Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: Fri Jul 26, 2019 7:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by babehgue708 »

thompst wrote: Wed Jan 12, 2022 11:06
babehgue708 wrote: Wed Jan 05, 2022 5:52

Waduhhh, CX-30 keras banget ya ? :big_biglaugh: Ane yang biasa pake CRV RE sih pas naik CX5 berasa lebih enak ya, kerasnya mantep ga mantul2, buat jalan jauh lewat tol sepertinya ga bikin mabuk, ga kayak ANKI kayak berasa bawa kapal :big_biglaugh:

Jd penasaran sekeras apa sih CX-30 itu :big_childish:
Dari pengalaman saya pakai CX-30 selama 6 bulanan, menurut saya suspensinya termasuk "pas" tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk. JIka dibandingkan dengan mobil-mobil yang pernah saya gunakan utk jangka waktu cukup lama, CX-30 ini lebih empuk dibandingkan HRV tapi lebih firm jika dibandingkan T31 atau Mark X. Jadi kalau HRV dianggap acceptable maka CX-30 ini lebih empuk dan lembut bantingannya.

Menurut saya bisa jadi unit TD CX-30 yang dicoba tekanan anginnya terlalu tinggi sehingga bantingannya jadi keras banget. Tapi memang cari unit TD CX-30 ini susah sekali, saya dulu beli CX-30 aja ga pakai TD.
Nah itu oom, ane penasaran banget sama CX30, kmrn pas GIIAS ga ada unit testnya, terus sabtu kmrn udah booked TD tp dibatalin sama salesnya dgn alesan unit TDnya 2021, arahan dari ATPM udah gaboleh dipake krn hrs ganti ke unit 2022, ane mikir emang ngaruh ya ? kan sama aja blm ada facelift, improvement, dll :big_biglaugh:, walau ane udah ambil CX5 tp ttp aja sih penasaran sama naikannya gimana :big_think:

Kyknya sih kalo oom bilang compare sama HRV lbh enak CX30, hrsnya ane yang biasa nyetir CRV RE tiap hari pasti berasa lebih enak, bantingan CRV RE kayak batu :big_biglaugh:
Lolol
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Sun Aug 27, 2017 9:46

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by Lolol »

babehgue708 wrote: Mon Jan 10, 2022 0:58
kendibocor wrote: Sat Jan 08, 2022 10:09 Emangnya disini ada mobil yg ga pernah kena bully kecuali ANKI dan GNKI dijel :mky_03:

Eh duo itu jg sering kena bully deh, tapi kalo ada trit suggestion beli mobil apa tetap balik2 lg ke kijang yg memang tiada duanya :big_smoking:

No hard feeling lah kalo mobilnya dibully. Disini sampe mobil buntutnya uda eM2an jg tetep aja ada celah kekurangannya kok. Kita juga bersyukur ada mobcin disini yg bikin pabrikan jepun jadi ga pelit fitur kaya dulu. Tp ya memang preferensi masing2 orang beda. Mungkin aja emang tetap banyak yg ngitung value for money nya dan kebutuhannya bisa dipenuhin mbl jepang. Kalo ngerasa mobcin lebih unggul ya monggo silahkan dibeli, tapi kalo ada orang yg tetap milih mobil jepang walaupun fitur lebih sedikit dan harga lebih mahal juga ga perlu sewot. Wong duit pribadi masing2 kok.
Innova itu emang bener2 mobil perang sih oom, jadi ga perlu desain ganteng, interior soft touch, atau fitur2 aneh, emang ya itu mobil buat diajak susah dan tidak menyusahkan pemiliknya.

Kalo ane mau beli barang gede / panjang, pasti bawanya ANKI, mau jalan2 ke daerah ciwidey, lembang (lewat punclut misalnya), pasti bawanya ANKI, karena peace of mind dan tenaga dieselnya yg gede jadi pede kalo mau libas tanjakan, mau tuh mobil limbung, geter khas ladder frame, tp ya gimana itu mobil bener2 bisa diajak susah dan ga nyusahin :big_biglaugh:

Lain hal kalo ngomong mobil di atas 500jt, kelasnya udah premium utk mobil jepang dan entry level eropa, mobil yang dibeli utk mengapresiasi diri sendiri atas kerja keras kita, ya harus beli mobil yang kita suka sih, dan pengorbanannya lebih gede pasti dibanding perawatan mobil operasional macem kijang :big_smile]

Jd konsumen yang biasa beli mobil direntang harga CRV, CX5, Xtrail, ga akan kegoda utk ambil Almaz, lain hal yang emang budget hanya mampu ambil HRV, atau mobil di kelas 400jt ke bawah, tp mau ngerasain naik kelas tanpa hrs korban uang banyak, ya ke Almaz ini, atau merek mobcin lainnya. Dan memang 2 tipe konsumen ini punya karakter yang berbeda, jadi "wajar" jika pemilik mobcin suka ngebanding2in even ngejelekin mopang yang harganya mahal tapi fitur biasa aja utk harga yang hrs ditebus, tp bagusnya pemilik mopang juga ga meladeni hal itu, karena mereka tau ada kelebihan2 tersendiri yang tidak akan bisa dirasakan oleh pemilik mobcin. IMHO yaa :big_peace:

Even liat MG yang lampunya mirip Mazda, kalo ane liat di jalan malah ketawa, kok ga malu ya desain mobil ikut2an plek2 gitu :big_biglaugh:, tp pemilik MG mungkin bangga2 aja :upss:
Kalo mzd- ̶D̶r̶i̶v̶e̶ Connect mirip merek apa ya.. :ngacir:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1620
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by darrelund »

babehgue708 wrote: Wed Jan 12, 2022 13:56
thompst wrote: Wed Jan 12, 2022 11:06
babehgue708 wrote: Wed Jan 05, 2022 5:52

Waduhhh, CX-30 keras banget ya ? :big_biglaugh: Ane yang biasa pake CRV RE sih pas naik CX5 berasa lebih enak ya, kerasnya mantep ga mantul2, buat jalan jauh lewat tol sepertinya ga bikin mabuk, ga kayak ANKI kayak berasa bawa kapal :big_biglaugh:

Jd penasaran sekeras apa sih CX-30 itu :big_childish:
Dari pengalaman saya pakai CX-30 selama 6 bulanan, menurut saya suspensinya termasuk "pas" tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk. JIka dibandingkan dengan mobil-mobil yang pernah saya gunakan utk jangka waktu cukup lama, CX-30 ini lebih empuk dibandingkan HRV tapi lebih firm jika dibandingkan T31 atau Mark X. Jadi kalau HRV dianggap acceptable maka CX-30 ini lebih empuk dan lembut bantingannya.

Menurut saya bisa jadi unit TD CX-30 yang dicoba tekanan anginnya terlalu tinggi sehingga bantingannya jadi keras banget. Tapi memang cari unit TD CX-30 ini susah sekali, saya dulu beli CX-30 aja ga pakai TD.
Nah itu oom, ane penasaran banget sama CX30, kmrn pas GIIAS ga ada unit testnya, terus sabtu kmrn udah booked TD tp dibatalin sama salesnya dgn alesan unit TDnya 2021, arahan dari ATPM udah gaboleh dipake krn hrs ganti ke unit 2022, ane mikir emang ngaruh ya ? kan sama aja blm ada facelift, improvement, dll :big_biglaugh:, walau ane udah ambil CX5 tp ttp aja sih penasaran sama naikannya gimana :big_think:

Kyknya sih kalo oom bilang compare sama HRV lbh enak CX30, hrsnya ane yang biasa nyetir CRV RE tiap hari pasti berasa lebih enak, bantingan CRV RE kayak batu :big_biglaugh:
bantingannya CX30 seh tipikal mazda, empuk & comply klo dibawa ngebut. keras bingit klo mobilnya dikagetin sama poldur & pothole :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1620
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by darrelund »

Lolol wrote: Wed Jan 12, 2022 14:55
babehgue708 wrote: Mon Jan 10, 2022 0:58
kendibocor wrote: Sat Jan 08, 2022 10:09 Emangnya disini ada mobil yg ga pernah kena bully kecuali ANKI dan GNKI dijel :mky_03:

Eh duo itu jg sering kena bully deh, tapi kalo ada trit suggestion beli mobil apa tetap balik2 lg ke kijang yg memang tiada duanya :big_smoking:

No hard feeling lah kalo mobilnya dibully. Disini sampe mobil buntutnya uda eM2an jg tetep aja ada celah kekurangannya kok. Kita juga bersyukur ada mobcin disini yg bikin pabrikan jepun jadi ga pelit fitur kaya dulu. Tp ya memang preferensi masing2 orang beda. Mungkin aja emang tetap banyak yg ngitung value for money nya dan kebutuhannya bisa dipenuhin mbl jepang. Kalo ngerasa mobcin lebih unggul ya monggo silahkan dibeli, tapi kalo ada orang yg tetap milih mobil jepang walaupun fitur lebih sedikit dan harga lebih mahal juga ga perlu sewot. Wong duit pribadi masing2 kok.
Innova itu emang bener2 mobil perang sih oom, jadi ga perlu desain ganteng, interior soft touch, atau fitur2 aneh, emang ya itu mobil buat diajak susah dan tidak menyusahkan pemiliknya.

Kalo ane mau beli barang gede / panjang, pasti bawanya ANKI, mau jalan2 ke daerah ciwidey, lembang (lewat punclut misalnya), pasti bawanya ANKI, karena peace of mind dan tenaga dieselnya yg gede jadi pede kalo mau libas tanjakan, mau tuh mobil limbung, geter khas ladder frame, tp ya gimana itu mobil bener2 bisa diajak susah dan ga nyusahin :big_biglaugh:

Lain hal kalo ngomong mobil di atas 500jt, kelasnya udah premium utk mobil jepang dan entry level eropa, mobil yang dibeli utk mengapresiasi diri sendiri atas kerja keras kita, ya harus beli mobil yang kita suka sih, dan pengorbanannya lebih gede pasti dibanding perawatan mobil operasional macem kijang :big_smile]

Jd konsumen yang biasa beli mobil direntang harga CRV, CX5, Xtrail, ga akan kegoda utk ambil Almaz, lain hal yang emang budget hanya mampu ambil HRV, atau mobil di kelas 400jt ke bawah, tp mau ngerasain naik kelas tanpa hrs korban uang banyak, ya ke Almaz ini, atau merek mobcin lainnya. Dan memang 2 tipe konsumen ini punya karakter yang berbeda, jadi "wajar" jika pemilik mobcin suka ngebanding2in even ngejelekin mopang yang harganya mahal tapi fitur biasa aja utk harga yang hrs ditebus, tp bagusnya pemilik mopang juga ga meladeni hal itu, karena mereka tau ada kelebihan2 tersendiri yang tidak akan bisa dirasakan oleh pemilik mobcin. IMHO yaa :big_peace:

Even liat MG yang lampunya mirip Mazda, kalo ane liat di jalan malah ketawa, kok ga malu ya desain mobil ikut2an plek2 gitu :big_biglaugh:, tp pemilik MG mungkin bangga2 aja :upss:
Kalo mzd- ̶D̶r̶i̶v̶e̶ Connect mirip merek apa ya.. :ngacir:
ahhh itu kan hanya ambil insiprasi sahaja, stirnya juga terinspirasi :mky_03:
coipan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Sat Feb 21, 2015 17:15

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by coipan »

babehgue708 wrote: Wed Jan 12, 2022 13:56
thompst wrote: Wed Jan 12, 2022 11:06
babehgue708 wrote: Wed Jan 05, 2022 5:52

Waduhhh, CX-30 keras banget ya ? :big_biglaugh: Ane yang biasa pake CRV RE sih pas naik CX5 berasa lebih enak ya, kerasnya mantep ga mantul2, buat jalan jauh lewat tol sepertinya ga bikin mabuk, ga kayak ANKI kayak berasa bawa kapal :big_biglaugh:

Jd penasaran sekeras apa sih CX-30 itu :big_childish:
Dari pengalaman saya pakai CX-30 selama 6 bulanan, menurut saya suspensinya termasuk "pas" tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk. JIka dibandingkan dengan mobil-mobil yang pernah saya gunakan utk jangka waktu cukup lama, CX-30 ini lebih empuk dibandingkan HRV tapi lebih firm jika dibandingkan T31 atau Mark X. Jadi kalau HRV dianggap acceptable maka CX-30 ini lebih empuk dan lembut bantingannya.

Menurut saya bisa jadi unit TD CX-30 yang dicoba tekanan anginnya terlalu tinggi sehingga bantingannya jadi keras banget. Tapi memang cari unit TD CX-30 ini susah sekali, saya dulu beli CX-30 aja ga pakai TD.
Nah itu oom, ane penasaran banget sama CX30, kmrn pas GIIAS ga ada unit testnya, terus sabtu kmrn udah booked TD tp dibatalin sama salesnya dgn alesan unit TDnya 2021, arahan dari ATPM udah gaboleh dipake krn hrs ganti ke unit 2022, ane mikir emang ngaruh ya ? kan sama aja blm ada facelift, improvement, dll :big_biglaugh:, walau ane udah ambil CX5 tp ttp aja sih penasaran sama naikannya gimana :big_think:

Kyknya sih kalo oom bilang compare sama HRV lbh enak CX30, hrsnya ane yang biasa nyetir CRV RE tiap hari pasti berasa lebih enak, bantingan CRV RE kayak batu :big_biglaugh:
Mw tanya apa yang membuat om ga menunggu cx 5 facelift yang udah fix keluar april? soalnya secara diskon nik 2021 juga kurang menggugah untuk hitungan mobil kalah tahun satu,

cx 5 facelift di luar kemngkinan headunit udh 10inch UI baru, kemngkinan ga kalah fitur2 sensing jaman skrng harusnya ya ACC, dan fitur elite turun kembali
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: Fri Jul 26, 2019 7:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by babehgue708 »

darrelund wrote: Wed Jan 12, 2022 15:05
Lolol wrote: Wed Jan 12, 2022 14:55
babehgue708 wrote: Mon Jan 10, 2022 0:58

Innova itu emang bener2 mobil perang sih oom, jadi ga perlu desain ganteng, interior soft touch, atau fitur2 aneh, emang ya itu mobil buat diajak susah dan tidak menyusahkan pemiliknya.

Kalo ane mau beli barang gede / panjang, pasti bawanya ANKI, mau jalan2 ke daerah ciwidey, lembang (lewat punclut misalnya), pasti bawanya ANKI, karena peace of mind dan tenaga dieselnya yg gede jadi pede kalo mau libas tanjakan, mau tuh mobil limbung, geter khas ladder frame, tp ya gimana itu mobil bener2 bisa diajak susah dan ga nyusahin :big_biglaugh:

Lain hal kalo ngomong mobil di atas 500jt, kelasnya udah premium utk mobil jepang dan entry level eropa, mobil yang dibeli utk mengapresiasi diri sendiri atas kerja keras kita, ya harus beli mobil yang kita suka sih, dan pengorbanannya lebih gede pasti dibanding perawatan mobil operasional macem kijang :big_smile]

Jd konsumen yang biasa beli mobil direntang harga CRV, CX5, Xtrail, ga akan kegoda utk ambil Almaz, lain hal yang emang budget hanya mampu ambil HRV, atau mobil di kelas 400jt ke bawah, tp mau ngerasain naik kelas tanpa hrs korban uang banyak, ya ke Almaz ini, atau merek mobcin lainnya. Dan memang 2 tipe konsumen ini punya karakter yang berbeda, jadi "wajar" jika pemilik mobcin suka ngebanding2in even ngejelekin mopang yang harganya mahal tapi fitur biasa aja utk harga yang hrs ditebus, tp bagusnya pemilik mopang juga ga meladeni hal itu, karena mereka tau ada kelebihan2 tersendiri yang tidak akan bisa dirasakan oleh pemilik mobcin. IMHO yaa :big_peace:

Even liat MG yang lampunya mirip Mazda, kalo ane liat di jalan malah ketawa, kok ga malu ya desain mobil ikut2an plek2 gitu :big_biglaugh:, tp pemilik MG mungkin bangga2 aja :upss:
Kalo mzd- ̶D̶r̶i̶v̶e̶ Connect mirip merek apa ya.. :ngacir:
ahhh itu kan hanya ambil insiprasi sahaja, stirnya juga terinspirasi :mky_03:
Nahhh, kalau itu “inspirasi” :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: Fri Jul 26, 2019 7:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by babehgue708 »

coipan wrote: Wed Jan 12, 2022 16:12
babehgue708 wrote: Wed Jan 12, 2022 13:56
thompst wrote: Wed Jan 12, 2022 11:06

Dari pengalaman saya pakai CX-30 selama 6 bulanan, menurut saya suspensinya termasuk "pas" tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk. JIka dibandingkan dengan mobil-mobil yang pernah saya gunakan utk jangka waktu cukup lama, CX-30 ini lebih empuk dibandingkan HRV tapi lebih firm jika dibandingkan T31 atau Mark X. Jadi kalau HRV dianggap acceptable maka CX-30 ini lebih empuk dan lembut bantingannya.

Menurut saya bisa jadi unit TD CX-30 yang dicoba tekanan anginnya terlalu tinggi sehingga bantingannya jadi keras banget. Tapi memang cari unit TD CX-30 ini susah sekali, saya dulu beli CX-30 aja ga pakai TD.
Nah itu oom, ane penasaran banget sama CX30, kmrn pas GIIAS ga ada unit testnya, terus sabtu kmrn udah booked TD tp dibatalin sama salesnya dgn alesan unit TDnya 2021, arahan dari ATPM udah gaboleh dipake krn hrs ganti ke unit 2022, ane mikir emang ngaruh ya ? kan sama aja blm ada facelift, improvement, dll :big_biglaugh:, walau ane udah ambil CX5 tp ttp aja sih penasaran sama naikannya gimana :big_think:

Kyknya sih kalo oom bilang compare sama HRV lbh enak CX30, hrsnya ane yang biasa nyetir CRV RE tiap hari pasti berasa lebih enak, bantingan CRV RE kayak batu :big_biglaugh:
Mw tanya apa yang membuat om ga menunggu cx 5 facelift yang udah fix keluar april? soalnya secara diskon nik 2021 juga kurang menggugah untuk hitungan mobil kalah tahun satu,

cx 5 facelift di luar kemngkinan headunit udh 10inch UI baru, kemngkinan ga kalah fitur2 sensing jaman skrng harusnya ya ACC, dan fitur elite turun kembali
Sejujurnya sih oom, semenjak CX5 KF keluar emang udah naksir sama desainnya, simpel, manis, dan lebih terlihat elegan dibanding sporty, lekukan bodynya pun ga banyak, jd hrsnya desainnya akan terlihat timeless di 10 tahun mendatang. Dr dulu emang pingin ambil CX5, tp karena blm pernah miara Mazda jadi maju mundur terus dan baru di tahun ini terealisasi :big_peace:

Memang diskon ga menggugah cuman 5jt aja, tp mengingat pabrikan jepang lain yang tidak ngasih diskon samsek malah harga naik gila2an, CX5 ini lebih menggugah. :big_smile]

Kalau nunggu CX5 FL di bulan april, sbnrnya masih blm tau sih apakah facelift atau improvement aja, dan dua2nya ane sempet kepikiran, krn harga pasti akan naik, minimal 10jt bahkan lebih, mungkin improvement yang didapat HU yang lebih besar, dan fitur2 tambahan mungkin SCBS atau ada ACC, atau tipe yang dimasukkin hanya Elite aja mungkin, who knows, apalagi ini udah masuk ke tahap produksi akhir ya kira2, jadi pasti bakal all out.

Tp mengingat kami sekeluarga tidak butuh fitur2 spt itu, jadi CX5 GT 2021 udah lebih dari cukup malah, krn kalaupun ane kmrn ambil CRV, ane ambil yang tipe tengah juga bukan yang prestige.

HU baru Mazda yang baru keren sih, lebar dan pasti interfacenya lbh smooth dan fiturnya lbh banyak, tp kalau dipasang di CX5 agak aneh karena posisinya tidak pas ditengah, agak ke kanan sedikit, emang hrsnya CX5 ini udah masuk ke fase All New di tahun ini.

Ini posisinya mirip pas dulu ambil CRV RE di 2012, krn gen 4 launching di tahun yang bersamaan, tp karena udah naksir sama bentuknya, jadi akhirnya ambil RE, dan terbukti malah skrg masih dikeep dan ga ada rencana utk dijual krn masih sayang banget sama ini mobil. :big_smile]
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: Fri Jul 26, 2019 7:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by babehgue708 »

darrelund wrote: Wed Jan 12, 2022 15:02
babehgue708 wrote: Wed Jan 12, 2022 13:56
thompst wrote: Wed Jan 12, 2022 11:06

Dari pengalaman saya pakai CX-30 selama 6 bulanan, menurut saya suspensinya termasuk "pas" tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk. JIka dibandingkan dengan mobil-mobil yang pernah saya gunakan utk jangka waktu cukup lama, CX-30 ini lebih empuk dibandingkan HRV tapi lebih firm jika dibandingkan T31 atau Mark X. Jadi kalau HRV dianggap acceptable maka CX-30 ini lebih empuk dan lembut bantingannya.

Menurut saya bisa jadi unit TD CX-30 yang dicoba tekanan anginnya terlalu tinggi sehingga bantingannya jadi keras banget. Tapi memang cari unit TD CX-30 ini susah sekali, saya dulu beli CX-30 aja ga pakai TD.
Nah itu oom, ane penasaran banget sama CX30, kmrn pas GIIAS ga ada unit testnya, terus sabtu kmrn udah booked TD tp dibatalin sama salesnya dgn alesan unit TDnya 2021, arahan dari ATPM udah gaboleh dipake krn hrs ganti ke unit 2022, ane mikir emang ngaruh ya ? kan sama aja blm ada facelift, improvement, dll :big_biglaugh:, walau ane udah ambil CX5 tp ttp aja sih penasaran sama naikannya gimana :big_think:

Kyknya sih kalo oom bilang compare sama HRV lbh enak CX30, hrsnya ane yang biasa nyetir CRV RE tiap hari pasti berasa lebih enak, bantingan CRV RE kayak batu :big_biglaugh:
bantingannya CX30 seh tipikal mazda, empuk & comply klo dibawa ngebut. keras bingit klo mobilnya dikagetin sama poldur & pothole :big_biglaugh:
Mungkin mirip sama RE ane sih ya, lbh empuk tp sasis rigid dikit :big_biglaugh: :big_biglaugh:
thompst
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Tue Apr 06, 2021 2:58

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by thompst »

babehgue708 wrote: Wed Jan 12, 2022 13:56
thompst wrote: Wed Jan 12, 2022 11:06
babehgue708 wrote: Wed Jan 05, 2022 5:52

Waduhhh, CX-30 keras banget ya ? :big_biglaugh: Ane yang biasa pake CRV RE sih pas naik CX5 berasa lebih enak ya, kerasnya mantep ga mantul2, buat jalan jauh lewat tol sepertinya ga bikin mabuk, ga kayak ANKI kayak berasa bawa kapal :big_biglaugh:

Jd penasaran sekeras apa sih CX-30 itu :big_childish:
Dari pengalaman saya pakai CX-30 selama 6 bulanan, menurut saya suspensinya termasuk "pas" tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk. JIka dibandingkan dengan mobil-mobil yang pernah saya gunakan utk jangka waktu cukup lama, CX-30 ini lebih empuk dibandingkan HRV tapi lebih firm jika dibandingkan T31 atau Mark X. Jadi kalau HRV dianggap acceptable maka CX-30 ini lebih empuk dan lembut bantingannya.

Menurut saya bisa jadi unit TD CX-30 yang dicoba tekanan anginnya terlalu tinggi sehingga bantingannya jadi keras banget. Tapi memang cari unit TD CX-30 ini susah sekali, saya dulu beli CX-30 aja ga pakai TD.
Nah itu oom, ane penasaran banget sama CX30, kmrn pas GIIAS ga ada unit testnya, terus sabtu kmrn udah booked TD tp dibatalin sama salesnya dgn alesan unit TDnya 2021, arahan dari ATPM udah gaboleh dipake krn hrs ganti ke unit 2022, ane mikir emang ngaruh ya ? kan sama aja blm ada facelift, improvement, dll :big_biglaugh:, walau ane udah ambil CX5 tp ttp aja sih penasaran sama naikannya gimana :big_think:

Kyknya sih kalo oom bilang compare sama HRV lbh enak CX30, hrsnya ane yang biasa nyetir CRV RE tiap hari pasti berasa lebih enak, bantingan CRV RE kayak batu :big_biglaugh:
Menurut saya itu alasan dari sales-nya aja om, ga ada perubahan apa2 kenapa TD ga boleh pakai unit 2021. Yg sebenarnya bisa jadi unit TD nya memang ga ada. Saya sebelum beli juga sudah hubungi beberapa dealer Mazda & semuanya tidak punya unit TD CX-30.

Salah satu perbedaan CX-30 dibandingkan CX-5 di driving position-nya om. Driving position CX-30 lebih ke sedan dibandingkan SUV, jadi jok driver bisa di-set sampai mendelep dan kaki diselonjorkan. Kalau saya sih suka posisi mengemudi seperti itu terutama untuk cruising karena posisinya lebih relax. Sedangkan di CX-5 jauh lebih commanding walaupun katanya tidak se-commanding SUV lainnya apalagi leader frame. Tapi ini kembali ke selera masing-masing karena ada yang lebih suka posisi mengemudi yang lebih commanding.

Bantingannya kalau dibandingkan CRV RE seingat saya memang lebih empuk CX-30 tapi ga terlalu yakin karena sudah lama sekali naik CRV RE nya dan itu juga cuma sebagai penumpang. Kalau dibandingkan HRV saya yakin lebih empuk CX-30 karena di HRV juga saya sudah ganti ban Turanza T005 yang katanya comfort tapi terasa tetap keras menurut saya.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by pengendiesel »

Harga naik lumayan banyak, ternyata dikasih fitur tersembunyi kayak gini



Ngakak pas liat videonya
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by rakyatwkwkland »

pengendiesel wrote: Sun Jan 16, 2022 14:41 Harga naik lumayan banyak, ternyata dikasih fitur tersembunyi kayak gini



Ngakak pas liat videonya
Padahal tadinya saya expect NVH dan interior quality di brv baru ini improve banyak... Soalnya pas liat dashboard dan kulit2an dari video orang keliatan meyakinkan sih...

Tp pas liat korsinya, kok msh keliatan tipis yak...

Begitu liat ini, fix lebih baik kuburkan ekspektasimu itu sedalam2nya nak.... :mky_06:
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by hosea »

Jadi penasaran apakah new Civic RS juga masih spt ini kekedapannya.....untuk mobil seharga 577 juta semogq tidak ya :big_childish:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9622
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by Suryaputra »

hosea wrote: Mon Jan 17, 2022 0:54 Jadi penasaran apakah new Civic RS juga masih spt ini kekedapannya.....untuk mobil seharga 577 juta semogq tidak ya :big_childish:
Gampang, itu mah aksesoris doang, bw ke toko audio, tinggal bongkar plafon kasih peredam butyl rubber / allu.

Yg susah tu develop power delivery yg efisien dan driving position yg pas untuk market indo :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by Pboyz97 »

Suryaputra wrote: Mon Jan 17, 2022 1:01
hosea wrote: Mon Jan 17, 2022 0:54 Jadi penasaran apakah new Civic RS juga masih spt ini kekedapannya.....untuk mobil seharga 577 juta semogq tidak ya :big_childish:
Gampang, itu mah aksesoris doang, bw ke toko audio, tinggal bongkar plafon kasih peredam butyl rubber / allu.

Yg susah tu develop power delivery yg efisien dan driving position yg pas untuk market indo :mky_03:
betul, sm civic itu menurut saya all rounder. cukup nyaman buat harian tapi masih fun to drive + tarikan dan handlingnya termasuk oke juga. blm lg fitur dan desainnya improve banyak dari gen sebelumnya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by Pboyz97 »

babehgue708 wrote: Thu Jan 13, 2022 1:16

Sejujurnya sih oom, semenjak CX5 KF keluar emang udah naksir sama desainnya, simpel, manis, dan lebih terlihat elegan dibanding sporty, lekukan bodynya pun ga banyak, jd hrsnya desainnya akan terlihat timeless di 10 tahun mendatang. Dr dulu emang pingin ambil CX5, tp karena blm pernah miara Mazda jadi maju mundur terus dan baru di tahun ini terealisasi :big_peace:

Memang diskon ga menggugah cuman 5jt aja, tp mengingat pabrikan jepang lain yang tidak ngasih diskon samsek malah harga naik gila2an, CX5 ini lebih menggugah. :big_smile]

Kalau nunggu CX5 FL di bulan april, sbnrnya masih blm tau sih apakah facelift atau improvement aja, dan dua2nya ane sempet kepikiran, krn harga pasti akan naik, minimal 10jt bahkan lebih, mungkin improvement yang didapat HU yang lebih besar, dan fitur2 tambahan mungkin SCBS atau ada ACC, atau tipe yang dimasukkin hanya Elite aja mungkin, who knows, apalagi ini udah masuk ke tahap produksi akhir ya kira2, jadi pasti bakal all out.

Tp mengingat kami sekeluarga tidak butuh fitur2 spt itu, jadi CX5 GT 2021 udah lebih dari cukup malah, krn kalaupun ane kmrn ambil CRV, ane ambil yang tipe tengah juga bukan yang prestige.

HU baru Mazda yang baru keren sih, lebar dan pasti interfacenya lbh smooth dan fiturnya lbh banyak, tp kalau dipasang di CX5 agak aneh karena posisinya tidak pas ditengah, agak ke kanan sedikit, emang hrsnya CX5 ini udah masuk ke fase All New di tahun ini.

Ini posisinya mirip pas dulu ambil CRV RE di 2012, krn gen 4 launching di tahun yang bersamaan, tp karena udah naksir sama bentuknya, jadi akhirnya ambil RE, dan terbukti malah skrg masih dikeep dan ga ada rencana utk dijual krn masih sayang banget sama ini mobil. :big_smile]
sama kaya saya om 10 tahun yg lalu, saat itu lg iseng nyari pengganti CRV RE 2011 yg dirasa boros BBM ke mobil yg lebih irit , nah kebetulan dulu cx5 baru launching. saya udh naksir sm desainnya, simpel tapi keliatan gagah dan enak dilihat. nah sejak saat itu, bapak saya bela2in ke bogor buat test drive, karena waktu itu memang mazda blm se populer sekarang jadi nyari unit td nya agak susah. nah pas liat langsung entah knp bapak saya langsung suka dan akhirnya SPK beberapa bulan kemudian. tapi karena memang blm pernah miara mazda sama sekali, akhirnya CRV RE dikeep dan dipiara barengan sm cx5 dari 2013-2019. kesimpulan saya, cukup puas pake mazda, karena fun to drive, handling oke, tarikan oke sm cukup irit bbm juga + biaya servicenya kalo sama2 di beres gajauh beda sm H tegak, selisihnya dikit kok wkwkwk. sama cukup durable juga, saya pake 6 tahun sampe dijual di km 152 rb gaada masalah yg aneh2, servis gedenya cuma ganti engine mounting doang sm shockbreaker depan belakang, sisanya masih aman2 aja. hingga akhirnya saya mutusin buat RO mazda lg, pas GIIAS 2018 bapak saya SPK AN CX5 Elite buat gantiin RE 2011 saya, CRV RE saya dijual pas kmnya 125rb tahun 2019 lalu, sempet menjadi maniak mazda selama beberapa bulan karena miara CX5 gen 1 sm gen 2 barengan :big_biglaugh: , akhirnya dengan berat hati cx5 2013 saya terpaksa saya jual karena kondisinya memang udh cape, km udh 152rb, tarikan udh mulai berat + kondisi mobil dulu udh acak2an lah karena memang dipake buat mobil perang (lampu headlamp kuning semua, setir grepes2, jok driver kempot ampe busanya nongol :big_biglaugh: ) , tadinya mau ganti mobil lain kan kaya voxy, C27 atau ANKI diesel matic or AN Mazda 3 hatchback, eh gaada angin gaada hujan bapak saya ngabarin kalo beliau udh SPK CRV Turbo Pres, emg jodohnya sm CRV mungkin :big_biglaugh: . Nah saya kebagian miara cx5 sm crv lg barengan jilid 2 :big_biglaugh: , sampe akhirnya november 2021 lalu, yg CX5 dengan berat hati dilepas karena perlu mobil yg lebih lega dan nyaman, impresi saya miara cx5 gen 2 jg memuaskan, sampe dijual di km 43rb juga gaada masalah yg aneh2, baru ganti shock belakang doang service besarnya hehehe

kalo poin terakhir saya setuju om, desainnya crv RE memang timeless, ga lekang dimakan jaman, saya sendiri juga masih pengen keep mobil ini, karena fun to drive dan handlingnya enak, walaupun bantingannya keras pake bgt dan boros bbm :big_biglaugh: . cuma karena pakingnya udh pada bocor dan rembes aja makanya saya jual + kaki2 dan rack steeringnya udh minta ganti wkwkwk
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by b0ku »

pengendiesel wrote: Sun Jan 16, 2022 14:41 Harga naik lumayan banyak, ternyata dikasih fitur tersembunyi kayak gini



Ngakak pas liat videonya
situ kaget saya sih engak ud biasa :big_biglaugh: dari jaman saya pake CRV gen 2 juga gak pernah di kasih peredam tuh atep sama aja kek pajero pas ujan senyap banget cuma karena matahari lagi gak ada saya buka cover sunroofnya akhirnya suaranya juga kayak gitu :big_biglaugh: dan antara pajero sama jazz kalo ud pake tiap hari gak ngeh itu suara bodo amat padahal peredaman pajero sama jazz ud kayak langit sama bumi :big_biglaugh:

lebih ngeselin di jazz kalo kaca jendela pintu embunan atau ada burem karena aer ujan di turunin terus naekin kacanya lsg bersih karena ada penghapus kacanya di pintu eh pajero malah gak bisa kek gitu padahal kalo AC kiri salah posisi pas ujan gampang banget kaca pintu kiri ngembun :big_bored:

dulu pake yaris juga sama kek gitu dikira semua mobil bisa ngapus embun di jendela pintu pake power window ternyata gak semua :big_bored:
Last edited by b0ku on Mon Jan 17, 2022 3:34, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: Sun Jan 16, 2022 17:29
pengendiesel wrote: Sun Jan 16, 2022 14:41 Harga naik lumayan banyak, ternyata dikasih fitur tersembunyi kayak gini



Ngakak pas liat videonya
Padahal tadinya saya expect NVH dan interior quality di brv baru ini improve banyak... Soalnya pas liat dashboard dan kulit2an dari video orang keliatan meyakinkan sih...

Tp pas liat korsinya, kok msh keliatan tipis yak...

Begitu liat ini, fix lebih baik kuburkan ekspektasimu itu sedalam2nya nak.... :mky_06:
klo bandingannya expander sih kedapnya msh kalah... tp gak juga sih, xpander lama kalo hujan jg klotek klotek... gak tau yg baru gimana.

tp klo bandingannya old BRV sih improve jauh... undercarriage nya apalagi improve bgt d banding old xpander jg enak ini senyapnya. kmrn baru aja coba. yah stidaknya dibanding CRV gen 4 udah imbang lah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9622
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Mon Jan 17, 2022 3:32
rakyatwkwkland wrote: Sun Jan 16, 2022 17:29
pengendiesel wrote: Sun Jan 16, 2022 14:41 Harga naik lumayan banyak, ternyata dikasih fitur tersembunyi kayak gini



Ngakak pas liat videonya
Padahal tadinya saya expect NVH dan interior quality di brv baru ini improve banyak... Soalnya pas liat dashboard dan kulit2an dari video orang keliatan meyakinkan sih...

Tp pas liat korsinya, kok msh keliatan tipis yak...

Begitu liat ini, fix lebih baik kuburkan ekspektasimu itu sedalam2nya nak.... :mky_06:
klo bandingannya expander sih kedapnya msh kalah... tp gak juga sih, xpander lama kalo hujan jg klotek klotek... gak tau yg baru gimana.

tp klo bandingannya old BRV sih improve jauh... undercarriage nya apalagi improve bgt d banding old xpander jg enak ini senyapnya. kmrn baru aja coba. yah stidaknya dibanding CRV gen 4 udah imbang lah.
Ban oem nya (prestige - non honda sensing atau dgn honda sensing) jg dapatnya turanza T005a.
Kelas premium touring.

Kompetitor lain masih kelas eco, dunlop ehnasip atau bs ecopia.

Dibanding old brv sih improve:
- Doortrim dpn blkg dan depan dashboard udh empuk2
- ban BS turanza t005a
- nutup pintu lbh "blep", dibanding brv generasi sblmnya
- dohc ivtec
- Bagian inner fender, udh dilapisin something, ntah itu peredam suara kerikil atau apapun lah

Image

Image

Image

Image

Image

Sorry oot :big_biglaugh:
toh ts nya dah beli mazda cx5 :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by hosea »

Suryaputra wrote: Mon Jan 17, 2022 1:01
hosea wrote: Mon Jan 17, 2022 0:54 Jadi penasaran apakah new Civic RS juga masih spt ini kekedapannya.....untuk mobil seharga 577 juta semogq tidak ya :big_childish:
Gampang, itu mah aksesoris doang, bw ke toko audio, tinggal bongkar plafon kasih peredam butyl rubber / allu.

Yg susah tu develop power delivery yg efisien dan driving position yg pas untuk market indo :mky_03:
Ada yg pengalaman pasang peredam rubber butyl berapa ya biayanya untuk pasang di fender dan pintu serta plafon?
Kalau bawah lantai agak serem bongkar semua kursi kuatirnya ga bisa balik sempurna lalu bunyi bunyi.
Kemarin liat di youtube ada yg pasang peredam full di altis baru non hybrid. Gila juga mobil seperti ditelanjangi total.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9622
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by Suryaputra »

hosea wrote: Mon Jan 17, 2022 4:45
Suryaputra wrote: Mon Jan 17, 2022 1:01
hosea wrote: Mon Jan 17, 2022 0:54 Jadi penasaran apakah new Civic RS juga masih spt ini kekedapannya.....untuk mobil seharga 577 juta semogq tidak ya :big_childish:
Gampang, itu mah aksesoris doang, bw ke toko audio, tinggal bongkar plafon kasih peredam butyl rubber / allu.

Yg susah tu develop power delivery yg efisien dan driving position yg pas untuk market indo :mky_03:
Ada yg pengalaman pasang peredam rubber butyl berapa ya biayanya untuk pasang di fender dan pintu serta plafon?
Kalau bawah lantai agak serem bongkar semua kursi kuatirnya ga bisa balik sempurna lalu bunyi bunyi.
Kemarin liat di youtube ada yg pasang peredam full di altis baru non hybrid. Gila juga mobil seperti ditelanjangi total.
Macam2 om.
Tergantung bahan / brand material yg dipakai.
Harus DM ke toko akustik terdekat.

Klo ringan dan punya kemampuan redam spt aspal, biasanya relatif gak murah.
Klo pakai aspal di plafon gak disaranin, krn berat dan klo panas beresiko nimbulin bau dr plafon.

Aspal biasa dipakai untuk redam NVH di lantai dan fender, krn murah.
Nambahin bobot belasan kg dulu sy pernah pasang di ertiga 1st gen.

Hasil: NVH berkurang, terutama suara ban klo pas injek aspal beton. (sy gak ukur brp db, krn gak punya alat yg terkalibrasi)

Btw.. Itu altis baru dipasang peredam,
Ownernya Kuping mercy kayanya.
Jd benchmarknya tinggi. :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by hosea »

Thanks Om. Wah baru tahu kalau peredam plafon bisa bau ya. Karena kena panas dan bahan karet ya.

Iya itu pemilik Altis kuping nya manja sekali. Padahal menurut owner Dynamic audio, mobil ini sudah cukup bagus peredamannya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9622
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by Suryaputra »

:big_biglaugh:
hosea wrote: Mon Jan 17, 2022 5:36 Thanks Om. Wah baru tahu kalau peredam plafon bisa bau ya. Karena kena panas dan bahan karet ya.

Iya itu pemilik Altis kuping nya manja sekali. Padahal menurut owner Dynamic audio, mobil ini sudah cukup bagus peredamannya.
Peredam aspal yg nimbulin bau klo kena panas berjam2.
Makanya aman nya pasang di lantai, krn ketutup sm karpet dan gak sepanas klo kena jemur matahari :upss:

Klo butyl rubber / lapis allu sih nggak, mbah.
Lbh ramah lingkungan.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Mon Jan 17, 2022 4:02
Ban oem nya (prestige - non honda sensing atau dgn honda sensing) jg dapatnya turanza T005a.
Kelas premium touring.

Kompetitor lain masih kelas eco, dunlop ehnasip atau bs ecopia.

Dibanding old brv sih improve:
- Doortrim dpn blkg dan depan dashboard udh empuk2
- ban BS turanza t005a
- nutup pintu lbh "blep", dibanding brv generasi sblmnya
- dohc ivtec
- Bagian inner fender, udh dilapisin something, ntah itu peredam suara kerikil atau apapun lah
makanya bener tipe trondolannya E CVT pake ban ehnasip jatohnya lbh murah :upss:

klo buat ane jg modelnya enak diliat sih buat yang suka model simple gak overstyled macem xpander atau style gado-gado macem veloz :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by grimjow »

babehgue708 wrote: Mon Jan 10, 2022 1:07
grimjow wrote: Sat Jan 08, 2022 9:45 Kalo omongin mobil cina, yang MG HS Ismart jadi keliatan menarik. Di Thailand penjualan per bulan uda mepet CRV terus, selain ada mobil cina lain Haval H6 di sana.

Untuk CX5 jadi paling worth it sekarang di harga segitu. Mudah2 an stok diperbanyak, stnk jangan kelamaan aja.

Dan baru sadar sekarang karena CRV prestige uda tembus 640juta an, sekarang comparasinya malah ke Hyundai Santa Fe Diesel Prime . Atau mungkin beberapa tahun lagi ada thread “ pilih CRV baru atau Palisade bekas “
:mky_01: :mky_01: :mky_01:
MG emang scr desain ane akuin lebih ganteng dari si Almaz, tp gatau kalo naikannya ya. Sbnrnya CX5 itu worth sih oom, dari dulu juga, tapi masalahnya tergantung dari kebutuhan orang itu, bagi ane yang ada ANKI & CRV RE dirumah, punya CX5 itu worth banget, tapi buat yang hanya punya hatchback atau sedan, tapi butuh mobil sehari2 dan bawa keluarga besar pas liburan, CRV / Xtrail jadi pilihan yang lebih masuk akal. :big_peace:

Karena Mazda bikin mobil utk disetir, jadi sebodo teing sama penumpang belakang, dan blm tentu juga dgn naiknya harga CRV, konsumen bakal pindah ke Mazda kan, karena CRV itu mobil all rounder, jadi emang ga ada lawannya, kecuali toyota masukin RAV4, mungkin bisa ngehajar CRV, walaupun kalao TAM masukin RAV4 harganya juga pasti tinggi, tapi minimal CRV ada lawan dan konsumen akan kepecah menjadi 2. :big_smile]
Turning factor masyarakat masih pilih CRV dibanding rival ya mungkin karena all rounder itu, apalagi kompetitor hanya 5 seat, sedangkan CRV sudah 7 seat with Turbo dan Honda Sensing dengan jaringan bengkel lengkap dari ujung Barat ke Timur.
Kompetitor harus improvisasi juga, tawarin gitu CX5 AWD dengan Turbocharged dan fitur Mazda Cruise komplit. Tapi jumlah seat nya nanti tetap kalah :big_dunno: :big_dunno: .
Mudah2an makin banyak merk dan makin banyak pilihan misal H miring, dll.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9622
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)

Post by Suryaputra »

grimjow wrote: Mon Jan 17, 2022 8:13
babehgue708 wrote: Mon Jan 10, 2022 1:07
grimjow wrote: Sat Jan 08, 2022 9:45 Kalo omongin mobil cina, yang MG HS Ismart jadi keliatan menarik. Di Thailand penjualan per bulan uda mepet CRV terus, selain ada mobil cina lain Haval H6 di sana.

Untuk CX5 jadi paling worth it sekarang di harga segitu. Mudah2 an stok diperbanyak, stnk jangan kelamaan aja.

Dan baru sadar sekarang karena CRV prestige uda tembus 640juta an, sekarang comparasinya malah ke Hyundai Santa Fe Diesel Prime . Atau mungkin beberapa tahun lagi ada thread “ pilih CRV baru atau Palisade bekas “
:mky_01: :mky_01: :mky_01:
MG emang scr desain ane akuin lebih ganteng dari si Almaz, tp gatau kalo naikannya ya. Sbnrnya CX5 itu worth sih oom, dari dulu juga, tapi masalahnya tergantung dari kebutuhan orang itu, bagi ane yang ada ANKI & CRV RE dirumah, punya CX5 itu worth banget, tapi buat yang hanya punya hatchback atau sedan, tapi butuh mobil sehari2 dan bawa keluarga besar pas liburan, CRV / Xtrail jadi pilihan yang lebih masuk akal. :big_peace:

Karena Mazda bikin mobil utk disetir, jadi sebodo teing sama penumpang belakang, dan blm tentu juga dgn naiknya harga CRV, konsumen bakal pindah ke Mazda kan, karena CRV itu mobil all rounder, jadi emang ga ada lawannya, kecuali toyota masukin RAV4, mungkin bisa ngehajar CRV, walaupun kalao TAM masukin RAV4 harganya juga pasti tinggi, tapi minimal CRV ada lawan dan konsumen akan kepecah menjadi 2. :big_smile]
Turning factor masyarakat masih pilih CRV dibanding rival ya mungkin karena all rounder itu, apalagi kompetitor hanya 5 seat, sedangkan CRV sudah 7 seat with Turbo dan Honda Sensing dengan jaringan bengkel lengkap dari ujung Barat ke Timur.
Kompetitor harus improvisasi juga, tawarin gitu CX5 AWD dengan Turbocharged dan fitur Mazda Cruise komplit. Tapi jumlah seat nya nanti tetap kalah :big_dunno: :big_dunno: .
Mudah2an makin banyak merk dan makin banyak pilihan misal H miring, dll.
btw kmrn saya nanya ke istri yg awam perotomotifan.

sy bilang.... klo punya duit, pilih mana antara SantaFe, CRV, CX5 atau Forti ?
dia lgs bilang CRV!

why?
- servis gampang & bengkel dmn2
- in case butuh uang belanja (maklum emak2) mau jual lagi cepet laku nya
- enak banget (mnrt dia) & reputasi honda gak ribet lah

why not forti atau any kind of toyota?
alternatif ok. tapi bosen kata dia, dr dulu toyota mulu keluarga dia :big_biglaugh:

Mazda?... sempit

SantaFe?... bengkelnya dmn sih? kaya jarang lihat

ya udah saya jawab aamiin :mky_03:



:big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri