di tahun itu sudah facelift dan memasuki produksi akhir untuk gen 5. Biasa sih yang last batch minim trouble, krn CRV RE sy jg yang produksi akhir dan minim sekali masalah (hanya recall airbag), utk EPS, tie rod, kampas rem baru diganti di KM 115.000an di tahun 2018 (ini seriusan sy kaget bisa selama itu), sisanya tidak ada masalah. Tp katakanlah kalau BQ dan masalah masih sama dengan pre-facelift, yang buat sy bertanya2
- Apakah NIK 2019 lebih baik drpd batch awal (2017-2018) ?
- Worth it tidak utk dibeli ? Lebih worth it yang Prestige atau yang Non Prestige?

Alasan mempertimbangkan CRV:
- Sudah awam sama layout dashboardnya (gen 3 & 5 mirip)
- Bantingan gen 3 nyaman tp handling masih dapet, sy yakin di gen 5 juga demikian (mungkin lebih baik)
- Interior terasa lebih mewah dan BQ meningkat dibanding gen 3
- Bengkel gampang di jakarta barat
- Row ke 2 yang luas dan setir enteng (sdh pernah test drive walau hanya di dalam bengkel).
ya, kalau batch 2019 sudah jauh lebih layak beli dibanding batch pertama.

kalau merasa nyaman dengan bantingan gen 3, bantingan gen 5 akan terasa sangat-sangat-sangat nyaman.

CRV gen 5 karakternya lebih allrounder. kalo dibanding CRV gen 3, agak perlu adaptasi bawanya karena lebih kayak bawa mobil besar. gen 3 kan rasanya kayak bawa mobil kecil. kap mesinnya gendut, bodinya berasa lebar. soal limbung sih enggak, lebih stabil dari Santafe gen 3 dan X-Trail biarpun tetep CX5 juaranya soal tidak limbung. tp feel nyetir CRV ini lebih relaxed bawanya, agak kurang cocok untuk yang suka bawa agresif, cocok buat cruiser ke luar kota, mungkin saking enaknya nanti lebih ketagihan bawa ini ke luar kota daripada ANKI nya :mky_01:
2. All New CX-5 (mungkin jg sudah facelift)
Belum pernah pake brand Mazda yang katanya sparepartnya mahal dan indent lama, biaya service sptnya 11-12 sama Honda. Tp kalau utk value for money ya paling oke menurut sy dari fitur dan BQ (pernah masuk pas di GIIAS dan IIMS), yg jadi concern saya:
- Seberapa mahal dan lama indent sparepartnya ?
- Bagaimana reliability komponen2nya? Sy biasa pake mobil tidak seabrakan sih.
- Kalau seamit2nya nabrak/ditabrak, apakah bengkel2 reparasi bisa memperbaiki dan mengecat ulang sehingga warna tidak belang (atau nyaris tidak belang) ? Krn setau sy catnya mazda ada proses khusus (CMIIW).
- Jika kursi penumpang depan dimajukan puolll, apakah bisa luas legroom row ke-2? Dan bagaimana posisi duduk row ke-2 mazda?

Alasan mempertimbangkan CX-5:
- Ingin mencoba merk baru, apalagi mazda skrg sudah lumayan byk populasinya dibanding dulu
- Eksterior yang outstanding menurut sy, tampang depannya sangar
- Interior simple tp berasa mewah, BQ bagus, dan fitur yang lebih banyak dr CRV
- Perawatan mesin tanpa Turbo dan CVT (kayaknya lebih mudah dan murah iya ga sih?)
- Bengkel ada di Jakarta Barat juga (Puri Indah)
- reliability kalau sama-sama pemakaian normal keduanya karen FWD sama-sama saja. CX5 yang kaki kakinya kena di KM yang relatif rendah juga banyak.

- Di kota saya bengkel mazda gak ada body repair malah dikasih ke bengkel honda repairnya :mky_07: jadi harusnya relatif aman. yang perlakuan khusus soulred saja tapi saya rasa juga makin banyak mobilnya makin familier juga dengan campuran catnya.

- CX5 gen 2 agak sedikit lebih luas dari gen sebelumnya, tapi tetep posisinya kurang bisa seenak CRV. Sandarannya juga agak tegak.

- kalau basic sebenernya sama-sama saja kok. keduanya boleh pakai ron92 dari pabrik, kapasitas oli sama-sama saja (kurleb 4 liter, kayaknya banyakan CX dikit karena cc lebih besar juga), CVTF dan ATF harganya relatif mirip dan perawatan relatif mirip. saran saya mau CX mau CRV keduanya jauh meningkat responsivitasnya dengan RON98 (CX5 by nature adalah mesin kompresi tinggi yang akan lebih optimal dengan oktan setinggi mungkin). kalau kota kota pakai 92 saja cukup, kalau mau rasain performa maksimal keduanya di jalur luar kota, wajib pakai RON98.

turbo dan CVT lebih mahal perawatannya itu mitos yang tidak terbukti kebenarannya karena biasanya turbo memang menuntut spek oli yang bagus, tapi CX5 juga bukan mobil NA yang bisa pake oli sembarang karena speknya tinggi.

saya tidak mau komentar lagi soal oil life "boros" karena itu hanya masalah indikator saja. mesinnya tidak apa-apa dan kalau ganti oli melewati itu juga tidak masalah, bisa direset dan honda malah sudah memberikan software update.

perbandingan biayanya mesin NA vs turbo baru terasa ketika kedua mesin butuh overhaul dan itu masih sangat-sangat-sangat-sangat lama (mungkin mobilnya udah dijual dulu sebelum minta overhaul, toh mobil skrg ketahanan mesinnya cukup baik). asal perawatan sesuai jadwal, tidak di abuse sembarangan, BBM sesuai rekomendasi pabrik, sangat kecil kemungkinan mobil akan minta overhaul pada taun ke-5.

kalo dari gen 3 CRV ke CX5, karakter pengendaliannya lebih mendekati. Mobilnya tidak terasa se-bulky CRV gen 5. cuma kelemahannya ya duduk belakangnya jauh superior CRV gen 5 dan bantingannya beda banget. worth trying kalau mau coba brand baru sih. daripada beli merk lain yang tidak jelas.

Sempat mempertimbangkan Civic Turbo dan Mazda 3, tapi karena menurut data GC rendah jd takut ngegrosok. Mungkin yang punya Civic atau Mazda 3 apakah pernah ada masalah sama GCnya ? Kalau tidak, mungkin akan menjadi pertimbangan sy juga. :mky_02:

Sy masih rada galau antara 2 itu, krn menurut sy keduanya punya kelebihan dan kekurangan. Mungkin stlh sy dengar pendapat oom2 disini bisa membuat sy condong ke salah satu mobil di atas tersebut. :mky_01: Mohon pendapatnya ya oom2 sekaliannn :mky_08:
saya tidak pernah gasruk sih pakai civic, civic turbo GCnya rendah tapi saya juga gak tau kok lebih tidak rawan gasruk dibanding FB atau FD. feel shocknya juga beda kayak ada penahannya lagi kalo rebound.

buat mobil kota kota aja saya nggak pernah mengalami masalah, musim hujan pun tergantung tempat tinggal dan rute aktivitas kan banjir apa enggak... hehehe... sisanya ok ok saja. civic buat pengendalian asik banget. apalagi kalo sudah kena racun di remap dan kalo jalur sehari-hari banyak ketemu truk powernya ngebantu sekali buat nyalip 2 truk sedang :mky_01:

bkn ngajarin ugal yah cuma emang buat saya power ketika nyalip sangat penting krn rute sehari-hari banyak ketemu truk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
rumputlaut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 13 May 2017, 08:16

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by rumputlaut »

Vote cx5 zoom zoom, kedap, feel.nya :big_peace: minta test drive aja om , bandingin sendiri ,sy sendiri user cx5 2019 :big_deal:
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 26 Jul 2019, 14:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by babehgue708 »

mobilover wrote: 04 Nov 2019, 12:47 CX-5 om. Fun to drive, cocok utk pola drivingnya om yg sering sendiri di mobil, irit juga dan mewah.

Kl utk ongkos servis sih mirip2 lah crv sm cx5. Paling ngaruh plg besar di bensin. Kl cx5 pakai pertamax ud cukup utk keluarin tenaganya. Kl crv pertamax juga bisa, tp kl mau dapat tenaga optimal baiknya pakai pertamax turbo.
Okay oom, iya sy biasanya disupirin kalau pake ANKI, kalau kepepet ganjil genap aja baru disupirin pake mobil lain. Makasih oom :big_grin:
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 26 Jul 2019, 14:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by babehgue708 »

rumputlaut wrote: 04 Nov 2019, 16:14 Vote cx5 zoom zoom, kedap, feel.nya :big_peace: minta test drive aja om , bandingin sendiri ,sy sendiri user cx5 2019 :big_deal:
Iya nih oom belum sempat test drive CX-5 sih, baru denger2 aja. So far gmn CX-5 nya oom ? Apakah ada kendala berarti smpai detik ini ? :big_smile]
Kbetulan ada member sm juga yg ganti crv re ke cx5 om, ini reviewnya:
viewtopic.php?t=28015
Kl sy sih vote cx5 aja
Oke oom, thanks vote dan reviewnya. :big_peace:
BLNR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: 10 Nov 2014, 21:25

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by BLNR »

CX-5.
Puas bener ini mobil, sebelumnya saya pengguna CRV 2.4 tahun 2013
rumputlaut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 13 May 2017, 08:16

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by rumputlaut »

Make blm lama sih om smoga tak ada problem u longterm uda pernah dibw beksi mlang , cm kacafilm depan bawaannya panasnya puolll :frm_bang_head: lgsg ganti sendiri aja sm navigation map kalo di jln pedesaan error, entah ga update atau lost signal :big_dunno:
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 26 Jul 2019, 14:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by babehgue708 »

ChZ wrote: 04 Nov 2019, 15:16 kalau di taun taun awal, CRV menang. saya gak tau Mazda punya free jasa serpis apa tidak, tapi kalau Honda sampai 40k km gratis jasa. blom lagi kalau ambil paket servis.

kalau masih mikir duduk belakang, kayaknya IMHO coret pilihan CX-5, saya gak pewe duduk di belakang CX-5.
Sy jg consider di duduk blkgnya sih oom, secara blm pernah disetirin di CX-5, kalau CRV sih ga perlu ditanya, di gen 3 aja enak kok, apalagi gen 5, percaya sy kalau jauh lebih enak :mky_02:
ya, kalau batch 2019 sudah jauh lebih layak beli dibanding batch pertama.

kalau merasa nyaman dengan bantingan gen 3, bantingan gen 5 akan terasa sangat-sangat-sangat nyaman.

CRV gen 5 karakternya lebih allrounder. kalo dibanding CRV gen 3, agak perlu adaptasi bawanya karena lebih kayak bawa mobil besar. gen 3 kan rasanya kayak bawa mobil kecil. kap mesinnya gendut, bodinya berasa lebar. soal limbung sih enggak, lebih stabil dari Santafe gen 3 dan X-Trail biarpun tetep CX5 juaranya soal tidak limbung. tp feel nyetir CRV ini lebih relaxed bawanya, agak kurang cocok untuk yang suka bawa agresif, cocok buat cruiser ke luar kota, mungkin saking enaknya nanti lebih ketagihan bawa ini ke luar kota daripada ANKI nya :mky_01:
Gen 3 emang lebih keras sih, tp kerasnya tuh enak, mobil ga ngayun dan ga kayak kapal (beda sama ANKI wkwkwk). Kayaknya DNA CRV Turbo ini dibalikin ke gen 1 ya, udah ga ngutamain sporty lagi (beda sama gen 3). Sy keluar kota jauh sukanya pake ANKI karena road noisenya ga separah gen 3 sih, gatau kalau gen 5 road noisenya separah gen 3 ga ya ?
- reliability kalau sama-sama pemakaian normal keduanya karen FWD sama-sama saja. CX5 yang kaki kakinya kena di KM yang relatif rendah juga banyak.

- Di kota saya bengkel mazda gak ada body repair malah dikasih ke bengkel honda repairnya :mky_07: jadi harusnya relatif aman. yang perlakuan khusus soulred saja tapi saya rasa juga makin banyak mobilnya makin familier juga dengan campuran catnya.

- CX5 gen 2 agak sedikit lebih luas dari gen sebelumnya, tapi tetep posisinya kurang bisa seenak CRV. Sandarannya juga agak tegak.

- kalau basic sebenernya sama-sama saja kok. keduanya boleh pakai ron92 dari pabrik, kapasitas oli sama-sama saja (kurleb 4 liter, kayaknya banyakan CX dikit karena cc lebih besar juga), CVTF dan ATF harganya relatif mirip dan perawatan relatif mirip. saran saya mau CX mau CRV keduanya jauh meningkat responsivitasnya dengan RON98 (CX5 by nature adalah mesin kompresi tinggi yang akan lebih optimal dengan oktan setinggi mungkin). kalau kota kota pakai 92 saja cukup, kalau mau rasain performa maksimal keduanya di jalur luar kota, wajib pakai RON98.

turbo dan CVT lebih mahal perawatannya itu mitos yang tidak terbukti kebenarannya karena biasanya turbo memang menuntut spek oli yang bagus, tapi CX5 juga bukan mobil NA yang bisa pake oli sembarang karena speknya tinggi.

saya tidak mau komentar lagi soal oil life "boros" karena itu hanya masalah indikator saja. mesinnya tidak apa-apa dan kalau ganti oli melewati itu juga tidak masalah, bisa direset dan honda malah sudah memberikan software update.

perbandingan biayanya mesin NA vs turbo baru terasa ketika kedua mesin butuh overhaul dan itu masih sangat-sangat-sangat-sangat lama (mungkin mobilnya udah dijual dulu sebelum minta overhaul, toh mobil skrg ketahanan mesinnya cukup baik). asal perawatan sesuai jadwal, tidak di abuse sembarangan, BBM sesuai rekomendasi pabrik, sangat kecil kemungkinan mobil akan minta overhaul pada taun ke-5.

kalo dari gen 3 CRV ke CX5, karakter pengendaliannya lebih mendekati. Mobilnya tidak terasa se-bulky CRV gen 5. cuma kelemahannya ya duduk belakangnya jauh superior CRV gen 5 dan bantingannya beda banget. worth trying kalau mau coba brand baru sih. daripada beli merk lain yang tidak jelas.
Lengkap banget oom ChZ ini reviewnya :big_love: Kalo soal oil life sy jg ga percaya indikator oom, sy lebih percaya buka dipsticknya dan liat langsung kondisi oli, krn sy pikir Oil Life itu kayak Range bbm aja. Sy service selalu di bengkel resmi sih oom, ga pernah lewat jadwal, ini bensin selalu pertamax utk CRV RE sy :big_smile] Sy jg pernah disuggest utk pilih Almaz, harganya setengah CRV tp lengkap pake banget, tapi concern sy ya mesin aja sih, byk yg bilang Almaz itu boros, fitur oke sih, tp sy lebih suka mesin bagus, sy masih percaya kalau fitur bisa bikin bosen lama2, tapi kalo mesin dan tenaga ga akan pernah bikin bosen :mky_03:
saya tidak pernah gasruk sih pakai civic, civic turbo GCnya rendah tapi saya juga gak tau kok lebih tidak rawan gasruk dibanding FB atau FD. feel shocknya juga beda kayak ada penahannya lagi kalo rebound.

buat mobil kota kota aja saya nggak pernah mengalami masalah, musim hujan pun tergantung tempat tinggal dan rute aktivitas kan banjir apa enggak... hehehe... sisanya ok ok saja. civic buat pengendalian asik banget. apalagi kalo sudah kena racun di remap dan kalo jalur sehari-hari banyak ketemu truk powernya ngebantu sekali buat nyalip 2 truk sedang :mky_01:

bkn ngajarin ugal yah cuma emang buat saya power ketika nyalip sangat penting krn rute sehari-hari banyak ketemu truk.
Wkt itu sy mau test drive Civic, tp unitnya ga ada, jd blm tau feel bawa Civic Turbo itu kayak apa, power perlu oom, sy paling sebel kalau nyetir disekelilingnya truk, berasa ga aman. :big_bored: Ngomongin soal power, sy bukan tipe orang yg suka bejek sana bejek sini sih, kalau lagi butuh doank paling baru ngebejek :mky_01: CRV RE sy aja yg 2000 cc, mesin yang dibilang lemot sama org2, dikaki sy ya enak enak aja bawanya ga berasa underpower, di tol cruising jg paling 100 km/jam. Shrsnya konsumsi BBM CRV Turbo ini lbh baik dibanding RE ya, sy RE di tol bisa dapet 1:11-12, kombinasi dalkot (30-40%) + tol (60-70%) paling 1:9-10 km/l

Makasih banyak loh pendapatnya oom ChZ ini, objektif + lengkap ! :big_exellent:
Sejauh ini pilihan lebih condong ke CRV Turbo dibanding CX-5 (tp ttp butuh byk masukkan), tp kalau CRV lebih worth it yang Prestige atau Non Prestige ya oom, kalau di jalanan banyak ketemu yang Prestige. :mky_01: Yang jelas kalau jadi beli CRV, hal pertama yang bakal sy ganti sudah jelas Head Unitnya (semoga difacelift diganti yang lebih manusiawi utk mobil 500jt++), pas test drive kmrn HU nya cerewet bilang sinyal GPS hilang, itupun ganggu kuping sy walau hanya keliling2 sekitaran bengkel. :big_dunno:
Last edited by babehgue708 on 04 Nov 2019, 17:05, edited 1 time in total.
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 26 Jul 2019, 14:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by babehgue708 »

rumputlaut wrote: 04 Nov 2019, 16:54 Make blm lama sih om smoga tak ada problem u longterm uda pernah dibw beksi mlang , cm kacafilm depan bawaannya panasnya puolll :frm_bang_head: lgsg ganti sendiri aja sm navigation map kalo di jln pedesaan error, entah ga update atau lost signal :big_dunno:
Bawaan kaca filmnya apa oom ? Kalo CRV kan V-Kool ya. Kalau GPS Navigation sy krg begitu pake di head unit, lebih suka pake Google Maps atau Waze. Kecuali bisa mirrorlink atau ada apple carplay/android uto :mky_01:
BLNR wrote: 04 Nov 2019, 16:51 CX-5.
Puas bener ini mobil, sebelumnya saya pengguna CRV 2.4 tahun 2013
Puasnya gimana oom ? Ada rasa kaget pindah dr CRV ke CX-5 dalam hal akomodasi, bantingan, dan sparepart ga oom ? :big_think:
haeven
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: 07 Feb 2013, 13:45

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by haeven »

babehgue708 wrote: 04 Nov 2019, 17:00
rumputlaut wrote: 04 Nov 2019, 16:54 Make blm lama sih om smoga tak ada problem u longterm uda pernah dibw beksi mlang , cm kacafilm depan bawaannya panasnya puolll :frm_bang_head: lgsg ganti sendiri aja sm navigation map kalo di jln pedesaan error, entah ga update atau lost signal :big_dunno:
Bawaan kaca filmnya apa oom ? Kalo CRV kan V-Kool ya. Kalau GPS Navigation sy krg begitu pake di head unit, lebih suka pake Google Maps atau Waze. Kecuali bisa mirrorlink atau ada apple carplay/android uto :mky_01:
BLNR wrote: 04 Nov 2019, 16:51 CX-5.
Puas bener ini mobil, sebelumnya saya pengguna CRV 2.4 tahun 2013
Puasnya gimana oom ? Ada rasa kaget pindah dr CRV ke CX-5 dalam hal akomodasi, bantingan, dan sparepart ga oom ? :big_think:
Saya ex pengguna crv turbo 2017 pakai setahun langsung jual. Ga tahan dengan BQ nya. Parah banget. Bunyi dashboard. Armrest. Kaca belakang. Doortrim. Blom lagi kualitas audio yang parah.

Ganti dengan cx5 elite . Jauh sekali bedanya secara BQ.
Puas bener dengan BQ CX 5. Suka banget dengan performa mesinnya. Audionya. Rasanya ga sayang kluar uang 530 jt utk mobil ini dibanding dengan crv turbo.

Cuman memang kalahnya cx 5 ada di kenyamanan kursi belakang. Lebih sempit dari crv. 1 lagi agak kaget waktu naik cx5 pertama karena lebih keras suspensinya. Walaupun pastinya lebih stabil.

Cx5 menang feature yang buat orang ga bosen di mengendarainya. Saya lebih sering setir sendiri sih.
So far sdh 5 bulan saya pakai . Tidak ada masalah yang berarti sampai hari ini.

Go for CX 5 kl sering bawa sendiri. Jauh enak sekali feel nya naik mobil sambil menikmati semua feature yang ada. Suara audionya jg bagus sekali
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: 20 May 2014, 18:41

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by jakanjc »

buat row kedua, masih menang crv sih emang buat kelegaan legroomnya, tapi buat headroom malah lapangan cx5(krn crv prestige ada sunroof sampe blkg). Dan buat ane yang paling berasa, jok2 mobil mazda sekarang empuk2 bener, tapi ya itu legroomnya gaselega crv, but gasempit juga ah, mirip ANPS ane mirip2, malah lebih enak cx5 soalnya bibir bangkunya panjang nopang paha.

Buat bantingan sih dua2nya enak, tapi beda karakter. Crv gen 5 berubah drastis jadi empuk, buat saya suspensi belakangnya agak terlalu soft, kalau dipake mudik full 5 orang dan barang sih kayanya bakal sering mentok ke stopper, agak mirip santa fe yang gen 3 sih buat saya karakternya(kebetulan pernah punya) Kalo cx5, bantingannya agak firm, firm buat saya itu reboundnya enak loh ya bukan kuras, jadi ga ajrut2an kl lewat polisi
tidur/jalan tol bergelombang di kecepatan tinggi. Buat saya sih, lebih suka bantingan mazda. Apalagi sekarang tol udah nyambung ampe bali, beuh butuh mobil yang enak dibawa dan bantingannya mantep di kecepatan tinggi.

Buat road noise, jelas kedapan cx5.. honda road noisenya parah om..tapi kl dibanding innova gatau ya..yang jelas ladder frame bakal lebih minim road noisenya dibanding monokok. Saya pakai ANKI juga road noise minim, cuman suara angin masuk & jelas kl lagi di tol😂
'You can go fast, But I can go anywhere'
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by KielConstantine »

Kalo mau coba2 kluar dari pakem Toyota & Honda yg terkenal reliable n awet. Mazda jg termasuk ok. Masih lebih mending lah drpd merk aneh-aneh laen.

CR-V Turbo enaknya bisa diremap tu mesin tembus 220bhp. Tapi CVT nya musti disayang-sayang, ganti oli cvt 30-40rb km sekali. Trus jangan dibejek2 mulu. Bisa awet lah tuh cvt. Kasus Oil dillution udah jarang kedengaran lg, enggak kek batch awal yg masih pada ribut user nya.

Jd sudah oke dah kalo mau pelihara CR-V Turbo.


CX-5. Iya bener sparepart cenderung lebih mahal. Cuman sebanding sama yg didapet. Superior build quality, audio mantap, handling jg sharp. Transmisi 6 A/T jelas lebih robust n gampang dirawat. Mesin N/A jelas lebih tahan buat dipake jangka waktu lama.

Klo gw vote CX-5 brand new. Kluar duit 500jt+++ sebanding yg didapat. Masih sama2 brand jepang jg (si cx-5 CBU jpn pula). Aman deh enggak bakal aneh-aneh mobilnya.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Edgarzio
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 18 Aug 2017, 06:33

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by Edgarzio »

Ijin mantau hehe..masih nimbang2 juga ini CX-5 buat gantiin RM dirumah yg uda mulai 'cape' hehe
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 26 Jul 2019, 14:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by babehgue708 »

haeven wrote: 04 Nov 2019, 19:48
babehgue708 wrote: 04 Nov 2019, 17:00
rumputlaut wrote: 04 Nov 2019, 16:54 Make blm lama sih om smoga tak ada problem u longterm uda pernah dibw beksi mlang , cm kacafilm depan bawaannya panasnya puolll :frm_bang_head: lgsg ganti sendiri aja sm navigation map kalo di jln pedesaan error, entah ga update atau lost signal :big_dunno:
Bawaan kaca filmnya apa oom ? Kalo CRV kan V-Kool ya. Kalau GPS Navigation sy krg begitu pake di head unit, lebih suka pake Google Maps atau Waze. Kecuali bisa mirrorlink atau ada apple carplay/android uto :mky_01:
BLNR wrote: 04 Nov 2019, 16:51 CX-5.
Puas bener ini mobil, sebelumnya saya pengguna CRV 2.4 tahun 2013
Puasnya gimana oom ? Ada rasa kaget pindah dr CRV ke CX-5 dalam hal akomodasi, bantingan, dan sparepart ga oom ? :big_think:
Saya ex pengguna crv turbo 2017 pakai setahun langsung jual. Ga tahan dengan BQ nya. Parah banget. Bunyi dashboard. Armrest. Kaca belakang. Doortrim. Blom lagi kualitas audio yang parah.

Ganti dengan cx5 elite . Jauh sekali bedanya secara BQ.
Puas bener dengan BQ CX 5. Suka banget dengan performa mesinnya. Audionya. Rasanya ga sayang kluar uang 530 jt utk mobil ini dibanding dengan crv turbo.

Cuman memang kalahnya cx 5 ada di kenyamanan kursi belakang. Lebih sempit dari crv. 1 lagi agak kaget waktu naik cx5 pertama karena lebih keras suspensinya. Walaupun pastinya lebih stabil.

Cx5 menang feature yang buat orang ga bosen di mengendarainya. Saya lebih sering setir sendiri sih.
So far sdh 5 bulan saya pakai . Tidak ada masalah yang berarti sampai hari ini.

Go for CX 5 kl sering bawa sendiri. Jauh enak sekali feel nya naik mobil sambil menikmati semua feature yang ada. Suara audionya jg bagus sekali
CX-5 smpai skrg gimana oom ? ada masalah yg ganggu kah ? Sy consider CX-5 krn dari BQnya yang sudah jelas keliatan lebih baik dari CRV sih. Kalau untuk perjalanan jauh nyaman ga oom pake CX-5 ? :mky_01:

Kalau utk suspensi, kyknya akan mirip sama CRV RE cuma lebih keras sedikit aja sptnya kalau kata org2, jd ga masalah sihhh, asal kerasnya itu keras yg nyaman bukan keras yg ajrut2an. :mky_08: Sy blm ada waktu utk test drive jd blm bisa ngerasain feelnya kalo CX-5. :big_childish:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by ChZ »

babehgue708 wrote: 04 Nov 2019, 16:57
Sy jg consider di duduk blkgnya sih oom, secara blm pernah disetirin di CX-5, kalau CRV sih ga perlu ditanya, di gen 3 aja enak kok, apalagi gen 5, percaya sy kalau jauh lebih enak :mky_02:

Gen 3 emang lebih keras sih, tp kerasnya tuh enak, mobil ga ngayun dan ga kayak kapal (beda sama ANKI wkwkwk). Kayaknya DNA CRV Turbo ini dibalikin ke gen 1 ya, udah ga ngutamain sporty lagi (beda sama gen 3). Sy keluar kota jauh sukanya pake ANKI karena road noisenya ga separah gen 3 sih, gatau kalau gen 5 road noisenya separah gen 3 ga ya ?
sayangnya tidak ada turbo 7 seat, karena sebenernya posisi duduk belakang agak mendingan di tipe 5 seat. yang 7 seat agak lebih kecil dibanding RE karena keganjel kursi baris ketiga.

nah iya CRV gen 5 ini justru kembali ke karakter gen 1 yang ngutamain family banget (minus meja pikniknya :big_peace: ). tidak terasa terlalu sport, enak dibawa luar kota.

gen 5 road noisenya lebih baik dikit, tapi tetep aja berasa. ini solusinya tinggal pasang peredam lantai (dan kalo modal dikit : ganti ban silent) udah jauh membaik sih.

Lengkap banget oom ChZ ini reviewnya :big_love: Kalo soal oil life sy jg ga percaya indikator oom, sy lebih percaya buka dipsticknya dan liat langsung kondisi oli, krn sy pikir Oil Life itu kayak Range bbm aja. Sy service selalu di bengkel resmi sih oom, ga pernah lewat jadwal, ini bensin selalu pertamax utk CRV RE sy :big_smile] Sy jg pernah disuggest utk pilih Almaz, harganya setengah CRV tp lengkap pake banget, tapi concern sy ya mesin aja sih, byk yg bilang Almaz itu boros, fitur oke sih, tp sy lebih suka mesin bagus, sy masih percaya kalau fitur bisa bikin bosen lama2, tapi kalo mesin dan tenaga ga akan pernah bikin bosen :mky_03:
mantap, cuma orang males yang punya mobil mahal tapi gak bisa nyempetin cek rutin dan percaya indikator 100% :big_peace: model model begini mending beli avanza atau innova. berarti checklist pertama udah lulus si oom :big_peace: :big_biglaugh: iya oil life saya gak berkurang kok padahal jalan 800km+ semarang surabaya.

almaz dan CRV jauh bener ah oom heheheh saya udah coba almaz nyetirnya gak bisa seenak CRV.
Wkt itu sy mau test drive Civic, tp unitnya ga ada, jd blm tau feel bawa Civic Turbo itu kayak apa, power perlu oom, sy paling sebel kalau nyetir disekelilingnya truk, berasa ga aman. :big_bored: Ngomongin soal power, sy bukan tipe orang yg suka bejek sana bejek sini sih, kalau lagi butuh doank paling baru ngebejek :mky_01: CRV RE sy aja yg 2000 cc, mesin yang dibilang lemot sama org2, dikaki sy ya enak enak aja bawanya ga berasa underpower, di tol cruising jg paling 100 km/jam. Shrsnya konsumsi BBM CRV Turbo ini lbh baik dibanding RE ya, sy RE di tol bisa dapet 1:11-12, kombinasi dalkot (30-40%) + tol (60-70%) paling 1:9-10 km/l

Makasih banyak loh pendapatnya oom ChZ ini, objektif + lengkap ! :big_exellent:
Sejauh ini pilihan lebih condong ke CRV Turbo dibanding CX-5 (tp ttp butuh byk masukkan), tp kalau CRV lebih worth it yang Prestige atau Non Prestige ya oom, kalau di jalanan banyak ketemu yang Prestige. :mky_01: Yang jelas kalau jadi beli CRV, hal pertama yang bakal sy ganti sudah jelas Head Unitnya (semoga difacelift diganti yang lebih manusiawi utk mobil 500jt++), pas test drive kmrn HU nya cerewet bilang sinyal GPS hilang, itupun ganggu kuping sy walau hanya keliling2 sekitaran bengkel. :big_dunno:
kalo tipe bawanya gini si masuk ke karakternya CRV turbo banget. nyantai, tapi kalo dibejek tenaganya buas. cuma kelemahannya ya kalo di bawah 3.000 RPM agak berat ngangkatnya, bisa dibantu dengan ganti DP+FP+remap. klo dari CRV RE 2000cc sih peningkatannya banyak. ibarat dapet tenaga 2.400cc dengan konsumsi setara 2.000cc.

turbo juga dapetnya segituan 1:9 dalem kota kalo ngetol bisa 1:12 keatas tergantung kaki kalap ngegas apa enggak. soalnya nih mobil kita bawa santai di tol aja 130 tau-tau :ngacir:

worth tidaknya tergantung apakah fitur-fitur di bawah menurut panjenengan penting atau tidak :
- 6 airbags (kalo ambil prestige ini mungkin jadi salah satu nilai +, emang gak ngarep airbagnya ngembang juga tapi value nya ada di sini, berasa pake mobil mahal aja kalo di pillar ada tulisan "AIRBAG" :mky_07: )
- lampu depan LED dan foglamp LED (buat saya ini estetika sih karena liat prestige dan non berasa banget di jalan mewah yang prestige gara-gara lampu doank :big_peace: )
- panoramic sunroof (punya anak kecil ?)
- power backdoor
- velg modulo 18inch

kalau tidak perlu, selisihnya ada 50 juta (+ discount tentunya) tapi sudah dapat mesin turbocharged dan semua hal basic dan rasa berkendara yang sama persis. orang tua saya ngambil yang non karena selisih harga ini :big_peace: sebenernya selisih banyak saya rasa karena airbagnya banyakan prestige.

head unit yesss itu barang yang wajib sekali diganti karena busuk sekali. saya ganti HU MTech android 10". kehilangan fitur ionizer gakpapa lah daripada nyetel musik error tiba-tiba :mky_05:

ya bgitulah review saya sih tanpa sugesti katanya katanya orang ngerasain sendiri dan pake sendiri :big_peace:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 26 Jul 2019, 14:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by babehgue708 »

jakanjc wrote: 04 Nov 2019, 23:14 buat row kedua, masih menang crv sih emang buat kelegaan legroomnya, tapi buat headroom malah lapangan cx5(krn crv prestige ada sunroof sampe blkg). Dan buat ane yang paling berasa, jok2 mobil mazda sekarang empuk2 bener, tapi ya itu legroomnya gaselega crv, but gasempit juga ah, mirip ANPS ane mirip2, malah lebih enak cx5 soalnya bibir bangkunya panjang nopang paha.

Buat bantingan sih dua2nya enak, tapi beda karakter. Crv gen 5 berubah drastis jadi empuk, buat saya suspensi belakangnya agak terlalu soft, kalau dipake mudik full 5 orang dan barang sih kayanya bakal sering mentok ke stopper, agak mirip santa fe yang gen 3 sih buat saya karakternya(kebetulan pernah punya) Kalo cx5, bantingannya agak firm, firm buat saya itu reboundnya enak loh ya bukan kuras, jadi ga ajrut2an kl lewat polisi
tidur/jalan tol bergelombang di kecepatan tinggi. Buat saya sih, lebih suka bantingan mazda. Apalagi sekarang tol udah nyambung ampe bali, beuh butuh mobil yang enak dibawa dan bantingannya mantep di kecepatan tinggi.

Buat road noise, jelas kedapan cx5.. honda road noisenya parah om..tapi kl dibanding innova gatau ya..yang jelas ladder frame bakal lebih minim road noisenya dibanding monokok. Saya pakai ANKI juga road noise minim, cuman suara angin masuk & jelas kl lagi di tol😂
Mantap oom sarannya ! :big_smile] Sy kalo ambil CX-5, kursi penumpang depan akan sy majukan habis kalau sy duduk di row ke-2, tp itu paling hanya 1-2 kali dalam seminggu. Kalau utk bantingan sptnya tidak jd masalah utk sy, krn sudah biasa pake gen 3 yang suspensinya lebih keras dr gen 5, kalau sy nyaman di CRV gen 3, ya shrsnya nyaman di CX-5 juga

Innova jauh oom road noisenya, di 100-120km/jam masih hening, paling suara angin aja masuk. :mky_01:

Anyway makasih oom masukkannya ! :big_exellent:
KielConstantine wrote: 05 Nov 2019, 01:54 Kalo mau coba2 kluar dari pakem Toyota & Honda yg terkenal reliable n awet. Mazda jg termasuk ok. Masih lebih mending lah drpd merk aneh-aneh laen.

CR-V Turbo enaknya bisa diremap tu mesin tembus 220bhp. Tapi CVT nya musti disayang-sayang, ganti oli cvt 30-40rb km sekali. Trus jangan dibejek2 mulu. Bisa awet lah tuh cvt. Kasus Oil dillution udah jarang kedengaran lg, enggak kek batch awal yg masih pada ribut user nya.

Jd sudah oke dah kalo mau pelihara CR-V Turbo.


CX-5. Iya bener sparepart cenderung lebih mahal. Cuman sebanding sama yg didapet. Superior build quality, audio mantap, handling jg sharp. Transmisi 6 A/T jelas lebih robust n gampang dirawat. Mesin N/A jelas lebih tahan buat dipake jangka waktu lama.

Klo gw vote CX-5 brand new. Kluar duit 500jt+++ sebanding yg didapat. Masih sama2 brand jepang jg (si cx-5 CBU jpn pula). Aman deh enggak bakal aneh-aneh mobilnya.
Iya oom sy pertimbangan utk ambil yang facelift, jd kemungkinan utk oil life (sbnrnya ga peduli jg sih krn itu cuma indikator yang mirip sama range), BQ sudah membaik. Harapan sy sih speedometer diganti sama full TFT dan HU diganti sama yg lebih baik pas facelift nnti, ya minimal HU lah diganti. Itu knp yg buat sy bingung, lain hal kalo sy disuruh milih CRV NIK 2017/2018 ya sudah jelas sy ambil CX-5 :big_biglaugh: Sy org yg jarang bejek mesin sih, jd hrsnya CVT fine2 aja.

CX-5 CBU jepang ya oom ? sy pikir CBU malaysia. Kalau CBU Jepang dng harga + fitur begitu sih oke jugaaa :mky_02: Makasih oom pendapatnya ! :)
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by Winz »

babehgue708 wrote: 05 Nov 2019, 10:42
jakanjc wrote: 04 Nov 2019, 23:14 buat row kedua, masih menang crv sih emang buat kelegaan legroomnya, tapi buat headroom malah lapangan cx5(krn crv prestige ada sunroof sampe blkg). Dan buat ane yang paling berasa, jok2 mobil mazda sekarang empuk2 bener, tapi ya itu legroomnya gaselega crv, but gasempit juga ah, mirip ANPS ane mirip2, malah lebih enak cx5 soalnya bibir bangkunya panjang nopang paha.

Buat bantingan sih dua2nya enak, tapi beda karakter. Crv gen 5 berubah drastis jadi empuk, buat saya suspensi belakangnya agak terlalu soft, kalau dipake mudik full 5 orang dan barang sih kayanya bakal sering mentok ke stopper, agak mirip santa fe yang gen 3 sih buat saya karakternya(kebetulan pernah punya) Kalo cx5, bantingannya agak firm, firm buat saya itu reboundnya enak loh ya bukan kuras, jadi ga ajrut2an kl lewat polisi
tidur/jalan tol bergelombang di kecepatan tinggi. Buat saya sih, lebih suka bantingan mazda. Apalagi sekarang tol udah nyambung ampe bali, beuh butuh mobil yang enak dibawa dan bantingannya mantep di kecepatan tinggi.

Buat road noise, jelas kedapan cx5.. honda road noisenya parah om..tapi kl dibanding innova gatau ya..yang jelas ladder frame bakal lebih minim road noisenya dibanding monokok. Saya pakai ANKI juga road noise minim, cuman suara angin masuk & jelas kl lagi di tol😂
Mantap oom sarannya ! :big_smile] Sy kalo ambil CX-5, kursi penumpang depan akan sy majukan habis kalau sy duduk di row ke-2, tp itu paling hanya 1-2 kali dalam seminggu. Kalau utk bantingan sptnya tidak jd masalah utk sy, krn sudah biasa pake gen 3 yang suspensinya lebih keras dr gen 5, kalau sy nyaman di CRV gen 3, ya shrsnya nyaman di CX-5 juga

Innova jauh oom road noisenya, di 100-120km/jam masih hening, paling suara angin aja masuk. :mky_01:

Anyway makasih oom masukkannya ! :big_exellent:
KielConstantine wrote: 05 Nov 2019, 01:54 Kalo mau coba2 kluar dari pakem Toyota & Honda yg terkenal reliable n awet. Mazda jg termasuk ok. Masih lebih mending lah drpd merk aneh-aneh laen.

CR-V Turbo enaknya bisa diremap tu mesin tembus 220bhp. Tapi CVT nya musti disayang-sayang, ganti oli cvt 30-40rb km sekali. Trus jangan dibejek2 mulu. Bisa awet lah tuh cvt. Kasus Oil dillution udah jarang kedengaran lg, enggak kek batch awal yg masih pada ribut user nya.

Jd sudah oke dah kalo mau pelihara CR-V Turbo.


CX-5. Iya bener sparepart cenderung lebih mahal. Cuman sebanding sama yg didapet. Superior build quality, audio mantap, handling jg sharp. Transmisi 6 A/T jelas lebih robust n gampang dirawat. Mesin N/A jelas lebih tahan buat dipake jangka waktu lama.

Klo gw vote CX-5 brand new. Kluar duit 500jt+++ sebanding yg didapat. Masih sama2 brand jepang jg (si cx-5 CBU jpn pula). Aman deh enggak bakal aneh-aneh mobilnya.
Iya oom sy pertimbangan utk ambil yang facelift, jd kemungkinan utk oil life (sbnrnya ga peduli jg sih krn itu cuma indikator yang mirip sama range), BQ sudah membaik. Harapan sy sih speedometer diganti sama full TFT dan HU diganti sama yg lebih baik pas facelift nnti, ya minimal HU lah diganti. Itu knp yg buat sy bingung, lain hal kalo sy disuruh milih CRV NIK 2017/2018 ya sudah jelas sy ambil CX-5 :big_biglaugh: Sy org yg jarang bejek mesin sih, jd hrsnya CVT fine2 aja.

CX-5 CBU jepang ya oom ? sy pikir CBU malaysia. Kalau CBU Jepang dng harga + fitur begitu sih oke jugaaa :mky_02: Makasih oom pendapatnya ! :)
yang batch pertama aja CBU jepun bukan'nya ya?

Setelah itu ga lama pakai CBU malay klo ga salah, CMIIW
twa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: 09 Apr 2008, 16:22
Daily Vehicle: CX-5 KF

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by twa »

babehgue708 wrote: 05 Nov 2019, 10:42

CX-5 CBU jepang ya oom ? sy pikir CBU malaysia. Kalau CBU Jepang dng harga + fitur begitu sih oke jugaaa :mky_02: Makasih oom pendapatnya ! :)
sejak 2018 udh CBU malay om, tapi BQ tetap bumi dan langit kok banding crv :mrgreen:

Udah pakai 1,5 thn, ngak pernah ada masalah. Fun to drivenya berasa benar ( sepupu yg pakai crv turbo prestige sampai skrg masih nyesal knp gak ambil cx 5 :mrgreen: )

Saran beli pas pameran biasanya dpt extent garansi jd 5 thn.

untuk test drive mazda di jakarta mah gampang, tinggal telp sales lsg diantar tuh mobil kekantor atau rumah buat TD. servicenya top deh
BLNR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: 10 Nov 2014, 21:25

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by BLNR »

Kalo udh test drive, sudah pasti pilihan jatuh ke CX-5.
rumputlaut wrote: 04 Nov 2019, 16:14 Vote cx5 zoom zoom, kedap, feel.nya :big_peace: minta test drive aja om , bandingin sendiri ,sy sendiri user cx5 2019 :big_deal:
rumputlaut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 13 May 2017, 08:16

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by rumputlaut »

Skrg cx5 lagi diskon gede , tpi garansi 3 thn aja, sama aja sih substitute kalo pameran dpt 5 tahun tpi diskon ga terlalu banyak, setuju om kalo tak kenal maka tak sayang :cupss: kmrn ambil waktu iims red 550jt, bekasi, skrg infonya disc. 50jt
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 26 Jul 2019, 14:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by babehgue708 »

sayangnya tidak ada turbo 7 seat, karena sebenernya posisi duduk belakang agak mendingan di tipe 5 seat. yang 7 seat agak lebih kecil dibanding RE karena keganjel kursi baris ketiga.

nah iya CRV gen 5 ini justru kembali ke karakter gen 1 yang ngutamain family banget (minus meja pikniknya :big_peace: ). tidak terasa terlalu sport, enak dibawa luar kota.

gen 5 road noisenya lebih baik dikit, tapi tetep aja berasa. ini solusinya tinggal pasang peredam lantai (dan kalo modal dikit : ganti ban silent) udah jauh membaik sih.
Iya oom coba kalau ada option 5 seater utk semua varian lebih enak oom, krn row ke 3 CRV sama sekali bkn utk manusia dewasa. Kira2 road noisenya ganggu ga oom kalau diajak jalan jauh ? Takutnya kuping pengang dan ngobrol dimobil harus teriak2 :mky_01:
mantap, cuma orang males yang punya mobil mahal tapi gak bisa nyempetin cek rutin dan percaya indikator 100% :big_peace: model model begini mending beli avanza atau innova. berarti checklist pertama udah lulus si oom :big_peace: :big_biglaugh: iya oil life saya gak berkurang kok padahal jalan 800km+ semarang surabaya.

almaz dan CRV jauh bener ah oom heheheh saya udah coba almaz nyetirnya gak bisa seenak CRV.
Iya oom, tp utk orang awam kalo ada indikator oil itu keluar pasti udah panikan sendiri, dan banyak loh orang dateng ke bengkel komplain masalah ini dan pada ganti oli ngikutin indikator. :(
kalo tipe bawanya gini si masuk ke karakternya CRV turbo banget. nyantai, tapi kalo dibejek tenaganya buas. cuma kelemahannya ya kalo di bawah 3.000 RPM agak berat ngangkatnya, bisa dibantu dengan ganti DP+FP+remap. klo dari CRV RE 2000cc sih peningkatannya banyak. ibarat dapet tenaga 2.400cc dengan konsumsi setara 2.000cc.

turbo juga dapetnya segituan 1:9 dalem kota kalo ngetol bisa 1:12 keatas tergantung kaki kalap ngegas apa enggak. soalnya nih mobil kita bawa santai di tol aja 130 tau-tau :ngacir:

worth tidaknya tergantung apakah fitur-fitur di bawah menurut panjenengan penting atau tidak :
- 6 airbags (kalo ambil prestige ini mungkin jadi salah satu nilai +, emang gak ngarep airbagnya ngembang juga tapi value nya ada di sini, berasa pake mobil mahal aja kalo di pillar ada tulisan "AIRBAG" :mky_07: )
- lampu depan LED dan foglamp LED (buat saya ini estetika sih karena liat prestige dan non berasa banget di jalan mewah yang prestige gara-gara lampu doank :big_peace: )
- panoramic sunroof (punya anak kecil ?)
- power backdoor
- velg modulo 18inch

kalau tidak perlu, selisihnya ada 50 juta (+ discount tentunya) tapi sudah dapat mesin turbocharged dan semua hal basic dan rasa berkendara yang sama persis. orang tua saya ngambil yang non karena selisih harga ini :big_peace: sebenernya selisih banyak saya rasa karena airbagnya banyakan prestige.

head unit yesss itu barang yang wajib sekali diganti karena busuk sekali. saya ganti HU MTech android 10". kehilangan fitur ionizer gakpapa lah daripada nyetel musik error tiba-tiba :mky_05:

ya bgitulah review saya sih tanpa sugesti katanya katanya orang ngerasain sendiri dan pake sendiri :big_peace:
Sy kalo ambil CRV paling yang non prestige sih oom, kalo lampu mungkin bisa diganti LED, toh tipe lampu CRV ini H11 kan ya, kalau mau totalias ya ganti aja headlampnya sekalian sama yg prestige :mky_01:
Last edited by babehgue708 on 05 Nov 2019, 18:10, edited 1 time in total.
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 26 Jul 2019, 14:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by babehgue708 »

twa wrote: 05 Nov 2019, 16:06
babehgue708 wrote: 05 Nov 2019, 10:42

CX-5 CBU jepang ya oom ? sy pikir CBU malaysia. Kalau CBU Jepang dng harga + fitur begitu sih oke jugaaa :mky_02: Makasih oom pendapatnya ! :)
sejak 2018 udh CBU malay om, tapi BQ tetap bumi dan langit kok banding crv :mrgreen:

Udah pakai 1,5 thn, ngak pernah ada masalah. Fun to drivenya berasa benar ( sepupu yg pakai crv turbo prestige sampai skrg masih nyesal knp gak ambil cx 5 :mrgreen: )

Saran beli pas pameran biasanya dpt extent garansi jd 5 thn.

untuk test drive mazda di jakarta mah gampang, tinggal telp sales lsg diantar tuh mobil kekantor atau rumah buat TD. servicenya top deh
Seriusan bisa oom dipanggil ke rumah ? Asik ya, jd kepingin test drive dalam waktu dekat ini, walau belinya mungkin 2-3 tahun mendatang :mky_02:

Suka nyetir sendiri oom ? Pernah duduk sesekali di belakang ga ? Tinggi sy 173 cm, kalau beli CX-5 sih dipikiran sy mau sy majukan habis kursi penumpang depan spy legroomnya besar :mky_01: Kalau utk jasa service ada paket atau dapat gratis utk tahun2 pertama ga oom ? :big_smile]
rumputlaut wrote: 05 Nov 2019, 17:22 Skrg cx5 lagi diskon gede , tpi garansi 3 thn aja, sama aja sih substitute kalo pameran dpt 5 tahun tpi diskon ga terlalu banyak, setuju om kalo tak kenal maka tak sayang :cupss: kmrn ambil waktu iims red 550jt, bekasi, skrg infonya disc. 50jt
Seriusan oom 50 juta ? Ambil di dealer mana ? Sy kebetulan di jakarta. Makasih oom :big_peace:
rumputlaut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 13 May 2017, 08:16

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by rumputlaut »

babehgue708 wrote: 05 Nov 2019, 17:44
twa wrote: 05 Nov 2019, 16:06
babehgue708 wrote: 05 Nov 2019, 10:42

CX-5 CBU jepang ya oom ? sy pikir CBU malaysia. Kalau CBU Jepang dng harga + fitur begitu sih oke jugaaa :mky_02: Makasih oom pendapatnya ! :)
sejak 2018 udh CBU malay om, tapi BQ tetap bumi dan langit kok banding crv :mrgreen:

Udah pakai 1,5 thn, ngak pernah ada masalah. Fun to drivenya berasa benar ( sepupu yg pakai crv turbo prestige sampai skrg masih nyesal knp gak ambil cx 5 :mrgreen: )

Saran beli pas pameran biasanya dpt extent garansi jd 5 thn.

untuk test drive mazda di jakarta mah gampang, tinggal telp sales lsg diantar tuh mobil kekantor atau rumah buat TD. servicenya top deh
Seriusan bisa oom dipanggil ke rumah ? Asik ya, jd kepingin test drive dalam waktu dekat ini, walau belinya mungkin 2-3 tahun mendatang :mky_02:

Suka nyetir sendiri oom ? Pernah duduk sesekali di belakang ga ? Tinggi sy 173 cm, kalau beli CX-5 sih dipikiran sy mau sy majukan habis kursi penumpang depan spy legroomnya besar :mky_01: Kalau utk jasa service ada paket atau dapat gratis utk tahun2 pertama ga oom ? :big_smile]
rumputlaut wrote: 05 Nov 2019, 17:22 Skrg cx5 lagi diskon gede , tpi garansi 3 thn aja, sama aja sih substitute kalo pameran dpt 5 tahun tpi diskon ga terlalu banyak, setuju om kalo tak kenal maka tak sayang :cupss: kmrn ambil waktu iims red 550jt, bekasi, skrg infonya disc. 50jt
Seriusan oom 50 juta ? Ambil di dealer mana ? Sy kebetulan di jakarta. Makasih oom :big_peace:
Uda di pm ya om salesnya , minta tes aja dulu
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post