Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

As subjek

Harga listrik di Indo = Rp 1500 / Kwh

Kapasitas batere =
TESLA S P100 D = 95 - 100 Kw (utk 450 Km)

NIO ES 8 = 70 Kw (anggap 400 - 450 Km)

Jadi andai ke 2 mobil tsb isi full dari 0

TESLA S P 100 D = Rp 150.000

NIO ES 8 = Rp 105.000

Dan anda bisa bawa 400 - 450 Km

Sekarang bandingkan dgn mesin bensin isi Pertabo / V Power 95

Andai kapasitas tangki 50 L saja

50 X 12.000 = Rp 600.000

Oke skg bandingkan mobil Diesel isi BioSolar

Tangki 50 L = Rp 257.000

Tangki 60 L = Rp 300.000 lebih

Too Bad mobil owe saat ini nggak bisa di Charge !!

akakakakakakkakaak




Last edited by Turboman on 09 Nov 2019, 15:52, edited 1 time in total.
gigarise
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 17 Apr 2019, 06:03

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by gigarise »

Yang paling mungkin ke beli sih wuling e100

tapi katanya sekali charge bisa jalan 250km an dengan ac nyala dan lagu

dan wuling e 100 sepertinya juga didesain untuk charge setiap malam dengan mode charge biasa sekitar 8 jam

mungkin harus dibandingkan dengan konsumsi ron 92 ya
hayamjalu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 24 Aug 2016, 08:15

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by hayamjalu »

Tp kalau sekarang pake daya listrik rumah 2200 VA ngisi full lebih dari sehari semalam, mending pake bbm. Mungkin lain cerita kalau fast charging station sudah banyak
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

hayamjalu wrote:Tp kalau sekarang pake daya listrik rumah 2200 VA ngisi full lebih dari sehari semalam, mending pake bbm. Mungkin lain cerita kalau fast charging station sudah banyak
dengar2 sih PLN bikin paket sistem charging station utk pasang di rumah

biaya sekali nge charge full saat ini cuman kena Rp 70.000

ya colok dari jam 11 malam misal, tinggal tidur en pagi cabut

memang idealnya sih PLN bisa menyediakan charging station di semua Rest Area sepanjang Tol Trans Jawa / Tol Trans Sumatra

User avatar
mboisker
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: 12 Jul 2019, 08:06
Location: Malang
Daily Vehicle: Vario 1st Gen
Contact:

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by mboisker »

Dan mungkin yang perlu dihitung juga adalah kapan dan berapa biaya ganti baterainya. Eh tapi ini jatuhnya seperti biaya maintenance ya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

Dengan ramai nya penggunaan mobil Listrik, maka IPP / Independent Power Producer harusnya juga bisa jual listriknya sendiri, baik ke kawasan industri maupun utk charging station.......jual sendiri en gak perlu jual ke PLN

misal dijual Rp 1700 / Kwh tapi Charging station nya Ultra Fast kelas IONITY yg bisa charge full gak sampe 30 menit, orang pasti rela

Ngr charge TESLA S P 100 D sampe full bayar 150 - 170 rb misal, tapi cukup 15 - 20 menit aja

Potensi listrik Geothermal Indonesia = 27 Gw

Potensi listrik tenaga angin di Indonesia = 60 Gw (katanya)

PLTB (Bayu) sepanjang pantai selatan Jawa, di lokasi2 PLTB / PLTG dibuat Ultra Fast Charging, kalo perlu nge charge saat jam 22.00 - 06.00 tarip diskon 50%, toh antara Full Load / No Load utk Listrik nya jalan terus (Geothermal / Angin), jadi daripada sia3 mending buat nge charge mobil.......

wkwkwkww
images%20-%202019-11-09T180644.401.jpeg
images%20-%202019-11-09T180644.401.jpeg (19.64 KiB) Viewed 640 times
images%20-%202019-11-09T180934.074.jpeg
images%20-%202019-11-09T180934.074.jpeg (70.96 KiB) Viewed 640 times
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Herman7103 »

Turboman wrote:As subjek

Harga listrik di Indo = Rp 1500 / Kwh

Kapasitas batere =
TESLA S P100 D = 95 - 100 Kw (utk 450 Km)

NIO ES 8 = 70 Kw (anggap 400 - 450 Km)

Jadi andai ke 2 mobil tsb isi full dari 0

TESLA S P 100 D = Rp 150.000

NIO ES 8 = Rp 105.000

Dan anda bisa bawa 400 - 450 Km

Sekarang bandingkan dgn mesin bensin isi Pertabo / V Power 95

Andai kapasitas tangki 50 L saja

50 X 12.000 = Rp 600.000

Oke skg bandingkan mobil Diesel isi BioSolar

Tangki 50 L = Rp 257.000

Tangki 60 L = Rp 300.000 lebih

Too Bad mobil owe saat ini nggak bisa di Charge !!

akakakakakakkakaak
Saya pribadi juga cukup tertarik dgn mobil EV ini dan sudah lama memperhatikan perkembangannya. Kalau di tempat saya kerja di pabrik sudah menggunakan forklift tenaga batery merk ""Koxxxxx" untuk waktu yg cukup lama sampai sekarang masih operasional. Saya pribadi masih menggunakan mobil berbahan bakar bensin sampai sekarang dan berharap ke depan akan banyak pabrikan yg menjual mobil EV dgn harga yg terjangkau di domestic market biar bisa ngerasain dan memanfaatkan mobil yg tidak ada asap keluar dari knalpotnya dan senyap mesinnya serta biaya chargingnya sangat jauh lebih murah dari pada isi bbm mobil ICE.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

Kecepatan Charge IONITY Charging

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

mboisker wrote:Dan mungkin yang perlu dihitung juga adalah kapan dan berapa biaya ganti baterainya. Eh tapi ini jatuhnya seperti biaya maintenance ya.
Yes

soal garansi batere ini yg sgt penting

tapi saya percaya ke depannya harga batere bisa turun krn volume produksi batere akan terus naik (saat ini dimotori oleh CATL)

Juga perkembangan teknik batere, ada bbrp potensi yg masih belum tergarap maksimal
- Li - Ni - Cobalt Battery
- Graphene battery
- Aluminium Air battery

yang semua itu konon energy density di atas Li Ion battery

bayangkan di masa datang mungkin battery Hape kita akan main di level 10 - 12 rb mAH dengan ukuran yg sama dgn batere Li Ion yg ada skg



User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Suryaputra »

Mulai akan menjamur ketika perubahan Pajak Penjualan Mobil efektif berlaku per 2021 (yg sudah dittd presiden).

yg mana PPnBM EV paling kecil, berdasarkan emisi gas buang terendah / equal to zero :D

jika tidak ada perubahan lagi, sampai 2021 harapannya akan makin banyak quick-charging station.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Zaxis »

PLN harus bikin program tambah daya gratis biar sukses program mobil listrik

Ganti mcb aja masa musti bayar jutaan
User avatar
skylion
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: 11 Apr 2007, 15:03

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by skylion »

Kalau hanya melihat faktor biaya yg harus dikeluarkan, tentu harus memasukan harga mobil.

Katakan beda 500 jt, dibagi 12 ribu dapat 41666 liter, cukup utk 416000 km. Belum dikurangi biaya ngecharge ev untuk jalan sejauh 416000 km, brp coba? Hehe..

Tapi tuk faktor lain misal pertimbangan lingkungan lain lagi. Tetep sih next beli ev harusnya sudah lebih terjangkau.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

skylion wrote:Kalau hanya melihat faktor biaya yg harus dikeluarkan, tentu harus memasukan harga mobil.

Katakan beda 500 jt, dibagi 12 ribu dapat 41666 liter, cukup utk 416000 km. Belum dikurangi biaya ngecharge ev untuk jalan sejauh 416000 km, brp coba? Hehe..

Tapi tuk faktor lain misal pertimbangan lingkungan lain lagi. Tetep sih next beli ev harusnya sudah lebih terjangkau.
harga2 EV di sini akan lebih riil setelah 2021 dimana pajak emisi CO2 akan berlaku, itupun kalo gak muncul pajak2 aneh2 lagi.....wkwkwkwk.......kalo harga2 saat ini memang masi gak realistis

Kalo bicara harga asli mobilnya sendiri (FoB) dibandingkan dgn Performa nya, udah gak ada cerita ICE cars akan menang dgn harga yg setara

Terutama soal 0 - 100 nya, si EV gak ada ritual ganti gigi.....Torsi electro motor guede2 en udah nendang sejak motor mulai berputar.........tinggal tergantung setting inverter nya ajah, mau akselerasi smooth / Brutal





Last edited by Turboman on 10 Nov 2019, 01:06, edited 2 times in total.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

Honda E dengan batere 35 Kw dan konon jarak tempuh cuman 200 - 220 km

35 Kw means kalo isi dari 0 cuman kena Rp 53.000.......udah bisa Jkt - Puncak PP

Cuman kayaknya ini mahal juga buat ukuran City Car ?

ekekekekke

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

Zaxis wrote:PLN harus bikin program tambah daya gratis biar sukses program mobil listrik

Ganti mcb aja masa musti bayar jutaan
udah itu kualitas meteran listrik yg PraBayar juga menyedihkan

ane pernah alamin meteran listrik error gara2 kemasukkin semut, udah itu klaim dan proses penggantiannya lamaaaa bener.......untung itu meterannya ada di rumah yang masih kosong

Jika trend EV berkembang dgn pesat memang Perusahaan listrik negara pelan3 bisa menyaingi perusahaan minyak dlm penyediaan energy Transportasi.......masalahnya sanggup gak nih si PLN utk membangun jaringan SPKLU secara luas dgn cepat......trus Byar Pett makin parah nggak gara2 banyaknya Ultra Fast charging.......wkwkwkwkkwkwkw


gerobak nippon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: 15 Sep 2012, 17:17
Daily Vehicle: Pajero 4N15

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by gerobak nippon »

Apa ada yg tahu berapa cycling battery utk mobil EV ini ?
Pengalaman saya, di negri kita yg tropis ini (temperatur udara panas) ketahanan battery sangat rentan drop..
Battery dengan kapasitas 1200 cycle saja hanya bertahan 2 tahunan (sekitar 750-an cycle) di iklim negri kita..
Artinya, jika tiap 2 tahun harus ganti battery, dan ini dihitung sebagai variable running cost mobil EV, apa masih tetap bisa dikatakan running cost-nya lebih murah dibanding mobil dengan engine bbm fosil ?
User avatar
skylion
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: 11 Apr 2007, 15:03

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by skylion »

Turboman wrote:
Zaxis wrote:PLN harus bikin program tambah daya gratis biar sukses program mobil listrik

Ganti mcb aja masa musti bayar jutaan
udah itu kualitas meteran listrik yg PraBayar juga menyedihkan

ane pernah alamin meteran listrik error gara2 kemasukkin semut, udah itu klaim dan proses penggantiannya lamaaaa bener.......untung itu meterannya ada di rumah yang masih kosong

Jika trend EV berkembang dgn pesat memang Perusahaan listrik negara pelan3 bisa menyaingi perusahaan minyak dlm penyediaan energy Transportasi.......masalahnya sanggup gak nih si PLN utk membangun jaringan SPKLU secara luas dgn cepat......trus Byar Pett makin parah nggak gara2 banyaknya Ultra Fast charging.......wkwkwkwkkwkwkw
Pasang solar panel di atap rumah buat ngecharge cukup ga ya? Jadi ga begitu tergantung PLN
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

gerobak nippon wrote:Apa ada yg tahu berapa cycling battery utk mobil EV ini ?
Pengalaman saya, di negri kita yg tropis ini (temperatur udara panas) ketahanan battery sangat rentan drop..
Battery dengan kapasitas 1200 cycle saja hanya bertahan 2 tahunan (sekitar 750-an cycle) di iklim negri kita..
Artinya, jika tiap 2 tahun harus ganti battery, dan ini dihitung sebagai variable running cost mobil EV, apa masih tetap bisa dikatakan running cost-nya lebih murah dibanding mobil dengan engine bbm fosil ?
Pilih mobil yang dilengkapi battery cooler dongg .......wkwkwkwkw

Btw harusnya sih rata2 EV cars ada battery cooling system, kalo ngga gimana Tesla / Leaf owner yang tinggal di Florida / Hawaii / Arizona ?

Yang jadi problem justru di daerah yg sangat dingin, kemampuan batere jadi menurun saat suhu sgt dingin, makanya di aki mobil kita juga ada satuan CCA qq Cold Cranking Ampere alias besarnya arus saat si aki di suhu 0 derajat Fahrenheit......di bawah 0 F angka CCA akan menurun

Well tetap perlu ada pengembangan lebih lanjut soal battery management ini baik utk pengoperasian di iklim sgt panas / sgt dingin

CMIIW

images%20-%202019-11-10T084509.105.jpeg
images%20-%202019-11-10T084509.105.jpeg (36.68 KiB) Viewed 516 times
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by lemonadelovers »

EV cars yg saya tunggu : wuling e100 dan nissan leaf
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

si Samsung mulai produksi Graphene battery utk HaPe nya

kapasitas 5000 mAh dgn waktu charging dr 0 sampe full cuman 13 menit katanya........

Dgn bahan Graphene harusnya harga batere akan turun karena harga bahan baku Karbon lebih murah daripada garam Lithium......Graphene bisa di sintesa dari batubara / marerial karbon lain

CMIIW

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

Energy Absolute - Thailand akan membuat pabrik batere di Thailand yg lebih besar drpd pabrik batere Panasonic - Tesla di US

Konon mereka juga akan bikin 1000 charging station di Thai

Spt nya Thailand juga akan "ngebut" dgn program EV cars........

NAH ini akan jadi ajang test gimana reliability EV cars di iklim Tropis

https://asia.nikkei.com/Business/Busine ... igafactory

https://www.bangkokpost.com/business/17 ... c-paradise
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 768
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Kaleng »

Turboman wrote: 10 Nov 2019, 01:23 Honda E dengan batere 35 Kw dan konon jarak tempuh cuman 200 - 220 km

35 Kw means kalo isi dari 0 cuman kena Rp 53.000.......udah bisa Jkt - Puncak PP

Cuman kayaknya ini mahal juga buat ukuran City Car ?

ekekekekke

Honda E menarik buat komuter dalam kota jarak dekat, kyknya emang diset Honda buat menjadi mobil listrik masal yang terjangkau harganya, semoga nanti skema pajak baru berlaku akan muncul honda E atau nissan leaf
matra
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: 16 Feb 2016, 06:56

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by matra »

produk mobil listril yang cukup murah untuk awal di indonesia
wuling e100
dfsk glory e3
User avatar
skylion
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: 11 Apr 2007, 15:03

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by skylion »

Miev udah discontinue ya?
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by ak4ng »

Saya malah bermimpi kelak suatu saat nanti, di masa EV booming, akan muncul kendaraan dgn wireless-ultra fast charging, di bawah jalan udh ada panel charge nya sehingga sambil berenti stopan skitar 3menit, sambil isi batre tau2 full :e-dance: g ada cerita antri2 charge atau apalah:off_good_job: :off_good_job: :glodak:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post